KPK: Kepatuhan LHKPN Instrumen Penting Identifikasi Caleg Jujur

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebutkan, penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) merupakan instrumen penting untuk memilih calon anggota legislatif (caleg) yang jujur.

“KPK melihat instrumen LHKPN ini sebagai instrumen penting, kita diskusikan ke KPU pilih yang jujur. Itu artinya kita bilang pilih calon yang jujur,” kata Deputi Bidang Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan, di Gedung KPK, Jakarta, Senin 8 April 2019 seperti dilansir Antara.

KPK bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengumumkan secara resmi nama-nama anggota DPR, DPD, dan DPRD yang telah melaporkan secara tepat waktu, melaporkan terlambat, dan belum melaporkan sama sekali LHKPN untuk pelaporan periodik 2018 yang dilaporkan pada rentang waktu 1 Januari sampai 31 Maret 2019.

Menurut Nainggolan, KPK dan KPU menyepakati, instrumen untuk menguji apakah caleg itu jujur atau tidak adalah pelaporan harta kekayaannya secara elektronik.

“Sampai sekarang memang instrumen apa yang bisa bilang orang ini jujur atau tidak, salah satunya kita sepakat bahwa e-lhpkn adalah instrumen yang bisa menguji apakah calon atau caleg ini jujur atau tidak,” ucap Pahala.

Masyarakat pun, lanjut dia, bisa melakukan pengecekan melalui situs resmi elhkpn.kpk.go.id soal kepatuhan caleg melaporkan harta kekayaannya.

“Masyarakat kita harapkan untuk berkunjung ke website, apakah dia menyampaikan laporan harta atau tidak dan kami pikir dengan KPU kami sepakat Pemilu 2019 akan membangun landasan yang baik,” ucap Pahala.

Polri Identifikasi 75 Jenazah Korban Banjir Bandang Sentani Papua, Ini Daftarnya

Liputan6.com, Jakarta Jumlah korban jiwa akibat banjir bandang Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua terus bertambah. Hingga Minggu 24 Maret 2019 malam, tim gabungan dari Polri, TNI, dan Basarnas dibantu masyarakat telah menemukan 105 korban jiwa akibat bencana tersebut.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, sejauh ini total sudah ada 97 kantong jenazah korban banjir Sentani yang dievakuasi ke Rumah Sakit Bhayangkara Papua untuk diidentifikasi.

“Jumlah korban yang telah teridentifikasi sebanyak 75 jenazah,” ujar Dedi dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (25/3/2019).

Saat ini, petugas masih mengidentifikasi puluhan kantong jenazah yang telah dievakuasi ke RS Bhayangkara. Petugas gabungan di lapangan juga masih terus mencari korban banjir Sentani hilang akibat bencana alam tersebut.

“Personel Polri-TNI masih dikerahkan di setiap titik yang dianggap sebagai tempat terparah dan terdapat korban jiwa,” tuturnya.

Berikut daftar nama 75 jenazah yang telah diidentifikasi:

1. Tiara

2. Nur Asifah

3. Jean Felle

4. Edi Giori Gilbert Fernadus

5. Gunawan Weya

6. William Steven Erary

7. Wilem Tapilatu

8. Elsita F. Setiarini

9. Elisa Benyamin Fernandus

10. Yunanik;

11. Aglan Monim

12. Loowik Tukayp

13. Kaidina Wanimbo

14. Martina Maria Monim

15. Bayi Ny. Mira Wenda

16. Evelin Elin Korwa

17. Kristian Erary

18. Viktoria Erary

19. Denselina

20. Nortee Monim;

Identifikasi Korban Lama, Ethiopian Airlines Beri Tanah Untuk Dikuburkan

Addis AbabaUnited Nations workers mourn their colleagues during a commemoration ceremony for the victims at the scene of the Ethiopian Airlines Flight 302 plane crash, near Addis Ababa, Ethiopia Keluarga dan kolega mengunjungi lokasi jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines ET-302 di Addis Ababa, Ethiopia. (Reuters)

Maskapai Ethiopian Airlines menawarkan sekantung tanah dari lokasi jatuhnya pesawat ET-302 sebagai pengganti 157 penumpang yang tewas, untuk dikuburkan pihak keluarga.

Tanah dari lokasi jatuhnya pesawat Boeing 737 Max-8 tersebut telah dipersiapkan untuk upacara pemakaman di Addis Ababa, yang digelar Minggu (17/3), demikian laporan Kantor berita Reuters.

Otoritas setempat menyebut keluarga bisa menunggu hingga enam bulan hingga seluruh korban bisa diidentifikasi.

Beberapa negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia, telah memberlakukan larangan terbang bagi Boeing 737 Max-8, setelah jatuhnya ET-302 pada 10 Maret.

Ini merupakan insiden kedua yang melibatkan pesawat jenis tersebut, setelah jatuhnya JT-610 dari Maskapai Lion Air di perairan Indonesia, tahun lalu.

Menteri transportasi Ethiopia Dagmawit Moges mengatakan pada Sabtu (17/03) dibutuhkan “waktu yang lama” bagi tim penyelidik untuk menemukan penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.

“Investigasi dengan magnitudo sebesar itu membutuhkan analisis yang cermat serta waktu penyelidikan yang cukup lama untuk menghasilkan sesuatu yang konkret,” ujar Moges dalam konferensi pers.

Keluarga korban pesawat ET-302 diminta menyediakan sampel DNA untuk diserahkan ke kantor Ethiopian Airlines, baik di Addis Ababa, atau di kantor cabang lainnya di seluruh dunia.

Adapun sertifikat kematian akan diterbitkan dalam waktu dua minggu mendatang.

Candles burn during a commemoration ceremony for the victims at the scene of the Ethiopian Airlines Flight 302 plane crash, near Addis Ababa, Ethiopia Keluarga membakar lilin di lokasi jatuhnya pesawat ET-302 di Addis Ababa, Ethiopia. (Reuters)

“Tanah itu ditawarkan sebagai pengganti karena sulit mengidentifikasi bagian tubuh jenazah dan menyerahkannya kepada pihak keluarga,” kata salah seorang kerabat korban. “Tapi kami akan terus menunggu hingga kami mendapatkan jenazah ataupun bagian tubuh orang yang kami cintai.”

Sebanyak 157 penumpang dari 30 negara berada dalam penerbangan ET-302 dari Addis Ababa menuju Nairobi, Kenya.

Investigasi penyebab kecelakaan tersebut kini dilakukan tim penyelidik gabungan dari seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat dan Prancis.

Kotak hitam pesawat, yang terdiri dari rekaman data penerbangan (FDR) dan rekaman suara kokpit (CVR), telah ditemukan dan tim penyelidik berharap bisa menemukan titik terang dari tragedi tersebut.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Mulai Musim Panen, Harga Beras Turun

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan perkembangan harga gabah dan beras. Harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani turun 4,46 persen sedangkan harga beras medium di penggilingan turun 1,04 persen.

Selama Februari 2019, rata-rata harga GKP di tingkat petani Rp 5.114 per kg sedangkan untuk beras, harga rata-rata di tingkat penggilingan Rp 10.008 per kg, semua turun dibanding bulan sebelumnya.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Yunita Rusanti berkata, penurunan ini terjadi karena biasanya petani mengalami puncak panen pada bulan Maret.

“Biasanya Januari itu belum panen. Februari sudah mulai, puncaknya di Maret dan April. Itu transisinya begitu. Makanya nanti bulan depan mungkin naik lagi,” ungkap Yunita di Kantor Pusat BPS, Jakarta Pusat, Jumat (01/03/2019).

Penurunan harga gabah dan beras menjadi andil dalam penurunan Nilai Tukar Petani (NTP) secara nasional. Tercatat NTP turun sebesar 0,37 persen menjadi 102,94 dibanding bulan sebelumnya.

Penurunan ini dipengaruhi oleh 2 dari 5 subsektor pertanian yang juga alami penurunan NTP, yaitu Subsektor Tanaman Pangan (0,80 persen) dan Subsektor Tanaman Hortikultura (1,47 persen).

2 dari 3 halaman

Indonesia Kembali Lakukan Penjajakan Ekspor Beras Ke Malaysia

Indonesia melalui Kementerian Pertanian (Kementan) dan Bulog kembali jajaki peluang ekspor beras ke Malaysia. Hal ini dikemukakan oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP),Kementan, Agung Hendriadi bersama Judith J Dipodiputro, Direktur Komersil Perum BULOG dan KBRI Kuala Lumpur saat melakukan pertemuan dengan BERNAS, Kamis (21-2-2019) di Kuala Lumpur.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Kuala Lumpur ini, Agung diterima oleh CEO BERNAS, Ismail Mohamed Yusoff dan Chairman BERNAS, Megat Joha yang didampingi pejabat tinggi BERNAS.


BERNAS merupakan satu-satunya institusi yang telah ditunjuk oleh pemerintah Malaysia untuk menangani import beras ke Malaysia. Ismail Mohamed Yusoff menyatakan market share beras di Malaysia sebesar 60% dipenuhi dari produksi domestik dan 40% dari impor.

Melalui pertemuan ini, BERNAS menyetujui untuk melakukan kerjasama dengan Perum BULOG untuk impor beras dari Indonesia. Sebagai langkah awal, dalam waktu dekat BERNAS akan melakukan kunjungan ke Indonesia untuk melakukan identifikasi, observasi dan pembahasan lebih lanjut dengan BULOG terkait rencana eksport ke Malaysia. Mendengar respon dari BERNAS, Agung dan rombongan merasa senang dan optimis ekspor beras dari Indonesia ke Malaysia bisa dilakukan.

“Sehubungan adanya peluang kerjasama ekspor beras ke Malaysia, Perum Bulog diharapkan perlu lebih proaktif dalam melakukan round table meeting antara distributor ke dua belah pihak, sehingga ekspor bisa segera direalisasikan,” ujar Agung.

Sebelumnya dalam rapat kerja jajaran Kementerian Pertanian dengan Komisi IV DPR RI (21/1/2019) dan BULOG, Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyatakan bahwa Bulog menargetkan ekspor beras ke sejumlah negara tetangga pada pertengahan tahun 2019 mendatang. Target ini diprediksi akan berlangsung seusai panen raya pada pertengahan bulan April hingga akhir Mei 2019.

“Makanya kita targetkan bulan januari sampai april itu kita akan menyerap 1,8 juta ton beras dari petani. Kalau ditambah dengan sisa beras kita hasilnya bisa lebih dari 4 juta ton, kan kita masih punya sisa 2,1 juta,” kata Buwas saat menghadiri Rapat Kerja Menteri Pertanian Dengan Komisi IV DPR RI di Komplek Parlemen, beberapa waktu lalu (21/1).

Beberapa waktu lalu Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara juga telah berhasil meyakinkan negara Malaysia dan Brunai untuk memasok padi adan sebagai bahan kebutuhan mereka. Ekspor ke dua negara ini jumlahnya bahkan mencapai puluhan ton. Setiap kali panen, tak kurang dari 10 ton beras adan secara periodik selalu di expor ke Negara Malaysia dan Brunei.

Padi Adan merupakan salah satu komoditi yang menjadi andalan dari wilayah perbatasan Krayan Kalimantan Utara dan merupakan bibit lokal hasil budidaya masyarakat yang bermukim di daratan tinggi Borneo, khususnya di Krayan yang masuk Kabupaten Nunukan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Perang Dagang Bikin Ekspor RI Sulit Meningkat

Liputan6.com, Jakarta – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai, turunnya ekspor Indonesia pada awal 2019  merupakan dampak dari perang dagang yang belum usai hingga saat ini.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Perdagangan, Benny Soetrisno mengatakan, di tengah kondisi global seperti saat ini, industri mengalami kesulitan dalam meningkatkan ekspornya ke negara lain.

“Menurunnya ekspor di Januari 2019 diakibatkan meningkatkan impor bahan bakar. Ekspor industri juga turun karena ada perang dagang Amerika Serikat dan China yang saat ini sedang dilakukan perundingan, yang belum tahu kapan akan selesai,” ujar dia dalam Seminar Perdagangan Nasional di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Dalam urusan ekspor, lanjut dia, Indonesia saat ini juga harus bersaing keras dengan negara lain yang sudah lebih unggul seperti China bahkan Vietnam.

“Pesaing kita makin banyak. China dulu tidak ada apa-apanya, sekarang hebat sekali. Vietnam juga ekspornya tinggi, Kamboja juga. V‎ietnam bisa masuk ke AS dan Eropa karena mereka punya perjanjian dagang,” kata dia.

Oleh sebab itu, kata Benny, Kadin mendorong pemerintah untuk segera menyelesaikan perundingan perjanjian perdagangan Indonesia dengan negara lain. Dengan demikian, Indonesia akan mendapatkan kemudahan ekspor ke negara tersebut. ‎

“Masalah tarif juga, seperti untuk Pakistan dan India, Inggris memberikan previlage bagi mereka‎. Jadi hubungan multilateral dan bilateral ini menentukan bagi kita supaya bisa menembus pasar-pasar itu,” tandas dia.

2 dari 2 halaman

Sri Mulyani Ungkap Sulitnya Genjot Ekspor Indonesia

Sebelumnya, Menteri Keuangan, Sri Mulyani blak-blakan mengenai sulitnya mendongkrak ekspor Indonesia. Saat ini, pertumbuhan ekspor berada di bawah 7 persen. Banyak masalah yang berbeda menjadi penghambat ekspor. Salah satunya kebijakan, struktural dan daya saing.

“Masalah ekspor Indonesia sangat detail dan pelik. Sekarang pertumbuhannya di bawah 7 persen, saya ingin besok 15 persen, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dinamika butuh kebutuhan mengelolanya, dari ujung ke ujung,” kata Menkeu Sri Mulyani di Kantor Exim Bank, Jakarta, Rabu 27 Februari 2019.

Selain itu, dia menyebutkan populasi manusia di dunia teramat banyak. Sehingga cukup sulit mengidentifikasi apa saja yang mereka butuhkan dari Indonesia. Bahkan untuk memahami kebutuhan antar daerah di Indonesia saja masih sulit dilakukan.

“Saya ingin sampaikan, potensi market itu unlimited kalau kita memahami geografi global. Jangan kan seluruh global, kenal Indonesia seluruhnya saja enggak. Banyak yang lahir, sekolah, meninggal di satu kabupaten yang sama. Kalau gak ngerti, gimana punya pemahaman orang-orang butuh apa,” ujarnya.

Oleh sebab itu dia menegaskan harus pandai memahami apa saja yang tengah dibutuhkan oleh pasar. “Kalau kita gak pernah memahami, kita enggak tahu what kind of commodity yang bisa masuk. You should know the market,” ujarnya.

Dia berharap kemampuan memetakan market atau pasar bisa lebih ditingkatkan. Supaya ekspor Indonesia dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan beragam dengan tentunya diimbangi dengan kemampuan meningkatkan produksi di dalam negeri.

“Dan tidak hanya tradisional market yang rising star tapi juga falling star. Kalau kita bisa memetakan berarti kita makin mampu mengetahui positioning di setiap komoditas kita secara detail di masing-masing destinasi market baik yang sudah eksis, solid maupun yang masih baru. Dan juga yang masih belum kita identifikasi,” ujarnya.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sri Mulyani Ungkap Sulitnya Genjot Ekspor Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Keuangan, Sri Mulyani blak-blakan mengenai sulitnya mendongkrak ekspor Indonesia. Saat ini, pertumbuhan ekspor berada di bawah 7 persen. Banyak masalah yang berbeda menjadi penghambat ekspor. Salah satunya kebijakan, struktural dan daya saing.

“Masalah ekspor Indonesia sangat detail dan pelik. Sekarang pertumbuhannya di bawah 7 persen, saya ingin besok 15 persen, tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dinamika butuh kebutuhan mengelolanya, dari ujung ke ujung,” kata Menkeu Sri Mulyani di Kantor Exim Bank, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Selain itu, dia menyebutkan populasi manusia di dunia teramat banyak. Sehingga cukup sulit mengidentifikasi apa saja yang mereka butuhkan dari Indonesia. Bahkan untuk memahami kebutuhan antar daerah di Indonesia saja masih sulit dilakukan.

“Saya ingin sampaikan, potensi market itu unlimited kalau kita memahami geografi global. Jangan kan seluruh global, kenal Indonesia seluruhnya saja enggak. Banyak yang lahir, sekolah, meninggal di satu kabupaten yang sama. Kalau gak ngerti, gimana punya pemahaman orang-orang butuh apa,” ujarnya.

Oleh sebab itu dia menegaskan harus pandai memahami apa saja yang tengah dibutuhkan oleh pasar. “Kalau kita gak pernah memahami, kita enggak tahu what kind of commodity yang bisa masuk. You should know the market,” ujarnya.

Dia berharap kemampuan memetakan market atau pasar bisa lebih ditingkatkan. Supaya ekspor Indonesia dapat menjangkau pasar yang lebih luas dan beragam dengan tentunya diimbangi dengan kemampuan meningkatkan produksi di dalam negeri.

“Dan tidak hanya tradisional market yang rising star tapi juga falling star. Kalau kita bisa memetakan berarti kita makin mampu mengetahui positioning di setiap komoditas kita secara detail di masing-masing destinasi market baik yang sudah eksis, solid maupun yang masih baru. Dan juga yang masih belum kita identifikasi,” ujarnya.

Begini Cara Identifikasi Awal 5 Penyakit Berbahaya yang Sulit Diobati

Liputan6.com, Jakarta – Datangnya penyakit ditandai oleh perubahan di tubuh. Seperti suhu tubuh yang meningkat, dan tenaga yang terkuras, mengakibatkan si penderita lemas.

Namun, penyakit bukan hanya ditandai oleh gejala yang membuat Anda tidak berdaya. Kadang-kadang, perubahan kecil bisa mengindikasikan ada yang tak beres dengan sistem di tubuh Anda.

Ada sejumlah penyakit berbahaya yang kerap menyerang dan dialami oleh manusia. Beberapa penyakit ini sebenarnya dapat diindetifikasi lebih awal sebelum akhirnya menyebar dan membahayakan tubuh.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Senin (25/2/2019), berikut 5 cara identifikasi awal sejumlah penyakit yang membahayakan tubuh:


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 6 halaman

1. Diabetes

Diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi akibat tingginya kadar gula (glukosa). Pada penderita diabetes, pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh.

Untuk mendeteksi penyakit ini, seseorang bisa melakukan identifikasi. Beberapa gejala awal bisa Anda amati sehingga bisa melakukan tindakan awal.

Ciri-ciri tersebut di antaranya, sering buang air kecil, penurunan atau kenaikan berat badan, tanpa alasan, penglihatan kabur, tingkat kehausan yang intens, kelaparan konstan, memar dan luka yang perlahan sembuh, kelelahan dan mati rasa serta rasa sakit di tangan.

3 dari 6 halaman

2. Kanker Kulit

Kanker kulit adalah pertumbuhan sel-sel pada kulit pada taraf abnormal. Kanker kulit paling umum terjadi pada lapisan sel skuamosa dan melanosit.

Gejala kanker kulit yang paling umum adalah:

– Kulit tebal dan merah dengan bercak keperakan

– Kemerahan pada wajah dan leher

– Mengalami penyakit kuning

– Munculnya tahi lalat baru

4 dari 6 halaman

3. Penyakit Otot dan Sendi

Terkadang, penyakit otot atau nyeri sendiri bisa terjadi kepada siapa saja. Namun, penyakit semacam ini tidak dapat disepelekan.

Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, maka bisa berbahaya. Karena dapat terjadi konstan dan terus menerus.

Gejala penyakit sendi atau otot adalah:

– Nyeri otot yang konstan

– Mati rasa atau kesemutan

– Pembengkakan, peradangan, kaku, atau kemerahan di dalam atau di sekitar sendi

– Berkurangnya rentang pergerakan sendi

5 dari 6 halaman

4. Penyakit Paru-Paru

Ada sejumlah jenis penyakit yang menyerang paru-paru. Mulai dari kanker, bronkitis hingga paru-paru basah. Sejumlah penyakit ini bisa diidentifikasi dengan sejumlah cara.

Mulai dari:

– Batuk darah- Batuk kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

– Sulit bernafas

– Sesak napas

– Nyeri dada kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

– Produksi lendir kronis (berlangsung selama sebulan atau lebih lama)

6 dari 6 halaman

5. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah kondisi ketika sel kanker terbentuk di jaringan payudara. Sel tersebut umumnya membentuk tumor yang terasa seperti benjolan.

Kanker payudara menjadi salah satu penyakit mematikan yang menyerang wanita ataupun juga pria. Di Indonesia sendiri kanker payudara juga jadi ancaman.

Berikut tanda-tanda awalnya:

– Nyeri atau nyeri payudara yang tidak biasa

– Perubahan kulit puting atau payudara

– Penebalan di dekat atau di payudara

– Penebalan di area ketiak

Menilik Motif di Balik Pembunuhan Sadis Suami Terhadap Ibu Hamil di Bengkulu

Liputan6.com, Bengkulu – Peristiwa pembunuhan suami terhadap istrinya di Kelurahan Tanjung Jaya Kota Bengkulu sontak membuat warga heboh. Pasangan Romi Sepriawan alias Romi Cabe (31) dan istrinya ES yang tengah mengandung 9 bulan itu sudah tinggal lebih dari 3 tahun di lingkungan tersebut.

Menurut Romi, dia dan istrinya memang sudah terjadi cekcok sejak 4 bulan ke belakang. Pemicunya, rasa cemburu dan selalu curiga dengan gerak gerik istrinya yang sering memainkan telepon genggam secara sembunyi-sembunyi.

“Saya mau lihat teleponnya, selalu terkunci, dan dia tidak mau memberikan kode kunci tersebut,” ujar Romi di Mapolres Bengkulu, Jumat 22 Februari 2019.

Pertengkaran demi pertengkaran terjadi antara pasangan yang sudah memiliki seorang putri yang kini berusia 3 tahun tersebut.

Jumat pagi, keduanya kembali cekcok. Romi lalu mengambil parang, menyayat istrinya dan mendorongnya ke atas tempat tidur. Setelah sang istri terbunuh, Romi lalu membelah perutnya dan mengeluarkan jabang bayi sambil membungkusnya dengan kain seadanya. Parang tersebut disiapkan Romi pada malam sebelum kejadian dengan meminjam dari tetengga.

Menurut Romi, setelah pusar bayinya dipotong, dia lalu minta tolong seorang tetangga. Lalu putrinya dan sang jabang bayi diserahkan kepada tetangga dan minta untuk diselamatkan.

“Saya katakan, saya khilaf dan minta maaf sebelum berlari ke belakang,” urai Romi.

Oleh warga, Bayi tersebut sempat dibawa ke klinik pengobatan terdekat sebelum dibawa ke RS Bhayangkara Polda Bengkulu yang berjaran 3 kilometer dari rumah korban.

“Kebetulan ada perawat warga dekat sini,” ujar Fauzan, tetangga korban pembunuhan.

2 dari 2 halaman

Sandiwara Pelaku di TKP

Peristiwa pembunuhan yang terjadi di Kelurahan Tanjung Jaya Kota Bengkulu pada Kamis siang membuattetangga korban langsung mengerumuni Tempat Kejadian Perkara. Aparat kepolisian yang mendatangi TKP langsung membentang garis polisi dan melakukan identifikasi awal.

Hasilnya, ditemukan korban tergeletak tak bernyawa diatas kasur dalam kamar tidur, terdapat luka sayat pada leher korban ES yang ditutup selimut. Loka robek juga ditemukan pada perut korban.

Aparat juga menemukan pagar seng belakang rumah itu rusak akibat diterobos secara paksa. Sempat dilakukan penyisiran beberapa jam, tetapi belum menemukan jejak pelaku.

Kapolsek Teluk Segara Kompol Jauhari menjelaskan, pukul 14.20 unit Opsnal dan Intelkam Polsek Teluk Segara melihat seorang laki-laki di TKP dengan gerak-gerik mencurigakan.

Dengan pakaian yang sebagian berlumur lumpur, dia dikerumuni warga, aparat lalu mengamankan pria yang diketahui merupakan suami korban bernama Romi Sepriawan.

“Kami amankan, dan antar ke Mapolres,” tegas Jauhari.

Polemik Tenaga Asing di Hutan Prabowo

Jakarta – Polemik lahan negara yang dikuasai Prabowo Subianto masih terus berlanjut. Kali ini, polemik merembet ke tudingan adanya pekerja asing di PT Tusam Hutani Lestari (THL), perusahaan milik Prabowo yang mengelola hutan di lahan berstatus Hutan Tanaman Industri (HTI) itu.

Status HTI itu sebelumnya diungkap oleh Ombudsman RI. Ombudsman menyebut berdasarkan hasil identifikasi, lahan yang sebelumnya diklaim oleh Prabowo berstatus Hak Guna Usaha (HGU) itu, ternyata menyandang izin HTI.

Kembali ke tudingan adanya tenaga kerja asing (TKA) di THL, hal itu mulanya dilontarkan oleh eks Panglima GAM wilayah Linge, Fauzan Azima. Fauzan yang pernah bertugas membawahi wilayah Aceh Tengah dan Bener Meriah, lokasi di mana hutan yang dikelola THL berada, menyebut pihak perusahaan mempekerjakan tenaga asing.

“Sekarang lahan itu mereka manfaatkan untuk ambil getah. Ada sebagian masyarakat (yang ambil getah), dan pihak ketiga. Kalau dulu (di sana) banyak dari luar. Dari China juga ada. Awalnya tenaga-tenaga kerja China semua di situ,” kata Fauzan saat dimintai konfirmasi, Kamis (21/2).
Tudingan itu langsung mendapat komentar dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin. TKN Jokowi-Ma’ruf menilai pernyataan mantan kombatan GAM itu menambah bukti bahwa Prabowo pro-asing.

Selain itu, pernyataan itu juga menunjukkan inkonsistensi Prabowo dan kubunya. Sebab, mereka dinilai kerap menggembar-gemborkan anti asing dan kerap menggoreng isu tenaga kerja asing (TKA).

“Pengakuan eks Panglima GAM Linge ini memperjelas bukti bahwa Pak Prabowo semakin inkonsisten. Ini menambah bukti sikapnya yang menuduh pihak lain pro-asing, padahal ternyata perusahaannya pun memperkerjakan tenaga kerja asing,” ujar juru bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily, kepada wartawan.

Polemik Tenaga Asing di Hutan PrabowoFoto: Lahan milik Prabowo di Aceh (Ist)

Tak terima sang capres dituding tanpa dasar, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno memberi pembelaan sekaligus bantahan. BPN Prabowo-Sandiaga heran dengan tudingan tersebut. BPN tak habis pikir kenapa Fauzan Azima dengan getol menyerang Prabowo.

“Saya bingung, ini orang nyinyir banget, sih. Ya dibuktikan saja kalau memang ada isu TKA,” ujar juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade.

“Kalau ada isu TKA di sana, sudah diusir sama orang Aceh. Lalu juga sudah diberi sanksi oleh Pemprov Aceh. Logikanya sajalah, kalau ada TKA di sana, tentu sudah ada protes dari orang Aceh, pasti juga Pemprov beri teguran ke THL, dong,” imbuhnya.

Bantahan juga diberikan pihak THL. Perusahaan yang memiliki Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu dalam Hutan Tamanan Industri (IUPHHK-HTI) itu membantah dan menyebut hanya mempekerjakan penderes dari Indonesia.

“Kalau tenaga kerjanya nggak ada, tapi kalau pembeli getahnya bisa jadi ada. Karena kita jual ke Medan (Sumatera Utara). Kalau tenaga di lapangannya yang dimaksud pekerja kan penderesnya, kalau penderes nggak ada,” kata Staf Bagian Perencanaan dan Administrasi Umum PT THL Husein Canto saat dimintai konfirmasi detikcom.

(mae/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Twitter Perketat Aturan Iklan Politik Jelang Pemilu di Uni Eropa

Liputan6.com, Brussels – Mengikuti langkah perusahaan teknologi raksasa Google dan Facebook, Twitter hari Selasa 19 Februari 2019 mengatakan akan memperketat aturan iklan politik di Uni Eropa menjelang pemilihan umum yang akan berlangsung di blok negara itu pada musim semi nanti.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Kamis (21/2/2019) Perusahaan media sosial itu mengatakan sedang memperluas pembatasan yang sudah ada untuk pemilihan umum di Amerika tahun depan.

Berdasarkan aturan baru, yang juga akan berlaku di Australia dan India, pengiklan politik harus disertifikasi.

Twitter juga mengambil langkah untuk meningkatkan transparansi. Iklan, dalam bentuk “promosi cuitan” dalam tujuh hari terakhir akan disimpan dalam bank data yang dapat diakses publik dan menunjukkan berapa banyak promosi itu muncul, berapa banyak orang yang melihat dan demografi orang-orang yang melihatnya.

Facebook dan Google telah menerapkan sistem serupa menjelang pemilu di Uni Eropa bulan Mei mendatang, ketika perusahaan-perusahaan teknologi Amerika menanggapi kritik bahwa mereka tidak melakukan lebih banyak hal untuk mencegah penyalahgunaan platform mereka oleh aktor-aktor jahat yang berupaya mempengaruhi pemilihan umum di seluruh dunia sebelumnya.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Ratusan Juta Pemilih

Ratusan juta orang diperkirakan akan mengikuti pemilihan lebih dari 700 anggota parlemen Uni Eropa.

Para pengiklan politik dapat mulai mendaftar untuk mendapatkan sertifikasi sesuai aturan iklan Twitter yang lebih ketat itu mulai 11 Maret, dengan menyediakan lebih banyak informasi, seperti foto identitas dan nomor identifikasi perusahaan.

Definisi iklan politik yang ditetapkan Twitter adalah iklan yang disiapkan oleh partai atau kandidat, atau mereka yang mendukung atau menentang seorang kandidat atau partai.