Misteri Titah Jarum Maut yang Tewaskan Bocah Alfa di Aceh

Liputan6.com, Aceh – Dugaan malapraktik berujung kematian pasien di RSU Cut Nyak Dien Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Oktober, tahun lalu masih menyimpan misteri. Terlebih soal siapa sebenarnya yang bertanggungjawab dalam kasus tersebut.

Kasus ini mencuat ketika keluarga pasien atas nama Alfa Reza (11) protes lantaran pasien meninggal dunia setelah disuntik petugas medis. Sebelumnya, korban sempat menjalani perawatan usai dioperasi di Ruang Anak.

Menurut paman korban, Syahril, keponakannya dibawa ke rumah sakit untuk menjalani perawatan setelah mengalami luka akibat tertancap dahan kayu di punggung. Korban dilarikan ke IGD pada Jumat, 19 Oktober 2018.

Korban dibawa pukul 14.00 WIB, dan ditangani dokter bedah pada pukul 17.00 WIB. Setelah dioperasi kondisi pasien membaik, namun, tak lama setelah disuntik saat berada di ruang anak pasien langsung meninggal.

“Saat itu anak kami disuntik sebanyak tiga kali. Nggak ada dicoba obat dulu, tapi langsung disuntik sebanyak 4 kali dalam rentang waktu sangat singkat,” ujar Syahril kepada media, saat itu.

Usai kejadian, Kasi Pelayanan Medis, Muhammad Asmirudin, berjanji, pihak rumah akan investigasi mengenai kasus ini. Di saat yang sama, kasus dugaan malapraktik tersebut mulai ditangani pihak kepolisian.

Pada Kamis, 17 Januari 2019, polisi resmi menahan dua tenaga honorer rumah sakit. Keduanya, EW (29) dan DA (24), perawat piket yang bertugas di malam kejadian.

Kapolres Aceh Barat, AKBP Raden Bobby Aria Prakasa, melalui Kasat Reskrim, Iptu M. Isral mengatakan, keduanya ditahan setelah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka. Mereka ditahan selama 20 hari di sel Mapolres Aceh Barat.

Kedua perawat memiliki peran yang berbeda. Yang berperan menyuruh adalah EW. Sedangkan yang menyuntik adalah DA.

Namun, menurut Koordinator Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Banda Aceh Pos Meulaboh, Fela Anggraeni, fakta bahwa EW dan DA berperan sebagai yang menyuruh dan menyuntik, agak ganjil. mengingat posisi keduanya berstatus honorer.

“Siapa sebenarnya yang menyuruh menyuntik dan yang bertanggungjawab terhadap pasien pada malam kejadian. Petugas medis honorer tidak mungkin punya tanggungjawab penuh penanganan pasien,” kata Fela kepada Liputan6.com, Selasa 22 Januari 2019, sore.

Menurut Fela, yang bertanggungjawab penuh menangani pasien pada malam kejadian harusnya setingkat dokter, kepala ruang anak atau pihak manajemen rumah sakit. Bukan pegawai honorer yang sifatnya perbantuan, dan kini telah ditahan setelah menjadi tersangka kasus dugaan malapraktik.

2 dari 2 halaman

Usut Tuntas

Manajemen rumah sakit diminta bertanggung jawab secara hukum atas semua kerugian yang ditimbulkan karena kelalaian tenaga kesehatan di rumah sakit. Ini ditegaskan dalam Pasal 46 Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

“Kejadian ini terjadi merupakan bentuk kelalaian dari pihak rumah sakit yang bertanggungjawab dalam hal melakukan pengawasan terhadap pelayanan medis yang diberikan kepada pasien,” ketus Fela.

Selain itu, pihaknya mendesak polisi melakukan pengembangan penyidikan untuk mengusut tuntas kemungkinan adanya pihak lain yang bertanggungjawab. Karena kasus Alfa Reza merupakan pidana murni atau delik biasa, bukan delik aduan.

“Sehingga, walaupun adanya perdamaian diantara kedua belah pihak, tidak dapat menghentikan proses hukum, penegakan hukum tetap harus dilanjutkan. Selain itu, kami juga meminta Pemerintah Aceh Barat mengevaluasi dan mengawasi rumah sakit agar ke depan tidak terjadi lagi peristiwa ini,” dia memungkasi.

Kedua perawat yang ditahan dalam kasus ini mendapat dukungan moril dari sejawat mereka. Puluhan tenaga medis menggelar unjuk rasa di halaman rumah sakit dan meminta EW dan DA dibebaskan, Senin, 21 Januari 2019, siang.

Mereka mengancam akan melakukan aksi mogok kerja, apabila dua rekan mereka masih ditahan polisi. Di hadapan peserta aksi, Kuasa hukum rumah sakit, Agus Herliza berjanji akan mendampingi kedua perawat dalam kasus ini.

“Teman-teman harus bersabar,” kata Agus.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Saksi Ungkap Pengeroyokan Sadis terhadap Haringga Sirla di Depan Hakim

Liputan6.com, Bandung – Sidang kasus pengeroyokan suporter Persija Jakarta, Haringga Sirla, yang tewas di halaman parkir Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada 23 September 2018, kembali digelar di Pengadilan Negeri Bandung, Selasa (22/1/2019).

Ketujuh terdakwa yakni Aditya Anggara (19), Dadang Supriatna (19), Goni Abdulrahman (20), Budiman (41), Aldiansyah (21), Joko Susilo (32), dan Cepi Gunawan (20). Ketujuh pelaku didakwa Pasal 338 Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP dan dakwaan kedua Pasal 170 ayat (2) ke-3 KUHP.

Tujuh terdakwa hadir menggenakan pakaian hitam putih yang dibalut rompi merah tahanan Kejari Bandung. Keluarga dan rekan terdakwa turut hadir dalam persidangan.

Sejumlah barang bukti dihadirkan dalam persidangan. Mulai dari papan kayu satu meter dan kayu 50 centimeter. Selain itu juga ada helm hitam, jaket, dan aksesori lainnya yang digunakan saat pengeroyokan.

Sidang juga menghadirkan tujuh orang saksi. Rizal Sutisna, saksi yang berada di TKP menyebut korban Haringga sudah tak bernyawa.

“Dari tubuh korban, yang mengalami luka paling parah itu di bagian kepala dan bagian vital. Saya tidak tahu dia masih hidup atau tidak, tapi secara kasat mata bisa disimpulkan bahwa dia sudah meninggal,” kata Rizal.

“Waktu itu korban (Haringga) yang sudah tergeletak mengenakan celana jeans, di mana celana itu melorot. Kayu tersebut masuk di sana,” imbuh dia.

Rizal saat itu merupakan aparat yang berjaga di Gerbang Biru Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Waktu kejadian, ia mengaku situasi Gerbang Biru tidak kondusif. Banyak Bobotoh, suporter Persib Bandung, yang memaksa masuk ke dalam stadion.

Salah seorang saksi yang bertugas di Polrestabes Bandung, Cecep Suhendar mengatakan, saat di TKP dirinya melihat sejumlah benda dengan bercak darah.

“Saat di TKP korban sudah tidak ada. Sudah dilarikan ke RS Sartika Asih. Di TKP sendiri banyak darah, ada batu bata, papan kayu,” ujarnya di hadapan majelis hakim M. Basir.

Setelah dari TKP, Cecep menemui korban di rumah sakit. Jasad Haringga saat itu sudah berada di ruang jenazah. “Melihat banyak luka, tubuhnya berlumuran darah. Ada kayu sepanjang 50 centimeter tertancap di tubuh korban. Darahnya paling banyak di bagian kepala,” ujarnya.

2 dari 2 halaman

Respon Terdakwa

Hakim M. Basir kemudian menanyakan kesaksian ketujuh anggota polisi tersebut pada tujuh terdakwa yang duduk di belakang saksi. Terkait kondisi Haringga, tidak ada satu pun terdakwa yang menyatakan keberatan.

Keberatan hanya diungkapkan Budiman. Menurutnya, ia memukul Haringga dengan besi. “Saya memukul pakai tangan kosong, tidak dengan besi,” kata Budiman.

Dalam dakwaan disebutkan sebelum aksi pengeroyokan itu terjadi, beberapa oknum Bobotoh melakukan sweeping terhadap korban. Saat itulah ditemukan identitas yang menandakan korban merupakan pendukung Persija Jakarta.

“Kemudian ada salah seorang Bobotoh yang berteriak mengumumkan ‘di sini ada The Jak’ setelah itu banyak Bobotoh yang menghampiri korban dan membabi buta memukul, menendang, dan menginjak-injak. Baik tangan kosong atau maupun alat berupa balok atau batu,” kata jaksa penuntut umum Melur Kimaharandika dalam surat dakwaan.

Terdakwa yang saat itu berada di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) mendengar ada keributan. Mereka lalu datang dan ikut melakukan pengeroyokan tersebut. Masing-masing dari mereka memukul hingga menendang ke beberapa bagian tubuh korban yang saat itu sudah babak belur.

“Bahwa para terdakwa mengetahui dan menyadari jika perbuatan yang mereka lakukan dengan memukul dan melempar korban berkali-kali baik dengan tangan kosong maupun dengan menggunakan alat dapat menyebabkan korban mengalami luka-luka bahkan meninggal dunia,” kata jaksa.

Akibat perbuatannya, korban Haringga mengalami luka sangat parah. Berdasarkan hasil visum, korban mengalami luka di bagian kepala, patah tulang hidung dan leher, memar di bagian otak serta luka di bagian vital korban.

Sementara itu, kuasa hukum terdakwa Dadang Sukmawijaya mengatakan keterangan saksi baru berupa petunjuk. Sehingga masih membutuhkan keterangan saksi lain sebelum pihaknya membuatkan nota pembelaan.

“Itu merupakan bagian dari petunjuk. Tanggal 31 nanti akan menghadirkan saksi lain. Nanti petunjuk semua kita pertimbangkan bagaimana pembelaan kami untuk membela terdakwa,” ujar Dadang.

Saksikan video pilihan berikut ini:

3 Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Tanpa Aplikasi, Gampang dan Nggak Perlu Pakai Uang

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu sering kehabisan duit di akhir bulan karena kiriman nggak kunjung datang? Pengen pasang paket internet unlimited buat download game tapi nggak punya uang untuk membeli pulsa?

Ya namanya juga ekonomi, pasti ada pasang surutnya. Negara aja kadang harus utang dulu untuk membeli sesuatu, jadi sebagai anak bangsa yang baik, wajarlah mencari sesuatu yang gratisan.

Kamu tentu tahu, saat ini pulsa menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk pengguna HP dan juga smartphone. Sebab, tanpa menggunakan pulsa, para pengguna ponsel tak akan bisa menggunakan aktivitas untuk menelepon atau SMS.

Banyak juga operator di Indonesia seperti Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Axis yang menawarkan promo menarik untuk para pengguna terkait dengan tarif pulsa.

Namun, banyak juga yang memilih membeli pulsa untuk bisa telepon, SMS, atau juga membeli paket internet. Tapi untuk membeli pulsa memang membutuhkan biaya yang tak sedikit karena harganya yang tak murah.

Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang bisa memberikan kamu pulsa gratis secara cuma-cuma. Tapi aplikasi ini cuma dapat dipakai untuk smartphone tipe tertentu juga caranya yang terbilang rumit.

Seperti aplikasi penghasil pulsa Cashtree, Money Locker, Capsa Royale dan banyak lainnya. Untuk kamu yang nggak mau rumit mencari cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi.

Berikut telah liputan6 rangkum cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang aman Selasa (22/1/2019).

2 dari 4 halaman

1. Poin Web

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang pertama adalah Poin Web. Poin Web merupakan situs yang akan menawarkanmu kesempatan untuk bisa memperoleh banyak hadiah termasuk pulsa gratis.

Poin Web bisa diakses dengan android atau juga PC. Namun kamu harus terlebih dahulu melakukan registrasi dengan saat mengunjungi situs web tersebut.

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi dengan Poin Web sebagai berikut:

1. Kunjungi situs Poin Web dengan ponsel atau komputer. Kamu bisa langsung klik pada link yang sudah diisediakan.

2. Kemudian, kamu harus melakukan registrasi, bisa juga dengan menggunakan akun Facebook yang kamu miliki.

3. Isilah form identitas dengan benar seperti nama, TTL, alamat, kontak, dan sebagainya.

4. Lalu, kamu akan diminta untuk verifikasi dengan klik tautan yang sudah dikirimkan Poin Web padamu.

5. Kemudian, lakukanlah apa yang diminta oleh Poin Web agar kamu bisa memperoleh pulsa secara gratis.

6. Bila seluruh tugas yang diminta Poin Web sudah dilaksanakan, maka pulsa kan masuk secara otomatis pada nomor Hp yang telah kamu daftarkan.

Jadi dengan cara yang simpel ini, kamu tak perlu lagi mengunduh dan menginstall aplikasi di smartphonemu. Kamu akan menerima pulsa sesuai tugas yang telah kamu selesaikan.

3 dari 4 halaman

2. ssl.excite.co.id

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang kedua adalah ssl.excite.co.id. Hampir sama dengan Poin Web, ssl.excite.co.id merupakan situs cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi dengan mengisi kolom yang pada web.

Berikut tutorial mengisi cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi dengan ssl.excite.co.id

1. Kunjungi situ ssl.excite.co.id

2. ID Pelanggan: Masukan data sesuai dengan nama atau angka yang mudah anda ingat.

3. Kata Sandi: masukan kata sandi dengan password yang mudah diingat.

4. Pengulangan Kata Sandi: Masukan kembali kata sandi.

5. Nomor Telepon: Masukan nomor hp, misal 08125412xxxx

6. Jika sudah periksalah data yang ada masukan apakah sudah sesuai. Jika sudah yakin, silahkan klik DAFTAR

7. Kamu bisa melihat daftar yang telah kamu masukan, pastikan untuk mengingat kode tersebut, jika tidak yakin kamu bisa mengubahnya terlebih dahulu, jika tetapi yakin anda bisa klik OK.

8. Kode konfirmasi akan dikirimkan ke nomor hp kamu oleh pihak Excite Point. Setelah itu kamu akan menerima sms dari pihak web dan tinggal memasukan kode ke dalam kolom konfirmasi, dan klik OK.

9. Selesai. Saat kamu melakukan registrasi kamu telah mendapatkan point sebesar 3000 point.

10. Selanjutnya kita tinggal menukarkan point dengan pulsa gratis.

4 dari 4 halaman

3. Tukarkan dengan point yang telah kamu miliki

Cara mendapatkan pulsa gratis tanpa aplikasi yang terakhir adalah point yang kamu miliki selama ini. Selama ini ketika kamu mengisi pulsa kamu akan memperoleh sejumlah poin.

Nantinya akumulasi poin yang sudah kamu dapat bisa ditukarkan dengan beraneka macam hadiah salah satunya adalah pulsa gratis atau hadiah berharga lainnya.

Biasanya kamu bisa menukar melalui operator masing masing kartu yang kamu miliki. Namun ada juga yang harus melalui format pengisian penukaran point.

1. Masuk pada halaman My Page akun kartu kamu masing dan klik Penukaran Point.

2. Cek berapa point yang kamu miliki. Kemudian klik pada tulisan Klik di sini untuk informasi selengkapnya

3. Kemudian pilihlah nominal pulsa yang kamu inginkan dengan klik tombol tukar.

4. Kemudian sekali lagi untuk konfirmasi dengan klik tukar.

5. Sekarang kamu bisa mengecek hp android anda masing–masing, pastikan bahwa pulsa gratis langsung dapat kamu nikmati.


Reporter: Heri Setiawan

Fakta Lain soal Najib, Nelayan Karawang yang Disebut Sandiaga Uno dalam Debat

Liputan6.com, Karawang – Polemik kasus Najib bergulir di media massa setelah Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Uno, menyebut ada seorang nelayan asal Karawang yang dipersekusi dan tidak mendapatkan pertolongan dari pemerintah.

Hal itu disampaikan Sandiaga di dalam debat Capres dan Cawapres putaran pertama di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Kepala Desa Sukajaya, Abdul Gafur Astra, membenarkan adanya insiden antara Najib dan Pokmaswas bernama Sahari, tetapi peristiwa tersebut sudah ditangani pihak kepolisian setempat dan kasusnya sudah dilimpahkan ke Mapolres Karawang.

Gofur menjelaskan, sebelumnya Najib mengaku menjadi korban persekusi. Kasus itu pada 28 September 2018, telah dilakukan upaya mediasi keduanya di kantor desa setempat, tetapi tidak ada titik temu yang akhirnya Najib melaporkan ke kepolisian.

“Sempat dilakukan mediasi oleh pemerintah desa, namun karena tidak ada titik temu akhir naik ke ranah hukum, “kata Gofur, Senin (21/1/2019).

Sahari, Sekretaris Pokmaswas Pesisir Pantai Pasir Putih yang dilaporkan Najib menjelaskan insiden tersebut. Dia mengaku kasus itu bermula dari adanya pengambilan pasir secara berulang kali oleh Najib. Pada saat insiden terjadi, Najib menyuruh orang mengambil pasir untuk menguruk halaman rumah, ditegur tidak terima, akhirnya Najib melakukan pemukulan.

“Jadi bukan sebaliknya, sesuai pengakuan Najib dipukul. Pada peristiwa tersebut justru Najib yang pertama memukul namun selalu ditangkis, mungkin ia tidak terima ditegur karena mengambil pasir pantai,” kata Sahari.

Sahari mengatakan, tidak ada pengeroyokan dalam kasus tersebut, yang ada sebaliknya, kalaupun Najib melaporkan insiden tersebut, itu hak dia dan dirinya mengaku kooperatif saat mengikuti proses hukum.

“Dia yang memukul, saya dilaporkan ke polisi. Saya ikuti prosesnya,” dia menegaskan.


Simak juga video pilihan berikut ini:



Pemakaian Kendaraan Listrik Berkembang, Impor BBM Bakal Turun

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah terus mendorong penggunaan kendaraan listrik. Hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan ketahanan energi dengan mengurangi ketergantungan impor Bahan Bakar Minyak (BBM).

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar mengatakan, sumber energi kendaraan listrik dihasilkan dari pembangkit yang menggunakan energi primer berasal dari dalam negeri.

Oleh karena itu, jika kendaraan listrik semakin marak digunakan masyarakat akan menggeser kendaraan yang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang mayoritas berasal dari impor.

“Listrik kita impor enggak? Enggak. Li‎strik adalah jenis energi yang bisa kita produksi sendiri‎,” kata Arcandra, di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Arcandra melanjutkan, jika kendaraan listrik semakin banyak digunakan, ketergantungan‎ dengan pasokan BBM dari luar negeri bisa berkurang.

Dengan begitu akan menciptakan ketahanan energi karena  sumber energi Indonesia tida‎k lagi terpangaruh kondisi di luar negeri.

“Kalau bisa produksi sendiri maka apa pun yang terjadi di dunia luar kita tetap memenuhi kebutuhan kita. Intinya itu jadi jangan dilihat semata-mata dari environmental sustainability tapi dilihat kedaulatan energi kita ke depan,” ujar Arcandra.

‎Arcandra  menuturkan, dengan beralihnya penggunaan kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan listrik, juga akan membuat neraca transaksi neraca berjalan Indonesia tidak lagi defisit akibat impor minyak dan gas (migas).

Selain itu, juga akan meningkatkan pemanfaatan listrik yang saat ini pasokannya sudah berlebih.

“Semakin banyak konversi ke listrik, semakin banyak mobil listrik, listrik kita punya excess power. Itu kalau dimanfaatkan untuk menjual listrik. Akibatnya nanti BBM impor turun, kalau kompor listrik LPG turun impornya sehingga enggak ditulis lagi (neraca negatif),” ujar dia.

2 dari 2 halaman

Apa Kabar Perpres Mobil Listrik Indonesia?

Sebelumnya, Peraturan presiden (perpres) terkait kendaraan listrik di Indonesia masih tak kunjung selesai. Sejak tahun lalu, perpres tersebut dikabarkan bakal selesai akhir 2018, kemudian mundur menjadi awal 2019, dan masih ditunggu pengesahannya hingga saat ini.

Melansir laman resmi Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pemerintah segera menyiapkan fasilitas insentif fiskal, dan infrastruktur dalam upaya mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Untuk itu, diperlukan harmonisasi regulasi dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan.

“Terkait fasilitas fiskal, kami sudah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan. Setelah disepakati dan sesuai arahan ratas (rapat terbatas), selanjutnya dikoordinasikan dengan Menko Perekonomian dan Kemaritiman untuk persiapan Perpresnya. Kemudian, Menteri Keuangan akan berkonsultasi dengan Komisi XI DPR,” ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, seusai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik di Kantor Presiden, Jakarta.

Airlangga menegaskan, Kementerian Perindustrian telah menyusun peta jalan untuk pengembangan industri otomotif nasional. Salah satu fokusnya, adalah memacu produksi kendaraan emisi karbon rendah atau Low Carbon Emission Vehicle (LCEV), termasuk di dalamnya kendaraan listrik.

“Targetnya pada tahun 2025, populasi mobil listrik diperkirakan tembus 20 persen atau sekitar 400 ribu unit dari dua juta mobil yang diproduksi di dalam negeri,” ungkapnya.

Di samping itu, pada 2025, juga dibidik sebanyak dua juta unit untuk populasi motor listrik.

“Jadi, langkah strategis sudah disiapkan secara bertahap, sehingga kita bisa melompat untuk menuju produksi mobil atau sepeda motor listrik yang berdaya saing di pasar domestik maupun ekspor,” ujar dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

4 Cara Ganti Password Gmail yang Lupa, Mudah dan Bisa Kamu Coba Segera

Liputan6.com, Jakarta Rasa-rasanya semua orang pasti memiliki alamat email di zaman sekarang, termasuk kamu tentunya. Hal ini tentu saja karena setiap kali ingin membuat akun pada sebuah aplikasi, kamu diharuskan untuk memasukkan alamat email sebagai konfirmasi akun tersebut. Namun apa jadinya jika alamat Gmail yang kamu miliki tersebut malah lupa passwordnya?

Bila kamu sampai lupa password Gmail, tentunya akan bikin kamu langsung uring-uringan. Tak mungkin juga kamu untuk membuat alamat Gmail baru karena banyak data-data tersimpan di email lama dan juga orang sudah tahu alamat emailmu itu. Tenang saja, karena saat ini telah banyak panduan mengenai cara ganti password Gmail yang lupa. Panduan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mudah. Jadi kamu tak perlu untuk membuat alamat Gmail baru, karena email sebelumnya bisa kamu dapatkan kembali.

Ada beberapa cara ganti password Gmail apabila kamu lupa. Dan untuk mengganti password Gmail tersebut, pihak Google pun telah mengantisipasinya untuk memulihkan akun milikmu. Yaitu dengan cara menjawab pertanyaan keamanan, menggunakan alamat email untuk pemulihan dan juga dengan nomor handphone untuk pemulihan.

Di bawah ini merupakan langkah-langkah cara ganti password Gmail yang lupa pada akunmu, dan telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (22/1/2019).

2 dari 5 halaman

Akses laman Google

Cara ganti password Gmail yang pertama ialah dengan masuk pada laman browser accounts.google.com. Kemudian apabila kamu lupa dengan password, maka bisa memilih tulisan lupa password yang berada di bawah kolom password.

Setelah itu kamu harus memasukan alamat Gmail yang biasa kamu gunakan ke akun Google kamu. Kemudian klik tombol berikutnya dan masukkan kembali password lama yang pernah digunakan. Password lama yang digunakan ialah apabila kamu pernah mengganti password Gmail sebelum lupa password terbaru.

Untuk selanjutnya kamu ikuti proses yang diberikan oleh Google sampai selesai. Mengikuti semua prosedur dilakukan untuk memverifikasi juga, bahwa kamu memang benar pemilik akun tersebut. Oleh karena itu kamu tetap harus mengisi yang benar dan jangan asal mengisi saja. Langkah ini pun dilakukan untuk mempermudahmu pada proses selanjutnya.

Setelah selesai namun tetap tidak berhasil, masuk pada akun Gmail yang kamu miliki. Kamu akan diberikan beberapa pertanyaan serta pemulihan alamat email, dan juga nomor handphone pemulihan.

3 dari 5 halaman

Alamat email pemulihan

Pada saat akan melakukan pemulihan akun Gmail, kamu memiliki pilihan dengan pemulihan akun menggunakan alamat email lainnya. Tentu pilihan ini bisa dipilih dengan syarat kamu memiliki alamat Gmail lain sebagai pemulih akun. Setelah memilih untuk pemulihan akun email, kamu diminta untuk mengetik ulang alamat email pada akun pemulihanmu.

Tentu saja pihak Google akan membantu dalam mengetik kembali alamat akun dengan memberikan clue alamat email. Setelah kamu menuliskan alamat email untuk pemulihan akun, maka pihak Google akan mengirim kode recovery ke alamat email kamu.

Selanjutnya, kamu haruslah membuka inbox atau kotak masuk email di akun pemulihanmu. Kemudian bukalah pesan dari pihak Google mengenai kode verifikasi dan catat kode tersebut. Setelah itu kamu kembali lagi pada halaman pemulihan akun sebelumnya dan masukan kode verifikasi pada halaman recovery akun. Selanjutnya kamu akan diminta untuk menuliskan password Gmail yang baru dan mengonfirmasi password tersebut. Jangan lupa untuk membuat password Gmail yang mudah untuk diingat agar tidak lupa dengan password kembali.

4 dari 5 halaman

Nomor handphone pemulihan

Selain menggunakan pemulihan akun email, cara ganti password Gmail karena lupa bisa kamu lakukan dengan menggunakan nomor handphone. Sama seperti langkah sebelumnya yaitu kamu harus masuk terlebih dahulu pada halaman recovery akun terlebih dahulu dan memilih pilihan untuk menggunakan nomor handphonemu. Setelah itu masukan nomor handphone yang pernah kamu cantumkan pada akun Gmail milikmu, dan pastikan nomor tersebut masih aktif. Setelah menuliskan nomor handphone lalu klik pilihan ‘kirim’ atau ‘send’.

Kemudian kamu bisa mengecek handphonemu, karena Google akan mengirimkan kode verifikasi menggunakan layanan SMS. Jika kode tersebut belum sampai pada handphonemu, kamu bisa meminta untuk mengirimkan kode kembali dengan cara klik kirim kode.

Masukan kode verifikasi yang kamu peroleh. Dan pastikan kode yang kamu masukan ialah kode terakhir yang masuk lewat SMS Google. Kode yang dikirimkan biasanya menggunakan 6 digit nomor dengan huruf G- di depan. Akan tetapi kamu tak perlu menulis huruf G- tersebut, karena huruf G- sudah secara otomatis ada.

Setelah kamu memasukan kode yang diminta kemudian klik ‘next’ atau ‘berikutnya’. Di halaman selanjutnya kamu akan menjumpai laman yang meminta kamu untuk menuliskan password baru dan konfirmasi password. Kemudian kamu bisa menggunakan alamat Gmail kamu kembali.

5 dari 5 halaman

Menjawab pertanyaan keamanan

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa menjawab pernyataan keamanan yang terkait saat pembuatan alamat Gmail dahulu. Tentu saja cara ini sebagai alternatif kamu saat lupa dengan password Gmail. Seperti sebelumnya kamu juga harus masuk terlebih dahulu pada halaman Google recovery.

Kemudian masukan alamat Gmail yang biasa kamu gunakan. Setelah itu akan muncul halaman untuk menuliskan password lama. Akan tetapi kamu hanya perlu skip pada bagian tersebut dan klik pilihan ‘coba pertanyaan lain’. Kemuadian kamu bisa skip langkah-langkah yang ada hingga kamu sampai pada halaman yang menyuruhmu untuk menjawab pertanyaan keamanan. Pertanyaan keamanan ini pun masih terkait dengan pertanyaan yang pernah kamu jawab saat membuat sebuah akun Gmail.

Selanjutnya kamu diharuskan untuk memasukkan bulan dan juga tahun saat kamu membuat Gmail tersebut dan klik ‘berikutnya’ atau ‘next’. Setelah memasukkan bulan dan tahun, pada halaman selanjutnya kamu diminta untuk menuliskan password baru. Dan setelah itu kamu bisa menggunakan akun Gmail kembali denggan password baru yang telah kamu buat.



Reporter: Novita Ayuningtyas

Apa Saja Upaya Facebook Amankan Platform Jelang Pilpres 2019?

Liputan6.com, Jakarta – Facebook melakukan berbagai upaya untuk mengamankan platform-nya dari konten-konten hoaks dan ujaran kebencian yang memecah belah, terutama menjelang pemilu legislatif dan presiden 2019.

Director Global, Politic and Government Outreach Facebook Katie Harbath menyadari, sejumlah orang menggunakan platform Facebook secara tidak bertanggung jawab dan mengganggu jalannya demokrasi.

Fokus utama Facebook adalah memberantas kabar hoaks dan ujaran kebencian yang begitu meresahkan belakangan ini.

“Langkah pertama yang kami adalah dengan menghapus akun palsu,” kata Harbath dalam acara Pemuda Memilih di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Dia lebih lanjut mengatakan, orang-orang tidak bertanggung jawab biasanya menggunakan nama palsu.

Dalam mengenali hal ini, Facebook memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI).

“Kalau ada perilaku menyimpang, misalnya saat ada akun yang baru daftar melakukan perilaku menyimpang seperti meng-add semua orang ke daftar pertemanan atau membuat dan mengunggah banyak posting-an di banyak grup, itu perilaku abnormal dari akun tersebut,” kata Harbath.

Oleh karenanya AI berupaya mengidentifikasi perilaku abnormal tersebut sebagai sinyal, untuk menentukan keaslian sebuah akun.

Total, hingga kuartal 1 2019, Facebook telah menghapus 753,7 juta akun palsu di dunia, di mana 98 persennya dihapus setelah melalui identifikasi tim Facebook yang kini berjumlah 30 ribu orang, bukan dari hasil pelaporan pengguna lainnya.

2 dari 3 halaman

Kurangi Penyebaran Konten Hoaks dan Misinformasi

Untuk mengamankan suasana pilpres 2019, Facebook juga menangani peredaran hoaks.

Raksasa media sosial besutan Mark Zuckerberg ini menggunakan machine learning untuk mendeteksi keaslian informasi yang dibagikan.

Selain itu, Facebook juga bekerja sama dengan pemeriksa fakta pihak ketiga.

Di Indonesia Facebook bekerja sama dengan Tirto, AFP, Liputan6.com, Kompas, Tempo, dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Ketika ada konten yang dikategorikan sebagai hoaks atau misinformasi, Facebook akan mengurangi distribusi atau penyebaran berita tersebut di feed sehingga menurunkan potensinya untuk terbaca pengguna lain.

“Motivasi orang untuk menyebarkan hoaks adalah untuk mendapatkan keuntungan materi. Dengan mengurangi distribusi, kami juga menghapus kemungkinan orang untuk mendapatkan keuntungan materi dari penyebaran hoaks,” tutur Harbath.

Selanjutnya, pihak Facebook akan mengirimkan notifikasi jika ada pengguna yang mencoba membagikan atau telah membagikan konten yang dikategorikan sebagai hoaks atau misinformasi. 

3 dari 3 halaman

Tekan Peredaran Ujaran Kebencian

Facebook melakukan upaya lainnya, yakni menekan peredaran hate speech atau ujaran kebencian di platform-nya.

Salah satunya, jejaring sosial yang punya 115 juta akun di Indonesia ini bekerja sama dengan sejumlah stakeholder, salah satunya Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Harbath mencontohkan, dalam kasus di Brasil, yakni saat dua putaran pilpres, pihaknya mengidentifikasi ada kenaikan jumlah konten ujaran kebencian.

“Langsung Facebook bekerja sama sistem otomasi dan Bawaslu setempat untuk mengidentifikasi ujaran-ujaran kebencian. Pendekatan ke negara, ini juga yang akan dilakukan di Indonesia untuk menekan hate speech,” tuturnya.

Facebook juga mulai transparansi terhadap iklan dan halaman di Facebook, memperkuat penegakan hukum terhadap iklan yang tidak pantas, hingga mendukung keterlibatan sipil di Facebook.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Selain Ngamuk, Hakim di Bengkulu Juga Mabuk di Pengadilan

Jakarta – Karier hakim inisial A di Bengkulu terancam dipecat. Ia mengamuk di depan rumah Wakapolda Bengkulu dan menodongkan obeng ke arah polisi. Ternyata, ia punya catatan buruk lainnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun detikcom, Selasa (22/1/2019), hakim A kerap menyambangi kantor Pengadilan Tinggi (PT) Bengkulu pada malam hari. Yaitu pada 2 hingga 11 Januari 2019. Saat itu, hakim A ngomong ngelantur dalam keadaan mabuk.

Hakim A juga pernah menyanyi dan menari-nari di ruang kerja di jam kantor sehingga mengganggu suasana kerja. Hal itu diulangi lagi pada 14 Januari, yaitu tiba-tiba menyanyi dan menari di halaman PT Bengkulu di bawah derasnya hujan.

Puncaknya yaitu pada Kamis (17/1). Saat itu, A jalan di depan rumah Wakapolda sekitar pukul 00.00 WIB.
Karena curiga, petugas jaga menegur A. Tapi A malah melawan dan melempar tas ke arah polisi jaga. Tak hanya itu, A juga mengacungkan obeng ke arah polisi jaga. Dengan sigap, polisi langsung membekuk A dan memborgol A serta membawanya ke Mapolda Bengkulu untuk diamankan.
Juru bicara Mahkamah Agung (MA) hakim agung Andi Samsan Nganro membenarkan informasi tersebut.

“Benar, Tim Bawas MA sudah turun ke Pengadilan Tinggi Bengkulu dan hakim yang bersangkutan sudah menjalani hukuman disiplin non palu di Pengadilan Tinggi Bengkulu,” ujar Andi.
(asp/gbr)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Fakta di Balik Rusaknya Jalan Tol yang Baru Diresmikan Jokowi

Jakarta – Terjadi kerusakan di sejumlah ruas tol Trans Jawa tak lama setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada 16 Januari 2019, ruas Tol Pemalang-Batang KM 321 menuju Kabupaten Batang, Jawa Tengah mengalami kerusakan. Tol tersebut baru diresmikan 20 Desember 2018. Kerusakan berupa retakan pada aspal. Bahkan fondasi penahan ruas tol kanan-kirinya juga longsor.

Kerusakan juga pernah terjadi di ruas tol Salatiga-Kartasura, Jawa Tengah. Talut atau lereng disamping ruas tol tersebut ambles. Kerusakan talut terjadi pada 24 Desember 2018, atau 4 hari setelah diresmikan.

Kondisi tersebut menimbulkan pertanyaan, apakah tol-tol tersebut dipaksakan ‘kejar tayang’? Baca halaman selanjutnya untuk informasi selengkapnya.

(ang/ang)

10 Potensi Wisata Garut yang Akan Dikebut

Liputan6.com, Garut – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat serius menggarap sektor wisata dengan optimal. Tahun ini ada sekitar 10 destinasi wisata yang akan dibangun, sehingga mampu menarik minta kunjungan wisatawan. agar lebih nyaman dan aman sehingga dapat mendongkrak kunjungan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara di Garut.

“Istilahnya program Top Ten yang akan dikembangkan,“ ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Budi Gan-gan kepada wartawan selepas apel pagi, di halaman Setda Pemda Garut, Senin (21/1/2019).

Ada 10 objek yang akan dikembangkan tahun ini yakni wisata Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Situ Cangkuang di Kecamatan Leles, Pantai Sayangheulang di Kecamatan Pameungpeuk, Pantai Cijeruk, Karang Paranje di Kecamatan Cibalong, serta Pantai Rancabuaya di Kecamatan Caringin.

Selain wisata pantai, beberapa objek lain yang akan digarap yakni wisata kawah Talaga Bodas di Kecamatan Pangatikan, wisata kawasan Kamojang di Kecamatan Samarang, kebun binatang Cikembulan di Kecamatan Kadungora dan pemandian air panas Darajat di Kecamatan Pasirwangi.

“Destinasi wisata itu hasil penilaian tingkat kunjungannya dan potensi wisatanya yang bagus sehingga banyak pengunjung,” papar Budi.

Budi mengakui, kabupaten Garut memiliki segudang potensi alam untuk menjadi tujuan wisata nasional. Bahkan rencana itu ujar Budi, mendapatkan respon positif dari Pemrov Jabar dalam melaksanakan pembangunan destinasi wisata itu. “Makanya di 2019 ini kita lakukan penataan untuk 10 prioritas destinasi wisata itu,” ujarnya.

Selain pengembangan 10 destinasi wisata, lembaganya memiliki program pengembangan pembangunan khusus untuk tiga prioritas yakni kawasan  wisata air hangat Cipanas. Tarogong Garut, Gunung Papandayan, di Kecamatan Cisurupan serta Pantai Santolo di Pamengpeuk. “Tiga destinasi wisata itu dari sisi jumlah pengunjung paling banyak,” kata dia.

Dengan upaya itu, lembaganya berharap adanya peningkatan jumlah kunjungan wisata ke Garut, sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat. “Minimal kita harapkan ada pergerakan ekonomi yang lebih baik dari kondisi lokasi yang sudah ada,” pinta dia.

Sejak kedatangan Presiden Jokowi Jumat-Sabtu lalu, beberapa potensi wisata di Garut menjadi fokus perhatian pemerintah. Sebut saja area situ Bagendit yang mendapat atensi khusus Presiden untuk segera dilakukan pembenahan, agar mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Bukan hanya itu, dibukanya reaktivasi kereta api jalur Cibatu-Garut Kota yang pernah dilalui pesohor dunia Charlie Chaplin tahun ini, diharapkan mampu memacu sektor pariwisata daerah khususnya di Garut, sehingga berdampak pada peningkatan sektor ekonomi secara nasional.