Menuju Pariwisata Kelas Dunia, ISTA 2019 Menyediakan Total Hadiah Rp 1 Miliar

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali menggelar Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2019 yang kini memasuki tahun penyelenggaraan ketiga. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menargetkan semua destinasi wisata di Indonesia tersertifikasi pariwisata berkelanjutan sebagai syarat untuk menjadi berkelas dunia.

“Untuk mencapau tujuan itu, Kemenpar menerapkan program sustainable tourism for development (STDev) yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan yang mengadopsi standar internasional dari GSTC atau Global Sustainable Tourism Council,” ucap Arief dalam jumpa pers peluncuran dan dimulainya pendaftaran ISTA 2019 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret 2019.

ISTA bukan hanya memberikan penghargaan kepada masyarakat tapi juga untuk mengukur implementasi pariwisata berkelanjutan dalam pengelolaan destinasi wisata di Indonesia.

Ajang ISTA 2019 menawarkan total hadiah Rp 1 miliar dan diharapkan menjadi sarana sosialisasi dalam mewujudkan target Kemenpar agar semua destinasi pariwisata di Tanah Air tersertifikasi berkelanjutan.

“Ajang ISTA ini jadi langkah awal menuju sertifikasi destinasi berkelanjutan. Saya sudah membentuk Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan yang dipimpin oleh Valerina Daniel,” tukas Menpar pada Liputan6.com.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Valerina Daniel menjelaskan, pariwisata berkelanjutan merupakan program Kemenpar yang senada dengan tujuan pembangunan global (sustainable development goals) dan sudah diadopsi dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN).

Untuk menjadi sektor andalan, pariwisata harus memberdayakan semua pihak. Kemenpar telah membentuk Indonesia Sustainable Tourism Council (ISTC) yang bertugas melakukan sertifikasi bagi destinasi.

Prosesnya akan dimulai dengan menyertifikasi destinasi pemenang ISTA 2017 dan 2018 yang dinilai sudah mematuhi standar keberlanjutan yang diakui oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

Pariwisata berkelanjutan mempertimbangkan tiga aspek utama yaitu aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi baik untuk saat ini maupun pada masa depan. Singkatnya 3P + 1M, yaitu ‘people, planet, prosperity, dan management’.

Hadiah Jalan Tol untuk Warga Bengkulu

Jakarta – Pemerintah tampaknya masih belum puas untuk menggenjot pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol di Indonesia. Sebab, pemerintah akan kembali membangun jalan tol di luar Pulau Jawa.

Kali ini, pemerintah berencana untuk membangun jalan tol di Provinsi Bengkulu. Jalan bebas hambatan itu akan membentang di ruas Lubuk Linggau yang ada di Sumatera Selatan menuju Bengkulu.

Seperti apa rencana pemerintah untuk membangun jalan tol di Bumi Rafflesia tersebut? Simak berita lengkapnya. (fdl/ang)


Cara Membuat Scrapbook Sendiri, Hadiah Istimewa Tanpa Ribet

Liputan6.com, Jakarta Memberi hadiah kepada orang-orang yang disayang memang sangat menyenangkan. Seseorang memberikan hadiah sebagai wujud kasih sayang saat berulang tahun, kelulusan, pernikahan dan momen momen bahagia lainnya.

Nah, salah satu hadiah yang akan membuat orang tercintamu terkesan adalah serangkaian scrapbook yang berisi banyak kenangan. Scrapbook sendiri adalah seni menempel foto dan hiasan lainnya hingga menjadi sebuah karya yang menarik.

Scrapbook tak hanya sekadar album foto, tapi juga sebuah karya seni yang memiliki kenangan. Dan yang paling penting, scrapbook adalah ekspresi citya dan kasih sayang.

Seiring dunia makin barbasis digital. Scrapbook buatan tangan juga makin digemari. Hal ini karena banyak tutorial atau cara membuat scrapbook yang bebas diakses. Bahkan pilihan dan variasi desain scrapbook dapat ditemukan dengan mudah.

Scrapbook cukup menarik dijadikan hadiah. Selain memberi kesan eksklusif dan handmade, cara membuat scrapbook juga terbilang mudah.

2 dari 7 halaman

Mengenal Scrapbooking

Scrapbooking adalah pembuatan dan pendokumentasian menggunakan buku dengan halaman kosong dan menambahkan foto, memorabilia, penjurnalan, dan hiasan.

Scrabooking dikenal juga sebagai cropping, tujuan utama scrapbooking adalah untuk mengemas sebuah kenangan untuk generasi mendatang, tujuan lain dari kegiatan scrapbooking adalah untuk melatih kreativitas saat menyusun scrapbook itu sendiri.

Scrapbooking telah menjadi hobi yang ada sejak abad ke 15 dan 16. Pada awalnya, scrapbooking hanyalah sebuah kegiatan mengoleksi sesuatu dalam sebuah buku. Koleksi-koleksi ini bisa termasuk resep, kartu ucapan, potongan memorabilia kertas, tiket, atau playbill.

Seiring perkembangannya, scrapbook menjelma sebagai media mendokumentasikan kenangan berupa foto-foto yang di rangkai sedemikian rupa dengan sentuhan seni.

Di Amerika Hobi ini menjadi sangat populer dari tahun 2001 hingga 2005. Hobi ini kemudian memunculkan lebih dari 1.600 industri yang menciptakan produk scrapbooking senilai $ 2,5 miliar pada tahun 2003. Munculnya blogger juga menjadi kemungkinan scrapbook semakin populer.

Scrapbook digital juga makin populer, ini memungkinkan orang untuk membagikan secara online dan cetak hard copy dari sebuah scrapbook. Dengan berbagai kemudahan yang didapat membuat cara membuat scrapbook sendiri lebih mudah dilakukan.

Nah setelah mengenal singkat apa itu scrapbook, mungkin kamu tertarik untuk membuat scrapbookmu sendiri atau untuk orang-orang spesialmu. Cara membuat scrapbook cukup mudah, kamu bisa melakukannya sendiri dirumah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Sabtu (2/3/2019), cara membuat scrapbook sendiri di rumah

3 dari 7 halaman

Kumpulkan Alat dan Bahan

Cara membuat scrapbook sendiri yang pertama adalah menyiapkan peralatan. Untuk mulai membuat scrapbook kamu tak hanya sekadar memerlukan kumpulan foto dan buku kosong. Kamu juga membutuhkan alat tulis, perekat, gunting, dan hiasan untuk memberi sentuhan seni pada scrapbook. Pilih kertas yang sesuai dengan model scrapbook yang kamu inginkan.

4 dari 7 halaman

Pilih Tema

Cara membuat scrapbook sendiri agar menarik dan berkesan adalah menentukan tema. Pertama kamu harus menetukan tema apa yang akan kamu gunakan di scrapbookmu.

Mulailah dengan sesuatu yang lebih spesifik.Pikirkan apakah scrapbook yang akan kamu fokus pada hal apa. Misal untuk kelulusan, ulang tahun, atau mungkin pernikahan. Pikirikan tentang pengalaman dan momen berharga bersama orang tercinta.

5 dari 7 halaman

Kumpulkan Foto dan Hiasan

Setelah memilih tema, saatnya beralih ke pilihan foto. Kumpulkan sebanyak mungkin foto yang terkait dengan tema yang kamu pilih. Kamu juga bisa menghubungi teman atau anggota keluarga untuk menanyakan apakah mereka memiliki foto-foto spesial lainnya dan bersedia membaginya denganmu. Lebih baik memiliki lebih banyak foto dari yang perlukan sehingga kamu akan memiliki banyak pilihan.

Untuk mempermudahnya kamu dapat mengatur semua foto dalam koleksi menjadi beberapa grup. Misalnya foto saat bayi, foto liburan, foto kerja, dan lainnya. Jika foto dikelompokkan, itu akan membuat pemilihan foto lebih cepat dan lebih saat mulai menyusunnya di scrapbook.

Perbedaan terbesar antara scrapbook dan album foto biasa adalah hiasan yang diberikan. Hiasan dapat berupa potongan renda, kertas bermotif,stiker, glitter, manik-manik, bunga kering, dan benda-benda menarik lainnya.

Kamu juga bisa menggambar langsung jika mempunyai sentuhan seni tinggi. Selain itu kamu juga bisa mencetak sendiri hiasan berupa gambar-gambar untuk scrapbook yang tersedia gratis di internet.

6 dari 7 halaman

Tentukan Ukuran

Menentukan ukuran scrapbook akan membantumu menentukan berapa banyak foto dan hiasan yang akan digunakan. Pastikan juga ukuran foto pas dengan scrapbook.

Scrapbook tak memiliki batasan ukuran. Kamu dapat menentukan sendiri ukuran scrapbook yang kamu buat. Tentukan ukuran yang tidak terlalu besar namun juga tak terlalu kecil untuk scrapbookmu.

Dua ukuran paling populer untuk scrapbooking adalah 12×12 inci dan 8,5 x -11 inci. Yang pertama akan memberi Anda lebih banyak ruang untuk berkreasi. Pilihan kedua adalah pilihan yang baik jika Anda tak memiliki banyak ide untuk mengisi tiap halaman.

7 dari 7 halaman

Atur Tata Letak dan Halaman

Tentukan tata letak yang ingin kamu pilih. Kamu bisa menyusu tata letak secara kronologis pada tiap halamannya. Dengan mengatur tata letak akan membantumu memilih foto mana yang hendak dipilih.

Mendesain tata letak bisa menjadi tantangan terbesar scrapbooking. Pilih titik fokus pada tiap halamannya. Ke mana kamu ingin mata tertuju terlebih dahulu di sebuah halaman? Jika fokus tersebut adalah satu foto tertentu, atur desain agar foto itu terlihat menonjol.

Jika kamu memiliki banyak foto, rapikan! Gunakan kolase, kisi dan foto yang lebih kecil untuk mendapatkan lebih banyak foto di halaman scrapbook.

Jika Anda benar-benar bingung bagaimana cara menata halaman scrapbook, situs-situs seperti Page Maps menawarkan sketsa-sketsa indah yang dapat menjadi inspirasi desain untukmu. Kustomisasi templat dengan foto dan gayamu sendiri.


Hadiah Luar Biasa untuk Bripda Sani, Sang Juara AFF U22

Liputan6.com, Jakarta – Bripda Sani Rizki Fauzi, anggota Brimob Polda Metro Jaya itu mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari Polri. Ini adalah hadiah yang dia dapatkan atas prestasi gemilangnya karena berhasil mengantarkan Tim Nasional Indonesia U-22 menjadi juara Piala AFF.

Kabid Humas Polda Metro, Kombes Argo Yuwono mengatakan, para pimpinan Polri bangga akan keberhasilan Sani.

“Informasi dari manajer akan diberikan kenaikan pangkat luar biasa,” ujar Argo di Mako Brimob Kwitang, Jakarta, Jumat, 1 Februari 2019.

Mendengar hal tersebut, Sani yang juga hadir di Mako Brimob Kwitang sempat meneteskan air matanya karena terharu. Ia mengatakan, kemenangan ini juga berkat kerja sama dari seluruh teman dalam timnya.

“Kami selalu bertekad satu sama lain, untuk selalu memotivasi rekan-rekan satu tim semua agar bisa memberikan hasil yang maksimal, dan alhamdulilah di pertandingan final kemarin kami berjuang keras dan hasilnya pun maksimal,” ujar Sani.

Bripda Sani Rizki Fauzi menjadi salah satu pemain kunci yang mampu membawa tim Garuda Muda menjuarai Piala AFF U-22 di Kamboja pada Selasa 26 Februari 2019 malam lalu.

Sani adalah salah satu pencetak gol dalam partai final itu. Gol Sani ini seperti awal kebangkitan Timnas Indonesia U-22.

Bola yang dilesakkan Sani menyamakan kedudukan setelah sebelumnya Garuda Muda sempat tertinggal. Gol kemenangan Timnas Indonesia U-22 akhirnya dicetak lewat sundulan Osvaldo Haay.

Ia pun merasa bersyukur dengan pencapaiannya menjadi salah bagian penting menangnya Timnas Indonesia U-22 di Piala AFF 2019.

“Saya sangat bersyukur, sungguh tidak menyangka. Saya hanya bekerja keras dan bekerja keras di setiap latihan, setiap pertandingan, dan Alhamdulillah mungkin Allah kasih rezeki buat saya,” kata Sani.

Ayah Sani, Edi Riyadi (49) yang ikut menemani Sani pun menyampaikan rasa syukurnya akan kenaikan pangkat yang akan diterima anaknya itu.

“Ya mudah-mudahan saya harapkan dari anak saya ada rizki lebih saya bisa punya rumah sendiri, itu cita-cita saya. Dan mudah-mudahan anak saya dikasih rizki yang banyak, umur yang panjang, dan mudah-mudahan tambah lagi semangat di bidang olahraganya, apalagi dalam masa tugasnya itu,” tutur Edi.

Atas gol yang dicipkatan Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Haay, mengantarkan Indonesia menjadi tim yang diperhitungkan di Asia Tenggara. Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri, bersyukur atas hasil ini. Ia mengatakan, gelar ini membuktikan Indonesia bisa membentuk tim yang berprestasi di level Asia Tenggara.

“Saya sangat bersyukur, ini merupakan gelar kedua bagi saya setelah Piala AFF U-19 2013. Ini membuktikan, bangsa Indonesia bisa berdiri di kaki sendiri, dengan pemain-pemain muda kita,” kata Indra seusai pertandingan.

Pelatih asal Sumatra Barat itu pun merasa sangat bangga kepada skuat Timnas Indonesia U-22asuhannya, yang bekerja keras sepanjang turnamen hingga meraih juara.

2 dari 3 halaman

Terjun ke Kepolisian

Sani yang merupakan pemain Bhayangkara FC itu mengikuti seleksi kepolisian pada 2016 saat Polri dan TNI memberikan kesempatan kepada pemuda berprestasi yang memiliki talenta di berbagai bidang, salah satunya olahraga untuk bergabung di institusinya.

“Jadi bukan hanya Sani saja. Ada banyak (anggota Polri berprestasi) di bidang sepakbola, bola voli, judo, sepak takraw, dan di cabor lain juga diberikan peluang besar, ini bentuk reward dari Polri kepada pemuda-pemudi yang berprestasi di bidang olahraga, maupun di bidang lainnya,” ucap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.

Sementara itu, manajer Timnas U-22 Sumardji menambahkan, sejak awal ia memang ingin mengorbitkan bintang sepak bola berlatar belakang Polri. Ia menanggap, dirinya tidak salah pilih untuk melatih Sani.

“Alhamdullilah saya berikan kepercayaan penuh kepada Sani ketika dia berlatih dengan disiplin, terlebih ketika dia secara khusus bersama-sama dengan official saya berikan tanggung jawab penuh kepada Sani untuk debut pertamanya ketika lawan Kamboja,” ucap Sumardji.

“Dan kami semuanya bisa tergeleng kepala melihat kesungguhan, melihat keberanian Sani dari peluit awal sampai akhir tidak pernah lelah,” ucapnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sinopsis Sinetron SCTV Cinta Suci Episode Jumat 1 Maret 2019: Sandra Panik, Monica Mau Bunuh Diri

Liputan6.com, Jakarta Sinetron Cinta Suci episode Jumat malam ini. Suci keluar dari kamar itu sebentar tapi tiba-tiba Cleo menyenggol Suci. Jelas, Suci kaget dan marah. Cleo bilang nggak sengaja. Suci nggak percaya dia yakin Cleo sengaja karena mau balas dendam sama Suci.

Sementara itu Cinta Suci juga bercerita tentang Sandra mendengar suara cermin pecah itu dari kamar Monica dia kaget banget. Jangan-jangan Monica mau bunuh diri. Sandra buru-buru cari anak kunci kamar itu tapi hilang nggak tahu kemana. Sandra panik.

Sandra langsung mencegah dan berusaha ambil pecahan kaca itu dari tangan Monica. Lalu, Monica teriak dan minta mamanya biarkan dia bunuh diri, karena dia sama sekali sudah nggak punya alasan lagi buat hidup.

Sementara itu di rumah Aditya. Bu Saras sedang menyiapkan sarapan sama Lestari. Aditya muncul dengan wajah yang murung, Lestari mencoba mencarikan suasana.

Drama Cinta Suci selanjutnya…..

2 dari 2 halaman

Cleo Menghasut Sisca

Aditya mencoba mengetuk kamar Bunga dan mengajaknya sarapan. Tak lama Bunga keluar dengan pakian rapi. Aditya tanya Bunga mau ke mana. Bunga bilang Aditya nggak usah sok perhatian ke dia.

Cleo masuk ke kamar Sisca dan membawakan Sisca banyak pakaian branded yang bagus. Sisca kaget dan tanya apa maksud Cleo. Lalu, Cleo bilang dia cuma mau kasih Sisca semacam hadiah.

Cleo keluar dari kamar SIsca dengan lega, dia yakin sebentar lagi Sisca akan masuk dalam perangkapnya. Tiba-tiba Suci muncul dan menghadang Cleo. Suci rupanya melihat semua usaha Cleo untuk menghasut Sisca.

Anggota DPRD yang Kena OTT Pungli Gempa NTB Divonis 2 Tahun Bui

Mataram – H Muhir yang kena OTT pungli dana rehabilitasi sekolah pasca gempa NTB, divonis 2 tahun penjara dan denda Rp 50 juta. Muhir yang ditangkap saat menjabat anggota DPRD Mataram fraksi Golkar itu terbukti menerima suap atau pungli Rp 31 juta.

“Dengan ini majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar isi dakwaan ketiga karena menerima hadiah dari saksi Sudenom berupa uang,” kata ketua majelis hakim, Isnurul Syamsul Arif, saat sidang putusan di Pengadilan Negeri (PN) Mataram, yang dilansir Antara, Jumat (1/3/2019).

Dalam putusannya, majelis hakim menyatakan terdakwa Muhir terbukti bersalah melanggar Pasal 11 UU No 20/2001 tentang Tipikor. Hakim menjelaskan, uang yang diterima terdakwa Muhir dari Sudenom sebesar Rp 31 juta. Rinciannya, uang tersebut diterima terdakwa Muhir ketika bertemu dengan Sudenom di rumah makan sebesar Rp 1 juta dan di Rumah Makan di daerah Cakranegara Rp 30 juta.

“Dengan ini majelis hakim menyatakan terdakwa terbukti bersalah melanggar isi dakwaan ketiga karena menerima hadiah dari saksi Sudenom berupa uang,” kata Isnurul Syamsul Arif.

Terkait dengan perbuatan yang memberatkan, majelis hakim menyatakan terdakwa Muhir melakukan tindak pidana pada saat masyarakat NTB sedang berduka akibat bencana gempa bumi. Kemudian, yang meringankannya, karena terdakwa Muhir selama ini diketahui belum pernah tersangkut masalah hukum serta menjalani hukuman pidana.

Sebelumnya, tim JPU dari Kejari Mataram menuntut terdakwa Muhir dijatuhi pidana penjara selama delapan tahun dengan denda Rp250 juta subsidair enam bulan kurungan.

Muhir terjaring OTT saat melakukan transaksi pemerasan uang sebesar Rp 30 juta terhadap H Sudenom selaku Kadis dan Catur Totok, staf PNS di Disdik Kota Mataram, yang waktu itu diposisikan sebagai calon kontraktor proyek.

OTT yang dilakukan tim dari Kejari Mataram itu dilakukan pada Jumat (14/9) siang di sebuah warung makan di Jalan Rajawali I Cakranegara, Kota Mataram.
(rvk/asp)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

AS Tawarkan Hadiah Rp 14 M untuk Informasi Putra Osama bin Laden

Washington

Amerika Serikat menawarkan hadiah uang tunai hingga US$1 juta atau Rp14,1 miliar kepada siapapun yang dapat memberikan informasi mengenai keberadaan Hamzaputra, putra mendiang pendiri Al-Qaeda, Osama bin Laden.

Departemen Luar Negeri AS menyatakan Hamza bin Laden tengah dicari lantaran dia menjadi pemimpin kunci sebuah kelompok milisi Islam.

Beberapa tahun lalu, dia merilis pesan audio dan video, menyerukan kepada pengikutnya untuk menyerang AS dan para sekutunya demi membalaskan dendam atas pembunuhan sang ayah.

Osama bin Laden tewas dibunuh pasukan khusus AS di Pakistan pada 2011 lalu.

Semasa hidupnya, Osama menyetujui serangan ke AS pada 11 September 2001 yang menewaskan hampir 3.000 orang.

Hamza bin Laden, yang diyakini berusia sekitar 30 tahun, ditetapkan secara resmi oleh AS sebagai teroris global pada dua tahun lalu.

Dia menikahi putri Mohammed Attapelaku pembajakan salah satu pesawat komersial yang digunakan dalam penyerangan 11 September 2001, dan menabrakkannya ke gedung World Trade Center di New York.

Surat-surat dari Osama bin Laden yang disita dari rumahnya di Abbotabad, Pakistan, tempat dia dibunuh pada 2011mengindikasikan mendiang telah memupuk Hamza untuk menggantikannya sebagai pemimpin Al-Qaeda. Deplu AS menambahkan, Hamza diyakini merupakan putra favorit Osama.

“Kami meyakini dia mungkin berada di perbatasan Afghan-Pakistan dandia akan menyeberang ke Iran. Namun, dia bisa berada di mana saja di Asia Tengah bagian selatan,” kata Asisten Menteri di bidang Keamanan Diplomatik, Michael Evanoff.

https://twitter.com/Rewards4Justice/status/1101239592903168006

Hamza bin Laden diyakini menghabiskan beberapa tahun bersama ibunya di Iran, tempat dia dipercaya telah melangsungkan pernikahan.

Laporan lain menunjukkan dia mungkin pernah tinggal di Pakistan, Afghanistan, atau Suriah.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Bupati Malang Nonaktif Rendra Terancam 20 Tahun Penjara

Liputan6.com, Sidoarjo – Bupati Malang nonaktif, Rendra Kresna menjalani sidang perdana di Ruang Cakra Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya, Juanda Sidoarjo, Kamis 28 Februari 2019.

Dalam surat dakwaan yang dibacakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Joko Hermawan, Bupati Malang nonaktif, Rendra terbukti menerima suap dan gratifikasi total senilai Rp 7,5 miliar dari sejumlah proyek di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

“Terdakwa diduga menerima hadiah sejak tahun 2010 hingga tahun 2014 untuk proyek di dinas pendidikan,” kata Joko Hemawan.

Rendra juga diduga menerima fee dari setiap proyek pendidikan Kabupaten Malang sebesar 17,5 persen hingga 20 persen. “Dalam kurun waktu 2010 hingga 2014, terdakwa menerima fee dari semua proyek yang ada di dinas pendidikan,” ucapnya.

Dengan kasus ini, terdakwa dijerat dengan Pasal 12 B UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi.

Selain itu, terdakwa dijerat dengan Pasal 11 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak pidana korupsi Jo pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP Jo pasal 65 ayat 1 KUHP.

“Ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara,” ujar Joko.

Kasus ini terjadi saat KPK menangkap Rendra Kresna yang saat itu menjabat Bupati Malang bersama Ali Murtopo selaku pihak swasta. Rendra diduga menerima suap Rp 3,45 miliar terkait penyediaan sarana penunjang peningkatan mutu pendidikan pada Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

Selanjutnya, Bupati Malang nonaktif, Rendra dan Eryk Armando Talla selaku pihak swasta ditetapkan sebagai tersangka gratifikasi. Rendra diduga menerima gratifikasi Rp 3,55 miliar terkait sejumlah proyek di sejumlah dinas di Kabupaten Malang.

Dengan perbuatannya, diduga Rendra Kresna mendapatkan hadiah sebesar Rp 7,5 miliar dari kedua terdakwa lainnya.

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ketika Putra Mahkota Arab Saudi Tebar Pesona di Kawasan Asia

Jakarta – Arab Saudi tengah menggencarkan aksi tebar pesona.

Selama beberapa hari terakhir, khalayak dunia mendapat kabar bahwa kerajaan tersebut menunjuk duta besar perempuan pertama di negara sekutu utamanya, Amerika Serikat.

Adapun putra mahkota Mohammed bin Salman baru saja merampungkan kunjungan ke Cina, Pakistan, dan India guna merundingkan kesepakatan dagang dan investasi bernilai miliaran dolar AS.

Rangkaian kejadian ini hanya berselang lima bulan setelah negara-negara Barat dikejutkan oleh pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi di dalam Konsulat Arab Saudi di Istanbul, Turki.

Badan intelijen AS, CIA, dan lembaga spionase Barat lainnya menyimpulkan bahwa sang putra mahkotayang kerap disebut dengan inisial MBSamat mungkin mendalangi pembunuhan tersebut, yang dibantah keras oleh sejumlah pejabat Saudi.

Akibat kasus itu, MBS yang tadinya mendapat sambutan hangat di berbagai tempat, dijauhi oleh negara-negara Barat di KTT G20 di Buenos Aires, Argentina.

Oleh media Barat, MBS dikritik habis-habisan, tidak hanya terkait kasus pembunuhan Khashoggi, tapi juga terkait pemenjaraan demonstran damai, termasuk perempuan, dan melancarkan perang di Yaman.

Dihadapkan pada situasi ini, apa yang MBS lakukan? Dia beralih ke arah timur, persis seperti yang dilakukan para pemimpin negara-negara Teluk pada 2011 setelah dihujani kritik dari Eropa mengenai praktik sewenang-wenang di negara mereka.

Di negara-negara Asia, kedatangan MBS disambut karpet merah.

Di Pakistan, negara bersenjata nuklir yang sedang kesulitan keuangan, MBS dihormati dengan tembakan salvo 21 kali, kawalan pesawat jet tempur, dan hadiah senjata api berlapis emas.

Kemudian di India, MBS diterima dengan hangat oleh Perdana Menteri Narendra Modi. Mereka lalu mendiskusikan rencana Saudi dalam berinvestasi besar-besaran, terutama pada sektor energi.

Dan di Cina, sang putra mahkota berbincang bersama Presiden Xi Jinping kemudian meneken kesepakatan penyulingan minyak senilai US$10 miliar (Rp139,9 triliun).

Kaum bangsawan Saudi tidak pergi sendirian. Jika Anda adalah putra mahkota dan penguasa de facto, Anda akan disertai rombongan 1.100 orang yang menumpang sejumlah pesawat, menginap di ratusan kamar hotel, serta membawa alat fitness pribadi.

Rombongan itu mencakup wartawan-wartawan dari media yang dikendalikan pemerintah sehingga mereka dapat melaporkan kepada rakyat bagaimana pemimpin mereka disambut oleh negara tujuan.

Posisi MBS di Arab Saudi sudah dianggap aman sebelum melakoni perjalanan mengingat tiada pesaing kuat yang mengincar takhta.

Pun dengan sambutan hangat yang diterima MBS di negara-negara Asia tambah menguatkan posisinya di mata rakyat Saudi sekaligus menyingkirkan anggapan bahwa sosoknya dikucilkan sejak pembunuhan Khashoggi.

Namun, Amerika Serikat sulit diyakinkan. Bukan kebetulan bahwa duta besar Saudi untuk Washington yang baru diangkat adalah perempuan.

Putri Reema binti Bandar Al Saud adalah pebisnis mandiri yang sukses. Dia juga dikenal gencar memperjuangkan peranan perempuan Saudi yang lebih luas dalam masyarakat di kerajaan itu.

Theresa May, putri Reema Bint Bandar al-SaudPutri Reema (kanan) bertemu dengan PM Inggris Theresa May di Riyadh pada 2017. (AFP/Getty)

Bagaimanapun, Putri Reema harus menghadapi Kongres AS yang kritis dan media yang melaporkan secara panjang lebar mengenai kekurangan Arab Saudi dalam hal hak asasi manusia.

Pendahulunya, Pangeran Khalid bin Salman Al Saud, buru-buru meninggalkan Washington setelah kasus Khashoggi. Dia dituduh ikut terlibat dalam pembunuhan sang wartawan, yang dia bantah. Belakangan dia tidak menempati jabatan Dubes Saudi untuk AS tanpa penjelasan rinci.

Lalu bagaimana posisi Eropa dalam situasi ini? Singkat kata, kebingungan.

Bagi Inggris, Arab Saudi adalah mitra dagang terbesar di Timur Tengah dan sekitar 50.000 pekerjaan di Inggris tergantung pada hubungan kedua negara.

Dengan kekayaan minyaknya yang melimpah, Arab Saudi adalah pasar besar bagi para eksportir. Apalagi, Saudi merupakan salah satu pembeli utama persenjataan Inggris, sesuatu yang dijanjikan pemimpin oposisi Jeremy Corbyn akan diakhiri.

Hubungan Inggris dan Prancis lebih sejuk, tapi kedua negara tidak ada yang menerapkan sanksi signifikan terhadap Riyadh.

Jerman, di sisi lain, menanggapi kasus pembunuhan Khashoggi dengan membekukan ekspor senjata ke Saudi. Tapi, aksi ini justru mengancam hubungan Inggris-Saudi lantaran beberapa onderdil pesawat tempur Typhoon pesanan Saudi diproduksi di Jerman.

Pesan Saudi ke negara-negara Barat tampaknya ada dua.

Dengan beralih ke negara-negara besar nan penting di Asia, Saudi seperti ingin mengatakan: “Kami punya teman-teman lain di sekeliling dunia dan mereka gembira berbisnis dengan kami”.

Kemudian dengan menunjuk duta besar perempuan ke Washington, Saudi tampak ingin mengatakan, “Kami tahu kami punya kekurangan yang harus diperbaiki, jadi kami dengan senang hati ingin mendengar apa yang Anda katakan.”

Yang perlu dicermati para pengritik Saudi, apakah semua langkah yang baru dilakukan MBS berpengaruh terhadap semua pembangkang politik yang ditekan di Saudi, suatu hal yang membuat negara-negara Barat malu dalam berbisnis dengan Riyadh.


(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ulang Tahun ke-26, Mal Ciputra Jakarta Berikan Hadiah Lewat Aplikasi Kekinian

Liputan6.com, Jakarta – Mal Ciputra Jakarta baru saja merayakan 26 tahun perjalanannya sebagai mal dengan dengan tangline ‘Dunia Segala Pilihan’ pada Selasa, 26 Februari 2019. Acara berlangsung di Center Court laintai Lower Ground, Mal Ciputra Jakarta.

Mengusung tema NOW and THEN – FOREVER YOUNG mereka menghadirkan artis ternama seperti Marion Jola dan JFlow. Tema tersebut menggambarkan keberadan Mal Ciputra Jakarta dari awal dibuka pada 1993 sampai sekarang, masih tetap berjaya dan tampil fresh mengikuti perkembangan jaman.

“Kita melakukan penyegaran untuk memberikan kenyamanan dan juga fasiltas yang lebih baik kepada pengunjung setia Mal Ciputra Jakarta. Dengan renovasi tersebut, mereka diharapkan dapat merasakan atmosfir perubahan yang kami lakukan,” ujar Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta.

Selain memberikan fasiltas yang terbaik Mal Ciputra Jakarta juga mengembangkan suatu aplikasi yang dapat memudahkan para gerai dan pengunjung setia mereka. Adanya aplikasi CL Club tersebut memudahkan pelanggan untuk mendapatkan  informasi seperti program event, program belanja, dan diskon-diskon yang ditawarkan.

“Karena tuntutan zaman tersebut maka kami akan menambah fitur–fitur di dalam CL Club Online tersebut sebagai bentuk engagement antara kami dengan para pengunjung setia Mal Ciputra Jakarta. Para pengelola gerai mungkin perlu wadah untuk mempromosikan produk mereka di sinilah kita mewadahi dalam bentuk aplikasi,” kata Ferry Irianto.

Ferry juga mengatakan bahwa aplikasi yang disediakan merupakan tips belanja yang mudah. Banyak yang ingin mengetahui apa saja yang sedang promo atau hal-hal yang menjadi tren di tahun ini. Dengan mengunggah aplikasi CL Club, para pelanggan akan lebih mudah untuk mendapatkan banyak informasi.

Terlebih untuk para gerai, mereka tidak perlu repot untuk berpromosi produk yang dijual, dengan aplikasi tersebut  Berbagai produk baru maupun program belanja yang menarik dapat diketahui secara cepat oleh pelanggan.

Di ulang tahun yang ke-26, mal di kawasan Grogol, Jakarta Barat ini menghadirkan beragam program belanja berhadiah mulai dari 23 Februari 2019 sampai 27 Februari 2019. Hadiah akan diberikan hanya untuk pelanggan setia yang sudah mengunduh aplikasi CL Club.

“Hadiah mulai dari satu unit mobil Honda HRV, enam motor Honda Beat, tiga LED TV 32”, 150 peralatan elektronik, 1000 Voucher Grab dan 1500 Voucher Tenant untuk para pengunjung Mal Ciputra Jakarta yang sudah tergabung dalam CL Club member dan sudah mengunggah aplikasi tersebut,” jelas General Manager Mal Ciputra Jakarta.

Dalam perayaan hari jadi ke-26 ini, Ferry juga berharap Mal Ciputra Jakarta menjadi salah pilihan pusat belanja yang dituju banyak orang. Tentunya dengan menghadirkan kejutan menarik dan pelayanan terbaik untuk ke depannya. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah: