Apa Kata Netizen di Debat Kedua Capres Jokowi Vs Prabowo?

Liputan6.com, Jakarta – Debat capres dan cawapres 2019 memasuki putaran kedua. Ada perbedaan yang cukup mencolok untuk debat yang berlangsung di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu 17 Februari 2019 ini.

Untuk debat putaran kedua ini, yang akan bertarung hanyalah capres dari kedua belah pihak yakni Jokowi dan Prabowo. Debat yang dipandu oleh Moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki ini akan membahas beberapa topik penting, yakni Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup.

Debat akan dimulai pada pukul 20.00 WIB hingga selesai, serta terdiri dari enam segmen. Segmen pertama adalah segmen penyampaian visi-misi, sementara segmen kedua dan ketiga berupa pertanyaan dari tim panelis. Selanjutnya segmen keempat merupakan debat ekploratif dengan pemantik diskusi dengan tayangan video dari tim panelis.

Segmen kelima menjadi ajang kedua kandidat saling mengajukan pertanyaan bebas yang mengacu pada tema. Ditutup dengan segmen keenam yang merupakan pernyataan penutup dari kedua kandidat.

Penasaran seperti apa respons publik, khususnya para pengguna jejaring sosial mengenai debat capres putaran kedua ini? Berikut pantauan tim Citizen6-Liputan6.com, di lini masa Twitter, Minggu (17/2/2019).


2 dari 4 halaman

Visi dan Misi

Kedua paslon presiden telah menyiapkan visi dan misi yang akan ditawarkan ke publik di Pilpres 2019. Adapun visi Prabowo yang mendapat kesempatan pertama untuk putaran kedua ini yakni menjanjikan bangsa Indonesia agar bisa berdiri di atas kaki sendiri. Prabowo mengatakan akan menyediakan pupuk, menurunkan harga listrik.

“Masalah terbesar kita adalah kekayaan tidak tinggal di antara kita,” ujar Prabowo.

Sementara Jokowi mengatakan akan mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil. Jokowi juga mengucapkan terima kasihnya pada petani jagung yang telah melakukan lompatan besar produksi. Tak lupa, Jokowi menyinggung soal tidak adanya lagi bencana kebakaran hutan.

Berikut respons netizen mengenai visi-misi kedua paslon presiden pada debat kedua tersebut.

“Smgt buat translator bahasa isyarat ❤️ #DebatPilpres2019,” tutur @Mcnsterkisses.

“Kalau #DebatPilpres2019 lagi iklan, kedua paslon sama host nya pada ngapain yak? Main ludo kali ya hmm,” cuit @JulianKersa_.

“Tommy Tjokro tampan sekali yatuhaannnn~ #DebatPilpres2019 #DebatSebel,” cuit @kekemeidy.

“Yg paling gak asik dari #DebatPilpres2019 ini ya iklan.. Acara sebesar dan sepenting ini…masih aja dijejali iklan,” cuit @Irv4nory.

“Kang, terima kasih atas tutorial menyanyikan Indonesia Raya bagi pria dengan pita suara Rock. @armandmaulana #DebatPilpres2019,” ujar @boom2s.

“ayo bijak melihat visi misi capres. saling menghargai, apapun pilihannya, kita dukung secara fair #DebatPilpres2019,” cuit @martajatmika.

“Got duku for sustenance, and my bahasa indonesia dictionary ready for when my limited language knowledge fails me! Ready for #DebatPilpres2019 #Debatke2,” ujar @cam_theron.

“Tak ada tipi pun tak apa,demi #DebatPilpres2019,” tukas @DeasyCii.

“Akhirnya ada capres yg nyebut komitmen pengurangan sampah plastik.. #Debatpilpres2019,” cuit @pijareligia.

“Entah kenapa ku lebih tertarik mantengin komenan netizen daripada nonton debatnya langsung 😂 #DebatPilpres2019,” cuit @xingri1001

3 dari 4 halaman

Segmen Kedua

Pada segmen kedua, kedua capres menjawab pertanyaan dari panelis. Capres Jokowi mendapat kesempatan pertama diikuti Prabowo. Berikut respons netizen.

“Kami mau Ira Koesno!!! #DebatPilpres2019,” cuit @ateqahmad.

“enaknya sih kalo debat gausah dipakein waktu, biar jelasin nya selesai dan gak ngegantung #debatpilpres2019,” cuit @gianmegantara.

“Menarik mengamati retorika dan pilihan diksi kedua belah pihak dalam #DebatPilpres2019 kedua ini,” tutur @lalusastra.

“Nonton debat capres itu lebih cenatcenut ketimbang nontonin doi yg ketauan selingkuh😣 #DebatPilpres2019,” cuit @firdausha2.

“Serangan pertama prabowo mudah dipatahkan, tim kurang mempersiapkan data empirik. #DebatPilpres2019,” cuit @justredy.

“21.51 seperti biasa pak @jokowi hadir dengan narasi optimis tapi tetap anti kritik, tidak mengakui kekurangan, pak @prabowo pandai mengkritik tapi tanpa solusi konkrit #DebatPilpres2019 membosankan,” ungkap @rsetyawan_.

“tuhkaan bener #DebatPilpres2019 cuma jadi konten buat twitter dari masing-masing kita…mending ngopi yuuuk,” cuit @diikalesmana.

“Prabowo: I am not pessimistic but super optimistic, that palm oil can be helpful. But also need to take care of people. Need to make sure people benefit from their products and hard work. Palm oil also good for source of energy sufficiency. #DebatPilpres2019,” cuit @YohanesSulaiman.

“Nonton #DebatPilpres2019

20% dengerin capres ngomong. 80% dengerin “harap tenaang harap tenaaaang,” cuit @audipras.

“Mohon Tenang ! Mohon Tenang !…Ih aku cium gera. Gemesss,” cuit @Farhanmasykur.

4 dari 4 halaman

Segmen Ketiga

Untuk segmen ketiga, masih merupakan tanya-jawab antara kedua capres dengan paduan pertanyaan dari tim panelis dengan teman sumber daya alam dan lingkungan hidup. Berikut respons netizen.

Sandiaga Harap Tak Ada Singkatan Istilah di Debat Capres Kedua

Liputan6.com, Jakarta Cawapres Sandiaga Uno Ingin tidak ada penggunaan singkatan yang awam dikenal publik saat debat capres kedua, Minggu malam nanti. Dia ingin perdebatan gagasan dan pesan kedua capres bisa dipahami masyarakat.

“Singkatan itu timbul di 2014 dan di waktu 2017 (debat pilgub) juga. Saya sampaikan bahwa singkatan singkatan tersebut nanti diklarifikasi saja, jangan kita tanyakan sebagai bentuk hafalan,” kata Sandiaga, Jakarta, Sabtu 16 Februari 2019 malam.

“Karena kita inginnya bahwa singkatan singkatan tersebut juga dimengerti oleh masyarakat, karena mayoritas masyarakat Indonesia gak mengerti singkatan-singkatan itu,” sambungnya.

Sandi menyatakan, Prabowo akan menyampaikan gagasannya secara gamblang tanpa singkatan yang awam didengar publik. Dalam debat Prabowo akan fokus pada gagasan ekonomi yang berkaitan dengan tema debat.

“Jadi ini bukan mengenai hafal hafalan tapi lebih bagaimana gagasan besar Pak Prabowo yang berbeda dengan Jokowi berkaitan dengan pembangunan infrastruktur, bagaimana membangun swasembada pangan energi, lapangan kerja, harga bahan pokok terjangkau,” tuturnya.

Dia menambahkan, Prabowo akan rileks. Sebelum debat, Mantan Danjen Kopassus itu akan menggelar simulasi debat di kediamannya, Kertanegara bersama tim Badan Pemenangan Nasional. Dalam simulasi, Sandi akan berperan sebagai Jokowi.

“Kemarin kalau kita lagi simulasi dia banyak ketawa-ketawa, terus saya bilang bapak udah ngerti semuanya. Saya hanya ingin menambahkan data data terakhir dan tentunya saya berperan sebagai Pak Jokowi begitu yang memberikan pertanyaan kepada beliau dan nampaknya beliau siap,” paparnya.

“Besok simulasi terakhir di Kertanegara, kita Insyaallah sudah siap dan lancar,” pungkas Sandiaga.

2 dari 2 halaman

Kasus TPID

Pada debat Pilpres 2014 silam, capres Jokowi melontarkan pertanyaan kepada rivalnya Prabowo Subianto soal peranan TPID. Prabowo yang bukan berlatar birokrat lantas kelabakan. 

“Singkatan TPID itu apa?” tanya Prabowo. “TPID adalah Tim Pemantauan dan Pengendalian Inflasi Daerah,” jelas Jokowi. 

Mendapat penjelasan seperti itu, Prabowo jujur mengakui tidak menguasai banyak singkatan ekonomi. Sejurus kemudian, dia merespon bahwa fungsi TPID harus dijalankan oleh kepala daerah. “Manajemennya kepala daerah masing-masing,” katanya.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Bontang Bakal Jadi Kota Gas

Liputan6.com, Jakarta – Sebanyak 5.005 sambungan jaringan gas (jargas) rumah tangga di Kota Bontang, Kalimantan Timur resmi beroperasi. Hal ini untuk mewujudkan Kota Bontang menjadi City Gas pada 2020, dimana seluruh masyarkatnya sudah menggunakan bahan bakar untuk kebutuhan sehari-harinya.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, Program city gas itu sudah berjalan di tiga wilayah, pertama Prabumulih, yang kedua Tarakan dan yang ketiga Bontang, di Kalimantan Timur.

“Banyak gas-nya, masak tidak bisa buat city gas,” kata Jonan, di Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Usulan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur dan Bontang sangat mungkin untuk direalisasikan, mengingat Kota Bontang memiliki sumber gas yang cukup besar tingga melengkapinya dengan pipa distribusi untuk mengalirkannya ke masyarakat.

“Jika Pemerintah Kalimantan Tiimur mengusulkan jaringan gas kota, selama ada pipa transmisinya mak itu akan cepat direalisakan karena Pemerintah mengoptimalkan potensi sumber daya alam setempat sesuai dengan harapan Presiden Republik Indonesia yang akan dituangkan dalam Peraturan Presiden, dan jika sudah disetujui inshaa Allah keinginan menjadikan Bontang sebagai city gas dapat terwujud,” jelas Jonan.

Jonan menegaskan, pentingnya sinergi dari Pemerintah Daerah, DPR dan Pemerintah Pusat dalam mewujudkan program jaringan gas kota, untuk memberikan akses energi yang lebih murah dan bersih bagi masyarakat.

“Kalau ketiga lembaga tidak kompak, nanti implementasinya juga susah, jadi mohon dukungannya” harap Jonan kepada para Anggota DPR dan Pemerintah Daerah agar bisa terus bersama memajukan masing-masing daerah,” tuturnya.

2 dari 3 halaman

Harus Diikuti Kota Lain

Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, menambahkan, keinginan menjadikan Bontang sebagai City Gas pada 2020 harus diikuti pula dengan kota-kota lainnya di Provinsi Kalimantan Timur, seperti Samarinda dan Balikpapan. Sehingga menjadikan Kalimantan Timur sebagai provinsi pertama yang menyandang predikat sebagai City Gas pertama di Indonesia.

“Setelah Bontang, kota –kota lainnya di Kalimantan Timur seperti Samarinda dan Balikpapan juga akan menggunakan gas bumi sebagai bahan bakar sehingga harapan Kami nanti Kalimantan Timur menjadi provinsi pertama sebagai provinsi City Gas,”ujar Hadi.

Walikota Bontang Neni Moerniaeny menyampaikan, harapannya untuk menjadikan Bontang menjadi City Gas, bukan tanpa alasan, karena Bontang merupakan Kota penghasil gas yang cukup besar dengan infrastruktur gas relatif sudah memadai, dari 15 kelurahan yang ada tinggal 1 kelurahan saja yang belum ada infrastruktur jaringan gas kota.

“Saya ingin perjuangkan insya Allah Bontang tahun 2020 bisa dideklarasikan sebagai City Gas, semuanya teraliri gas, kita melihat api atau asap PT Badak setiap hari masa kita susah cari yang LPG 3 kilo, tapi berkat komitmen dari bapak Jokowi harapan itu dapat terwujud” harap Neni.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sang Gitaris Putuskan Bersolo Karier, Bagaimana Nasib D’Bagindas?

Liputan6.com, Jakarta – Gitaris D’Bagindas, Michael Christian, memberikan dobrakan baru di dunia permusikan Tanah Air. Ia memutuskan untuk merintis karier lewat jalur solo.

Mike D’Bagindas, merilis sebuah single terbaru berjudul “Rindu Terhebat”. Kabar tersebut disampaikannya saat menggelar launching di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/2/2019).

“Hari ini alhamdulillah sangat indah sekali sebab saya bisa bersolo karier, akhirnya saya bisa rilis single ‘Rindu Terhebat’,” kata Mike D’Bagindas.

Namun keputusannya untuk bersolo karier ini tidak lantas membuat langkah D’Bagindas terhenti. Ia menegaskan bahwa D’Bagindas tetap ada, bahkan mendukung penuh langkah Mike D’Bagindas.

2 dari 3 halaman

Mendukung

“Kalau temen-temen D’Bagindas mendukung banget. Karena nggak sama. Kalau D’Bagindas itu ada nuansa Melayu, kalau saya ini pure jauh banget, influencer seperti Sheila On 7,” tutur Mike D’Bagindas. 

3 dari 3 halaman

Melebarkan Sayap

Dengan begitu, Mike D’Bagindas berharap dengan keputusannya untuk aktif bersolo karier bisa melebarkan sayapnya di dunia permusikan, “Yang pertama saya pengin melebarkan karya saya, enggak cuma di band saya, D’Bagindaz. Saya ingin memberikan karya saya di industri ini,” kata dia penuh harap.

Marc Marquez Ungkap Target Balapan di Musim 2019

Liputan6.com, Bandung – Marc Marquez menghabiskan waktunya di kota Bandung pada pekan lalu (9-10 Februari 2019). Pada kesempatan tersebut, Marc Marquez menjalankan serangkaian acara bersama Repsol Honda Team dan juga berbincang-bincang bersama wartawan nasional.

Marc Marquez yang juga berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP 2018 lalu buka-bukaan soal targetnya di tahun 2019. ” Tentu saja bukan sekedar berapa banyak balapan yang bisa saya menangkan (di tahun 2019), belajar dari Jepang 2015 saya menang lebih banyak dari balapan 2016. Dan saya tidak menjadi juara dunia karena saya tidak konsisten,” ungkap Marquez.

Baginya, memenangkan balapan merupakan hal yang penting tapi bukanlah yang utama. ” Jadi yang terpenting adalah konsisten meraih podium, dan balapan meraih posisi tertinggi. Dan untuk menjadi juara dunia, minimal harus menang 6-7 balapan,” sambungnya. 

Meski tahun lalu berhasil meraih gelar juara dunia, Marquez merasa masih ada beberapa kesalahan kecil dan hal tersebut akan diperbaiki pada tahun ini.

Marquez dijadwalkan akan kembali mengikuti tes pramusim pada 20 Februari mendatang di sirkuit Jerez, Spanyol. MotoGP musim ini akan dimulai 10 Maret mendatang.  

2 dari 3 halaman

Terkait MotoE, Marc Marquez: Saya Masih Menikmati MotoGP

Kendaraan listrik merupakan masa depan dari perkembangan dunia otomotif. Mobil atau motor listrik dinilai bisa mengurangi polusi sekaligus meningkatkan efisiensi berkendara. Bahkan tren ini pun mulai menjalar ke dunia balap, khususnya FIM Enel MotoEWorld Cup yang akan diluncurkan tahun ini oleh Dorna Sports.

Rencananya MotoE akan digelar di lima sirkuit Eropa yang diikuti oleh 18 sepeda motor. 7 tim independen masing-masing akan mendapatkan dua sepeda motor, dan empat sepeda motor diperuntukkan untuk tim Moto2 dan Moto3 yang memutuskan untuk mengikuti.






Terkait dengan hal ini, Tetsuhiro Kuwata, Honda Racing Corporation (HRC) Director pun angkat bicara. ” MotoE adalah pendekatan yang berbeda terhadap dunia balap motor. Dan ini baru menjadi titik awal pendekatan ini. Kami butuh mempertimbangkan pendekatan ini di masa depan, tapi ini terlalu cepat bagi kami. Jadi kita akan lihat apa yang terjadi di MotoE dan kami akan mempertimbangkannya di masa depan,” ungkap Kuwata saat sesi interview di hotel Harris, Bandung.

Marc Marquez pun ikut mengomentari soal MotoE. “Saya pikir atau saya harap masa depan itu masih jauh, karena saya menikmati motor ini. Saya belum mencoba motor listrik, jika disiapkan saya akan mencobanya. Tapi saat ini kita akan menjalankan MotoGP yang saya nikmati,” ungkap Marc Marquez ke wartawan.

Dikutip dari laman resmi MotoGP, suara dari MotoE akan memiliki keunikan tersendiri dan sangat berbeda. Motor elektrik akan lebih senyap, namun akan menyajikan suara yang biasanya tak terdengar akibat tertutup suara mesin konvensional. Suara yang terdengar adalah suara motor listrik membelah udara dan suara decitan akan memberikan pengalaman berbeda.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lopetegui: Saya Tak Mau Menjelek-jelekan Real Madrid

Liputan6.com, Madrid – Julen Lopetegui ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid beberapa saat setelah musim 2017/18 berakhir. Namun, kariernya bersama Los Blancos cuma seumur jagung.

Pada awalnya, Lopetegui masih punya kontak sebagai pelatih timnas Spanyol saat dia sepakat untuk jadi pelatih Real Madrid. Dia kemudian dipecat oleh pihak RFEF [Federasi Sepak Bola Spanyol].

Lopetegui menjalani awal karirnya dengan kekalahan dari Atletico Madrid di Piala Super Eropa. Setelah itu, Real Madrid sempat tampil bagus sebelum akhirnya menurun dan Lopetegui pun kehilangan jabatannya sebagai pelatih.

Tugas Julen Lopetegui sebagai pelatih Real Madrid memang tidak mudah. Sebab, dia menggantikan Zinedine Zidane yang telah memberikan tiga gelar Liga Champions beruntun. Madrid juga ditinggal oleh Cristiano Ronaldo.

Lopetegui mengeluh bahwa dia tidak mendapat waktu yang cukup untuk bisa mengubah situasi. Dia pecat pada bulan Oktober, ketika Real Madrid baru memainkan sepuluh pertandingan di ajang La Liga.

“Saya tidak punya waktu, itu adalah cara terbaik saya untuk menjelaskan situasi,” ucap Lopetegui kepada BBC.

“Kami punya awal yang bagus, tim bermain dengan baik tapi kemudian datang tiga pekan yang buruk. Anda bisa berharap punya waktu untuk menemukan solusi karena butuh keseimbangan selama satu musim,” sambungnya.

Hanya saja, waktu yang dia inginkan tidak dikehendaki oleh pihak Real Madrid. Lopetegui kehilangan jabatan setelah Madrid kalah dengan skor 5-1 dari Barcelona. “Kami sebenarnya yakin bahwa situasi ini akan berlalu,” tandasnya.

2 dari 2 halaman

Tak Salahkan Real Madrid

Julen Lopetegui tidak sakit hati meski dipecat oleh Real Madrid. Lopetegui juga tidak ingin mengatakan hal buruk ihwal mantan klubnya itu. Mantan pelatih FC Porto juga masih punya rasa hormat dengan para pemain Madrid.

“Saya sangat menghormati pelatih baru [Santiago Solari] dan juga staf baru yang dia bawa. Begitu juga para pemain, saya mencintai mereka. Mereka punya sikap yang fantastis bersama saya.”

“Saya tidak akan pernah mengatakan hal yang jelek kepada Madrid. Melatih klub adalah pemain pengalaman yang fantastis, terlepas dari apa yang terjadi. Saya harap punya waktu lebih, tapi saya fokus melihat ke depan,” tutup Lopetegui.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Persija Tanpa Marko Simic, Ivan Kolev Punya Strategi Lain

Jakarta Pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev, berusaha mencari strategi lain untuk mengantisipasi absennya Marko Simic hingga 9 April mendatang.

Marko Simic hingga saat ini masih tertahan di Australia karena dituduh melakukan pelecehan terhadap seorang wanita dalam penerbangan dari Bali menuju Sydney, Minggu (15/2/2019), saat Persija hendak bertandang ke markas Newcastle Jets menjalani pertandingan babak kedua kualifikasi Liga Champions Asia 2019.

Kabar yang beredar di Australia, paspor Marko Simic ditahan dan harus mengikuti pengadilan kedua yang dijadwalkan pada 9 April 2019. Hingga persidangan tersebut digelar, striker asal Kroasia itu tidak boleh meninggalkan Australia.

“Tentu saja kami akan menggunakan sistem yang berbeda ketika tanpa dia, dan itu yang akan kami cari. Saya cukup optimistis karena ada banyak pemain yang cukup bagus di Persija. Kualitas mereka bagus, dan saya pikir mereka bisa menggantikan Simic,” ujar Ivan Kolev usai sesi latihan Persija di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jumat (15/2/2019).

Dengan tidak adanya Marko Simic dan sudah kembalinya Beto Goncalves ke Madura United, Persija kini menyisakan Bambang Pamungkas sebagai seorang striker murni. Ivan Kolev pun menegaskan harapannya agar Persija tak kehilangan ketajaman di lini depan. “Saya harap tidak berkurang ketajaman kami di lini depan,” ujar Kolev.

Pelajari 11 Ungkapan Khas Ini Sebelum Berwisata ke Korea Selatan

Liputan6.com, Korea Selatan – Demam K-Wave –julukan budaya populer Korea– melanda banyak wilayah di dunia, tidak terkecuali Indonesia. Paparannya meluas, tidak hanya dari musik dan drama televisi, melainkan juga peningkatan minat terhadap sektor pariwisatanya.

Menurut data Korea Tourism Agency (KTO) Jakarta pada kuartal ketiga 2018, sebagaimana pernah ditulis oleh Liputan6.com, jumlah wisatawan Indonesia ke Korea Selatan tercatat berjumlah hampir 130 ribu orang.

Data tersebut menunjukkan kenaikan signifikan sebanyak 15,5 persen dari kuartal serupa di 2017 lalu.

Tiga destinasi favorit wisatawan Indonesia di Korea Selatan, masih menurut KTO, adalah Seoul, Busan, dan Pulau Jeju,

Jika Anda tertarik untuk berwisata ke Korea Selatan, pastikan juga untuk menyiapkan sedikit kemampuan berbahasa setempat, setidaknya untuk sekadar menyatakan ekspresi dasar saat berkomunikasi di sana.

Berikut adalah 13 ekspresi dasar yang perlu Anda ketahui untuk menjalin komunikasi dengan penduduk lokal saat berwisata ke Korea Selatan, sebagaimana dikutip dari Koreabridge.net pada Jumat (15/2/2019).


Simak video pilihan berikut: 

2 dari 5 halaman

1. Annyeonghaseyo

Ini adalah cara masyarakat lokal dalam mengatakan “Halo!” Atau “Hai!”. Orang Korea dikenal sangat sopan dan hormat terutama kepada orang tua. Jika Anda tidak menyapa orang yang lebih tua dari Anda, mereka akan sering menyebut Anda “tidak sopan”.

Anda juga bisa mengatakan “Annyeong!” Ketika Anda ingin mengatakan “Selamat tinggal!” Atau “Sampai jumpa!” kepada lawan bicara. Namun, angan pernah menggunakan singkatan kata ini ketika berbicara dengan orang yang lebih tua, jika Anda tidak ingin dimarahi.


2. Kamsahamnida atau Gomapsumnida

Ilustrasi Terima Kasih (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Ungkapan ini berarti “Terima kasih” dalam bahasa Korea, dan sebaiknya dilakukan dengan ekspresi yang sangat antusias.


3. Gwenchana

Adikku korban bully, dia tetap tersenyum. (Ilustrasi: huffingtonpost.com)

Anda dapat menggunakan ungkapan ini ketika ingin mengatakan “tidak apa-apa” atau “tidak masalah”.

Harap perhatikan bahwa di Korea, sangat penting untuk menggunakan kata-kata formal ketika berbicara dengan seseorang yang lebih tua dari Anda, sebagai tanda penghormatan. Dalam hal ini, Anda harus menambahkan “-yo” di akhir kata, sehigga berbunyi “Gwenchanayo” bukannya “Gwenchana”.

3 dari 5 halaman

4. Geurae

Ungkapan ini berarti “Baiklah”, yang cenderung untuk menyepakati sebuah kompromi dengan penduduk lokal, di mana seseorang setuju untuk satu pendapat.


5. Jinjja

Ilustrasi terkejut melihat pulsa berkurang | Via: bibliofilland.wordpress.com

Ungkapan ini diucapkan untuk menunjukkan rasa kaget, kurang lebih bermakna “Sungguh?” atau “Serius?”.


6. Daebak

ilustrasi makanan korea/copyright unsplash/Filippo Faruffini

Ini adalah ungakan untuk menunjukkan rasa kagum, di mana kurang lebih bermakna sebagai “luar biasa”, atau bisa juga ditujukan untuk menyebut kata “enak” pada cita rasa makanan.

4 dari 5 halaman

7. Ottoke

Biasanya ungkapan singkat ini digunakan untuk mempermudah kebingungan akan suatu hal, di mana kurang lebih berarti: “apa yang harus saya lakukan sekarang?”.

Sebagai contoh:

Saya lupa di mana saya meletakkan Kartu Pengenal Orang Asing milik saya. Ottoke? (Apa yang harus saya lakukan sekarang?)”


8. Aigoo

Walaupun memasang ekspresi kaget, akan tetapi Suzy masih terlihat cantik menawan. (Foto: instagram.com/skuukzky)

Kurang lebih ungkapan ini berarti ungkapan terkejut, seperti “ya ampun”, atau “astaga”.


9. Wae

Ilustrasi Korea Selatan (iStock)

Konon katanya, ini merupakan kata serapan dari bahasa Inggris “why”, yang berarti “kenapa?”.

5 dari 5 halaman

11. Olmayeyo

Secara harafiah berarti “berapa?” yang merujuk pada harga pembelian barang dalam kegiatan membeli di toko atau penjual lokal.


11. Ige dan Geuge

Salah satu toko yang menjual beragam aksesoris dan kerajinan tangan tradisional Korea di Jalan Insadong, Seoul, Korea Selatan. (visitkore.or.kr)

Dalam aktivitas jual beli, kamu bisa mengatakan dua kata ini untuk menunjuk barang yang diinginkan, sebelum bertanya tentang harganya. Ige berarti “ini” dan geuge berarti “itu”.

Avril Lavigne Berkolaborasi dengan Nicki Minaj

Liputan6.com, Boston – Avril Lavigne membocorkan lagu terbarunya. Melalui Instagram, Avril Lavigne memberitahu penggemarnya tentang lagu baru berjudul “Dum Blonde”.

Uniknya pada lagu “Dum Blonde” ini, Avril Lavigne berduet dengan rapper Nicki Minaj. Lagu tersebut turut menjadi bagian dalam album terbarunya, Head Above Water yang rencananya akan dirilis pada 15 Februari 2019, hari ini.

“Sudah rilis! Dumb Blonde berkolaborasi dengan sang legenda Nicki Minaj. Ia merupakan sosok yang luar biasa, tangguh, dan tak pernah menyerah. Aku mendengarkan Fly, Bed, dan Starships sepanjang waktu,” tulis Avril Lavigne sebagai keterangan foto di Instagram.

Musisi kelahiran 27 September 1984 ini mengungkapkan jika lagu “Dumb Blonde” bisa menjadi ‘anthem’ untuk orang-orang yang kerap direndahkan.

2 dari 3 halaman

Nicki Minaj Girang

“Pertahankan kepercayaan dirimu dan jangan biarkan siapapun mendiktemu bagaimana kau harus menjadi. Saya harap kalian menyukainya,” lanjutnya.

Kegembiraan tidak hanya dirasakan oleh Avril Lavigne saja, namun hal tersebut juga dirasakan oleh Nicki Minaj. Rapper kelahiran 8 Desember 1982 itu mengaku jika dirinya sudah mengidolakan Avril Lavigne sejak lama.

3 dari 3 halaman

Album Keenam

“Aku biasanya pergi ke tempat kerjaku di Red Lobster sembari memutar lagu milik perempuan ini setiap hari selama berbulan-bulan. Crying to “I’m with you”, blasting “complicated” “things I’ll never say” “nobody’s fool” “sk8er boi”. Perempuan ini luar biasa berbakat,” kicaunya di Twitter.

Lagu “Dumb Blonde” menjadi promosi lanjutan untuk album keenam Avril Lavigne, Head Above Water. Sebelum ini, ia pernah merilis single yang berjudul “Tell Me It’s Over” dan “Head Above Water”. (Fimela.com/ Musa Ade)

Sandiaga Janji Buat Industri Padat Karya Cangkang Rajungan ke Nelayan Tuban

Jakarta – Cawapres Sandiaga Uno mendapat keluhan dari nelayan rajungan di Tuban, Jawa Timur. Nelayan bernama Kanang (37) mengeluhkan harga jual rajungan yang pada tahun ini mengalami penurunan.

“Saya nelayan dari pantai kelapa, perwakilan dari konco-konco nelayan di sini. Saya bingung pak harga rajungan turun jauh. Tahun 2018 lalu harga rajungan masih delapan puluh ribu rupiah, sekarang hanya tiga puluh ribu sampai 35 ribu,” keluh Kanang ke Sandiaga seperti dalam keterangan tertulis dari BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Kamis (14/2/2019).

Mendengar keluhan Kanang, Sandiaga berjanji akan memprioritaskan kesejahteraan nelayan dalam kerja Prabowo-Sandiaga. Dia juga akan mendorong ekonomi petani, buruh, dan pelaku usaha kecil.

“Kami berkomitmen Insyaallah jika kami terpilih melayani masyarakat Indonesia, karena nelayan kelompok yang diprioritaskan, kami akan menstabilkan harga tangkapan rajungan supaya tidak anjlok seperti sekarang,” ucap Sandi.

Sandiaga Janji Buat Industri Padat Karya Cangkang Rajungan ke Nelayan TubanCawapres Sandiaga Uno di Tuban, Jawa Timur. Foto: Dok. BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno

Sandiaga mengatakan, salah satu cara menjaga harga rajungan stabil yakni dengan membangun industri dengan pemanfaatan cangkang. Cangkang rajungan bisa diolah menjadi herbal untuk kesehatan tubuh.

“Ada potensi yang lebih besar yaitu mengolah cangkang rajungan menjadi suplemen. Para pelari, penderita radang sendi membutuhkan suplemen ini. Dan lari adalah gaya hidup, tidak hanya di Indonesia tapi dunia,” terang Sandi.

Sandi menambahkan, jika dibangun industri untuk pengolahan rajungan, maka tidak ada cangkang yang terbuang. Sehingga ada pemanfaatan lain selain menjual daging rajungan.

“Nanti jika insyaallah saya dan Pak Probowo terpilih kami hadirkan industri padat karya cangkang rajungan yang menghasilkan daging dan cangkang untuk ekspor. Ini akan menggerakkan ekonomi masyarakat. Hingga mensejahterakan para nelayan Pantai Kelapa,” harap Sandi.
(idn/rna)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>