Cegah Api Meluas, Damkar Lokalisir Kapal-Kapal Nelayan di Muara Baru

Jakarta – Petugas pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan api yang melalap kapal-kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara. Petugas melokalisir area kebakaran dan menggeser kapal yang belum terbakar.

“Hambatan karena memang kanan kirinya potensi perambatan kebakarannya lebih memungkinkan. Kita lokalisir dulu,” kata Kasudin Damkar Jakut, Satriadi Gunawan di lokasi, Sabtu (23/2/2019).

Informasi terakhir, kata Satriadi, 18 kapal sudah terbakar baik kapal besar maupun kecil. Seluruh kapal-kapal itu terbuat dari kayu.
Satriadi belum memastikan muatan kapal-kapal itu. “Ya kalau muatan sih kita belum cek bener, tapi yang pasti ini kan kapal untuk nelayan kemungkinan ada yang persiapan untuk berangkat atau yang memang sedang bersandar” ucapnya.

Sebanyak 98 personel damkar dan 20 unit damkar telah dikerahkan ke lokasi. Petugas masih berjibaku memadamkan api.

“Kita masih belum bisa prediksikan (kapan pemadaman selesai). Pokoknya prinsipnya secepatnya atasi semuanya. Pantang pulang sebelum padam,” ujarnya.

Petugas damkar awalnya menerima informasi kebakaran pukul 15.19 WIB. Hingga pukul 19.49 WIB, api masih berkobar.
(idh/knv)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Cara Mengganti Nama Facebook Lewat PC dan HP, Tanpa Ribet

Liputan6.com, Jakarta Facebook merupakan salah satu media sosial yang dapat mempermudah kita untuk selalu berhubungan dengan kerabat, keluarga ataupun orang baru yang belum kita kenal. Berbagai fitur di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg memudahkan kita untuk terhubung meski pun ada hambatan jarak. 

Tak bisa dimungkiri, Facebook kini telah menjadi salah satu platform media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Bahkan, beberapa orang diantaranya menjadikan akun Facebook-nya dengan nama panggilan agar terkesan unik.

Namun. beberapa di antara mereka yang merasa bosan dengan nama panggilan, ingin mengubah kembali menjadi nama asli di Facebook. Jika kamu sudah mulai bosan dengan nama Facebookmu ,kamu bisa menempuh cara mengganti nama Facebook.

Bagaimana cara mengganti nama Facebook? Kamu saat ini sedang berada di laman yang tepat, karena pada artikel ini akan membahas cara mengganti nama Facebook. Cara mengganti nama Facebook bisa dibilang cukup sederhana, simak cara mengganti nama Facebook baik-baik yaa

Berikut  Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) cara mengganti nama Facebookyang bisa langsung kamu coba!

2 dari 5 halaman

Cara mengganti nama Facebook lewat PC

1. Cara pertama yang harus dilakukan adalah beranjak ke situs web Facebook

2. Lalu, buka menu drop-down, berbentuk ikon panah yang ada di sudut kanan atas

3. Kemudian, klik settings (pengaturan)

4. Pada direktori General, klik opsi tulisan name (nama)

5. Selanjutnya, kamu bisa mengubah nama sesuai yang diinginkan

6. Terakhir, klik “Review Change”

Perlu diketahui, selain bisa mengubah nama, kamu bisa juga menambahkan nama tengah (opsional) dan nama belakang yang telah tersedia.

3 dari 5 halaman

Cara mengganti nama Facebook lewat HP

Selain mengubah nama melalui desktop, ada cara alternatif lain yang dapat dilakukan melalui smartphone Android dan iOS. Berikut langkah–langkah yang dapat dicoba :

1. Buka aplikasi Facebook di smartphone

2. Kemudian, klik tombol menu yang berada di sudut kanan atas

3. Lalu, geser ke bawah sampai menemukan “Pengaturan & Privasi”

4. Klik “Pengaturan”

5. Selanjutnya, klik “Informasi Pribadi”

6. Pilih “Nama”

7. Kemudian, kamu bisa mengubah nama sesuai yang diinginkan

8. Dan terakhir, klik “Review Change”

Sama seperti desktop, kamu bisa menambahkan nama tengah (opsional) dan nama belakang.

4 dari 5 halaman

Penggunaan Nama Faceboook

Facebook adalah suatu komunitas tempat semua orang menggunakan nama yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaiknya nama pada profil Facebokmu merupakan nama yang digunakan teman-temanmu untuk memanggil kamu dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan nama asli, tentunya akan mempermudah temanmu untuk menemukanmu.

Nama ini juga harus terlihat pada tanda pengenal atau dokumen dari daftar tanda pengenal Facebook. Kamu bisa menuliskan nama panggilan sebagai nama depan atau nama tengah jika merupakan variasi dari nama yang sebenarnya (misalnya Bob untuk Robert).

Kamu juga dapat mencantumkan nama lain di akun Facebookmu (misalnya: nama gadis, nama panggilan, nama profesional).

Profil Facebook hanya untuk penggunaan individu. Kamu dapat membuat Halaman untuk sebuah bisnis, organisasi, atau gagasan. Dan hal yang penting yang harus diingat adalah dilarang berpura-pura menjadi apa pun atau siapa pun, karena menjadi dirimu sendiri tentu lebih baik.

5 dari 5 halaman

Aturan nama yang diizinkan di Facebook

Namun, Facebook juga memiliki peraturan ketika ingin mengganti nama dala akunnya. Banyaknya kasus, penyamaran, penipuan membuat Facebook menerapkan aturan dibawah ini. Dalam proses penggantian nama Facebook tidak boleh mencantumkan:

1.   Simbol, angka, penggunaan huruf besar yang tidak sewajarnya, pengulangan karakter, atau tanda baca.

2. Karakter dari beragam bahasa.

3. Gelar apa pun (misalnya: profesional, keagamaan).

4. Kata atau frasa umum, bukan nama.

5. Kata yang menyinggung atau menyiratkan sesuatu yang tidak pantas.

Jika kamu tidak bisa mengganti nama di laman Facebookmu, mungkin kamu telah melakukan beberapa kesalahan sebagai berikut

1. Nama kamu tidak mematuhi kebijakan dalam aturan penggantian nama Facebook di atas

2. Kamu baru saja mengubah nama akun Facebookmu dalam 60 hari terakhir atau kamu terlalu sering mencoba mengubahnya.

3. Kamu sebelumnya diminta untuk mengonfirmasikan namamu di Facebook.

4. Namamu tidak cocok dengan nama yang muncul pada item di daftar tanda pengenal Facebook.

Namun, jika kamu tetap mengalami masalah saat penggantian nama akun Facebookmu. Kamu bisa mengisi formulir untuk meminta perubahan nama dan mengonfirmasikan namamu. Atau kamu bisa mengunjungi link berikut

https://www.Facebook.com/help/contact/1417759018475333

Nah, uraian diatas adalah cara mengganti nama Facebook yang bisa kamu praktikan.  Amat sangat mudah bukan?  Jangan lupa untuk memperhatikan aturan nama Facebook yang telah berlaku seperti tulisan di atas. Jika kamu mengalami kendala, langsung mengubungi Facebook untuk meminta memperbaikinya.  Selamat mencoba!

Membandingkan Fitur Nissan Livina dengan Mitsubishi Xpander, Siapa Lebih Unggul?

Liputan6.com, Jakarta – Sukses menjadi perbincangan, all new Nissan Livina, mobil di kelas low multi-purpose vehicle (MPV) milik PT Nissan Motor Indonesia (NMI) akhirrnya resmi meluncur, Selasa (19/2/2019).

Memiliki lima varian, Nissan Livina ditawarkan dengan harga mulai dari Rp198,8 juta. Harga bawah yang disodorkan pada mobil low MPV tersebut lebih murah dibandingkan Mitsubishi Xpander, yang dipatok Rp 206,1 juta.

Sedangkan untuk varian teratas, Nissan Livina dibanderol dengan harga lebih mahal yakni Rp261,9 juta dibandingkan dengan Mitsubishi Xpander Rp260,9 juta.

Menggunakan platform mobil andalan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Mitsubishi Xpander, bagian eksterior Nissan Livina disematkan grill V-Motion dan lampu depan dual LED berbentuk bumerang, dan day time running light (DRL) LED, dan fog lamp.

Sedangkan untuk interiornya, menampilkan kursi berbalut kulit, dengan head unit (HU) dengan layar sentuh 7 inci, yang dilengkapi apple car play dan android auto, MID dengan eco indicator.

Untuk fiturnya, model ini sudah dilengkapi hill start assist, traction control, vehicle dynamic control, serta fitur keselamatan seperti dual SRS airbag, safety belt 3P ELR 7 pcs, auto hazard light on emergency braking, parking sensor dan kamera belakang, dan sistem pengereman ABS dan EBD untuk tipe E MT, EL MT, dan EL AT, serta tambahan BA untuk tipe VE AT dan VL AT.

Untuk jantung penggeraknya, all new Nissan Livina berkapasitas 1.499cc, yang dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Dengan spesifikasi tersebut, mobil ini mampu menghembuskan daya hingga 104 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm.

Untuk warnanya, tersedia enam pilihan yaitu ruby red, sunset orange, black knight, timeless grey, silver tech, dan white pearl.

2 dari 3 halaman

Mitsubishi Xpander

Yang unggul dari Mitsubishi Xpander, ialah ground clearance-nya yang berjarak 205 mm dari permukaan jalan. Memiliki mesin yang sama dengan Nissan Livina, tenaga dan torsi yang dihasilkan juga tidak memiliki perbedaan.

Tergolong memiliki fitur lengkap untuk mobil Low MPV, Xpander juga telah mengadopsi keyless operating system, layar infotainment dengan beragam konektivitas dan DVD player, AC di baris belakang, LED position lamp, coming home light, immobilizer, rem ABS, kendali traksi dan kestabilan, hill start assist dan dual SRS airbags.

Selain itu, Mitsubishi Xpander varian tertinggi juga telah dilengkapi dengan Cruise Control. Fitur ini dinilai sangat membantu, terutama saat melaju di jalan bebas hambatan. Fitur ini tidak disematkan Nissan pada Livina terbaru.

Saat jalanan lengang, pengemudi bisa mengaktifkannya pada kecepatan tertentu. Kendaraan bisa ‘berselancar’ stabil, tanpa perlu menginjak pedal gas.

Jadi Xpander Ultimate Cruise Control bisa terus berjalan dan naik turun kecepatan hanya dengan mengoperasikan tombol di lingkar kemudi saja.

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Serial Komedi Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Ngakak

Liputan6.com, Jakarta Dari zaman Si Doel hingga Keluarga Badak, Indonesia tak pernah berhenti menghadirkan serial komedi terbaik. Kisah-kisah lucu mereka ampuh ‘menggelitik’ perut dan menghibur hati para penontonnya. Hal ini menjadikan serial komedi teman setia penonton Indonesia di segala suasana.

Bahkan, tak jarang para tokohnya terasa begitu dekat dengan hati penonton. Misalnya saja, sosok Dono, Kasino, dan Indro yang rasanya masih terus terkenang di benak masyarakat hingga kini. Begitu juga dengan Doel, Sarah, dan Zaenab yang mampu membuat orang ikut ‘gregetan’ dengan kisah cinta mereka.

Masa Warkop dan Si Doel memang sudah lewat, tetapi sekarang telah bermunculan serial-serial baru yang tak kalah lucu. Kelakuan lucu para tokohnya pun siap membuat kamu ngakak. Serial apa sajakah itu?

1. Dunia Terbalik

Umumnya, peran seorang suami dan istri di Indonesia sudah terbagi jelas. Suami berperan sebagai kepala rumah tangga yang siap mencari nafkah bagi keluarga, sedangkan sang istri yang juga seorang ibu berperan mengurus rumah dan merawat anak. Namun, bagaimana kalau yang terjadi sebaliknya?

Nah, keunikan tersebut yang coba diangkat oleh sutradara Jonggi Sihombing dalam kisah serial Dunia Terbalik. Kisah tentang tokoh Akum, Aceng, Idoy, dan Dadang yang ditinggal oleh istri mereka untuk bekerja di luar negeri. Mereka pun harus mengerjakan urusan rumah tangga dan mengurus anak. Tentunya dengan banyak peristiwa lucu yang menyertainya.

Beberapa aktor yang bermain dalam Dunia Terbalik pun sudah lama berkecimpung di dunia komedi Indonesia, antara lain Mieke Amalia, Indra Birowo, dan Agus Kuncoro. Jadi, sudah terbayang kan betapa lucunya mereka?

2. Cek Toko Sebelah The Series

Setelah meraih sukses besar di layar lebar, Cek Toko Sebelah dibuat versi serialnya. Kisahnya fokus pada Erwin (Ernest Prakarsa) yang sudah mengambil alih usaha toko milik ayahnya agar lebih modern dan efisien. Namun, ide Erwin tidak ditanggapi dengan serius oleh sang ayah dan para pegawai toko.

Walaupun terkesan serius, tetapi Cek Toko Sebelah The Series tetap mengusung unsur komedi. Hal ini disampaikan langsung oleh sang sutradara, Ernest.

“Ini fokusnya di komedi di toko, sehingga memodernisasi tokonya. Setelah tahu unsur modernisasi, kita bikin plot di setiap episode seperti film. Lalu, ada sub-plot yang wajar terjadi di serial komedi,” ujar Ernest, seperti dikutip fimela.com (20/12/2018).

Ternyata, versi serial Cek Toko Sebelah tak kalah sukses dengan filmnya. Di IMDb, serial ini mendapat skor 8.6 lho.

3. Keluarga Badak

Salah satu keluarga yang sedang cukup populer akhir-akhir ini adalah Keluarga Badak. Sesuai namanya, anggota keluarga ini berbadan besar semua. Keluarga ini terdiri dari Babeh Bachrudin (Reza Chandika), Mamak Dakhlia (Gita Bhebhita), dan Ucok (Frans) sebagai anak babeh dan mamak. Tak ketinggalan, ada Pak RT (Hifdzi Khoir), Baba (Andre Bailing), dan Rohaye (Faragandi) yang ikut mewarnai kisah mereka.

Ciri khas dari keluarga tersebut adalah kehebohannya! Suara dan gerakannya enggak pernah kalem deh pokoknya. Kehebohan mereka ini yang selalu ampuh bikin penonton gemas dan ngakak.

Kehebohan kisah mereka di Season 1 tercakup di dalam 20 episode. Keseluruhan episodenya dapat disaksikan di aplikasi atau situs web HOOQ, atau laman HOOQ yang ada di dalam aplikasi Grab. Begitu juga dengan seluruh episode Dunia Terbalik dan Cek Toko Sebelah The Series.

Sebagai informasi, Online-to-Offline (O2O) mobile platform terkemuka di Asia Tenggara, Grab, berkolaborasi dengan layanan on-demand pertama dan terbesar di Asia, HOOQ, memberikan hiburan berkualitas bagi jutaan pengguna di Asia Tenggara. HOOQ akan terintegrasi dengan aplikasi Grab untuk menghadirkan layanan dan pengalaman menonton video streaming tanpa hambatan. Pelanggan dapat menikmati layanan video streaming dengan berbagai genre lewat segmen “Video” yang ada di dalam aplikasi Grab. Kemitraan ini menjadi salah satu langkah Grab dalam mewujudkan visi sebagai everyday superapp terkemuka di kawasan Asia.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengatakan bahwa pihaknya memastikan semua konten yang ada di HOOQ tersedia pula di aplikasi Grab. Di dalam aplikasi Grab, akan ada menu Video yang akan langsung mengarah ke daftar konten HOOQ.

“Lebih spesial lagi, hari ini kita menyediakan rewards untuk pelanggan setia kami atau Platinum users. Mereka adalah pelanggan beruntung yang bisa mengakses layanan Video mulai hari ini dan dapat program khusus, yaitu gratis tiga bulan. Itu tidak kurang dari 10.000 jam (waktu) menonton,” ujarnya, di Empirica, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Bagi Anda yang belum menjadi member Platinum, tak usah khawatir. Nantinya, layanan tersebut dapat diakses oleh semua pengguna Grab.

Selamat menonton dan tertawa terbahak-bahak!



(Adv)

Harga Minyak Naik 5 Hari Berturut-Turut, Ada Apa?

Liputan6.com, New York – Harga minyak naik dalam lima hari berturut-turut pada Senin (Selasa pagi WIB) ditopang keyakinan investor bahwa pengurangan pasokan dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) bisa mencegah penumpukan stok minyak, meski ada kekhawatiran terhadap ekonomi China menahan kenaikan.

Dikutip dari Reuters, Selasa (19/2/2019), harga minyak berjangka Brent naik USD 16 sen menjadi USD 66,41 per barel usai menyentuh level tertinggi 2019 USD 66,83 pada hari sebelumnya. Sementara harga minyak berjangka Amerika Serikat (AS) jenis West Texas Intermediate naik USD 47 sen menjadi USD 56,04 per barel.

Harga minyak telah naik hampir 25 persen sepanjang tahun ini dan berada di jalur kinerja kuartal pertama terkuat sejak 2011, sebagian besar berkat komitmen OPEC dan sekutunya yang akan memangkas produksi.

Penyulingan di seluruh dunia juga harus membayar lebih untuk mengamankan pasokan minyak jenis medium atau berat yang diproduksi oleh Iran dan Venezuela, sebab kedua negara tersebut berada di bawah sanksi AS.

Penguatan pasar keuangan sedikit mereda setelah data yang menunjukkan penurunan penjualan mobil China pada bulan Januari menimbulkan kekhawatiran tentang ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Beberapa kelemahan ini menular di pasar minyak, tetapi analis mengatakan tren keseluruhan harga minyak mentah tetap meyakinkan untuk saat ini.

“Ada banyak ‘jika’ dan ‘tetapi’ yang dapat memiliki dampak mendalam pada harga minyak; pikirkan saja Donald Trump, Brexit, perundingan dagang yang tidak terduga dan kemungkinan akan terjadi di Libya atau produksi Venezuela, ”kata analis Associate PVM Oil Tamas Varga.

Sejumlah analis mengatakan kenaikan terus dalam produksi minyak AS dapat menjadi hambatan reli harga minyak saat ini. Perusahaan energi AS apada minggu lalu menambah 3 rig menjadi 857 rig untuk mencari pasokan minyak baru, kata perusahaan jasa energi Baker Hughes dalam sebuah laporan Jumat lalu.

“Kami melihat kenaikan harga minyak saat ini sebagai berlebihan dan melihat potensi koreksi pertumbuhan tersebut,” kata Commerzbank dalam sebuah catatan. “Fakta bahwa produksi minyak di AS saat ini meningkat secara signifikan lebih tajam dari yang diperkirakan sebelumnya sepenuhnya diabaikan saat ini.”

Pelaminan Direndam Banjir, Tamu Dijemput Perahu Karet

Jambi – Pasangan pengantin baru Ari dan Tania terlihat tetap bahagia di hari pernikahannya itu meski dalam keadaan dilanda banjir. Air memenuhi pelaminan warga RT 51, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi itu.

Ketinggian banjir dari 80 cm hingga mencapai 100 cm tersebut tidak menjadi hambatan bagi mereka dalam melangsungkan resepsi pernikahannya itu.

“Terpaksa kita adakan juga resepsi pernikahan ini. Kita juga tidak menyangka bisa banjir seperti ini,” kata Ketua RT 51, Ruslan kepada wartawan, Minggu (17/2/2019).

Tidak hanya menggenangi pesta pernikahan pasangan pengantin itu. Banjir ini juga merendam 65 rumah di kawasan Kecamatan Jelutung tersebut. Pihak orang tua juga tampak enggan berkomentar atas kejadian banjir yang melanda resepsi pernikahan anaknya itu.
Namun mereka juga terlihat tersenyum bahagia saat para tamu undangan yang hadir.

Sejumlah tamu undangan yang hadir juga terlihat memberikan selamat kepada kedua mempelai. Warga yang ada di lokasi juga turut membantu menyukseskan acara pernikahan itu dengan menyediakan perahu karet serta mobil buat para tamu undangan yang akan hadir.

“Karena kita khawatir tamu yang akan hadir di pesta pernikahan ini karena banjir, maka kita sediakan perahu karet serta mobil buat tamu undangan. Tujuannya agar para tamu undangan tidak terlalu kesulitan untuk menuju lokasi pernikahan itu,” ujar Ruslan.

Diketahui banjir ini terjadi kala hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah Kota Jambi sejak kemarin dan malam tadi. Banjir ini juga disebabkan atas buruknya aliran drenase dikawasan itu. Tidak hanya itu saja intensitas hujan yang tinggi di sejumlah wilayah di Jambi juga menjadi penyebab banjir itu terjadi.

Warga juga berharap dengan kondisi banjir seperti ini. Pemerintah Kota Jambi dapat menindaklanjuti dan mencari solusi persoalan banjir kali ini. Kawasan ini juga kerap kali menjadi langganan banjir kala hujan deras yang mengguyur.
(asp/asp)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ferrari Ubah Racikan Kelir Mobil Balap F1 2019 untuk Tingkatkan Performa

Liputan6.com, Jakarta – Ferrari telah resmi meluncurkan mobil balap teranyarnya untuk Formula 1 (F1) 2019, SF90. Perkenalan jet darat dari pabrikan asal Italia ini dilakukan di Maranello, Jumat (16/2/2019).

Masih menggunakan warna merah, Ferrari SF90 ini tidak terlihat mengkilap seperti mobil balap sebelumnya. Pasalnya, Ferrari memberikan sentuhan akhir matte untuk meningkatkan performa. Langkah tersebut dilakukan membantu mengurangi bobot mobil, karena matte memiliki berat yang lebih ringan.

“Alasannya bukan estetika, tapi murni teknis. Dengan menghilangkan elemen kilap, itu membantu kami berhemat beberapa ratus gram,” jelas Team Principal Ferrari, Mattia Binotto, seperti dilansir Motorsport.com, Sabtu (16/2/2019).

Lanjutnya, memang kedengaran tidak banyak untuk pengurangan bobot, namun ketika timnya bekerja di ambang batas maksimal, maka hal tersebut cukup berdampak pada performa jet darat.

“Jelas kami berusaha meningkatkan semua detail. Dan saya pikir, tidak ada satupun komponen mobil yang sama seperti 2018,” tambahnya.

2 dari 3 halaman

selanjutnya

Ferrari sendiri bukan tim pertama yang mengubah racikan cat demi memangkas waktu. Tiga tahun lalu, Red Bull juga memberikan sentuhan akhir matte dengan alasan yang sama. Skuad pabrikan kuda jingkrak ini, juga memiliki cara unik dalam mengecat mobilnya, agar permukaan stiker sponsor bisa semulus mungkin, dan tidak menimbulkan hambatan udara pada mobil.

“Ini berarti kami sudah melebihi ambang batas sebelumnya, dan hal itu yang ingin kami capai. Saya pikir, kami sudah sangat mendekati ambang batas alami mobil ini,” pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Harga Emas Naik Terangkat Data Ekonomi dan Dolar AS

Liputan6.com, New York – Harga emas menguat pada hari ini dipicu melemahnya Dolar Amerika Serikat (AS) seiring pelemahan data ekonomi Amerika Serikat (AS). Hal ini juga didukung harapan Federal Reserve akan tetap pada sikap dovish terkait kebijakan moneternya.

Melansir laman Reuters, Jumat (15/2/2019), harga emas di pasar spot naik 0,5 persen menjadi USD 1.312,17 per ons. Sementara harga emas berjangka AS turun 0,1 persen ke posisi USD 1.313,9 per ons.

Indeks dolar jatuh ke level terendah sesi, terbebani serangkaian data AS yang mengecewakan. Tercatat penjualan ritel mengalami penurunan terbesar dalam sembilan tahun pada bulan Desember dan klaim pengangguran mingguan mencatat kenaikan.

Dolar tergelincir setelah data, yang menambah kekhawatiran perlambatan ekonomi, membantu emas batangan melepaskan hambatan terbatas dari awal sesi dan menjadi positif.

Data sedikit lebih lemah. “Banyak orang berpikir bahwa The Fed memberi lebih banyak amunisi untuk tidak menaikkan suku bunga sehingga bullish untuk emas,” kata Michael Matousek, Kepala Pedagang Global Investors AS.

“Kami melihat banyak pedagang masuk pada level ini untuk mengantisipasi kenaikan harga selanjutnya,” tambah dia

Harga emas telah meningkat lebih dari 12 persen sejak menyentuh posisi terendah lebih dari 1-1/2 tahun pada pertengahan Agustus. Sebagian besar disebabkan ekspektasi kenaikan suku bunga.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang memegang emas tanpa bunga dan membebani dolar.

2 dari 2 halaman

Harga Logam Lain

Sementara itu, investor terus mengawasi berita seputar sengketa perdagangan AS-China di tengah optimisme. Presiden AS Donald Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa pembicaraan “berjalan sangat baik”.

Investor juga mencermati kebuntuan di Washington mengenai pendanaan untuk pembangunan dinding perbatasan dengan Meksiko, dengan Kongres AS berusaha untuk menghindari penutupan sebagian pemerintah.

“Kami tidak akan memiliki pergerakan besar dalam emas sampai kami menemukan apa yang terjadi dengan potensi penutupan di AS dan juga pertemuan dengan China,” kata Afshin Nabavi, Wakil Presiden Senior MKS SA.

Adapun harga Palladium naik 1 persen menjadi USD 1.409 per ons. Platinum turun 0,1 persen menjadi USD 783 per ons, sementara perak tidak berubah pada USD 15,56 per ons.

Jasa Marga Tunda Kenaikan Tarif Tol Bandara Soekarno Hatta

Liputan6.com, Jakarta PT Jasa Marga (Persero) menunda penyesuaian tarif Jalan Tol Prof Dr Ir Sedyatmo atau tol bandara, yang rencananya akan diterapkan perdana Kamis, 14 Februari 2019.

Berdasarkan pernyataan resmi yang dikeluarkan Jasa Marga, Rabu (13/2/2019), langkah penundaan ini dilakukan guna memberikan sosialisasi yang lebih optimal kepada pengguna tol.

Jasa Marga akan menunda penyesuaian tarif ruas tol arah Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sampai waktu yang akan diinformasikan kemudian.

Sebelumnya, Jasa Marga menyampaikan akan menyesuaikan tarif pada Tol Prof Dr Ir Sedyatmo pada Kamis 14 Februari 2019 pukul 00.00 WIB.

Dalam penyesuaian tarif tol ini, akan ada kenaikan dan penurunan harga dengan acuan golongan kendaraan. Seperti pada kendaraan Golongan I (mobil sedan, truk kecil, dan bus), tarifnya bakal naik dari Rp 7.000 menjadi Rp 7.500.

Kenaikan harga juga dikenakan pada kendaraan Golongan II (truk dengan dua gandar), yang melonjak dari Rp 8.500 menjadi Rp 10.000.

Di sisi lain, kendaraan Golongan IV (truk dengan empat gandar) dan Golongan V (truk dengan lima gandar) justru mengalami penurunan harga tiket menjadi Rp 11.000.

Golongan IV turun Rp 2.500 dari harga semula Rp 12.500, sedangkan Golongan V dari Rp 4.000 dari Rp 15.000.

Adapun hanya kendaraan Golongan III (truk dengan tiga gandar) saja yang secara pengenaan tarif tidak berubah, yakni tetap di angka Rp 10.000.

2 dari 2 halaman

Jalan Tol Pertama di Kalimantan Bakal Rampung pada 2019

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaporkan, pembangunan konstruksi proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 99,35 km hingga awal Februari 2019 telah mencapai 85,7 persen.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto mengatakan, jalan bebas hambatan pertama di Kalimantan ini merupakan salah satu proyek tol yang ditargetkan bisa rampung pada tahun ini. “Iya, target (selesai) tahun ini,” ungkapnya di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Adapun pengerjaan Tol Balikpapan-Samarinda ini terdiri dari lima seksi. Pertama, yakni Seksi I Balikpapan-Samboja sepanjang 22,03 km yang kini dalam tahap konstruksi dengan progres sebesar 96,82 persen. Ruas ini ditargetkan akan rampung pada April 2019. 

Selanjutnya, Seksi II Samboja-Muara Jawa sepanjang 30,98 km dengan progres konstruksi sebesar 83,73 persen, dan Seksi III Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,50 km dengan progres sebesar 97,21 persen. Kedua seksi tersebut ditargetkan akan rampung pada Maret 2019.

Sementara Seksi IV Palaran-Samarinda dengan panjang 17,95 Km progresnya kini sudah mencapai 75,33 persen dengan target rampung Juli 2019, serta Seksi V Balikpapan-Bandara Sepinggan sepanjang 11,09 Km kemajuannya mencapai 68 persen dengan target rampung Agustus 2019.

Yusuf Mansur: Saya Bersahabat Sejak Jokowi Masih Jadi Wali Kota Solo

Liputan6.com, Jakarta – Kesaksian dai kondang Yusuf Mansur tentang kesalehan capres nomor urut 01 Joko Widodo viral di media sosial. Kesaksian soal ibadah Jokowi dan keluarganya itu diunggah oleh mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi.

Yusuf menuturkan, kesaksian itu dalam rangka untuk mengingatkan kepada masyarakat Indonesia agar berhenti menghina dan menjelekkan capres-cawapres yang tengah bertarung di Pilpres 2019.

“Posisi saya mengingatkan untuk memakai bahasa yang baik yang positif ke siapa pun. Jadi saya bilang ke teman-teman di 02 bicara yang baik ke 01. Di 01 juga saya ingatkan untuk bicara yang baik tentang 02,” ujar Yusuf Mansur di Hallf Patiunus, Jakarta Selatan, Rabu (13/2/2019).

Selama proses mengingatkan itulah terjadi komunikasi yang intens antara Yusuf dengan TGB melalui aplikasi WhatsApp. TGB kemudian meminta izin mem-posting kesaksian Yusuf Mansur soal kesalehan Jokowi.

Pendiri PT Veritra Sentosa Internasional atau PayTren itu pun menyetujui, selama postingan tersebut tidak menjelekkan atau merendahkan pihak manapun.

Yusuf Mansur menegaskan, dia melihat dengan mata kepalanya sendiri terkait kesalehan Jokowi dan keluarganya. Dai muda itu mengaku telah mengenal baik sosok Jokowi sejak masih di Solo, Jawa Tengah pada 2007 lalu.

“Kami bersahabat sejak Beliau masih di Solo lalu naik jadi Wali Kota dua kali. Selama ini enggak ada hambatan komunikasi, tetap baik, good, oke,” katanya.

2 dari 3 halaman

Dekat dengan Sandiaga

Selain itu, dia juga mengaku bersahabat baik dengan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno. Bahkan dia menyebut, Sandi merupakan orang pertama yang memimpin upacara bendera di Pesantren Daarul Quran miliknya pada 2008.

“Saya pun bercerita bagaimana Sandi mulutnya terus berselawat. Saya pun cerita bagaimana keluarga Sandi. Saya juga cerita bagaimana istrinya Sandi. Tapi saya juga bercerita bagaimana istrinya Jokowi. Saya kira kebaikan ini harus diketahui Indonesia,” ujar Yusuf Mansur.

Dengan menyiarkan kebaikan kedua pasangan capres-cawapres tersebut, diharapkan masyarakat Indonesia berhenti berbicara negatif tentang mereka. Apalagi keempatnya dinilai sebagai orang terbaik yang nantinya akan memimpin Indonesia selama lima tahun ke depan.

“Bahwa empat orang ini adalah orang terbaik yang tidak berhak atas bully-an kita, yang tidak berhak atas kalimat negatif kita. Kalau misalkan mereka jadi, lalu doa jelek kita jadi, kan Indonesia payah. Jangan dong, siapa pun harus baik,” ucap Yusuf Mansur.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: