Hasil Liga Europa: Kalahkan BATE, Chelsea Tembus Babak 32 Besar

BarysawChelsea memastikan diri lolos ke babak 32 besar Liga Europa. Ini setelah The Blues menang 1-0 di kandang BATE Borisov.

Pada laga keempat Grup L yang dihelat di Borisov Arena, Jumat (9/11/2018) dinihari WIB, Chelsea yang menguasai laga dengan 74 persen ball possesion punya 10 attempts dengan empat di antaranya mengarah ke gawang. BATE cuma punya tujuh dan satu on target.

Satu-satunya gol di laga ini diciptakan Olivier Giroud di awal babak kedua. Tambahan tiga poin mengukuhkan posisi Chelsea di puncak klasemen dengan 12 poin dan berhak lolos ke babak selanjutnya.

Perolehan poin Chelsea tak lagi terkejar PAOK Thessaloniki (tiga poin) di posisi ketiga dengan menyisakan dua laga.

Jalannya pertandingan

Chelsea kembali memainkan Eden Hazard sebagai starter setelah tiga pertandingan sempat absen dan cuma jadi pemain pengganti akhir pekan kemarin.

Kembalinya Hazard tak bikin gentar BATE yang justru menekan sejak menit awal. BATE bahkan punya peluang di menit ke-13 ketika Dragun menanduk bola di kotak penalti dan memaksa Kepa Arrizabalaga susah payah menepisnya.

Hasil Liga Europa: Kalahkan BATE, Chelsea Tembus Babak 32 BesarFoto: Vasily Fedosenko/Reuters

Chelsea sendiri tanpa peluang berbahaya sepanjang babak pertama karena kesulitan menembus ketatnya pertahanan BATE. Tak ada shot on goal dibuat bahkan oleh para pemain depan Chelsea.

Hazard terlihat frustrasi dengan penjagaan para pemain belakang BATE dan berkali-kali harus terjatuh karena dilanggar. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Masuk di babak kedua, Chelsea coba mengambil inisiatif serangan lebih dulu dan hasilnya gol pun didapat pada menit ke-52 yang memecah kebuntuan. Giroud mencatatkan namanya di papan skor.

Dari sisi kiri, Chelsea membangun serangan dan Emerson Palmeri melepaskan crossing ke tiang dekat yang ditanduk Giroud untuk menjebol jala Denis Scherbitski.

Hasil Liga Europa: Kalahkan BATE, Chelsea Tembus Babak 32 BesarFoto: Vasily Fedosenko/Reuters

Kebobolan gol Giroud membuat para pemain BATE makin bernafsu menyerang dan mereka coba menekan pertahanan Chelsea. Tapi tim tamu punya kans untuk membuat gol lagi di menit ke-54.

Hazard bermain umpan satu-dua dengan Giroud di kotak penalti dan nama terakhir melepaskan sepakan keras yang bisa diblok pemain BATE.

Di menit ke-58 Nikolai Signevich mendapat ruang tembak di kotak penalti tapi bola sepakannya malah menerpa tiang.

Masuk di menit ke-67, Chelsea coba mengancam pertahanan BATE tapi sepakan Ross Barkley dari luar kotak penalti masih melebar.

Chelsea tak punya peluang berbahaya lagi di sisa babak ini kecuali sepakan Giroud di masa injury time tapi masih menyamping tipis di sisi gawang. Skor 1-0 bertahan untuk kemenangan Chelsea.

Susunan pemain

BATE: Denis Scherbitski; Aleksey Rios, Zakhar Volkov, Egor Filipenko, Aleksandar Filipovic; Dmitri Baga, Stanislav Dragun, Alyaksandr Hleb (Yevgeniy Berezkin 81′); Maksim Skavysh (Hervaine Moukam 76′), Nikolai Signevich (Jasse Tuominen 73′), Igor Stasevich.

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Davide Zappacosta, Andreas Christensen, Gary Cahill, Emerson; Ruben Loftus-Cheek (Mateo Kovacic 65′), Jorginho, Ross Barkley; Pedro (Callum Hudson-Odoi 85′), Olivier Giroud, Eden Hazard (Willian 64′).

(mrp/nds)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *