Ratu Elizabeth II Sampaikan Belasungkawa Terkait Teror di Sri Lanka

Kepolisian Sri Lanka, yang menyelidiki teror bom beruntun pada 21 April 2019, telah menemukan 87 detonator di sebuah halte bus di Ibu Kota pada Senin 22 April 2019 sore waktu lokal.

Juru Bicara Kepala Kepolisian Sri Lanka, Ruwan Gunasekara mengatakan bahwa halte bus yang dimaksud adalah Central Bus Stand (CTB) Colombo, demikian seperti dikutip dari CNN.

Belum segera jelas apakah detonator itu berkaitan dengan rangkaian ledakan pada 21 Maret 2019 atau akan hendak digunakan dalam aksi teror berikutnya.

Temukan Bom Rakitan Dekat Bandara Kolombo

Sementara pada pagi hari yang sama, otoritas Sri Lanka menemukan sebuah bom pipa rakitan (IED) di jalan yang mengarah ke Bandaranaike International atau Bandara Internasional Kolombo pada Minggu 21 April 2019 malam waktu lokal.

“Peledak ditemukan sekitar pukul 22.15 waktu lokal dan segera dijinakkan oleh otoritas,” CNN melaporkan pada Senin (22/4/2019), mengutip Juru Bicara Angkatan Udara Sri Lanka, Gihan Seneviratne.

“Peledak dikemas dalam pipa PVC dengan panjang 152 – 182 cm (5 – 6 kaki),” lanjut laporan itu.

Penemuan terjadi dalam durasi jam malam yang berlakukan di Sri Lanka sejak pukul 18.00 kemarin hingga 06.00 hari ini (waktu lokal).

Belum ada penjelasan merinci apakah bahan peledak rakitan itu berkaitan dengan rangkaian teror bom beruntun yang menghantam tujuh lokasi di Kolombo dan satu lainnya di Batticaloa, timur Sri Lanka.

Penyelidikan atas salah satu insiden mematikan dalam sejarah Sri Lanka itu masih berlangsung, dengan setidaknya satu kelompok bernama National Thowheed Jamath (NTJ) telah menjadi fokus utama investigasi.

Ratu Elizabeth II Rayakan Ulang Tahun ke-93 pada Peringatan Paskah

Liputan6.com, London – Menandai peringatan ulang tahunnya yang ke-93, Ratu Elizabeth II menghadiri kebaktian Paskah di Kastil Windsor bersama dengan keluarga dan para tokoh Inggris terkemuka, Minggu 21 April.

Dikutip dari BBC pada Senin (22/4/2019), sang ratu bergabung untuk kebaktian Minggu Paskah oleh anggota keluarga Kerajaan Inggris, termasuk Duke dan Duchess of Cambridge, serta Duke of Sussex.

Sang suami, Duke of Edinburgh, yang telah pensiun dari tugas publik, dan Duchess of Sussex, yang sedang hamil besar, tidak hadir dalam kebaktian tersebut.

Tapi Pangeran Harry dan Meghan Markle mengunggah ucapan selamat ulang tahun bersama kepada Ratu Elizabeth II di Instagram, mengatakan: “Selamat Ulang Tahun, Yang Mulia, Nyonya dan Nenek Tercinta.”

Setelah menjalani ibadah Paskah selama sekitar 30 menit, Ratu Elizabeth II menerima buket bunga sebelum meninggalkan Kapel St George.

Langkahya tersebut juga diiringi oleh nyanyian “Selamat Ulang Tahun” oleh paduan suara setempat, dan kemudian ditutup oleh tembakan kehormatan oleh pasukan keamanan Kastil Windsor.

Setiap tahunnya, Ratu Elizabeth II merayakan dua kali ulang tahun, yakni 21 April sebagai tanggal lahir sebenarnya, dan perayaan resminya setiap Sabtu kedua pada bulan Juni, yang kerap diperingati dengan parade Trooping the Color.

Banyak Petugas KPPS-Polisi Meninggal, Komisi II Buka Peluang Revisi UU

Jakarta – Komisi II DPR menganggap adanya sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga anggota Polri yang meninggal dunia saat bertugas menyukseskan Pemilu Serentak 2019 sebagai kondisi darurat. Komisi II pun meminta evaluasi secara menyeluruh terkait pelaksanaan Pemilu.

“Pertama ini darurat. Nyawa manusia tidak seimbang dengan pelaksanaan demokrasi sebesar apapun. Harus ada evaluasi SOP menyeluruh. Data yang ada belum tentu semua terlaporkan. Kita harus amat menyayangi semua pejuang demokrasi,” kata Wakil Ketua Komisi II Mardani Ali Sera, Sabtu (20/4/2019) malam.

Dia mengatakan nyawa manusia tak sebanding dengan pesta demokrasi. Menurutnya, penyelenggaraan Pemilu harus dilakukan dengan ramah dan tidak melelahkan.

“Nyawa manusia tidak sebanding dengan pesta demokrasi. Harus kita buat pesta demokrasi yang tidak ramah dan tidak melelahkan,” ucapnya.

Mardani pun mengatakan ada peluang terjadinya revisi undang-undang Pemilu. Peluang revisi, katanya, bisa saja terjadi walau terkait dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

“Sangat berpeluang. Walau itu menyangkut keputusan MK,” tuturnya.

Wakil Ketua Komisi II lainnya, Herman Khaeron, mengatakan sejak awal Komisi II telah meminta KPU menggelar simulasi yang terukur terkait beban waktu pencoblosan dan perhitungan suara. Dia mengatakan waktu kerja harus relevan dengan beban kerja.

“Sejak awal kami meminta KPU menyelenggarakan simulasi yang terukur dan cermat atas beban waktu pencoblosan maupun perhitungan suara. Ini terkait dengan UU Pemilu dan peraturan turunannya yang wajib selesai dalam hari itu juga dan kemudian MK menambah 12 jam dengan syarat berturut-turut dan tanpa jeda. Waktu kerja tersedia harus relevan dengan beban kerja,” jelas Herman.

Dia menyebut pihaknya telah meminta adanya asuransi bagi penyelenggara pemilu yang bersifat ad hoc alias sementara. Dia juga menyinggung soal jumlah kertas suara yang bertambah sehingga pemilih kesulitan membuka di bilik suara.

“Kami juga sebenarnya telah mengusulkan adanya insentif atau honor yang memadai dan asuransi bagi penyelenggara pemilu ad hoc, karena mereka lah yang bekerja keras mempersiapkan dan melaksanakan Pemilu,” jelasnya.

Herman juga mengatakan revisi undang-undang Pemilu dapat dilakukan. Menurutnya, Pileg dan Pilpres sebaiknya dipisah.

“Mungkin juga ke depan sebaiknya Pemilu Legislatif memang dipisahkan dengan Pemilu Presiden dan bisa saja Pemilu Presiden dapat serentak dengan Pilkada, kita lihat perkembangan situsi politik ke depan. Merevisi UU dapat dilakukan sesuai dengan urgensinya, dan sesuai dengan aturan penyusunannya, bisa diinisiatif oleh DPR maupun oleh pemerintah,” jelasnya.

Diketahui, di sejumlah daerah ada petugas KPPS yang meninggal saat melaksanakan tugas memastikan kelancaran pesta demokrasi ini. Di Jawa Barat sendiri, dilaporkan ada 12 orang yang meninggal, kemudian di Jawa Timur dilaporkan 9 petugas di TPS yang meninggal saat bertugas, dan di Jawa Tengah ada 8 orang petugas di TPS yang dilaporkan meninggal saat Pemilu.

Sementara, sejauh ini ada 10 orang personel Polri yang meninggal saat mengawal proses Pemilu Serentak 2019. Ada juga petugas di TPS yang terserang stroke hingga keguguran pasca bertugas saat hari pencoblosan.
(haf/haf)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Anggota Komisi II DPR Minta KPU Belajar dari Kisruh Pencoblosan di LN

Jakarta – Pelaksanaan Pemilihan Umum 2019 hanya tinggal dua hari. Panitia penyelenggara pemilu diminta lebih cekatan lagi, khususnya dalam menyelesaikan persoalan-persoalan teknis di lapangan.

“Tersisa waktu dua hari, KPU harus belajar dari kejadian di TPS LN (luar negeri),” ujar anggota Komisi II DPR, Achmad Baidowi kepada wartawan, Senin (15/4/2019).

Pria yang akrab disapa Awiek ini memahami, Pemilu serentak yang baru terjadi di 2019 pasti memiliki banyak persoalan. Meski begitu, penyelenggara pemilu, khususnya KPU diminta untuk cepat dalam menanggapi setiap masalah yang muncul.


“Karena ini baru pertama kali serentak maka akan terjadi banyak persoalan. Jadi harus ada respons cepat dari KPU setiap ada persoalan di lapangan,” sebut Awiek.

Beberapa persoalan yang muncul soal Pemilu 2019 seperti C-6 atau undangan pencoblosan yang belum tersalurkan. Banyak juga warga yang mengeluhkan tidak masuk DPT (daftar pemilih tetap) hingga kesulitan mengurus pindah TPS, padahal mereka ingin sekali memilih.

“Jika KPU tidak cekatan dikhawatirkan bakal menjadi persoalan baru. Sejauh ini kinerja KPU sudah bagus termasuk pengawasan oleh Bawaslu. Jangan sampai kinerja yang bagus tersebut ternoda olah hal-hal teknis yang tak diantisipasi sebelumnya,” ucap Awiek.

Panitia penyelenggara pemilu diminta langsung tanggap menghadapi persoalan yang muncul. Dengan begitu, kata Awiek, persoalan jadi tidak menumpuk.

“Tidak menunda persoalan menjadi terakumulasi,” tuturnya.

Meski begitu, Awiek yakin pelaksanaan KPU dapat berjalan dengan baik. Ia percaya KPU akan berhasil sebagai penyelenggara pemilu.

“Kami masih optimistis KPU dapat menjalankan tugasnya dengan benar sesuai ketentuan UU,” tutup Awiek.
(elz/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Giliran Vinales Tercepat di Free Practice II MotoGP AS

AustinMotoGP Amerika Serikat sudah menuntaskan sesi kedua latihan bebasnya. Kini giliran rider Monster Yamaha, Maverick Vinales, jadi yang tercepat.

Pada sesi kedua yang dihelat di Circuit of The Americas, Austin, Sabtu (13/4/2019) dinihari WIB, Vinales sebenarnya tidak ada dalam posisi waktu tercepat di awal-awal. Marc Marquez dan Jack Miller bergantian menguasai posisi itu.

Tapi, Vinales tancap gas di lap terakhir percobaannya dan mencatatkan waktu tercepat 2 menit 03,857 detik setelah melahap 15 lap. Vinales unggul 0,044 atas Marquez di posisi kedua.

Marquez sendiri pada sesi latihan ini mencoba motor Honda yang sudah menggunakan winglet layaknya Ducati. Winglet kontroversial ini adalah yang dipakai di bagian depan ban belakang motor Marquez.

Di posisi ketiga ada Valentino Rossi dengan waktu 0,146 detik lebih lambat ketimbang Marquez. Melengkapi lima besar adalah Jack Miller dan Cal Crutchlow.

Berurutan ada di posisi keenam hingga kesepuluh adalah Alex Rins, Pol Espargaro, Franco Morbidelli, Fabio Quartararo, dan Francesco Bagnaia. Duo Ducati, Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci, malah tampil buruk dengan duduk di posisi ke-11 serta ke-13.

Sama halnya dengan Jorge Lorenzo yang belum juga tampil oke dan harus finis posisi ke-16 dengan selisih 1,312 detik dari puncak.

Hasil Free Practice II MotoGP AS

Giliran Vinales Tercepat di Free Practice II MotoGP ASFoto: screenshot motogp.com

(mrp/yna)

AP II Siapkan Rp 480 Miliar buat Pengembangan Bandara Tjilik Riwut

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal baru Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Nilai pembangunan terminal baru ini mencapai Rp 700 miliar.

“Hampir 4,5 tahun telah diselesaikan. Ini menyangkut anggaran kurang lebih Rp 700 miliar yang semuanya dibebankan, dianggarkan APBN kita. Baik pembangunan terminal, taxiway, perpanjangan runway,” ujar Jokowi usai menandatangani prasasti peresmian terminal Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya, Senin (8/4/2019).

Dia pun mengapresiasi usai melihat langsung kondisi luas bangunan terminal tersebut. Sebab perluasan terminal meningkat 6 kali lipat. Dari awalnya area terminal berkisar 15 ribu meter persegi (m2) menjadi 29 ribu m2.

Dengan kondisi terminal Bandara yang lebih luas, Jokowi mengharapkan mampu menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah.

“Kita harapkan Bandar Udara Tjilik Riwut bisa menjadi sebuah motor pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah dan itu terlihat dari jumlah penumpang yang meningkat sangat tinggi dan juga pertumbuhan argo yang juga sangat tinggi,” tukasnya.

Untuk diketahui, terminal baru Bandara Tjilik Riwut memiliki luas 29.124 m2 dan dapat menampung hingga 2.200 orang per hari. Sebelumnya, terminal lama hanya memiliki luas 3.865 m2 dengan kapasitas 600 orang per hari.

Landasan pacu (runway) pada terminal baru ini berukuran 2.500 m x 45 m, dengan didukung dua taxiway masing-masing 150 m x 23 m, apron 328 m x 110 m. Adapula parking stand yang mampu menampung sebanyak empat pesawat berbadan lebar.

Adapun pihak maskapai yang saat ini melayani penumpang di Bandara Tjilik Riwut antara lain Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, Wings Air, dan Transnusa dengan total sebanyak 34 pergerakan pesawat.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Rini Mau Bikin BUMN Baru, Jadi Induknya AP II hingga Garuda

Tangerang – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana membuat BUMN baru. BUMN ini nantinya jadi holding sejumlah perusahaan pelat merah di sektor penerbangan.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, nantinya BUMN tersebut akan berlaku sebagai holding PT Angkasa Pura (AP) I, PT AP II, serta PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA).

“Yang sedang kita analisa membuat perusahaan holding yang membawahi AP I dan AP II dan transportasi lain seperti Garudanya sendiri,” kata Rini dalam konferensi pers di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Jumat (5/4/2019).


Dia mencontohkan, nantinya perusahaan baru itu akan berlaku seperti PT Inalum yang menjadi holding dari BUMN-BUMN sektor pertambangan. Rini menjelaskan saat ini rencana tersebut masih dalam tahap kajian

“Kita ada Inalum. Nanti ada perusahaan holding company yang pegang AP I dan AP II. Masih dalam pengkajian,” ujarnya.

Rini masih belum mau bicara soal target pembentukan perusahaan holding tersebut.

(ang/ang)

Reaksi Penonton Debat Capres di Bandara SSK II Pekanbaru Saat Lampu Dimatikan

Liputan6.com, Pekanbaru – Otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, dan pemilik kedai kopi mematikan lampu selama satu jam sebagai bentuk kampanye global Earth Hour 2019, Sabtu malam.

Executive General Manager Bandara SSK II, Jaya Tahoma Sirait, mengatakan pemadaman lampu di fasilitas publik tersebut tetap mempertimbangkan aspek keamanan bagi pengguna.

“Aspek ‘safety’ (keamanan) tentu kami utamakan. Kan pukul 20.30 WIB pas sepi penumpang,” katanya dilansir Antara.

Berdasarkan pantauan, pelaku usaha kuliner juga ikut serta dalam kampanye Earth Hour. Seperti di kedai Kopikirapa di Jalan Kuau, Pekanbaru, di mana pengelola mematikan lampu di saat bersamaan berlangsung nonton bareng debat Calon Presiden 2019 yang keempat.

Pengunjung terlihat tidak komplain meski menonton debat antara Capres 01 Joko Widodo dan Capres 02 Prabowo Subianto di dalam gelap. Pengelola kedai menyediakan layar besar untuk nonton bersama.

“Debat capres itu penting, tapi lebih penting lagi kita mengambil tindakan untuk menyelamatkan bumi dengan hemat energi. Mematikan lampu hanya langkah kecil saja, semua orang bisa melakukannya tapi dampaknya besar,” kata pengelola Kopikirapa, Zamzami Arlinus.

Sementara itu, sebanyak empat hotel di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, juga berpartisipasi mematikan lampu untuk memperingati Earth Hour 2019.

“Empat hotel itu Jatra Hotel, Premier, Prime Park, dan Swiss Belinn,” kata Koordinator Earth Hour Pekanbaru, Patar Sinaga.

Ia menjelaskan, komunitas Earth Hour dalah bagian kecil dari gerakan sukarelawan di Kota Pekanbaru, yang terdiri dari para pecinta lingkungan dan masyarakat umum untuk bergerak bersama menyelamatkan bumi.

Selain empat hotel tersebut, Patar mengatakan dua landmark di Kota Pekanbaru juga akan dimatikan lampunya pada penyelenggaraan Earth Hour pada pukul 20.30 sampai 21.30 WIB, yakni Anjung Seni Idrus Tintin, dan Masjid Raya Annur.

Earth Hour diperingati bersama di seluruh dunia pada 30 Maret 2019 sebagai kampanye global untuk penghematan energi. Earth Hour pada awalnya merupakan kampanye global WWF yang dimulai oleh WWF-Australia tahun 2007. Sekarang Earth Hour menjadi gerakan bersama dan mendapat dukungan dari berbagai pihak, seperti pemerintah, korporasi, masyarakat, mahasiswa dan organisasi lainnya.

Gerakan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat dunia beraksi nyata untuk penyelamatan bumi dengan tema tahun ini “Switch Off Your Light, Turn On the Earth”.

Di Kota Pekanbaru, komunitas tersebut menggandeng Pemerintah Kota Pekanbaru, Dinas Pariwisata Provinsi Riau, dan WWF-Indonesia Program Riau. Kegiatannya akan dipusatkan di Panggung Seni Kreatif, arena Purna MTQ, Pekanbaru yang dihadiri oleh beberapa perwakilan dari dinas terkait dan berbagai komunitas di Pekanbaru.

“Sesuai dengan tema Earth Hour tahun ini maka yang terpenting adalah bagaimana selanjutnya para generasi milenial berperan setelah mematikan lampu untuk menghidupkan bumi. Maksudnya adalah bagaimana kita bisa bersama memberikan dampak positif terhadap bumi meski sekecil apa pun,” kata Patar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Petugas keamanan Bandara Sultan Syarif kasim Dua, Pekanbaru, kembali menangkap calon penumpang yang menyembunyikan sabu di selangkangan.

Telan Investasi Rp 22,5 Triliun, MRT Fase II Mulai Dibangun Akhir 2019

Sebelumnya, operasi komersial moda raya terpadu (MRT) tinggal menunggu waktu. Kereta perkotaan otomatis bawah tanah pertama di Indonesia ini dipastikan akan beroperasi komersial pada 1 April 2019.

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar mengatakan, MRT siap beroperasi komersial pada tanggal tersebut. Sejumlah persiapan pun telah dilakukan perusahaan.

“Kita akan keluarkan prosedur terkait dengan ticketing ini bagaimananya. Nanti juga akan ditempelkan di depan-depan tiket. Ada staf-staf kita bakal bantu,” ujar dia di Jakarta, Jumat 29 Maret 2019.

Dia menambahkan, pihaknya kini menunggu Peraturan Gubernur (Pergub) yang akan memayungi keputusan tarif yang telah ditentukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

“Keputusan pemerintah tentang ticketing, seperti diketahui harga tiket ini sudah diputusman harganya. Jadi mudah-mudahan  di hari-hari ini ada Peraturan Gubernur. Setelah itu terbit, kita siap operasi komersial 1 April nantinya,” ujar dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

MRT Jakarta mulai diujicoba oleh publik. Bagi kamu yang belum tahu, catat 8 larangan ini saat naik MRT Jakarta.

AP II Bakal Kelola Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu

Liputan6.com, Jakarta – Manajemen PT Angkasa Pura II (Persero) melakukan lawatan kerja ke Pemerintahan Provinsi Bengkulu yang disambut langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Balai Samara Bengkulu, Minggu (24/3).

Kedatangan perwakilan PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai bentuk upaya koordinasi antara Angkasa Pura II dengan Pemerintah Provinsi Bengkulu, guna mendukung percepatan serah terima pengoperasian Bandara Fatmawati Soekarno – Bengkulu ini kepada PT Angkasa Pura II (Persero).

Kunjungan ini juga dinilai sebagai upaya intensif antarstakeholder Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu (IATA Code : BKS) untuk percepatan serah terima pengoperasian Bandara tersebut.

President Director Muhammad Awaluddin menjelaskan, pemerintah Provinsi Bengkulu diharapkan dapat mendukung percepatan proses serah terima pengoperasian bandara agar dapat segera terlaksana.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan Bapak Gubernur yang telah menerima kunjungan kerja kami ini dan mendukung dalam percepatan proses serah terima pengoperasian Bandara Fatmawati Soekarno yang sebelumnya dioperasikan oleh UPBU dapat segera beralih ke PT Angkasa Pura II (Persero), Sinergi seluruh stakeholder sangat diperlukan untuk percepatan pengelolaan ini” ucap Awaludiin disela sela kunjungannya, Minggu (24/3/2019).

Melihat laju pergerakkan penumpang di Bandara Fatmawati Soekarno yang mencapai 1.068.450 penumpang di tahun 2018 telah melebihi kapasitas terminal eksistingnya yang hanya 500 ribu penumpang per tahun, dan pergerakan pesawat yang mencapai 9.751 pesawat per tahun serta pergerakan kargo yang lumayan sebanyak 4.132 ton. Ini menunjukkan ada prospek yang baik dari Bandara Fatmawati Soekarno kedepannya.

Pengembangan Bandara Fatmawati Soekarno dipercaya akan menunjang aksesibilitas dan konektivitas Provinsi Bengkulu. Secara bertahap Angkasa Pura II akan melakukan pengembangan fasilitas pokok mulai dari pengembangan fasilitas terminal dan fasilitas sisi udara yang akan dimulai tahun 2019. Angkasa Pura II akan menyediakan belanja modal dengan total Rp 434 miliar.

Untuk menunjang performa layanan sisi udara Bandara Fatmawati Soekarno pun akan dikembangkan dengan memperpanjang Landas Pacu Pesawat yang semula 2.250 x 45 M menjadi 2.500 x 45 M serta akan juga dilakukan perluasan apron untuk memaksimalkan kapasitas pesawat di Apron.

Kementerian Perhubungan dan Kementerian BUMN menugaskan Angkasa Pura II untuk mengoperasikan Bandara Fatmawati Soekarno dengan Pola Kerjasama Pemanfaatan Barang Milik Negara. Pola kerjasama ini berlaku dengan jangka waktu 30 tahun. Dengan pola kerjasama ini pemerintah dapat menghemat APBN.

“Kita harapkan pola kerjasama ini dapat menguntungkan seluruh stakeholder,” jelas dia.(Yas)