Jelajah Danau-Danau Paling Berwarna di Dunia, dari Pink sampai Hitam

Liputan6.com, Jakarta – Seolah ditarik dari imajinasi, pemandangan-pemandangan tak biasa sangat mungkin ditemui di berbagai belahan Bumi. Satu di antara banyak fenomena yang bisa djumpai adalah deretan danau paling berwarna.

Mulai dari pink sampai hitam, hamparan warna di danau-danau ini siap memukau tiap pasang mata yang memandang. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya seperti dilansir dari berbagai sumberKamis, 18 April 2019.

Lake Hiller di Middle Island, Australia Barat

Bak cotton candy yang tiba-tiba jatuh dalam ukuran super besar, Lake Hiller telah lama jadi daya tarik turis untuk bertandang ke Middle Island, Australia Barat. Berada tak jauh dari pesisir, perpaduan biru laut, hijau pepohonan di sekitar, dan danau merah muda jadi pemandangan ketinggian yang sayang untuk Anda lewatkan.

Hells of Beppu, Jepang

Hells of Beppu merupakan salah satu atraksi paling menarik untuk disambangi turis di kawasan Kannawa dan Shibaseki di kota Beppu, Jepang. Setidaknya terdapat tujuh danau hot spring yang bisa ditemukan. Sayang, onsen di sini memiliki temperatur terlalu tinggi sehingga tidak aman untuk berendam.

Tapi, pandangan mata Anda dijamin akan dimanjakan di sini mengingat ragam onsen menawarkan warna dan paras berbeda. Salah satu yang paling terkenal adalah Chinoike Jigoku yang berwarna merah sedikit oranye.

Laguna Colorada, Bolivia

Sayang rasanya jika definisi cantik Bolivia hanya diwakilkan oleh Salar de Uyuni. Pasalnya, ‘berbaring’ di wilayah dekat perbatan Chile, terdapat danau yang pemandangannya siap memukau setiap pasang mata.

Laguna Colodara yang disebut sebagai salah satu danau paling berwarna di Bumi ini kadang parasnya didominasi merah, berganti oranye, dengan detail putih di sana-sini. Tapi, bisa juga jadi sedikit keunguan. Suasananya kian spektakuler dengan keberadaan hewan liar, dari alpaka sampai flamingo.

2 dari 3 halaman


Danau-Danau Paling Berwarna di Bumi

Danau Kelimutu, NTT, Indonesia

Indonesia juga punya danau dengan pemandangan warna menakjubkan. Ya, apalagi kalau bukan Danau Kelimutu di Flores, Nusa Tenggara Timur. Tiga warna, di mana salah satunya adalah hitam, di danau ini masih jadi highlight yang selalu mengundang decak kagum.

Jalur pendakian yang kian mudah membuat Kelimutu jadi salah satu destinasi wajib saat berkunjung ke Flores. Pesonanya kian tak terlupakan, lantaran tempat ini juga sering kali dimanfaatkan untuk melihat matahari terbit.

Devil’s Bath, Selandia Baru

Selandia Baru seolah selalu punya magnet baru untuk disambangi. Tak melulu tentang terapi lumpur di tepi pantai, namun juga danau unik di bagian utara. Saking unik, penampakan danau ini sering kali disebut seperti hasil karya seniman di kanvas.

Bagaimana tidak, Anda akan mendapati danau berwarna kuning stabilo yang terlihat ‘menyala’ di tengah hijau pepohonan. Wai-o-tapu, wilayah danau ini berada, juga diketahui sebagai rumah bagi hot spring yang tepiannya terlihat berwarna oranye.

Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat

Berbicara danau paling berwarna, tak afdal kiranya jika tak menyebut ‘danau pelangi’ di Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat. Kawasan ini memang dikenal lewat lanskap disertai fenomena alam menakjubkan seperti air terjun api yang bisa terlihat di waktu-waktu tertentu.

3 dari 3 halaman


Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ince: Pogba Jadi Kambing Hitam Keterpurukan MU

Liputan6.com, Manchester – Paul Pogba menjadi sasaran kritik ketika MU takluk 0-3 di markas Barcelona pada leg kedua perempat final Liga Champions, Rabu (17/4/2019) dini hari WIB kemarin. Dia dinilai tampil buruk, lesu, dan jadi salah satu penyebab kegagalan MU.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Pogba diserang kritik. Beberapa bulan lalu, saat MU masih ditangani Jose Mourinho, Pogba terus dikecam karena bahasa tubuh negatif yang seakan-akan tidak mau bermain lagi di lapangan.

Dia sempat bangkit di era Ole Gunnar Solskjaer, tetapi merosot lagi dalam dua pekan terakhir.

Mantan pemain MU, Paul Ince percaya Paul Pogba telah jadi kambing hitam kegagalan MU dewasa ini. Dia menilai penampilan buruk Pogba sebenarnya disebabkan oleh rekan setim yang kurang mumpuni.

Lebih lanjut, Ince juga merasa MU yang sekarang bukanlah wadah yang tepat untuk kemampuan Pogba.

Ada Kampanye Hitam CPO, Neraca Dagang RI Tetap Surplus ke Eropa

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)  bekerjasama Pertamina dan Institut Teknologi Bandung (ITB), meneliti pemanfaatan minyak sawit untuk bahan bakar jenis bensin (gasolin) maupun Liquified Petroleum Gas (LPG).

Selain dimanfaatkan sebagai campuran bahan bakar minyak jenis solar. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral, Dadan Kusdiana, mengatakan, Indonesia yang pertama mengembangkan sawit untuk bensin melalui co-prosessing.

Minyak sawit dicampurkan ke kilang dengan proses cracking, menggunakan katalis Merah Putih, yang juga merupakan produksi anak bangsa, dan akan menghasilkan bensin dan LPG di akhir proses.

Pemanfaatan sawit untuk bensin ini juga telah dilakukan di beberapa negara seperti di Amerika Serikat, Italia, dan UEA. Namun, yang dikembangkan di negara-negara tersebut adalah membuat pabrik baru yang dapat mengolah langsung sawit dengan bensin sebagai salah satu produknya. 

“Yang mereka kembangkan bukan co-prosessing, tapi standalone, dari sawit menghasilkan bensin. Untuk co-processing ini kita yang pertama,” kata Dadan, dikutip situs resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (15/4/2019).

Dadan menuturkan, kelebihan lain dari co-prosessing ini masih dapat menggunakan kilang yang sudah Beroperasi (exsisting). Jadi lebih hemat dalam proses produksinya. 

“Yang digunakan adalah kilang eksisting, hanya ditambahkan proses di tengahnya untuk menghasilkan bensin dan LPG,” imbuh Dadan.

Terkait harga, bensin dari minyak sawit ini nantinya masih akan tergantung dari harga bahan baku sawitnya.

“Ada mekanisme yang saling menguntungkan pastinya, bisa melalui intensif atau bentuk lain, karena kita tahu hingga saat ini di lapangan kita tahu kalau harga minyak goreng selalu lebih mahal dari bahan bakar,” tandasnya.

Deretan Meme Kocak Foto Lubang Hitam, Malah Bikin Salah Fokus

Liputan6.com, Jakarta – Baru-baru ini dunia sains dan astronomi dihebohkan satu temuan penting baru di dalam sejarah manusia. Setelah melewati penelitian, pencarian, dan perhitungan yang lama, akhirnya manusia dapat melihat bentuk nyata dari lubang hitam untuk pertama kalinya.

Adalah Katie Bouman, seorang ilmuwan jenius lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang merupakan sosok penting di balik adanya foto pertama dari lubang hitam. Sejak tiga tahun lalu, ia telah memimpin penciptaan algoritma baru untuk menghasilkan foto lubang hitam pertama yang kita lihat sekarang ini.

Lubang hitam ini ditemukan di pusat Galaksi Messier 87 yang berjarak 55 juta tahun cahaya dari Bumi. Meskipun ukuran lubang hitam di galaksi tersebut diperkirakan sekitar 6,5 miliar kali dari massa bintang matahari, tetapi akan sangat sulit untuk bisa mendapatkan foto dari lubang hita.

Itu karena, jaraknya yang sangat jauh dari Bumi dan banyaknya benda penghalang di luar angkasa, menjadi kesulitan tersendiri pada saat foto ini diambil.

Tidak hanya para ilmuwan, berita mengenai adanya foto pertama dari lubang hitam ini turut menggemparkan dunia maya. Banyak warganet yang memuji dan merasa bangga pada hasil penemuan tersebut. Mereka bahkan membuat sebuah utas mengenai deskripsi singkat mengenai sejarah lubang hitam.

Namun, bukan warganet namanya jika tak ikut meramaikan sebuah kejadian yang sedang hangat. Segelintir warganet tampak ikut meramaikan temuan penting ini dengan membuat berbagai meme dari foto lubang hitam.

Meme tersebut pun sukses membuat banyak orang terhibur dan tertawa. Nah, penasaran seperti apa meme lubang hitam buatan warganet? Berikut meme-memenya seperti dirangkum dari berbagai akun Twitter.

Mengenal Katie Bouman, Ilmuwan Muda di Balik Foto Pertama Lubang Hitam

Washington

Seorang ilmuwan komputer berusia 29 tahun, Dr. Katie Bouman, mendapat pujian dari seluruh dunia berkat kerja kerasnya dalam mengembangkan algoritme yang menghasilkan foto pertama lubang hitam.

Tim yang ia pemimpin berhasil membuat terobosan penting yang memungkinkan untuk pertama kalinya dalam sejarah eksplorasi ruang angkasa pemotretan atas lubang hitam bisa dilakukan.

Foto yang istimewa ini memperlihatkan cahaya halo yang berasal dari dari debu dan gas angkasa yang sedang tersedot ke lubang hitam yang berjarak 500 juta triliun kilometer dari bumi.

Bagi Dr. Bouman, membuat algoritme itu merupakan perwujudan dari sebuah upaya yang sebelumnya dianggap mustahil.

Gambar Dr. Bouman dengan semangat menunggu foto lubang hitam terunggah di komputernya, telah beredar luas di berbagai media.

Ia pun menulis di dinding Facebook-nya, “Menyaksikan sambil tak percaya, saat-saat foto pertama lubang hitam dalam proses direkonstruksi.”

Dr. Bouman mulai membuat algoritme itu tiga tahun lalu ketika ia masih menjadi mahasiswa pascasarjana di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Di sana ia memimpin sebuah proyek, dibantu oleh satu tim yang terdiri dari Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory dari MIT, Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics dan MIT Haystack Observatory.

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10213321822457967&set=a.1407432103727&type=3&theater

Foto lubang hitam ini ditangkap oleh teleskop Event Horizon (EHT), sebuah jaringan delapan teleskop yang terhubung satu sama lain, yang gambarnya diunduh melalui algoritme buatan Dr. Bouman.

Dalam beberapa jam sesudah foto yang monumental itu diterbitkan, Dr. Bouman dibicarakan secara luas dan namanya sempat populer di Twitter.

Gambar pertama lubang hitam Foto pertama lubang hitam, dibuat dengan menggunakan jaringan teleskop di seluruh dunia. (Reuters)

Dalam sebuah cuitan, politisi Partai Demokrat Amerika asal New York, Alexandria Ocasio-Cortez, menulis bahwa Ms Bouman should take her “rightful seat in history” (Dr. Bouman sudah seharusnya mengambil “tempat yang sah dalam sejarah”).

“Selamat dan terima kasih untuk sumbangan Anda terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan,” cuit Ocasio-Cortez.

Dr. Bouman juga dipuji oleh MIT dan lembaga Smithsonian di media sosial.

“Tiga tahun lalu, mahasiswa pascasarjana MIT Katie Bouman memimpin pembuatan sebuah algortime baru untuk menghasilkan gambar lubang hitam untuk pertama kalinya,” tulis MIT’s Computer Science & Artificial Intelligence Lab.

“Hari ini, foto itu dirilis.”

https://twitter.com/MIT_CSAIL/status/1116007460039483392

Namun Dr. Bouman, yang kini merupakan asisten profesor dalam ilmu komputer dan matematika di California Institute of Technology, bersikeras bahwa tim yang telah membantunya berhak untuk mendapat pujian setara dengannya.

Upaya untuk membuat foto lubang hitam ini menggunakan teleskop yang terletak mulai dari Antartika hingga Chile, melibatkan lebih dari 200 orang ilmuwan.

“Tak mungkin melakukannya sendirian,” kata Dr. Bouman kepada CNN.

“Ini bisa terjadi karena keterlibatan banyak orang dari berbagai macam latar belakang.”

https://twitter.com/TamyEmmaPepin/status/1116014974508371971

Apa yang kita tahu soal lubang hitam?

Lubang hitam yang “tak bisa terlihat” oleh mata telanjang ini berdiameter 40 miliar kilometer, tiga juta kali ukuran bumi.

Lubang ini dipindai selama sepuluh hari di galaksi Messier 87, lima ratus triliun kilometer dari bumi.

Profesor Heino Falcke dari Radboud University Belanda, orang yang mengusulkan percobaan ini, menyatakan kepada BBC News bahwa lubang hitam ini “lebih besar ukurannya daripada ukuran keseluruhan tata surya kita”.

“Ia memiliki massa sekitar 6,5 miliar kali massa matahari kita. Dan ini merupakan lubang hitam terberat yang kami perkirakan ada. Lubang hitam ini sungguh-sungguh seperti monster, termasuk lubang hitam kelas berat di seluruh jagat raya,” kata Falcke.

Bagaimanaalgortime Dr.Bouman membuat foto tersebut?

Secara sederhana, Dr. Bouman dan rekan-rekannya mengembangkan serangkaian algoritme yang mengubah data teleskopik menjadi foto bersejarah yang dibagikan oleh berbagai media di dunia.

Dalam ilmu matematika dan komputer, algoritme adalah sebuah proses yang terdiri dari rangkaian aturan yang digunakan untuk memecahkan masalah.

Tak ada teleskop tunggal yang cukup kuat untuk menangkap imaji lubang hitam, maka jaringan delapan teleskop ini diatur untuk melakukannya dengan menggunakan teknik bernama interferometri.

Data yang ditangkap itu disimpan dalam ratusan hard disk dan disalurkan ke pusat pengolahan data di Boston, Amerika Serikat dan Bonn, Jerman.

Jangkauan EHT
Teleskop Event Horizon ini akhirnya melibatkan 12 fasilitas teleskop yang tersebar di seluruh dunia. (BBC)

Metode pemrosesan data mentah yang dilakukan Dr. Bouman ini disebut-sebut sangat penting dalam menghasilkan foto yang menakjubkan itu.

Dr. Bouman menjadi ujung tombak sebuah proses uji coba dimana beberapa algoritme yang “disusun dengan berbagai asumsi berbeda” dicobakan untuk memunculkan foto dari data-data yang dikumpulkan.

Hasil dari algoritme itu kemudian dianalisis oleh empat tim berbeda untuk memastikan bahwa hasil temuan tersebut memang benar adanya.

“Kami adalah kumpulan yang terdiri dari astronom, ahli fisika, ahli matematika dan insinyur, dan itulah yang dibutuhkan untuk mencapai sesuatu yang semula diperkirakan mustahil untuk dilakukan,” kata Dr. Bouman.


(ita/ita)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ini Foto Lubang Hitam yang Dirilis Astronom untuk Pertama Kalinya!

Washington – Para ilmuwan menunjukkan gambar lubang hitam (black hole) untuk pertama kalinya. Para ilmuwan menangkap visual lubang hitam ini pertama kalinya pada April 2017 menggunakan jaringan teleskop global.

Dilansir dari CNN, Kamis (11/4/2019), peneliti di National Science Foundation menangkap gambar lubang hitam supermasif dan bayangannya di pusat galaksi yang dikenal sebagai Messier 87 atau M87.

Gambar ini jadi bukti visual langsung pertama bahwa lubang hitam memang eksis.

Sementara dilansir Reuters, lubang hitam adalah entitas surgawi yang mengerikan yang mengerahkan medan gravitasi yang begitu ganas sehingga tidak ada materi atau cahaya yang bisa lolos.

Foto yang agak kabur dari lubang hitam di pusat Messier 87, atau M87, sebuah galaksi masif yang berada di tengah kluster galaksi Virgo yang relatif dekat, menunjukkan cincin merah, kuning, dan putih yang mengelilingi pusat gelap.

Gambar tersebut diperoleh menggunakan data yang dikumpulkan sejak April 2017 dari delapan teleskop radio di enam lokasi. Penelitian ini dilakukan proyek Event Horizon Telescope (EHT) sebuah kolaborasi internasional yang melibatkan sekitar 200 ilmuwan yang dimulai pada 2012 untuk mencoba mengamati langsung lingkungan langsung dari lubang hitam.

Pengumuman ini dibuat dalam konferensi pers simultan di Washington, Brussels, Santiago, Shanghai, Taipei dan Tokyo.

Pengamatan tim memvalidasi teori relativitas umum yang dicetuskan ahli fisika, Albert Einsten pada tahun 1915 untuk menjelaskan hukum gravitasi dan hubungannya dengan kekuatan alam lainnya.

“Kami telah mencapai sesuatu yang dianggap mustahil hanya satu generasi yang lalu,” kata astrofisikawan Sheperd Doeleman, direktur Event Horizon Telescope di Center for Astrophysics (CfA), Harvard & Smithsonian.

Lubang hitam, padat secara fenomenal dan datang dalam berbagai ukuran, sangat sulit diamati karena sifatnya. Cakrawala peristiwa lubang hitam adalah titik tidak bisa balik yang melampaui apa pun– bintang, planet, gas, debu, dan semua bentuk radiasi elektromagnetik–akan dilupakan.

Lubang hitam M87 yang diamati oleh tim ilmiah berada sekitar 54 juta tahun cahaya dari bumi dan memiliki massa hampir tak terbayangkan, 6,5 miliar kali Matahari. Satu tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam setahun, 9,5 triliun mil (9,5 triliun km).

“Ini adalah hari yang luar biasa dalam astrofisika,” kata Direktur Yayasan Sains Nasional AS, Cordova Perancis. “Kami melihat yang tidak bisa dilihat.”

“Itu memang membuat saya menangis,” tambah Cordova.

Keberadaan lubang hitam pertama kali diprediksi pada tahun 1916. Sebagian besar galaksi dianggap memiliki lubang hitam supermasif di pusatnya.
(jbr/dwia)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gambar Lubang Hitam Angkasa Bakal Disingkap untuk Pertama Kali

Brussels – Besar, rakus, dan amat sangat kuat. Begitulah deskripsi tentang lubang hitam. Fisikawan percaya lubang hitam di luar angkasa itu ada, meskipun tak ada seorangpun yang pernah mengobservasi lubang hitam secara langsung.

Namun perubahan akan segera terjadi. Rabu (10/4/2019), para ilmuwan dari tiga benua bersiap untuk menyingkap gambar pertama dari raksasa yang membingungkan itu. Mereka akan menyatukan banyak data yang diperoleh dari jejaring global teleskop radio.

Enam jumpa pers besar bakal digelar secara simultan untuk mengumumkan hasil temuan Teleskop Horizon Peristiwa, atau dalam Bahasa Inggris disebut sebagai “Event Horizon Telescope (EHT)”. Teleskop ini adalah sebentuk kolaborasi ilmuwan internasional yang akan menyajikan gambar lubang hitam ke khalayak umum. Momen ini telah dinanti sejak lama.

Sejak April 2017, enam teleskop radio di titik yang berlainan bekerja sama, yakni di Hawaii, Arizona Amerika Serikat (AS), Meksiko, Chile, dan Kutub Selatan. Mereka mengumpulkan data dari sudut pandang masing-masing.

Gambar Lubang Hitam Angkasa Bakal Disingkap untuk Pertama KaliFoto: Teleskop radio EHT (Akun Twitter EHT/@ehtelesope)

Kini data telah terkumpul namun masih disusun, sebelum akhirnya bisa diumumkan ke publik dalam bentuk gambar lubang hitam. “Algoritma pencitraan yang kami kembangkan akan mengisi kekosongan data yang kami belum dapatkan untuk merekonstruksi sebuah gambar lubang hitam,” kata tim ilmuwan dalam situs mereka, dilansir AFP, Rabu (10/4/2019).

Apa itu lubang hitam?

Lubang hitam adalah benda angkasa yang mampu memampatkan massa yang sangat besar menjadi sangat kecil. Bila bumi kita masuk ke lubang hitam, maka bumi ini bakal dimampatkan oleh sang lubang hitam menjadi sekecil tutup botol. Matahari yang senantiasa muncul di pagi hari bisa dimampatkan diameternya menjadi sebesar 6 km saja.

Hal itu dijelaskan oleh astronom dari Paris LSL Observatory bernama Guy Perrin, sebagaimana dilansir AFP.

Albert Einstein pernah menjelaskan perkara lubang hitam ini dalam hukum relativitas umum seabad lalu. Lubang hitam punya gravitasi yang mahadahsyat. Monster omnivora itu sangat kuat, tak ada benda yang mampu melepaskan diri dari lubang hitam, bila benda itu sudah terlalu dekat. Bintang-bintang, gelombang elektromagnetik, bahkan cahaya bakal tak berdaya melawan kekuatan lubang hitam.

Namun lubang hitam itu sendiri adalah wujud yang tak terlihat. Ilmuwan mengetahui keberadaan lubang hitam lewat akibat yang ditimbulkan lubang hitam itu.

Ada dua jenis lubang hitam. Petama, lubang hitam berjenis taman. Jenis ini terbentuk bila bintang raksasa hancur oleh dirinya sendiri dan membentuk supernova.

Lubang hitam jenis ini 20 kali lebih besar ketimbang matahari di tata surya kita, namun tetap saja kecil bila dibanding luasnya ruang angkasa. Mencoba mengamati lubang hitam yang terdekat dari bumi itu sama saja seperti mencari sel manusia di permukaan bulan.

Jenis kedua yakni lubang hitam supermasif. Jenis ini ukurannya sejuta kali lebih besar ketimbang matahari. Lubang hitam supermasif terbentuk sejak awal sejarah alam semesta.

Gambar Lubang Hitam Angkasa Bakal Disingkap untuk Pertama KaliFoto: Lubang hitam angkasa (Marian Henbest via AFP)

Bumi ini berada di galaksi Bima Sakti, atau orang Barat biasa menyebut sebagai ‘Milky Way’. Lubang hitam raksasa ada di setiap galaksi besar, tak terkecuali Bima Sakti.

Ada dua lubang hitam yang terlacak Teleskop Horizon Peristiwa (EHT). 10 April 2019 ini, ilmuwan EHT akan menggelar jumpa pers bersama Komisi Eropa (badan eksekutif Uni Eropa) dan Dewan Riset Eropa. Mereka akan mengungkap hasil riset EHT. Jumpa pers bakal digelar di Gedung Berlaymont, Rue de la Loi (Wetstraat) 200, B-1049 Brussels, Belgia.

Dua lubang hitam menurut EHT diidentifikasi sebagai Sagittarius A* atau disingkat Sag A*, jaraknya 26 ribu tahun cahaya dari bumi ini. Bayangkan, cahaya saja butuh waktu 26 ribu tahun untuk sampai ke Sag A*, padahal kecepatan cahaya adalah 300 ribu km/detik.

Sag A* punya massa 4,1 juta kali matahari. Diameter Sag A* adalah lima kali jarak bumi dan matahari.

Sedangkan lubang hitam yang satu lagi adalah yang terbesar sejauh yang bisa diketahui sampai sekarang. Enam miliar kali lebih besar ketimbang matahari dan 1.500 kali lebih besar dari Sag A*. Jaraknya 50 juta tahun cahaya dari bumi ini, lokasinya ada di galaksi bernama M87.

Bintang yang terlalu dekat bakal tergilas, tercabik, dan berubah bentuk menjadi gas putih panas yang berputar-putar (mirip pusaran angin atau air). Ini karena lubang hitam punya tarikan gravitasi yang gila-gilaan. Serpihan-serpihan bintang bakal berputar di tepian lubang hitam dan kemudian lenyap terhisap kegelapan.

“Ketika lubang hitam menghisap suatu objek-membentuk yang kami sebut sebagai piringan pertambahan-maka massa objek itu akan bersinar (terlebih dahulu sebelum lenyap dalam kegelapan),” kata astrofisikawan dari Badan Luar Angkasa Eropa, Paul McNamara.

Jadi, meski astronom tak bisa mengobservasi lubang hitam secara langsung, mereka tetap bisa melihat apa yang terjadi di kawasan perbatasannya, atau di cakrawala kejadian (horizon peristiwa), disebut pula sebagai “titik tanpa jalan kembali” alias “point of no return”.

(dnu/azr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gambar Lubang Hitam Angkasa Segera Disingkap untuk Pertama Kali

Brussels – Besar, rakus, dan amat sangat kuat. Begitulah deskripsi tentang lubang hitam. Fisikawan percaya lubang hitam di luar angkasa itu ada, meskipun tak ada seorangpun yang pernah mengobservasi lubang hitam secara langsung.

Namun perubahan akan segera terjadi. Rabu (10/4/2019), para ilmuwan dari tiga benua bersiap untuk menyingkap gambar pertama dari raksasa yang membingungkan itu. Mereka akan menyatukan banyak data yang diperoleh dari jejaring global teleskop radio.

Enam jumpa pers besar bakal digelar secara simultan untuk mengumumkan hasil temuan Teleskop Horizon Peristiwa, atau dalam Bahasa Inggris disebut sebagai “Event Horizon Telescope (EHT)”. Teleskop ini adalah sebentuk kolaborasi ilmuwan internasional yang akan menyajikan gambar lubang hitam ke khalayak umum. Momen ini telah dinanti sejak lama.

Sejak April 2017, enam teleskop radio di titik yang berlainan bekerja sama, yakni di Hawaii, Arizona Amerika Serikat (AS), Meksiko, Chile, dan Kutub Selatan. Mereka mengumpulkan data dari sudut pandang masing-masing.

Gambar Lubang Hitam Angkasa Bakal Disingkap untuk Pertama KaliFoto: Teleskop radio EHT (Akun Twitter EHT/@ehtelesope)

Kini data telah terkumpul namun masih disusun, sebelum akhirnya bisa diumumkan ke publik dalam bentuk gambar lubang hitam. “Algoritma pencitraan yang kami kembangkan akan mengisi kekosongan data yang kami belum dapatkan untuk merekonstruksi sebuah gambar lubang hitam,” kata tim ilmuwan dalam situs mereka, dilansir AFP, Rabu (10/4/2019).

Apa itu lubang hitam?

Lubang hitam adalah benda angkasa yang mampu memampatkan massa yang sangat besar menjadi sangat kecil. Bila bumi kita masuk ke lubang hitam, maka bumi ini bakal dimampatkan oleh sang lubang hitam menjadi sekecil tutup botol. Matahari yang senantiasa muncul di pagi hari bisa dimampatkan diameternya menjadi sebesar 6 km saja.

Hal itu dijelaskan oleh astronom dari Paris LSL Observatory bernama Guy Perrin, sebagaimana dilansir AFP.

Albert Einstein pernah menjelaskan perkara lubang hitam ini dalam hukum relativitas umum seabad lalu. Lubang hitam punya gravitasi yang mahadahsyat. Monster omnivora itu sangat kuat, tak ada benda yang mampu melepaskan diri dari lubang hitam, bila benda itu sudah terlalu dekat. Bintang-bintang, gelombang elektromagnetik, bahkan cahaya bakal tak berdaya melawan kekuatan lubang hitam.

Namun lubang hitam itu sendiri adalah wujud yang tak terlihat. Ilmuwan mengetahui keberadaan lubang hitam lewat akibat yang ditimbulkan lubang hitam itu.

Ada dua jenis lubang hitam. Petama, lubang hitam berjenis taman. Jenis ini terbentuk bila bintang raksasa hancur oleh dirinya sendiri dan membentuk supernova.

Lubang hitam jenis ini 20 kali lebih besar ketimbang matahari di tata surya kita, namun tetap saja kecil bila dibanding luasnya ruang angkasa. Mencoba mengamati lubang hitam yang terdekat dari bumi itu sama saja seperti mencari sel manusia di permukaan bulan.

Jenis kedua yakni lubang hitam supermasif. Jenis ini ukurannya sejuta kali lebih besar ketimbang matahari. Lubang hitam supermasif terbentuk sejak awal sejarah alam semesta.

Gambar Lubang Hitam Angkasa Bakal Disingkap untuk Pertama KaliIlustrasi lubang hitam angkasa (Marian Henbest via AFP)

Bumi ini berada di galaksi Bima Sakti, atau orang Barat biasa menyebut sebagai ‘Milky Way’. Lubang hitam raksasa ada di setiap galaksi besar, tak terkecuali Bima Sakti.

Ada dua lubang hitam yang terlacak Teleskop Horizon Peristiwa (EHT). 10 April 2019 ini, ilmuwan EHT akan menggelar jumpa pers bersama Komisi Eropa (badan eksekutif Uni Eropa) dan Dewan Riset Eropa. Mereka akan mengungkap hasil riset EHT. Jumpa pers bakal digelar di Gedung Berlaymont, Rue de la Loi (Wetstraat) 200, B-1049 Brussels, Belgia.

Dua lubang hitam menurut EHT diidentifikasi sebagai Sagittarius A* atau disingkat Sag A*, jaraknya 26 ribu tahun cahaya dari bumi ini. Bayangkan, cahaya saja butuh waktu 26 ribu tahun untuk sampai ke Sag A*, padahal kecepatan cahaya adalah 300 ribu km/detik.

Sag A* punya massa 4,1 juta kali matahari. Diameter Sag A* adalah lima kali jarak bumi dan matahari.

Sedangkan lubang hitam yang satu lagi adalah yang terbesar sejauh yang bisa diketahui sampai sekarang. Enam miliar kali lebih besar ketimbang matahari dan 1.500 kali lebih besar dari Sag A*. Jaraknya 50 juta tahun cahaya dari bumi ini, lokasinya ada di galaksi bernama M87.

Bintang yang terlalu dekat bakal tergilas, tercabik, dan berubah bentuk menjadi gas putih panas yang berputar-putar (mirip pusaran angin atau air). Ini karena lubang hitam punya tarikan gravitasi yang gila-gilaan. Serpihan-serpihan bintang bakal berputar di tepian lubang hitam.

“Ketika lubang hitam menghisap suatu objek-membentuk yang kami sebut sebagai piringan pertambahan-maka massa objek itu akan bersinar (terlebih dahulu sebelum terhisap),” kata astrofisikawan dari Badan Luar Angkasa Eropa, Paul McNamara.

Jadi, meski astronom tak bisa mengobservasi lubang hitam secara langsung, mereka tetap bisa melihat apa yang terjadi di kawasan perbatasannya, atau di cakrawala kejadian (horizon peristiwa), disebut pula sebagai “titik tanpa jalan kembali” alias “point of no return”.

(dnu/azr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Benarkah Voodoo Adalah Ilmu Hitam? Ini Penelusuran Sejarah yang Sesungguhnya

Liputan6.com, Jakarta – Banyak orang kerap mengaosiasikan Voodoo sebagai praktik sihir, yang dibawa oleh masyarakat keturuan Afrika di benua Amerika. Namun faktanya, anggapan tersebut ternyata salah kaprah.

Dikutip dari Huffington Post pada Rabu (3/4/2019), penggambaran umum voodoo oleh budaya pouler sejatinya menyesatkan, karena ini bukanlah mantra sihir, ilmu hitam, atau pemujaan setan.

Orang yang berlatih Voodoo juga bukan dukun, penyihir atau okultis. Voodoo bukan praktik yang dimaksudkan untuk melukai atau mengendalikan orang lain.

Bahkan, kebanyakan Voodooists –sebutan pelakunya– belum pernah melihat “boneka Voodoo” seperti yang sering muncul di film dan televisi.

Voodoo tidak mengerikan atau kasar, dan bentuknya pun tidak selalu sama di banyak tempat.

Menurut buku A Beginner’s Guide to Voodoo karya Issendai Bechau, voodoo adalah agama yang berasal dari benua Afrika.

Setibanya di Amerika dan Karibia oleh para budak, tradisi voodoo dianggap sebagai kombinasi dari berbagai tradisi Afrika, Katolik, dan penduduk asli Dunia Baru.

Voodoo tidak memiliki tulisan suci atau otoritas dunia, karena konsep dasarnya berpusat pada pengalaman individu, yang disertai dengan pemberdayaan dan tanggung jawab terhadap diri sendiri.

Di berbagai belahan dunia, voodoo memiliki bentuk yang berbeda dan bervariasi dari satu komunitas ke komunitas lainnya. Selain di Afrika, voodoo banyak dipraktikkan di wilayah selatan Amerika Serikat, Haiti, dan Brasil.

Simak video pilihan berikut:

Banyak yang menganggap bengkel Ketok Magic memanfaatkan “bantuan” magis untuk memperbaiki badan mobil yang rusak. Benarkah demikian? Bagaimana para pekerja asal Blitar, Jawa Timur itu bisa memperbaiki badan mobil yang penyok dalam waktu cepat?

Siswi Ini Ujian Nasional Pakai Kacamata Hitam, Alasannya Bikin Ngakak

Tentu saja tingkah teman satu ruangannya membuat siswa lainnya tidak fokus. Apalagi kacamata hitam yang digunakan memiliki frame cukup besar bak seorang turis. Netizen pun mengomentari tingkah siswa tersebut dengan berbagai guyonan.

Komentar netizen tentang siswa yang UNBK menggunakan kacamata hitam cukup beragam, salah satunya dari akun @yoblue_.

“sekarang ketawa tapi satu tahun kedepan gua bakalan ngelakuin yg sama kayaknya wkwk”

Ada pula yang menanggapi siswa tersebut seperti ingin mengelas, @zulvaryan.

“Mau un kayak mau ngelas”

Bahkan ada yang memberi komentar jika layar komputer untuk UNBK tersebut seperti memakai produk pencerah kulit, seperti yang ditulis oleh @fafafafafayyyy.

“Gw juga dulu gitu kok wkwk pake kacamata item soalnya dapet unit yg layarnya cerah banget kek abis pake fairandlovely :(“