Pertamina Tambah Dua Titik BBM Satu Harga di Maluku dan Papua

Liputan6.com, Jakarta – PT Pertamina (Persero), Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian KESDM) kembali meresmikan lembaga penyalur BBM Satu Harga di dua lokasi berbeda yakni masing-masing di Maluku dan Papua, pada Jumat 22 Februari 2019.

Adapun yang titik yang diresmikan adalah SPBU Kompak 86.975.26 Air Buaya, Kabupaten Buru dan SPBU Kompak 86.995.18 Bolakme, Kabupaten Jayawijaya. Kedua titik ini merupakan titik BBM Satu Harga yang telah uji operasi pada 2018.

“Dengan beroperasinya SPBU BBM 1 Harga di Kecamatan Air Buaya – Kab.Buru dan Bolakme – Kab. Jayawijaya maka Pertamina MOR VIII sudah merealisasikan 39 titik lokasi dan direncanakan 12 titik lokasi akan beroperasi di tahun 2019,” kata General Manager Pertamina MOR VIII, Iin Febrian, Sabtu (23/2/2019).

Ia pun menambahkan, Pertamina terus menjaga komitmen untuk melayani masyarakat dan mendukung program Pemerintah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Ini adalah wujud upaya Pertamina untuk merajut nusantara,” tambah Iin.

Sementara itu, Sekjen Kementerian ESDM, Ego Syahrial, menyatakan, BBM Satu Harga adalah wujud kepedulian dari Pemerintah melalui BUMN untuk merealisasikan keadilan sosial dan mewujudkan konsep membangun Indonesia dari pinggiran.

Oleh karena itu, Pemerintah mengapresiasi kepada Pertamina atas upaya penyediaan energi hingga ke wilayah pelosok secara merata dengan harga terjangkau.

“Upaya pemerataan energi melalui BBM Satu Harga merupakan usaha yang luar biasa Pemerintah dan PT Pertamina (Persero) serta badan usaha pendamping agar mampu menggerakkan sektor-sektor ekonomi, termasuk di Buru yang masuk wilayah 3T,” papar Ego

SPBU 86.975.26 Kecamatan Air Buaya, Kab. Buru yang diresmikan hari ini memasok BBM jenis Premium, Solar, dan Pertalite dengan masing-masing berkapasitas 5KL.

Titik suplai berasal dari TBBM Namlea yang berjarak sekitar 100 km dan ditempuh dengan perjalanan darat menggunakan mobil tangki selama tiga jam. Adapun kuota per bulan untuk Premium sebesar 60 KL dan Solar 20 KL.

2 dari 2 halaman

Sebelum Ada Titik BBM Satu Harga

Sebelum ada titik BBM Satu Harga ini, masyarakat memperoleh BBM untuk transportasi dan kebutuhan nelayan dari lembaga penyalur terdekat yakni sejauh kurang lebih 60 KM ke APMS Lala.

Kemudian kurang lebih 88 KM ke SPBU Namlea sehingga membuat harga Premium menjadi Rp 9.000 per liter dan Solar 10.000 per Liter di wilayah ini.

Dengan ada SPBU ini, masyarakat Kecamatan Air Buaya kini bisa mendapatkan BBM dengan harga yang sama dengan wilayah lainnya yakni Premium Rp 6.450 per liter dan Solar Rp 5.150 per liter.

Sementara itu, BBM di distrik Bolakme dikirim dari supply point Terminal BBM Jayapura yang diangkut menggunakan mobil tangki kemudian dilanjutkan menggunakan pesawat terbang dan mobil truk.

Jarak yang ditempuh yakni sejauh 145 km dengan waktu tempuh normal hingga 3 jam. Adapun setiap dua kali dalam sebulan akan dipasok masing-masing sebanyak 50 KL Bio Solar dan 150 KL Premium.

Pertamina berharap agar kehadiran titik BBM Satu Harga ini memberi dampak positif di bidang ekonomi dan sosial bagi masyarakat di wilayah masing-masing. 

Selain itu, Pertamina juga mengharapkan agar seluruh pihak khususnya kepada pemerintah daerah, Kepolisian, dan para stakeholders agar dapat mendukung dan mengawasi pelaksanaan program BBM Satu Harga di wilayah Air Buaya dan juga Bolakme sehingga proses distribusi BBM dapat berjalan dengan lancar dan seluruh masyarakat dapat merasakan manfaatnya. (Yas)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

BCA Targetkan Proses Akuisisi Bank Rampung pada 2019

Liputan6.com, Jakarta – Manajemen PT Bank Central Asia (BCA) akan merampungkan proses akuisisi satu bank kategori bank buku I pada 2019. Hal ini disampaikan oleh Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja.

Dia menjelaskan, pihaknya  meminta persetujuan para pemegang saham terkait rencana akuisisi tersebut pada Rapat umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) yang akan diselenggarakan pada Juni 2019.

Sebenarnya BCA akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada April 2019. Namun, menilik proses akuisisi masih belum akan rampung pada April, pihaknya akan melakukan RUPS-LB.

“RUPS kita April. Tapi tidak akan selesai April. Mungkin RUPS-LB kita rencanakan sekitar Juni. RUPS selesai, disetujui kita annouce,” kata dia, saat ditemui, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Sabtu (23/2/2019).

Jahja menuturkan, akuisisi tersebut memang perlu mendapatkan persetujuan pemegang saham. Sebab aksi korporasi tentu akan memberi dampak pada perusahaan, salah satunya terhadap harga saham BCA.

“Relatif material. Material itu bukan dari segi value ya. Material itu kalau sampai mempengaruhi saham. Nah kita tidak tahu, waktu kita announce BCA terpengaruh apa tidak. Jadi kita tidak berani ambil risiko. Sebab itu kita harus persetujuan RUPS dulu, baru sesudah itu kita announce ke market,” ujar  dia.

Dia mengatakan, pasca akuisisi bank tersebut tidak akan tetap berdiri sendiri  alias tidak dimerger dengan anak usaha BCA. Sementara untuk lini bisnis yang akan digarap bank bersangkutan, masih sedang dikaji.

“Kita belum tentukan, bisa digital, bisa well management, bisa mikro bisa UKM. Pokoknya kita akan pilih salah satu fokus, saya belum mau komen,” ungkapnya.


Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

BCA Alokasikan Rp 5,2 Triliun buat Investasi Digital pada 2019

Sebelumnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyediakan dana sekitar Rp 5,2 triliun untuk investasi digital banking di 2019. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk pengembangan ATM, server serta EDC agar menyamai laju pengembangan fintech di Indonesia.

“Banyak, tapi termasuk ATM, EDC, sekitar Rp 5,2 triliun tahun depan. Enggak kalah sama fintech. Untuk yang sudah ada di manintenance, pengembangan nambah EDC, ATM, server,” ujar Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmaja di JCC Senayan, Jakarta, Selasa 27 November 2018.

Jahja mengatakan, BCA juga akan melakukan transformasi aplikasi yang saat ini belum menggunakan QR (Quick Response) code. Sehingga ke depan, lebih digital dan tingkat kepatuhan terhadap penggunaan QR code meningkat.

“Kemudian transformasi dari aplikasi kita kan yang lama belum ada QR sekarang ada transformasi supaya lebih digital dan complience. Risiko itu harus diinvstasikan, dijaga supaya tetap compli dan sesuai ketentuan,” kata dia.

Jahja menambahkan, tahun ini pihaknya sebenarnya sudah mencanangkan penggunaan QR code untuk tranfer dana. Di mana pedagang di sosial media dapat melakukan transfer sebesar Rp 100 juta per hari.

“Kita kan habis perkenalkan QR untuk meudahkan orang transfer dan bisa sampai Rp 100 juta per hari. Buat yang jualan IG, FB, itu gampang enggak perlu ketik nomor rekening kan takut salah, dengan QR bisa jalan,” ujar dia.

“Ini perlu disosialisasi saya kira, produk baru enggak boleh dalam waktu dekat bersamaan kita keluarkan. Yang penting educate customer, yang penting kesulitan kita punya melalui halo BCA bisa support bantu beri penjelasan edukasi nasabah,” kata dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

PDIP: Saatnya Door to Door Kampanyekan Jokowi-Ma’ruf

Liputan6.com, Jakarta – Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Tubagus Hasanuddin mengatakan, baik Kota Bandung maupun Kota Cimahi ditargetkan meraup suara minimal 60 persen untuk memenangkan Paslon 01, Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019. Saat ini, perolehan suara untuk Jokowi-Ma’ruf di Kota Bandung dan Kota Cimahi sudah mencapai 51 persen.

“Walaupun bisa saja terjadi hal yang berbeda, tapi survei akan dijadikan pemicu agar lebih giat lagi. Suara untuk Pilpres di Kota Bandung saat ini menang diangka 51 persen, jadi Prabowo sudah mendapat 49 persen. Kami belum puas, target di Kota Bandung kami minta 60 persen,” ujar TB Hasanuddin saat Konsolidasi Pemenangan Pileg dan Pilpres 2019 di Grha Emerald, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (23/2/2019).

Sementara di Kota Cimahi, TB Hasanuddin mengungkapkan perolehan suara hingga kini sebesar 51 persen. Sama dengan target di Kota Bandung, Kota Cimahi juga menargetkan perolehan suara 60 persen untuk Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menambahkan, seluruh kader dalam struktur kepengurusan partai harus mulai bekerja sesuai strategi.

“Seluruh petugas partai agar bersama menyapa secara langsung door to door, dari rumah ke rumah memenangkan PDIP dan Jokowi-Ma’ruf,” tegasnya.

Dalam kapasitas sebagai Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Hasto juga mengingatkan agar PDIP bekerja sama dengan partai anggota Koalisi Indonesia Kerja (KIK). Menurutnya, untuk menghasilkan pemerintahan yang kuat, 70 persen suara di parlemen harus dikantongi.

“Kami harap kerja sama dengan Golkar, PPP, Nasdem, PKB, dan partai lain dapat dilakukan dengan baik. Kita ingin bentuk pemerintah yang kuat yang didukung minimum kekuatan 70 persen di parlemen,” tandasnya.

2 dari 3 halaman

Elektabilitas PDIP

Selain itu, TB Hasanuddin juga menyampaikan elektabilitas PDIP pada Pileg 2019. Menurutnya, PDIP harus terus bekerja keras untuk meraup suara.

“Pileg di Kota Bandung Alhamdulillah di angka 17 persen, tapi belum maksimal. Minimal 28 persen tercapai. Sementara Pileg di Cimahi masih tertinggal dari Gerindra,” tuturnya.

“Kita harus menang Pileg dan Pilpres, itu harga mati bagi kita semua,” lanjut TB Hasanuddin.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Berburu Penawaran Menarik dengan Jaminan Perjalanan Lebih Nyaman di Astindo Travel Fair 2019

Liputan6.com, Jakarta – Pameran wisata terbesar di Indonesia, Astindo Travel Fair (ATF) 2019, kembali berlangsung di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC) sampai Minggu, 24 Februari 2019. Tak semata menawarkan berbagai paket wisata menarik, Anda juga bisa memperoleh jaminan perjalanan lebih nyaman, lantaran partisipasi Sompo Insurance Indonesia (SII).

Memasuki tahun ke-2 dalam partisipasi ATF, Sompo membawa produk andalan, Sompo TravelFirst, yang penjualnnya sudah meningkat lebih dari 200 persen sejak kali pertama dirilis pada 2017 lalu.

“Sompo hadir sebagai teman setia para traveler di situasi darurat. Tak seperti asuransi perjalanan pada umumya, namun juga sebagai solution provider ketika bepergian ke luar negeri,” tutur Maria Susana selaku Head of Travel and Affinity Sompo Insurance di konferensi pers di JCC, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Februari 2019.

Kepedulian ini tercermin dari sederet manfaat Sompo TravelFirst, yakni perlindungan medis berupa kecelakaan diri, evakuasi medis darurat, hingga santuan rawat inap. Lalu, ketidaknyamanan perjalanan atau tanggung jawab hukum, mulai dari kehilangan atau kerusakan bagasi, sampai kehilangan dokumen perjalanan dan uang.

Selanjutnya, manfaat tunai berupa pemberian uang penggantian untuk keterlambatan bagasi, hingga penundaan perjalanan. Terakhir, jaminan tambahan, yakni melindungi dari terorisme, kecelakaan di bawah air, kehilangan atau kerusakan peralatan golf, dan perlindungan isi rumah saat bepergian.

Berbagai penawaran menarik pun dihadirkan Sompo di ATF 2019, di mana Anda mendapat asuransi perjalanan secara gratis di setiap pembelian tiket selama event berlangsung, baik rute domestik maupun internasional.

Anda juga bersempatan mendapat diskon 30 persen untuk seluruh paket Sompo TravelFirst. Bisa pula membawa pulang hadiah menarik seperti sepeda gunung dan TV di pembelian produk-produk tertentu. Dapatkan juga merchandise gratis saat foto di Sompo TravelFirst booth dan mengunggahnya ke media sosial.

Sementara lewat 150 booth, AFT 2019 siap memenuhi kebutuhan perjalanan Anda. Harga paket promo tur mancanegara dan domestik jadi tawaran spesial tahun ini. Anda bisa memilih paket wisata ke Yogyakarta selama tiga hari mulai Rp. 1,4 juta dan Belitung Rp. 1,6 juta.

Ada pula tur ke Bangkok selama tiga hari hanya dengan membayar Rp. 4,4 juta, pilihan lain ada Manila selama tiga hari seharga mulai dari Rp. 3,9 juta, dan pelesiran ke Seoul selama empat hari hanya tinggal merogoh kocek Rp. 6,8 juta.

Tiket penerbangan dengan destinasi popular juga ditawarkan dengan harga terbaik sepanjang tahun, mulai dari Rp. 1,4 juta untuk ke Singapura, Rp. 2,6 Juta untuk Bangkok, ke Hong Kong seharga Rp. 2,9 Juta, ke Tokyo Rp. 4,9 juta, Paris seharga Rp. 8,6 juta dan Los Angeles/San Francisco seharga Rp. 9,7 Juta.

Astindo Travel Fair 2019 didukung  19 maskapai penerbangan, yaitu All Nippon Airlines (ANA), Cathay Pacific, China Airlines, Emirates, Etihad Airways, Ethiopian Airways, EVA Air, Garuda Indonesia, Korean Air, Malaysian Airlines, Oman Air, Philippines Airlines, Qantas Airways, Qatar Airways, Saudia Airlines, Singapore Airlines, Sriwijaya Air – NAM Air, Thai Airways, dan Vietnam Airlines.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Wijaya Karya Bangun Jalan dan Jembatan di Asmat

Liputan6.com, Jakarta – PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) bergerak cepat membangun infrastruktur jalan dan jembatan gantung untuk penanganan darurat bencana virus campak dan gizi buruk, di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Barat.

Daerah tingkat II yang berbatasan dengan Kabupaten Mimika di sebelah barat dan Kabupaten Mappi serta Kabupaten Boven Digoel di sebelah selatan tersebut, kondisi alamnya didominasi tanah berlumpur dan rawa.

Tak heran jika kemudian, rumah-rumah, termasuk jalan penghubung di Kabupaten ini pun berdiri di atas papan berbahan kayu trembesi.

Kondisi jalan papan yang sudah termakan usia puluhan tahun, tertempa terik sinar matahari dan hujan, serta menahan beban dari maraknya penggunaan motor listrik, kemudian mendorong perlunya penyesuaian dan penyempurnaan jalan dengan pengerasan beton.


Berdasarkan evaluasi  kualifikasi,  administrasi  dan teknis, harga serta pembuktian kualifikasi oleh Kementerian  PUPR Direktorat Bina Marga Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional XVIII, Wika kemudian ditetapkan sebagai pemenang untuk membangun infrastruktur vital di Asmat

Adapun cakupan pekerjaan, pembangunan jalan beton (pile slab) dan jembatan gantung 72 meter dalam kontrak bernomor HK.02.03/PJN – WIL.IV/PPK-IV.3/466.

Beratnya medan dan bentang alam yang luar biasa lebar sangat berimplikasi pada proses perjalanan pembangunan infrastruktur di Asmat.

2 dari 3 halaman

Tantangan di Asmat

Manajer Proyek Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan, Eko Suranto Putro menerangkan, setidaknya terdapat tiga hal yang menjadi tantangan mendasar yang harus solutif agar proyek ini dapat selesai sesuai target.

“Pertama, kondisi tanah rawa yang dijumpai di hampir seluruh daerah ini, membuat pemenuhan kebutuhan air bersih menjadi sangat sulit,” ujar dia seperti dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (23/2/2019).

Tantangan berikutnya yang dihadapi oleh adalah bagaimana diperlukannya usaha luar biasa untuk mendistribusikan material beton precast sejak diproduksi di PPB Wika Beton Pasuruan sampai ke area di belahan dalam Asmat yang sangat terpencil.

Ketiga, dalam hubungannya dengan distribusi beton precast dari PPB WTON Pasuruan menuju titik nol lokasi pemasangan dengan memanfaatkan sungai sebagai penghubung.

Namun demikian,  ternyata sungai itu memiliki draf atau kedalaman yang rendah dan sangat terpengaruh terpengaruh arus pasang surut, sehingga hanya kapal bermuatan kecil saja yang bisa masuk. 

Apakah WIKA lalu berdiam dan memilih terpaku pasrah?

Manajemen proyek yang ditopang oleh insinyur-insinyur muda dengan rata-rata usia 25 tahun itu justru men-stimulan lahirnya kreativitas-kreativitas baru di tengah keterbatasan. Untuk penyediaan air bersih terkait pengecoran beton, misalnya.

Manajemen proyek dengan cekatan membuat bak-bak, kolam penampungan air hujan yang tersebar merata di lokasi proyek.

Selain itu, sebagai alternatif, tim juga akan melakukan pembelian air bersih di distrik lain menggunakan kapal kayu.




3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Pengiriman material precast dari PPB WTON Pasuruan menuju Asmat juga bisa dicarikan solusi terbaiknya melalui kerja sama dengan ekspedisi yang kaya asam garam melayani rute Indonesia timur dengan kapal kargo berkapasitas 2.400 ton, langsung menuju Pelabuhan Agats.

Setelah tiba di Agats, material precast dipindahkan terlebih dahulu ke LCT (landing craft tank) yang kemudian masuk ke sungai menuju area pekerjaan. Sebagai catatan, pembongkaran dilakukan tidak menggunakan waktu normal sebagaimana pembongkaran barang pada umumnya.

Mengingat dan mempertimbangkan material precast memiliki bobot yang berat, maka untuk memudahkan proses pemindahannya dilakukan saat kondisi sungai pasang yaitu pada rentang  jam 2 dini hari.

Kemudian menjawab bagaimana mekanisme langsir precast dengan bobot yang berat ke area pemasangan di tanah yang lunak. Manajemen proyek Wika menerapkan dua metode efektif.  Pertama, untuk area yang kosong.

Pada arena ini, tim Wika menggunakan excavator dengan memberi dudukan kayu pada track atau lintasan excavator itu sendiri. Kedua, yaitu tim proyek berinisiasi membuat portal baja yang dapat beroperasi pada rel baja (rel dijepit pada tiang yang sudah terpancang).


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Fungsi Lain GPS Tracker pada Kendaraan Bermotor

Liputan6.com, Jakarta – Kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di Indonesia masih sering terjadi dan tergolong tinggi. Setiap hari ada saja laporan ataupun informasi mengenai kendaraan yang hilang dicuri.

Meskipun telah menambah kunci pengaman pada kendaraan, nyatanya pelaku curanmor masih mampu melakukan aksinya. Untuk itu, agar kendaraan kesayangan dapat terpantau setiap waktu, memasang GPS Tracker bisa menjadi solusi.

Di pasaran, banyak tersedia beragam produk GPS Tracker. Salah satunya Juragan GPS yang ditawarkan PT. Globaltrackindo Profesional Sistem (GPS).

Juragan GPS memiliki tiga produk yakni tipe GT 06N dan GT303 untuk sepeda motor dan mobil, serta GT103 untuk truk dan bus.

Tidak hanya berfungsi sebagai monitoring aset, produk ini turut berperan sebagai provider yang memberikan solusi lengkap dalam bidang Fleet Management Transportasi.

Artinya, pergerakan kendaraan yang terpasang GPS Tracker bisa terpantau secara lengkap, mulai dari laporan jarak tempuh hingga estimasi penggunaan bahan bakar.

Selain itu, jika kendaraan keluar dari zona yang telah ditentukan maka akan ada notifikasi yang masuk ke aplikasi.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Briyan Alamanda selaku Head of Operation Juragan GPS mengatakan, Juragan GPS telah mempersiapkan produk dan teknologi untuk dapat bertahan pada iklim di Indonesia, baik dari panasnya cuaca hingga besarnya curah hujan yang mengakibatkan banjir.

“Banjir menjadi salah satu perhatian yang sangat penting bagi kami. Untuk itu setiap unit Juragan GPS telah melewati pengujian akan ketahanan terhadap air bahkan metode pengetesan dilakukan dengan memasukkan produk ke dalam air sedalam lima meter dan hasilnya masih berfungsi dengan baik,” jelas Briyan dalam keterangan resminya.

Lebih lanjut ia menyebutkan, Juragan GPS memberikan garansi software dan hardware untuk tiap produknya.

“Untuk garansi penggantian unit baru berlaku selama satu tahun untuk tipe GT 06N dan GT303 (roda dua dan roda empat). Sementara varian GT103 untuk kendaraan jenis truck dan bus memiliki garansi selama dua tahun,” katanya.

Mengenai harga, GPS Tracker GT 06N untuk sepeda motor dilepas seharga Rp 1,1 juta dengan garansi 1 tahun, free abodemen data selama 2 bulan serta free instalasi.

“Sedangkan varian GPS Tracker berkode GT 303 dihargai Rp 1,4 juta dengan garansi 1 tahun, free abodemen data 3 bulan dan gratis jasa pemasangan,” pungkas Briyan.

Luhut Sindir soal Harga Telur, Timses Prabowo Singgung Raja Impor

Jakarta – Ekonom sekaligus anggota Dewan Pakar Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dradjad Wibowo menilai wajar kritikan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan terhadap rencana capres Prabowo Subianto pangkas harga telur dalam 100 hari. Sebaliknya Dradjad menilai pemerintah tak mampu mengamankan harga pangan dalam kurun waktu 4 tahun terakhir.

“Harga pangan ini memang keberpihakan Prabowo-Sandi. Jadi saya maklum jika Menko Luhut menyindir, protes dan lain-lain karena, selama 4 tahun pemerintahan Presiden Jokowi tidak mampu mengamankan harga pangan,” kata Dradjad saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Sabtu (23/2/2019).

“Selama 4 tahun, pemerintah tidak menunjukkan keberpihakan harga pangan yang solid seperti Prabowo-Sandi,” sambung politikus PAN itu.

Dradjad menegaskan jika Presiden Jokowi tidak bisa menekan atau menurunkan harga telur cs, maka sebaiknya ditanyakan langsung kepada Menteri Perdagangan.

“Silakan tanya pemerintah berpihak kepada siapa. Silakan cek siapa saja raja-raja impor dan mafia pangannya,” ujar dia.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengkritik tokoh yang berjanji akan turunkan harga beras hingga telur dalam waktu 100 hari. Menurut Luhut justru yang terpenting adalah menjaga keseimbangan harga.

Luhut menegaskan jika harga bahan pangan dipaksa untuk diturunkan, maka nasib petani dan peternak justru akan tertekan.

“Orang bilang mau nurunin beras, beras diturunin beras, gula diturunin, telur murah, lah petaninya? Kalau berasnya terlalu murah ya costnya ada,” ujar Luhut dalam acara Lecture Series on Indonesia’s Maritime Diplomacy: The Current Challenges di Auditorium Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta, Jumat (22/2/2019).

(hek/hns)

4 Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia U-22 Atas Kamboja

Jakarta Timnas Indonesia U-22lolos ke semifinal Piala AFF U-22 2019 setelah menang 2-0 atas Kamboja di laga terakhir Grup B di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (22/2/2019). Kemenangan tersebut memiliki sejumlah arti bagi Tim Garuda Muda.

Sebelum menghadapi Kamboja, Timnas Indonesia U-22 dalam kondisi tertekan karena masih bersaing ketat dengan Malaysia dan Myanmar untuk lolos ke semifinal sebagi runner-up Grup B. Satu tempat di semifinal dari juara Grup B sudah dipastikan oleh Kamboja yang meraih dua kemenangan atas Malaysia dan Myanmar di dua laga sebelumnya.

Kemenangan atas Kamboja menjadi harga mati bagi tim asuhan Indra Sjafri itu untuk melangkah semifinal. Berkat dua gol yang dicetak Marinus Wanewar, Tim Garuda Muda berhasil mengamankan tempat di semifinal meski di pertandingan Grup B lainnya Malaysia menang 1-0 atas Myanmar.

Kamboja yang berhasil membungkam Malaysia dan Myanmar seakan tidak berdaya menghadapi serangan bergelombang yang dilakukan Osvaldo Haay dkk. Bahkan para pemain depan mereka sampai frustrasi untuk bisa menembus pertahanan Tim Garuda Muda yang dikawal Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika, dan Asnawi Mangkualam.

Penampilan baik Awan Setho di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-22 membuat para pemain tim tuan rumah semakin frustrasi sepanjang pertandingan. Pada akhirnya Kamboja tetap bisa tersenyum karena sudah memastikan diri melangkah ke babak empat besar Piala AFF U-22 2019 sebagai juara Grup B.

Beberapa hal menarik dirangkum Bola.com dari hasil pertandingan antara Timnas Indonesia U-22 kontra Kamboja.

2 dari 5 halaman

Marinus Wanewar Cetak 2 Gol Dalam 1 Laga untuk Timnas Indonesia

Dua gol yang dicetak Marinus Wanewar dalam pertandingan kontra Kamboja menjadi sebuah momen yang sangat berharga bagi pemain asal Papua tersebut. Dua golnya ke gawang Kamboja tak hanya membawa Timnas Indonesia U-22 lolos ke semifinal Piala AFF U-22 2019, tapi juga membuktikan ketajaman dirinya sebagai seorang striker.

Dalam pertandingan kontra Kamboja, Marinus Wanewar untuk pertama kalinya berhasil mencetak dua gol dalam satu pertandingan untuk Timnas Indonesia. Sebuah fakta yang membuktikan Marinus Wanewar mampu menjadi striker yang tajam di kotak penalti lawan.

Piala AFF U-22 2019 menjadi turnamen kedua yang dijalani Marinus Wanewar bersama Tim Garuda Muda. Sebelumnya, Marinus Wanewar memperkuat Timnas Indonesia U-22 untuk pertama kalinya pada SEA Games 2017 asuhan Luis Milla.

Tercatat dalam turnamen pertamanya pada Agustus 2017 itu, Marinus Wanewar hanya berhasil mencetak satu gol. Yang menarik, satu-satunya gol yang dicetak Marinus dalam turnamen itu terjadi saat Timnas Indonesia U-22 menang tipis 1-0 atas Timor Leste, di mana golnya menjadi sangat penting saat itu.

Laga kontra Malaysia di Piala AFF U-22 2019, Rabu (20/2/2019), menjadi laga di mana Marinus berhasil kembali mencetak gol untuk Tim Garuda Muda setelah 2018 tak memperkuat tim nasional. Akhirnya dua gol Marinus ke gawang Kamboja menambah pembendaharaan golnya untuk Timnas Indonesia.

3 dari 5 halaman

Marinus Bersaing dengan Striker Vietnam untuk Menjadi Top Scorer Piala AFF U-22 2019

Tak hanya berhasil membuktikan kualitasnya sebagai seorang striker yang tajam di lini depan, Marinus Wanewar yang mencetak dua gol ke gawang Kamboja juga memantapkan namanya di daftar pencetak gol terbanyak sementara Piala AFF U-22 2019.

Dengan tambahan dua gol ke gawang Kamboja, sejauh ini Marinus sudah mencetak tiga gol di Piala AFF U-22 2019. Pemain asal Papua itu untuk sementara berada di daftar teratas pencetak gol bersama striker Vietnam, Tran Danh Trung.

Seperti halnya Marinus, striker muda Vietnam yang masih berusia 18 tahun itu juga awalnya hanya mencetak satu gol di pertandingan pertama Vietnam kontra Filipina. Saat itu Vietnam menang 2-1. Dua gol tambahan dicetak Tran Danh Trung saat Vietnam menang telak 4-0 atas Timor Leste di laga kedua.

Dengan bersaing di daftar pencetak gol sementara Piala AFF U-22 2019, Marinus Wanewar pasti termotivasi untuk terus memberikan yang terbaik bagi Timnas Indonesia U-22. Setidaknya, Marinus harus bisa membuktikan dirinya lebih baik daripada Tran Danh Trung ketika Timnas Indonesia U-22 dan Vietnam berhadapan di semifinal.

4 dari 5 halaman

Kamboja Kebobolan untuk Pertama Kalinya di Piala AFF U-22 2019

Dua gol yang dicetak Marinus Wanewar ke gawang Kamboja tak hanya menjadi bukti ketajaman dirinya sebagai striker Timnas Indonesia U-23. Namun, dua gol tersebut menjadi pil pahit bagi Kamboja yang dalam dua pertandingan pertama mereka sama sekali tidak kebobolan.

Momen umpan silang yang dilepaskan Witan Sulaeman ke jantung pertahanan Kamboja pada menit ke-19 menjadi mimpi buruk bagi tim tuan rumah. Meski sempat merasa berhasil menggagalkan peluang Timnas Indonesia U-22, keuletan Marinus Wanewar mencari bola dan menceploskannya ke gawang Kamboja menjadi akhir dari sebagian cerita bahagia tim tuan rumah.

Gol tersebut mencoreng catatan positif Kamboja di Piala AFF U-22 2019. Tim tuan rumah itu sebelumnya berhasil mencatatkan cleansheet dalam dua pertandingan pertama mereka.

Kamboja berhasil mengamankan gawangnya dari serbuan pemain muda Malaysia di pertandingan pertama Grup B Piala AFF U-22 pada Senin (18/2/2019). Saat itu Kamboja berhasil meraih tiga poin pertama berkat kemenangan tipis 1-0.

Cleansheet Kamboja berlanjut di pertandingan kedua. Tim asuhan Felix Dalmas itu berhasil menjaga gawangnya tetap perawan di laga kedua yang berakhir dengan kemenangan 2-0.

Marinus Wanewar berhasil mematahkan tren positif tim tuan rumah dengan dua gol yang dicetaknya di pertandingan terakhir Grup B Piala AFF U-22.

5 dari 5 halaman

Meski Kalah dari Indonesia, Kamboja Cetak Sejarah Lolos dari Fase Grup

Meski berstatus menjadi tuan rumah dalam Piala AFF U-22 2019, tak banyak yang berpikir Kamboja bisa berbicara banyak di turnamen Asia Tenggara pertama di kategori usia di bawah 22 tahun itu. Banyak yang memprediksi perebutan menuju semifinal hanya melibatkan Timnas Indonesia U-22, Malaysia, dan Myanmar.

Namun, Kamboja justru membuat kejutan sejak pertandingan pertama. Kamboja berhasil menang tipis 1-0 atas Malaysia yang berlanjut dengan kemenangan 2-0 atas Myanmar di laga kedua.

Dua kemenangan tersebut sudah cukup bagi Kamboja untuk memastikan diri melangkah ke semifinal Piala AFF U-22 2019. Sejak awal, apa pun hasil pertandingan kontra Timnas Indonesia, Kamboja sudah mencetak sejarah dengan melangkah lolos ke babak empat besar. Itu menjadi hal belum pernah mereka lakukan dalam sejarah sepak bola mereka di level Asia Tenggara.

Kamboja akan menghadapi Thailand dalam pertandingan semifinal Piala AFF U-22 2019. Pertandingan tersebut akan digelar pada Minggu (24/2/2019).

Top 3 Tekno: Apakah Galaxy S10 Plus Layak Dibeli Jadi Sorotan

Liputan6.com, Jakarta – Berdasarkan informasi peluncuran di San Francisco, Amerika Serikat pada 20 Februari 2019 waktu setempat, Galaxy S10 Plus bakal menjadi seri paling mahal dari tiga seri Galaxy S10 yang diumumkan.

Dengan banderol harga mencapai Rp 24 juta, apakah smartphone seri terbaru milik Samsung itu layak dibeli? Artikel itu nyatanya menyedot perhatian pembaca kanal Tekno Liputan6.com pada Jumat (22/02/2019).

Selain itu, dua artikel lain yang tak kalah menarik perhatian pembaca adalah harapan PSN agar Indonesia swasembada broadband internet, dan tips mendapatkan kata sandi Gmail.

Lebih lengkap, simak rangkuman ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Dijual Rp 24 Juta, Apa Samsung Galaxy S10 Plus Layak Dibeli?

Menjajal Samsung Galaxy S10 Plus di Indonesia. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Samsung Galaxy S10 Plus resmi diluncurkan di San Francisco, Amerika Serikat, bersama dengan dua saudaranya, Galaxy S10 dan Galaxy S10e.

Galaxy S10, Galaxy S10 Plus, dan Galaxy S10e mulai bisa dipesan di Indonesia melalui jalur pre-order pada 22-28 Februari 2019. Dari ketiga smartphone tersebut yang paling mahal adalah Galaxy S10 Plus.

Galaxy S10 Plus dengan RAM 12GB dan memori internal 1TB ditawarkan dengan harga Rp 23,999 juta, varian RAM 8GB dan memori internal 512GB Rp 18,499 juta, serta model RAM 8GB dan memori internal 128GB Rp 13,999 juta.

Selengkapnya baca di sini

2 dari 2 halaman

2. Harapan PSN, Indonesia Bisa Swasembada Broadband

Direktur Jaringan PSN, Heru Dwikartono, jumpa pers peluncuran satelit Nusantara Satu di Jakarta, Jumat (22/2/2019). Liputan6.com/ Agustinus M. Damar

PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) baru saja mengumumkan peluncuran satelit Nusantara Satu. Peluncuran satelit ini merupakan upaya PSN untuk ikut memancarkan jaringan internet ke seluruh Indonesia.

Menurut Direktur Jaringan PSN, Heru Dwikartono, saat ini diperkirakan masih ada sekitar 25 ribu desa yang belum mendapatkan akses internet. Karenanya, peluncuran satelit Nusantara Satu dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

“Dengan adanya satelit diharapkan dapat memberikan layanan broadband internet untuk desa-desa tersebut. Dengan rencana peluncuran satelit Nusantara Dua dan Nusantara Tiga, Indonesia dapat melakukan swasembada broadband,” tuturnya saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Selengkapnya baca di sini

3. Lupa Kata Sandi Gmail? Ini Cara Mudah Untuk Mendapatkan Sandi Baru

Ilustrasi Gmail. Foto: mashable.com

Gmail merupakan layanan email gratis yang paling populer saat ini. Kebanyakan orang lebih cenderung memilih Gmail dibanding penyedia layanan email yang lain, dengan alasan bahwa satu akun Gmail dapat digunakan untuk mengakses seluruh produk yang disediakan oleh Google, seperti Google Plus, Google Drive, dan lain sebagainya.

Akun Gmail atau Google memang penting banget buat saat ini. Namun, jika kamu sedang membaca artikel ini berarti kamu sedang ada masalah dengan akun email kamu saat ini. Mungkinkah saat ini kamu sedang mengalami kesulitan karena lupa kata sandi Gmail kan?

Tentunya ada banyak alasan kenapa seseorang lupa kata sandi Gmail, bisa saja dalam jangka waktu yang lama tidak membuka akun Gmail, lalu tidak ingat lagi password Gmail-nya atau kamu lupa kata sandi Gmail dengan berbagai alasan lainnya.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Daftar Harga Mobil Datsun Go Terbaru, Lengkap dengan Spesifikasi

Liputan6.com, Jakarta Datsun merupakan merk mobil yang sudah lama berkiprah di dunia otomotif. Bukan pertama kalinya Datsun muncul ke pasaran. Datsun adalah sebuah merk yang dimiliki oleh Nissan dan mulai menjual mobil dari 1958 sampai 1986. Setelah itu merk Datsun akhirnya dihentikan produksinya dan merknya dimatikan oleh Nissan menjadikan Datsun merk mobil yang kurang dikenal pada abad millennium ini. 

Lalu pada 2012 Nissan memutuskan untuk kembali menghidupkan brand yang pernah besar namanya karena mobil seri Fairladynya ini di Indonesia, India, Rusia, dan Afrika Selatan.

Walau baru muncul kembali di dunia otomotif, Datsun tidak kesusahan untuk mendapatkan perhatian karena nama besar Nissan yang ada di belakang Datsun mampu memberikan efek positif yang impresif. Sebagai merk yang baru rekor penjualan Datsun Go secara global mampu menembus angka 100 ribu unit setahun setelah rilis.

Datsun Go sendiri sebagai mobil LCGC mampu merebut pasar karena harganya  bersahabat dengan budget. Walau banyak yang meragukan Datsun Go pada waktu rilis namun perlahan banyak orang yang akhirnya memilih mobil ini.

Harga Datsun Go pada waktu rilis berada di bawah Rp 100 juta untuk tipe paling dasar. Membawa mesin 1.2L yang mampu menghasilkan tenaga 50kw/5000rpm dan torsi 104Nm/5000rpm yang sudah mumpuni untuk memberikan tenaga ke mobil yang sanggup memuat 7 penumpang ini.

Desain Datsun Go ini sekilas mirip dengan Nissan Grand Livina namun Datsun Go memang tampak kurang mewah karena desainnya yang dibuat agar lebih kompak.

2 dari 5 halaman

Datsun Terus perbarui desain

Datsun pun senantiasa melakukan perubahan dan peningkatan terhadap mobilnya ini. Maka dari itu harga Datsun Go 2019 pun sedikit naik dari harga ketika pertama rilis. Hal ini tidak menjadi masalah besar karena harga Datsun Go 2019 walau naik tapi tidak ada modelnya yang sampai menyentuh 150 juta.

Tentunya hal ini masih merupakan nilai plus terbesar yang dimiliki Datsun Go, versi paling mahalnya saja tidak sampai 150 juta. Desain interior maupun eksterior tidak dilewatkan begitu saja oleh Datsun untuk menekan harga Datsun Go 2019.

Desain eksterior yang memiliki grille chrome dan interior dengan aksen beige pun semakin menambah nilai plus dari mobil yang satu ini.

3 dari 5 halaman

Interior dan eksterior

Interior Mobil Datsun Go 2019

Melihat interior dari mobil Datsun Go 2019 memang cukup menarik. Pasalnya permainan warna yang tersaji pada kabin memberikan kesan mewah dan sporty. Perpaduan warna tersebut adalah warna hitam dan silver.

Tidak hanya tampilan yang bagus, kabin dari mobil Datsun Go 2019 ini juga dirancang untuk memberikan kenyamanan pada pengendara. Hal ini terlihat dari kursi depan yang dirancang sangat nyaman diduduki walaupun dalam keadaan menikung.

Selain itu, juga terdapat tempat penyimpanan yang memudahkan pengendara menyimpan barang bawaannya. Tak hanya interiornya yang bagus. Bagian eksterior mobil Datsun Go juga tak kalah bagusnya.

Eksterior Mobil Datsun Go 2019

Nah, untuk warnanya sedniri mobil Datsun Go 2019 memiliki 5 pilihan warna seperti silver, black, white, grey, dan ruby red. Cukup banyak dan memiliki warna yang cukup bagus jika diaplikasikan pada sebuah mobil.

Warna pada mobil Datsun Go 2019 ini merupakan identitasnya. Akan tetapi, tidak hanya itu, identitas lainnya yang menonjol dari mobil Datsun Go 2019 ini adalah headlamp. Desain headlamp mobil Datsun Go 2019 ini memberikan karakter berbeda untuk sebuah mobil. Desainnya cukup keren karena dirancang dengan mode 3D.

Selain itu, eksterior lainnya yang tak kalah keren adalah grill pada mobil Datsun Go 2019. Grill tersebut didesain dengan garis-garis yang futuristic dan kokoh. Apalagi desainnya semakin mewah dengan garis batas yang dilapisi krom.

Pada sisi velg ban pun juga cukup bagus untuk menunjang penampilan mobil Datsun Go 2019. Velg ban mobil Datsun Go 2019 menggunakan velg alloy 14 inci. Ditambah dengan corak dari velg ban, cukup menambah kesan keren pada mobil Datsun Go 2019 ini.

4 dari 5 halaman

Mesin dan sistem keamanan

Mesin Mobil Datsun Go 2019

Mobil Datsun Go 2019 menggunakan mesin 3 silinder yang diklaim menjadi mesin yang lebih baik dengan mesin 4 silinder. Hal ini dikarenakan efisiensi termal dan gesekan pada mesin mobil Datsun Go 2019 lebih baik dari mesin 4 silinder. Adanya mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimun sebesar 67 Hp dan torsi maksimal sebesar 104 Nm. Cukup bertenaga untuk mobil dengan segmen LCGC.

Mobil Datsun Go memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup efisien dan irit. Pasalnya dengan bahan bakar satu liter sudah bisa menempuh jarak 20.6 km.

Keamanan Mobil Datsun Go 2019

Mobil Datsun Go 2019 sebagai mobil yang mempunyai harga murah dan ramah lingkungan, memiliki fitur keselamatan yang cukup banyak. Datsun Go 2019 sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan airbag yang berguna untuk menghindarkan pengendara dari benturan yang terjadi akibat kecelakaan.

Tidak hanya fitur keselamatan bagi orang dewasa, untuk anak-anak pun juga ada, yaitu child safety locks. Selain itu, mobil ini juga sudah ditunjang dengan sensor crash dan pelindung-pelindung lainnya dari benturan. Adanya fitur keselamatan seperti ini dan dengan harga mobil Datsun Go yang murah, pastinya mobil ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki.

5 dari 5 halaman

Spesifikasi dan harga

Spesifikasi Mobil Datsun Go 2019

Harga mobil Datsun Go 2019 yang murah, tetapi tetap memiliki spesifikasi yang mumpuni. Hal ini terbukti dengan desain eksterior dan interior dari Datsun Go 2019 yang cukup keren. Tidak hanya itu juga performa mesin, serta fitur keselamatan yang diusung Datsun Go 2019. Tetapi rasanya kurang jika tidak mengetahui spesifikasi lengkap dari Datsun Go 2019.

Berikut spesifikasi lengkap Datsun Go 2019:

Memiliki tenaga 67 hp, torsi 104 Nm. Menggunakan bahan bakar bensin, memiliki kapasitas tempat duduk 5 kursi, dan 5 pintu.

Panjang 3788 mm, lebar 1636 mm, tinggi 1507 mm. Girboks 5-Speed. Menggunakan transmisi manual. Memiliki 3 silinder, dan katu per silinder ada 4.

Jenis ban radial, ukuran velg R13, dan menggunakan electric power untuk kemudinya.

Harga Mobil Datsun Go Baru 2019

Harga mobil Datsun Go 2019 yang masih di bawah 150 juta untuk versi paling mahalnya tentu merupakan mobil dengan harga yang paling bersahabat yang ada di pasaran saat ini. Dengan harga mobil  Datsun Go 2019 dan fitur serta performa yang ditawarkan sulit rasanya untuk tidak mempertimbangkan mobil yang satu ini.

Harga mobil Datsun Go terbilang murah, sekitar Rp 130 jutaan untuk kondisi baru. Sedangkan untuk kondisi bekas tentu bisa mendapatkan harganya lebih murah.

Berikut Liputan6.com lampirkan harga mobil Datsun Go:

Tipe All New Datsun Go D – MT : Rp 105.040.000

Tipe All New Datsun Go A – MT: Rp113.290.000

Tipe All New Datsun Go T – MT: Rp125.190.000

Tipe All New Datsun Go T-Active – MT: Rp128.790.000

Tipe All New Datsun Go A – CVT: Rp129.490.000

Tipe All New Datsun Go T – CVT: Rp141.640.000

Tipe All New Datsun Go T – Active CVT: Rp145.240.000