Deretan Makanan Pembakar Lemak untuk Turunkan Berat Badan (Bagian 1)

Liputan6.com, Jakarta – Menurunkan berat badan biasanya menjadi salah satu poin yang masuk dalam resolusi tahun baru banyak orang. Namun untuk mewujudkannya, ada ragam upaya yang harus dilakukan seperti olahraga dan juga diet ketat.

Mengatur pola dan porsi makan tentu tidak kalah penting dalam proses menurunkan berat badan. Di sisi lain, tahukah Anda ada makanan-makanan yang baik dalam membakar lemak.

Penasaran apa saja sederet makanan pembakar lemak tersebut? Simak ulasan selengkapnya seperti dilansir laman Now To Love, Selasa, (15/1/2019) berikut ini.

1. Cabai

Pasti banyak pertanyaan mengapa cabai menjadi salah satu makanan pembakar lemak yang baik. Sensasi panas yang dirasakan usai mengonsumsi makanan pedas semuanya tergantung pada capsaicin, yakni komponen cabai yang memiliki sifat meningkatkan metabolisme.

2. Teh Hijau

Teh hijau hampir tak mengandung kalori dan mengandung banyak catechin atau katekin, yang dapat membantu menurunkan berat badan. Maka dari itu, tidak heran teh hijau menjadi salah satu opsi untuk mendapatkan berat badan ideal.

3. Yoghurt

Sebuah penelitian di Amerika Serikat baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi yoghurt sebelum makan mungkin merupakan strategi yang layak untuk meningkatkan metabolisme pasca-makan.

4. Protein Whey

Whey sendiri merupakan cairan yang tertinggal selama prosses pengendapan pembuatan keju. Menambahkan sedikit protein whey pada smoothie dapat memengaruhi pelepasan hormon cholecystokinin yang mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang usai makan.

2 dari 2 halaman

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitu mengandung senyawa aromatik yang dapat memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Ini pula mencegah gula yang sering menyebabkan meningkatnya makan camilan.

6. Selai Kacang

Selai kacang relatif tinggi kalori, mentega kacang juga mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa selai kacang berperan dalam meningkatkan laju metabolisme Anda.

7. Ikan

Semua jenis ikan bagus untuk menurunkan berat badan. Sebut saja tuna dan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, yang dapat mematikan gen lemak perut.

8. Kunyit

Studi menunjukkan kunyit dapat membantu penurunan berat badan dengan menghalangi sel-sel lemak dari pembentukan dan pengembangan. Selain itu, kunyit bisa membuat sel-sel Anda lebih baik dalam metabolisme energi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

INACA Buka-bukaan Soal Kondisi Maskapai Penerbangan Sulit Sejak 2016

Liputan6.com, Jakarta Mahalnya harga tiket pesawat rute domestik di akhir tahun menuai protes masyarakat. Tarif tiket pesawat domestik dinilai mahal bahkan bila dibandingkan dengan tarif pesawat rute internasional.

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) mengatakan kondisi maskapai-maskapai di tanah air saat ini sedang tidak baik. Maskapai umumnya sedang diterpa masalah keuangan terutama sejak terjadinya pelemahan nilai tukar Rupiah.

Pria yang juga merupakan Direktur Utama Garuda Indonesia Airlines tersebut menyebutkan bisnis penerbangan memiliki beberapa variabel biaya pengeluaran yang sebagian besar dibayar dengan Dolar Amerika Serikat (AS).

Sementara masyarakat yang membeli tiket menggunakan mata uang Rupiah. Pengeluaran maskapai sangat bergantung dengan volatilitas pasar.

“Semua masyarakat juga tahu pembayaran kami dari komponen biaya variabel. Semua komponen biaya dalam USD. Sedangkan dari kursnya sendiri berfluktuasi, harga komoditinya juga,” kata Ari di Kawasan Kebon Sirih, Jakarta, Selasa (15/1/2019).

Dalam hal avtur BBM sendiri, ada peningkatan harga yang signifikan. Sementara BBM merupakan komponen terbesar untuk biaya operasi maskapai, yaitu sekitar 40-45 persen.

“Kami catat dari INACA dari April 2016 sampai Desember 2018 harga terendah dan tertinggi untuk avtur itu sebesar 171 persen, kursnya 17 persen dan average kita 8 persen. Jadi kita punya struktur cost yang kompetitif. Kalau kontribusi paling besar memang dari fuel. Kontribusinya 40-45 persen,” ujar dia.

Lalu ada komponen pembayaran leasing untuk sewa pesawat 20 persen. Perusahaan leasing ini lebih didominasi Eropa dan AS. Imbasnya, perbaikan atau maintenance dikuasai kedua perusahaan tersebut karena tipe pesawat di dominasi oleh Boeing dan Airbus.

“Jadi kami sangat tergantung pada fluktuasi dan license dari Airbus dan Boeing. 10 persennya biaya pegawai yang perlu makan. Dari Garuda sendiri 10 ribu karyawan, Citilink 2.000 , Sriwijaya 4.500. Jadi ini masyarakat yang perlu kami biayai dan masuk dalam komponen cost kita,” ungkapnya.

Dari semua komponen pengeluaran tersebut, Ari menyebutkan margin keuntungan yang didapat maksimal hanya 3 persen saja. Itupun jika tarif tiket pesawat yang diterapkan mendekati tarif batas atas.

“3 persen itu sudah paling bagus dengan harga selangit (tiketnya). Sementara kemarin ketika Nataru untuk maskapai full service kenaikannya tidak lebih dari batas atas. Sedangkan LCC hanya 60-70 persen dari batas atas,” ungkap dia.

Ari mengaku kaget saat tarif pesawat bisa menjadi isu nasional. “Kondisi saya ini enggak mengerti kenapa jadi isu nasional sehingga sebelum kami akan menurunkan harga tiket pun pada tanggal 14 Januari dari high season jadi low season itu sudah dijadikan isu nasional dan sebelum itu kami sudah menurunkan,” tegas dia.

Dia juga mengaku telah banyak dicecar pertanyaan tentang kapan tarif pesawat akan turun. Adapunemungkinan pengurangan tarif rata-rata yang bisa dilakukan oleh maskapai adalah 30 persen. Perhitungan ini sudah sesuai dengan batas terendah agar maskapai tidak rugi. “Itu batas kemampuan mereka. Itu batas yang mereka bisa kompensasikan supaya tidak rugi.”

Kondisi itu memaksa maskapai untuk berinovasi mencari sumber pendapatan lain agar tidak rugi. Sebab pendapatan dari penjualan tiket tidak mampu menutup pengeluaran. “Lion Air dari baggage, Garuda dari kargo. Dari harga tiket sendiri, kita sudah kelelep,” ujarnya.

Kondisi ini juga diperparah oleh keputusan pemerintah yang tidak menaikkan tarif batas atas pesawat sejak tahun 2016 dengan pertimbangan daya beli masayrakat. Padahal, moda tranportasi lain seperti bus dan kereta api tarifnya sudah naik berkali-kali.

“Kami mengerti pemerintah tidak bisa menaikkan dari 2016 karena melihat daya beli masyarakat, oleh karena itu kami tidak pernah demo untuk menaikkan harga,” ujarnya.

Selain itu, maskapai juga masih memiliki pengeluaran layanan infrastruktur seperti untuk pengelola bandara yaitu Angkasa Pura dan Airnav selaku pengatur lalu lintas udara.


Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Sebelumnya, kelesuan bisnis penerbangan di tanah air juga pernah diungkapkan oleh Direktur Utama Lion Air, Edward Sirait. Dia mengatakan tahun 2016 hingga sekarang merupakan masa-masa terberat untuk dunia penerbangan.

Dia mengklaim semua maskapai yang ada di dalam negeri mengalami kerugian serupa.”Berat, gak ada yang gak berat. Semuanya (maskapai rugi), gak ada airlines di Indonesia setau saya yang untung,” kata Edward.

Edward mengatakan, bisnis penerbangan mengalami kondisi keuangan yang berat sejak tahun 2016. Tidak heran jika ada maskapai yang sampai menutup perusahaannya.

“Rugi makin besar, bahagia hanya sampai Tahun 2015 saja, Tahun 2016 ya masih bisa senyum, 2018 gigit jari, intinya berat. Jadi jangan dikata ada perusahaan yang akhirnya angkat bendera putih (menyerah) itu nyata, itu bukan hanya bicara risk management ya itu pertempuran kan,” dia menandaskan.

Edward menjelaskan beberapa penyebab kerugian di antaranya adalah nilai tukar rupiah yang tidak stabil, lesunya daya beli penumpang dan harga bahan bakar pesawat yang naik.

“Kita punya nilai tukar lumayan tinggi kan, kemudian di akhir-akhir tahun ini harga fuel kan naik. Terus ada masa kemarin itu penumpangnya agak lesu kan, jadi berat. Walaupun secara total penumpang nasionalnya tetap bertumbuh, tetapi bagi airlines gak bisa naikin yield, makanya teriak semua,” kata dia.

Edward berharap harga minyak dunia tidak akan bergejolak agar tidak mempengaruhi stabilitas keuangan maskapai penerbangan. “Makanya nih mudah-mudahan kan minyak mentah naik nih, kalau avtur naik lagi ya makin berat,” keluhnya.

Kondisi tersebut, lanjutnya, juga terjadi di beberapa maskapai di negara lain. “Bisnis airlines secara global sama kok, Emirates juga sama, yang saya tahu ya, airlines-airlines the best untung gak segede tahun sebelumnya. Semua rugi, berat. Cuma masalah besaran (kerugian) berbeda-beda.”

Kendati demikian, Edward enggan mengungkapkan berapa total kerugian yang diderita perusahaannya. Selain itu, proses audit masih berlangsung sehingga total kerugian pastinya belum diketahui.

“Relatif ya, pokoknya rugi lah. Intinya rugi naik dibanding 2016. Kalau ditanya ruginya besar, ya besar, berapa nilai nominalnya tunggu hasil audit.

Edward saat ini tengah gencar melakukan penerbangan malam hari sebagai salah satu strategi menutup kerugian perusahaan. “Kami sudah lakukan peningkatan-peningkatan utilisasi dengan terbang malam ke China kemudian lakukan efisiensi, salah satu yang kami kejar itu kan dalam rangka untuk kurangi ketergantungan penggunaan valas yang notabene akan pengaruh ke operasional penerbangan kan.”

Pemerintahan Jokowi Disebut Marak Korupsi, PPP Minta Amien Rais Ngaca

Jakarta – Politikus senior PAN Amien Rais menyebut pemerintahan Presiden Joko Widodo setidaknya memiliki 3 ciri otoriter. PPP menyebut Amien hilang nalar dan hilang arah.

“Amien Rais sepertinya sudah kehilangan nalar logis, seorang guru besar ilmu politik dari sebuah kampus ternama yang mulai kehilangan arah,” kata Wasekjen PPP Achmad Baidowi kepada wartawan, Selasa (15/1/2019).

Amien mengatakan ciri otoriter yang pertama adalah Jokowi suka mengempiskan oposisi. Kedua, Jokowi menguasai media dan ketiga, pemerintahan Jokowi marak korupsi.


Pria yang akrab disapa Awiek itu mengaku heran dengan dasar pernyataan Amien soal pengempisan oposisi. Dia mencontohkan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dan Fahri Hamzah hingga Amien sendiri yang hingga saat ini bebas menyatakan pendapat.

Awiek lantas mengungkit kasus hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet. Ia tak bisa membayangkan jika kasus itu terjadi di era Orde Baru.

“Tudingan suka ngempesin oposisi itu apa alat ukurnya? Bukankah pentolan oposisi seperti Fadli Zon, Fahri Hamzah, bahkan Amien Rais sendiri tetap bisa bersuara lantang tanpa diganggu. Bahkan ikutan terlena dalam pusaran hoax Ratna Sarumpaet, toh tetap bisa bebas jalan-jalan. Coba itu dilakukan di era Orba,” ujarnya.

Soal penguasaan media, Awiek menilai Amien telah melecehkan media yang bersikap independen dan objektif. Ia mengingatkan Amien agar tak selalu menyalahkan orang lain.

“Ini pelecehan terhadap media yang pada dasarnya bersikap independen, objektif, dan berimbang. Kalau porsi pemberitaan Jokowi besar ya, wajar beliau presiden menjadi sumber berita,” kata Awiek.

“Jangan bandingkan dengan Amien yang sekarang bukan siapa-siapa. Makanya tidak setiap hari muncul di media. Zaman menjabat Ketua MPR saja tidak selalu dikutip media, apalagi tidak menjabat apapun. Jangan kelemahan pada diri sendiri ditimpakan kepada orang lain,” lanjutnya.

Terkait maraknya korupsi, Awiek meminta Amien bercermin. Ia menyingung soal kader PAN yang banyak ditangkap KPK. Awiek mencontohkan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan dan eks Gubernur Jambi Zumi Zola.

“Soal korupsi, sebaiknya ambil cermin yang besar lalu ngaca. Yang korupsi ternyata juga banyak kadernya Pak Amien yang ada di PAN. Sebut saja Taufik Kurniawan, Zumi Zola, Zainudin Hasan, Nur Alam. Bahkan berdasarkan rekam media, sekitar 19 kader PAN yang terkena kasus korupsi. Kalau begini gimana Pak Prof Amien Rais?” ujar Awiek.
(tsa/elz)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dave Grohl Ultah ke-50, Masih Banyak Wanita yang Ingin Jadi Istrinya

Liputan6.com, Jakarta – Tepat pada Senin (14/1/2019) waktu Amerika Serikat, vokalis Foo Fighters, Dave Grohl, tengah berulang tahun. Umurnya pun tak muda lagi, ia kini sudah memasuki usia paruh baya, tepatnya 50 tahun.

Dave Grohl sudah malang melintang di industri musik dunia selama 30 tahun. Kariernya bermula sejak ia bergabung sebagai penggebuk drum band Nirvana yang digawangi mendiang Kurt Cobain.

Maka, tak heran bila ia memiliki banyak penggemar setia. Di hari ulang tahunnya yang ke-50, para penggemar mengucapkan selamat kepadanya. Uniknya, ada beberapa penggemar wanita yang mengaku masih ingin jadi istri Dave Grohl.

Dave grohl turns 50 years old monday and i still want to marry him,” tulis pengguna akun Twitter @x__static, di hari ulang tahun Dave Grohl.

2 dari 3 halaman

Tak Percaya

Selain itu, banyak juga penggemar yang mengungkapkan ketidakpercayaannya bahwa idola mereka sudah memasuki usia paruh baya.

Can’t believe Dave Grohl is 50,one of the coolest people on this planet and will forever be a cool dude I bloody love him,” ujar seorang warganet.

I cannot believe my favourite musician turns a whopping 50 Monday! Rock and party on,” tulis yang lainnya.

3 dari 3 halaman

Foo Fighters

Sejak Kurt Cobain meninggal pada 1994, Dave Grohl langsung mendirikan band rock Foo Fighters. Namun, ia tak mengajak sang bassis Nirvana, Krist Novoselic.

Berbagai hits single telah ia telurkan bersama Foo Fighters. Sebut saja “All My Life” dan “Best of You”.

Sekitar empat tahun lalu Dave Grohl sempat mengalami patah kaki akibat jatuh dari atas panggung di Swedia. Alhasil, Foo Fighters pun membatalkan konser di Glastonbury yang digelar setelahnya.

HEADLINE: Dengan 6 Kemenangan Beruntun, Solskjaer Kembalikan Wajah Asli MU

Liputan6.com, Jakarta – Manchester United (MU) telah kembali! Enam kemenangan beruntun yang diraih Tim Setan Merah mengindikasikan klub yang bermarkas di Old Trafford ini bisa kembali jadi ancaman di Liga Inggris.

Terakhir, bersama caretaker manajer mereka, Ole Gunnar Solskjaer, MU sukses menghantam salah satu kandidat juara Liga Inggris musim ini, Tottenham Hotspur 1-0 di kandang lawan, Stadion Wembley, Minggu (13/1/2019). Gol semata wayang kemenangan MU dicetak penyerang muda Marcus Rashford.

Enam kemenangan beruntun ini juga mengantar Solskjaer, yang berasal dari Norwegia, sukses memecahkan rekor manajer legendaris MU, Sir Matt Busby, yang sempat bertahan 73 tahun.

“Inilah Manchester United yang sesungguhnya,” ujar kiper David de Gea yang juga tampil gemilang, melakukan 11 penyelamatan, usai laga. “Kami mengalahkan sebuah tim hebat.”

Kemenangan atas Tottenham memang seperti penahbisan bahwa MU benar-benar bangkit. Sebelumnya, lima kemenangan yang mereka raih — satu di Piala FA–memang tak terlalu diperhitungkan.

Sebab, lawan-lawan yang mereka kalahkan ketika itu tim-tim yang kekuatannya relatif di bawah MU. Sebut saja Cardiff City, Huddersfield, Bournemouth, Newcastle United, plus Reading di Piala FA.

Tapi, Tottenham, ini adalah klub Inggris yang terus menjulang prestasinya dalam dua-tiga musim terakhir. Bahkan, musim ini, mereka adalah salah satu kandidat kuat juara Liga Inggris, bersaing dengan Manchester City dan pemuncak klasemen, Liverpool.

Tak pelak, penampilan Rashford dan kawan-kawan pun menuai pujian dari mantan bintang MU yang kini pundit di stasiun televisi Sky Sports, Gary Neville.

“Manchester United sekarang seperti Manchester United lima atau 10 tahun lalu,” ujar Neville, bangga.

Sepuluh tahun lalu, adalah salah satu masa kejayaan MU saat masih dilatih Alex Ferguson. Ketika itu, di musim 2007/08, Setan Merah memenangkan tiga gelar sekaligus, Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.

Kini, perlahan tapi pasti, MU juga mulai jadi ancaman serius di papan klasemen Liga Inggris. Berada di posisi keenam, nilai mereka, 41, kini sama dengan Arsena di posisi kelima. Dengan Liverpool, yang ada di puncak klasemen, MU berselisih 16 poin.

Prestasi ini juga bertolak belakang dengan kiprah mereka sebelumnya, saat masih ditangani Jose Mourinho. MU tampil tak meyakinkan, dan sempat jadi bulan-bulannya suporternya sendiri.

Hingga akhirnya Solskjaer datang menggantikan Mourinho sebagai caretaker manajer per 19 Desember 2018. Solskjaer, 45 tahun, yang juga mantan penyerang MU, dikontrak hingga akhir musim.

2 dari 4 halaman

Kembalikan “Ruh” MU

Tak pelak, Solskjaer, yang selama di MU mencetak 126 gol dalam 366 laga pun dianggap mampu mengembalikan “ruh” MU. Tim yang sempat melempem, tak lagi greget, kini kembali menjadi kekuatan yang menakutkan.

Skema menyerang kembali dipraktikkan dengan taktis oleh Anthony Martial dan kawan-kawan. Lihat saja, dari total enam pertandingan itu, MU sukses melesakkan 17 gol. Dari kebobolan mereka juga minim, hanya empat gol.

“Manajer berhasil membawa kebahagiaan untuk kami. Pemain selalu tampil bagus dan tim saat ini sangat kuat,” De Gea memuji Solskjaer. “Kami kini tahu cara mengontrol pertandingan, membuat peluang, itu sangat baik bagi kami.”

Tak hanya jitu meracik strategi, Solksjaer juga dianggap mampu kembali menggali potensi bintang MU yang sempat melempem performanya di era Mourinho. Rashford dan Paul Pogba bisa jadi contohnya.

Bagi Rashford sendiri, golnya ke gawang Tottenham adalah gol ketiganya dalam tiga pertandingan terakhir bersama MU. Sedangkan Pogba, belakangan, benderang lagi sinarnya di lapangan.

3 dari 4 halaman

Pogba Bersinar Lagi

Di bawah asuhan Solksjaer, Pogba memang kembali mampu mempertontonkan kemampuan terbaiknya. Tidak hanya jadi jenderal lapangan tengah, sebagai pengatur serangan tim, Pogba juga bisa jadi eksekutor andalan.

Di bawah asuhan Solskjaer, andalan timnas Prancis berusia 25 tahun ini sudah mencetak empat gol. Dia juga telah membuat empat assist, termasuk untuk gol Rashford ke gawang Tottenham.

Tak heran, selain prestasi MU yang menjulang, kembali gemilangnya kiprah Pogba juga disebut-sebut sebagai sukses besar Solskjaer. Sebab, performa pemain berusia 25 tahun ini sempat melempem di era Mourinho.

Bahkan, Pogba yang diboyong MU dari Juventus seharga 89,3 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,6 triliun sempat terlempar dari skuat inti Tim Setan Merah.

4 dari 4 halaman

Bakal Permanen?

Tak pelak, kini spekulasi pun bermunculan bahwa manajemen MU bakal mempermanen kontrak Solksjaer, bukan lagi sebagai caretaker. Padahal, sebelumnya, kencang beredar rumor, bahwa MU akan mengontrak manajer Tottenham, Mauricio Pochettino, mulai musim depan.

Menariknya, Solksjaer sendiri mengaku tidak pernah membebani pikirannya dengan ambisi menjadi pelatih permanen MU. “Setiap hari, saya hanya menjalankan tugas sampai kontrak saya berakhir Juni nanti,” kata Solskjaer, yang masih terikat kontrak dengan klub asal kampung halamannya, Moldne.

Solskjaer menambahkan, “Saya akan berlibur di sana (ketika kontrak berakhir), tapi tidak…saya tidak memikirkan itu sama sekali.”

HEADLINE: Raih 6 Kemenangan Beruntun, Solskjaer Kembalikan Wajah Asli MU

Liputan6.com, Jakarta – Manchester United (MU) telah kembali! Enam kemenangan beruntun yang diraih Tim Setan Merah mengindikasikan klub yang bermarkas di Old Trafford ini bisa kembali jadi ancaman di Liga Inggris.

Terakhir, bersama caretaker manajer mereka, Ole Gunnar Solskjaer, MU sukses menghantam salah satu kandidat juara Liga Inggris musim ini, Tottenham Hotspur 1-0 di kandang lawan, Stadion Wembley, Minggu (13/1/2019). Gol semata wayang kemenangan MU dicetak penyerang muda Marcus Rashford.

Enam kemenangan beruntun ini juga mengantar Solskjaer, yang berasal dari Norwegia, sukses memecahkan rekor manajer legendaris MU, Sir Matt Busby, yang sempat bertahan 73 tahun.

“Inilah Manchester United yang sesungguhnya,” ujar kiper David de Gea yang juga tampil gemilang, melakukan 11 penyelamatan, usai laga. “Kami mengalahkan sebuah tim hebat.”

Kemenangan atas Tottenham memang seperti penahbisan bahwa MU benar-benar bangkit. Sebelumnya, lima kemenangan yang mereka raih — satu di Piala FA–memang tak terlalu diperhitungkan.

Sebab, lawan-lawan yang mereka kalahkan ketika itu tim-tim yang kekuatannya relatif di bawah MU. Sebut saja Cardiff City, Huddersfield, Bournemouth, Newcastle United, plus Reading di Piala FA.

Tapi, Tottenham, ini adalah klub Inggris yang terus menjulang prestasinya dalam dua-tiga musim terakhir. Bahkan, musim ini, mereka adalah salah satu kandidat kuat juara Liga Inggris, bersaing dengan Manchester City dan pemuncak klasemen, Liverpool.

Tak pelak, penampilan Rashford dan kawan-kawan pun menuai pujian dari mantan bintang MU yang kini pundit di stasiun televisi Sky Sports, Gary Neville.

“Manchester United sekarang seperti Manchester United lima atau 10 tahun lalu,” ujar Neville, bangga.

Sepuluh tahun lalu, adalah salah satu masa kejayaan MU saat masih dilatih Alex Ferguson. Ketika itu, di musim 2007/08, Setan Merah memenangkan tiga gelar sekaligus, Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.

Kini, perlahan tapi pasti, MU juga mulai jadi ancaman serius di papan klasemen Liga Inggris. Berada di posisi keenam, nilai mereka, 41, kini sama dengan Arsena di posisi kelima. Dengan Liverpool, yang ada di puncak klasemen, MU berselisih 16 poin.

Prestasi ini juga bertolak belakang dengan kiprah mereka sebelumnya, saat masih ditangani Jose Mourinho. MU tampil tak meyakinkan, dan sempat jadi bulan-bulannya suporternya sendiri.

Hingga akhirnya Solskjaer datang menggantikan Mourinho sebagai caretaker manajer per 19 Desember 2018. Solskjaer, 45 tahun, yang juga mantan penyerang MU, dikontrak hingga akhir musim.

2 dari 4 halaman

Kembalikan

Tak pelak, Solskjaer, yang selama di MU mencetak 126 gol dalam 366 laga pun dianggap mampu mengembalikan “ruh” MU. Tim yang sempat melempem, tak lagi greget, kini kembali menjadi kekuatan yang menakutkan.

Skema menyerang kembali dipraktikkan dengan taktis oleh Anthony Martial dan kawan-kawan. Lihat saja, dari total enam pertandingan itu, MU sukses melesakkan 17 gol. Dari kebobolan mereka juga minim, hanya empat gol.

“Manajer berhasil membawa kebahagiaan untuk kami. Pemain selalu tampil bagus dan tim saat ini sangat kuat,” De Gea memuji Solskjaer. “Kami kini tahu cara mengontrol pertandingan, membuat peluang, itu sangat baik bagi kami.”

Tak hanya jitu meracik strategi, Solksjaer juga dianggap mampu kembali menggali potensi bintang MU yang sempat melempem performanya di era Mourinho. Rashford dan Paul Pogba bisa jadi contohnya.

Bagi Rashford sendiri, golnya ke gawang Tottenham adalah gol ketiganya dalam tiga pertandingan terakhir bersama MU. Sedangkan Pogba, belakangan, benderang lagi sinarnya di lapangan.

3 dari 4 halaman

Pogba Bersinar Lagi

Di bawah asuhan Solksjaer, Pogba memang kembali mampu mempertontonkan kemampuan terbaiknya. Tidak hanya jadi jenderal lapangan tengah, sebagai pengatur serangan tim, Pogba juga bisa jadi eksekutor andalan.

Di bawah asuhan Solskjaer, andalan timnas Prancis berusia 25 tahun ini sudah mencetak empat gol. Dia juga telah membuat empat assist, termasuk untuk gol Rashford ke gawang Tottenham.

Tak heran, selain prestasi MU yang menjulang, kembali gemilangnya kiprah Pogba juga disebut-sebut sebagai sukses besar Solskjaer. Sebab, performa pemain berusia 25 tahun ini sempat melempem di era Mourinho.

Bahkan, Pogba yang diboyong MU dari Juventus seharga 89,3 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,6 triliun sempat terlempar dari skuat inti Tim Setan Merah.

4 dari 4 halaman

Bakal Permanen?

Tak pelak, kini spekulasi pun bermunculan bahwa manajemen MU bakal mempermanen kontrak Solksjaer, bukan lagi sebagai caretaker. Padahal, sebelumnya, kencang beredar rumor, bahwa MU akan mengontrak manajer Tottenham, Mauricio Pochettino, mulai musim depan.

Menariknya, Solksjaer sendiri mengaku tidak pernah membebani pikirannya dengan ambisi menjadi pelatih permanen MU. “Setiap hari, saya hanya menjalankan tugas sampai kontrak saya berakhir Juni nanti,” kata Solskjaer, yang masih terikat kontrak dengan klub asal kampung halamannya, Moldne.

Solskjaer menambahkan, “Saya akan berlibur di sana (ketika kontrak berakhir), tapi tidak…saya tidak memikirkan itu sama sekali.”

Ayah, Naik Motor Itu Miskin?

Jakarta – Seorang anak ibarat sebuah kertas kosong, mereka akan belajar dan menyerap apa saja dari lingkungannya. Peran orang tua menjadi penting untuk menguraikannya secara jelas, agar sang anak memiliki bekal di perjalanan hidupnya.

Hafizul Hakim, seorang ayah yang berasal dari Malaysia membagikan pengalamannya di jejaring Facebook dan seperti dikutip dari World of Buzz. “Ayah, apakah kita miskin?” ujar Altamis, putra dari Hafizul Hakim.

“Teman-teman saya mengatakan jika kita mengendarai sepeda motor, kita miskin,” kata sang anak sambil menunjuk kepada sepeda motor matik kesayangan milik ayahnya yang sudah bersama selama 9 tahun.

Hafizul sempat heran dengan pertanyaan anaknya tersebut, kemudian bertanya kepada putranya apakah dia tahu arti sebenarnya dari menjadi miskin, karena Hafizul ingin tahu seberapa banyak yang diketahui si anak tentang kata tersebut.

“Erm. Mereka tidak punya cukup makanan untuk dimakan, mereka tidur di bawah jembatan, mereka tidak mandi dan mereka mengenakan pakaian yang sobek,” jawab putranya.

Setelah mendengarkan jawaban putranya, Hafizul membenarkan jawaban sang anak sembari menjelaskan bawa mengendarai sepeda motor itu tidak berarti seseorang itu miskin.

“Memiliki motor bukan berarti miskin, terkadang orang yang punya mobil pun pusing karena cicilannya yang belum dibayar. Kalau motor ayah kan sudah lunas sejak lama,” ujar Hafizul.

“Aku belum kaya dan aku masih bekerja keras untuk membayar rumah, untuk membeli popok adik dan makanan,” kata Hafizul sembari memasangkan helm corak bumblebee di kepala sang anak.

Si anak pun mengangguk setelah akhirnya mengerti arti dari kata miskin. Kemungkinan besar Altamis hanya bingung dan perlu penjelasan setelah mendapat perkataan tersebut dari teman-temannya.

Hafizul menambahkan sebenarnya jawaban ini keluar dari perkataan ayahnya di tahun 90-an yang situasinya sama. Kala itu Hafizul ditertawakan teman-temannya karena diantarkan ayahnya menggunakan motor jadul Honda Fame. (riar/ddn)

China Mengklaim Sebagai Negara Paling Aman di Dunia, Seberapa Aman?

Beijing – Direktur Ketertiban Umum Cina, LiJingsheng, mengklaim negaranya merupakan salah satu negara paling aman di dunia.

Li menyebut angka kasus kriminal bersenjata di Cina turun hingga 27,6% pada 2018.

Kantor berita pemerintah Cina menampilkan cuplikan video Li saat mengumumkan angka tersebut, yang kini telah disaksikan lebih dari satu juta kali.

Pertanyaannya, bagaimana tingkat keamanan di Cina jika dibandingkan dengan negara lain? Dapatkan kita mempercayai statistik yang dipaparkan Li?

Kasus kriminal bersenjata di Cina

Pemerintah Cina mengklaim, sejak 2012 sampai 2017 angka kasus kriminal bersenjata turun drastis dari 331 kasus menjadi 58 perkara, alias 81,3%.

Pakar kriminologi di Universitas Makau, Xu Jianhua, menyebut angka itu mencakup seluruh kejahatan yang melibatkan penggunaan senjata api.

“Terkait kekerasan bersenjata, Cina bisa disebut sebagai negara dengan angka terendah karena pemerintah setempat memberlakukan pembatasan yang ketat.”

“Tapi bukan berarti jenis kejahatan lainnya juga rendah di Cina,” kata Xu.

Statistik ini dipandang dengan sejumlah perhatian khusus oleh banyak pakar. Borge Bakken yang mendalami kriminalitas Cina di Universitas Nasional Australia, berusaha kritis.

“Ada sejumlah kebohongan, kepalsuan yang membuat frustrasi, dan statistik kriminalitas Cina. Ini propaganda dan pemalsuan data ini bergulir dari setiap kantor kepolisian ke pejabat tinggi pemerintahan,” ujarnya.

Cina
Kota-kota di Cina dianggap aman dari kejahatan. Namun setiap warga di negara itu diawasi secara ketat oleh pemerintah. (Getty Images)

Ada beberapa alasan di balik rendahnya angka kasus kriminal bersenjata di Cina, meskipun data itu sendiri tidak dapat diandalkan.

Memiliki senjata merupakan perbuatan ilegal bagi setiap warga sipil Cina. Pemerintah lokal pun secara agresif menyita senjata-senjata api yang ada.

Merujuk statistik pemerintah Cina, polisi merampas 146 ribu pucuk senjata api pada 2018.

Statistik dari belahan dunia lain

Data kasus kriminal bersenjata di Eropa dan Amerika Serikat lebih dapat diakses dibandingkan Cina.

Pada 2017 di AS, merujuk data Biro Investigasi Federal (FBI) tercatat 314.931 kasus pembunuhan, perampokan, dan serangan menggunakan senjata api.

Dalam tahun yang sama, di Inggris dan Jerman, ditambah kasus ancaman bersenjata, terdapat 6.375 dan 8.935 kasus yang dicatat kepolisian.

Angka ini tidak dapat begitu saja dibandingkan secara langsung dengan statistik Cina. Namun secara mudah, media massa Cina dapat memahami berbagai kisah kejahatan dan menunjuk bahaya yang ada di AS.

Pengumpulan dan pelaporan data kasus kriminal merupakan hal yang kontroversial di banyak negara.

Variasi data bergantung pada kemauan publik melaporkan kejahatan yang terjadi dan perubahan definisi soal perbuatan kriminal itu.

Cina
Seorang personel kepolisian Cina berjaga di Lapangan Tiananmen. (Getty Images)

Meliput kejahatan di Cina

Analisa oleh Celia Hatton, editor BBC untuk kawasan Asia Pasifik

Hampir setiap hari, beragam tabloid yang dikelola pemerintah Cina menampilkan penusukan, penembakan, dan serangan seksual yang terjadi di negara Barat.

Media massa itu memiliki obsesi khusus terhadap kejahatan bersenjata yang terjadi di AS.

Pesan yang hendak disampaikan melalui pemberitaan itu adalah betapa tidak amannya hidup di negara Barat. Juli 2018, Kedutaan Besar Cina di Washington memperingatkan warga negara mereka untuk menghindari berpergian keluar malam di AS.

Pemerintah Cina ingin melindungi warganya. Namun mereka juga hendak mengambil keuntungan tertentu bagi kebijakan keamanan domestik.

Kebijakan itu ditujukan melindungi masyarakat dan di sisi lain untuk mempertahankan kontrol Partai Komunis Cina.

Angka kejahatan bersenjata yang rendah itu juga dapat menjadi alasan pembenaran pemerintah Cina atas jejaring pengawasan mereka.

Cina
Koran Global Times, salah satu surat kabar lokal Cina. (AFP)

Tahun 2015, otoritas Beijing mengumumkan, kamera pengawas kepolisian akan dipasang di setiap sudut kota. Targetnya pada 2020, kata media massa lokal, pemerintah Cina akan menyelesaikan jaringan pengawasan berbasis teknologi pengenal wajah.

Media massa milik pemerintah secara reguler menyebut ‘Mata Tajam’ jaringan pengawas yang dapat menghentikan kejahatan.

Juni lalu, media massa lokal ramai memberitakan perselisihan tentang uang yang melibatkan dua warga desa Jiantai di barat daya Provinsi Sichuan.

“Saat seorang pemuda hendak menyerang dengan pisau tajam, polisi segara datang untuk menghentikan perbuatan yang dapat memicu banjir darah,” demikian pemberitaan yang muncul.

Tak heran di media sosial sejumlah penduduk Cina saling mendorong untuk menghabiskan liburan di dalam negeri, wilayah yang dianggap aman.

Cina
Guangzhou, salah satu kota besar Cina. (Getty Images)

Tekanan politik

Di Cina, para pakar menyebut sejumlah pejabat berbagai level berbeda didorong untuk mengubah tingkat kriminalitas yang ada.

Laporan kriminal dari kepolisian bermula di tingkat kota, lalu naik ke level provinsi sebelum dikirim ke pemerintah pusat.

“Statistik kejahatan sangat penting bagi setiap polisi dan pejabat lokal. Beberapa pemerintahan di tingkat lokal memanipulasi data,” kata Xu Jianhua.

Xu berkata, kinerja yang baik untuk menekan angka kejahatan dapat diganjar kenaikan gaji dan promosi bagi pejabat pemerintah itu.

Cina
Pemerintah Cina menargetkan seluruh kota di negara mereka terpantau lewat kamera pengawas. (AFP)

Statistik kejahatan di lingkup nasional dikumpulkan dari laporan kepolisian lokal dan kasus tertentu yang hanya dilaporkan jika dianggap genting.

Sementara itu, Xu menyebut penelitiannya menemukan perbedaan antara jumlah telepon ke pusat kedaruratan dan angka kejahatan yang tercatat.

“Jika Anda bandingkan kasus yang dilaporkan ke pusat kedaruratan, Anda akan melihat bahwa 90% di antaranya tidak dicatat, meski tidak semua telepon memang dapat dianggap sebagai laporan kejahatan.”

Laporan kejahatan pemerintah Cina mungkin dapat dipertanyakan, namun ada persepsi bahwa kota-kota di negara itu relatif aman dari pelaku kriminal.

(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tim Gabungan Novel Dinilai Politis, Kompolnas: Asumsi Subjektif

Jakarta – Sejumlah pihak termasuk tim advokasi Novel Baswedan dan Partai Gerindra menuding pembentukan tim gabungan penyidik kasus Novel Baswedan bernilai politis. Kompolnas membela Polri karena pembentukan tim itu merupakan respons dari rekomendasi Komnas HAM pada akhir Desember 2018 lalu dan tak ada hubungannya dengan debat Pilpres 2019.

“Terkait dengan statement Tim Advokasi yang menduga tim gabungan dibentuk untuk kepentingan debat capres Jokowi, saya tegaskan bahwa statement ini hanya asumsi subyektif yang sama sekali tidak berdasar, terlalu jauh, dan tidak benar sama sekali. Tim seharusnya melihat secara obyektif bahwa Polri melaksanakan rekomendasi Komnas HAM yang diberikan pada akhir Desember lalu. Sama sekali tidak ada kaitan dengan debat capres,” ujar Komisioner Kompolnas Poengky Indarti, saat dihubungi, Senin (14/1/2019).

“Perlu dilihat juga bahwa ini adalah murni pidana, bukan masalah politik. Jadi aneh jika tim advokasi yang seharusnya mendukung dan bekerja sama dengan Polri untuk sama-sama mengungkap siapa para pelaku kasus penyiraman air keras kepada Saudara Novel Baswedan, tetapi malah menduga yang tidak berdasar,” sambungnya.
Komnas HAM Minta Presiden Pastikan Polri Bentuk TGPF Kasus Novel

Poengky menyebut Kompolnas juga sudah mengawasi proses penyelidikan yang dilakukan Polri terhadap penyidik senior KPK itu. Ia menilai polisi sudah bekerja serius tetapi ada hambatan dalam penyelesaian kasus sehingga pelaku belum terungkap.

Selain itu Poengky juga merespons mengenai pernyataan pengacara Novel Baswedan yang mengatakan tim gabungan ini sama saja dengan tim sebelumnya karena hanya sedikit orang baru dan didominasi kepolisian yang selama ini memang telah menangani kasus Novel. Menurut Poengky karena kasus tersebut pidana maka diperlukan anggota kepolisian untuk menindaklanjuti hal itu.

“Terkait dengan statement Tim Advokasi Novel Baswedan yang menyatakan bahwa tidak ada yang baru dalam pembentukan tim, hanya ada sisipan nama-nama. Statement tersebut tidak benar. Harus kita lihat bahwa dalam rekomendasi Komnas HAM kan merekomendasikan kepada Polri untuk membentuk TGPF yang anggota-anggotanya terdiri dari Polri, KPK, tim pakar, tokoh masyarakat dan lain-lain yang dibutuhkan,” kata dia.

“Nah, tim TGPF yang dibentuk Polri kan sudah memenuhi unsur-unsur yang direkomendasikan Komnas HAM. Ada tim dari Mabes Polri, ada tim pakar dan juga tokoh masyarakat, ada dari KPK, ada dari satker yang diperlukan misalnya Forensik, Inafis dan Densus 88, dan ada dari Polda Metro Jaya. Jadi tidak benar jika disebut orang-orang lama,” ujarnya.

Ia berharap agar semua pihak mendukung dan membantu kerja tim gabungan tersebut supaya pelaku penyerangan penyidik KPK Novel cepat terungkap. Ia optimis jika semua pihak mendukung, pelaku dapat tertangkap.

Sebelumnya, Tim Advokasi penyidik KPK Novel Baswedan heran mengapa Polri seolah membentuk tim gabungan jelang debat Pipres. Tim advokasi khawatir pembentukan tim gabungan ini hanya untuk menyediakan jawaban bagi Presiden sekaligus capres petahana Joko Widodo (Jokowi) dalam debat nanti.

“Aneh, kok seolah bekerja pas mau Debat. Saya khawatir dibentuk tim ini, hanya untuk menyediakan jawaban buat Jokowi saat debat,” kata salah satu anggota tim advokasi Novel, Haris Azhar, Jumat (11/1).

Dia menilai tim ini tak cukup untuk mengungkap kasus Novel. Haris menyebut tim gabungan ini sama saja dengan tim sebelumnya yang didominasi kepolisian yang selama ini memang telah menangani kasus Novel.
(yld/jbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Deretan Gagasan HAM Jokowi Vs Prabowo saat Pilpres 2014 dan 2019

Liputan6.com, Jakarta – Debat perdana capres cawapres 2019 yang mempertemukan kembali Joko Widodo atau Jokowi dengan Prabowo Subianto akan berlangsung pada 17 Januari. Lima tahun lalu, pada Pilpres 2014 keduanya juga bertemu di panggung yang sama.

Salah satu tema yang akan jadi bahan perdebatan adalah soal Hak Asasi Manusia (HAM). Sebelum debat dimulai, masing-masing tim sukses sudah saling adu argumen dan menyerang lawannya terkait isu HAM.

Untuk menyegarkan ingatan sebelum menentukan pilihan, berikut ini rangkuman gagasan keduanya soal isu HAM yang dibawa saat Pilpres 2014, dan gagasan yang diusung masing-masing pada 2019:

Gagasan HAM Jokowi di Pilpres 2014:

Saat Pilpres 2014, pasangan calon presiden Jokowi dan calon wakil presiden Jusuf Kalla menawarkan program pemuatan materi tentang Hak Asasi Manusia (HAM) pada kurikulum pendidikan umum. Pasangan ini juga berjanji menyelesaikan masalah HAM masa lalu dan merevisi Undang-Undang Peradilan Militer. Hal itu tertuang dalam visi misi Jokowi- JK yang dimuat dalam dokumen pendaftaran pasangan capres dan cawapres yang diunggah Komisi Pemilihan Umum ke situs web www.kpu.go.id.

Dalam visi misi sebanyak 41 halaman itu, Jokowi-JK menyatakan perlu memasukkan muatan HAM dalam kurikulum pendidikan umum di sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, serta di dalam kurikulum pendidikan aparat negara seperti TNIdan Polri. Untuk penanganan kasus HAM masa lalu, salah satu poin dari 42 prioritas utama kebijakan penegakan hukum, pasangan ini berkomitmen akan menyelesaikan kasus kerusuhan Mei, Trisakti, Semanggi 1 dan 2, Penghilangan Paksa, Talang Sari-Lampung, Tanjung Priok, dan Tragedi 1965. Kasus HAM masa lalu masih menjadi beban politik bagi bangsa Indonesia.

Program lain yang tertuang dalam poin ini yakni merevisi UU Peradilan Militer yang pada masa lalu dinilai sebagai salah satu sumber pelanggaran HAM. Ini menjadi salah satu upaya untuk menghapus semua bentuk impunitas dalam sistem hukum nasional. Di samping itu, tercatat juga komitmen pasangan ini untuk menghapus regulasi yang berpotensi melanggar HAM kelompok rentan, termasuk perempuan, anak, masyarakat adat, dan penyandang disabilitas.

Selain itu, memberikan jaminan perlindungan dan hak kebebasan beragama dan berkeyakinan serta melakukan langkah hukum terhadap pelaku kekerasan yang mengatasnamakan agama. Prioritas penanganan kasus kekerasan seksual perempuan dan anak juga tercatat dalam poin ini. Di sisi kerja sama luar negeri, pasangan ini menyatakan akan memperjuangkan penghormatan terhadap HAM di lingkungan negara ASEAN untuk diimplementasikan sesuai kesepakatan yang sudah ditandatangani dalam ASEAN charter.

Gagasan HAM Prabowo di Pilpres 2014:

Pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan Calon Wakil Presidennya saat itu, Hatta Rajasa tidak banyak bicara gagasan soal isu HAM dalam dokumen visi misi dan program mereka di Pilpres 2014.

Isu HAM hanya selintas disebut dalam visi misi Prabowo dan Hatta Rajasa. Pasangan ini berkomitmen melindungi rakyat dari berbagai bentuk diskriminasi, gangguan dan ancaman, serta menjunjung tinggi hak asasi manusia, sesuai dengan sila-sila Pancasila dan UUD 45. Demikian ditulis dalam visi dan misi pasangan Prabowo-Hatta yang diserahkan ke KPU.

2 dari 4 halaman

Gagasan HAM Jokowi di Pilpres 2019:

Ada beberapa poin perubahan terkait penegakan HAM yang digagas Jokowi di Pilpres 2019 dibanding lima tahun lalu. Dalam dokumen visi misi dan program, pasangan capres Jokowi dan cawapres Ma’ruf Amin memaparkan misi mereka terkait penegakan HAM dan penuntasan kasus pelanggaran HAM berat masa lalu. Semua dibalut dalam penegakan sistem hukum.

  1. Penegakan Sistem Hukum yang Bebas Korupsi, Bermartabat, dan Tepercaya Sebagai negara hukum, penyelenggaraan kekuasaan pemerintahan harus berdasarkan atas hukum serta Negara harus hadir memberikan penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak warga negara dan HAM, termasuk rasa aman kepada seluruh warga negara.
  2. Penghormatan, Perlindungan, dan Pemenuhan HAM Sesuai dengan Konstitusi Negara kita, Negara wajib untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi Hak Asasi Manusia.
  3. Meningkatkan budaya dan kebijakan yang berperspektif HAM (berwawasan HAM), termasuk memuat materi HAM dalam kurikulum pendidikan.
  4. Melanjutkan penyelesaian yang berkeadilan terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM berat di masa lalu.
  5. Memberikan jaminan perlindungan dan hak kebebasan beragama dan berkeyakinan serta melakukan langkah-langkah hukum yang tegas terhadap pelaku kekerasan yang mengatasnamakan agama.
  6. Melindungi dan memajukan hak-hak masyarakat adat, mulai dari legal aspek, pemberdayaan ekonomi, perlindungan hukum, hingga pada pemanfaatan sumber daya alam yang lestari.
  7. Memberikan perlindungan bagi kaum difabel, termasuk memperluas akses lingkungan sosial dan pendidikan yang inklusif serta penyediaan fasilitas yang ramah pada difabel di fasilitas umum dan transportasi umum.
  8. Melindungi hak-hak masyarakat di bidang pertanahan.
  9. Meningkatkan perlindungan terhadap perempuan, anakanak, dan kelompok rentan lainnya dari tindak kekerasan.
  10. Memperluas cakupan kampung/desa layak anak untuk memastikan pendidikan anak usia dini dimulai dari lingkungan yang ramah.
  11. Meningkatkan kinerja dan kerja sama efektif dan produktif berbagai institusi dalam rangka perlindungan dan penegakan HAM.

Direktur Konten tim debat Jokowi-Ma’ruf Amin yang terlibat sejak awal dalam penyusunan visi misi serta program kerja, berbagi cerita. Di periode pertama kepemimpinannya, Jokowi dianggap sudah menunjukkan komitmennya dalam penegakan hak asasi bagi rakyat.

“Hak paling dasar, hak pelayanan, hak dasar warga negara, sangat diperhatikan 4 tahun ini. Dari mulai basic, infrastruktur merata dari Sabang sampai Merauke, BBMsatu harga, bahan baku, hak tanah. Dari sisi itu sudah terang benderang. Faktanya bisa dilihat dan dirasakan. Ini bicara pencapaian umum,” jelas Fiki saat berbincang dengan merdeka.com.

Dia justru mempertanyakan komitmen penegakan HAM dari pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Sebab, dalam dokumen visi misi serta program yang diserahkan ke KPU, tidak ada satupun yang menyinggung soal HAM. Dia justru heran ketika tiba-tiba isu HAM masuk dalam dokumen visi misi dan program yang direvisi beberapa hari jelang debat dimulai.

“Di dokumen yang baru ada (HAM). Tapi ini belakangan. Saya tahu persis karena saya ngurus visi misi, dan lain-lain. Kita juga sulit menemukan kata tepat untuk menggambarkan respons, aneh juga sudah berjalan 4 bulan tiba-tiba mau debat, saat panelis berproses, baru diubah. Padahal di dokumen pertama tidak ada,” jelasnya.

3 dari 4 halaman

Gagasan HAM Prabowo di Pilpres 2019:

Dalam dokumen visi misi dan program yang diserahkan ke KPU, pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno tidak menyinggung soal isu HAM. Namun dalam dokumen yang sudah direvisi, disebutkan beberapa program terkait isu HAM yang akan dijalankan. Hanya saja, tidak ada satu pun program maupun misi Prabowo-Sandiaga terkait penuntasan kasus HAM masa lalu.

  1. Melindungi Hak Asasi manusia seluruh Warga Negara dan menghapus praktik diskriminasi sesuai dengan tata aturan yang berlaku.
  2. Menjamin kemerdekaan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat di muka umum.
  3. Menghentikan ancaman persekusi terhadap tiap individu, organisasi dan kelompok masyarakat terlepas dari latar belakangnya.
  4. Mengembalikan dan menjamin kebebasan pers yang bertanggungjawab dan berintegritas dalam mengkomunikasikan kepentingan masyarakat demi mewujudkan kehidupan demokrasi yang sehat.
  5. Menegakkan supremasi hukum tanpa diskriminasi, adil, dan transparan serta mencegah pemanfaatan hukum sebagai alat politik kekuasaan.
  6. Menegakkan kembali kebebasan mimbar akademik sebagai sarana, tidak hanya pengembangan budaya ilmiah tetapi juga perwujudan proses demokrasi yang taat asas.
  7. Menjamin kebebasan para seniman serta pelaku budaya untuk berkarya menyampaikan pendapat dan berkreasi di muka umum.

Juru Bicara Advokasi dan Hukum Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Nasir Djamil menceritakan, jelang debat capres dan cawapres, timnya intensif bertemu dan berdiskusi. Menggodok materi yang akan disampaikan jagoan mereka Prabowo-Sandiaga di panggung debat perdana.

Materi masukan debat tersebut adalah hasil pemikiran kolaborasi antara timses Prabowo-Sandi dan para akademisi. Pembisik lainnya untuk persiapan debat perdana ini adalah mantan Komisioner HAM, praktisi hukum, hingga anggota DPR komisi hukum. Nasir jadi salah satu pembisik dan penyumbang materi untuk debat capres.

“Sudah dua malam direktorat tim advokasi hukum ini memberikan masukan masukkan terkait soal HAM dan sebagainya,” kata Nasir saat dihubungi merdeka.com.


Reporter: Wisnoe Moerti, Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: