Prabowo Dapat Tasbih dari UAS, Jokowi Diberi Mbah Moen Kain Hijau

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto bertemu dengan Ustaz Abdul Somad (UAS). Pertemuan itu terekam dalam video yang disiarkan TV One.

Dalam video itu, Prabowo berdialog dengan UAS. Prabowo bertanya kepada UAS terkait pengalamannya berdakwah di tahun politik jelang Pemilu 2019.

“Terima kasih ustaz bisa jumpa dengan saya, saya mengikuti ustaz sudah banyak keliling Indonesia. Apa yang ustaz lihat selama keliling Indonesia akhir-akhir ini?,” tanya Prabowo.

UAS pun menjawab, “Saya susah kadang mengawali ceramah itu, mari kita dengar tausiyah dari Al Mukarrom Abdul Somad. Begitu naik ke atas, semua orang ustaz (sembari menunjukkan 2 jari tanda Prabowo-Sandi). Saya bilang, kalian kan punya jari 10, kenapa yang diangkat cuma 2? Itu saya ucapkan untuk menetralisir, karena ini kan ada Panwaslu, Bawaslu, saya tidak ingin tabligh akbar itu menjadi politik. Sudah turun (jarinya), sampai protokol bilang, jamaah tolong jangan acungkan jari.”

Kemudian Prabowo Subianto kembali bertanya, apakah yang disampaikan UAS itu terjadi di banyak tempat atau tidak.

“Itu di mana-mana, bapak bisa lihat. Nanti ketika saya bilang mari kita bersalawat karena kan untuk mengubah (suasana), shallahua’la Muhammad, nanti begini lagi (dua jari tangan ke atas),” jawab UAS.

Keduanya pun terus akrab berbincang. Dan pada saat akhir pertemuan, UAS memberikan Prabowo hadiah. Ia memberikan minyak wangi dan tasbih.

UAS: Saya tak bisa, hadist mengatakan ‘kalau ketemu kasih orang hadiah supaya dia ingat dan berkasih sayang’. Saya tak kaya, tak ada duit saya kasih apa-apa ke bapak. Saya kasih dua saja. Pertama minyak wangi oud, oud itu kayu gaharu. Simbolnya supaya bapak menebarkan keharuman di negeri ini.

Prabowo: Terima kasih pak.

UAS: Yang kedua, tasbih. Oud untuk orang lain bapak harum semerbak, tasbih tidak bisa hati bapak kosong bapak harus banyak berzikir. Tasbih kesayangan saya. Batu najwal stone namanya syahmaksyud dari Persia. Paling saya sayangi, saya beli di Madinah. Bapak tak perlu pegang di depan orang banyak, nanti dikira orang pencitraan, bapak cukup tahajud malam bapak berzikir, laillahailallah. Mulut berzikir, hati di sebelah kiri. Dengan laillahailallah kita hidup, dengan laillahailallah kita mati, dengan laillahailallah juga kita akan berjumpa dengan Rasulullah SAW. Ini yang bisa saya sampaikan. Apa yang terjadi setelah ini, kita serahkan kepada Allah SWT.

Prabowo: Terima kasih pak.

UAS: Sukses selalu pak.

Prabowo: Terima kasih pak.

UAS: Sama-sama kita berdoa kepada Allah.

(Hadiah dimasukkan ke dalam kantong di atas dada kiri, kemudian keduanya berdoa)

8 Manfaat Teh Hijau Secara Ilmiah, Bisa Mencerdaskan Hingga Panjang Umur

Teh hijau tidak hanya membuat Anda tetap terjaga, tetapi juga bisa membuat Anda lebih cerdas. Bahan aktif utama adalah kafein, yang dikenal sebagai stimulan. Kafein pada teh hijau cukup untuk menghasilkan respons stimulan tanpa menyebabkan efek gelisah akibat terlalu banyak kafein.

Apa yang dilakukan kafein di otak adalah memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut Adenosine. Dengan cara ini, ini sebenarnya meningkatkan pembakaran neuron dan konsentrasi neurotransmiter seperti dopamin dan norepinefrin.

Kafein telah dipelajari secara intensif sebelum dan secara konsisten mengarah pada perbaikan dalam berbagai aspek fungsi otak, termasuk peningkatan suasana hati, kewaspadaan, waktu reaksi, dan memori.

Nyatanya, teh hijau mengandung lebih dari sekadar kafein. Ia juga memiliki asam amino L-theanine, yang mampu melintasi sawar darah-otak. L-theanine meningkatkan aktivitas penghambatan neurotransmitter GABA, yang memiliki efek anti-kecemasan.

Manfaat the hijau juga dapat meningkatkan dopamin dan produksi gelombang alfa di otak.Banyak orang melaporkan memiliki energi yang lebih stabil dan menjadi jauh lebih produktif ketika mereka minum teh hijau, dibandingkan dengan kopi.

IHSG Berpeluang Kembali ke Zona Hijau

Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu bertahan di zona hijau pada perdagangan saham Selasa pekan ini. Hal ini ditopang aksi beli investor asing di pasar regular.

Pada penutupan perdagangan saham, Selasa (9/4/2019), IHSG menguat 58,61 poin atau 0,91 persen ke posisi 6.484,34. Indeks saham LQ45 mendaki 0,89 persen ke posisi 1.024,35. Seluruh indeks saham acuan kompak menguat.

Sebanyak 243 saham menguat sehingga mendukung penguatan IHSG. 156 saham melemah dan 126 saham diam di tempat.

Pada perdagangan Selasa pekan ini, IHSG sempat berada di level tertinggi 6.484,39 dan terendah 6.429,53.

Total frekuensi perdagangan saham 431.886 kali dengan volume perdagangan 15,5 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 8,2 triliun. Investor asing beli saham Rp 517,01 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.133.

10 sektor saham menguat sehingga mendukung penguatan IHSG. Sektor saham aneka industri naik 1,77 persen, dan bukukan penguatan terbesar.

Disusul sektor saham konstruksi menanjak 1,54 persen dan sektor saham perdagangan mendaki 1,34 persen.

Saham-saham catatkan top gainers antara lain saham RAJA mendaki 25 persen ke posisi Rp 300 per saham, saham DUTI melonjak 17,45 persen ke posisi Rp 6.900 per saham, dan saham BNLI menguat 10 persen ke posisi Rp 990 per saham.

Sedangkan saham-saham yang melemah antara lain saham RODA turun 24,73 persen ke posisi Rp 414 per saham, saham APII tergelincir 20,61 persen ke posisi Rp 181 per saham, dan saham GLOB terpangkas 12,61 persen ke posisi Rp 402 per saham.

HNW Minta Milenial Tak Hanya Mengingat Jas Merah Tapi Juga Jas Hijau

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia terutama generasi milenial tentang peran besar umat Islam dan para ulama Indonesia dalam perjuangan serta proses terbentuknya NKRI.

Fakta sejarah tak bisa terabaikan bahwa ulama-ulama seperti Hadratussyekh KH. Hasyim Asya’ari dengan fatwa jihadnya melawan penjajah sampai Mohammad Natsir dengan Mosi Integralnya sehingga Indonesia yang semula berbentuk serikat atau RIS kembali menjadi NKRI hingga saat ini, sangat berperan penting dalam terbentuknya NKRI.

Hal tersebut dikatakan HNW dalam pemaparan Sosialisasi Empat Pilar MPR di hadapan sekitar 200 lebih peserta Kajian Fiqsos Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) bertema ’69 Tahun Mosi Integral Mohammad Natsir, Kekuatan Politik Islam Pembentuk NKRI’, di Gedung DDII, Jakarta, Rabu (3/4/2019).

“Jangan sampai peran ulama dan umat Islam Indonesia yang sangat besar dalam terbentuknya NKRI tercederai dengan berbagai stereotipe keliru seperti radikalisme, anti Pancasila, terorisme dan lainnya. Masyarakat dan generasi milenial sangat perlu mempelajari sejarah bangsanya sendiri dengan benar,” katanya.

Untuk itu, lanjut HNW, pesan fenomenal yang pernah dikatakan Bung Karno yakni ‘Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah, Jangan Sekali-sekali Melupakan Sejarah’ atau Jasmerah harus disandingkan dengan ‘Jashijau’ atau jangan sekali-kali hilangkan jasa ulama. Sebab, relevansi dan keterkaitan antara Jasmerah dan Jashijau sangat kuat dan saling mengisi serta melengkapi.

Hal tersebut diungkapkan HNW sangat penting untuk disampaikan bahkan diviralkan, dimana sering terjadi berbagai pendegradasian peran Islam dalam NKRI hanya karena beberapa kejadian kecil yang mengarah ke perbuatan kriminal yang membawa-bawa nama Islam.

“Padahal dalam fakta sejarah Indonesia, peran dan kiprah serta sumbangan umat Islam Indonesia sangatlah besar sehingga terbentuk NKRI hingga kini. Jadi, tidaklah mungkin umat Islam Indonesia bertolak belakang dengan NKRI,” tandasnya.

Mana yang Lebih Sehat, Teh Hijau atau Ekstraknya?

JakartaTeh hijau memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Ada teh hijau dan ada ekstrak teh hijau, sebenarnya mana yang lebih sehat?

Teh biasanya diminum saat pagi hari menjelang aktivitas untuk menambah stamina atau energi bagi seseorang. Bahkan Indonesia merupakan salah satu negara penghasil teh terbesar di dunia. Tak heran jika minuman teh menjadi minuman wajib yang selalu ada dalam rumah atau restoran. Ada banyak sekali jenis-jenis teh, salah satunya adalah teh hijau.

Tentu kita ketahui, format makanan kita terus mengarah ke pilihan yang lebih sehat, maka banyak teh biasa kini telah diganti dengan teh hijau. Minuman herbal ini juga dikenal untuk mencerna makanan secara alami dan membantu menurunkan berat badan. Seiring dengan manfaat kesehatan lainnya, teh hijau secara bertahap menjadi salah satu minuman detoksifikasi harian yang paling disukai.

Mana yang Lebih Sehat, Teh Hijau atau Ekstraknya?Foto: shutterstock

Teh hijau dibuat dari tanaman camellia sinensis. Prosesnya adalah dengan melayukan, mengukus, menyangrai daun tanaman dan kemudian mengeringkannya. Teh hijau adalah antioksidan kuat yang menangkal semua jenis mikroorganisme penangkal penyakit.

Baca Juga: 12 Manfaat Rajin Minum Teh untuk Kesehatan

Tidak hanya itu, teh hijau juga dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membangun pertahanan yang kuat terhadap masalah kronis. Seperti diabetes hingga penyakit jantung.

Mengingat banyak manfaat kesehatan yang diberikan teh hijau, teh ini merupakan pengganti organik yang ideal untuk mengatasi kurangnya energi dan mendapatkan dosis kafein yang sangat dibutuhkan setiap harinya.

Tapi, ada banyak pecinta teh yang masih terbiasa minum teh dengan krim susu dan manisnya gula. Sulit bagi mereka untuk mengembangkan rasa asli teh hijau ini yang agak pahit. Maka solusinya ada beberapa yang menggunakan ekstrak teh hijau, biasanya tersedia dalam bentuk kapsul untuk memberikan manfaat yang tak kalah sama dengan teh hijau, tanpa harus merasakan pahitnya teh tersebut.

Mana yang Lebih Sehat, Teh Hijau atau Ekstraknya?Foto: iStock

Ekstrak teh hijau adalah suplemen yang berasal dari tanaman teh hijau. Ini mengandung senyawa antioksidan, polifenol, vitamin dan flavonoid. Jika sebuah kapsul mengandung jumlah bahan aktif yang sama dengan secangkir teh hijau, mengapa Anda tidak beralih saja ke kapsul? Tapi, ada beberapa fakta yang harus Anda ketahui tentang ekstrak teh hijau.

Mengapa ekstrak teh hijau tak sebagus teh hijau asli?

Meskipun ekstrak teh hijau memberikan manfaat nutrisi yang sama seperti minum secangkir teh hijau, tapi Anda harus ingat bahwa suplemen akan selalu tetap menjadi suplemen. Bahkan ahli gizi lebih mendukung untuk makan makanan kaya protein daripada mengandalkan kapsul suplemen protein.

Ekstrak teh hijau seharusnya mengandung jumlah protein yang sama seperti yang terkandung dalam daun teh hijau. Tetapi ternyata proses ekstraksi hanya memberikan sedikit manfaat, tidak selengkap dari daun teh hijau.

Dan, selalu ada risiko pemalsuan dari setiap pabrik. Konsumen tidak akan pernah yakin apakah mereka mendapatkan produk dalam bentuk murni.

Apa pun yang tertelan dalam bentuk paling murni, itu sudah pasti yang lebih baik bagi tubuh. Secangkir teh hijau yang baru diseduh akan lebih baik daripada meminum pil suplemen.

Tetapi, jika Anda sudah mencoba minum teh hijau asli dan tidak suka dengan rasanya yang pahit, Anda bisa mencoba ekstraknya. Kapsul ini memberi Anda manfaat kesehatan yang hampir sama dengan minum teh hijau, tetapi Anda juga harus tetap berhati-hati. Sebaiknya tidak mengonsumsi kapsul dalam dosis tinggi, dan harus dikonsultasikan dengan ahli gizi atau dokter untuk rekomendasi.

Baca Juga: Begini Cara Benar Seduh Teh Hijau untuk Hasil Maksimal (lus/lus)

Manajemen Persebaya Belum Beri Lampu Hijau Kedatangan Pemain Asing Anyar

Liputan6.com, Jakarta – Keinginan pelatih Persebaya Surabaya Djajang Nurjaman mendatangkan pemain asing baru tidak terwujud. Pasalnya, manajemen Bajul Ijo belum memberi lampu hijau.

Persebaya memiliki satu slot pemain asing karena bek Otavio Dutra diproyeksikan mendapat naturalisasi. Jika klub mengizinkan, Djadjang Nurdjaman berniat merekrut pemain belakang atau gelandang bertahan.

Namun hasratnya gagal jadi kenyataan. “Saya belum dapat restu dari manajemen. Artinya kita akan memberdayakan pemain yang ada saat ini,” ucap sosok yang akrab disapa Djanur itu, dilansir situs resmi Liga 1.

Dengan ini, pemain asing Persebaya adalah Persebaya Amido Balde, Damian Lizio, dan Manuchekhr Dzhalilov.

Mengandalkan mereka, Bajul Ijo menunjukkan permainan impresif. Mereka mencapai perempat final Piala Indonesia dan Piala Presiden 2019.

Berita video jadwal Perempat Final Piala Presiden 2019. Persija Jakarta hadapi Kalteng Putra Jumat (29/3/2019) di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Guardiola: City Masih Hijau di Liga Champions

ManchesterPep Guardiola mengakui Manchester City bukan tim top di Liga Champions. Menurut Guardiola, City belum punya banyak pengalaman di Liga Champions.

City baru tampil di Liga Champions dalam delapan musim terakhir ini secara beruntun. Dari laju tersebut, enam kali The Citizens melaju ke fase gugur.

Sejauh ini, pencapaian terbaik City adalah menembus semifinal pada 2015/2016. Sergio Aguero dkk disingkirkan Real Madrid dengan agregat 0-1.

Guardiola tak menampik ambisi City untuk menjuarai Liga Champions. Namun ia juga menyadari City belum jadi pemain besar di kompetisi tertinggi antarklub Eropa itu.

“Tentu saja kami bisa sampai ke babak-babak akhir dan membuat kemajuan, saya tidak bisa membantahnya,” ujar Guardiola seperti dikutip Guardian.

“Tapi saya pikir, jika dibandingkan dengan tim-tim (besar) itu, satu trofi tidak mengubahnya. Kami masih remaja di kompetisi ini, itulah yang kami rasakan.”

“Kami ingin jadi juara, kami mendorong diri kami sendiri. Cara terbaik adalah dengan merasakan tekanan seperti ini,” katanya.

City yang sudah menjejak babak 16 besar Liga Champions musim ini punya keunggulan 3-2 atas Schalke dari laga leg pertama. City akan jadi tuan rumah pada pertandingan leg kedua, Rabu (13/3/2019) dini hari WIB.

(nds/ran)

Pemerintah Pastikan Bawa Kasus Tumpahan Minyak di Batam ke Meja Hijau

Liputan6.com, Jakarta – Kasus pencemaran limbah minyak di perairan Bintan dan Bantam, Kepulauan Riau terus menjadi sorotan. Sebab, pencemaran ini terjadi tidak hanya sekali atau dua kali saja, melainkan menjadi ajang musiman pada kurun waktu tertentu.

Direktur Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rasio Ridho Sani menyatakan, saat ini pihaknya sedang berkoordinasi dengan beberapa Kementerian Lembaga terkait lainnya untuk menangani kasus ini. Apabila ditemukan unsur kesengajaan, maka bukan tidak mungkin pemerintah akan mendorong kasus ini masuk ke dalam meja hijau.

“Yang pasti kami akan akan melakukan penegakkan hukum kepada pihak-pihak, kalau terindikasi melakukan pencemaran tumpahan minyak yang ada di Kepulauan Bintan dan kepulauan Batam,” kata Rasio usai melakukan rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Rasio menegaskan pihaknya tidak ragu memberikan sanksi berupa pidana serta melakukan gugatan dalam bentuk perdata apabila memang ditemukan unsur kesengajaan. Karena, atas kejadian tersebut menyebabkan lingkungan dan ekosistem sekitar perairan rusak.

“Kami akan lakukan penindakan hukum secara tegas, baik pidana maupun perdata untuk ganti rugi dan biaya pemulihan,” imbuhnya.

Sementara itu, terkait dengan sisa-sisa minyak yang tercecer di dua kawasan tersebut pemerintah sudah membentuk tim di lapangan untuk melakukan upaya pembersihan. Adapun tim tersebut berasal dari Pemerintah Pusat serta Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau.

“Tim sedang bekerja di lapangan, melakukan pembersihan-pembersihan berkaitan dengan tumpahan-tumpahan yang sudah ada. Saat ini juga sedang dilakuakn upaya penyelidikan untuk mengetahui diman sumber-sumbwe pencemaran tersebut,” pungkasnya.

2 dari 3 halaman

Sudah Tertangani dengan Baik

Di tempat yang sama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Kepulauan Riau, Samsul Bahrun menambahkan, sebetulnya selama ini masalah pencemaran minyak tersebut sudah tertangani dengan baik. Namun, tinggal upaya pencegahaanya saja yang belum dilakukan secara maksimal.

Dia menambahkan, kasus tumpahan minyak juga tersebut terjadi secara periodik. Biasanya terjadi pada bulan September hingga April. Kondisi ini juga diperburuk dengan musim angin utara yang membawa sampah buangan kapal ke perairan Batam.

“Tinggal pencegahannya supaya tidak terjadi lagi. Apalagi musim angin utara ini, tidak hanya sampah selat tapi sampah buangan kapal juga bisa masuk ke pantai kita,” katanya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Respons Jaksa Agung Soal Polemik Wiranto Vs Kivlan Zein

Liputan6.com, Jakarta – Jaksa Agung HM Prasetyo turut merespons polemik antara Menko Polhukam Wiranto dengan mantan Kepala Staf Kostrad Kivlan Zein terkait tudingan dalang kerusuhan 98. Menurut Prasetyo, polemik tersebut bukan domain Kejaksaan Agung.

“Itu di luar domain kita, itu masih polemik antara Pak Wiranto dan Pak Kivlan Zein. Kita tentunya akan lihat seperti apa nanti perkembangannya,” ujar Prasetyo di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Jumat (1/3/2019).

Prasetyo belum bisa menyimpulkan peristiwa 98 sebagai pelanggaran HAM berat. Apalagi penyelidikan yang dilakukan Komnas HAM terkait peristiwa tersebut belum mendapatkan bukti yang kuat untuk ditingkatkan ke penyidikan.

“Jadi kita tidak usah terpancing terkait masalah itu. Itu adalah ranah Pak Kivlan dan Pak Wiranto. Pak Wiranto sudah berikan penjelasan kan. Pak Wiranto bilangnya perlu buka-bukaan kan. Saya malah denger mau ada sumpah pocong, tapi Pak Kivlan nggak mau,” ucapnya.

Kendati begitu, Prasetyo menegaskan pihaknya tetap beritikad menuntaskan kasus kerusuhan 98. Namun kejaksaan juga tidak bisa memaksakan untuk membawa perkara tersebut ke meja hijau selama bukti yang diperoleh belum kuat.

“Temen-temen jaksa bilang hal itu belum penuhi unsur. Masa mau dipaksakan disidik atau dibawa ke pengadilan, gimana caranya kalau bukti-bukti tidak ada,” tuturnya.

2 dari 3 halaman

Hasil Penyelidikan Komnas HAM

Hasil penyelidikan sementara yang dilakukan Komnas HAM juga tidak ditemukan dugaan keterlibatan Wiranto atau Kivlan dalam peristiwa 98. “Tidak ada, justru itu makanya, secara eksplisit maupun implisit tidak ada dua nama itu (Wiranto dan Kivlan),” ujar Prasetyo.

Sebelumnya, Kivlan Zein menyebut Wiranto memiliki peran ganda pada peristiwa kerusuhan 98. Kala itu, Wiranto menjabat sebagai Panglima ABRI.

Tak terima dengan tudingan tersebut, Wiranto pun menantang Kivlan melakukan sumpah pocong untuk membuktikan omongannya. Wiranto membantah dirinya sebagai dalang kerusuhan 98.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cara Membuat Aplikasi Android, Sederhana dan Bisa Dibuat Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Pada era global saat ini peralatan komunikasi seperti gadget dan smartphone makin canggih.  Banyak aplikasi yang ditawarkan dari  Android Market, akan tetapi jika kita mengunduh dan menginstall harus membayar, walaupun ada beberapa yang gratis. 

Terkadang  kamu tidak puas dengan software bawaan yang dibangun oleh vendor, sehingga kamu terdorong untuk menambahkan aplikasi-aplikasi yang dapat dijalankan pada sistem operasi Android dengan mencari cara membuat aplikasi android yang sederhana. Untuk menambahkan sebuah aplikasi ke ponselmu yang berbasis Android, tentunya tidaklah semudah kalau aplikasi itu dibangun dengan menggunakan sebuah PC.

Nah, kali ini Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber cara membuat aplikasi android sederhana Jumat (1/3/2019).

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Aplikasi Android di Android Studio

Sebelum membahas cara membuat aplikasi android, kamu harus tahu apa saja yang harus diinstal jika ingin membuat aplikasi android di Android Studio. Beberapa yang harus kamu install adalah sebagai berikut:

1. Download JDK (Java Development Kit). Ini adalah salah satu software development environment yang berguna untuk mengembangkan aplikasi berbasis Java.

2. Install JDK dengan cara klik 2 kali intstallernya dan klik next

3. Download Andoid Studio

4. Install Android Studio

Buka Android Studio. Saat kamu membukanya akan muncul kotak dialog untuk konfigurasi awal Android Studio-mu. Klik do not import settings jika ini pertama kalinya kamu install android studio-Klik next

-Pilih tema Studio Android-mu

-Ceklis Android Virtual Device jika kamu ingin meng-install Emulator Android di PC mu. 

-Kamu akan diminta menentukan RAM yang akan dipakai oleh emulator

-Klik finish, maka Android Studio akan mendownload file-file yang dibutuhkan

5. Install Android SDK (Software Development Kit)

– Centang pada OS Android yang ingin kamu install SDK-nya di komputermu.

6. Selesai.

3 dari 4 halaman

Langkah membuat aplikasi android

Nah, itu tadi hal-hal yang akan kamu butuhkan untuk membuat aplikasi android di Android Studio. Untuk cara membuat aplikasi android, berikut penjelasannya.

1. Create new project

-Buka android studio dan pilih start a new android studio project

– Isikan nama aplikasinya dan pilih lokasi penyimpanan project android studionya.

– Pilih minimum OS Android yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasimu

-Pilih empty activity

– Beri nama activity yang akan dibuat lalu klik Finish

2. Tampilan Environment Android Studio

-Kamu cukup focus pada main activity dan activity_main.xml

3. Melihat Tampilan Android

-Buka file activity_main.xml

4. Jalankan aplikasi android

-Klik tombol play berwarna hijau

-Pilih dimana kamu akan menjalankan aplikasi androidnya

-Untuk yang punya smartphone android, pergi ke developer options di menu settings android-nya → Lalu aktifkan opsi USB Debugging → Tancapkan smartphone ke komputermu via kabel USB → Jika muncul peringatan di android mengenai perizinan USB Debugging, klik saja ALLOW → Install driver smartphone android di komputermu → (Kembali ke Android Studio) → Maka device android-mu akan muncul di dialog tadi di bagian Connected Devices. Klik device android-mu lalu klik OK, tunggu hingga proses compiling selesai dan aplikasi android-mu akan berjalan di smartphone-mu.

5. Selesai.

Android Studio sangat user-friendly. Dengan kesungguhan dan mau belajar kamu pasti bisa menguasainya dengan baik meskipun tidak mahir coding. 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Aplikasi Android Dengan AppsGeyser

Layanan AppsGeyser bisa kamu manfaatkan untuk membuat sebuah web app. Web app yaitu sebuah aplikasi yang memudahkan kamu untuk mengakses halaman web dari ikon aplikasi.

Caranya sebagai berikut;

1. Buka halaman websiter AppsGeyser kemudian klik tombol create now for free

2. Pilih  berbagai macam template aplikasi yang kamu inginkan, misal membuat webb app

3. Lalu masukkan halaman website yang kamu miliki lalu tekan Go untuk mengubah konten yang ada

4. Scroll ke bawah untuk memilih warna tema aplikasi dan klik Next untuk lanjutkan proses

5. Ketikkan nama aplikasi lalu tekan next

6. Masukkan deskripsi aplikasi yang sedang kamu buat, lalu next

7. Pilih ikon aplikasi yang tersedia atau kamu bisa buat sendiri dengan photoshop, lalu next

8. Lalu klik create untuk kamu membuat aplikasi sendiri. Kamu tinggal log in dengan cara sign in

9. Kamu juga bisa mempublish aplikasi yang kamu buat ke Google Play Store atau kamu bisa unduh secara langsung

10. Selesai.

Nah itu tadi penjelasan tentang cara – cara membuat aplikasi android sederhana yang bisa kamu ikuti dengan mudah yang bisa langsung kamu praktekkan. Kamu juga bisa temukan aplikasi yang dibuat oleh orang-orang lain di Google Play Store.

Dengan melihat aplikasi-aplikasi lain, kamu jadi bisa semakin belajar membuat aplikasimu sendiri.

Semoga dengan artikel diatas dapat menmbah pengetahuanmu tentang cara membuat aplikasi android-mu sendiri.