Pemkot Batam Minta PNS Urunan Dana untuk Ringankan Beban Terpidana Korupsi

Jakarta

Pemerintah Kota Batam mengaku pernah mengeluarkan surat edaran yang meminta para pegawai negeri sipil (PNS) urunan membantu terpidana korupsi, Abd Samad, yang merupakan mantan PNS pada instansi terkait, pada 26 Desember 2018.

Pada surat yang ditandatangani Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, H. Jefridin, pemerintah kota meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh pegawai di lingkungan pemerintah Kota Batam untuk ‘meringankan beban hukuman’ Abd Samad, mantan Kasubbag Bantuan Sosial bagian Kesra Sekretariat Daerah Kota Batam, yang tersandung kasus korupsi.

Mahkamah Agung sudah menjatuhi hukuman empat tahun penjara dan denda sebesar Rp 626,36 juta kepada Abd Samad, terkait kasus hibah bantuan sosial pemerintah kota Batam untuk guru TPQ pada 2011.

Berdasarkan surat itu, jika Abd Samad yang ditahan di Rumah Tahanan Kelas 1 Tanjung Pinang, tidak membayar denda, masa hukumannya akan ditambah menjadi lima tahun enam bulan. Namun, jika dia sanggup membayar denda, dia akan bebas pada akhir Desember 2018.

Surat tersebut juga ditembuskan kepada Wali Kota Batam, Wakil Wali Kota Batam, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Batam, serta Inspektorat Daerah Kota Batam.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), M Sahir, membenarkan isi surat tersebut. Tujuannya, katanya, untuk membantu meringankan beban denda yang harus ditanggung terpidana korupsi itu.

Ia mengatakan pemerintah kota meminta para PNS untuk memberikan bantuan atau sumbangan sebesar minimal Rp 50.000 per-PNS, setelah istri Samad mengirimkan surat permohonan bantuan kepada pemerintah kota Batam, ujar Sahir.

“Dasarnya sederhana sekali, ini terkait jiwa korsa terhadap sesama pegawai,” ujar Sahir di Kantor Wali Kota Batam kepada wartawan Muhammad Zuhri, yang melaporkan untuk BBC News Indonesia.

“Maka kami ajak kawan-kawan untuk meringankan hukumannya,” katanya. Namun setelah surat tersebut menjadi viral di masyarakat, Sahir mengakui hal itu adalah sebuah kesalahan. Ke depan, katanya, ketika pihak pemerintah kota mengajak para PNS menunjukkan jiwa korsa mereka, hal itu dapat dilakukan secara lisan saja. “Ataupun bisa koordinasi dengan pihak Korpri saja, mungkin akan lebih tepat, tapi saat ini dana bantuan itu belum terkumpul,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin, enggan mengomentari surat yang ia tanda tangani tersebut. Ia meminta pertanyaan ditujukkan ke Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), M Sahir.

Para PNS mengaku tidak tahu

Beberapa Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Batam mengaku tidak mengetahui surat edaran permohonan bantuan dana itu. Salah seorang PNS mengaku belum pernah mendapat arahan terkait hal itu.

“Tak ada, saya malah baru tahu, jika ada arahan, biasanya disebar,” ujar PNS perempuan itu.

Pegawai lainnya juga mengatakan hal yang sama, ia baru saja mengetahui kabar tersebut. Selama ini juga belum ada imbauan dalam organisasi perangkat daerah tempat dia bekerja.

“Ya baru tahu ini,” ujarnya singkat.

Sementara itu, beberapa pegawai lainnya tutup mulut ketika ditanya perihal ini.

Surat edaran dilaporkan ke ICW

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Dewi Anggraeni mengatakan ICW menerima laporan tersebut melalui pesan anonim di akun Instagram ICW @sahabatICW pada 10 Januari lalu.

Hingga sekarang, lanjut Dewi, ICW belum menindak lanjuti laporan tersebut. Namun, Dewi mengatakan, ICW akan menelusuri lebih lanjut soal laporan ini.

Menurut Dewi, hal ini menunjukkan pengamalan semangat korsa antara PNS yang tidak tepat.

“Kalau ICW sendiri melihatnya miris karena ini kan sudah terbukti kasus korupsi, seharusnya ditangani secara tegas. Tapi, ya semangat korsanya itu menurut kami juga berlebihan. Mengapa sampai dibebankan ke orang yang tidak ada sangkut pautnya juga?” kata Dewi kepada wartawan BBC Indonesia Callistasia Wijaya.

“Kalau menurut kami juga malah sebenarnya ini salah satu cara-cara baru. Jadi untuk meminimalisir uang yang harus saya gantikan, misalnya saya sebagai koruptor, uang yang harus saya gantikan dan harus saya berikan ke penegak hukum supaya tidak terlalu besar dari sisi saya, saya bisa membagi-baginya.”

Ketika seorang PNS sepakat untuk urunan, lanjutnya, hal itu akan berdampak pada semakin mudahnya praktik korupsi di kalangan birokrasi.

“Itu akan semakin memudahkan tindakan korupsi itu dilakukan. Jadi ya, yaudah nggak apa-apa (korupsi) dilakukan bersama-sama, nanti ada satu orang yang jadi tumbal, tapi uang penggantinya akan ditanggung bersama-sama. Akan menjadi semakin miris sih,” katanya.

Dugaan terjadinya maladministrasi

Pengamat reformasi administrasi dari Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat, Yogi Suprayogi Sugandi, mengatakan dugaan maladministrasi telah terjadi pada kasus ini karena surat edaran itu tidak memiliki basis peraturan dan tidak sesuai dengan etika ASN.

“Kalau ada surat itu, itu adalah satu bentuk maladministrasi, kesalahan administrasi yang masif. Jadi terlihat dibuat-dibuatnya,” kata Yogi.

“Pertama, dia melanggar etika, perilaku ASN yang tentang integritas. Yang kedua, integritas si Kepala BKD (badan kepegawaian daerah), yang mengeluarkan surat itu dipertanyakan. Atas perintah siapa (surat itu dikeluarkan)?” kata Yogi.

Dia menambahkan meski surat itu bersifat himbauan yang tidak memaksa, ASN akan menuruti permohonan yang dicantumkan itu.

Jika ada PNS yang ikut menyumbang untuk si terpidana, kata Yogi, itu sama saja mereka berkontribusi pada tindak kejahatan.

“Kalau orang ikut bekerja sama melakukan kejahatan, dia mengumpulkan uang, dan sebagainya, walau Rp 50.000 itu termasuk ikut kejahatan juga. Walaupun dia menyumbang,” kata Yogi.

Yogi menyebut hal ini dapat digolongkan sebagai pungutan liar dan penegak hukum harus menyelidiki kasus ini.

Senada dengan Dewi dari ICW, Yogi mengatakan semangat korsa telah dilaksanakan secara tidak tepat dalam kasus ini.

“Masa kejahatan untuk menutupi kejahatan? Ya nggak bisa dong. Itu kan masalah integritas anti korupsi,” katanya.

(zak/zak) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jerman Buka Sekolah untuk Para Mata-Mata, Ini Syaratnya

Berlin – Jerman membuka sebuah jurusan kuliah di bidang spionase. Tertarik?

Tapi jangan bayangkan mahasiswanya belajar kebut-kebutan seperti film James Bond. Spion di layar perak yang paling terkenal, 007, dan hanya mengecap pendidikan dua semester di sekolah elit Eton. Lalu bisa mengejar para penjahat dalam 25 film dengan bantuan mobil-mobil mewah dan senjata andalannya Walther PKK, ditambah berbagai alat bantu yang diciptakan “Q”.

Seperti dikutip dari DW Indonesia, Senin (21/1/2019), yang diajarkan di jurusan spionase di Jerman ini adalah “Master in Intelligence and Securities Studies (MISS)” misalnya soal Etika dan Hukum Intelijen.

Tapi kuliah yang ditawarkan di jurusan “Master in Intelligence and Securities Studies (MISS)” di Jerman tidak membahas atau mengajarkan ketrampilan mengemudi atau menggunakan senjata.

“Ini bukan pendidikan untuk menjadi spion, tidak pelajaran kejar-kejaran dengan mobil, juga tidak ada pelatihan untuk meloncat dari atap ke atap”, kata Professor Uwe Borghoff kepada DW. Dia adalah guru besar di universitas militer milik angkatan bersenjata Jerman Bundeswehr di München. Dan dia akan memimpin jurusan MISS bersama rekannya Jan-Hendrik Dietrich di Universitas Bundeswehr.

Mata Kuliah Termasuk Cyber Defense

Para mahasiswa akan mengikuti kuliah di pusat pendidikan militer di München, Berlin dan Brühl dengan materi tentang etika, dasar-dasar hukum spionase dan analisa politik. Jurusan kuliah semacam ini sudah ada di beberapa negara, tapi di Jerman dibuka untuk pertama kali.

“Bagi saya, ini jurusan yang sangat menegangkan, karena memang benar-benar baru di Jerman, kata Uwe Borghoff.

Mata kuliah yang ditawarkan misalnya “Penelitian Terorisme”, “Komunikasi dan Manajemen Dinas Rahasia” serta “Cyber Defense”. Program master berlangsung selama 2 tahun. Di akhir program kuliah, peserta harus menyusun skripsi yang mencakup sekitar 100 halaman.

Tapi tidak orang sembarangan yang bisa belajar di jurusan ini. Kuliah hanya bisa diikuti oleh anggota lembaga intelijen, baik di tingkat federal maupun tingkat negara bagian, termasuk intelijen militer.

Dimulai dengan 35 Mahasiswa Terpilih

“Memang warga sipil tidak bisa ikut kuliah ini”, kata Uwe Borghoff. Karena untuk masuk ke gedung kuliah di Berlin saja, peserta harus punya otorisasi khusus. “Dan untuk modul-modul tertentu, para peserta akan dikonfrontasikan dengan bahan-bahan pelajaran yang bersifat rahasia”, lanjutnya.

Selain itu, ada seleksi ketat untuk belajar di bidang spionase di Jerman ini. Sistem seleksinya tidak berdasarkan pada nilai ijazah atau ranking yang dimiliki calon mahasiswa. Pesertanya akan diseleksi oleh sebuah komisi khusus, yang terdiri dari para pejabat lembaga negara yang terkait kegiatan intelijen.

Untuk angkatan pertama tercatat ada 35 mahasiswa, kata jurubicara Universitas Bundeswehr. Namun dia menolak merinci dari lembaga mana saja para mahasiswa berasal.

Lalu bagaimana dengan komposisi lelaki dan perempuan? Ketua jurusan Uwe Borhoff tidak bisa menyebutkan jumlahnya, tapi dia mengatakan, jumlah peserta perempuan memang “masih sedikit”.

Kumpulan Cerita Lucu Singkat, Bikin Waktu Ngumpul dengan Teman Makin Seru

Liputan6.com, Jakarta Kalau lagi ngumpul bareng teman-teman, paling enak memang sambil cerita. Tapi, jangan sembarangan cerita, ya. Kalau dalam satu sesi pertemuan, jangan selalu ngomongin atau cerita tentang dirimu terus, yang ada teman-temanmu nanti jadi bosan. Nah, biar suasana makin seru, cobain aja diselingin dengan cerita lucu.

Dengan berbagai kisah lucu, kamu bisa membuat suasana berkumpul jadi tambah menyenangkan. Jadi, acara kumpul-kumpul dengan teman-teman dipenuhi dengan canda tawa. Dengan cara ini, dijamin pasti teman-temanmu jadi makin senang dekat denganmu.

Tapi, kalau kamu belum pandai mengarang cerita lucu karena takut garing, kamu bisa cari beberapa referensi atau inspirasi cerita lucu di berbagai media sosial, lho. Cari aja cerita lucu di Instagram, Twitter, atau Facebook. Dijamin, kamu banyak menemukan ide-ide untuk cerita lucu yang mau diceritain bareng teman-teman kamu.

Nah, berikut ini Liputan6.com kasih sedikit bocoran cerita lucu singkat yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/1/2019). Cerita lucu singkat ini bisa kamu ceritakan ulang saat sedang hangout dengan teman-teman atau hanya sekadar untuk menghibur diri sendiri ketika sedang suntuk.

2 dari 6 halaman

Waktu Pelajaran Komputer

Terdapat sepasang sahabat karib, Rudi dan Dito, yang lagi belajar komputer bersama. Karena Rudi belum begitu familiar tentang penggunaan fitur fitur yang ada di komputer, dia meminta Dito mengajarinya.

Rudi: “To’ boleh nanya enggak? Fungsi dari tombol ENTER apa sih?”

Dito: “Kayaknya sih buat mempercepat jalannya program, Rud”

Rudi: “Hah? memepercepat gimana To’?”

Dito: “Ya kerjanya biar cepet Rud, kalau lama bukan ENTER namanya, tapi ENTAR…!!”

Rudi: “Hahahaha.. bisa aja loe. Boleh tanya lagi nggak? Aku kan udah masuk di internet, terus aku cari cari Facebook, kok nggak bisa terus yah? Kenapa kira-kira?

Dito: “Di depanya kata “Facebook” sudah di ketik “www” belum?”

Rudi: “Belum To. Emangnya musti ditulis ya?”Dito : “Ya iya dong!”

Rudi: “Emang apaan sih “www” itu??

Dito: “Ehmm…kasih tau ga yaaaa..? Ya pokoknya kalau mau masuk website ya harus ketik “www” dulu. Kalau ga salah, itu singkatan dari Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarokatuh”

Rudi: “Oooo gitu ya, To’?! Jadi harus salam dulu ternyata. Keren yah!”

Itulah gunanya sahabat. Seneng ya bareng, bodoh ya bareng juga. Mau jawabannya bener atau salah, penting kan si Dito udah beriktikad baik menjawab. Kalau bukan teman yang baik, dia pasti milih pura-pura pingsan biar nggak harus mikir keras.

Update Status Dulu

Suka bingung dengan kids zaman now, mau sholat aja update status dulu.

“3 rakaat dulu”

“Ngaji dulu”

Emangnya malaikat Izrail akan komen “Sippp, gan”.

3 dari 6 halaman

Nemuin Dompet

Sepulang sekolah, Mukidi menemukan dompet di jalan menuju rumahnya. Dikarenakan Mukidi adalah anak yang jujur, dompet tersebut diantarkan ke alamat pemiliknya yang diketahui dari KTP yang berada dalam dompet. Ternyata dompet tersebut adalah milik Pak Haji Sobirin, tetangga sebelah rumahnya.

Mukidi: “Pak Haji, ini dompet bapak bukan?” tanya Mukidi sambil menunjukan dompet yang baru ditemuinya.

Pak Haji Sobirin:“Betul, itu dompet saya yang hilang. Saya cari di mana mana tidak ketemu. Kamu nemuinnya di mana?”

Mukidi: “Itu di bawah pohon mangga, depan rumah Pak Hakim.”

Setelah diterima dengan wajah gembira, dompet itu dibuka oleh Pak Haji Sobirin. Tidak ada yang hilang dan uangnya masih utuh 100.000. Namun entah kenapa wajah Pak Haji terlihat bingung.

Pak Haji Sobirin: “Tidak ada yang hilang, tapi….?

Mukidi: “Tapi kenapa, Pak Haji?”

Pak Haji Sobirin: “Tadinya uang saya itu 100.000 satu lembar.Kok sekarang jadi 10.000 sepuluh lembar?”

Mukidi: “Oh itu…Tadi sebelum ke sini saya tukarkan di warung gado-gado Bi Ijah sama recehan. Soalnya kemarin saya juga nemuin dompet di jalan. Pas saya antar ke yang punya, saya nggak dapet persenan. Alasannya karena tidak ada uang receh. Jadi…”

Gara gara takut enggak dikasih bonus karena enggak ada receh, eh dia inisiatif nukerin sendiri uang di dompet itu.

Satu Pesawat

Tadi di pesawat disapa bapak-bapak yang duduk di samping:

“Mau ke mana, dek?”

“Surabaya, pak”

“Wah, sama ya”

Lahh, iya kan kita satu pesawat, pak.

4 dari 6 halaman

Hari Pertama Sekolah

Hari pertama sekolah, Ucok terlambat, dan ditegur guru:

Guru: Kenapa kau terlambat. Ucok?

Ucok: Maaf, pak. Mamak sama bapakku tadi berkelahi.

Guru: Jadi kau tunggu sampai mereka selesai berkelahi?

Ucok: Aku nunggu sepatuku, Pak. Karena satu dipegang mamakku, yang satu dipegang bapakku”

Ditilang Polisi

Polisi: “SIM kamu mana?”

Cewe: “Hilang pak”

Polisi: “Hilang kemana?”

Cewe: “Nggak tau, pak. Sekarang suka ngilang-ngilang gak ada kabar. Mungkin udah bosan. Hiks hiks”

Cuci Motor

Tadi mau cuci motor. Di depan ada tulisan 24 jamSi abangnya nyamperin “neng nyuci?”

Aku bilang “Enggak bang. Di sini nyucinya kelamaan sampe 24 jam. Biasanya juga 1 jam. Kelamaan nunggu kalau gitu”

Cowok Idaman

Cewek: Mas kerja dimana?

Cowok: Saya cuma usaha beberapa hotel bintang 4 dan 5 di Jakarta dan Bali.

Cewek: (WAW…Konglomerat pasti!). Mas tinggal dimana?

Cowok: Pondok Indah Bukit Golf.

Cewek: (WAW kereen. Rumah orang-orang “The Haves”). Pasti gede rumahnya yah?

Cowok: Ngga ah. Biasa aja kok. Cuma 3 Hektar.

Cewek: (Busett!) Pasti mobilnya banyak yah?Cowok: Sedikit kok. Cuma ada Ferrari, Jaguar, Mercedes, BMW, Mazda.

Cewek: (Wah cowok idaman gue nihh!!) Mas uda punya istri?

Cowok: Hmm, sampai saat ini belum tuh. Hehe.

Cewek: (Enak juga nih kalu gue bisa jadi bininya) Mas merokok?

Cowok: Tidak. Rokok itu tidak bagus untuk kesehatan tubuh.

Cewek: (Wah sehat nihh!) Mas suka minum-minuman keras?

Cowok: Tidak dong.

Cewek: (Gilee, Cool abissss!!) Mas suka maen judi??

Cowok: Nggak, ngapain juga judi? Ngabisin duit aja.

Cewek: (Ooohhh, So sweett) Mas suka dugem gitu nggak?

Cowok: Tidak tidak.

Cewek: (Iihh, sholeh banget nih cowok!) Mas udah naik haji?

Cowok: Yah, baru 3x dan umroh paling 6x.

Cewek: (Subhanallah, calon surgawi) Hobinya apa sih mas?

Cowok: BOHONGIN ORANG DAN KORUPSI HAHAHAHAHAHA.

5 dari 6 halaman

Cerita dari Manado

Sari: (ketakutan) Mak, mana Bapak?

Ibu: keluar kota, kenapa kau?!!

Sari: (dengan nada pelan) maaf ya, Mak. Kayaknya aku hamil, deh.

Ibu: (kaget). Apa?!! Apa kau bilang?!!

Sari: (gemetaran). Aku hamil, Mak.

Ibu: (marah-marah sambil geleng-geleng kepala) Hamil?!!!

Sari: Iya, hamil!!

Ibu : Aaaahh, gak mungkin! Kau bercanda sajalah! Pigi kau istirahat.

Sari: Tapi akhir-akhir ini, aku sering muntah-muntah, Mak.

Ibu: (rada cuek) Aaaahh. Palingan cuma masuk angin aja kau tuh. Pigi kau beli minyak angin sana. Nanti juga sembuh.

Sari: (tersedu-sedu) Hikss, hikss. Tapi kenapa pula sekarang aku suka makan yg asem-asem ya, Mak?!!

Ibu : (dengan kesal sambil teriak) Berhentilah kau mengkhayal SARIPUDIN!!! Mamak tempeleng kau nanti yaaa?!! Laki-laki mana pula bisa melahirkan!!!

6 dari 6 halaman

Tragedi Kacang Mede

Bu Dedeh sebagai penduduk baru di komplek rumahnya, datang ke rumah tetangga sebelahnya yang dihuni oleh satu orang nenek-nenek.

Ibu Dedeh : “Permisi nek. Perkenalkan, nama saya Bu Dedeh. Saya penghuni baru rumah yang paling ujung itu.”Nenek : “Oh, tetangga baru ya! Mari…mari…masuk. Silakan duduk dulu.”Ibu Dedeh : “Aduh enggak usah nek, cuman sebentar kok. Niatnya cuma mau mampir sebentar buat silaturahmi, malah jadi ngrepotin.”

Nenek: “Nggak apa-apa. Masuk aja!”

Di meja ruang tamu si nenek terdapat banyak sekali makanan kecil. Di tengah-tengah obrolan, Bu Dedeh sangat ingin mencicipi kacang mede yang ada di hadapannya.

Ibu Omas: “Wah, kacang medenya kayaknya enak nih, nek. Boleh saya cicipi, ya?”

Nenek: “Oh, iya…iya..boleh. Silahkan!”

Awalnya hanya beberapa buah kacang mede, Bu Dedeh sampai habis satu toples saking enaknya rasa dari kacang mede tersebut,

Ibu Dedeh: “Waduh, maaf nek. Kacang medenya sampai habis nih saya makan.”

Nenek: “Oh, nggak apa-apa Bu. Nenek juga nggak bisa makan. Maklum gigi nenek udah nggak kuat.

Jadi ceritanya nenek kan sering dikirimin sama cucu nenek coklat Metal Queen, tapi nenek cuma bisa jilatin coklatnya aja. Daripada kacang medenya kebuang, ya nenek kumpulin aja semua ke dalam toples itu. Kalau abis ya malah syukur, enggak kebuang.”

Bu Dedeh: %$^$

Nah, itu tadi kumpulan cerita lucu untuk menceriakan harimu.


Reporter: Nisa Mutia sari

Tujuan Kurikulum 2013 di Balik Pro Kontra Penerapannya

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu yang masih bersekolah pasti tak asing dengan istilah Kurikulum. Kurikulum yang berlaku pada tahun ajaran 2013 ini sempat dinilai belum siap diterapkan di dunia pendidikan Indonesia. Namun terlepas dari pro dan konta yang muncul terdapat tujuan baik didalamnya. Sudahkah kamu mengetahui tujuan kurikulum 2013 yang sebenarnya?

Kurikulum 2013 (K-13) adalah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap yang diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 atau yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun. Kurikulum 2013 masuk dalam masa percobaanya pada tahun 2013 pada beberapa sekolah.

Kurikulum 2013 memiliki tiga aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, dan aspek sikap dan perilaku. Di dalam Kurikulum 2013, terutama di dalam materi pembelajaran terdapat materi yang dirampingkan dan materi yang ditambahkan. Materi yang dirampingkan terlihat ada di materi Bahasa Indonesia, IPS, PPKn dan beberapa materi lain, sedangkan materi yang ditambahkan adalah materi Matematika.

Kurikulum 2013 ini sempat menuai pro dan kontra. Kurikulum 2013 diniliai belum siap diterima oleh siswa dan guru.

Pada masa kepemimpinan mendikbud Anies Baswedan, penerapan kurikulum 2013 diberhentikan sementara. Saat itu, sekolah-sekolah diminta kembali menerapkan KTSP 2006 dengan alasan masih banyak sekolah belum siap terhadap kurikulum 2013. Padahal, saat itu buku-buku kurikulum 2013 sudah didistribusikan dan sudah diterapkan setengah tahun akademis oleh sekolah-sekolah di Indonesia. Peraturan ini kemudian kembali menuai pro dan kontra. Di balik kontroversinya, berikut ini Liputan6.com ulas tujuan kurikulum 2013 yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (20/1/2019).

2 dari 4 halaman

Tujuan Kurikulum 2013

Tujuan Kurikulum 2013 yang diterapkan oleh Kemendikbud tertuang pada Permendikbud No. 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah) yang berbunyi:

“Tujuan Kurikulum 2013 adalah mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga Negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa,bernegara, dan peradaban dunia.”

Dalam tujuan kurikulum 2013, siswa dituntut untuk berpikir lebih kreatif, inovatif, cepat dan tanggap dan selain itu dalam kurikulum 2013 siswa dilatih untuk menumbuhkan keberanian dalam dirinya. Siswa akan dilatih kemampuan berlogika dalam memecahkan suatu permasalahan. Dalam kurikulum 2013 ini juga diberikan atau dimasukkan unsur-unsur kehidupan bermasyarakat, berbangsa,dan bernegara serta unsur keagamaan untuk membentuk siswa yang berkarakter.

Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013, Kurikulum ini mempunyai empat kompetensi inti yang berisi tujuan dari proses pembelajaran. Rumusan kompetensi inti tersebut tertuang pada Permendikbud No. 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah:

– Kompetensi inti sikap spiritual;

– Untuk kompetensi inti sikap sosial;

– Kompetensi inti pengetahuan;

– Kompetensi inti keterampilan

Kurikulum 2013 dikembangkan dari kurikulum 2006 (KTSP) yang dilandasi pemikiran tentang tantangan masa depan, persepsi masyarakat, perkembangan pengetahuan dan pedagogi, kompetensi masa depan, dan fenomena negatif yang mengemuka.

3 dari 4 halaman

Karakteristik Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 dirancang dengan karakteristik sebagai berikut:

1. Mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerja sama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik;

2. Sekolah merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar terencana dimana peserta didik menerapkan apa yang dipelajari di sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar;

3. Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat;

4. Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan;

5. Kompetensi dinyatakan dalam bentuk kompetensi inti kelas yang dirinci lebih lanjut dalam kompetensi dasar matapelajaran;

6. Kompetensi inti kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) kompetensi dasar, dimana semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan untuk mencapai kompetensi yang dinyatakan dalam kompetensi inti;

7. Kompetensi dasar dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar matapelajaran dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).

4 dari 4 halaman

Pertimbangan Pengembangan Kurikulum 2013

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan pengembangan sebuah kurikulum. Pengembangan Kurikulum 2013 mempertimbangkan aspek berikut sesuai dengan Tujuan Kurikulum 2013 :

a. Tantangan Internal

Tantangan internal antara lain terkait dengan kondisi pendidikan dikaitkan dengan tuntutan pendidikan yang mengacu kepada 8 (delapan) Standar Nasional Pendidikan yang meliputi Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan Standar Penilaian Pendidikan.

Tantangan internal lainnya terkait dengan perkembangan penduduk Indonesia dilihat dari pertumbuhan penduduk usia produktif.

b. Tantangan Eksternal

Tantangan eksternal antara lain terkait dengan arus globalisasi dan berbagai isu yang terkait dengan masalah lingkungan hidup, kemajuan teknologi dan informasi, kebangkitan industri kreatif dan budaya, dan perkembangan pendidikan di tingkat internasional.

c. Tuntutan kompetensi abad ke-21

Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mempertimbangkan hal berikut, yaitu tuntutan kompetensi abad ke-21, pencapaian kompetensi berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills), penciptaan kesempatan kerja, peserta didik, dan dasar-dasar dan aspek akademik tentang kurikulum.


Reporter: Anugerah Ayu Sendari

Memahami Bunuh Diri, Isu yang Sempat Diangkat Prabowo

Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto sempat mengangkat isu bunuh diri di Indonesia. Menurut tinjauannya, bunuh diri disebabkan oleh impitan kesulitan ekonomi. Sebenarnya, bunuh diri tak melulu disebabkan oleh masalah ekonomi.

Prabowo, dalam pidato kebangsaannya pada Senin (14/1) lalu, menyebut ada kasus bunuh diri di Grobogan, Jawa Tengah yang disebabkan oleh beban ekonomi. Hal ini menjadi kontroversial karena kubu rival politik Prabowo membantahnya.

Selanjutnya, dia mengaku telah mendapat belasan laporan peristiwa bunuh diri, termasuk gantung diri seorang guru di Pekalongan dan seorang ibu di Gunung Kidul DIY. Ini kisah-kisah yang masuk berita, yang tidak masuk berita mungkin lebih banyak lagi, kata Prabowo dari mimbar pidatonya saat itu.

Terlepas dari kontroversi politik akibat isu bunuh diri yang diangkat Prabowo, kajian bunuh diri sudah dilakukan di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Ada kelompok pegiat pencegahan bunuh diri bernama Into The Light yang berisi anak-anak muda, mengkaji isu kesehatan jiwa.

Pendiri dan Kepala Koordinator Into The Light, Benny Prawira Siauw, menjelaskan kepada detikcom soal faktor-faktor yang melatarbelakangi bunuh diri.

“Kita seolah-olah berpikir bahwa ada satu penyebab tunggal. Padahal sesungguhnya tidak demikian. Itu fallacy (sesat pikir),” kata Benny di Semanggi, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Memahami Bunuh Diri, Isu yang Sempat Diangkat PrabowoPendiri dan Kepala Koordinator Into The Light Benny Prawira Siauw (Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom)

Dia tidak sedang berbicara soal pidato Prabowo, melainkan soal isu bunuh diri secara ilmiah. Menurut suicidolog ini, bunuh diri tak pernah dilatarbelakangi satu faktor saja. Misalnya, hanya faktor ekonomi saja atau faktor kesehatan saja. Yang tampak di depan mata sebagai penyebab bunuh diri dinilainya hanya sebagai pemicu dari akumulasi pelbagai faktor.

Faktor pemicu yang nampak di permukaan bisa berupa problem ekonomi, asmara, gagal ujian di sekolah, dan lain sebagainya. Di balik itu, ada faktor risiko dan faktor pelindung. Dua jenis faktor itu saling berebut pengaruh di diri manusia, yang satu mendorong bunuh diri dan yang satu menjauhkan dari bunuh diri.

Kelompok Into The Light menyoroti risiko bunuh diri pada kaum muda. Sejauh ini diketahui, hubungan anak-orang tua turut menjadi faktor. Kondisi sosial dan psikologis yang menaungi si anak juga turut menjadi faktor.

Perundungan (bullying) dan kekerasan seksual di masa lalu bisa menjadi pendorong anggota generasi muda bunuh diri. Risiko akan meningkat bila kegiatan si pemuda dengan masyarakat kurang terjalin baik, misalnya kegiatan bersama komunitas keagamaan yang bisa menyelamatkan pemuda dari risiko bunuh diri.

Depresi menjadi faktor pendorong bunuh diri. Dia mengutip survei Kehidupan Keluarga Indonesia tahap kelima (Indonesian Family Life Survei 5th Wave). Hasilnya 21,8% responden berusia 15 tahun ke atas melaporkan gejala depresi sedang atau berat.

Depresi di Indonesia sendiri punya berbagai faktor pendorong, yakni ketidakcukupan ekonomi, pengangguran, bencana alam, konflik sosial, ketidakamanan tempat tinggal, masalah kesehatan kronis, aktivitas fisik rendah, hingga konsumsi tembakau dan penyalahgunaan zat tertentu.

Koordinator Psikolog Yayasan Pulih, Danika Nurkalista, memberikan pandangannya. Lewat konseling psikologi, dia dan yayasannya selama ini kerap menangani masalah kecenderungan bunuh diri.

Danika menjelaskan, bunuh diri selalu dilatarbelakangi oleh permasalahan kompleks. Karena tak ada jalan keluar dari masalah, maka seseorang berpikir mengakhiri hidupnya. Jelas, itu bukan solusi. Namun ada faktor yang menonjol sejauh pengamatannya sembari mencegahan bunuh diri hingga saat ini.

“Seseorang yang mengalami kekerasan itu berisiko mengalami dampak-dampak depresi sampai akhirnya berpikiran akan kematian atau bunuh diri,” kata Danika di kantor Yayasan Pulih, Jl Teluk Peleng Nomor 63A, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).

Faktor yang melatarbelakangi bunuh diri antara satu orang dengan yang lain berbeda-beda, karena tiap individu punya masalah yang berbeda-beda pula. Bahkan faktor hormonal yang merupakan bawaan sejak lahir juga bisa menjadi faktor bunuh diri.

Sulit untuk kita mengambil kesimpulan bahwa orang itu masalahnya cuma satu, karena biasanya masalahnya banyak, berlapis, kata Danika.

Misalnya, satu kasus bunuh diri nampak dipicu oleh masalah pekerjaan. Namun setelah ditelusuri, ternyata ada masalah rumah tangga pula yang dihadapi si pelaku, di dalam persoalan itu ada tekanan dari lingkungan masyarakat. Semua masalah berjalin satu sama lain.

Contoh lain dari masa lalu, satu siswa SMP bunuh diri. Sekilas nampak siswa tersebut bunuh diri karena tak mampu bayar sekolah. Namun setelah dilihat lebih dalam, anak itu mendapat tekanan dari pihak sekolah, punya masalah komunikasi dengan orang tua, atau mengalami masalah kompleks lainnya.

Simak juga berita-berita lain di detikcom dengan tema masalah bunuh diri.

Untuk mengakses layanan konseling pencegahan bunuh diri, Kementerian Kesehatan mempersilakan masyarakat untuk mengakses nomor telepon gawat darurat (emergency) di 119, bebas pulsa.

Lima rumah sakit juga disiagakan Kementerian Kesehatan untuk melayani panggilan telepon konseling pencegahan bunuh diri, yakni:
1. RSJ Amino Gondohutomo Semarang (024) 6722565
2. RSJ Marzoeki Mahdi Bogor (0251) 8324024, 8324025, 83240467
3. RSJ Soeharto Heerdjan Jakarta (021) 5682841
4. RSJ Prof Dr Soerojo Magelang (0293) 363601
5. RSJ Radjiman Wediodiningrat Malang (0341) 423444

Ada pula nomor hotline Halo Kemkes di 1500-567 yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi di bidang kesehatan , 24 jam.

(dnu/dhn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

‘Keluarga Cemara’ Raih Piala Terbanyak, Ini Daftar Pemenang Piala Maya ke-7

Jakarta – ‘Keluarga Cemara’ memperoleh piala terbanyak dalam ajang Piala Maya ke-7. Film garapan Yandy Laurens tersebut berhasil meraih 6 penghargaan dari 10 nominasi.

Sedangkan menyusul setelahnya ada ‘Wiro Sableng: Pendekar Kapak Maut Naga Geni’ yang mendapat 5 piala dari 11 penghargaan.

Malam penganugerahan Piala Maya ke-7 berlangsung di Wyndham Hotel, Jakarta Selatan, Sabtu (19/1/2019).

Berikut daftar lengkap pemenang Piala Maya 2018:

Film Cerita Panjang/Film Bioskop Terpilih
– Aruna & Lidahnya – Palari Films
– Keluarga Cemara – Visinema Pictures (menang)
– Love For Sale – Visinema Pictures, Stay Connected Media, 13 Entertainment
– Sebelum Iblis Menjemput – Sky Media, Legacy Pictures
– Sekala Niskala – Fourcolours Films, Treewater Production
– Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta – Mooryati Soedibyo Cinema
– Teman Tapi Menikah – Falcon Pictures
– Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212 – Lifelike Pictures, Fox International Productions

Penyutradaraan Terpilih
– Aruna & Lidahnya – Edwin
– Love For Sale – Andibachtiar Yusuf
– Sebelum Iblis Menjemput – Timo Tjahjanto (menang)
– Sekala Niskala – Kamila Andini
– Teman Tapi Menikah – Rako Prijanto

Aktor Utama Terpilih
– Dilan 1990 – Iqbaal Ramadhan
– Keluarga Cemara – Ringgo Agus Rahman
– Love For Sale – Gading Marten (menang)
– Teman Tapi Menikah – Adipati Dolken
– Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212 – Vino G. Bastian

Aktris Utama Terpilih
– Aruna & Lidahnya – Dian Sastrowardoyo
– Keluarga Cemara – Nirina Zubir
– Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga – Sissy Prescillia
– Suzzana: Bernapas Dalam Kubur – Luna Maya (menang)

Penyutradaraan Berbakat Film Panjang Karya Perdana Terpilih (Piala Iqbal Rais)
– Bunda: Kisah Cinta 2 Kodi – Ali Eunoia, Bobby Prasetyo
– Jelita Sejuba: Mencintai Kesatria Negara – Ray Nayoan
– Keluarga Cemara – Yandy Laurens (menang)
– Si Doel The Movie – H. Rano Karno
– Si Juki The Movie- Faza Meonk

Skenario Asli Terpilih
– Koki-koki Cilik – Vera Varidia
– Kulari Ke Pantai – Gina S. Noer, Mira Lesmana, Riri Riza, Arie Kriting
– Love For Sale – Andibachtiar Yusuf, M. Irfan Ramly (menang)
– Sekala Niskala – Kamila Andini
– Yowis Ben – Bagus Bramanti, Gea Rexy

Skenario Adaptasi Terpilih
– Aruna & Lidahnya – Titien Wattimena
– Keluarga Cemara – Gina S. Noer, Yandy Laurens (menang)
– Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga – Ernest Prakasa, Meira Anastasia
– Teman Tapi Menikah – Upi, Johanna Wattimena
– Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212 – Sheila Timothy, Tumpal Tampubolon, Seno Gumira Ajidarma

Tata Kamera Terpilih
– Kafir – Yunus Pasolang
– Sebelum Iblis Menjemput – Batara Goempar
– Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta – Faozan Rizal
– Teman Tapi Menikah – Hani Pradigya
– Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212 – Ipung Rachmat (menang)

Aktor Pendukung Pria Terpilih
– A Man Called Ahok – Denny Sumargo
– Aruna & Lidahnya – Nicholas Saputra
– Guru Ngaji – Ence Bagus
– Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta – Marthino Lio (menang)
– Suzzana: Bernapas Dalam Kubur – Verdi Solaiman

Aktris Pendukung Wanita Terpilih
– Aruna & Lidahnya – Hannah Al Rashid
– Keluarga Cemara – Asri Welas
– Sebelum Iblis Menjemput – Karina Suwandi (menang)
– Sekala Niskala – Ayu Laksmi
– Terbang: Menembus Langit – Laura Basuki

Tata Artistik Terpilih
– Aruna & Lidahnya – Iqbal Marjono
– Love For Sale – Adam Fauzan Sudrajat, Kamerad Edmon
– Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta – Allan Sebastian, Edy Wibowo
– Suzzana: Bernapas Dalam Kubur – Rico Marpaung, Tommy D. Setyanto
– Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212 – Adrianto Sinaga (menang)

Tata Musik Terpilih
– Keluarga Cemara – Ifa Fachir (menang)
– Kulari Ke Pantai – Aksan Sjuman
– Rompis – Andi Rianto
– Teman Tapi Menikah – Andhika Triyadi
– Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212- Aria Prayogi

Aktor Pendatang Baru Terpilih
– A Man Called Ahok- Daniel Mananta
– Asal Kau Bahagia – Dewa Dayana (menang)
– Buffalo Boys – Yoshi Sudarso
– Sebelum Iblis Menjemput – Samo Rafael
– Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212 – Fariz Alfarazi

Aktris Pendatang Baru Terpilih
– Dilan 1990 – Vanessa Prescilla (menang)
– Love For Sale – Della Dartyan
– Rompis – Adinda Azani
– Susah Sinyal – Aurora Ribero
– Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212 – Ruth Marini

Tata Penyuntingan Gambar
– Keluarga Cemara – Hendra Adhi Susanto
– Love For Sale – Hendra Adhi Susanto
– Sebelum Iblis Menjemput – Teguh Raharjo
– Teman Tapi Menikah – Aline Jusria (menang)
– Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212 – Teguh Raharjo

Tata Suara Terpilih
– Hiroyuki Izhizaka, Arif Budi Santoso – Sebelum Iblis Menjemput
– Trisno, Hadrianus Eko, Yasuhiro Morinaga – Sekala Niskala
– Satrio Budiono, Krisna Purna – Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta
– Khikmawan Santosa, Madun, Anhar Moha, Suhadi – Suzzana: Bernapas Dalam Kubur
– Aria Prayogi, M. Ichsan Rachmaditta – Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212 (menang)

Aktor/ Aktris Cilik/ Remaja
– Adhisty Zara – Keluarga Cemara (menang)
– Widuri Puteri – Keluarga Cemara
– Farras Fatik – Koki-koki Cilik
– Maisha Kanna – Kulari Ke Pantai
– Thaly Titi Kasih – Sekala Niskala

Penampilan Singkat Nan Berkesan
– Hannah Al Rashid – Buffalo Boys
– Dodit Mulyanto – Kulari Ke Pantai
– Isyana Sarasvati – Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga
– Aminah Cendrakasih – Si Doel The Movie (menang)
– Ken Ken – Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212

Efek Khusus Terpilih
– Afif Numbo, Wen Chek Yeo & Team – Buffalo Boys
– Sebelum Iblis Menjemput
– X-Jo, Hery Kuntoro – Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta
– Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur
– Keliek Wicaksono – Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212 (menang)

Tata Kostum Terpilih
– Preeyanan Suwannathada – Buffalo Boys
– Retno Ratih Damayanti – Sultan Agung: Tahta, Perjuangan, Cinta
– Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur
– Meutia Setijono Pudjowarsito – Teman Tapi Menikah
– Adrianto Sinaga, Nadia Adharina – Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212 (menang)

Tata Rias Wajah dan Rambut
– Sutomo – 5 Cowok Jagoan: Rise of The Zombies
– Sutomo – D.O.A (Doyok Otoy Ali Oncom) – Cari Jodoh
– Novie Ariyanti – Sebelum Iblis Menjemput
– Peter Gorshenin, Tatiana Melkomova – Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur (menang)
– Jerry Octavianus – Wiro Sableng: Kapak Maut Naga Geni 212

Desain Poster Terpilih
– Caravan Studio – Buffalo Boys
– Puja Mulani – Danur 2: Maddah
– Alvin Hariz – Love For Sale (menang)
– Apri Kusbiantoro – Sekala Niskala
– Suzzanna Bernapas Dalam Kubur

Lagu Tema Terpilih
– Antara Kita – Monita Tahalea (Aruna & Lidahnya)
– Asal Kau Bahagia – Wizzy (Asal Kau Bahagia)
– Bulan di Kekang Malam – Rossa (Ayat-Ayat Cinta 2)
– Dulu Kita Masih Remaja – Ajeng KF (Dilan 1990)
– Harta Berharga – Bunga Citra Lestari (Keluarga Cemara) (menang)
– Kulari Ke Pantai – RAN (Kulari Ke Pantai)
– Berdua Bersama – Jaz (Milly & Mamet: Ini Bukan Cinta & Rangga)
– Si Doel Anak Betawi – Armada (Si Doel The Movie)

Video Klip Musik Terpilih
– Harus Bahagia – Yura Yunita
– Konon Katanya – Kunto Aji
– Labirin – Tulus
– Love Again – Afgan
– Sailor – GAC
– Sweet Talk – Sheryl Sheinafia dan rizky Febian feat Chandra Liow
– Tak Sejalan – Vidi Aldiano
– Winter Song – Isyana Sarasvati (menang)

Film Pendek Terpilih
– Garwo – Muhammad Bagas Satrio
– Gejog – Christuan Banisrael
– Journey To The Darkness – Mohammad Mozafari
– Kisah Di Hari Minggu – Adi Marsono
– Sekar Jagad – Erina Adeline Tandian
– Tilik – Wahyu Agung Prasetyo (menang)
– Topo Pendem – Imam Syafi’i
– Wasangka – Wisnu Dewa Broto

Film Dokumenter Pendek Terpilih
– Asu (Prokontra) – Achmad Rezi Fahlevie
– Kala Rumpon – Brian Rayanki
– Sang Mentari – Morsed
– Sepotong Surga Dari Banda – Ghalif Putra Sadewa
– The Unseen Words – Wahyu Utami (menang)

Film Dokumenter Panjang Terpilih
– Etanan – Riandhani Yudha Pamungkas
– Lakardowo Mencari Keadilan – Linda Nursanti
– Nyanyian Akar Rumput – Yuda Kurniawan (menang)
(srs/kmb)

Photo Gallery

28 Status Lucu Bikin Ngakak, Unggah ke Akun Media Sosialmu Biar Makin Seru

Liputan6.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa hal-hal lucu bisa kamu tularkan ke orang lain? Bagi kamu yang lagi sedih, galau atau sedang mengalami suasana hati yang tak enak, kamu pasti butuh hiburan. Salah satu cara menghapus rasa sedih adalah dengan tertawa. Maka dari itu kamu butuh mencari hiburan yang bisa membuat tertawa dan melupakan rasa sedihmu.

Dengan tertawa, kamu bisa mengembalikan semangat dalam hidup. Nah, mencari hiburan ternyata tak perlu harus keluar rumah dan menghabiskan banyak uang lho. Cukup dengan membaca kata-kata lucu atau status lucu bikin ngakak yang dijamin bikin kamu tertawa.

Atau jika kamu adalah tipe orang yang suka membagi hal-hal lucu kepada orang lain, bisa juga mengunggah status lucu bikin ngakak ke akun media sosialmu. Dengan disertai foto dan status lucu, kamu bakal bikin orang yang membaca tertawa dan terhibur.

Ya, dengan membagikan status lucu di akun media sosialmu, selain menghibur yang sedang bersedih juga pastinya kamu mendapat pahala lho. Nah, biar media sosialmu semakin seru dan berwarna, yuk cari tahu status lucu bikin ngakak. Berikut status lucu bikin ngakak yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (19/1/2019).

2 dari 5 halaman

Status Lucu Bikin Ngakak

• Saya bekerja keras karena sadar kalau uang nggak punya kaki buat jalan sendiri ke kantong saya.

• Aku masih belum bisa melupakanmu, sayang karena aku baru ingat kalau kamu belum bayar utang.

• Ketika seseorang melemparmu dengan batu, maka balaslah dengan melempar bunga sekalian potnya.

• Cobalah melihat juga dari sisi yang tak terlihat, kalau tetap tak terlihat coba nyalakan lampu.

• Penyesalan pasti datang di akhir, sebab kalau di awal namanya pendaftaran.

• Hampir semua orang mau masuk surga, eh giliran disuruh ke sana duluan nggak ada yang mau.

• Kamu nggak fokus, bukan karena butuh air mineral tapi butuh aku.

3 dari 5 halaman

Status Lucu Bikin Ngakak

• Jomblo itu jarang keluar rumah, otomatis kulitnya jadi putih, jadi gampang aja kalau mau putih jadi jomblo saja.

• Kalau pasangan bagaikan tulang rusuk kita, maka mantan adalah fosil.

• Kalau pas jomblo: Aku ini siapa, untuk apa aku hidup, siapa sebenarnya aku Tuhan?

• Zaman sudah edan, obat ngantuk nggak perlu kopi, cukup dengan putus kamu bisa begadang.

• Mau mandi malas, harus jalan ke kamar mandi, ada toilet online nggak yah biar dianterin?

• Jangan terlalu open minded, nanti otaknya keluar lho, mau?

• Sekali lagi kamu bilang ‘Aku sayang kamu’, aku gusur ke KUA sekalian.

4 dari 5 halaman

Status Lucu Bikin Ngakak

• Lagi jalan kaki tiba-tiba nabrak burung, kok bisa? Iya karena gayaku selangit.

• Di rumahku AC-nya mati, karena takut kalah cool sama aku.

• Kalau ada yang nyariin aku, bilangin sama dia cari aja di GOOGLE!

• Hukuman gantung aja sudah diganti tembak, kenapa kamu masih gantung aku? Tembak dong!

• Masih mending pemadaman listrik bergilir, daripada penyalaan listrik bergilir.

• Rasa sayangku ke kamu ibarat macetnya Jakarta, awet dan nggak bisa hilang.

• Sebuah studi mengungkapkan bahwa, ada beberapa jenis mangga yang beracun jika dimakan bareng sianida.

5 dari 5 halaman

Status Lucu Bikin Ngakak

• Guru: Kalau kita pintar, pasti kita bisa menggapai cita-cita. Budi, apa cita-cita kamu?

Budi: Jadi orang.

Guru: Kamu kan sudah jadi orang!

Budi: Berarti saya sudah pintar.

• Cantik nggak harus putih, tapi harus perempuan.

• Selama janur kuning belum melengkung, aku akan tetap mengejar cintamu. Tapi kalau sudah melengkung, bakal aku setrika lagi biar lurus.

• Biarpun katanya nggak higienis, tapi makan di pinggir jalan masih jauh lebih sehat daripada makan di tengah jalan.

• Terkadang kita harus tetap bernapas, untuk tetap bertahan hidup.

• Berbakti kepada orangtua yang bikin dapat pahala besar: Ngajarin pakai smartphone tanpa ngedumel.

• Murid: Bu, Susan pakai jilbab boleh nggak?

Guru: Nggak boleh

Murid: Yah bu, untuk menutup aurat bu.

Guru: Pokoknya nggak boleh Susanto!

Baiklah, demikian status lucu bikin ngakak yang bisa menghibur kamu. Semoga setelah membaca status di atas bisa membuatmu kembali tersenyum dan bersemangat untuk melalui hari-hari selanjutnya. Status di atas bisa kamu bagi ke teman-temanmu yang lagi sedih agar kembali ceria.



Reporter: Loudia Mahartika

Pesantren Ngruki Siapkan Penyambutan Abu Bakar Ba’asyir

Liputan6.com, Sukoharjo Keluarga melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kepulangan Abu Bakar Ba’asyir setelah dibebaskan dari Lembaga Pemsayarakatan (LP) Gunung Sindur, Bogor. Rencananya para santri Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Cemani, Sukoharjo akan menyambut kedatangan sang guru.

Putra Abu Bakar Ba’asyir, Abdul Rochim B’asyi mengatakan berbagai persiapan  akan dilakukan untuk menyambut kedatangan Abu Bakar Ba’asyir yang akan segera dibebaskan dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Gunung Sindur, Bogor.  Bahkan, pihak keluarga juga akan berkoordinasi dengan pengurus pesantren untuk persiapan penyambutannnya.

“Insyaallah nanti pesantren akan melakukan persiapan penyambutan dan hari ini, kami akan berkoordinasi dengan pesantren untuk persiapan-persiapan itu,” kata dia saat ditemui di Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Cemani, Sukoharjo, Sabtu, 19 Januari 2019.

Sedangkan dari pihak keluarga, menurut Rochim juga akan melakukan penyambutan serta menggelar acara syukuran atas kembalinya Abu Bakar Ba’asyir ke rumah. Acara syukuran itu akan mengundang para tetangga di sekitar kediamannya di sekitar komplek Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki.

“Syukuran kecil-kecilan ini digelar karena ayah kami selama ini dipenjara dan bisa pulang ke rumah setelah dibebaskan. Kami pun akan mengadakan syukuran untuk hadir besama kita di sini,” ujar dia.

Selain itu, Rochim juga mengaku sedang persiapan bersih-bersih rumah untuk menyambut kepulangan ayahnya. Pasalnya dipastikan dengan bebasnya Abu bakar Ba’asyir nanti akan banyak tamju yang berkunjung ke rumah.

“Pesiapan bersih-bersih rumah karena beliau nanti akan tinggal di rumah saya. Bersih-bersih rumah ini juga untuk persiapan  menyambut para tamu yang akan hadir di rumah,” kata dia.

3 Kata kerja Operasional Kurikulum 2013, Lengkap dengan Contohnya

Liputan6.com, Jakarta Banyak dari tenaga pendidik tidak hafal dengan kata kerja operasional yang sering digunakan dalam Indikator, baik Kognitif, Afektif maupun pasikomotor. Mungkin dari sebagain orang tidak paham apa itu kata kerja operasional. Kata kerja operasional ini akan sangat berguna bagi yang akan melaksanakan tugas-tugas sekolah, skripsi ataupun tesis.

Dilansir Liputan6.com dari enggar.net, komponen penting dalam silabus maupun RPP adalah indikator pencapaian kompetensi. Komponen ini penting karena menjadi dasar untuk menyusun indikator penilaian.

Indikator penilaian perlu dirumuskan untuk dijadikan dasar pedoman penilaian bagi guru, peserta didik, maupun pengawas di sekolah. Setiap penilaian yang dilakukan melalui tes dan non tes harus sesuai dengan indkator penilaian. Indikator penilaian ini menggunakan kata kerja lebih terukur dibandingkan dengan indikator pencapaian kompetensi. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.

2 dari 6 halaman

Tujuan pendidikan

Kata Kerja Operasional untuk pengembangan Indikator Silabus dan RPP berdasarkan taksonomi Bloom dibagi dalam beberapa pencapaian kompetensi dasar, yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Taksonomi Bloom pertama kali disusun oleh Benjamin S. Bloom pada tahun 1956. Dalam hal ini, tujuan pendidikan dibagi menjadi beberapa domain dan setiap domain tersebut dibagi kembali ke dalam pembagian yang lebih rinci berdasarkan hirarkinya.

Tujuan pendidikan dibagi ke dalam tiga domain, yaitu: Cognitive Domain, Affective Domain, dan Psychomotor Domain.

3 dari 6 halaman

Cognitive Domain

Cognitive Domain (Ranah Kognitif), berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek intelektual, seperti pengetahuan, pengertian, dan keterampilan berpikir.

Koginitif adalah penilaian yang didasarkan pada perilaku (behavior) siswa yang diharapkan muncul setelah melakukan serangkaian kegiatan untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Perilaku ini sejalan dengan keterampilan proses sains, tetapi yang karakteristiknya untuk mengembangkan kemampuan berfikir siswa.

Indikator kognitif produk berkaitan dengan perilaku siswa yang diharapkan tumbuh untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Ada dua prefensi kognitif: Dorongan dari luar (motif ekstrinsik) yang mengakibatkan siswa menggarap belajar hanya sebagai alat pencegah ketidakstabilan atau ketidaknaikkan.

Aspirasi yang dimilikinya bukan ingin menguasai materi secara mendalam tetapi hanya sekedar lulus atau naik kelas semata. Dorongan dari dalam (motif Intrinsik), dalam arti siswa tertarik dan membutuhkan materi-materi yang disajikan gurunya. Contoh kata kerja operasional kognitif:

Pengetahuan (Cl): Mengutip, Menyebutkan, Menjelaskan, Menggambar, Membilang, Mengidentiflkasi, Mendaftar, Menunjukkan, Memberi label, Memberi indek, Memasangkan, Menamai, Menandai, Membaca, Menyadap, Menghafal, Menim, Mencatat, Mengulang, Mereproduksi, Meninjau, Memilih, Menyatakan, Mempelajari, Mentabulasi, Memberi kode, Menelusuri, Menulis.

Pemahaman (C2): Memperkirakan, Menjelaskan, Mengkategorikan,Mencirikan, Merinci, Mengasosiasikan, Membandingkan, Menghitung, Mengkontrasikan, Mengubah, Mempertahankan, Menguraikan, Menjalin, Membedakan, Mendiskusikan, Menggali, Mencontohkan, Menerangkan, Mengemukakan, Mempolakan, Memperluas, Menyimpulkan, Meramalkan, Merangkum, Menjabarkan.

Penerapan (C3): MenugaskanMengurutkan, Menentukan, Menerapkan, Menyesuaikan, Mengkalkulasi, Memodifikasi, Mengklasifikasi, Menghitung, Membangun, Mengurutkan, Membiasakan, Mencegah, Menentukan, Menggambarkan, Menggunakan, Menilai, Melatih, Menggali, Mengemukakan, Mengadaptasi, Menyelidiki, Mengoperasikan, Mempersoalkan, Mengkonsepkan.

Analisis (C4): Menganalisis, Mengaudit, Memecahkan, Menegaskan, Mendeteksi, Mendiagnosis, Menyeleksi, Memerinci, Menominasikan, Mendiagramkan,Mengkorelasikan, Merasionalkan, Menguji, Mencerahkan, Menjelajah, Membagankan, Menyimpulkan, Menemukan, Menelaah.

4 dari 6 halaman

Affective Domain

Affective Domain (Ranah Afektif) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi, seperti minat, sikap, apresiasi, dan cara penyesuaian diri.Indikator afektif merupakan sikap yang diharapkan saat dan setelah siswa melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran. Indicator afektif disusun dengan menggunakan kata kerja operasional dengan objek sikap ilmiah. Beberapa contoh sikap ilmiah adalah: berlaku jujur, peduli, tanggungjawab, dll.

Selain itu, indikator Afektif juga perlu memunculkan keterampilan sosial misalnya: bertanya, menyumbang ide atau berpendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi dll. Keberhasilan pengembangan kognitif tidak hanya membuahkan kecakapan kognitif akan tetapi membuahkan kecakapan afektif.

Pemahaman yang mendalam terhadap arti penting materi serta preferensi. Kognitif mementingkan aplikasi prinsip atau meningkatkan kecakapan afektif para siswa. Peningkatan-peningkatan afektif ini antara lain, berupa kesadaran beragama yang mantap.

Contoh kata kerja operasional afektif:

Menerima (Al): Memilih, Mempertanyakan, Mengikuti, Memberi, Menganut, Mematuhi, Meminati.

Menanggapi (A2): Menjawab, Mem bantu, Mengajukan, Mengkompromikan, Menyenangi, Menyambut, Mendukung, Mendukung, Menyetujui, Menampilkan, Melaporkan, Memilih, Mengatakan, Memilah, Menolak.

Menilai (A3): Mengasumsikan, Meyakini, Melengkapi, Meyakinkan, Memperjelas, Memprakarsai, Mengimani, Mengundang, Menggabungkan, Memperjelas, Mengusulkan, Menekankan, Menyumbang.

Mengelola (A4): Menganut, Mengubah, Menata, Mengklasifikasikan, Mengkombinasikan, Mempertahankan, Membangun, Membentuk pendapat, Memadukan,Mengelola, Menegosiasi, Merembuk.

5 dari 6 halaman

Psychomotor Domain

Psychomotor Domain (Ranah Psikomotor) berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik seperti tulisan tangan, mengetik, berenang, dan mengoperasikan mesin.

Indikator psikomotorik merupakan perilaku (behavior) siswa yang diharapkan tampak setelah siswa mengikuti pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Keberhasilan pengembangan kognitif berdampak positif pada perkembangan psikomotor.

Kecakapan psikomotor adalah segala amal jasmaniah yang konkrit dan mudah diamati baik kuantitasnya maupun kualitasnya. Kecakapan psikomotor merupakan manifestasi wawasan pengetahuan dan kesadaran serta sikap mentalnya.

6 dari 6 halaman

Tujuan domain psikomotor

Menurut Davc (1970) klasifikasi tujuan domain psikomotor terbagi lima kategori yaitu:

1. Peniruan: Terjadi ketika siswa mengamati suatu gerakan. Mulai memberi respons serupa dengan yang diamati. Mengurangi koordinasi dan kontrol otot-otot saraf. Peniruan ini pada umumnya dalam bentuk global dan tidak sempurna.

2. Manipulasi: Menekankan perkembangan kemampuan mengikuti pengarahan, penampilan, gerakan-gerakan pilihan yang menetapkan suatu penampilan melalui latihan. Pada tingkat ini siswa menampilkan sesuatu menurut petunjuk-petunjuk tidak hanya meniru tingkah laku saja.

3. Ketetapan: Memerlukan kecermatan, proporsi dan kepastian yang lebih tinggi dalam penampilan. Respon-respon lebih terkoreksi dan kesalahan-kesalahan dibatasi sampai pada tingkat minimum.

4. Artikulasi: Menekankan koordinasi suatu rangkaian gerakan dengan membuat urutan yang tepat dan mencapai yang diharapkan atau konsistensi internal di natara gerakan-gerakan yang berbeda.

5. Pengalamiahan: Menurut tingkah laku yang ditampilkan dengan paling sedikit mengeluarkan energi fisik maupun psikis. Gerakannya dilakukan secara rutin. Pengalamiahan merupakan tingkat kemampuan tertinggi dalam domain psikomotorik.


Reporter: Heri Setiawan

Netizen Kecewa dengan Debat Capres yang Kaku dan Kurang Menarik

Jakarta

Reaksi yang bermunculan dari netizen di media sosial menyatakan kecewa dengan debat perdana presiden dan wakil presiden di Indonesia hari Kamis (17/1/2019) malam yang dianggap tidak menarik dan kaku.

Debat perdana capres

  • Tema debat perdana capres/cawapres Indonesia adalah hukum, HAM, terorisme dan korupsi
  • Pengamat mengatakan debat berlangsung kurang menarik karena para calon seperti sudah menghapalkan jawaban mereka
  • Akan ada empat debat lagi sampai pemilihan umum dan pemilihan presiden dilangsungkan 17 April 2019

Setelah debat selesai, media sosial dipenuhi dengan berbagai komentar, sehingga hashtag #DebatePilpres2019 menjadi nomor satu menjadi topik pembicaraan di Twitter untuk topik dunia.

Namun ketika debat dimulai antara Presiden Joko Widodo dan calon presiden Prabowo Subianto, beberapa pendapat muncul menyatakan bahwa kedua calon presiden hanya mengulangi apa yang sudah disampaikan sebelumnya dan berbicara seperti pidato dan bukan berdebat.

Sebuah pendapat bahkan mengatakan debat ini mirip seperti debat di SMA.

“Ini bukan, namun kompetisi menghapal. Mereka menjawab satu kali jawaban dari lawan dan setelah itu selesai. Murid SMA bahkan lebih baik dari ini dan mereka melakukannya dalam bahasa Inggris.” tulis seseorang di Twitter.

Ketika mendapat pertanyaan mengenai rencana mereka mencegah serangan teroris dan radikalisasi, Prabowo menjawab dengan mengatakan ‘adanya campur tangan dari luar negeri ‘ dan masih tidak adanya ketidakadilan di dalam negeri.

“Saya akan mendukung program deradikalisasi. Saya akan memberikan perhatian serius ke pesantren, ke guru-guru, dan warga kita semua guna meningkatkan taraf hidup mereka – sehingga mereka tidak merasa dikecewakan dan membenci negeri ini.” katanya.

Setelah adanya jawaban yang sama dari kubu lainnya, beberapa komentator mengatakan debat antara kedua calon presiden itu ‘tidak dinamis’, karena masing-masing pihak tidak mempersiapkan pertanyaan lanjutan guna menyerang lawan debat mereka.

“Ini mungkin disebabkan karena mereka tidak menguasai masalah terorisme di Indonesia.”

Indonesian President Joko Widodo delivers a speech dressed in white with running mate Ma'ruf Amin.
Presiden Jokowi dan cawapres Ma’ruf Amin ketika menyampaikan visi mereka dalam debat capres perdana hari Kamis malam. (AP: Tatan Syuflana)

Ini adalah untuk keduakalinyaJokowi-Prabowo menjadi calon presiden

Sama seperti yang biasa terjadi dalam kampanye politik di Indonesia, para capres dan cawapres datang mengenakan seragam yang sama, dengan Prabowo Subianto dan cawapres Sandiaga Uno tiba lebih awal di lokasi debat dengan setelan jas warna biru, dan dasi merah darah.

Presiden Jokowi dan cawapres Mar’uf Amin mengenakan baju putih dan tiba terlambat karena macet.

Ini adalah untuk kedua kalinya Presiden Joko Widodo menghadapi Prabowo Subianto dalam pemilihan presiden.

Di tahun 2014, Jokowo mengalahkan Prabowo dengan mendapat 53 persen suara.

Namun selama pemerintahannya empat tahun terakhir, para pendukung Prabowo seringkali mempertanyakan latar belakang “keislaman” Presiden Jokowi.

Dan tahun ini Jokowi memilih Ma’ruf Amin, ulama berusia 75 tahun yang sebelumnya menjadi Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) sebagai pendampingnya.

Sementara itu, Prabowo memilih Sandiaga Uno mantan wakil gubernur DKI Jakarta, seorang pengusaha muda yang sering digambarkan sebagai memiliki daya tarik kuat untuk menggaet generasi milenial di Indonesia.

Indonesian presidential candidate Prabowo Subianto delivers his speech from behind a podium.
Capres Prabowo Subianto didampingi oleh cawapres Sandiaga Uno. (AP: Tatan Syuflana)

Unsur agama menjadi salah satu perhatian utama netizen di media sosial dengan banyak postingan membicarakan doa yang dilakukan kedua pasangan calon sebelum debat dilangsungkan.

Pendukung Jokowi mengirim cuitan bahwa presiden dan Mar’uf Amin sholat di mesjid sebelum debat dimulai.

Yang lain mengatakan bahwa Prabowo dan Sandiaga juga sholat bersama.

Tema debat perdana ini adalah masalah hukum, HAM, terorisme, dan korupsi, namun para pengamat mengatakan karena tema dan pertanyaan sudah dibocorkan sebelumnya, sehingga debat berlangsung kurang menarik.

“Inilah akibatnya bila pertanyaan sudah diberikan kepada para calon.” kata Feri Amsari, Direktur Pusat Studi Konstitusi Universitas Andalas Padang.

“Debat menjadi kurang menarik karena para calon seperti menghapal jawaban mereka.” katanya kepada televisi lokal ketika debat berlangsung.

Apa yang dilakukan para calon harus dihargai

Dalam pidato pembukaannya, Presiden Jokowi yang menggunakan teks yang sudah dipersiapkan menyampaikan visinya mengenai Indonesia.

Sementara itu, Prabowo tampak lebih percaya diri dalam pidato yang tanpa teks, selain berbicara sendiri, Prabowo juga memberikan kesempatan kepada Sandiaga Uno juga berbicara.

Namun pidato Prabowo dikritik karena hanya mengulangi apa yang sudah disampaikan sebelumnya dalam kampanye.

Meski debat mendapat banyak kritikan, Jokowi mendapat pujian karena lebih berani dalam jawaban-jawaban debat.

Beberapa kali Presiden Jokowi memberi jawaban atas tuduhan lawan dengan mengatakan ‘jangan hanya menuduh, beri bukti dan laporkan ke pihak berwenang.”

Namun banyak netizen merasa kecewa karena kedua calon tidak membahas penuh masalah-masalah utama seperti keterlibatan militer dalam memerangi terorisme, UU ITE yang kontroversial, dan status dan masa depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebelumnya juga diduga bahwa kedua pasangan calon sudah setuju untuk tidak membicarakan masalah HAM yang kontroversial.

Namun Usman Hamid dari Amnesty International Indonesia mengatakan apa yang sudah dilakukan para calon harus dihargai.

Indonesian President Joko Widodo and Prabowo Subianto laugh as they sit next to each other in a crowd.
Muncul spekulasi bahwa kedua calon presiden tidak mau membicarakan masalah HAM dalam debat semalam. (AP: Tatan Syuflana)

“Pak Jokowi sudah memberikan komitmen untuk menempatkan masalah HAM lebih penting lagi dan Pak Prabowo juga sudah menyebut pentingnya hal tersebut.” kata Usman Hamid kepada Kompas TV.

Usman Hamid mengatakan kedua calon sudah berjanji untuk menghormati HAM ketika memerangi terorisme dan melakukan deradikalisasi meskipun mereka tidak memberi jawaban rinci mengenai hal tersebut ataupun apakah akan menjadi prioritas ketika mereka nanti berkuasa.

Dalam sesi terakhir, moderator memberikan kesempatan kepada para calon masing-masing dua menit untuk memberikan pendapat akhir mengenai lawan mereka, namun tawaran itu ditolak semua pihak.

Debat yang akan dilangsungkan empat kali lagi dilakukan setiap tanggal 17 sampai pemilu dilangsungkan 17 April 2019.

Debat kedua yang akan dilakukan bulan depan akan membicarakan masalah energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, lingkungan hidup.

Lihat beritanya dalam bahasa Inggris di sini

(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>