Ternyata Abu Hamzah Tanam 4 Bom Ranjau di Halaman Rumah

Jakarta – Terduga teroris Husain alias Abu Hamzah menanam 4 bom ranjau di halaman rumahnya di Sibolga, Sumut. Satu bom meledak dan melukai satu personel polisi saat berupaya melakukan penggeledahan, Selasa (12/3).

“Ada 4 buah bom yang sudah tertanam di halaman rumah sebagai bom ranjau,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

Dari rumah Abu Hamzah di Jl KH Ahmad Dahlan, Gang Sekuntum, polisi menyita banyak barang bukti aykni 2 bom pipa, 4 buah casing tabung pipa dari LPG, 100 kg flash powder, 2 bom pipa tabung termasuk 1 bom pipa elbow.

“Kemudian dari hasil olah TKP kemarin, tim berhasil mengamankan 5 buah bom kontainer yang tadi jam 08.00 WIB sudah dilakukan disposal. Kemudian hari ini tinggal sisa-sisanya saja disterilisasikan,” sambung Dedi.

Abu Hamzah diciduk pada Selasa (12/3) siang. Penangkapan terduga teroris di Sibolga merupakan pengembangan dari penangkapan terduga teroris berinisial R di Lampung pada Sabtu (9/3).

“Yang jelas sasarannya aparat keamanan. Musuh utamanya kepolisian karena kepolisian yang melakukan pengejaran terhadap kelompok teroris,” ujar Dedi, Rabu (13/3).

(fdn/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Siti Aisyah Pingsan Setiba di Kampung Halaman

Serang – Begitu tiba di kampung halamannya setelah bebas, Siti Aisyah dikabarkan pingsan. Siti disebut kelelahan karena kurang istirahat.

“Keadaan sekarang dia (Siti) pingsan. Jadi tidak bisa berbuat apa-apa,” kata Indra Muta’i dari perwakilan keluarga kepada wartawan di Kampung Rancasumur, Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (12/3/2019).

Menurutnya, Siti harus istirahat dan menenangkan diri. Siti juga tidak bisa memberikan keterangan kepada wartawan karena lelah.
“Mohon maaf karena tidak bisa diwawancara,” ujarnya.
Bapak dan ibu Siti Aisyah sendiri belum datang ke Serang. Siti Aisyah sengaja diistirahatkan bukan di rumahnya untuk menenangkan diri sampai sehat.

Selain itu, rencananya pihak keluarga juga akan mengadakan syukuran dibebaskannya Siti Aisyah dari dakwaan pembunuhan Kim Jong-Nam. Keluarga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia dan Presiden Jokowi.

“Insyaallah syukuran sangat sederhana sesuai kemampuan kita,” sebut Indra.
(gbr/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dikawal Ketat Polisi, Siti Aisyah Tiba di Kampung Halaman

Liputan6.com, Serang – Siti Aisyah akhirnya tiba di kampung halamannya, Serang, Banten, setelah terbebas atas kasus dugaan pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Ia tiba di kediaman tetangganya, Muta’i Indra Jaya, di Kampung Rancasari, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, sekitar pukul 21.40 WIB.

Siti keluar mobil dikawal ketat pihak kepolisian yang mengenakan rompi. Siti pun menutup wajahnya dengan kain. Usai keluar mobil, Siti langsung masuk ke dalam rumah, tanpa memberikan pernyataan apapun ke awak media yang sudah menunggunya sedari pagi.

Pintu masuk rumah Muta’i Indra Jaya dijaga sejumlah anggota kepolisian dengan kaos warna putih, dan mengenakan rompi hitam.

Sebelumnya, Muta’i yang merupakan tetangga Siti, menyatakan kalau malam ini WNI yang dibebaskan oleh pengadilan tinggi Malaysia itu belum bisa dimintai keterangan.

“Kita sambut pakai shalawatan nantinya. Malam ini jangan dulu ada wawancara yah. Karena kasian Aisyah kelelahan,” kata Muta’i, tetangga korban yang rumahnya dijadikan lokasi kedatangan Siti Aisyah, Selasa (12/03/2019).

Awak media telah menunggu kedatangan Siti Aisyah sejak pagi tadi. Namun tidak mendapatkan pernyataan apapun dari Siti. Sedangkan warga setempat yang ingin menyambut Siti telah berkumpul dikediaman Muta’i sejak pukul 16.00 WIB. 

Tiba di Kampung Halaman, Siti Aisyah Disambut Musik Rebana

SerangSiti Aisyah akhirnya menginjakkan kaki di kampung halamannya di Rancasumur, Desa Sindangsari, Kabupaten Serang. Siti disambut warga kampung yang menanti sejak sore.

Pantauan detikcom, Siti tiba pukul 21.30 WIB didampingi pihak keluarga. Siti tidak langsung pulang ke rumahnya namun ditampung di salah satu rumah tokoh warga setempat.

Ada puluhan warga yang menanti kepulangan Siti sejak sore tadi. Warga menyambut Siti dan keluarga dengan memainkan rebana.
Siti datang menumpangi mobil B-1278-PQQ berpelat merah. Ia datang bersama kedua orang tuanya.

Siti tidak langsung pulang ke rumah. Dia bersama kedua orang tua ditampung lebih dulu di rumah tokoh masyarakatSiti tidak langsung pulang ke rumah. Dia bersama kedua orang tua ditampung lebih dulu di rumah tokoh masyarakat (Foto: Bahtiar Rivai/detikcom)

Siti sendiri enggan berbicara dengan wartawan dan langsung masuk ke dalam rumah.

Siang tadi, Siti Aisyah sempat bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Jokowi sempat mengatakan dirinya bersyukur atas terbebasnya Siti dari dakwaan pembunuhan Kim Jong-Nam. Ia meminta agar Siti istirahat dan kumpul bersama keluarga.

“Iya, tadi saya menyampaikan agar Siti sementara di rumah terlebih dulu sampai nanti agak tenang dan bisa merencanakan kehidupan yang baik,” kata Jokowi.
(bri/jbr)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jihandak Temukan Ratusan Mortir di Halaman Rumah Warga Dago

Liputan6.com, Bandung Operasi pencarian mortir yang terbenam dalam pekarangan rumah warga, di Jalan Ir H Djuanda, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, dihentikan Rabu, (6/3/2019). Total mortir yang berhasil ditemukan sebanyak 119 buah.

Pada hari kedua penyisiran, tim Penjinak Bahan Peledak (Jihandak) Yonzipur Kodam III Siliwangi menemukan 31 mortir tambahan dalam penyisiran yang dilakukan sejak pagi tadi.

“Hingga sore hari ini, hasil akhir proses lanjutan pengangkatan semua mortir di lokasi temuan ini kami dapat amankan 31 butir mortir dengan kondisi bervariasi. Total ada 119 butir mortir yang berhasil kita amankan, nanti diteliti lebih lanjut,” kata Dandim 0618 BS Letkol Inf M. Herry Subagyo.

Herry menjelaskan, ratusan mortir tersebut dalam kondisi yang bervariatif. Beberapa di antaranya ada yang sudah berkarat dan ada juga yang sudah dalam keadaan rusak.

Saat ini, mortir tersebut langsung dievakuasi untuk langsung dibawa guna dilakukan analisis mengenai asal usul dan jenis dari mortir tersebut. Sebab, menurut Herry harus ada penyelidikan dan pengumpulan data yang konkret.

“Kita belum bisa pastikan tahun jenis pembuatan, siapa yang menaruh. Kita masih fokus pada upaya pengamanan dulu. Nanti setelah kita bisa sterilkan wilayah ini baru nanti proses penyelidikan lebih lanjut akan kita lakukan,” katanya.

Herry memastikan, lokasi temuan ratusan mortir tersebut dalam kondisi aman. Namun begitu, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan kembali menyisir lokasi jika ada laporan dari masyarakat.

“Kita sudah yakinkan menggunakan metal detector di sekitar lokasi sudah tidak ada lagi mortir. Apabila memang masih ditemukan, kita harapkan masyarakat untuk bisa melaporkan untuk ditindaklanjuti,” ujar Herry.

Dengan selesainya penyisiran mortir, penggalian dan evakuasi benda berbahan ledak di rumah tersebut resmi ditutup.

Sebelumnya, penemuan mortir tersebut diawali oleh tiga tukang bangunan yang tengah bekerja membuat kanopi di rumah yang ditempati warga bernama Kevin Permana.

Awalnya, ketiga buruh bangunan sedang menggali tanah untuk membuat fondasi pembuatan garasi dan kanopi sekitar pukul 08.00 WIB. Dua jam kemudian, ketika sedang menggali lubang kedua di kedalaman sekitar 50 cm, ketiga buruh bangunan tersebut melihat ada satu buah mortir yang sudah dalam keadaan berkarat. Mortir langsung diangkat dan dipindahkan ke atas tanah. Sementara terlihat masih ada satu buah mortir yang masih tertanam di dalam tanah galian.

Sang pemilik rumah lantas melaporkan temuan itu kepada pihak kepolisian. Pihak kepolisian dari Polsek Coblong dan tim Inafis Polrestabes Bandung bekerjasama dengan tim Gegana Jihandak Brimob Polda Jabar pun langsung turun untuk mengamankan mortir.


Simak juga video pilihan berikut ini:

Gelar Fashion Show, Menaker Hanif Ingin Populerkan Kain Sarung

Liputan6.com, Jakarta Suasana kantor Kementerian Ketenagakerjaan pada Jum’at (1/3/2091) pagi, tak seperti biasanya. Perayaan Hari Sarung Nasional yang bertema ” Sarung is My New Denim” berlangsung dengan meriah.

Menaker M Hanif Dhakiri, pejabat eselon I, II dan III Kemnaker secara bergiliran berlenggak-lenggok di halaman kantor Kemnaker dengan mengenakan kain sarung/kain khas Nusantara di atas karpet merah yang digelar

Disaksikan ratusan pegawai Kemnaker yang juga mengenakan kain sarung dan berdiri di sisi karpet merah, Hanif Dhakiri, Sekjen Khairul Anwar, Dirjen PHI Jamsos Haiyani Rumondang, Dirjen Pengawasan K3 Sugeng Priyanto, Dirjen Binalattas Bambang Satrio Lelono secara bergiliran bagaikan peragawan/peragawati bergaya berjalan di atas catwalk.

Dalam sambutannya, Menteri Hanif mengatakan pihaknya ingin mempopulerkan kain sarung sebagai salah satu busana nasional Indonesia. Semakin populer dan dikenalnya sarung serta diminatinya sarung oleh generasi milenial, maka akan menimbulkan dampak ekonomi dan lapangan kerja akan luar biasa.

“Hari ini kita sarungan bersama dalam acara bertema Sarung is My New Denim. Selama ini Denim identik dengan jeans. Hari ini kita berbagai macam ragam dari jenis kain. Indonesia kaya betul dengan berbagai macam kain sarung, berbagai macem jenis dan bentuk. Ini jadi potensi ekonomi dan budaya,” ujarnya.

Hanif menambahkan sejarah sarung sangat panjang. Tapi sekilas, sarung sejak dulu digunakan oleh kaum nasionalis dan santri. Tapi lambat-laun, hanya kaum santri saja yang mengenakan sarung dan tiba-tiba sarung dianggap kampungan atau Ndeso.

“Sarungan bukan ndeso atau kampungan. Sarungan itu keren. Kita harus keluarkan sarung dari citra negatif dan dianggap hanya mewakili kelompok tertentu. Sarungan ini untuk semua orang karena sarungan bagian dari budaya nasional,” ujarnya.

Menaker Hanif juga mengajak pegawai Kemnaker untuk mengenakan sarung setiap hari Jum’at. “Monggo di Kemnaker, tiap hari Jum’at pakai sarung, itu tak masalah. Saya tidak akan mewajibkan untuk bersarung tapi kalau hari Jum’at pakai sarung, kita kasih jempol,” kata Hanif seraya memperagakan jari jempolnya ke hadapan pegawai Kemnaker dan disambut applaus.

Hanif menjelaskan sarung bisa digunakan untuk berbagai macam jenis aktivitas. Misalnya untuk ibadah sholat dan aktivitas lain.

“Tapi intinya, kita ingin sarung ini kembali populer menjadi budaya nasional dan membantu penciptaan lapangan kerja di bidang produksi sarung. Mari kita harus bangga dengan jatidiri Indonesia,” katanya.


(*)

Cara Membuat Aplikasi Android, Sederhana dan Bisa Dibuat Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Pada era global saat ini peralatan komunikasi seperti gadget dan smartphone makin canggih.  Banyak aplikasi yang ditawarkan dari  Android Market, akan tetapi jika kita mengunduh dan menginstall harus membayar, walaupun ada beberapa yang gratis. 

Terkadang  kamu tidak puas dengan software bawaan yang dibangun oleh vendor, sehingga kamu terdorong untuk menambahkan aplikasi-aplikasi yang dapat dijalankan pada sistem operasi Android dengan mencari cara membuat aplikasi android yang sederhana. Untuk menambahkan sebuah aplikasi ke ponselmu yang berbasis Android, tentunya tidaklah semudah kalau aplikasi itu dibangun dengan menggunakan sebuah PC.

Nah, kali ini Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber cara membuat aplikasi android sederhana Jumat (1/3/2019).

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Aplikasi Android di Android Studio

Sebelum membahas cara membuat aplikasi android, kamu harus tahu apa saja yang harus diinstal jika ingin membuat aplikasi android di Android Studio. Beberapa yang harus kamu install adalah sebagai berikut:

1. Download JDK (Java Development Kit). Ini adalah salah satu software development environment yang berguna untuk mengembangkan aplikasi berbasis Java.

2. Install JDK dengan cara klik 2 kali intstallernya dan klik next

3. Download Andoid Studio

4. Install Android Studio

Buka Android Studio. Saat kamu membukanya akan muncul kotak dialog untuk konfigurasi awal Android Studio-mu. Klik do not import settings jika ini pertama kalinya kamu install android studio-Klik next

-Pilih tema Studio Android-mu

-Ceklis Android Virtual Device jika kamu ingin meng-install Emulator Android di PC mu. 

-Kamu akan diminta menentukan RAM yang akan dipakai oleh emulator

-Klik finish, maka Android Studio akan mendownload file-file yang dibutuhkan

5. Install Android SDK (Software Development Kit)

– Centang pada OS Android yang ingin kamu install SDK-nya di komputermu.

6. Selesai.

3 dari 4 halaman

Langkah membuat aplikasi android

Nah, itu tadi hal-hal yang akan kamu butuhkan untuk membuat aplikasi android di Android Studio. Untuk cara membuat aplikasi android, berikut penjelasannya.

1. Create new project

-Buka android studio dan pilih start a new android studio project

– Isikan nama aplikasinya dan pilih lokasi penyimpanan project android studionya.

– Pilih minimum OS Android yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasimu

-Pilih empty activity

– Beri nama activity yang akan dibuat lalu klik Finish

2. Tampilan Environment Android Studio

-Kamu cukup focus pada main activity dan activity_main.xml

3. Melihat Tampilan Android

-Buka file activity_main.xml

4. Jalankan aplikasi android

-Klik tombol play berwarna hijau

-Pilih dimana kamu akan menjalankan aplikasi androidnya

-Untuk yang punya smartphone android, pergi ke developer options di menu settings android-nya → Lalu aktifkan opsi USB Debugging → Tancapkan smartphone ke komputermu via kabel USB → Jika muncul peringatan di android mengenai perizinan USB Debugging, klik saja ALLOW → Install driver smartphone android di komputermu → (Kembali ke Android Studio) → Maka device android-mu akan muncul di dialog tadi di bagian Connected Devices. Klik device android-mu lalu klik OK, tunggu hingga proses compiling selesai dan aplikasi android-mu akan berjalan di smartphone-mu.

5. Selesai.

Android Studio sangat user-friendly. Dengan kesungguhan dan mau belajar kamu pasti bisa menguasainya dengan baik meskipun tidak mahir coding. 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Aplikasi Android Dengan AppsGeyser

Layanan AppsGeyser bisa kamu manfaatkan untuk membuat sebuah web app. Web app yaitu sebuah aplikasi yang memudahkan kamu untuk mengakses halaman web dari ikon aplikasi.

Caranya sebagai berikut;

1. Buka halaman websiter AppsGeyser kemudian klik tombol create now for free

2. Pilih  berbagai macam template aplikasi yang kamu inginkan, misal membuat webb app

3. Lalu masukkan halaman website yang kamu miliki lalu tekan Go untuk mengubah konten yang ada

4. Scroll ke bawah untuk memilih warna tema aplikasi dan klik Next untuk lanjutkan proses

5. Ketikkan nama aplikasi lalu tekan next

6. Masukkan deskripsi aplikasi yang sedang kamu buat, lalu next

7. Pilih ikon aplikasi yang tersedia atau kamu bisa buat sendiri dengan photoshop, lalu next

8. Lalu klik create untuk kamu membuat aplikasi sendiri. Kamu tinggal log in dengan cara sign in

9. Kamu juga bisa mempublish aplikasi yang kamu buat ke Google Play Store atau kamu bisa unduh secara langsung

10. Selesai.

Nah itu tadi penjelasan tentang cara – cara membuat aplikasi android sederhana yang bisa kamu ikuti dengan mudah yang bisa langsung kamu praktekkan. Kamu juga bisa temukan aplikasi yang dibuat oleh orang-orang lain di Google Play Store.

Dengan melihat aplikasi-aplikasi lain, kamu jadi bisa semakin belajar membuat aplikasimu sendiri.

Semoga dengan artikel diatas dapat menmbah pengetahuanmu tentang cara membuat aplikasi android-mu sendiri.

Cara Ngeprint Bolak Balik Word, Excel dan PDF Secara Otomatis

Liputan6.com, Jakarta Pasti kamu pernah mencetak tugas sekolah, makalah, atau skripsi yang sudah pasti kebanyakan hanya mencetak satu sisi di setiap kertasnya. Sedangkan sisi lainnya tetap kosong. Tentu saja itu hanya akan membuat boros kertas. Apalagi jika kamu ngeprint di tempat fotocopy pasti semakin banyak halaman akan semakin mahal.

Cara ngeprint bolak balik sangat membantu menghemat kertas dan biaya ketika harus mencetak ratusan lembar untuk keperluan tertentu. Dengan cara ngeprint bolak balik kamu bisa menghemat setengah cetakan, semisal harusnya 100 lembar menjadi hanya 50 lembar.

Untuk bisa melakukan print bolak balik tentunya lebih mudah menggunakan printer yang sudah support duplex sehingga bisa berjalan otomatis. Berikut cara ngeprint bolak-balik yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/3/2019).

2 dari 5 halaman

1. Print Bolak Balik Secara Otomatis

Jika printer yang digunakan sudah mendukung percetakan duplex, maka kamu dapat langsung mencetak dokumen secara bolak balik. Beberapa jenis printer biasanya menyediakan pengaturan otomatis yang akan mencetak dokumen duplex tanpa mengaturnya secara manual.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, silahkan beri tanda centang pada menu “Double-sided Printing” yang terdapat di bagian bawah pengaturan printer kamu.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi melakukan pengaturan setiap kali akan mencetak dokumen yang panjang. Akan tetapi jika pengaturan otomatis tidak tersedia, maka kamu harus mengaturnya secara manual.

3 dari 5 halaman

2. Print Bolak Balik Secara Manual

Kamu harus mengubah pengaturan default menjadi duplex printing setiap kali hendak mencetak dokumen jika menggunakan cara manual. Ketika mencetak duplex secara manual, Microsoft Word akan mencetak setiap halaman di sisi pertama lembar kertas, kemudian kamu harus membalik kertas agar halaman selanjutnya bisa dicetak di sisi lain kertas. Berikut langkah-langkahnya:

– Cara ngeprint bolak balik masuk ke menu Print pada Microsoft Word.

– Pada menu Print On Both Side, pilih Yes Flip Over. Scroll ke bawah dan pilih “Manual Duplex”, kemudian simpan pengaturan.

– Kembali ke dokumen di Word. Print dokumen dan Word akan meminta kamu untuk memasukkan halaman untuk dicetak di sisi kertas selanjutnya.

Selain cara di atas, kamu juga dapat mencetak dokumen bolak-balik dengan cara manual yang lain. Cara ngeprint bolak balik di bawah ini sangat cocok untuk kamu yang menulis dokumen dengan tambahan halaman di bawah atau di atasnya seperti skripsi, jurnal, makalah, dan lainnya. Berikut langkah-langkahnya:

– Buka dokumen di Word, Klik “Print”.

– Pilih opsi “Print Odd Numbered Pages”, Klik “OK” untuk mencetak halaman ini.

– Masukkan kertas ke dalam printer. Perlu kamu ketahui, bahwa memcetak duplex secara manual ini mengharuskan kamu untuk membalik kertas untuk halaman selanjutnya. Coba terlebih dahulu di beberapa sampel kertas untuk memastikan umpan printer sebelum kamu mencetak halaman ganjil.

– Kembali ke dokumen di Word. Pilih “Print Even Numbered Pages” dan klik “OK” untuk mencetak halaman selanjutnya di sisi lain kertas

Cara ngeprint bolak balik ini mudah, meskipun bagi pemula cara ini cukup rumit. Namun, sebagian pengusaha percetakan atau warung internet menggunakan metode ini untuk mencetak dokumen pelanggan dengan cepat.

4 dari 5 halaman

3. Cara Ngeprint Bolak Balik Excel

– Klik Tab File pada Excel lalu pilih Print atau bisa juga CTRL+P

– Masuk menu Printer List silahkan pilih printer yang akan digunakan

– Di Setting nya pilih Print on Both Sides

– Kemudian pilih Flip sheets on long edge or Print on Both Sides

– Dan yang terakahir pilih Flip sheets on long edge

– Keluar menu setting printer lalu cetak dokumen dengan menekan tombol Print.

Pada Printer Yang Tidak Support Duplex Printing

– Klik Tab File pada Excel lalu pilih Print atau bisa juga CTRL+P

– Cara ngeprint bolak balik masuk menu Printer List silahkan pilih printer yang akan digunakan

– Cetak halaman pertama dengan mengisikan angka 1 pada Pages box lalu klik tombol Print

– Jika sudah selesai mencetak silahkan balik halaman tadi lalu masukkan ke printer

– Pada pages Pages box isikan angka 2 lalu klik tombol Print

– Untuk halaman ketiga dan seterusnya ulangi langkah diatas sampai semua halaman tercetak

5 dari 5 halaman

4. Cara Ngeprint Bolak Balik PDF

– Klik Tab File pada Adobe Reader lalu pilih Print atau bisa juga CTRL+P

– Pada Printer Dialog silahkan pilih Print On Both Sides Of Paper

– Print On Both Sides Of Paper

– Cara ngeprint bolak balik selanjutnya klik Print untuk melakukan pencetakan

Memang untuk semua software memiliki cara print yang hampir sama jadi bisa diterapkan dengan mudah. Lebih mudah apabila memiliki printer duplex karena bisa dengan mudah melakukan printing bolak balik. Kebanyakan printer masa kini juga sudah menyertakan duplex printing yang memudahkan setiap pekerjaan.

4 Kebijakan Anies Usai Ditinggal Sandi hingga yang Menuai Kontroversi

Liputan6.com, Jakarta – Memimpin Jakarta sendirian, itulah yang dilakukan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI sepeninggal Sandiaga Uno yang memilih mendampingi Prabowo sebagai cawapresnya di Pilpres 2019.

Kurang lebih 7 bulan sudah, terhitung dari Agustus 2018, Anies menata Ibu Kota tanpa seorang wakil gubernur. Satu harapannya untuk sosok yang akan menemaninya memimpin DKI Jakarta, kerja keras dan all out.

“Kemudian kalau (di) Jakarta harus mau kerja keras, jadi jangan tanggung. Harus all out, tuntas,” kata Anies.

Sempat diwarnai tarik ulur antara Gerindra dan PKS selaku partai pengusung, kini dua nama telah dipastikan akan memperebutkan posisi orang nomor 2 di DKI Jakarta sebagai pendamping Anies Baswdean. Mereka adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaiku. Fit and proper test juga sudah dilakukan.

Sejak ditinggal Sandi sejak Agustus 2018, tak sedikit kebijakan penting telah diwujudkan untuk mengubah wajah Jakarta oleh mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

Tidak hanya perubahan drastis dari sisi pembangunan di perkotaan maupun birokrasi, kebijakannya dengan merotasi ribuan pejabat di lingkungan Pemprov DKI belakangan ini masih jadi sorotan. Bahkan ada yang menilainya kebijakan tersebut berbau politis.

Berikut sejumlah kebijakan Anies Baswedan selama memimpin Jakarta sendiran dalam hal menata Ibu Kota sekaligus yang tuai kritikan:

2 dari 6 halaman

1. Rotasi Ribuan Pejabat DKI

Tercatat ada sekitar 1.125 pejabat di lingkungan Pemprov DKI yang dirotasi, Senin, 25 Februari kemarin di halaman Balai Kota. Terdiri dari 15 pimpinan tinggi pratama atau eselon II (setingkat kepala dinas), 274 administrator atau eselon III (setingkat camat) dan 836 pengawas atau eselon IV (setingkat lurah).

Banyak pihak yang menilai kebijakan tersebut sangat kental aroma politis. Salah satunya diungkap oleh Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi.

Pras menduga pencopotan pejabat DKI yang dilakukan Anies karena faktor like and dislike.

“Ini aneh ini buat saya dan tempat-tempat itu kok berbaunya politis sekali,” ujar Prasetio di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Selasa, 26 Februari 2019.

Perombakan jabatan di level kepala dinas memang menjadi hak diskresi gubernur. Namun, lanjut Pras, pencopotan pejabat eselon III seperti camat dan eselon IV dinilai tidak bijak.

Terkait tudingan tersebut, Anies pun angkat bicara. Di sisi lain Anies mengatakan, dirinya tak bisa melarang siapapun untuk mengemukakan pendapat. Namun, perihal rotasi serta mutasi yang dilakukannya terhadap jajarannya didasarkan atas evaluasi kinerja, bukan personal.

“Ini adalah semua soal kinerja selama satu setengah tahun ini. Dan imajinasi orang boleh-boleh saja ya,” ungkap Anies Baswedan.

3 dari 6 halaman

2. Copot Pejabat DKI Terlibat Jual Beli Jabatan

Selain rotasi jabatan, mantan Menteri Pendidikan era Presiden Jokowi ini belum lama ini menyatakan akan mencopot pejabat Pemprov DKI Jakarta bila terbukti terlibat dalam jual beli jabatan lurah dan camat.

Dia menyebut itu bentuk penyuapan jika pejabat memberikan sejumlah uang untuk mendapatkan kedudukan.

“Kalau dia tidak lapor dan kemudian hari ketahuan, langsung saya copot. Karena berarti itu penyuapan,” kata Anies di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Kamis (28/2/2019).

Akan tetapi, Anies menyebut itu pemerasan bila terdapat pejabat dipaksa untuk memberikan kepada oknum ketika proses rotasi.

4 dari 6 halaman

3. Serahkan 500 Sertifikat Tanah

Bertempat di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagikan 500 sertifat tanah kepada warga Cipayung dan Makasar. Penyerahan sertifikat berdasarkan arahan dari program pemerintah pusat.

Selain itu, lanjut Anies, sertifikat tersebut merupakan bentuk kepastian hukum, sehingga tidak mudah untuk diakui oleh pihak lain.

“Jangan sampai Bapak Ibu terima sertifikat, habis itu ada yang datang dengan iming-iming, malah langsung dijual. Malah langsung laku, langsung gak punya tanah lagi nanti,” kata Anies Baswedan, Kamis (18/2/2019).

5 dari 6 halaman

4. Resmikan 3 JPO Senilai Rp 53 M

JPO Gelora Bung Karno dan JPO Bundaran Senayan, dua jembatan yang kini telah direvitalisasi oleh Anies Baswesdan. Selain untk menghadirkan fasilitas untuk masyarakat, Anies menyebut JPO dapat menjadi salah satu ikon Ibu Kota.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, JPO Bundaran Senanya, JPO GBK dan JPO Polda Metro secara resmi dibuka,” ucap Anies di Senayan, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Tak seperti JPO pada umumnya, dua jembatan yang baru saja diresmikan ini memiliki sejumlah kelebihan. Di antaranya memiliki lampu LED dan lampu sorot warna warni RGB, CCTV 24 jam, tong sampah, dan disertai lift yang ramah wanita hamil dan penyandang disabilitas.

“Saya selalu menggarisbawahi (JPO) dirancang untuk bisa ramah bagi disabilitas. Kesataraan fasilitas bagi semua warga ibu kota, kususnya penyandang disabilitas,” ujar dia.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: