Hari Belanja Online Nasional Kembali Digelar, Cek Jadwalnya

Alibaba Group menilai, pertumbuhan bisnis di sektor e-commerce Indonesia sangatlah cepat. Hal ini disampaikan Vice Chairman Alibaba Group Joe Tsai, yang mengaku terkejut dengan perkembangan pesat pelaku usaha digital di Indonesia.

Dia memprediksi, total transaksi atau Gross Merchandise Volume (GMV) di pasar online Indonesia pada 2018 ini bisa mencapai USD 28 miliar, atau sekitar Rp 413 triliun.

“Tahun ini, kami berharap Indonesia bisa meraup total GMV sebesar USD 28 miliar yang berasal dari berbagai platform. Dalam hal ini, kita melihat adanya suatu tren yang penting dan menarik,” ungkap dia di Shanghai, Senin (12/11/2018).

Sebagai contoh, ia menyebutkan, media sosial memiliki dampak yang begitu besar bagi masyarakat Indonesia.

“Tapi sampai tahun ini hal itu belum begitu besar, lantaran beberapa platform e-commerce lokal sudah terlalu kuat. Misalnya Tokopedia, dimana kita punya investasi di sana,” paparnya.

Oleh karenanya, Joe Tsai melanjutkan, Alibaba coba membangun kemitraan dengan beberapa pihak e-commerce besar di dalam negeri agar bisa masuk ke pasar Indonesia.

“Sekarang kami punya Lazada, yang sepenuhnya kami operasikan dan sangat bagus dalam hal bisnis B2C, khususnya logistik. Sementara dalam konteks C2C, kita bermitra dengan Tokopedia,” ucapnya.

“Sedangkan untuk Alipay, kami juga punya partner yang tempo hari sudah meluncurkan mobile wallet, DANA,” dia menambahkan.

Lebih lanjut, dia menyampaikan, Alibaba pun telah coba bernegosiasi dengan Bank Indonesia agar Alipay bisa digunakan sebagai alat transaksi perdagangan di Indonesia.

“Kami juga akan mulai berpartner dengan Bank Indonesia, soalnya pelaku usaha lokal berdiri di bawah payung mereka. Dengan bermitra bersamanya, Alipay punya kesempatan masuk ke merchant-merchant mereka,” tutur dia.

Tonton Video Ini:

Mau berbelanja kini tidak perlu repot lagi. Berbagai kebutuhan sehari-hari seperti pakaian, makanan hingga barang elektronik bisa dibeli secara online di bukalapak.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *