Alasan Menko Darmin Terlibat Atasi Harga Tiket Pesawat

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan mengambil alih terkait dengan persoalan tiket pesawat. Ini dilakukan sebagai tidak lanjut dari masih tingginya harga tarif tiket pesawat pada penerbangan domestik.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, permasalahan tiket pesawat ini harus diselesaikan. Sebab, meski sudah dinaikan tarif batas bawah, namun pihak maskapai belum juga menurunkan harga tiketnya.

“Kita sudah membicarakan tadi bahwa perlu ada aturan jelas mengenai batas atas dan batas bawah, supaya dipatuhi semua (maskapai),” ujarnya di Kantornya, Jakarta, Kamis, 25 April 2019.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menambahkan dalam waktu dekat pihaknya akan kembali melakukan rapat koordinasi lagi khusus untuk membahas tiket pesawat. Di mana, Menko Darmin lah yang akan bertindak sebagai pimpinan rapatnya.

“Kami menyerahkan kepada Kemenko Perekonomian. Jadi mengenai jangka waktu, apa yang akan kami lakukan, Pak Menko (Darmin) sepakat untuk ambil bagian dalam mengatur ini,” katanya.

Seperti diketahui, sejumlah langkah sudah ditempuh pihaknya untuk menekan jarga tiket pesawat. Di mana, Kementerian Perhubungan telah melakukan perubahan regulasi mengenai tarif tiket pesawat untuk mengakomodir keluhan masyarakat mengenai masih mahalnya harga tiket pesawat.

Aturan baru ini mengubah aturan tentang Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB).

Jika tarif batas bawah sebelumnya 30 persen dari tarif batas atas, kini ditingkatkan menjadi 35 persen. Dengan demikian, tak ada lagi perang tarif murah yang pada akhirnya merugikan maskapai.

“Karena Garuda ini market leader, kalau ia menetapkan tarif batas atas semunya, maka yang lain ikut. Tetapi kalau ia turun sebagian, yang lain juga akan turun,” ujar dia.

Turunkan Harga Tiket Pesawat, Menhub Dapat Bantuan Menko Darmin

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mendapat bantuan dari Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk menurunkan harga tiket pesawat.

Budi mengatakan, harga tiket pesawat menjadi pembahasan dalam rapat Koordinasi persiapan mudik Lebaran. Dalam rapat k oordinasi tersebut, Darmin menyatakan siap membantu Kementerian Perhubungan untuk menurunkan harga tiket pesawat.

“Saya laporkan keadaannya tiket belum turun. Oleh karenanya, Pak Darmin bilang ‘nanti saya ikut selesaikan,” kata Budi, saat menghadiri seminar Masyarakat Transportasi Indonesia, di Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Latar belakang keinginan Darmin untuk membantu menurunkan tiket pesawat karena kenaikan harga ini berkontribusi besar kepada inflasi. Namun Budi belum menyebutkan upaya apa yang akan dijalankan oleh Darmin. 

Penyebab naiknya tiket pesawat adalah berhentinya perang harga yang dilakukan maskapai penerbangan sehingga maskapai menggunakan acuan harga batas atas. Kondisi ini tentunya sangat dirasakan masyarakat yang terbiasa dengan harga tiket murah.

“Satu sisi masyarakat sudah terbiasa mendapatkan harga tiket pesawat murah, hasil dari kompetisi para maskapai. Nah sekarang, maskapai hitung lagi. Nah bedanya mentokin tarif ke batas atas. Nah perjumpaan ini yang penting, sambung rasa antara konsumen dengan maskapai,” tandasnya.

Dolar AS Keok, Harga Emas Melonjak

Liputan6.com, Chicago – Harga emas naik ke level tertinggi dalam lebih dari satu minggu pada hari Kamis (Jumat pagi WIB) didukung penurunan dolar Amerika Serikat (AS) dan melemahnya pasar saham global karena turunnya permintaan untuk aset berisiko.

Dilansir Reuters, Jumat (26/4/2019), harga emas di pasar spot naik 0,2 persen menjadi USD 1,276.93 per ounce, setelah mencapai USD 1.282,38, tertinggi sejak 16 April 2019. Harga emas berjangka AS bertahan di level USD 1.279,7 per ounce.

Indeks dolar AS melemah setelah naik ke level tertinggi 2 tahun di awal sesi.

Penurunan pasar saham AS menambah kerugian di pasar saham global, yang telah ditimbang oleh kemunduran mengejutkan dalam data ekonomi Jerman dan Korea Selatan yang menghidupkan kembali kekhawatiran tentang penurunan global.

“Harga emas diperkirakan akan tetap stagnan di sekitar level ini, setiap kelemahan ekonomi kemungkinan akan memindahkannya ke sekitar USD 1.288, tetapi didukung dengan baik di sekitar USD 1.270-USD 1.272. Emas membutuhkan semacam katalis untuk bergerak ke dua arah,” kata Bart Melek, Kepala Strategi Komoditas TD Securities di Toronto.

Harga emas batangan turun di bawah batas psikologis signifikan USD 1.300 per ounce dan level dukungan utama lainnya, termasuk rata-rata pergerakan 100 hari dan 50 hari, sebagian besar karena kekuatan dolar AS dan pembacaan ekonomi yang lebih baik dari perkiraan baru-baru ini dari AS dan China.

Sementara itu, kepemilikan SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa yang didukung emas terbesar di dunia, merosot 0,2 persen ke level terendah sejak 19 Oktober, pada 747,87 ton pada hari Rabu.

Investor sedang menunggu data produk domestik bruto AS yang akan dirilis pada hari Jumat, dengan perkiraan ekonomi akan tumbuh sebesar 2,1 persen pada kuartal I 2019.

“Emas sedang menunggu perkembangan yang lebih besar. Kami mendapatkan PDB AS dan itu diharapkan memiliki dampak signifikan terhadap dolar AS, “kata analis Capital Economics, Ross Strachan.

Harga emas di pasar spot dapat melambung ke arah resistance di USD 1.284 per ounce, karena telah menemukan support di USD 1.264, analis teknis Reuters Wang Tao mengatakan.

Di antara logam-logam lainnya, harga perak sedikit lebih rendah pada USD 14,91 per ounce, sementara platinum naik 0,8 persen menjadi USD 885,78 per ounce.

Harga Minyak Brent Meroket, Tembus USD 75 per Barel

Liputan6.com, New York – Harga minyak mentah Brent menembus USD 75 per barel pada hari Kamis (Jumat pagi WIB) untuk pertama kalinya dalam hampir enam bulan setelah kekhawatiran tertundanya beberapa ekspor minyak mentah Rusia ke Eropa, sementara Amerika Serikat (AS) bersiap untuk memperketat sanksi terhadap Iran.

Dilansir dari Reuters, Jumat (26/4/2019), Polandia dan Jerman menghentikan sementara impor minyak mentah Rusia melalui pipa Druzhba, dengan alasan kontaminasi. Pipa itu dapat mengirimkan hingga 1 juta barel per hari, atau 1 persen dari permintaan minyak mentah global, dan sekitar 700.000 barel per hari alirannya ditangguhkan, menurut sumber perdagangan dan perhitungan Reuters.

Rusia, pengekspor minyak mentah terbesar kedua di dunia, berencana untuk mulai memompa bahan bakar bersih ke Eropa melalui pipa pada 29 April.

Harga minyak mentah Brent berjangka naik USD 43 sen menjadi USD 75,00 per barel setelah reli ke tertinggi USD 75,6 per barel, tertinggi sejak 31 Oktober.

Harga minyak mentah antara West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan USD 8 sen lebih rendah menjadi USD 65,81 per barel, setelah mencapai sesi tinggi USD 66,28.

Persediaan minyak mentah AS pekan lalu naik 5,5 juta barel ke level tertinggi sejak Oktober 2017 di 460,6 juta barel, karena stok di Cushing, Oklahoma, pusat pengiriman untuk WTI naik 463.000 barel, data pemerintah AS menunjukkan pada hari Rabu.

Amerika Serikat minggu ini mengatakan akan mengakhiri semua pengecualian untuk pembeli minyak Iran. Produsen terbesar ketiga OPEC telah berada di bawah sanksi AS selama lebih dari enam bulan, tetapi beberapa pembeli utama, termasuk China dan India, diberikan pengecualian sementara sampai minggu ini. Mulai Mei, negara-negara itu harus menghentikan impor minyak dari Teheran atau menghadapi sanksi AS.

Keputusan tersebut mengikuti pemotongan pasokan oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen non-anggota, termasuk Rusia, sejak awal tahun yang bertujuan menopang harga minyak.

Namun, Brian Hook, perwakilan khusus AS untuk Iran dan penasihat kebijakan senior untuk sekretaris negara, mengatakan pada hari Kamis “Ada banyak pasokan di pasar untuk memudahkan transisi itu dan menjaga harga stabil”.

Konsultan Rystad Energy mengatakan, Arab Saudi dan sekutu utamanya dapat menggantikan minyak Iran yang hilang.

Pemotongan yang dipimpin OPEC sebagian merupakan respons terhadap peningkatan produksi minyak mentah AS, saat ini pada rekor 12,2 juta barel per hari, menjadikan AS produsen terbesar di dunia.

Berikan Potongan Harga Hingga 80%, Ini Keunggulan Promo Epic Sale Traveloka!

Liputan6.com, Jakarta Momen libur lebaran dan sekolah adalah waktu yang tepat untuk dihabiskan dengan berlibur bersama keluarga dan orang terdekat. Hanya saja, biaya liburan pada momen tersebut selalu terbilang mahal dengan naiknya harga tiket transportasi dan sewa hotel berkali-kali lipat. Tidak heran, kalau rencana liburan yang sudah Anda susun jauh-jauh hari hanyalah menjadi wacana.

Tapi kali ini, Anda tidak perlu lagi harus membatalkan rencana liburan hanya karena masalah harga tiket dan hotel yang semakin mahal. Alasannya karena Traveloka punya kabar gembira dengan menghadirkan promo Epic Sale. Promo ini pastinya akan menjadi solusi untuk Anda dalam mewujudkan momen liburan bersama orang tersayang. Apa saja sih kejutan yang ditawarkan Traveloka Epic Sale? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Potongan harga hingga 80% untuk produk Hotel

Selama periode Epic Sale (24 April – 27 April), Anda dapat menikmati diskon epic untuk berbagai produk hotel yang ada di aplikasi Traveloka. Anda bisa menikmati diskon dari 20% – 30% di semua jam selama periode Epic Sale. Tapi, jika Anda menginginkan diskon yang lebih heboh, pastikan Anda mereservasi hotel mulai dari pukul 18.00 – 19.00 WIB tiap harinya dan nikmati diskon hingga 80% untuk berbagai hotel di aplikasi Traveloka!

2. Diskon yang jujur dan transparan

Potongan harga yang tidak main-main yang ditawarkan oleh Traveloka Epic Sale ini bisa Anda nikmati tanpa rasa cemas. Pasalnya, Traveloka memberikan harga jujur dan transparan tanpa taktik menaikkan harga terlebih dahulu. Jadi, harga yang Anda dapatkan dipastikan paling murah dan hemat. Tidak hanya itu saja, promo ini juga akan terasa nyaman dan menyenangkan, karena Anda akan terhindar dari kesulitan saat mengakses pesanan. Sehingga transaksi Anda bisa cepat selesai tanpa takut kehabisan waktu promo. 

3. Proses pemesanan yang anti ribet

Jika biasanya sebuah promo sering diikuti dengan proses pemesanan yang ribet, pengalaman tersebut tidak akan Anda jumpai pada Traveloka Epic Sale. Pasalnya untuk menikmati promo ini, Anda bahkan tidak diharuskan untuk melakukan Log In terlebih dahulu. Namun bagi Anda yang memilih proses pembayaran menggunakan PayLater, diwajibkan untuk melakukan proses Log In terlebih dahulu sebelum melakukan proses transaksi selanjutnya.

4. Transaksi yang aman dengan berbagai metode pembayaran

Kenyamanan yang dihadirkan Traveloka Epic Sale juga dibarengi dengan kemudahan dalam melakukan pembayarannya. Kamu bisa menikmati promo ini dengan sangat nyaman karena Anda bisa bayar semua pesananmu dengan berbagai metode pembayaran, mulai dari transfer ATM, kartu kredit hingga PayLater.

Kehadiran promo Traveloka Epic Sale ini tentunya menjadi angin segar, tidak hanya untuk para pemburu diskon tapi juga untuk Anda yang ingin berlibur tanpa harus mahal. Dengan beberapa kejutan dan keuntungan yang bisa Anda nikmati selama promo Traveloka Epic Sale ini, tentunya tidak ada alasan lagi untuk batal berlibur di momen lebaran dan liburan sekolah nanti, bukan? Jadi, tunggu apalagi? Yuk, mulai tentukan destinasi impianmu dari sekarang dan bersiap mengunjunginya dengan Traveloka Epic Sale sebelum waktu promonya habis. 

Menko Darmin Ambil Alih Terkait Mahalnya Harga Tiket Pesawat

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan mengambil alih terkait dengan persoalan tiket pesawat. Ini dilakukan sebagai tidak lanjut dari masih tingginya harga tarif tiket pesawat pada penerbangan domestik.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, permasalahan tiket pesawat ini harus diselesaikan. Sebab, meski sudah dinaikan tarif batas bawah, namun pihak maskapai belum juga menurunkan harga tiketnya.

“Kita sudah membicarakan tadi bahwa perlu ada aturan jelas mengenai batas atas dan batas bawah, supaya dipatuhi semua (maskapai),” ujarnya di Kantornya, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menambahkan dalam waktu dekat pihaknya akan kembali melakukan rapat koordinasi lagi khusus untuk membahas tiket pesawat. Di mana, Menko Darmin lah yang akan bertindak sebagai pimpinan rapatnya.

“Kami menyerahkan kepada Kemenko Perekonomian. Jadi mengenai jangka waktu, apa yang akan kami lakukan, Pak Menko (Darmin) sepakat untuk ambil bagian dalam mengatur ini,” katanya.

Seperti diketahui, sejumlah langkah sudah ditempuh pihaknya untuk menekan jarga tiket pesawat. Di mana, Kementerian Perhubungan telah melakukan perubahan regulasi mengenai tarif tiket pesawat untuk mengakomodir keluhan masyarakat mengenai masih mahalnya harga tiket pesawat.

Aturan baru ini mengubah aturan tentang Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB).

Jika tarif batas bawah sebelumnya 30 persen dari tarif batas atas, kini ditingkatkan menjadi 35 persen. Dengan demikian, tak ada lagi perang tarif murah yang pada akhirnya merugikan maskapai.

“Karena Garuda ini market leader, kalau ia menetapkan tarif batas atas semunya, maka yang lain ikut. Tetapi kalau ia turun sebagian, yang lain juga akan turun,” jelasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Minta Harga Tiket Pesawat Turun, Menhub Maraton Temui Maskapai

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi meminta kepada kementerian atau lembaga terkait lainnya untuk secara bersama-sama menyelesaikan persoalan harga tiket pesawat.

Dia menuturkan, ini dibutuhkan mengingat harga tarif tiket pesawat domestik hingga saat ini masih belum kondusif.

“Kami minta kepada Kementerian Perekonomian dan Kementerian BUMN untuk turut serta juga untuk mengatur tarif dari penerbangan,” kata dia saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (25/4/2019).

Budi menyampaikan, salah satu langkah utama yang dilakukan kementerian/lembaga adalah menekan maskapai Garuda Indonesia.

Sebab, Garuda Indonesia saat ini masih menjadi pemimpin pangsa pasar untuk berbagai maskapai lain.

“Khususnya Garuda. Karena Garuda ini market leader di situ, kalau dia menetapkan tarif batas atas semunya, maka yang lain ikut. Tapi kalau dia turun sebagaian, yang lain juga akan turun,” kata dia.

Sementara itu, terkait dengan rencana usulan menetapkan sub-price atau harga tertentu berjenjang untuk maskapai, Budi mengaku masih akan mengkaji secara hati-hati. Terlebih, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Kemenko Perekonomian.

“Sub-price itu represive ya, saya itu enggak mau yang represif, tapi kalau nanti diperintahkan Kemenko Perkonomian untuk saya melakukan, ya saya lakukan,” kata dia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Selama 500 Tahun Harga Sewa Perumahan Ini Tak Berubah, Ceritanya Mengaharukan

Impian Jakob Fugger adalah menawarkan perumahan yang terjangkau bagi orang yang membutuhkan, terlepas dari status sosial, usia atau latar belakang keluarga.

Satu-satunya persyaratan adalah bahwa pelamar harus berlatar belakang katolik dan penduduk Augsburg terdaftar setidaknya selama dua tahun. Pemohon yang berhasil juga harus menyetujui jam malam pukul 22:00 dan berkomitmen untuk berdoa bagi para dermawan mereka, keluarga Fugger, tiga kali sehari di gereja setempat. Kondisi yang sama persis berlaku hari ini.

Penduduk Fuggerei harus membayar hanya satu gulden Rhenish dalam sewa bulanan, dan berkat dana perwalian yang didirikan oleh Jakob Fugger hampir 500 tahun yang lalu, biayanya tetap tidak berubah sejak saat itu. Gulden Rhenish itu telah dikonversi ke dalam mata uang modern, tetapi masih hanya berjumlah 0,88 € atau Rp 14.000 Rupiah per tahun.

The Vintage News melaporkan bahwa orang-orang Fuggerei juga diharuskan membayar Rp 14.000 Rupiah lagi untuk pemeliharaan gereja lokal, dan sekitar Rp 1,3 Juta untuk pemanasan dan pemeliharaan. Itu masih jumlah yang sangat rendah menurut standar saat ini.

Sadis, Harga Kunci Mobil Pintar Ini Mencapai Rp3,4 Miliar

Pesepakbola Chelsea, David Luiz juga pernah membeli 30 buah sebagai hadiah untuk seluruh tim setelah kemenangan Premiereship 2017.

“Ini adalah Senturion paling eksklusif kami. Pola yang terlihat pada meteorit adalah hasil dari perpaduan nikel dan besi yang dibuat saat bintang sudah mati dan dingin selama miliaran tahun di ruang angkasa,” ujar juru bicara Senturion.

Setiap satu kunci, butuh waktu produksi hingga 70 jam. Meteroit yang melekat pada gelang itu juga diukir menggunakan kontrol numerik komputer agar presisi.

Ada lebih dari 1.000 komponen unik dan memanfaatkan nanoteknologi terkemuka di dunia. Smart key itu bisa dipakai untuk Ferrari, Lamborghini, Bugatti, bentley, Rolls Royce, dan McLaren. Penjualan akan dimulai pada Juni 2019.

Sumber: Otosia.com

Wall Street Melemah, Harga Emas Makin Berkilau

Indeks dolar AS membukukan penguatan terhadap enam mata uang lainnya. Indeks dolar AS naik 0,4 persen ke posisi 97,98, dan tertinggi sejak Juni 2017.

Dolar AS menguat dapat membuat harga logam atau komoditas lebih mahal bagi investor pemegang mata uang lainnya.

“Dengan dolar AS menguat, harga emas dapat melemah. Dalam jangka pendek dapat kembali turun. Harga emas akan berada di kisaran USD 1.1250-USD 1.350,” ujar Analis Sevens Reports dalam catatannya.

Harga emas melemah baru-baru ini dapat membuat aset tersebut lebih menarik. Adapun harga logam lainnya antara lain harga perak untuk pengiriman Mei naik 12,5 sen atau 0,9 persen ke posisi USD 14.916 per ounce.

Sementara itu, harga tembaga mendaki 0,6 persen menjadi USD 2.91 per pound. Harga platinum untuk pengiriman Juli bertambah 0,6 persen menjadi USD 888,60 per ounce. Sedangkan harga palladium melonjak 2,1 persen ke posisi USD 1.405,10 per ounce.