Hasil Tes DNA Korban Lion Air PK-LPQ Keluar Besok

Jakarta – Kepala Lab Pusdokkes Polri, Kombes Putut Cahyo mengatakan hasil tes DNA para korban Lion Air PK-LQP akan keluar besok siang. Sudah ada 306 sampel DNA post-mortem yang dikumpulkan hingga siang ini.

“Sabtu malam bisa diharapkan selesai (identifikasi DNA jenazah) pemeriksaannya. Minggu paginya atau Minggu siang, kita bisa nikmati hasilnya,” kata Putut di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (3/11/2018).

“Besok baru proses rekonsiliasinya,” sambungnya.

Dalam identifikasi jenazah korban, Putut menjelaskan setidaknya ada tiga cara yang dilakukan para tim DVI, yaitu dilihat dari sidik jari, gigi, hingga DNA dari keluarga inti korban.

“DNA untuk DVI ini berguna identifikasi, seperti rekan-rekan ketahui. Alat identifikasi ada di tim medis, untuk identifikasi bisa sidik jari, bisa gigi dan bisa DNA,” jelasnya.

Dia menyebut proses identifikasi memakai DNA memiliki kelebihan dibanding melalui sidik jari. Menurutnya, korban juga bisa diidentifikasi dengan menggunakan barang pribadi korban seperti sisir, baju terakhir, hingga benda terakhir yang disentuhnya.

“Ada keuntungan kelebihan DNA dibanding sidik jari, kalau sidik jari referensinya harus dari individu, tapi kalau DNA selain dari sendiri bisa jadi family yang vertikal,” tutur Putut.

“Dari diri sendiri bisa berasal dari baju yang belum dicuci , sisir, sikat gigi, diharapkan benda yang kita dapatkan itu masih ngandung sel-sel dirinya. Benda yang bersentuhan juga bisa menjadi sampel DNA, tetapi benda yang wujudnya pribadi,” sambungnya.
(zap/idh)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *