Hasil Liga Europa: Imbang dengan Sporting, Arsenal Lolos ke 32 Besar

London – Arsenal memastikan diri melangkah ke babak 32 besar Liga Europa. Itu setelah The Gunners bermain imbang 0-0 dengan Sporting.

Menjamu Sporting di Emirates Stadium, Jumat (9/11/2018) dinihari WIB di matchday 4 Liga Europa, Arsenal tampil dominan. Tuan rumah mencatatkan penguasaan bola hingga 64%.

Arsenal melepaskan 14 tembakan, tapi hanya dua yang tepat target. Sementara Sporting punya lima tembakan, di mana tak ada satupun mengarah ke gawang.

Arsenal mendapatkan keunggulan jumlah pemain di menit ke-87, selepas Jeremy Mathieu dikartu merah. Tapi mereka gagal memanfaatkannya untuk mendapatkan gol.

Meski cuma bermain imbang, Arsenal sudah memastikan diri lolos. Memimpin Grup E dengan 10 poin dari empat laga, skuat besutan Unai Emery ini unggul tiga poin dari Sporting di posisi dua.

Arsenal sudah takkan terkejar lagi oleh Vorskla Poltava dan Qarabag di posisi 3-4, yang sama-sama mengoleksi tiga poin, dengan dua laga tersisa.

Jalannya Pertandingan

Sebuah kecerobohan mewarnai awal Arsenal. Matteo Guendouzi kehilangan bola di area kotak penalti sendiri dan coba dimanfaatkan Nani. Tapi sepakan Nani masih bisa diblok dan bola diamankan.

Peluang untuk Arsenal di menit ke-17. Umpan silang Guendouzi dari kanan disontek oleh Danny Welbeck. Bola sempat membentur Jeremy Mathieu dan bergulir ke arah gawang kosong, tapi Sebastian Coates menyapunya tepat di depan garis.

Umpan silang Stephan Lichtsteiner dari kanan disundul Welbeck pada menit ke-25. Tapi bola masih tepat mengarah ke kiper Sporting, Renan Ribeiro.

Arsenal mesti kehilangan Welbeck di menit ke-32 karena cedera. Pierre-Emerick Aubameyang masuk menggantikannya.

Arsenal terus menekan, tapi Sporting menahan mereka dengan baik di sisa waktu babak pertama. Tak ada gol tercipta sampai turun minum.

Hanya beberapa detik selepas babak kedua mulai, Arsenal langsung mengancam. Umpan silang Henrikh Mkhitaryan disambar sepakan voli Aubameyang, yang masih tipis saja di samping gawang.

Peluang lain untuk Arsenal di menit ke-58. Lagi-lagi tembakan Aubameyang masih melebar, kali ini setelah menuntaskan operan dari Alex Iwobi.

Mkhitaryan mendapatkan kesempatan di menit ke-80. Hanya saja tembakannya terlalu lemah sehingga mudah diamankan Ribeiro.

Dua menit berselang, Kolasinac menusuk dari kiri dan mengirim umpan silang untuk Aubameyang. Tembakan Aubameyang diblok saja.

Sporting harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-87. Berawal dari umpan ceroboh Bruno Fernandes, bola direbut Aubameyang yang dalam posisi bebas menghadapi gawang.

Mathieu yang sudah kalah langkah mengganjalnya dari belakang dan langsung diacungi kartu merah. Dari tendangan bebas yang dihasilkan, sepakan Aubameyang cuma melambung.

Sampai pertandingan usai, tak ada juga gol yang tercipta.

Susunan pemain:

Arsenal: Petr Cech; Carl Jenkinson (Sead Kolasinac 60′), Rob Holding, Sokratis, Stephan Lichtsteiner (Maitland-Niles 74′); Matteo Guendouzi, Aaron Ramsey; Emile Smith-Rowe, Henrikh Mkhitaryan, Alex Iwobi; Danny Welbeck (Aubameyang 30′)

Sporting: Renan Ribeiro; Bruno Gaspar, Sebastian Coates, Jeremy Mathieu, Marcos Acuna; Nani, Miguel Luis (Petrovic 85′), Nemanja Gudelj, Bruno Fernandes; Fredy Montero (Bas Dost 69′), Abdoulaye Diaby (Jovane Cabral 83′)
(raw/nds)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *