Susah Payah D Zawawi Imron Menulis Puisi ‘Ibu’

Liputan6.com, Sumenep Sejak puisi pertamanya berhasil menembus redaksi Harian Bhirawa pada 1976, penyair D. Zawawi Imron, sampai kini telah menerbitkan 15 antologi puisi. Semerbak Mayang yang terbit pada 1977 adalah antologi puisi pertamanya.

Pria kelahiran Madura pada 1943 ini termasuk penyair produktif. Setelah Semerbak Mayang, nyaris tiap tahun Zawawi menerbitkan kumpulan sajak: Madura Akulah Darahmu (1978), Dusun Siwalan (1979), Celurit Emas (1980), Bulan Tertusuk Ilalang (1982), Nenek Moyangku Airmata (1985), Derap-derap Tasbih (1993) dan Berlayar di Pamor Badik (1994). 

Namun, bagi Zawawi puncak produktivitas dalam menulis terjadi saat didapuk menjadi penyair tamu di rumah puisi milik penyair Taufik Ismail. Selama dua bulan, antara Desember 2008 hingga Januari 2009, dia menulis 110 sajak saat bermukim di Aie Angek, Tanah Datar, Sumatera Barat, bersama Novelis Ahmad Tohari. Hasilnya kemudian dibukukan pada 2013 dengan judul: Mengeja Bukit, Mengaji Danau.

“Saya merasa ada puisi dalam setiap peristiwa,” ujarnya dalam sebuah bincang santai di rumahnya Desa Batang-batang Laok, sebelah utara Kabupaten Sumenep, beberapa waktu silam.

Tentu Zawawi juga mengalami masa surut dalam menulis. Pernah berbulan-bulan tak satu puisi pun ditulisnya. Dia mengalami itu, ketika menerbitkan Berlayar di Pamor Badik pada 1994 sepulang dari Kota Makassar. Berbulan-bulan setelahnya tak satu puisi pun berhasil ditulisnya. Hingga kini, Zawawi mengaku tak tahu penyebab dia stuck dalam berpuisi saat itu.

Setelah lama vakum, dia baru menulis lagi setelah membaca sayembara menulis puisi dalam rangka HUT RI yang diadakan ANTV pada 1995. “Dialog Bukit Kamboja”, judul puisi yang ditulis Zawawi untuk lomba itu menjadi pemenang pertama. “Hadiahnya 7,5 juta,” kenang dia.

Bertahun-tahun setelahnya, sajak itu menjadi sangat identik dengan sosok Zawawi juga tentu puisi ‘ibu’ yang fenomenal itu. Di Madura, bila ada lomba baca puisi dalam rangka HUT kemerdekaan atau memeringati hari ibu. Puisi ‘dialog bukit Kamboja’ dan sajak ‘ibu’ jadi bacaan wajib peserta.

Klarifikasi BPJS soal Ibu Nis yang Disebut Sandiaga Tak Di-cover BPJS

JakartaBPJS Kesehatan Cabang Surakarta memberikan klarifikasi atas cerita yang disampaikan cawapres Sandiaga Uno saat debat pilpres ketiga. BPJS Surakarta menepis pernyataan Sandiaga yang menyebut program pengobatan Bu Nis, warga asal Sragen, tidak di cover.

“Kami sudah melakukan pengecekan data dan berkoordinasi dengan peserta maupun pihak rumah sakit. Hasilnya Ibu Nis mendapatkan haknya sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS),” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Surakarta, Bimantoro dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/3/2019).

Bimantoro menjelaskan Bu Nis yang mempunyai nama lengkap Niswatin, terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak tahun 2015. Pada Maret 2018, dia diagnosa oleh dokter berdasarkan pemeriksaan menderita penyakit kanker payudara grade 2 non metastasis.

Sejak itu Niswatin menjalani pengobatan secara rutin. Dia menjalani kemoterapi gelombang pertama sebanyak tujuh kali hingga Oktober 2018.

“Sesuai indikasi medis dan restriksi Formularium Nasional, pasien belum dapat diresepkan obat Herceptin karena obat ini untuk penderita kanker payudara metastasis dengan pemeriksaan HER2 positif. Sementara Niswatin masih belum ke arah itu,” jelasnya.

Bimantoro menuturkan, berdasarkan konfirmasi dengan pihak RS dr. Soehadi Pridjonegoro Sragen, Bu Nis saat ini sudah selesai menjalani pemeriksaan kemoterapi. Namun harus tetap menjalani pengobatan rutin dan dalam pemantauan dokter.

“Kami sudah bertemu dengan pasien dan persoalan ini sudah diselesaikan dengan baik. Terima kasih kepada pihak yang memberikan masukan untuk penyelenggaraan Program JKN-KIS yang lebih baik,” terang Bimantoro.

Diberitakan sebelumnya, Sandiaga kembali mengungkap kisah masyarakat di panggung debat. Kali ini yang diungkap adalah kisah Bu Nis dari Sragen. Namun Sandiaga menyebut ‘Bu Nis’ sebagai ‘Bu Lis’.

“Kisah yang dihadapi Ibu Lies di mana program pengobatannya harus terhenti karena tidak di cover oleh BPJS itu tidak boleh lagi kita tolerir Indonesia. Apalagi akan menjadi negara-negara yang ekonominya nomor lima terbesar di dunia di 2045,” tutur Sandiaga dalam debat di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3).
(zak/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gejala Virus Zika, Cara Penularan dan Pencegahan yang Perlu Diwaspadai Ibu Hamil

Penularan virus Zika, utamanya ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes, terutama spesies Aedes aegypti. Tetapi ada beberapa penularan lainnya yang bisa terjadi penyebaran virus Zika Berikut cara penularan virus Zika.

1. Gigitan nyamuk

Virus Zika dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk, yaitu nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk mengambil dan membawa virus Zika dari manusia yang telah terinfeksi virus tersebut. Kemudian melalui gigitannya menyebarkan virus Zika pada manusia yang belum terinfeksi

Nyamuk ini senang bertelur di air bersih yang tergenang, seperti genangan air hujan di jalanan, di pot bunga, dan bak air di kamar mandi. Nyamuk ini umumnya menggigit manusia pada siang hari, baik di dalam maupun di luar ruangan.

2. Ibu ke janin dalam kandungan

Ibu yang sudah terinfeksi oleh virus Zika dapat menularkan pada bayi saat melahirkan. Infeksi virus zika pada ibu hamil diduga berkaitan erat dengan peningkatan risiko cacat janin mikrosefali atau kepala dan otak yang kecil

Namun, saat ini belum ada kasus virus zika yang menular dari ibu yang menyusui bayinya, sehingga ibu yang terinfeksi virus Zika masih bisa menyusui bayinya.

3. Hubungan seksual

Hubungan seksual bisa menjadi sarana penularan virus ini. Center for Disease Control and Prevention (CDC) telah mempublikasikan bahwa virus Zika ditemukan pada cairan tubuh manusia yaitu pada air mani, cairan vagina, air seni, dan darah.

Namun, di antara semua cairan tersebut, virus Zika bertahan paling lama pada air mani. Oleh karena itu, berhati-hati jika Anda akan melakukan hubungan seksual, karena hubungan seksual menjadi salah satu cara penularan virus ini.

Tanda Bahaya Kehamilan yang Jarang Diketahui Calon Ibu, Perlu Diwaspadai

1. Aktivitas Janin Menurun Signifikan

Ketika janin bayi yang aktif tiba-tiba menunjukkan aktivitas yang tak biasa, maka perlu diwaspadai karena merupakan salah satu dari tanda bahaya kehamilan. Ibu dianjurkan untuk mencoba melakukan sesuatu yang membuat bayi di dalam kandungan bergerak. Ini bisa dilakukan dengan minum atau makan sesuatu yang dingin dan kemudian berbaring di samping. Akan lebih baik apabila melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk menjawab semua keraguan dan kekhawatiran.

2. Keluar air

Jika tiba-tiba mendapatan tanda bahaya kehamilan seperti keluar air pada area kewanitaan tanpa sengaja, maka ada dua kemunkinan; air seni atau air ketuban. Kebocoran air seni dapat disebabkan oleh tekanan yang diberikan oleh rahim pada kandung kemih. Ibu yang mengalaminya, pergilah ke toilet dan bekemihlah. Apabila setelah berkemih air tetap mengalir, maka kemungkinan besar penyebabnya adalah kebocoran air ketuban dan ini merupakan salah satu tanda bahaya kehamilan.

3. Kontraksi dan Lendir-lendir

Kelahiran yang terjadi sebelum usia kehamilan 37 minggu dianggap sebagai persalinan prematur. Tanda bahaya kehamilan ini berupa kram perut atau kontraksi yang menyebar ke sekitar punggung, semakin kuat dan mendesak yang diikuti dengan keluarnya lendir-lendir bercampur darah. Jika gejalanya disadari dan ditangani sejak awal, maka persalinan prematur dapat dihindari.

4. Haus berlebihan, sering buang air kecil

Gestational diabetes atau diabetes dalam kehamilan adalah tanda bahaya kehamilan yang terjadi selama trimester kedua kehamilan yang terjadi akibat ketidakmampuan ibu untuk memproduksi insulin yang cukup. Gejala utamanya berupa rasa haus atau lapar yang ekstrem, sering buang air kecil dan kelelahan. Tak ada langkah tepat selain segera memeriksakan diri ketika mengalami gejala di atas selama berhari-hari, karena gestational diabetes berpotensi menyebabkan bahaya pada kehamilan dan persalinan.

5. Gejala flu

Pada musim flu, ibu hamil biasanya akan dengan mudah tertular flu dibandingkan dengan mereka yang tidak hamil. Itu disebabkan kehamilan memberi stres tambahan terhadap sistem kekebalan tubuh. Sebagai tambahan, ibu hamil berisiko tinggi untuk terkena komplikasi serius dari flu. Gejala flu termasuk demam, batuk-batuk, tenggorokan nyeri, hidung berlendir, bersin-bersin, mual, muntah, dan diare. Mungkin terdengar sepele tapi jika disepelekan dan terus berkembang, hal ini justru akan membahayakan janin.

Partai Apa yang Dipilih Milenial Ibu Kota? Survei Median Membuktikan…

Jakarta – Lembaga survei Median merilis hasil survei elektabilitas parpol di DKI Jakarta. Ada hasil survei per kelompok umur. Apa pilihan partai para milenial?

Survei digelar pada pekan ke-4 Februari hingga pekan pertama Maret 2019 dengan melibatkan 1.000 responden. Sampel dipilih dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kodya dan gender. Margin of error survei ini plus minus 3,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Pertanyaan survei adalah: “Jika pemilu legislatif dilakukan saat ini, partai apakah yang akan Anda pilih?”
Berikut elektabilitas partai hasil survei Median:

PDIP 28,1%
Gerindra 22,9%
Demokrat 6,9%
PKS 6,8%
PAN 4,7%
Golkar 4,6%
PKB 2,2%
Perindo 2,1%
NasDem 2,0%
PPP 1,8%
PSI 1,3%
Hanura 1,1%
PBB 0,2%
Berkarya 0,2%
Undecided 15,2%

Jika ditilik lebih detail dari segi kelompok usia, porsi terbesar suara PDIP datang dari pemilih yang berusia kurang dari 20 tahun. Sementara Gerindra banyak dipilih pemilih kelompok usia 30-39 tahun.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun.Direktur Eksekutif Median Rico Marbun. Foto: Ari Saputra

Dari segi pendidikan pemilih, Gerindra unggul di pemilih tidak tamat SD. Sementara PDIP unggul di pemilih tamat SD hingga tamat perguruan tinggi.

Alasan dominan warga ibu kota memilih PDIP karena faktor kinerja Jokowi. Sementara alasan warga ibu kota memilih Gerindra karena suka dengan Prabowo. Alasan memilih Demokrat karena suka SBY, sementara PKS dipilih karena sangat identik dengan partai Islam. PAN dipilih karena dinilai amanah, sementara Golkar dipilih karena alasan ikut keluarga.
(tor/van)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli Calon Ibu

Nah, selain perlengkapan bayi baru lahir, Anda juga perlu mempersiapkan perlengkapan finansial untuk si kecil, diantaranya:

– Asuransi kesehatan atau BPJS

Anda memiliki waktu 30 hari untuk menambahkan ke polis asuransi kesehatan setelah si kecil lahir, dan sampai 60 hari untuk masuk dalam tunjangan anak. Si kecil bisa didaftarkan BPJS kesehatan setelah memiliki nomor induk kependudukan.

– Tabungan untuk pendidikan

Anda bisa mengikuti program asuransi pendidikan untuk si kecil.

– Biaya ke dokter dan imunisasi

Bayi yang baru lahir pasti akan mendapatkan imunisasi. Ada 9 jenis imunisasi yang wajib diberikan saat bayi sebelum berusia 1 tahun, yaitu BCG, Hepatitis B, Polio, DPT, Campak, HIB, Rotavirus, Pnemokokus, Influenza.

Pilih Bahan yang Aman dan Nyaman Untuk Si Kecil

Memilih perlengkapan bayi baru lahir memang gampang-gampang susah, tapi ini juga hal yang paling menyenangkan untuk para calon ibu.

Bayi yang baru lahir pastinya sangat sensitif, terlebih lagi kulit bayi. Untuk itu, pastikan Anda membeli bahan yang aman dan nyaman untuk si kecil.

Para calon orangtua juga harus mempersiapkan diri, terlebih ini pengalaman pertama Anda sebagai orangtua.

Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam memilih perlengkapan bayi baru lahir.

7 Manfaat Buah Semangka untuk Ibu Hamil, Baik untuk Janin

Selain semangaka, biji-bijian menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.  Hhususnya untuk ibu hamil pun wajib mengonsumsi biji-bijian selain makanan sehat lainnya diantaranya:

1. Biji chia dan biji labu

Biji chia kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang penting untuk perkembangan otak bayi pada masa kehamilan. Sedangkan mengonsumsi biji labu saat hamil merupakan cara yang efektif untuk mengurangi mual.

Selain itu kandungan alami di dalam biji labu juga dapat menenangkan mood swing Anda saat hamil.

2. Biji melon dan Poppy seeds

Tak hanya daging buahnya saja, biji melon ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Biji melon dapat kamu jadikan snack untuk meningkatkan energi selama masa kehamilan. Oleh karena setelah mengonsumsi melon, keringkan bijinya.

Sedangkkan poppy seeds harus dikosumsi dengan jumlah yang secukupnya dan  tidak terlalu banyak. Sebab poppy seeds mengandung opiat yang dapat membahayakan janin.

3. Biji bunga matahari dan biji delima

Biji bunga matahari adalah makanan atau camilan yang paling umum. Biji bunga matahari mengandung zat besi yang penting untuk kesehatan janin pada trimester ketiga kehamilan.

Mengonsumsi biji delima saat hamil adalah cara yang sehat untuk menyehatkan kehamilan kamu. Sebab biji delima kaya akan zat besi yang dapat membantu kesehatan darah saat hamil.

Ibu dan Anak Korban KRL Anjlok di Bogor Dirujuk ke RS Siloam

Liputan6.com, Bogor – Sembilan korban kereta rel listrik (KRL) anjlok hingga menabrak tiang di Kebon Pedes, Kota Bogor dibawa ke Rumah Sakit Salak. Dua di antaranya harus dirujuk ke Rumah Sakit Siloam karena diduga luka patah tulang.

“Ada dua pasien ibu dan anak harus kita rujuk ke rumah sakit lebih tinggi karena membutuhkan citi scan,” kata Mayor CPM dr Sarah, Sabtu (10/3/2019).

Sementara lima korban lainnya menjalani observasi. Sedangkan dua pasien lainnya sudah pulang karena hanya menderita luka ringan.

“Dua orang hanya berobat jalan saja,” kata dia.

Menurut Sarah, umumnya korban kecelakaan KRL mengalami trauma. Selain itu, mereka juga mengalami benturan sehingga perlu dilakukan bedah sedang hingga ringan.

“Penanganan fraktur ditangani dokter bedah ortopedi. Kalau luka terbuka tidak ada, tetapi hanya trauma itu benturan memar, atau suspect fraktur bagian kaki,” terang Sarah.

Selain itu, masinis kereta sudah dilakukan observasi berupa rontgen. Kedua kaki sebelah kanan memar dan tangannya mengalami sakit.

“Sudah kita rontgen semuannya. Saat ini, keadaannya sudah membaik dan lebih tenang di ruangan Kartika,” ucap Sarah.

Namun dirinya belum mengetahui kapan masinis KRL diperbolehkan pulang. Karena hal imi tergantung kewenangan dokter yang menanganinya.

“Tidak sekarang. Kita observasi dulu sampai mana, baru kita perbolehkan pulang,” kata dia.

El Nino Bikin Sebagian Ibu Kota Filipina Kehilangan Pasokan Air Bersih

Liputan6.com, Manila – Beberapa wilayah di ibu kota Filipina tengah menderita kekurangan air bersih, akibat pembatasan pasokan, menyusul kondisi kering akibat hantaman gelombang panas El Nino.

Manila Water Co dan Metro Pacific Investments Corp, dua-duanya berada di bawah naungan Ayala Corporation Maynilad Water Services Inc, mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa pihaknya telah menerapkan penyesuaian operasional, yang mengakibatkan rendahnya pasokan air di beberapa area tertentu di Metro Manila, demikian sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Sabtu (9/3/2019).

Untuk diketahui, seluruh wilayah Manila kini dihuni oleh sekitar 12,9 juta orang, dengan sebagian besar tinggal di area padat penduduk dan jaringan air bersih terbatas.

Di saat bersamaan, masyarakat di wilayah yang seharusnya tidak terpengaruh oleh pengurangan pasokan air bersih, mulai melakukan penimbunan, termasuk meningkatnya permintaan terhadap jasa layanan air swasta.

Manila Water mengatakan kondisi yang sama akan dialami oleh berbagai wilayah utama ibu kota Filipina, seperti distrik bisnis Makati, Marikina dan Pasig.

Beberapa kota satelit di sekitar Manila, seperti di Las Pinas City, Muntinlupa City, dan beberapa bagian dari provinsi Cavite di selatan, diprediksi akan terdampak dalam beberapa hari ke depan.

Otoritas pemerintah pada layanan air bersih dan sistem drainase telah meminta konsumen untuk menggunakan air dengan bijak di tengah kondisi El Nino, yang mungkin berlanjut hingga Juni mendatang, terutama di Filipina utara. 

Sementara itu, ketinggian di Bendungan Angat, yang memasok sebagian besar kebutuhan air untuk wilayah Metro Manila, turun menjadi 201,7 meter pada Jumat 8 Maret, dari sebelumnya 204,6 meter pada 1 Maret, lapor otoritas terkait.

Simak video pilihan berikut:

Masyarakat miskin di Filipina memungut makanan sisa dari tempat sampah yang kemudikan diolah, dijual dan dikonsumsi. Makanan sisa ini diberi nama Pag-Pag.

Jokowi Temui Ibu Paruh Baya yang Nekat Terobos Paspampres Saat Peresmian Tol

Hal itu terjadi saat Jokowi baru saja selesai memberikan kata sambutan saat acara peresmian Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di Gerbang Tol Natar Lampung Selatan, Jumat (8/3/2019).

Ibu berjilbab berwarna merah muda itu tiba-tiba saja menerobos masuk hingga ke depan panggung Jokowi dan langsung duduk bersimpuh dan pingsan. Setelah sadar, dia langsung menangis sambil melaporkan permasalahannya kepada Jokowi.

Saat diwawancarai wartawan usai acara, Jokowi mengaku bahwa ibu itu curhat mengenai pembebasan lahannya yang masih bermasalah. Jokowi mengaku akan menindaklanjuti keluhan ibu itu.

“Ya saya cek segera. Ya biasa, sebuah pekerjaan besar seperti ini pasti ada yang tercecer satu dua. Yang paling penting setelah ini segera diselesaikan,” kata Jokowi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Presiden Joko Widodo bagikan 3.300 Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Jakarta Selatan.