Tak Cukup Bukti, Laporan Baiq Nuril soal Dugaan Cabul Eks Kepsek Disetop

Mataram – Polisi menghentikan penanganan laporan Baiq Nuril Maknun atas eks Kepala SMAN 7 Mataram, H Muslim atas dugaan cabul.

“Benar, hasil gelar tadi yang dipimpin Direskrimum,” kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Komang Suartana saat dimintai konfirmasi, Kamis (17/1/2019).

“Hasil gelar perkara khusus, tidak cukup bukti untuk dinaikkan ke tingkat penyidikan,” imbuhnya.

Penghentian penanganan laporan ini juga disampaikan pengacara Baiq Nuril, Yan Mangandar Putra. Yan menyebut laporan tidak diteruskan karena dinilai tidak memenuhi syarat naik ke tahap penyidikan.

Menurut Yan, gelar perkara di polisi dihadiri ahli pidana, ahli bahasa, tim pengacara dan jajaran Polda NTB. Yan menyebut laporan tidak ditindaklanjuti ke penyidikan karena pembicaraan M bukan perbuatan cabul sebagaimana Pasal 294 ayat 2 butir satu KUHP.

“Karena dalam pasal tersebut menurut mereka tadi itu kan perbuatan cabul yang secara fisik, bukan verbal. Bahkan cabul secara verbal itu kan tidak dikenal dengan pasal 294,” tutur Yan.

Baiq Nuril melaporkan H Muslim karena diduga telah melakukan tindak pidana pencabulan terhadapnya. Dalam persidangan di PN Mataram, terungkap pembicaraan Muslim dengan Baiq Nuril via telepon. Eks atasan Baiq Nuril itu, kerap menceritakan hubungan badannya dengan wanita lain yang bukan istrinya.

Merasa dilecehkan, Baiq Nuril pun merekam percakapan itu lewat ponsel miliknya. Kasus itu berlangsung pada 2012 saat Baiq Nuril masih menjadi staf honorer di SMAN 7 Mataram. Sedangkan Muslim kala itu masih menjabat kepala sekolah.
(fdn/fjp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Para Pesohor Hollywood yang Dipecat dan Ditolak dari Pekerjaan Akibat Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta – Selama beberapa dekade, Hollywood telah mempromosikan satu tipe tubuh: kurus. Jadi, tak mengherankan bila beberapa pesohor dipecat atau ditolak dari pekerjaan karena berat badan mereka.

Ada model yang disuruh pulang pada pemotretan. Ada juga aktor yang kehilangan pekerjaan karena urusan ukuran pinggang. Body shaming di Hollywood tersebar luas dan harus berakhir. Kisah-kisah tentang selebritas yang didiskriminasi meningkatkan kesadaran akan nilai-nilai yang masih berlaku di industri film dan fesyen.

Dilansir dari stylecaster, Rabu, 16 Januari 2019, sederet nama angkat bicara soal body shaming di Hollywood. Ukuran tubuh tak ada hubungannya dengan keterampilan untuk banyak pekerjaan, termasuk akting dan model.

Kate Upton

Dalam wawancara pada 2012 dengan The New York Times, direktur casting Victoria’s Secret, Sophia Neophitou-Apostolou, mengatakan bahwa merek tersebut ‘tak akan pernah’ menampilkan Upton dalam peragaan busana tahunannya karena lekuk tubuhnya.

“Hal-hal yang mereka tolak adalah hal-hal yang tak bisa saya ubah. Saya tak bisa mengubah ukuran bra saya. Itu alami! Saya bisa berolahraga dan saya bisa tetap sehat dan termotivasi, tetapi saya tidak bisa mengubah beberapa hal,” ujarnya.

2 dari 4 halaman

Chrissy Teigen

Ketika menjadi model, Chrissy Teigen dipecat dari pemotretan Forever 21 karena berat badannya. Dia berbicara tentang pengalaman dalam sebuah wawancara pada 2014 dengan DuJour, yang merinci waktunya memotret untuk Forever 21 dan dikirim pulang karena ukuran tubuhnya.

“Aku tiba di lokasi dan mereka meminta untuk mengambil fotoku. Lalu, foto yang sudah diambil dikirimkan ke agensiku. Kemudian, agensi meneleponku yang lagi duduk di kursi makeup dan mengatakan, ‘Kamu harus pergi sekarang. Mereka mengatakan kamu gemuk dan kamu harus kembali mengukur badan,” katanya.

3 dari 4 halaman

Chris Pratt

Sebelum tubuhnya berubah untuk Guardians of the Galaxy 2014, Pratt diberitahu bahwa dia “terlalu gemuk” untuk peran. Dalam sebuah wawancara pada 2017 dengan Vanity Fair, aktor itu mengatakan dia ditolak untuk peran dalam Moneyball 2011 karena berat badannya.

“Itu adalah pertama kalinya aku mendengar seseorang berkata, ‘Kami tak akan memberi kamu peran — kamu terlalu gemuk,'” katanya. “Jadi saya memutuskan untuk menurunkan berat badan, seperti dalam gulat. Aku tak mampu membeli pelatih, jadi semuanya berjalan dan diet ketat serta mengurangi alkohol. “

4 dari 4 halaman

Ryan Gosling

Ryan Gosling mengungkapkan bahwa ia dipecat dari peran dalam The Lovely Bones 2009 karena kenaikan berat badannya 60 pon, sekitar 27 kg. Ia seharusnya memerankan ayah dari seorang remaja yang terbunuh dan diperkosa.

Namun, ketika Ryan datang ke lokasi pengambilan gambar, sang sutradara Peter Jackson sangat kaget dengan penambahan berat badan Ryan, yang menurutnya mengerikan. Akhirnya, sutradara pun memecat Ryan dan menggantinya dengan aktor lain.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

BI: Rupiah Berada dalam Tren Penguatan

Liputan6.com, Jakarta Rupiah mengawali tahun 2019 ini dengan kondisi yang cukup baik. Bank Indonesia (BI) menyebutkan Rupiah saat ini tengah dalam tren menguat. Penguatan dimulai sejak akhir tahun lalu dan terus berlanjut pada Januari 2019.

Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan tren penguatan Rupiah tersebut dakan mendukung stabilitas harga di dalam negeri.

“Nilai tukar Rupiah dalam tren menguat sehingga mendukung stabilitas harga. Rupiah pada Desember 2018 secara rerata menguat sebesar 1,16 persen, meskipun secara point to point sedikit melemah sebesar 0,54 persen,” kata Perry di kantornya, Kamis (17/1/2019).

Dia mengungkapkan penguatan Rupiah antara lain dipengaruhi aliran masuk modal asing akibat perekonomian domestik yang kondusif dan imbal hasil domestik yang tetap menarik, serta ketidakpastian pasar keuangan global yang sedikit mereda.

“Dengan perkembangan yang cenderung menguat menjelang akhir tahun 2018, Rupiah secara rerata keseluruhan tahun 2018 tercatat mengalami depresiasi sebesar 6,05 persen, atau secara point to point sebesar 5,65 persen dibandingkan dengan level tahun sebelumnya,” ujarnya.

Sementara itu, depresiasi atau pemelahan Rupiah secara point to point tersebut lebih rendah dibandingkan dengan depresiasi mata uang negara lain seperti Rupee India, Rand Afrika Selatan, Real Brasil, dan Lira Turki.

“Ke depan, Bank Indonesia terus mencermati risiko ketidakpastian pasar keuangan global dengan tetap melakukan langkah-langkah stabilisasi nilai tukar sesuai nilai fundamentalnya dengan tetap mendorong berjalannya mekanisme pasar, dan mendukung upaya-upaya pengembangan pasar keuangan,” jelas dia.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Rupiah Masih Melemah Sentuh Level Rp 14.170 per USD

Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak melemah di perdagangan hari ini, Kamis (17/1). Pagi ini, Rupiah dibuka di level Rp 14.134 per USD atau melemah tipis dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 14.127 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah masih melanjutkan pelemahannya usai pembukaan. Bahkan, Rupiah melemah drastis hingga sentuh Rp 14.170 per USD.

Sebelumnya, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo optimis nilai tukar Rupiah akan begerak lebih stabil di tahun 2019. Salah satu yang membuat Rupiah lebih stabil adalah mulai kembalinya modal asing ke Indonesia.

“Masuknya modal asing akan mendorong Rupiah stabil di tahun ini. Tahun lalu Rupiah terdepresiasi di sekitar 5,8 persen di level Rp 14.100,” kata Perry, di Ruang Rapat Komisi XI DPR RI, Jakarta, Rabu (16/1).

Selain itu, kondisi perekonomian domestik juga akan mendukung stabilitas Rupiah. Salah satunya defisit transaksi berjalan yang diprediksi lebih rendah.

“Pasar valas dalam negeri semakin berkembang, spot, swap, dan berlakunya DNDF (Domestic Non Delivery Forward) akan semakin mendukung stabilitas nilai tukar,” paparnya.


Reporter: Siti Nur Azzura

Sumber: Merdeka.com

Artis VA Jadi Tersangka, Robby Abbas Sebut Polisi Sudah Adil

Liputan6.com, Jakarta – Setelah menjadi saksi korban, Polda Jawa Timur telah menaikkan status artis VA menjadi tersangka kasus prostitusi online. Status tersangka disematkan setelah polisi mendapat cukup bukti dari penyelidikan.

Polisi menyangka artis VA dengan pasal 27 Ayat 1 UU ITE. Artis VA diduga menyebarkan foto dan video bernuansa pornografi kepada muncikari ES sebagai bentuk penawaran.

“Kami sampaikan kepada rekan media terkait hasil gelar perkara, dari diperiksanya saudari VA. Dan mulai hari ini kami tetapkan sebagai tersangka,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan, di Surabaya, Rabu (16/1/2019).

Penetapan status tersangka kepada artis VA ini pun sampai ke telinga mantan muncikari, Robby Abbas. Ia menilai polisi telah berlaku adil dalam mengusut kasus prostitusi online ini.

2 dari 3 halaman

Terima Kasih kepada Polisi

“Ya adil karena waktu case aku, hanya aku yang menjalani, yang nerima sanksi pidana dan sanksi masyarakat,” ujar Robby Abbas kepada wartawan di Jalan Kapten Pierre tendean, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

“Kalau aku berpikir lagi, yang dulu itu enggak adil. Tapi sekarang saya berterima kasih pada kepolisian karena sebagai manusia sudah bersikap adil tentang kasus ini,” ia menyambung pernyataan.

3 dari 3 halaman

Dukungan

Sebagai orang yang juga pernah terlibat kasus prostitusi online, Robby Abbas memberi semangat kepada artis VA agar mampu menghadapi persoalan hukum ini.

“Jadi, apapun yang terjadi, VA, gue enggak kenal lo tapi gue hanya mendukung lo sebagai manusia. Walaupun sedikit miris gitu ya tapi lo harus jalanin ini, lo harus terima,” ia mengakhiri.

Kemendag Temukan Penjualan Gula Rafinasi Secara Online

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Perdagangan (Kemendag) menemukan penjualan gula rafinasi melalui situs jual beli online. Penjualan tersebut melanggar aturan mengingat gula jenis ini tidak boleh diperdagangkan secara bebas lantaran bukan merupakan gula konsumsi.

Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kemendag Veri Anggriono mengatakan, selama melakukan pengawasan, Kementerian Perdagangan menemukan penjualan gula rafinasi melalui situs online. Namun masih dalam jumlah yang kecil.

“Kami temukan selama pengawasan di pedagang-pedagang online, tidak dalam jumlah banyak mereka lakukan perdagangan, tetapi ini melanggar. Ini pedagang gula rafinasi ini kan dikhususkan untuk industri dan tidak seyogyanya di daftarkan di online,” ujar dia di Kantor Kemendag, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Menurut dia, dari hasil pengawasan tersebut, mayoritas dijual di wilayah Jawa, seperti Jawa Tengah dan Jawa Barat. Untuk jumlahnya, Veri mengaku masih melakukan pendalaman terkait temuan ini.

“Jumlahnya belum bisa kami pastikan, tapi yang pasti yang melanggar industri penggunanya,” kata dia. 

“Jadi mereka beli dengan jumlah tertentu padahal industrinya hanya keburuhannya 10 ton misalnya, dia ajukan pembelian dengan 20 ton. Karena si industri rafinasinya hanya lihat base on dokumennya saja, tidak memeriksa berapa kebutuhan indsutri makanan dan minuman yang ditemukan,” lanjut Veri.

Sementara untuk sanksi, Veri menyatakan bahwa pedagang yang kedapatan menjual gula rafinasi ini secara bebas ke pasaran akan dikenakan sanksi mulai dari administrasi hingga pidana.

“Sudah diedarkan ke industri penggunanya. Ada mereknya dan itu sudah kita limpahkan ke Polri dan sudah dalam tingkat pengadilan. Saya lupa berapa merek itu,” tandas dia.

2 dari 3 halaman

60 Ribu Ton Gula Rafinasi Rembes ke Pasar

Sebelumnya, Kementrian perdagangan (kemendag) bersama Polri mengungkap kasus penggunaan gula rafinasi yang seharusnya diperuntukkan untuk industri. Gula rafinasitersebut diketahui telah dijual bebas di pasar untuk konsumsi umum.

Jumlah gula rafinasi yang dijual bebas atau bocor di pasaran tersebut mencapai 60 ribu ton. Penemuan tersebut di sejumlah daerah di Pulau Jawa, seperti Yogjakarta, Temanggung, hingga Purworejo.

“Pabrik ini melakukan sebagaimana mestinya, tapi oknum di pabrik ini ada kerjasama dengan tersangka yang kami tahan sekarang ini,” kata Kombes Pol Syahardiantono, Kabagpenum Mabes Polri, saat ditemui di lokasi pabrik PT Permata Dunia Samudera Utama (PDSU), di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Banten, pada Kamis 20 September 2018. 


Di lokasi pabrik ini, Polri bersama Kemendag, menyita 360 ton gula rafinasi yang belum sempat beredar.

Modusnya, menambah jumlah pesanan dari Unit Dagang (UD) I.S dari 6 ribu ton, menjadi 60 ribu ton. Modus ini telah dilakukan sejak 2016.

“Sehingga kami mengejar sampai ke tempat ini, keterangan yang kami dapat dari tersangka, ada kerjasama,” terangnya.

Pihak kepolisian tengah menyelidiki adanya indikasi permainan dari petinggi PT PDSU, untuk meloloskan kecurangan dokumen.

“Kemungkinan ada tersangka lain, kami sudah keluarkan surat penangkapan. Inisialnya menyusul, akan kami sampaikan,” jelasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Impor Minyak Mentah Jadi Penyebab Utama Defisit Neraca Perdagangan

Liputan6.com, Jakarta – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia sepanjang 2018 mengalami defisit sebesar USD 8,57 miliar. Angka defisit tersebut terbesar sejak tahun 1975.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Daerah Penghasil Migas Andang Bachtiar mengatakan, defisit neraca perdagangan Indonesia kali ini disebabkan oleh tingginya impor minyak mentah dan Bahan Bakar Minyak (BBM). Hal ini seiring dengan meningkatnya permintaan BBM dalam negeri dan semakin turunnya produksi minyak mentah.

“Nilai impor minyak Indonesia meningkat dari USD 24,3 miliar pada 2017 menjadi USD 29,8 miliar pada 2018. Meningkatnya impor minyak mentah dan BBM menjadi penyebab utama defisit neraca perdagangan yang terburuk sepanjang berdirinya republik,” kata Andang dalam diskusi publik Outlook Energi dan Pertambangan Indonesia 2019, di Kawasan Cikini, Jakarta, Kamis (17/1/2019).

Pemerintah perlu dengan serius mengatasi defisit neraca perdagangan, terutama menekan laju impor. Sebab dia menilai, impor minyak Indonesia pada 2025 diproyeksikan dapat meningkat tiga kali lipat dibandingkan saat ini.

“Jadi ini pekerjaan rumah besar karena impor minyak kita 2025 dalam rencana energi nasional tiga kali lipat dari yang sekarang impor kita,” imbuhnya.

Dia berharap dengan berbagai kebijakan pemerintah saat ini, termasuk impementasi penerapan biodisel atau B20 dapat menekan impor. “Tapi harus terus menerus kita kawal kita teriakkan ini bagian yang mencederai dari makro ekonomi kita,” pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Transaksi Nonmigas Anjlok Jadi Penyebab Defisit Neraca Perdagangan

Sebelumnya, Ekonom Faisal Basri mengatakan, penyebab defisit neraca perdagangan Indonesia bukan berasal dari lonjakan bahan bakar minyak (BBM) yang tinggi. Meski tercatat defisit minyak (minyak mentah dan BBM) melonjak 37 persen dari USD 14,6 miliar pada 2017 menjadi USD 20,0 miliar di 2018, namun itu bukan faktor penyebab utama defisit.

Sementara, jika meliputi gas, bahkan lonjakan defisit migas lebih tinggi lagi yaitu sebesar 44,2 persen. Dari USD 8,6 miliar tahun 2017 menjadi USD 12,4 miliar di 2018. 


“Tak kurang, Kepala Badan Pusat Statistik (Suhariyanto) pun mengatakan penyebab defisit perdagangan 2018 adalah defisit migas,” kata Faisal Basri dikutip dari halaman resminya, Rabu (16/1/2019).

Faisal menekankan, penyebab utama defisit neraca perdagangan Indonesia bukan berasal dari defisit migas. Menurutnya, jika ditelusuri lebih seksama, penyebab utama lonjakan defisit tersebut karena kemerosotan tajam pada transaksi perdagangan nonmigas.

Bahkan tak tanggung-tanggung, surplus perdagangan nonmigas, kata dia anjok sebesar 81,4 persen. Dari USD 20,4 miliar tahun 2017 menjadi hanya USD 3,8 miliar tahun 2018.

“Surplus perdagangan nonmigas yang terpangkas sangat dalam bukan disebabkan oleh penurunan ekspor superit terjadi tahun 2013. Pada tahun 2018, ekspor justru masih mencatatkan pertumbuhan sebesar 6,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya,” sebut Faisal.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Menyimak Visi-Misi Jokowi-Ma’ruf Vs Prabowo-Sandiaga dan Faktanya Kini

Jakarta – Malam ini Jokowi-KH Ma’ruf Amin akan berhadapan dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di panggung debat Pilpres 2019. Salah satu temanya adalah hak asasi manusia (HAM), yang juga sudah tercantum dalam dokumen visi-misi kedua pihak.

“Termasuk masalah HAM juga ada,” kata Jokowi saat ditemui setelah menghadiri peluncuran wirausaha ASN di SICC Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/1/2019).

Jokowi siap menjawab isu HAM. Tak hanya Jokowi, Prabowo juga telah melakukan simulasi debat dan siap menjawab seputar isu HAM.

“Mulai data materi-materi, itu yang disiapkan. Materi-materinya hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Sekarang dipersiapkan. Kita mempersiapkan diri dua hari ini bagaimana Pak Prabowo menawarkan soal pemberantasan korupsi,” kata juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, kepada wartawan, Rabu (16/1).

Prabowo-Sandiaga telah mengubah visi-misi mereka dan sempat diberikan ke KPU. Namun, menurut KPU, dokumen visi-misi melekat dengan pendaftaran calon presiden-wakil presiden, sehingga yang dipublikasikan KPU hanya dokumen yang awal.

Berikut ini kutipan visi-misi Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga soal HAM seperti dalam dokumen yang diunggah KPU:

Jokowi-Ma’ruf

Sesuai dengan Konstitusi Negara kita, Negara wajib untuk menghormati, melindungi, dan memenuhi Hak Asasi Manusia.

1. Meningkatkan budaya dan kebijakan yang berperspektif HAM (berwawasan HAM), termasuk memuat materi HAM dalam kurikulum pendidikan.

Kondisinya kini: Menurut laporan tahun 2017 yang dipublikasikan tahun 2018, Komnas HAM sudah pernah melakukan focus group discussion (FGD) di Padang pada 8 Desember 2017 tentang ‘Penyusunan Kurikulum Pendidikan Pancasila dan HAM Berbasis Budaya Lokal untuk tingkat SMA’.

2. Melanjutkan penyelesaian yang berkeadilan terhadap kasus-kasus pelanggaran HAM berat di masa lalu.

Kondisinya kini: Berdasarkan laporan Komnas HAM tahun 2017, berkas kasus pelanggaran HAM berat/masa lalu sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Agung. Namun Komnas HAM menemui kesulitan mengumpulkan bukti sehingga tak jarang berkasnya dikembalikan oleh Kejaksaan Agung. Komnas HAM menegaskan, belum ada tindak lanjut dari hasil penyelidikan mereka terkait kasus pelanggaran HAM berat/masa lalu.

3. Memberikan jaminan perlindungan dan hak kebebasan beragama dan berkeyakinan serta melakukan langkah-langkah hukum yang tegas terhadap pelaku kekerasan yang mengatasnamakan agama.

Kondisinya kini: Pada 2017, Komnas HAM pernah menerima laporan dari jemaah Ahmadiyah bahwa Masjid Al-Hidayah yang mereka bangun disegel Pemerintah Depok meski telah mengantongi IMB.

4. Melindungi dan memajukan hak-hak masyarakat adat, mulai dari legal aspek, pemberdayaan ekonomi, perlindungan hukum, hingga pemanfaatan sumber daya alam yang lestari.

Kondisinya kini: Pada 2017, Komnas HAM menerima 161 berkas laporan pelanggaran HAM terhadap masyarakat adat.

5. Memberikan perlindungan bagi kaum difabel, termasuk memperluas akses lingkungan sosial dan pendidikan yang inklusif serta penyediaan fasilitas yang ramah pada difabel di fasilitas umum dan transportasi umum.

Kondisinya kini: Pada 2017, Komnas HAM menerima 8 berkas laporan dugaan pelanggaran HAM terhadap individu dari penyandang disabilitas. Selain itu, Komnas HAM menyoroti ketersediaan TPS atau bilik suara yang kurang ramah difabel saat Pilkada 2017.

6. Melindungi hak-hak masyarakat di bidang pertanahan.

Kondisinya kini: Penelitian yang dilakukan Komnas HAM pada 2017 yang berjudul ‘Peran Negara dalam Memenuhi Hak atas Tanah demi Kepastian Hukum bagi Transmigran dalam Konteks Reforma Agraria (Studi Kasus Transmigrasi Pangmilang Kota Singkawang)’ mengungkap bahwa selama 15 tahun para transmigran Panglimang tak kunjung mendapat kepastian hukum atas kepemilikan tanah. Mereka berpotensi kehilangan kepemilikan tanah.

7. Meningkatkan perlindungan terhadap perempuan, anak-anak, dan kelompok rentan lainnya dari tindak kekerasan.

Kondisinya kini: Pada 2017, Komnas HAM menerima 79 berkas aduan pelanggaran HAM dengan korbannya adalah perempuan dan 54 berkas yang korbannya anak-anak. Ada pula 5 aduan terkait fungsi reproduksi dan 9 aduan menuntut kesetaraan hak dengan suami.

8. Memperluas cakupan kampung/desa layak anak untuk memastikan pendidikan anak usia dini dimulai dari lingkungan yang ramah.

9. Meningkatkan kinerja dan kerja sama efektif dan produktif berbagai institusi dalam rangka perlindungan dan penegakan HAM.

Prabowo-Sandiaga

I. Pilar Ekonomi

Program Aksi

21. Menyediakan transportasi publik murah bagi buruh pekerja dan rakyat tidak mampu, memberikan kepastian hukum untuk kendaraan roda dua sebagai transportasi umum, serta menjamin hak berserikat bagi pengemudi ojek online dan taksi online yang bermitra dengan perusahaan aplikasi, termasuk hak atas perjanjian kerja bersama yang adil dan berkekuatan hukum.

Kondisinya kini: Menurut laporan Komnas HAM tahun 2017, masih ada masyarakat yang terbebani biaya transportasi, yakni di Yahukimo, Papua.

II. Pilar Kesejahteraan Rakyat

2. Memberikan jaminan pemenuhan hak dasar masyarakat bagi fakir miskin, anak terlantar, lansia, penyandang disabilitas dan kelompok
rentan lainnya.

Kondisinya kini: Ada 2 berkas aduan dugaan pelanggaran HAM terhadap fakir miskin dan 8 berkas ke penyandang disabilitas yang diadukan ke Komnas HAM pada 2017.

6. Memperbaiki program kependudukan termasuk hak dan kesehatan reproduksi demi peningkatan kualitas dan produktivitas penduduk untuk memanfaatkan bonus demografi.

Kondisinya kini: Ada 5 aduan ke Komnas HAM terkait fungsi reproduksi.

Program Aksi

21. Meningkatkan anggaran Kependudukan, KB, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) baik di tingkat Nasional dan Daerah untuk mengatasi permasalahan terkait hak dan kesehatan reproduksi serta Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Kondisinya kini: Pemerintah saat ini sudah menaikkan anggaran Dana Alokasi Khusus terkait program KB menjadi Rp 2,3 triliun dibanding tahun sebelumnya, yakni Rp 1,1 triliun.

III. Pilar Budaya dan Lingkungan Hidup

8. Memperjuangkan hak-hak para pekerja seni, seniman dan artis di Indonesia.

Program Aksi

7. Memperkuat perlindungan hukum dan hak cipta atas karya-karya seni budaya yang dihasilkan oleh para seniman nasional.

12. Menegakkan pelaksanaan Undang-undang No. 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta dan Hak Terkait, agar para artis, seniman, pekerja seni, lebih dihargai secara optimal setiap karyanya, demi kesejahteraan para pelaku Industri kreatif di Indonesia; termasuk mendukung terlaksananya UU Pemajuan Kebudayaan Tahun 2017.

Kondisinya kini: Dirjen Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kemenkum HAM telah menangani 60 kasus pelanggaran hak cipta. Penindakan dilakukan bersama dengan kepolisian.

IV. Pilar Politik, Hukum dan Hankam

Program Aksi

4. Menjamin hak konstitusional warga negara dalam penyelenggaraan Pemilu/Pilkada.

Kondisinya kini: Komnas HAM memantau Pilkada 2017 dan masih ditemukan adanya pelanggaran terkait hak warga. Ada pula mobilisasi ASN. Selain itu Komnas HAM juga menemukan adanya diskriminasi ras dan etnis dalam pelaksanaan Pilkada di DKI Jakarta.

Saksikan juga video ‘Debat Pilpres Diharapkan Kupas Kasus HAM Masa Lalu’:

[Gambas:Video 20detik]


Menyimak Visi Misi Jokowi-Ma'ruf vs Prabowo-Sandiaga dan Faktanya Kini


(bag/tor) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jadi Saksi Kasus Narkoba, Ivan Gunawan Jalani Tes Urine

Liputan6.com, Jakarta – Ivan Gunawan menjalani pemeriksaan terkait kasus narkoba yang menjerat asistennya berinisial AJA di Kanit 3 Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, Kamis (17/1/2019).

Tak datang sendiri, Ivan Gunawan didampingi oleh kuasa hukumnya‎ Sandy Arifin. Dalam pemeriksaan tersebut, Ivan Gunawan dikonfrontir langsung oleh tersangka AJA yang merupakan asisten Ivan Gunawan.

Setelah dipertemukan kurang lebih sejam dengan tersangka AJA, tak lama berselang Ivan Gunawan keluar dari ruangan pemeriksaan guna menjalani tes urine.

Tak banyak kata yang keluar dari mulut Ivan Gunawan saat akan menjalani tes urine. Ia mengaku siap menjalani tes urine guna melengkapi pemeriksaan kasus kepemilikan kokain yang disita polisi dari tangan asistennya.

2 dari 2 halaman

Komentar Ivan Gunawan

“Saya enggak grogi. Saya enggak kemana-mana kok,” kata Ivan Gunawan sambil berjalan menuju Klinik Pratama Polres Metro Jakarta Barat untuk menjalani tes urine.

Seperti diketahui AJA asisten Ivan Gunawan diciduk polisi saat tengah berada di kosnya di kawasan Gandaria Utara, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Dari penggerebekan tersebut, polisi berhasil mengamankan satu paket serbuk kokain, dua paket serbuk MDMA dan satu pil ecstasy.

Kasat Narkoba AKBP Erick Frendiz ‎menuturkan, ini merupakan hasil pengembangan kasus jaringan kokain Indonesia. “Yang jelas ini pengembangan jaringan kokain di Indonesia,” kata Erick.

Jadwal Piala Asia 2019: Jepang vs Uzbekistan

Liputan6.com, Abu Dhabi – Empat pertandingan Piala Asia bakal berlangsung pada Kamis (17/1/2019). Laga menarik akan terjadi di Grup F Piala Asia 2019.

Jepang akan menantang Uzbekistan di Sheikh Khalifa International Stadium, Al Ain. Mereka mengantongi dua kemenangan dan berambisi menjadi juara Grup F Piala Asia.

Ini akan menjadi pertarungan ketujuh bagi kedua tim. Dari enam pertandingan sebelumnya, Jepang mencatatkan tiga kemenangan, dua hasil imbang, dan menelan sekali kekalahan dari Uzbekistan.

Laga memperebutkan juara grup juga terjadi di Sheikh Zayed Sports City, Abu Dhano. Arab Saudi akan berduel melawan Qatar demi memperebutkan juara Grup E.

Di atas kertas, Qatar lebih diunggulkan. Dalam delapan pertandingan sebelumnya, Qatar mencatatkan tiga kemenangan, empat hasil imbang, dan sekali menelan kekalahan.

Lihat jadwal Piala Asia di halaman selanjutnya.

2 dari 2 halaman

Jadwal Piala Asia

Kamis, 17 Januari 2019

20.30 WIB Jepang vs Uzbekistan

20.30 WIB Oman vs Turkmenistan

23.00 WIB Arab Saudi vs Qatar

23.00 WIB Lebanon vs Korea Utara

Saksikan video pilihan berikut ini:

Strikernya Diincar Real Madrid, Presiden Genoa: Harganya Tak Murah

Liputan6.com, Genoa – Rencana beberapa klub besar mendapatkan Krzysztof Piatek dari Genoa tampaknya takkan mudah. Pasalnya, Presiden Genoa, Enrico Preziosi hanya mau menjual strikernya itu dengan harga yang mahal.

Nama Piatek tidak begitu terdengar saat Genoa mendatangkannya dari Cracovia pada bursa transfer musim panas lalu. Begitu kompetisi dimulai, ia langsung menarik perhatian dengan enam gol dari lima partai perdananya di Serie A.

Secara konsisten, pemain asal Polandia tersebut terus memberikan pundi-pundi gol kepada Genoa. Total, 19 gol yang ia cetak dari 21 laga di semua kompetisi tak ayal membuat banyak klub-klub besar saling sikut untuk mendapatkan tanda tangannya.

Piatek tidak hanya mengundang ketertarikan dari klub Serie A lainnya. Beberapa klub besar seperti Chelsea, Barcelona, hingga sang juara bertahan Liga Champions, Real Madrid, dikabarkan tertarik dengan pemain berjuluk ‘New Lewandowski’ tersebut.

Namun dalam beberapa pekan terakhir, penyerang berumur 23 tahun itu kerap dikaitkan dengan tim raksasa Italia lainnya, AC Milan. Bahkan Direktur Genoa, Giorgio Perinetti, telah mengkonfirmasi ketertarikan Rossoneri terhadap bintang klubnya itu.

Dalam beberapa laporan disebutkan bahwa Piatek akan mengisi slot penyerang yang diyakini bakal ditinggal oleh Gonzalo Higuain pada bulan Januari ini. Kabarnya, penyerang asal Argentina itu ingin bereuni dengan Maurizio Sarri di Chelsea.

Namun, jika Milan dan klub-klub lainnya tertarik untuk mendapatkan Piatek, mereka wajib menyediakan uang yang besar. Sebab Preziosi selaku presiden Genoa menyatakan bahwa dirinya hanya akan melirik proposal dengan jumlah uang yang besar.

2 dari 2 halaman

Komentar Presiden Genoa

“Masih belum ada tawaran, dan tak ada yang serius. Bila tawaran yang besar tiba, maka kami akan mempertimbangkan,” ujar Preziosi kepada Il Secolo XIX.

“Namun, untuk sekarang, saya ulangi bahwa belum ada tawaran yang datang untuk Piatek, juga kami tidak harus menjualnya,” tandas pria berumur 70 tahun itu.

Belum lama ini, Sky Sports melaporkan bahwa Il Grifone mematok harga sebesar 50 juta euro untuk bintangnya. Selain itu, Genoa juga diyakini hanya tertarik melepasnya dengan status permanen, bukan pemain pinjaman.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini: