Hati-hati! Kebiasaan Ngopi Saat Sarapan Juga Bisa Picu Kegemukan

Jakarta – Kopi sering dijadikan sebagai menu sarapan. Banyak orang tidak bisa lepas dari kopi di pagi hari, tapi ternyata kebiasaan ngopi bisa picu kegemukan.

Banyak orang yang merasa belum ‘melek’, jika tidak meminum kopi di pagi hari. Meski kopi memiliki beberapa manfaat untuk tubuh, tapi bahan tambahan yang Anda masukan ke dalam kopi justru membuat kopi tidak sehat. Parahnya lagi hal ini membuat tubuh jadi gemuk.

Dilansir Body and Soul (05/12), berikut beberapa hal yang membuat kopi jadi tidak sehat.

Baca Juga: Teh hingga Kopi, Mana yang Lebih Sehat Untuk Sarapan?

1. Pilihan susu

Hati-hati! 3 Hal Ini Bikin Kebiasaan Ngopi Saat Sarapan Picu KegemukanFoto: iStock

Banyak orang yang menambahkan susu ke dalam racikan kopi mereka, sebagai pemanis sehingga kopi tidak terasa pahit. Hal ini justru membuat kopi memiliki kalori tinggi dan membuat tubuh cepat gemuk.

Meski susu memiliki banyak manfaat seperti vtamin B12 hingga vitamin A, namun para ahli gizi menyarankan sebaiknya menghindari susu di dalam kopi. Terutama susu jenis full cream, yang mengandung 170 kalori dalam satu cup. Sebaiknya gunakan susu jenis skim milk yang hanya mengandung 90 kalori. Jenis susu ini cocok untuk Anda yang tengah diet, atau penggemar kopi.


2. Ukuran kopi

Hati-hati! 3 Hal Ini Bikin Kebiasaan Ngopi Saat Sarapan Picu KegemukanFoto: iStock

Jika sedang berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya porsi kopi harian Anda dapat diperhatikan. Jika biasanya Anda memesan kopi dalam gelas besar, bisa diubah ke gelas yang lebih kecil.

Terutama bagi Anda yang gemar ngopi di kafe. Rata-rata kopi yang disajikan di kafe, atau gerai kopi memiliki kisaran 126 kalori untuk gelas kopi ukuran besar. Jumlah kalori ini merupakan perkiraan jika kopi menggunakan skim milk. Sementara bagi kopi yang menggunakan full cream milk, kisaran kalorinya bisa mencapai 219 kalori.


3. Topping tambahan

Hati-hati! 3 Hal Ini Bikin Kebiasaan Ngopi Saat Sarapan Picu KegemukanFoto: iStock

Kini semakin banyak gerai kopi hingga kafe yang menambahkan beragam topping kekinian. Seperti sirup cokelat, choco chips, permen, hingga whipped cream. Topping ini membuat kalori dalam segelas kopi menanjak tajam.

Sekiranya satu gelas kopi moka mengandung 234 kalori. Kisaran kalori ini setara dengan kue creme brulee yang mengandung 230 kalori. Jumlah kalori tersembunyi ini tentunya harus dihindari jika Anda sedang berdiet.

Jumlah kisaran kalori ini belum termasuk tambahan gula kemasan, yang memiliki kalori tambahan juga. Jadi para ahli gizi menyarankan untuk menghindari tambahan susu, topping, hingga membatasi porsi kopi jika Anda sedang berdiet.

Baca Juga: Kebiasaan Minum Kopi Saat Sarapan Ternyata Punya Dampak Positif Untuk Kesehatan (sob/adr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *