Hari ke-4, Pencarian Pesawat Lion Air Fokus di Titik Ini

Liputan6.com, Jakarta – Memasuki hari keempat, Kamis (1/11/2018), pencarian pesawat Lion Air JT 610 yang jatuh di Pantai Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat, akan tetap difokuskan kepada badan pesawat. Jangkauan pencarian pun telah ditetapkan yaitu 15 nautical mile (NM) dan tetap fokus pada titik 400 meter dari LKP (Last Known Position) dari titik jatuhnya pesawat.

Titik ini sesuai hasil deteksi kapal Baruna Jaya milik BPPT yang ikut dikerahkan dalam operasi pencarian Lion Air.

“Terakhir dari kapal BPPT sudah tunjukkan ada tanda-tanda di wilayah tersebut. Kira-kira 400 meter dari LKP di sebelah barat. Sudah dipetakan dan kita besok akan fokus ke situ,” jelas Kepala Deputi Operasi Basarnas, Nugroho Budi Wiryanto di Gedung Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu 31 Oktober 2018 malam.

Kepala Basarnas, lanjut Nugroho, telah menginstruksikan agar pencarian fokus di titik tersebut. Kapal yang akan dikerahkan masih empat unit yang dilengkapi alat deteksi untuk pencarian di bawah permukaan air. Pencarian di atas permukaan air juga tetap berlanjut dengan dibantu puluhan kapal.

Untuk menemukan badan pesawat, waktu menyelam untuk seratus penyelam juga akan disesuaikan, sehingga tak lagi terkendala arus deras seperti yang dialami sebelumnya. Penyelaman tetap difokuskan pada kedalaman 30 sampai 35 meter.

Sebelumnya Kepala Badan SAR Marsekal Muda TNI (Marsda) M. Syaugi mengatakan, sinyal ping dari kotak hitam (black box) pesawat sudah terdeteksi oleh satu kapal yang memiliki alat remotely operated underwater vehicle (ROV). Lokasi sinyal berada di kedalaman 32 meter dari permukaan laut, dan jarak 400 meter titik hilang.

Kepala Badan SAR Marsekal Muda TNI (Marsda) M. Syaugi mengatakan, bunyi ping muncul sekitar pukul 15.00 WIB, dengan suara terdengar sangat keras.

“Kami menemukan ping locator. Jadi di black box¬†(Lion Air) itu ada ping yang bisa berbunyi kita berdua mendengarkan itu, tit tit tit, suara itu terdengar,” kata dia, Rabu (31/10/2018).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *