HEADLINE: MRT Jakarta, Ikon Baru yang Terwujud Setelah Penantian 34 Tahun

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla atau JK tampak semringah. Tiba di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu 20 Februari 2019 pukul 10.30 WIB, JK dan rombongan langsung naik kereta mass rapid transit (MRT) Jakarta menuju Stasiun Lebak Bulus. Sepanjang perjalanan, JK tampak menikmati moda transportasi baru Ibu Kota ini.

Didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar, JK tak hanya menjajal rasanya jadi penumpang. JK yang mengenakan batik panjang dan bertopi hitam itu juga duduk di kursi masinis saat kereta kembali menuju Stasiun Bundaran HI.

“Sistem ini cocok kalau untuk Jakarta, (karena) penduduknya 10 juta. Pokoknya 10 tahun minimum 200 kilometer harus jadi, baru Jakarta akan bersaing sebagai kota metropolitan,” ujar JK usai mencoba moda transportasi yang diberi nama Ratangga oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu.

Ratangga atau MRT Jakarta memang belum beroperasi secara reguler, namun terus melakukan uji coba setiap harinya hingga diresmikan pada akhir Maret mendatang. Uji coba itu pun belum bisa mengikutkan warga Ibu Kota.

“MRT baru beroperasi penuh antara tanggal 24 Maret dan 31 Maret. Minggu depan uji coba penuh (full trial run), tapi masih belum bisa melibatkan publik. Publik baru bisa mencoba tanggal 12 Maret dan harus mendaftar melalui website MRT,” terang Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamalludin kepada Liputan6.com, Jumat (22/2/2019).

Usai melakukan pendaftaran, nantinya masyarakat akan mendapatkan quick response (QR) code atau bukti pendaftaran yang perlu dicetak. Bukti itu nantinya perlu dibawa pada saat mau menjajal naik MRT. Masyarakat yang ingin naik Ratangga secara gratis itu pun tak dibatasi oleh kuota.

Selama masa uji coba tersebut, lanjut dia, masyarakat yang akan menggunakan MRT tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis. Di sisi lain, jumlah kereta yang disediakan masih dibatasi karena belum diluncurkan secara resmi.

“Nanti prosedurnya masih kita susun, dan batas (jumlah masyarakat) masih kita tentuin, kemudian aksesnya dari stasiun mana dulu. Ini juga belum langsung serempak 13 stasiun langsung full pelayanan, kan masih belum bayar, masih gratis, makanya kita atur dulu,” jelas Muhammad Kamalludin.

Pada Fase I ini, MRT Jakarta memiliki 13 stasiun. Tujuh di antaranya adalah stasiun layang yang berada di Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sedangkan stasiun bawah tanah berada di Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Jika sudah beroperasi penuh dan semua stasiun telah dibuka untuk melayani jalur perjalanan sepanjang 15,7 kilometer, pihaknya meyakini Ratangga bisa membawa 130 ribu penumpang setiap harinya. Namun, bukan hanya jumlah penumpang yang menjadi perhatian PT MRT Jakarta, melainkan adanya perubahan budaya warga Ibu Kota.

“Kita tentunya ingin mengembangkan budaya mengantre dengan tertib dan teratur, untuk kemudian beralih ke moda lain seperti bus umum dan kendaran pribadi maupun online di tempat yang sudah ditentukan secara disiplin,” ujar Muhammad Kamalludin.

Hanya saja, dia belum mengetahui tarif atau ongkos yang akan dikenakan bagi penumpang Ratangga nantinya. “Tarif akan diumumkan Pemprov DKI,” pungkas dia.

Sementara, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya sedang melakukan kajian final untuk menghitung tarif MRT Jakarta. Dia menyebutkan, kajian tarif MRT Jakarta bakal dihitung berdasarkan jarak per kilometer.

“Tinggal diumumkan, sebelum data lengkap saya tidak akan umumkan (angkanya),” kata Anies saat ditemui di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).

Oktober 2018 lalu, PT MRT Jakarta mengajukan tarif jarak terjauh, Stasiun Lebak Bulus-Hotel Indonesia sebesar Rp 13 ribu. Usulan tarif ini sudah diserahkan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk diputuskan.

Angka tersebut berasal dari kajian tentang kesanggupan masyarakat membayar ongkos perjalanan MRT. Hasilnya, masyarakat akan membayar Rp 8.500 untuk 10 kilometer pertama. Sedangkan untuk rute selanjutnya, formulasi biaya yang dibebankan adalah Rp 700 per kilometer.

Sementara pada peninjauan November tahun lalu, Presiden Jokowi memperkirakan tarif perjalanan menggunakan Ratangga paling tinggi Rp 9.000.

“Tarifnya Rp 8.000 sampai Rp 9.000,” kata Jokowi di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa 6 November 2018.

2 dari 3 halaman

Melayang Bisa, Masuk Terowongan Ayo

Mimpi buruk warga Jakarta akan kemacetan yang setiap hari terpampang di depan mata agaknya bakal segera berkurang. Mulai Maret mendatang, Jakarta akan memiliki sistem transportasi mass rapid transit (MRT) yang diharapkan pemerintah menjadi langkah pertama menghapus kemacetan di Ibu Kota.

Sarana transportasi yang kini juga populer dengan istilah Moda Raya Terpadu itu diyakini bakal membuat warga pengguna kendaraan pribadi beralih menggunakan MRT Jakarta. Alasannya, moda ini bebas macet, cepat dan modern.

“Inilah saatnya untuk mengubah Jakarta. Inilah saatnya untuk menjadikan Jakarta lebih baik dan bebas dari kemacetan,” kata Direktur MRT Jakarta William Sabandar, beberapa waktu lalu.

Ucapan William tak main-main. Ada tiga moda transportasi berbasis rel yang akan mengepung Jakarta di masa depan. Yakni kereta rel listrik (KRL), light rail transit (LRT) dan MRT. Ketiga moda transportasi dengan sarana kereta tersebut diharapkan mampu melayani mobilitas warga Ibu Kota dalam beraktivitas sehari-hari, sekaligus memangkas kemacetan.

Meski terkesan sama, ketiga moda ini punya beberapa perbedaan baik dari perlintasan, kapasitas penumpang, dan rangkaiannya. LRT atau kereta api ringan, misalnya, mengacu pada beban ringan dan bergerak cepat. Meskipun MRT dan KRL memiliki daya angkut lebih besar, LRT dapat memindahkan penumpang melalui operasi rute yang lebih banyak.

Selain itu, kelebihan dari moda transportasi LRT ini, sistem perlintasannya dibuat melayang sehingga tidak memiliki konflik sebidang yang sering ditemukan di lintasan KRL. Karenanya, headway atau jarak antarkereta dapat dipastikan waktunya.

Sedangkan commuter line atau KRL yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 1925 merupakan kereta rel yang menggunakan sistem propulsi motor listrik sebagai penggerak keretanya. KRL yang melayani rute Jabodetabek ini seringkali mengalami konflik sebidang dengan penyeberangan jalur kendaraan mobil dan motor. Hal ini yang kerap menimbulkan kemacetan serta kecelakaan.

Kemudian MRT yang merupakan transportasi dengan transit cepat dan memiliki daya angkut yang lebih besar dari LRT. Perlintasannya dibuat melayang dan bawah tanah, sehingga meminimalisir pertemuan dengan konflik sebidang sama halnya dengan LRT.

Ketika tahap pertama mulai beroperasi pada Maret mendatang, 14 rangkaian kereta MRT akan digunakan untuk layanan harian mulai pukul 05.00 pagi hingga tengah malam. Sementara dua lainnya tetap disiagakan jika terjadi keadaan darurat. Rute ini membentang sejauh 15,7 kilometer antara Lebak Bulus di pinggiran selatan dan Bundaran Hotel Indonesia.

Lebak Bulus adalah lingkungan perumahan yang padat penduduk. Dengan transportasi umum lainnya, dibutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk menempuh perjalanan menuju Bundaran HI. Tetapi, dengan MRT waktu perjalanan akan menjadi satu jam lebih pendek atau hanya sekitar 30 menit.

“Kita bersama-sama mencoba MRT dari Bunderan HI sampai di Lebak Bulus sepanjang 16 KM. Ini uji coba terus dan saat tadi kita naik dengan kecepatan 60 km per jam, suaranya dapat dikatakan tidak ada bisingnya, tidak terdengar, menurut saya sangat bagus sekali,” puji Presiden Jokowi usai menjajal MRT di Depo Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa 6 November 2018.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar juga memaparkan spesifikasi teknis moda yang diberi nama Ratangga ini. Dia mengatakan, kereta MRT Jakarta dibuat oleh perusahaan Nippon Sharyo asal Jepang. Posisi kemudi masinis berada di sisi sebelah kanan karena disesuaikan dengan arah jalur perjalanan kereta.

Seluruh kereta MRT Jakarta dibuat dari material stainless steel. Satu rangkaian kereta MRT Jakarta dapat menampung sebanyak 1.200 penumpang dan jika sangat padat dapat mencapai 1.950 penumpang. Satu unit kereta atau gerbong memiliki 2 unit penyejuk ruangan.

Satu rangkaian kereta nantinya terdiri dari 6 kereta. Pada kereta 1 dan 6 yang merupakan kereta dengan kabin masinis merupakan kereta tanpa motor penggerak atau disebut juga trailer car. Untuk kereta 2 hingga 5 yang merupakan kereta tanpa kabin masinis memiliki masing-masing 1 pantograf tipe single arm dengan motor penggerak atau disebut juga motor.

Dengan semua keunggulan itu, MRT ternyata tak hanya diperuntukkan bagi warga Jakarta. Paling tidak menurut Presiden Jokowi, moda transportasi jenis ini akan terus digeber di kota-kota lain yang memiliki problem serupa dengan Ibu Kota.

“Memang harus berani memulai seperti di sini. Jakarta sudah memulai. Palembang memulai. Nanti Bandung mulai, Surabaya mulai, Medan mulai. Saya kira memang transportasi massal ini adalah masa depan transportasi kita untuk menghindari kemacetan di kota mana pun,” ujar Jokowi.

Pertanyaan sekarang, apakah proses pembangunan moda MRT di kota-kota lain juga akan memakan waktu yang lama seperti di Jakarta?

3 dari 3 halaman

Mimpi Habibie yang Terwujud di Era Jokowi

Keinginan untuk menjadikan Jakarta sebagai kota yang modern, khususnya dari sisi moda transportasi, sudah tercetus sejak lama. Puluhan tahun lalu, banyak sudah studi yang mempelajari pengembangan sarana transportasi modern di Ibu Kota.

Bahkan, sejak 1980 lebih dari 25 studi subjek umum dan khusus telah dilakukan terkait dengan kemungkinan membangun sistem mass rapid transit (MRT) di Jakarta. Sementara dari sisi pemikiran, ide awal transportasi massal ini sudah dicetuskan sejak 1985 oleh Bacharuddin Jusuf Habibie yang ketika itu menjabat Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Tak sekadar mencetuskan gagasan, Habibie juga mendalami berbagai studi dan penelitian tentang MRT. Namun, semua gagasan itu tak kunjung terwujud. Salah satu alasan utama yang membuat rencana itu tertunda adalah krisis ekonomi dan politik pada 1997-1999.

Selepas krisis, Jakarta yang ketika itu dipimpin Gubernur Sutiyoso melanjutkan studi sebelumnya. Selama 10 tahun pemerintahan Sutiyoso (1997-2007), setidaknya ada dua studi dan penelitian yang dijadikan landasan pembangunan MRT.

Pada 2004, Sutiyoso mengeluarkan keputusan gubernur tentang pola transportasi makro untuk mendukung skenario penyediaan transportasi massal, salah satunya angkutan cepat terpadu yang akan digarap pada 2010.

Dilanjutkan Agustus 2005, sub Komite MRT dibentuk untuk mendirikan perusahaan operator MRT. Pada 18 Oktober 2006, dasar persetujuan pinjaman dengan Japan Bank for International Coorporation dibuat.

Perlu dua tahun kemudian atau setahun setelah Fauzi Bowo menggantikan posisi Sutiyoso menghuni Balai Kota Jakarta, PT Mass Rapid Transit Jakarta (PT MRT Jakarta) berdiri pada 17 Juni 2008. Berbentuk badan hukum perseroan terbatas dengan mayoritas saham dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI Jakarta 99.98% dan PD Pasar Jaya 0.02%)​.

Dikutip dari laman www.jakartamrt.co.id, PT MRT Jakarta memiliki ruang lingkup kegiatan di antaranya untuk pengusahaan dan pembangunan prasarana dan sarana MRT, pengoperasian dan perawatan prasarana dan sarana MRT, serta pengembangan dan pengelolaan properti/bisnis di stasiun dan kawasan sekitarnya, serta depo dan kawasan sekitarnya.

Pada tahun yang sama, perjanjian pinjaman untuk tahap konstruksi ditandatangani, termasuk pula studi kelayakan pembangunan MRT. Pada 31 Maret 2009, perjanjian kredit pertama dengan jumlah 48,150 miliar Yen untuk membangun Sistem MRT Jakarta ditandatangani Pemerintah Indonesia dan Japan International Corporation Agency (JICA) di Tokyo, Jepang. Secara keseluruhan, paket pinjaman dari JICA untuk pengembangan sistem MRT Jakarta bernilai total ¥ 120 miliar Yen.

Namun, semua itu tak membuat pembangunan MRT dimulai yang berarti janji Fauzi Bowo di masa kampanyenya Pilgub 2007 tak bisa dipenuhi. Pada Pilgub DKI Jakarta 2012, dia berjanji lagi bakal mengembangkan dan mengerjakan MRT jika kembali terpilih. Namun, dia kalah dari Joko Widodo atau Jokowi yang kemudian memimpin Ibu Kota.

Pengerjaan desain dasar untuk tahap pertama proyek MRT yang dibuat pada akhir 2010 dilanjutkan. Proses tender berlangsung pada akhir 2012 ketika gubernur baru Jakarta itu tiba-tiba mengatakan ingin meninjau kembali proyek MRT Jakarta. Jokowi juga mengumumkan bahwa proyek ini akan dilanjutkan sebagai salah prioritas dalam anggaran tahun 2013.

Butuh waktu setahun bagi Jokowi memutuskan pembangunan proyek MRT akan mulai dikerjakan. Pembahasan ini juga sempat alot ketika Jokowi rapat dengan warga Fatmawati yang terkena imbas proyek. Pada 28 November 2012, sang gubernur bahkan sempat keluar ruangan lantaran ada kericuhan dan protes warga yang menolak proyek MRT.

Namun, mimpi itu akhirnya mulai diwujudkan. Pada Kamis 10 Oktober 2013, pengerjaan proyek ini resmi dimulai dengan peletakan batu pertama di atas lahan yang rencananya berdiri Stasiun MRT Dukuh Atas, salah satu kawasan paling sibuk di Jakarta Pusat.

“(Sudah) 24 tahun warga Jakarta ini mimpi pengen punya MRT, mungkin juga sudah banyak yang mimpinya sudah hilang karena kok nggak dimulai-dimulai. Alhamdulillah pada pagi hari ini dimulai,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Lebih dari lima tahun setelah proyek ini mulai dikerjakan, MRT yang kini juga disebut dengan Moda Raya Terpadu itu akan segera diresmikan untuk beroperasi secara penuh. Jokowi yang kini menjabat sebagai Presiden RI direncanakan meresmikan moda transportasi yang diberi nama Ratangga oleh Gubernur Anies Baswedan itu pada Maret mendatang.

Namun, Ratangga dengan rute Lebak Bulus-Bundaran HI bukanlah akhir mimpi Jokowi. Dia juga sudah meminta agar tahun ini juga pembangunan MRT Jakarta tahap kedua, yakni rute Bundaran Hotel Indonesia-Kampung Bandan (Ancol) segera dimulai. Demikian pula pembangunan MRT koridor East-West.

“Kita harapkan nanti pada tahapan kedua, HI sampai ke Ancol. Tahun depan plus kita harapkan yang East-West,” kata Jokowi di Depo MRT Lebak Bulus, Selasa 6 November 2018.

Jadi, selamat datang Ratangga dan Jakarta yang makin modern.

Ramah Kantong dan Kualitas Premium, Kapan Honor 8A Masuk Indonesia?

Jakarta

Pada 30 Januari 2019 lalu, Honor resmi meluncurkan smartphone terbaru Honor 8A secara global. Smartphone ini pun dipastikan bakal meluncur di Indonesia dan memiliki harga yang terjangkau dengan mengemas fitur-fitur canggih dalam desain dan kinerja.

HONOR mendesain 8A dengan tampilan layar Dewdrop FullView 6,09 inci. Layar besar HONOR 8A dilengkapi dengan gestur jari yang dirancang untuk mengoprasikan smartphone dengan satu tangan.

Notch Dewdrop yang terletak di bagian atas layar berukuran hanya 3,2 mm yang menjadi rumah dari kamera depan, sensor cahaya, dan sensor proximity. Notch Dewdrop di Honor 8A 71,1% lebih kecil dari notch pada umumnya. Hal ini memungkinkan layar untuk mencapai rasio layar ke bodi 87%, sehingga memberi pengguna tampilan Full-view yang sebenarnya.


Sementara di bagian belakang, Honor 8A memiliki bodi klasik dengan dual-tekstur yang menampilkan hasil akhir seperti kaca. Tampilannya seperti sebuah karya seni yang indah dan tersedia dalam tiga warna trendi yaitu biru, hitam, dan merah.

“Di Honor, kebutuhan pelanggan adalah fokus utama kami yang mendorong inovasi pada produk kami. Honor 8A adalah upaya kami untuk memasarkan smartphone yang kaya akan fitur dan terjangkau. Performa audionya yang kuat dan elemen estetika adalah bukti bahwa kami dapat menghadirkan smartphone ramah kantong dengan kualitas premium. Kami tidak sabar menunggu Honor fans untuk mencoba Honor 8A secara langsung,” kata Presiden Honor, George Zhao.

Beberapa keunggulan Honor yang akan disuguhkan kepada pencinta gadget Tanah Air mulai dari segi performa, audio, hingga teknologinya.

An Ultimate Visual Experience

Honor memahami kebutuhan konsumen yang berfokus pada teknologi. Meskipun demikian Honor tidak menyampingkan efek buruk dari penggunaan smartphone dalam jangka panjang. Layar tampilan Honor 8A bersertifikat TON V Rheinland yang teruji mengurangi ketegangan mata dengan memastikan emisi cahaya biru yang berbahaya berkurang secara signifikan. Hal ini untuk membawa lebih banyak kenyamanan kepada pengguna.

Tuned for Audiophiles

Honor 8A dilengkapi dengan struktur dual-suspensi yakni rongga suara besar yang memberikan akustik seragam. Dibandingkan dengan pendahulunya, Honor 8A dapat menghadirkan volume 30% lebih besar. Hal ini merupakan peningkatan signifikan karena penguat SmartPA berdaya tinggi di dalamnya. Teknologi ini meningkatkan kemampuan smartphone untuk memberikan kualitas suara yang superior secara eksternal, terlepas dari lingkungan sekitarnya.

Re-imagine Clarity in Photography

Honor 8A dilengkapi dengan kamera belakang 13 MP yang memiliki apperture lebar f/1.8. Dengan apperture yang lebar (angka kecil) memungkinkan lebih banyak cahaya untuk masuk ke dalam sensor saat mengambil gambar. Selain itu, kamera ini juga diaktifkan dengan mode HDR otomatis untuk memungkinkan rentang yang lebih dinamis dan detail gambar yang lebih besar, bahkan di malam hari.

Selain itu, kamera depan 8 MP Honor 8A dilengkapi dengan cahaya Ring Screen dan juga memiliki potret canggih dengan algoritma kecantikan AI yang meningkatkan kualitas selfie.

Built-in Technological Prowess

Honor 8A dioptimalkan dengan sistem operasi EMUI 9.0 dan didasarkan pada Android 9 Pie terbaru. Algoritme manajemen aplikasi latar belakang ditingkatkan oleh kecerdasan buatan untuk menjamin pengalaman pengguna yang lancar bahkan setelah periode penggunaan yang lama.

Untuk daya tahan penggunaannya, ditopang oleh baterai berkapasitas 3.020 mAh yang bekerja dengan prosesor hemat daya 8-Core 12 nm. Ada juga kemampuan hemat daya cerdas EMUI untuk dengan mudah menyediakan penggunaan seharian penuh.

Ponsel cerdas yang ramping ini juga dilengkapi dengan slot kartu triple (slot SIM ganda dan Micro-SD) yang dapat bekerja bersama-sama untuk memberikan pengguna dengan memori eksternal hingga 512 GB.

Adapun spesifikasi lengkapnya adalah:

-Tampilan HD + Dewdrop FullView 6.09-inci

-Speaker SmartPA dikombinasikan dengan struktur suspensi ganda

-Baterai 3.020 mAh yang tahan lama

-Slot kartu triple (slot SIM ganda dan slot Micro-SD)

-Kamera utama 13 MP, f/1.8

-Kamera depan 8 MP

-Prosesor 8-core frekuensi tinggi MT6765

-Radio FM nirkabel terintegrasi

-Buka kunci telepon menggunakan face unlock

-EMUI 9.0.

Dengan segala keunggulannya, smartphone penerus dari Honor 7A ini dipastikan akan melenggang ke Indonesia. Meski demikian belum ada informasi pasti mengenai tanggal kelahirannya di Tanah Air. Kita tunggu saja!

(adv/adv)

TGB Jenguk Ani Yudhoyono dan Salami SBY di Singapura

Singapura – Ketua Korbid Keummatan Partai Golkar TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) turut menjenguk Ani Yudhoyono yang tengah dirawat di National University Hospital (NUH) Singapura. TGB mendoakan kesembuhan untuk istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

“Surah Al-Fatihah (Pembuka) adalah surah terhebat dalam Alquran. Ia diberi beragam nama di antaranya Asy-Syifa (kesembuhan, penyembuhan ). Maka banyak riwayat menjelaskan bahwa para sahabat Rasul yang mulia membaca Al-Fatihah saat menjenguk orang yang sedang sakit agar diberi kesembuhan,” ujar TGB lewat akun Instagram tuangurubajang, Jumat (22/2/2019).

Eks politikus Partai Demokrat ini juga bertemu dengan SBY di NUH. TGB yang mengenakan jas dan peci hitam ini menyalami SBY di NUH.
TGB mengajak masyarakat membacakan surat Al-Fatihah untuk kesembuhan Bu Ani. Doa juga dipanjatkan kepada SBY agar diberikan kekuatan dan kesabaran.
“Dengan niat kesembuhan itu, mari kita bacakan surah Al-Fatihah untuk Ibu Negara keenam Hj. Ani Bambang Yudhoyono yang tengah diuji oleh ALLOH. Semoga Beliau dan semua saudara kita yang sedang sakit diberi kesembuhan yang paripurna oleh Allah Subhanahu wata’ala. Demikian pun semoga Pak SBY dan kita semua selalu diberi kekuatan dan kesabaran lahir batin. Aamiin yaa Rabbal aalamiin,” kata TGB.

Ani Yudhoyono diketahui mengidap kanker darah sehingga menjalani perawatan di NUH. Sejumlah tokoh seperti Presiden Jokowi, capres Prabowo Subianto, cawapres Sandiaga Uno, hingga PM Singapura Lee Hsien Loong sudah menjenguk Ani.
(dkp/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Daftar BPJS Online, Mudah Banget dan Bisa Lakukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan begitu mahal harganya. Ada banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk mengobati kesehatan. Bahkan sekalipun telah mendapatkan subsidi dari pemerintah, harga obat di Indonesia terkadang masih cukup mahal dan belum mampu untuk mencukupi seluruh biaya kesehatan tersebut.

Bagi kalangan yang berduit, tentu merupakan hal yang kecil untuk mengeluarkan uang sebesar-besarnya demi sebuah kesehatan. Namun, hal demikian juga dirasakan oleh orang yang berduit bahwa arti kesehatan teramat penting dalam lingkungannya.

Untungnya bagi warga Indonesia ada program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan memang diperuntukkan bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) tidak terkecuali.

2 dari 3 halaman

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan pada pekerja melalui 4 program. Program tersebut antara lain, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP). Program ini sendiri tentunya memberikan manfaat yang besar bagi para pekerja.

Terkait Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), program ini ialah perlindungan atas risiko kecelakaan kerja. Jika peserta atau pekerja mengalami kecelakaan, maka BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan perlindungan berupa seluruh biaya perawatan di rumah sakit.

Selama tidak bekerja, peserta tersebut masih tetap menerima upah dengan ketentuan dari BPJS Ketenagakerjaan. Lalu, BPJS Ketenagakerjaan juga akan memberikan santunan apabila kecelakaan berdampak pada cacatnya peserta.

Kedua adalah program Jaminan Kematian (JKM), BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan manfaat berupa uang tunai kepada ahli warisnya dengan total sebanyak Rp 36 juta. Namun jika pekerja meninggal karena kecelakaan kerja, maka santunan yang diberikan sebesar 48 kali gaji terakhir.

Ketiga ialah program Jaminan Hari Tua (JHT), program ini selayaknya tabungan untuk masa tua. Nantinya, peserta akan menerima secara total uang yang jadi iuran ke BPJS Ketenagakerjaan berikut dengan pengembangannya.

Terakhir ialah Jaminan Pensiun (JP). Program BPJS Ketenagakerjaan layaknya manfaat pensiun yang diterima oleh pegawai negeri sipil (PNS). Pekerja akan menerima uang yang dibayarkan setiap bulan saat memasuki usia pensiun.

Pada 12 April 2017 lalu, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto menuturkan, Jaminan Pensiun (JP) akan diterima peserta sampai meninggal. Jika peserta meninggal, maka dana pensiun ini akan diberikan ke janda atau duda peserta yang menjadi ahli waris.

3 dari 3 halaman

Cara Daftar BPJS Online

Kamu bisa mendaftarkan diri dan caranya sangatlah mudah. Kamu juga tidak perlu repot mengantri hanya untuk mendaftar. Karena saat ini, kamu bisa mendaftar BPJS lewat internet alias daftar online.

Melalui kemudahan inilah, kamu lebih efisien dan menghemat waktu. Rupanya, banyak orang yang mencari tahu cara daftar BPJS online karena beberapa orang masih belum mengetahui apabila BPJS bisa mendaftar lewat internet.

Padahal cara daftar BPJS online sangat mudah dilakukan. Kamu bisa melakukan cara daftar BPJS online di rumahmu. Penasaran, bagaimana cara daftar BPJS online?

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara daftar BPJS online yang bisa kamu coba, Jumat (22/3/2019) .

Cara daftar BPJS online diharapkan dapat membantu mengatasi masalah tingginya animo masyarakat untuk mendaftar BPJS Kesehatan di Kantor BPJS. Pendaftaran BPJS dapat dilakukan dengan membuka website www.BPJS-kesehatan.go.id kemudian memilih kolom ‘Layanan’ , klik ‘Pendaftaran Peserta’ kemudian menyetujui Syarat dan Ketentuan.

Sebelumnya, kamu menyiapkan beberapa syarat yang diperlukan.

• Kartu Tanda Penduduk (Scan KTP),

• Kartu Keluarga (Scan KK),

• Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (Scan NPWP),

• Alamat email aktif, disarankan untuk Gmail, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Setelah membuka website BPJS Kesehatan, kamu dapat langsung mengisi data pribadi yang diminta sesuai dengan kolom yang disediakan. Setelah semua diisi dengan benar, selanjutnya klik ‘Simpan’. Setelah mengisi formulir secara lengkap, kamu diminta untuk memilih besaran iuran sesuai dengan kelas perawatan yang dipilih.

Setelah data tersimpan, sistem akan mengirimkan email Notifikasi Nomor Registrasi ke alamat email sesuai yang diisikan oleh calon peserta. Selanjutnya calon peserta harus melakukan pembayaran di bank sesuai dengan virtual account yang diberikan melalui Bank Mandiri, BRI atau BNI.

Setelah melakukan pembayaran, peserta dapat mencetak e-ID dengan link yang terdapat pada email Notifikasi Nomor Registrasi. Kartu e-ID dapat dicetak sendiri dengan tinta hitam dan memiliki fungsi yang sama dengan kartu peserta BPJS Kesehatan. Kartu ini dibawa ketika berobat beserta identitas pendukung berupa KTP atau KK jika pasiennya berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki kartu identitas.

Setelah sekitar 7 hari pasca mendaftar online, calon peserta bisa mengambil langsung kartu peserta ke Kantor BPJS Kesehatan mana saja. Jangan lupa untuk membawa kelengkapan dokumen berupa KTP asli dan fotokopi, fotokopi KK, foto berwarna ukuran 3×4 dua lembar, formulir pendaftaran yang didapatkan setelah pendaftaran online, serta bukti pembayaran bank.

Nah, sekian ulasan terkait dengan cara daftar BPJS online yang harus kamu tahu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman kamu yang membutuhkan ya. Selamat mencoba!

Harga Second Samsung J5, Smartphone Ekonomis dengan Kamera yang Ciamik

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak kenal brand Samsung? Brand Samsung asal Korea Selatan ini telah memiliki pengguna setia di Indonesia. Hingga saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbesar di dunia dengan mengeluarkan ponsel cerdas yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gawai.

Samsung adalah salah satu perusahaan milik konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermula sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya.

Salah satu dari lini papan tengah dari ponsel Samsung adalah Samsung seri J5. Seri ini memiliki banyak keunggulan di antaranya pada prosesor, kamera, RAM, serta baterai. Namun dari semua aspek, harga Samsung J5 lah yang paling membuat konsumen tergiur. Pasalnya dengan performa yang mumpuni, harga Samsung J5 tergolong ramah di kantong.

Nah, apakah kamu tertarik untuk memiliki Samsung J5? Sebelum membelinya, tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui harga second Samsung J5 dan spesifikasinya.

Pada artikel kali ini akan membahas spesifikasi dan harga second Samsung J5. Tidak hanya mengulas tentang harganya saja, namun juga spesifikasi yang menambah referensi kamu.

Penasaran berapa harga second Samsung J5 di pasaran ponsel saat ini dan apa saja spesifikasi unggulan smartphone ini? Berikut ini Liputan6.com ulas harga second Samsung J5 dan spesifikasi, Jumat (22/2/2019).

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Android 5.1 (Lollipop)

Galaxy J5 berjalan pada Sistem Operasi Android 5.1 (Lollipop) dan dapat ditingkatkan menjadi 6.0.1 (Marshmallow) dengan Samsung TouchWiz UI. UI terlihat mirip dengan salah satu perangkat Galaxy S6. Seperti yang sering terjadi dengan Samsung low-end, tidak ada pemutar musik sehingga kita hanya mendapatkan aplikasi dari Google Play Music sebagai gantinya.

· Body Samsung J5

Terlihat dari desain Samsung J5 2015 yang dikelilingi cukup banyak bezel dan terdapat lubang suara di atas layar serta kamera yang menghadap ke depan dengan sensor jarak. Sementara untuk warnanya, Samsung J5 2015 ini hadir dengan pilihan hitam, gold dan putih. Samsung Galaxy J5 2015 memiliki dimensi 142,1 x 71,8 x 7,9 mm dengan bobot 146 gram.

· Layar Super Amoled

Layarnya memiliki luas 5 inci dengan teknologi layar sentuh Super AMOLED dengan resolusi 720 x 1280 HD kerapatan warna 16m. Dengan layar Super AMOLED, gambar yang dihasilkan Galaxy J5 lebih jernih, detail dan kaya akan warna. Sehingga menambah kenyamanan saat Anda melakukan aktivitas seperti melihat foto, menonton video dan bermain game HD sekalipun.

· Hardware

Samsung Galaxy J5 dibekali Qualcomm Snapdragon MSM8916 410 dengan quad-core Cortex-A53 CPU clock 1.2GHz dan Adreno 306 GPU yang dikombinasikan dengan RAM 1,5 GB.

Selain itu, Samsung J5 ini juga dibekali memori internal 8 GB dan kapasitas penyimpanannya masih dapat diperluas dengan adanya slot microSD hingga 128 GB. Yang membuat kamu nyaman menyimpan banyak file di smartphonemu.

Untuk kamu yang memiliki dua nomor, tidak perlu khawatir karena smartphone Samsung J5 ini mendukung untuk memiliki dua kartu dalam satu smartphone.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Kamera Berkualitas

Kamera Samsung J5 ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP yang sudah dibekali dengan LED flash.

Tak hanya itu saja, kamera belakang J5 juga sudah diimbangi dengan autofocus, geo-tagging, face detection, digital zoom, panorama, HDR, dan touchfocus. Kamera belakang ini juga memiliki resolusi video yang sangat bagus, yakni 1080 P. Jadi untuk penggunaan kamera belakang besutan Samsung J5 tidak dapat diragukan lagi.

Tidak kalah dengan kamera belakangnya, Samsung J5 juga memiliki kamera depan yang mumpuni, khususnya untuk kamu penggemar selfie. Pasalnya, kamera depan ini dilengkap dengan LED Flash pada layar depan. Sehingga membuat fotomu nampak cerah meskipun dalam keadaan gelap dengan bantuan LED Flash pada layar depan.

Tidak hanya itu saja, fitur kamera ini juga dilengkapi dengan Palm Selfie sehingga kamu tak perlu repot-repot menekan tombol capture untuk hanya mengambil gambar atau foto. Palm Selfie dapat melakukan jepret otomatis, setelah kamu menunjukkan telapak tanganmu, mengagumkan bukan?

Selain itu, smartphone ini juga dibekali fitur Quick Launch untuk membuka kamera dengan cara menekan tombol home sebanyak 2 kali.

· Smart Manager

Menariknya, Samsung J5 ini memiliki fitur Smart Manager yang sangat berguna untuk penggunanya. Smart manager ini mampu memeriksa informasi baterai, status penyimpanan, status memori dan pengaturan keamanan .

· Ultra Power Saving mode

Tak perlu khawatir kehilangan panggilan penting karena baterai mati. Samsung J5 memiliki Ultra Power Saving mode yang mampu mengurangi konsumsi baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan. Dan juga memastikan smartphone tetap aktif saat kamu benar-benar membutuhkannya. Ponsel ini memiliki daya baterai 2400 mAh.

4 dari 4 halaman

Harga Second Samsung J5

Dari sejumlah penelusuran di situs jual-beli online, harga second Samsung J5 bekas pemakaian biasa dibanderol pada kisaran harga Rp 900.000. Harga second Samsung J5 biasanya tergantung dari kondisi dan kelengkapan barang. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Nah, itu dia spesifikasi dan harga second Samsung J5 yang mungkin bisa menjadi referensi kamu.

Pakistan Beri Kado Pistol Emas ke Putra Mahkota Saudi

Liputan6.com, Islamabad – Pemerintah Pakistan nampaknya ingin memberikan kesan mendalam bagi Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman (MBS).

Selain menyambut kedatangan dengan potret diri MBS berukuran besar yang menjadi sorotan dunia, baru-baru ini terkuak satu kado mewah yang diberikan oleh Islamabad.

Tidak tanggung-tanggung, Pakistan memberikan pistol berlapis emas. Benda berharga itu diberikan saat kunjungan kenegaraan MBS beberapa hari lalu. Hal ini menjadi sorotan dunia, setidaknya sejak dilaporkan oleh CNN pada Rabu 20 Februari 2019.

Senjata yang diberikan Pakistan adalah Heckler & Koch MP5, senapan mesin ringan buatan insinyur Jerman, dikutip dari CNN, Jumat (22/2/2019).

Tampak emas dilapiskan pada badan senapan mesin. Di permukaan itu, terukir pola yang sangat unik dan tidak biasa. Kesan emas yang berkilau bersanding dengan warna hitam senapan yang sangat gagah.

Sebelum Pakistan memberikan pistol emas sebagai kado kunjungan, Riyadh dan Islamabad telah sepakat setidaknya dalam dua hal penting.

Pakistan dan Saudi menyepakati perjanjian investasi senilai US$ 20 miliar (sekitar Rp 281,27 triliun) pada Minggu 17 Februari 2019.

Selanjutnya, MBS mengabulkan permohonan Pakistan untuk membebaskan 2.100 warga negaranya yang ditahan di penjara Saudi. Hal itu disampaikan oleh Menteri Informasi Pakistan Fawad Chaudry.


Simak pula video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

Misteri Pemberian Pistol Berlapis Emas

Belum diketahui alasan mengapa Islamabad memilih memberikan kado senjata yang unik dan mewah tersebut.

Publik dapat saja menerka-nerka, kemungkinan adanya hubungan antara hadiah mewah dengan kebaikan MBS mengucurkan dana investasi kepada Pakistan dalam jumlah besar. Di samping itu, bisa pula sebagai ungkapan rasa syukur atas keputusan pembebasan 2.100 narapidana Pakistan.

Namun yang lebih penting, hingga saat ini masih menjadi misteri apakah ada hubungan yang signifikan antara kado senjata mahal tersebut dengan kontroversi keterlibatan MBS dalam kematian jurnalis Jamal Khashoggi.

Khassoggi sendiri dibunuh secara misterius di konsulat Istanbul pada Oktober lalu. Para pejabat intelijen AS mengatakan bahwa pembunuhan tidak mungkin dilakukan tanpa sepengetahuan MBS.

Meskipun demikian, pemerintah Arab Saudi telah membantah berulang kali keterlibatan sang putra mahkota. Otoritas negeri minyak juga mengatakan telah menghukum 11 tersangka yang terkait dengan kasus tersebut.

Temani Konser di Indonesia, Putri Siti Nurhaliza Tampil Menggemaskan

Liputan6.com, Jakarta – Siti Nurhaliza tampil menawan mengawali Konser Tiga Negara bertajuk “Dato’ Sri Siti Nurhaliza On Tour” di Istora Senayan Jakarta Pusat, Kamis malam, 21 Februari 2019. Tembang demi tembang pengobat rindu akan penampilan diva asal Malaysia ini terlantun syahdu.

Tak heran kalau penonton sampai dibuat hanyut dan tak henti ikut melagukan lagu berganti lagu. Penampilan memesona perempuan 40 tahun tersebut kiranya tak lepas dari dukungan yang didapat di belakang panggung.

Lewat sebuah video yang diunggah d akun Instagram-nya, @ctdk, baru-baru ini, Siti memperlihatkan momen di mana ia menggendong putri semata wayangnya, Siti Aafiyah Khalid, sebelum naik panggung.

Sementara, Siti Nurhaliza terlihat cantik memakai busana hitam dengan sentuhan hijau emerald dan aksen glitter, serta tak lupa aksesori, termasuk mahkota dengan deail tear drop, Aafiyah tampak menggemaskan.

Bocah 11 bulan tersebut tampak memakai gaun putih dilengkapi sentuhan detail merah muda di bagian dada. Wajah lucu nan polosnya makin menjadi dengan pemakaian bandana selaras warna gaun yang dipakai.

“Anak ibu sayang #sitinurhalizaontour,” tulis Siti di keterangan foto yang dimaksud. Kemunculan Aafiyah mengundang komentar tak sedikit orang. Kebanyakan melontarkan pujian betapa keduanya tampak cantik.

Siti Nurhaliza sendiri masih akan meneruskan gelaran Konser Tiga Negara. Setelah Indonesia, pelantun lagu Purnama Merindu itu akan melangsungkan show serupa di Singapura dan rumahnya sendiri, Malaysia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kala Al Ghazali Jenguk Dhani dan Ziarah ke Makam Gus Dur

Sidoarjo – Kamis (21/2), Al Ghazali tidak hanya menjenguk dan mendoakan Ahmad Dhani. Putra sulung Maia Estianty itu juga berziarah ke Makam Gus Dur dan mendoakan mantan presiden yang dikenal dengan kelakar ‘gitu aja kok repot’.

Putra sulung Ahmad Dhani, Al Ghazali membesuk ayahnya di Rutan KLas 1 Medaeng, Sidoarjo. Tiba pukul 11.00 WIB, Al turun dari mobil berkaus putih bertuliskan ‘MY HERO’.

Kaus tersebut mencuri perhatian dan dianggap memiliki makna lantaran ada gambar Ahmad Dhani. Dalam kaus itu, Dhani berpose salam dua jari dengan setelan jas hitam dan blangkon di kepala.

Saat ditanya wartawan apa yang dibawa saat membesuk ayahnya, Al memberikan jawaban yang tidak biasa.

“Hanya membawa kasih sayang buat papa,” kata Al, Kamis (21/2/2019).

Al berada di dalam rutan selama kurang lebih satu jam. Keluar dari Rutan Medaeng, Al mengambil gitar dan menyanyikan lagu ciptaan sang ayah ‘Hadapi dengan Senyuman’ sambil memainkan gitar yang diberikan seorang perempuan berbaju merah yang mengaku sebagai fans.

Saat ditanya soal sang ayah, Al mengaku jika Ahmad Dhani merupakan sosok yang kuat. Dia berjanji akan terus mendukung Dhani.

“Walaupun ayah terdzolimi selama 30 hari dengan ditahan tanpa sebab, ayah tetap kuat dan sabar. Saya bangga sama ayah tetap kuat dan nggak ada sedih sama sekalipun. Saya juga tetap mensupport ayah saya dan semoga akan berjalan dengan lancar,” kata Al.

Ahmad Dhani tidak menyia-nyiakan pertemuan dengan anak sulungnya, Al Ghazali. Caleg Partai Gerindra itu juga menitipkan pesan untuk dua adik laki-laki Al. Yakni El Jalaluddin Rumi (El) dan Abdul Qodir Jaelani (Dul).

“Yang penting kita harus selalu tetap kuat, tegar dan sabar,” kata Al.

Ketika ditanya soal pandangan politik, pria berusia 21 tahun itu mengaku netral. Dia hanya mendukung sang ayah, Ahmad Dhani yang menalonkan diri sebagai Caleg Gerindra Dapil 1 di Jawa Timur.

“Saya netral pak, yang penting di sini saya support ayah saya. Untuk politik saya netral. Saya support ayah untuk pencalonannya di Jatim, di Surabaya,” kata Al usai menjenguk Ahmad Dhani di Rutan Medaeng.

Al kemudian berziarah ke makam Presiden ke-4 RI, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur di Jombang. Al tiba di PP Tebuireng, Kecamatan Diwek, Jombang sekitar pukul 13.50 WIB dan bertemu dengan Pengasuh ponpes, KH Salahudin Wahid atau Gus Solah.

Al mengaku mendapatkan nasehat dari Gus Solah. Ia dan keluarga diminta untuk tabah menghadapi persoalan yang menjerat Ahmad Dhani.

“Saya dinasehati (Gus Solah). Semuanya harus sabar dan ikhlas, semoga Allah punya jalan yang baik ke depannya,” pungkas Al.

Menurut Al, persoalan hukum tersebut mungkin menjadi tempaan bagi keluarga Ahmad Dhani.

“Untuk ke depannya harus lebih hati-hati. Siapapun juga, tidak hanya Ahmad Dhani,” tandasnya.

Saksikan juga video Jenguk Ahmad Dhani, Al Ghazali Nyanyikan Lagu ”Hadapi dengan Senyuman”:

[Gambas:Video 20detik]

(sun/fat) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pamela Safitri Duo Serigala Bakal Berhijab?

Liputan6.com, Jakarta Pedangdut Pamela Safitri identik dengan imej seksi yang melekat di dirinya. Maklum saja, personil Duo Serigala ini memang kerap berpenampilan seksi dengan memakai busana terbuka.

Namun, Pamela Safitri tiba-tiba mengunggah foto terbaru. Berbeda dari biasanya, kali ini wanita berusia 25 tahun itu terlihat lebih anggun dengan busana tertutup.

Baju lengan panjang yang ia kenakan tampak match dengan hijab berwarna hitam. Pamela Safitri pun menuliskan caption berisi doa dan meminta dukungan dari para fans.

“Doain ya guys, setuju nggak Pamela begini? Comment ya yang sayang Pamela, Alhamdulillah,” tulis Pamela Safitri, seperti dilansir dari Instagram-nya, Kamis (21/02/2019).

2 dari 3 halaman

Berhijab

Belum pasti apakah Pamela sudah memutuskan untuk berhijab atau ia berpenampilan seperti itu untuk menghadiri suatu acara. Namun di Instastory, Pamela sempat mengunggah video terbaru dengan hijab berbeda berwarna kebiruan.

Di situ ia tak sengaja bertemu dengan Ucie Sucita. Pangling dengan penampilan Pamela, Ucie sempat memujinya. “Pangling banget lho, cantik banget lho!” ujar Ucie.

Kini publik figur mulai banyak yang mulai merambah ke Youtube. Lewat media video youtube mereka mencoba lebih dekat dengan para penggemarnya. Telah banyak yang sukses dengan akun youtube mereka bahkan mendapatkan penghargaan Play-Button oleh YouTube.

3 dari 3 halaman

YouTube

Hal ini juga dicoba oleh personel Duo Serigala, Pamela Safitri. Penyanyi dangdut sensasional ini mencoba peruntungannya di media sosial YouTube.

Channel YouTube miliknya telah dibuat sejak Februari 2018 lalu. Namun Pamela baru mulai aktif mengunggah video-videonya kurang lebih dalam satu bulan terakhir.

Sumber: Kapanlagi.com

Gelar Baby Shower, Meghan Markle Bergaya Klasik dan Keibuan

Liputan6.com, Jakarta – Meghan Markle baru saja merayakan baby shower dengan teman-teman dekatnya sebelum menyambut anak pertamanya dengan Pangeran Harry. Acara yang di Indonesia sering disebut dengan ‘siraman’ tersebut tidak diadakan di Inggris, tapi di New York, Amerika Serikat.

Dilansir dari Pop Sugar, Rabu, 20 Februari 2019, Meghan menghadiri baby shower bersama keluarga dan teman-teman di The Mark Hotel, New York. Tradisi ini sebenarnya tidak ada dalam kerajaan Inggris, sehingga perempuan kelahiran 37 tahun lalu itu merayakannya di luar Inggris.

Penampilan Meghan di acara tersebut tetap memukau dan menuai banyak pujian. Ia bergaya feminin dengan memakai atasan tunik jubah. Aura keibuan semakin terlihat dalam dirinya.

Meghan juga tampak sangat ceria dan bahagia meski mengenakan kacamata hitam. Pemilik gelar Duchess of Sussex ini memakai kacamata hitam Le Specs yang harganya sekitar Rp 980 ribu.

Untuk pakaian, ia memakai atasan tunik Courrèges Haute Couture 1965 koleksi William Vintage yang dipadukan dengan celana hitam. Meghan juga mengenakan perhiasan emas.

Ia memakai cincin koleksi Solange Azagury Partridge Love Ring, gelang dari Bar Jewelry, dan anting koleksi Pippa Small.Untuk melengkapi penampilannya, Meghan membawa tas koleksi Carolina Herrera dan sepatu heels koleksi Stuart Weitzman.

Namun belum diketahui apakah di acara di dalam hotel ia berganti pakaian atau tidak. Yang jelas, gaya klasik Meghan Markle membuatnya juga banyak menarik perhatian di tanah kelahirannya.

Saksikan video pilihan di bawah ini: