Harap Iran Tak Kembangkan Nuklir, Trump: Kami Siap Jadi Sahabat Mereka

Washington DC – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan pihaknya siap menjadi sahabat karib Iran jika negara tersebut tidak mengembangkan senjata nuklirnya. Trump juga siap membuat Iran menjadi negara yang kuat.

Saat ini, hubungan antara Iran dengan AS tengah memanas. Yang terkini, Trump menyebut membatalkan serangan militer terhadap Iran.

“Ketika mereka setuju akan hal itu, mereka akan memiliki negara yang kaya. Mereka akan sangat bahagia, dan saya akan menjadi sahabat mereka. Saya harap itu terjadi,” ujar Trump di Washington DC sebagaimana dilansir AFP, Minggu (23/6/2019).
“Mari kita buat Iran hebat lagi,” tambahnya.

Trump mengungkapkan pada hari Jumat (21/6) bahwa ia membatalkan serangan militer AS terhadap Iran pada menit terakhir, dengan mengatakan itu akan menjadi tanggapan yang tidak proporsional terhadap jatuhnya pesawat tak berawak AS pada hari Kamis di Selat Hormuz.

“Semua orang mengatakan saya penjual perang, dan sekarang mereka mengatakan saya merpati,” kata Trump.

“Kurasa aku juga tidak, jika kamu ingin tahu yang sebenarnya. Aku seorang pria dengan akal sehat, dan itulah yang kita butuhkan di negara ini, adalah akal sehat,” jelas Trump.

Di lain kesempatan, Iran akan menghadapi segala ancaman yang diberikan AS.

“Terlepas dari keputusan apa pun yang mereka (pejabat AS) buat… kami tidak akan membiarkan satu pun perbatasan Iran dilanggar. Iran akan dengan tegas menghadapi segala agresi atau ancaman oleh Amerika,” ujar Jubir Kementerian Luar Negeri Iran Abbas Mousavi di Dubai, sebagaimana dilansir Reuters.
(dkp/dkp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *