Politikus Gerindra DKI Usul Tarif MRT Rp 8.500 Hanya untuk Warga DKI

JakartaDPRD DKI memutuskan tarif MRT Jakarta dari Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) sepanjang 15,7 km ditetapkan sebesar Rp 8.500. Wakil Ketua FraksiGerindraDPRDDKI Iman Satria mengusulkan subsidi tarif hanya untuk wargaDKI saja, sedangkan warga nonDKI bayar lebih mahal.

“Kalau menurut saya sih oke oke saja. Tapi menurut saya yang kurang setuju masalah subsidinya saja. Subsidinya jangan semua orang disubsidi oleh DKI dong, yang di subsidi itu warga DKI saja. Masa warga-warga lain disubsidi oleh APBD DKI, jebol dong APBD kita lama-lama,” kata Iman, saat dihubungi detikcom, Senin (25/3/2019).

Namun Iman tak mau usul tersebut dikatakan diskriminatif. Sebab menurutnya, di beberapa negara juga menerapkan aturan serupa.

“Kok diskriminatif, di mana-mana juga begitu kok, di luar negeri juga begitu kok. Ya warga DKI dong, ya kan supaya pindah makanya disubsidi, tapi kalau semua warga dari luar DKI disubsidi ya gak kuat perhitungan kita, APBD kita lama-lama jebol besok-besok berapa tahun lagi lama-lama jebol,” terang Iman.

“Buat apa kita punya bank, kan itu tinggal di link aja sama servernya Bank DKI. Nanti begitu di tap kartunya warga DKI yang pakai KTP DKI per km-nya sekian, tapi kalau yang non warga DKI lebih mahal gitu loh,” imbuhnya.

Iman mengatakan usulan tersebut adalah usulannya pribadi yang belum sempat disampaikan dalam rapat kemarin. Meski saat ini tarif MRT sudah diketok Rp 8.500 hingga Bundaran HI, Iman mengaku tak masalah karena nanti kebijakan itu bisa dievaluasi kembali.

“Ngga apa-apa diketok, berarti mayoritaas sudah setuju, nanti bisa di-review, ya kan. Coba kamu sebagai warga DKI deh masa mau subsidi semuanya. (Warga non DKI) lebih mahal dikit pantas dong, ya kan, harus ada perbedaan dikit dong kalau nggak apa bedanya/bangganya jadi warga DKI? Uangnya pakai uang DKI, tapi juga bayarnya sama dengan warga lain, ini pendpat pribadi ya,” sambungnya.

Fraksi PKS DPRD DKI, juga setuju dengan tarif Rp 8.500 Menurut Ketua Fraksi PKS Abdurrahman Suhaimi, tarif Rp 8.500 merupakan hasil survei ke masyarakat.

“Kalau Rp 8.000 itu kan dari hasil survei, hasil survei MRT kerelaan masyarakat untuk membayar MRT itu adalah sekitar Rp 8.000-12.000. Maka kemudian pempov mengusulkan Rp 8.000-an. Tapi hasil rapat tadi menjadi Rp 8.500, itu di jangkau masyarakat lah,” ungkapnya.

PKS berharap ke depan dapat dievaluasi kembali oleh Pemprov DKI terkait kemampuan subsidinya, jumlah penumpang setiap harinya dan berapa jeda kedatangan rangkaian kereta.

“Ini tujuannya untuk mengatasi kemacetan, kita berharap masyarakat, tapi kan segala sesuatu bisa di evaluasi kembali, pertama dari kemampuan pemerintah subsidi, kemudian jumlah penumpang berapa, jumlah pengembangan TOD itu kaya apa nanti terus berkembang, sekarang segala sesuatu bisa dievaluasi kembali,” ungkap Suhaimi.

Sebelumnya, tarif MRT Jakarta dari Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) sepanjang 15,7 km telah ditetapkan sebesar Rp 8.500. Meski tarif sudah ditetapkan, namun besaran subsidi saat ini belum ditentukan.

“Iya, dari Lebak Bulus ke HI Rp 8.500 tapi per halte (stasiun) berubah lagi. Harga per km masih dihitung. Kemarin kan kita Rp 1.000 per km, (sekarang) mungkin lebih murah lagi,” kata Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (25/3).


(yld/zak)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Kampanye Akbar, Prabowo dan Sandiaga Uno hanya Bertemu di Empat Lokasi

Liputan6.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan, Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2, Prabowo-Sandiaga, memulai kampanye akbar secara terpisah.

Prabowo mengawali kampanye di Kota Manado dan Makassar. Sedangkan pendampingnya, Sandiaga Uno di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

“Pak Prabowo pagi hari akan berangkat ke Manado, sore hari ke Makassar. Sementara, Pak Sandi di Kabupaten Sragen,” kata Muzani di Kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara Nomor 04 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (23/3/2019).

Muzani mengatakan, pihaknya telah mengatur titik kampanye Prabowo dan Sandiaga secara detail, dan matang. Dijadwalkan, keduanya hanya bertemu di empat titik yakni Surabaya,  Semarang, Bandung dan Jakarta.

“Di empat kota itu lah, nanti pasangan calon presiden dan wakil presiden bertemu,” ujar Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga itu. 

Kominfo Minta Ortu Awasi Anak: PUBG Hanya Boleh Dimainkan 18 Tahun ke Atas!

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) saat ini sedang mengkaji fatwa haram untuk game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG). Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan PUBG tidak boleh dimainkan anak di bawah umur.

“Berdasarkan PM Kominfo No 11 Tahun 2016 tentang Klasifikasi Permainan Interaktif Elektronik, PUBG masuk kategori games 18+, artinya hanya boleh dimainkan oleh orang brusia 18 tahun ke atas,” kata Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo RI, Ferdinandus Setu saat dihubungi, Sabtu (23/3/2019).

Ferdinandus menyatakan, hingga saat ini tidak ada permintaan pemblokiran game PUBG oleh MUI ke Kominfo. Saat ini MUI masih akan melakukan kajian terhadap manfaat dan mudarat game ini dengan melibatkan seluruh mitra termasuk Kominfo.
Ferdinandus menegaskan, PUBG masuk kategori game 18+. Karena itu, dia meminta orang tua ikut berperan dengan mengawasi anak di bawah umur agar tidak memainkan game ini.
“Kami mengimbau orang tua untuk ikut mengawasi anak-anak mereka ketika anak-anak bermain game. Bermainlah game sesuai kategori umur,” ujar Ferdinandus.
(hri/idh)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Anak Buah Dihukum Mati, Bos Sabu Oknum Polri Hanya Dibui 20 Tahun

Medan – Efendi Salam Ginting kembali ditangkap karena mengendalikan sabu. Padahal, ia sudah dihukum mati dan menanti eksekusi. Ternyata, bosnya Efendi, Tri Sudarmoko hanya dihukum 20 tahun penjara. Lho!!!

Hal itu terungkap dalam berbagai putusan pengadilan yang dikutip detikcom, Jumat (22/3/2019). Kasus bermula saat Efendi dijebloskan ke LP Tanjung Gusta, Sumatera Utara (Sumut) karena kasus tidak melaporkan tindak pidana narkoba pada 2014.

Di sel itu, Efendi bertemu dengan Tri. Siapa Tri? Ia merupakan mantan anggota polisi yang diadili dengan kasus pencucian uang dari hasil narkoba. Di kasus itu, Tri dihukum 8 tahun penjara.
Tidak kapok, Tri kembali mengontrol narkoba. Kali ini impor sabu 2 kg. Lagi-lagi, Tri duduk di kursi pengadilan.

Pada 13 Januari 2015, PN Medan menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup ke Tri. Tapi oleh Pengadilan Tinggi (PT) Medan, hukuman itu diringankan menjadi penjara 20 tahun.

Vonis yang dijatuhkna pada 4 Juni 2015 itu diketok oleh Bantu Ginting dengan anggota Jannes Aritonang dan Ridwan Ramli.

Nah, saat menjalani penjara 20 tahun itu, Tri bertemu dengan Efendi. Di sudut penjara, Efendi mengeluh ke Tri kekurangan uang.

Tri seakan mendapat angin segar punya teman jahat bersama. Tri mau meminjami uang ke Efendi asal bisa meloloskan sejumlah paket narkoba dari Malaysia.

Efendi langsung mengiyakan dan secepat kilat mengontak komplotannya di luar penjara. Kurun 2015, sejumlah paket sabu masuk dari Malaysia ke Sumatera Utara (Sumut).

Pada Juni 2015, BNN mengendus pergerakan anak buah Efendi dan ditangkap. Efendi kembali diadili dan akhirnya dihukum mati. Di kasus ini, anak buah Efendi, Mustajab juga dihukum mati.

Tapi karena tidak kunjung dieksekusi mati, Efendi kembali berulah. epala BNN Sumut, Brigjen Pol Atrial mengamankan tujuh orang tersangka. Masing-masing berperan sebagai kurir Efendi. Selain itu, juga menyita dua unit sepeda motor, 11 unit handphone, uang tunai Rp 2 juta, Rp 135 ribu, dua tas jinjing, dan satu unit sampan.

“Tersangka dijanjikan upah Rp 59 juta, jika narkoba tersebut sampai ke tempat tujuan,” kata Atrial.

Bagaimana nasib Tri di kasus Efendi? Ia keburu meninggal di dalam penjara.

(asp/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

6 Acara TV Ini Hanya Diketahui Generasi 90-an, Anak Sekarang Mana Ngerti

4. Carita de Angel 

Siapa yang tidak tahu tentang sinetron Carita de ángel? Kisah kehidupan anak kecil bernama Dulce Maria yang ditinggal ibu kandungnya. Tingkahnya yang menggemaskan membuat kamu betah berlama-lama menonton salah satu acara TV ini. Tidak lupa dengan tante Dulce Maria yang hobi mengganti warna rambutnya. 

5. Amigos X Siempre

Generasi 90-an pasti pernah dong nonton acara TV yang satu ini. Bahkah mungkin, lagunya masih terngiang-ngiang di kepalamu.

Amigos X Siempre adalah salah satu acara TV yang dulu sangat digilai.  Banyak yang menyukai pasangan Pedro dan Ana yang tidak kalah dengan Dilan-Milea. Ditambah lagi dalam beberapa episodenya dibarengi dengan lagu-lagu yang enak didengar.

6. Disini Ada Setan 

Sesuai dengan namanya, sinetron ini bertema horor. Sinetron ‘Disini Ada Setan’ menceritakan tentang Sashi, gadis berusia 15 tahun yang sekolah di salah satu SMU favorit di Jakarta. Belakangan dia baru mengetahui kalau ternyata dirinya memiliki indera keenam, kemudian ia bersama sahabatnya berburu hantu.

Pemain utama di sinetron ini ialah Thomas Nawilis, Lia Ananta, Diva Nadia, Taher Hadi Widjoyo, Rionaldo Stockhorst, Jennifer Arnelita, Nagita Slavina, Indri Satia, Intan Ayu Purnama dan masih banyak lagi. Yang jelas, setiap habis lihat sinetron ini, jadi bikin kamu takut tidur sendiri! 

Nah, di atas adalah 6 acara TV yang ada di generasi 90an, kamu yang anak jaman sekarang pasti enggak ngerti kan? 

Tak Hanya Alat Tukar, Rupiah Bentuk Kedaulatan Indonesia

Bank Indonesia (BI) mencatat nilai tukar rupiah mengalami apresiasi atau menguat terhadap dolar AS (USD). Penguatan tercatat sebesar 1,05 persen hingga 19 Maret 2019.

Gubernur BI, Perry Warjiyo menyebutkan, nilai tukar rupiah menguat sejalan kinerja sektor eksternal yang membaik.

“Hingga 19 Maret 2019, rupiah menguat 1,05 persen secara point to point dan 0,85 persen secara rerata,” kata dia, di kantornya, Kamis (21/3/2019).

Selain itu, dia mengatakan, penguatan tersebut juga didukung oleh aliran masuk modal asing yang besar ke pasar keuangan domestik. “Aliran masuk modal asing terutama terjadi di pasar Surat Berharga Negara, sedangkan pasar saham mencatat aliran keluar,” ujar dia.

Berdasarkan data BI, aliran masuk modal asing hingga Februari 2019 mencapai USD 6,3 miliar. 

Ke depan, dia menegaskan BI optimistis nilai tukar rupiah akan tetap berada dalam tren menguat dan stabil terhadap dolar AS sejalan prospek sektor eksternal yang membaik.

“BI nilai tukar rupiah akan bergerak stabil sesuai dengan nilai fundamentalnya dengan mekanisme pasar yang tetap terjaga dengan baik. Untuk mendukung efektivitas kebijakan nilai tukar dan memperkuat pembiayaan domestik, BI terus mengakselerasi pendalaman pasar keuangan, khususnya di pasar uang dan valas,” ujar dia.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Selebrasi Tidak Senonoh, UEFA Hanya Denda Ronaldo Rp 321 Juta

Sebelumnya penggawa Juventus, Federico Bernardeschi, menganggap aneh jika Ronaldo sampai dijatuhi sanksi larangan bermain oleh UEFA. Sebab menurutnya, apa yang ia lakukan itu merupakan selebrasi yang biasa saja.

“Saya pikir tak ada lagi yang perlu ditambahkan. Itu adalah sesuatu yang tak perlu diperhatikan, tapi [hukuman] akan terasa gila,” tutur Bernardeschi dalam konferensi pers, seperti yang dikutip dari Football Italia.

“Saya pikir ini akan berakhir, itu hanya sebuah selebrasi, sebuah gerakan. Saya selalu melihatnya tenang dan rileks, begitu juga dengan kami. Saya yakin semuanya akan baik-baik saja,” lanjutnya.Dengan keputusan ini, maka Ronaldo bisa dipastikan tetap bermain melawan Ajax Amsterdam di babak perempat final. Leg pertama akan dihelat di Amsterdam pada 17 April mendatang.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

5 Alasan untuk Berhenti Membenci Cristiano Ronaldo

Tawaran Open Trip ke Eropa Hanya Rp 10 Jutaan

Liputan6.com, Jakarta – Tawaran promo tiket murah yang bejibun mendorong banyak orang impulsif, membeli tapi tak tahu apakah bisa terpakai. Banyak faktor menjadi pemicunya, termasuk keribetan menyusun agenda wisata. Hal itu ditangkap sebagai peluang oleh Panorama JTB untuk membuat open trip.

“Berdasarkan pengalaman, banyak orang yang sudah holding tiket akhirnya jadi hangus karena setelah punya, nyocokin tanggal, eh ternyata waktunya panjang dan bingung mau ngapain di sana,” kata Chief Product Officer Panorama JTB, Endy Wiselly kepada Liputan6.com, Kamis (21/3/2019), dalan pembukaan The World of Holidays 2019 di Jakarta.

Salah satu paket terbaru yang diluncurkan adalah open trip ke Eropa. Dalam paket berdurasi delapan hari tersebut, Anda akan diajak berwisata ke empat negara Eropa, yakni Belanda, Swiss, Belgia, dan Prancis, dengan bujet Rp 10 jutaan.

Mengingat target utama open trip adalah mereka yang baru pertama kali ke Eropa, tempat wisata yang disinggahi di masing-masing negara dipilih yang merupakan mandatori.

Misalnya di Belanda, Anda akan mengunjungi Desa Zaanse Schans untuk melihat kincir angin raksasa dan sejumlah tempat wisata utama di Amsterdam. Sementara di Prancis, Anda akan dibawa singgah ke Museum Louvre dan Menara Eiffel.

Untuk itu, Anda perlu membereskan urusan tiket dan administrasi perjalanan sendiri, sementara urusan penginapan, agenda acara, dan transportasi sudah diatur penyelenggara. Perjalanan tersebut juga akan dipandu pemandu tur sehingga lebih memudahkan anggota rombongan.

“Untuk makan, kita enggak tanggung semua. Kalau di tempat-tempat yang sulit menemukan makanan halal atau selera Indonesia, kita akan sediakan. Tapi di objek wisata yang ramai, dibebaskan memilih sendiri sesuai bujet masing-masing,” tutur Endy.

Ia mengatakan sebelum meluncurkan paket open trip, Panorama JTB sebenarnya sudah memiliki program serupa bernama Europamundo. Paket tur ini disebutnya banyak diminati orang karena waktu yang fleksibel dan tidak mengikat anggota rombongan.

“Peminatnya semakin lama semakin meningkat. Kalaupun hanya satu orang saja, kita tetap jalan kok. Karena itu, kita yakin open trip ini akan banyak diminati,” ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Tropical Island, dunia liburan tropis terbesar di Eropa.

Air Laut Seperti Terbelah di Suramadu Hanya Bisa Dilihat di Ketinggian Tertentu

Surabaya – Fenomena halocline atau gradasi warna lautan di bawah jembatan Suramadu ternyata tidak pernah dilihat oleh para nelayan di sepanjang pantai Kenjeran. Padahal fenomena itu hampir sepanjang hari terjadi.

Salah satu nelayan Solihin (40) yang ditemui detikcom mengaku dirinya hampir setiap hari melaut. Tapi tidak sekalipun menemukan fenomena yang dimaksud.

“Nggak ada. Belum pernah saya ditemui seperti itu di bawah jembatan,” kata Solihin saat melihat rekaman video yang ditunjukan detikcom, Rabu (20/3/2019).

Sama dengan Solihin, nelayan lainnya Sulaiman (50) juga tidak pernah menemui fenomene halocline selama melaut. Namun jika melihat videonya, ia memastikan tempat itu berada tepat di tengah-tengah selat. Karena memang di situ kadang banyak ditemui buih panjang seperti di video.

“Kalau lihat videonya itu di jalur kapal tengah. Itu dalam di situ airnya dan kadang ada banyak buihnya,” ujar Sulaiman.

Sementara itu Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Perak Surabaya, Ady Hermanto menyebut tidak semua orang memang di posisi tertentu bisa melihat gradasi warna di sekitar Jembatan Suramadu. Sebab, untuk melihat tersebut harus di atas ketinggian tertentu.

“Kalau pas di lautnya (didatangi), pudar. Karena ada parallax namanya sudut pandang yang terlalu jauh jadi kalau melihat harus di ketinggian tertentu. Dan perahu-perahu nelayan memang tidak terlalu bisa melihat,” terang Ady.

Bila dilihat dari atas Jembatan Suramadu, fenomena halocline memang terlihat. Ketinggian antara laut dengan Jembatan Suramadu sekitar 35 meter.

Sedangkan untuk buihnya, lanjut Ady, hal itu disebabkan karena setiap pertemuan air tawar dan air laut selalu terjadi gesekan. Dari gesekan itulah kemudian membentuk buih yang panjang dan lurus.

“Buih-buihnya itu karena setiap ada pertemuan di lautan kan ada mengandung gesekan akhirnya ada buihnya. Jadi di pertemuan itu kalau misalnya di bak kamar mandi kalau ada air yang mancur itu kan ada buih-buihnya,” urainya.

“Nanti bisa ditanya ke nelayan tiap melaut ada tidak buih-buih yang panjang lurus. Pasti nemuin. Kalau ada berarti mereka sebenarnya menemukan (heloclin). Tapi memang mereka tidak bisa melihat karena terlalu rendah untuk melihat posisinya,” tandas Ady.
(iwd/iwd)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Eggboy Tak Hanya Jadi Kontroversi, Gerak Nyata Bikin Donasi

Canberra – Remaja yang mengeprukkan telur di kepala senator Fraser Anning terus jadi perbincangan. Aksinya membela korban penembakan di dua Masjid Christchurch, New Zealand, diteruskan dengan aksi nyata donasi.

Remaja yang dijuluki eggboy itu sempat menuai pujian dari netizen pasca ‘ceplok telur’ itu. Bahkan aksi penggalangan dana secara online telah dicetuskan untuk membantu biaya legal pemuda itu juga untuk membeli ‘lebih banyak telur’.

Kini, si eggboy melakukan aksi nyata lagi untuk para korban. Peter Gordon, yang bertindak untuk pro bono bagi remaja berusia 17 tahun itu, mengatakan semua sumbangan yang dikumpulkan melalui halaman penggalangan dana yang disiapkan untuk menutup biaya hukum remaja itu akan diberikan kepada para korban serangan teror Christchurch.

Halaman tersebut mengumpulkan lebih dari $ 57.000 atau lebih dari Rp575 juta pada pukul 14:30 waktu setempat.

“[Dia] berkomitmen bahwa setiap sen dari uang yang dikumpulkan dari halaman GoFundMe akan digunakan untuk mendukung para korban tragedi di Christchurch,” kata Gordon.

Gordon mengatakan, remaja itu ingin berterima kasih kepada Polisi Victoria atas penanganan mereka atas masalah ini, termasuk tanggapan mereka terhadap insiden pada hari Sabtu (16/3/2019) dan dukungan yang telah mereka berikan kepadanya dan keluarganya sejak saat itu.

“Mengutip ucapannya, polisi telah bersikap luar biasa,” kata Gordon.

Dia mengatakan, si eggboy ‘kewalahan’ menerima pesan-pesan dukungan dari seluruh Australia dan di seluruh dunia, yang mayoritasnya menyatakan ‘dukungan dan cinta’.
(idn/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>