Harga Emas Melemah Imbas Masalah Italia

Italia masih berdebat dengan pejabat Komisi Eropa sehingga mempengaruhi imbal hasil obligasi Jerman dan Italia. Hal itu didorong kekhawatiran investor terhadap dampak anggaran Italia akan berimbas ke wilayah lainnya. Imbal hasil obligasi mencapai 3,37 persen.

“Harga emas mendapatkan dukungan dari peningkatan pelaku pasar hindari risiko sebagaimana terlihat bursa saham AS yang melemah. Konflik Italia dan Uni Eropa atas anggaran rancangan Italia pada 2019 juga terus meningkat. Pertanyaannya bagaimana utang Italia, terutama jika imbal hasil obligasi terus naik,” ujar Fritsch.

Harga emas berjangka menguat 0,6 persen selama sepekan. Sedangkan sepanjang Oktober 2018, harga emas mendaki 2,8 persen. Pada tahun berjalan 2018, harga emas turun sekitar tujuh persen.

“Secara teknikal, emas memiliki keunggulan jangka pendek. Jeda minggu ini tidak bearish,” ujar Analis Senior Kitco.com, Jim Wyckoff.

Ia menuturkan, harga emas berada di posisi resistance USD 1.250. Sementara itu, harga perak untuk pengiriman Desember menguat 0,3 persen ke posisi USD 14,65 per ounce.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pentingnya investasi sejak dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *