Hijrah Erwin Aksa: Kekuatan Bagi BPN, Tak Ngaruh untuk TKN

Jakarta – Politikus Golkar Erwin Aksa melabuhkan dukungannya ke Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Erwin memutuskan membelot dari keputusan partainya yang mendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin atas nama persahabatan.

Hijrahnya Erwin pun mendapat beragam reaksi. Termasuk dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf. BPN menilai dukungan Erwin menjadi kekuatan, sementara TKN menyebut kepergian Erwin tak berpengaruh bagi pihaknya.

Erwin buka-bukaan soal keputusannya mendukung Prabowo-Sandiaga hari ini, Selasa (19/3/2019). Dia pun memilih non-aktif dari kepengurusan Golkar demi mendukung sahabat sejatinya itu di laga Pilpres 2019.
“Saya dan Sandiaga Uno merupakan sahabat sejati, mantan Ketua Umum Hipmi dan aktif di Kadin. Kami punya ikatan emosional yang tidak bisa kami hilangkan dan kami lupakan. Kami memiliki hubungan persahabatan yang hakiki. Saya menggantikan Sandi menjadi Ketua Umum Hipmi Munas di Bali dan Sandi-lah yang membantu saya sehingga saya bisa menjadi Ketua Umum Hipmi menggantikan Sandi,” kata Erwin Aksa dalam keterangan tertulis, Selasa (19/3).

“Bagi saya, persahabatan lebih penting dari segalanya. Jangan sampai persahabatan terputus karena pilihan politik yang berbeda. Nilai-nilai persahabatan harus terus dipupuk karena nilai-nilai persahabatan adalah modal sosial yang sangat penting bagi pembangunan Indonesia,” imbuh dia.

Dukungan itu pun mendapat sambutan dari BPN Prabowo-Sandiaga. BPN menyebut Erwin menambah kekuatan bagi pihaknya.

“Bagi kami, bergabungnya beliau menjadi kekuatan tersendiri yang memang selama ini kami harapkan,” kata juru bicara BPN Edhy Prabowo di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (19/3).

Edhy pun bersyukur atas dukungan yang diberikan Erwin. Ia mengatakan Erwin bakal memuluskan kemenangan Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019.

“Makin banyak dukungan ke kami, makin meringankan pekerjaan dan mendulang suara sebanyak-banyaknya,” ujar Edhy.

Sementara TKN Jokowi-Ma’ruf menanggapi santai membelotnya Erwin Aksa. TKN meyakini dukungan itu tak akan berpengaruh terhadap elektoral paslonnya.

“Dukungan Pak Erwin itu nggak pengaruh. Nggak ada pengaruhnya. Erwin itu seperti apa? Biasa aja tuh. Jadi tidak ada hal yang luar biasa, biasa-biasa aja. Kalau Pak JK jelas ada pengaruhnya, kalau Erwin kan pengusaha muda aja,” ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Johnny G Plate.

TKN tak masalah jika Erwin memutuskan mendukung Prabowo-Sandiaga. Toh suara Erwin Aksa tak berpengaruh seperti sang paman, Jusuf Kalla.

“Pak JK kan Ketua Dewan Pengarah Pak Jokowi. Nah tentu kalau ukuran elektoralnya ya lebih jauh elektoral Pak JK-lah dibanding Pak Erwin. Saya juga yakin tak akan mempengaruhi kesolidan Golkar untuk mendukung Pak Jokowi-Kiai Ma’ruf-lah,” katanya.
(mae/gbr)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sejarah Maskapai RI: dari Masa Kelam, Hijrah hingga Kambuh Lagi

Jakarta – Polemik harga tiket pesawat dari awal tahun hingga kini masih bergulir. Masyarakat mengeluhkan tarif tiket yang melambung tinggi sejak awal tahun lalu dan hingga kini penurunan tarif tiket dinilai belum sesuai yang diharapkan masyarakat.

Para perusahaan maskapai justru mengeluhkan faktor biaya operasional yang tinggi, salah satunya harga bahan bakar avtur.

Industri maskapai di Indonesia dinilai mulai tidak efisien. Hal itu ditandai dengan meningkatnya harga tiket sejak Januari 2019 dan menjadi polemik hingga hari ini.

Padahal dalam sejarahnya, industri penerbangan di tanah air sebenarnya mulai hijrah ke arah yang benar. Sebab dahulu industri ini dinilai tidak sehat lantaran minimnya persaingan

(das/ang)

Bertemu Budayawan Jabar, Sekjen PDIP Cerita Upaya Pemerintah Bersihkan Citarum

Liputan6.com, Bandung – Rombongan Safari Kebangsaan VIII yang dipimpin Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto bertemu budayawan Jawa Barat di kediaman aktor Indonesia, Budi Dalton di Kota Bandung. Turut hadir juga sejumlah budayawan dan seniman seperti Edi Brokoli.

Budi mengatakan, banyak sekali program yang disinergikan dengan para budayawan di Jawa Barat, khususnya yang ada di pinggiran yang jarang tersentuh.

“Saya tidak mewakili, tetapi saya sebagian kecil pelaku budaya, berterima kasih pada PDI Perjuangan, yang telah meluangkan waktunya mendengarkan keluhan budayawan Jabar,” ungkap Budi di lokasi, Jum’at (22/2/2019).

Menurut Budi, target dari berbagai macam programnya adalah kaum milenial dan wilayah yang belum tersentuh.

“Sebetulnya di kalangan milenial sekarang melakukan sesuatu dengan cara masing-masing. Jadi perlu dirangkul dan diarahkan,” tutur dia.

Di saat bersamaan, Hasto turut menyatakan Jabar kaya dengan tradisi kebudayaan. Namun, jika modernitas berdiri tanpa keseluruhan jati diri, maka kebudayaan akan kehilangan akarnya.

“Untuk itu, berbagai strategi kebudayaan harus dijalankan bersama-sama karena sangat sesuai dengan kepribadian kita apalagi di Jawa Barat,” ujar Hasto.

Hasto berharap, dari pertemuan ini para tokoh kebudayaan dapat memperindah politik pada kesejatiannya. Yaitu, dengan kebudayaan tariannya, kuliner dan seluruh nilai luhur bangsa.

“Sekali lagi, kami bertemu dengan para tokoh kebudayaan ini untuk mendorong hijrah politik menjadi wajah yang membangun keadaan politik yang santun, yang toleran, yang mencintai seluruh isi alam raya,” tukas Hasto.

2 dari 2 halaman

Bersihkan Citarum

Hasto juga mengajak para seniman dan budayawan menjadi bagian penting dalam upaya pelestarian lingkungan di Jabar.

Menurutnya, salah satu langkah konkret pelestarian lingkungan adalah menjaga sumber mata air di Sungai Citarum.

Hasto mengatakan, pemerintahan Jokowi telah berupaya keras agar bisa membersihkan Sungai Citarum dari sampah plastik. Selain itu, pelestarian terhadap kesenian, adat istiadat hingga makanan juga perlu dilakukan.

“Inilah yang membuat politik benar-benar membumi. JokowiKiai Ma’ruf, turun ke rakyat dan menyentuh hal-hal yang fundamental. Tidak lagi bicara fitnah, tebar hoaks sana-sini tetapi benar-benar yang dibutuhkan rakyat,” tandas Hasto.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

Real Madrid Siap Kirim Bale Kembali ke Tottenham

Liputan6.com, Madrid – Real Madrid sudah tidak tertarik memakai jsa Gareth Bale musim depan. Winger Timnas Wales itu berpotensi dilepas kembali ke klub lamanya, Tottenham Hotspur.

Seperti dilansir Marca, rencana menjual Bale tak lain demi memberikan ruang kepada Eden Hazard. Bukan rahasia lagi, Hazard ingin meninggalkan Chelsea untuk berkostum Real Madrid musim depan.

Keputusan untuk menjual Bale sudah dipikirkan Los Blancos dengan matang. Manajemen klub ibu kota Spanyol ini frustrasi terhadap kinerja pemain berusia 29 tahun itu.

Bale dinilai gagal menutupi kekosongan yang ditinggalkan Cristiano Ronaldo di skuat Real Madrid. Padahal, setelah Ronaldo hijrah ke Juventus musim panas lalu, Bale seharusnya jadi tumpuan El Real.

Selain itu, Vinicius Junior, juga mulai membuktikan talentanya di tim utama Real Madrid. Pemain berusia 18 tahun itu beberapa kali mendapat kepercayaan dan tidak mengecewakan.

2 dari 3 halaman

Masalah Bahasa

Ini merupakan musim keenam Bale bersama Real Madrid. Namun, mantan pemain Southampton ini masih belum mempelajari bahasa Spanyol.

Hal itu dianggap jadi penyebab Bale tidak pernah benar-benar dominan di La Liga. Sementara masalah cederanya adalah alasan lain yang perlu dikhawatirkan Real Madrid.

3 dari 3 halaman

Ubah Pikiran

Namun, masih ada waktu bagi Bale untuk mengubah pikiran Real Madrid mengenai situasinya. Kabarnya, Bale ingin sekali bertahan di El Real.

Saksikan video pilihan di bawah ini

Merasakan Aura Magis di Makam Teuku Umar

Liputan6.com, Aceh – Suara tonggeret saling bersahutan tiada henti. Bunyinya terdengar konstan dan nyaring, tetapi tak menampik kesan sunyi belantara dan aura magis yang mengelilinginya.

Puncak pepohonan terlihat begitu rimbun, sementara kirana menyela di antara dedaunannya, meruyak ke lantai seolah hendak menandingi bayangan rerimbun daun yang menghalanginya. Tiga orang ibu dan seorang anak kecil duduk berlindung di antara bayang-bayang itu.

Seorang lelaki nimbrung lalu ikut bercakap-cakap bersama mereka. Orang-orang ini adalah orang Jawa yang sudah lama menetap di Aceh Barat yang tersebar di Kecamatan Panteu Ceureumen, jika ditebak dari dialek yang mereka gunakan.

Sebuah cungkup berciri khas bangunan tradisional Aceh seluas 20 meter persegi berdiri tidak jauh dari kumpulan orang itu duduk. Tujuh peziarah terlihat di dalam cungkup, dan seorang di antaranya terlihat komat-kamit sambil menatap ‘makam agung’ yang berada di depannya.

Sebuah guci besar bercat emas tampak di sudut kiri makam. Sebuah rak kayu bertingkat, dimana surah Yasin ditumpuk di tingkat paling atas, sementara mukena dan sajadah, di dua tingkat di setelahnya, ditaruh di sudut kanan makam.

Dua buah batu nisan berbalut kain kafan tampak bersisian dengan ketinggian tak simetris, menancap di antara koral putih yang diserak di atas tanah makam berukuran kira-kira 2×3 meter itu. Terdapat plakat pada bagian kepala makam yang menerangkan bahwa di situ terkubur seorang putra Aceh, pejuang yang melawan Belanda pada masa silam.

Sebuah kopiah meukeutop dan celengan besi bercat putih diletakkan bersisian di atas tembok makam berlapis tegel granit itu. Topi khas adat Aceh itu adalah atribut yang tidak boleh dipisah dari sosok Teuku Umar.

Suami Cut Nyak Dien memang bermakam di situ. Makam Johan Pahlawan ini berada di Desa Mugo Rayuek, Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, berjarak sekitar 32 kilometer dari pusat kabupaten.

Sebagai catatan, nama Mugo Rayeuk konon berasal dari bahasa Jawa yaitu ‘monggo’ yang berarti ‘silahkan’ atau ‘mari’. Kisah di balik pemberian nama Mugo Rayeuk berkait erat dengan sejarah kelam kolonial.

Pada zaman kolonial, ratusan pribumi dari tanah Jawa diberangkatkan ke Aceh untuk kerja rodi. Orang-orang ini beranak pinak di kemudian hari, dan membentuk komunitas masyarakat Jawa yang kebanyakan tersebar di Kecamatan Panteu Ceureumen.

Kata ‘Mugo’ berawal dari sapaan orang Jawa yang jika melihat orang Aceh lewat di depannya maka dia menyapa dengan mengatakan ‘monggo mas’ mampir dulu. Kata ‘monggo’ lama kelamaan menjadi sebutan untuk wilayah tersebut, yang di kemudian hari berubah bunyi menjadi ‘Mugo’.

Makam Teuku Umar berada di atas Gunung Rayeuk Tameh berjarak 1 kilometer lebih dari jalan raya atau pusat keramaian Kampung Mugo Rayeuk.

Kompleks makam berupa lereng bertingkat-tingkat, dimana makam Teuku Umar berada di atas, sementara di bawahnya, secara runtut terdapat replika rumah Teuku Umar, balai-balai, toilet, selanjutnya musala, tempat berwudu, tempat beristirahat, serta anak tangga yang menjadi penghubung masing-masing tingkat.

2 dari 3 halaman

Tempat Kaulan

Sang Penjaga Makam Teuku Umar adalah Tengku Meurah Hasan (45). Dia generasi ke-21 keturunan Syekh Maulana Malik Ibrahim, yang tak lain merupakan angkatan pertama Wali Songo.

Sebagai catatan, Syekh Maulana Malik Ibrahim sempat menetap di Pasai atau Kerajaan Peureulak, Aceh Timur saat ini, sebelum dia hijrah ke tanah Jawa.

Sunan Gresik ini memiliki keturunan di Aceh salah satunya bernama Tgk. Chik Adam yang belakangan berangkat ke Mugo Rayeuk, kemudian beranak pinak yang silsilahnya menyambung ke Tgk. Meurah Hasan, pria yang baru setahun ini menjadi Penjaga Makam Teuku Umar.

Tidak harus punya kemampuan khusus untuk menjadi seorang penjaga makam, kecuali paham ilmu agama dan dapat memimpin doa ketika diminta tolong para peziarah yang hendak kaulan.

“Peuleh ka oy (kaulan) bukan orang sembarangan. Sedikit banyak, bisa membaca doa. Jadi berganti-ganti. Bukan keturunan. Kebanyakan adalah orang setempat yang biasanya merupakan imam menasah,” kata Tgk Meurah Hasan, kepada Liputan6.com, Minggu, 18 Februari 2019.

Beberapa keluarga kebetulan sedang kaulan ketika Liputan6.com berkunjung ke lokasi. Mereka datang dengan kaul masing-masing, yang tentu saja menjadi rahasia antara mereka dan penjaga makam.

Seseorang pernah menceritakan mengenai keluarganya yang punya pengalaman berkaul di Makam Teuku Umar. Ada seorang anak yang sering sakit-sakitan saat masih kecil, lalu orangtuanya berkaul, andai anak mereka sembuh, mereka kelak akan kaulan di Makam Teuku Umar, dan keluarga ini belakangan melakukan kaulan karena harapannya terwujud.

3 dari 3 halaman

Sosok-Sosok Tak Kasat Mata di Makam Teuku Umar

Makam Teuku Umar memiliki sejumlah kisah mistis sama seperti tempat-tempat keramat lainnya. Salah satunya mengenai sosok harimau yang konon menjaga makam dari mereka yang hendak berbuat jahil di tempat itu.

Sesosok ular besar juga sering memperlihatkan diri di tempat itu. Terdapat sosok tak kasat mata, selain dua makhluk tersebut yang konon hanya menampakkan dirinya ke orang-orang tertentu.

Menurut Tgk Meurah Hasan, orang-orang yang suluk di makam Teuku Umar terkadang bermimpi ditemui makhluk-makhluk tersebut. Karena orang-orang ini berhati bersih, makhluk-makhluk tersebut tidak mengganggu mereka.

“Itu ada. Yang penjaga besar, harimau, ular, dan penjaga tak kasat mata lainnya. Disini kan banyak yang suluk, kadang sampai seminggu. Mereka dari berbagai tempat, dari Meulaboh, Medan, bahkan Pulau Jawa. Selesai suluk, kadang mereka cerita ke saya. Di dalam mimpi ditemui mahluk itu. Bahkan, ada yang didatangi sosok Teuku Umar,” tutur penjaga makam keenam itu.


Simak video pilihan berikut ini

Arsene Wenger Sayangkan Kepergian Aaron Ramsey

– Arsene Wenger menilai kalau Arsenal telah melakukan hal yang salah dengan membiarkan Aaron Ramsey hengkang. Gelandang asal Wales itu akan bergabung ke Juventus pada musim 2019-20.

Arsenal membuat kejutan setelah memutuskan untuk tidak meneruskan kerja sama dengan Aaron Ramsey. Ramsey menandatangani prakontrak dengan Juventus setelah tidak mendapat kepastian dari Arsenal.

Kondisi itu mengundang komentar dari Arsene Wenger yang sangat mengenal Ramsey. Menurutnya, Ramsey merupakan satu di antara pemain Arsenal yang paling konsisten.

“Arsenal akan sangat kehilangan Aaron Ramsey. I adalah pemain yang hebat,” ujar Wenger.

“Namun, saya yakin kalau Ramsey akan sukses di Italia. Ia adalah pemain yang memiliki fondasi sepak bola menyerang.”

“Ramsey telah membuat keputusan yang menarik dengan hijrah ke Italia. Ia adalah pemain yang memiliki kemampuan spesial. Tak banyak pemain yang bisa memiliki kemampuan sama hebatnya ketika menyerang dan bertahan,” ungkap Wenger.

Kepergian Ramsey dari Arsenal membuat pihak klub mendapat banyak kritikan. Menurut mereka, Ramsey merupakan satu di antara sedikit pemain yang menunjukkan performa konsisten walaupun Arsenal tengah menurun.

Hal itu membuat Unai Emery menjadi sosok yang semakin tidak populer di kalangan suporter Arsenal.

Sumber: Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Luka Doncic Paling Menarik Perhatian

Charlotte – Rookie Dallas Mavericks Luka Doncic sedang naik daun. Tak ayal Doncic mendapat perhatian lebih dari para awak media di NBA All Star weekend.

Doncic menjadi salah satu pemain tim World yang akan berduel dengan tim USA di Rising Stars Challenge di Spectrum Center, Jumat (15/2/2019) malam waktu setempat atau Sabtu (16/2) pagi WIB.

Namun, sebelum pertandingan Doncic dan para pemain lain berkewajiban hadir di Media Day yang digelar pada Jumat pagi. Atas undangan dari NBA Asia, Detiksport menghadiri langsung acara yang digelar di Bojangles Coliseum, yang juga menjadi tempat latihan tim-tim Rising Stars.

Dari jadwal pukul 09.30 waktu Charlotte, kami sudah tiba setengah jam sebelumnya. Sebanyak 11 pemain tim World dijadwalkan melakoni sesi tanya jawab dengan media lebih dahulu selama setengah jam, di mana masing-masing pemain mendapatkan satu podium khusus. Sedangkan sesi tim USA baru mulai pukul 10.00.

Berdasarkan pantuan detiksport, Doncic paling menyedot perhatian. Puluhan media langsung mengerubungi di podium pebasket Slovenia itu, lebih ramai dibandingkan para pemain tim World yang sudah hadir.

Doncic tengah menjadi sorotan berkat performa apik bersama Mavericks di musim pertamanya di NBA sejak hijrah dari Real Madrid. Small forward berusia 19 tahun ini memiliki rata-rata 20,7 poin per pertandingan, 7,2 rebound dan 5,6 assist per pertandingan.

“Rasanya senang sekali bisa berada di sini. Ini pengalaman pertamaku dan kuharap akan menjadi pengalaman yang bagus,” kata Doncic kepada pewarta.

Penasaran dengan aksi Doncic bersama tim World? Pertandingan Rising Stars Challenge bisa disaksikan di O Channel.

(rin/cas)

Inter Milan Antisipasi Kepergian Mauro Icardi

Jakarta Inter Milan telah siap kehilangan striker Mauro Icardi. La Beneamata dikabarkan sudah mencari striker baru untuk musim depan.

Situasi Icardi di Inter Milan menjadi tidak menentu setelah ia dicopot dari posisi kapten tim. Setelah itu, Icardi dikabarkan menolak untuk berangkat ke Wina, Austria bersama Inter Milan untuk menghadapi Rapid Wina.

Kondisi itu menjadi pertanda kalau kebersamaan Icardi di Inter Milan berpotensi berakhir. Nerazzurri bisa membuat keputusan untuk menjual Icardi jika permasalahan antara kedua belah pihak tak kunjung selesai.

Nerazzurri pun harus mencari pengganti yang pas untuk Icardi. Sejauh ini, Inter Milan telah mempertimbangkan empat nama, yaitu Romelu Lukaku, Duvan Zapata, Edin Dzeko dan Timo Werner.

Romelu Lukaku tak bisa memenuhi ekspektasi di Manchester United. Ia berpeluang dilepas klub pada akhir musim 2018-19.

Sebelumnya, Lukaku pernah menyatakan tertarik untuk bermain di Italia, tetapi bersama Juventus. Edin Dzeko (AS Roma) dan Duvan Zapata (Atalanta) menjadi kandidat yang realistis karena keduanya sudah berada di Italia.

Timo Werner disebut menjalani musim terakhir bersama RB Leipzig, namun ia disebut lebih tertarik hijrah ke Premier League.

Jika gagal mendapat pemain incarannya itu, Inter Milan masih memiliki Lautaro Martinez yang siap menjadi mesin gol pengganti atau Gabigol yang masih menjalani masa peminjaman di Flamengo dan berharap bisa mendapatkan kesempatan kedua untuk membuktikan diri di Italia.

2 dari 2 halaman

Mauro Icardi Menuju Real Madrid?

Konflik yang terjadi antara Inter Milan dan Mauro Icardi berawal dari diskusi perpanjangan kontrak sang pemain. Agen dari Icardi yang merupakan istrinya sendiri, Wanda Nara, disebut mempersulit proses negosiasi.

Saat ini, Mauro Icardi masih terikat kontrak dengan Inter Milan hingga Juni 2021 dengan klausul penjualan sebesar 110 juta euro. Harga tersebut dianggap masih belum cukup untuk memagari Icardi, karena itu Inter Milan berniat memberikan kontrak baru.

Tetapi, Wanda Nara menggunakan kesempatan tersebut untuk meminta kenaikan gaji yang tinggi di Inter Milan.

Sumber: Calcio Mercato

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

BTN Syariah Kenalkan KPR Hits Bagi Kalangan Milenial

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN meluncurkan produk baru yaitu Pembiayaan Properti BTN iB. Pembiayaan Properti BTN iB dengan callname KPR Hits diracik khusus bagi para milenial yang ingin melakukan resolusi ‘hijrah’.

KPR Hits yang merupakan jenis KPR non subsidi memiliki keistimewaan dibandingkan produk pembiayaan perumahan milik BTN Syariah sebelumnya, yaitu menggunakan akad Musyarakah Mutanaqisah.

Akad Musyarakah Mutanaqisah (MMQ) merupakan fitur baru produk KPR dari BTN Syariah yang selama ini menggunakan akad Murabahah (jual beli) dan Istishna’ (jual beli pesanan).

“Akad tersebut disesuaikan dengan pangsa pasar yang kami bidik,yaitu para milenial yang menginginkan tenor cicilan yang panjang, yaitu hingga 30 tahun namun dengan uang muka yang terjangkau dan ujroh atau uang sewa yang ringan,” kata Direktur Bank BTN, Iman Nugroho Soeko dalam keterangannya, Jumat (15/2/2019).

Sebenarnya, lanjut Iman, akad Musyarakah Mutanaqisah merupakan gabungan atau hybrid dari 2 akad yaitu akad Musyarakah dan Ba’i yang artinya bahwa pembelian rumah atau apartemen yang menjadi agunan KPR merupakan aset bersama antara Bank dengan Nasabah dengan porsi kepemilikan yang telah disepakati pada saat awal akad.

Bank dan nasabah sepakat bahwa agunan KPR tersebut disewakan kepada nasabah sehingga nasabah memiliki kewajiban membayar angsuran sewa setiap bulannya.

Pembayaran angsuran sewa yang dilakukan Nasabah secara otomatis menambah porsi kepemilikan Nasabah dan mengurangi porsi kepemilikan Bank sehingga pada saat pembiayaan lunas, porsi kepemilikan rumah atau apartemen akan beralih sepenuhnya ke Nasabah.

Selain akad yang digunakan, BTN Syariah juga menawarkan sejumlah keringanan yang lain bagi nasabah KPR Hits, diantaranya uang muka ringan mulai 1 persen, angsuran yang terjangkau dengan dua pilihan skema.

Pertama, dengan ujroh atau uang sewa (fee) sebesar 7,75 persen fixed selama 3 tahun pertama. Kedua, dengan ujroh sebesar 8,25 persen fixed selama 5 tahun pertama selanjutnya berjenjang selama jangka waktu KPR sampai dengan 30 tahun. KPR Hits juga memberikan peluang pelunasan KPR tanpa biaya penalty.

“Untuk bisa mengajukan KPR Hits, nasabah berusia minimal 21 tahun, memiliki pekerjaan tetap dengan masa kerja minimal 1 tahun dan yang penting agunan yang digunakan adalah rumah atau apartemen atau ruko ready stock atau sudah tersedia, bukan yang belum dibangun atau berbentuk kavling tanah,” kata Iman.

Adapun unit ready stock yang dimaksud, menurut Iman, berbentuk properti baru maupun seken, dengan syarat memiliki dokumen legalitas properti yaitu SHM/SHGB dan IMB serta berada di lokasi yang marketable. Selain pembelian properti baru, KPR Hits juga dapat digunakan untuk take over dan top up.

Lebih lanjut Iman menjelaskan, KPR Hits tidak hanya terbatas bagi nasabah muslim namun terbuka juga bagi nasabah non muslim yang membutuhkan pembiayaan rumah yang terjangkau sesuai kemampuan mereka.

Peluncuran produk KPR Hits merupakan salah satu strategi BTN Syariah untuk mengejar target pertumbuhaan pembiayaan tahun 2019.

Khusus KPR Hits, Iman menargetkan bisa meraup pembiayaan sebesar Rp 1,35 triliun atau setara dengan kurang lebih 2.700 unit.

Sementara itu target pembiayaan tahun 2019 diproyeksi bisa menembus Rp 25 triliun atau tumbuh di atas angka 14 persen dibandingkan tahun 2018 yang telah mencapai sekitar Rp 22 triliun. Menginjak usianya ke 14, BTN Syariah telah merealisasikan pembiayaan sekitar Rp 26 triliun dan telah membukukan aset senilai Rp 28,5 triliun.

Erick Thohir Harap Prabowo Tak Ubah Visi Misi di Debat Capres Kedua

Liputan6.com, Jakarta – Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Erick Thohir optimistis pihaknya siap menghadapi debat capres pada 17 Februari mendatang.

Dia justru meminta agar kandidat penantang yakni Prabowo Subianto fokus pada materi debat.

“Saya (sampaikan) berulang-ulang untuk Paslon 02 tetap fokus pada diskusi debatnya, jangan lari ke sana sini, karena sayang juga,” ujar Erick usai diskusi Rabu Hijrah di Hallf Patiunus, Jakarta Selatan, Rabu 13 Februari 2019.

Menurut Erick, penyampaian gagasan sesuai dengan visi dan misi jauh lebih baik ketimbang menyinggung sesuatu yang tidak substantif. Sebab, hal itu yang ditunggu oleh publik. 

“Karena visi misi penting, sudah ditunggu-tunggu. Apalagi terakhir Paslon 02 kan sempat ingin mengubah visi misinya seperti yang kita punya, ini kan cukup aneh. Ya kita harap Paslon 02 musti percaya diri dengan visi misinya,” tutur dia. 

 

2 dari 3 halaman

Pilih Presiden Terbaik

Lebih lanjut, topik yang diangkat pada debat kedua nanti dinilai sangat menarik. Dia yakin, adu gagasan dan visi-misi dari Jokowi dan Prabowo akan menarik bagi masyarakat sebagai referensi untuk memilih.

“Penting Indonesia memilih presiden terbaik, apalagi sudah terbukti Pak Jokowi punya pengalaman dan hasil-hasil yang luar biasa,” ucap Erick

Debat pada Minggu 17 Februari 2019 nanti mengangkat isu soal sumber daya alam, energi dan pangan, lingkungan hidup, serta infrastruktur.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: