Ketika Eceng Gondok Bikin Dongkol Nelayan Gorontalo

Liputan6.com, Gorontalo – Eceng gondok atau sering disebut gulma tampak merusak pemandangan di pantai sekitar Pelabuhan Gorontalo.

Tidak hanya merusak pemandangan, keluhan juga datang dari nelayan setempat. Mereka mengeluhkan enceng gondok yang memenuhi pantai Kelurahan Pohe, Kecamatan Hulontalangi, Kota Gorontalo.

Karena tanaman mengambang ini seringkali menyangkut di mesin perahu dan juga jala ikan.

“Dengan tercemarnya pantai Gorontalo dengan eceng gondok ini sering mengganggu kapal. Jala ikan kami pun sering rusak akibat tersangkut di tumpukan eceng gondok ini,” kata Jefri, salah satu nelayan kepada Liputan6.com, Sabtu (23/2/2019).

Kehadiran tanaman ini sudah kerap dikeluhkan, bahkan di teluk Gorontalo, enceng gondok bertebaran di mana-mana.

“Tanaman ini berasal dari Danau Limboto yang terbawa arus hingga ke Teluk Gorontalo dan memenuhi pinggiran pantai sekitar pelabuhan Gorontalo,” kata Jefri.

Sudah bertahun-tahun kondisinya demikian dihadapi nelayan. Biasanya jika ada hujan di hulu, air danau mengalirkan tanaman ini ke arah muara dan menuju Teluk Gorontalo. Kejadian serupa juga melanda nelayan di Kecamatan Dumbo raya tepatnya di Kelurahan Leato.

“Padahal sering melakukan bersih-bersih lingkungan ternyata eceng gondok ini tidak ada habisnya,” kata nelayan lainya, Wahyu Urumi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pesta Gol ke Gawang Persidago, Persebaya Tembus 8 Besar Piala Indonesia

Liputan6.com, Surabaya – Persebaya Surabaya membekuk Persidago Gorontalo 7-0 pada leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Sabtu (23/2/2019). Hasil ini membawa mereka ke perempat final.

Amildo Balde jadi bintang Persebaya dengan membuat empat gol (27, 30, 56, 87). Sedangkan gol lainnya disumbang Otavio Dutra (34), Hansamu Yama (37), dan Damian Lizio (45+1).

Pada 25 menit babak pertama berjalan, tuan rumah sempat kesulitan menembus pertahanan Persidago yang tampil ngotot dan memberikan perlawanan maksimal. Baru pada menit ke-27, top skorer Persebaya sementara di Piala Indonesia, Amildo Balde mencetak gol melalui tendangan keras kaki kanannya dari dalam kotak penalti memaksimalkan umpan terobosan Manuchehr Jalilov.

Tiga menit berselang, lagi-lagi kombinasi kerja sama Jalilov dan Balde membuat kiper Persidago Mario Fabiyo Londok memungut bola dari gawangnya setelah Balde mencetak gol keduanya. Gol ketiga Persebaya dicetak bek asing yang tidak lama lagi berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), Otavio Dutra, menit ke-34 memanfaatkan bola muntah sundulan Balde yang terbentur tiang gawang.

Gol berikutnya Persebaya kembali dicetak pemain belakang, yang kali ini melalui Hansamu Yama lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan terukur tendangan bebas Damian Lizio menit ke-37.

Pada injury time babak pertama, giliran striker baru asal Bolivia, Damian Lizio, yang membuktikan kualitasnya usai lolos jebakan offside untuk menaklukkan kiper Persidago.

Skor 5-0 bertahan hingga wasit Fariq Hitaba asal Yogyakarta membunyikan peluit tanda berakhirnya 45 menit babak pertama.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Babak kedua berjalan 11 menit, kembali Amildo Balde menunjukkan kelasnya sekaligus membuktikan pantas menggantikan peran David Da Silva yang musim lalu menjadi predator di Persebaya.

Gol tercipta memanfaatkan kesalahan bek Persidago yang gagal mengontrol bola silang kiriman Ruben Sanadi sehingga bola terlepas dan dicocor keras oleh Balde dari dalam kotak penalti.

Persidago bukannya tanpa serangan, berkali-kali striker bernomor punggung 14, Ismail Adam memaksa kiper Persebaya Abdul Rohim bekerja ekstra keras menghalau sejumlah peluang.

Menit ke-87, lagi-lagi Amildo Balde mengoyak jala Persidago yang kali ini melalui sundulan kepalanya usai menerima umpan silang matang Alwi Slamat. Gol keempat pemain yang pernah merumput di Celtic FC itu menjadi gol penutup laga, sekaligus menegaskan gol agregat menjadi 11-1 (leg pertama 4-1 untuk Persebaya).

3 dari 3 halaman

Satu Tempat Tersisa

Sementara itu, dari delapan tim yang akan berlaga di perempat final, sudah ada tujuh tim yang sudah memastikan lolos, yakni Persib, Madura United, Persija Jakarta, Borneo FC, PSM Makassar, Bali United dan Persebaya.

Satu tiket lagi masih diperebutkan antara PSIS Semarang dan Bhayangkara FC yang akan bermain pada Minggu (24/2/2019).

Begini Alur dan Skor Seleksi Kompetensi di PPPK

Liputan6.com, Jakarta – Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I akan digelar pada 23 hingga 24 Februari 2019. Peserta PPPK akan melalui tahap Computer Assisted Test (CAT) terlebih dahulu untuk menyelesaikan tes kompetensi.

Berdasarkan rilis resmi BKN, peserta akan mendapat waktu 100 menit untuk menyelesaikan 40 soal Kompetensi Teknis, 40 soal Kompetensi Manajerial, dan 20 soal kompetensi sosio kultural.

Ada pula wawancara berbasis komputer selama 20 menit yang terdiri atas 10 soal.

Berikut metode penilaian masing-masing subtes yang harus dikerjakan pelamar PPPK:

1. Kompetensi teknik: nilai 3 jika jawaban benar dan 0 jika salah atau kosong.

2. Kompetensi manajerial: nilai 1 jika jawaban benar dan 0 jika salah atau kosong.

3. Kompetensi sosio kultural: nilai 2 jika benar dan 0 jika jawaban salah atau kosong.

4. Wawancara berbasis komputer: nilai 3 atau 2 atau 1 untuk jawaban yang diberikan dan jika kosong atau tak menjawab nilainya 0

Pada peserta yang lolos seleksi administrasi PPPK bisa mengikuti tahap tes ini. Pengumuman seleksi administrasi dilakukan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat atau via situs resmi SSCASN. Sejauh ini, terdapat 73.393 pelamar dinyatakan lolos seleksi administrasi. 

Sekadar informasi, rekrutmen PPPK Tahap 1 ini dikhususkan untuk Tenaga Harian Lepas (THL) Penyuluh, Dosen Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Baru, serta eks Tenaga Honorer Kategori II untuk jabatan Guru (termasuk Guru Kemenag), Tenaga Kesehatan, Penyuluh Pertanian dari yang ada dalam database BKN tahun 2013, dan memenuhi persyaratan Peraturan Perundang-Undangan.

2 dari 5 halaman

95.290 Orang Daftar PPPK Tahap 1, Daerah Mana yang Paling Diburu?

Masa pendaftaran rekruitmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) Tahap 1 melalui laman sscasn.bkn.go.id, resmi ditutup pada 17 Februari 2019 pukul 24.00 WIB.

Rekrutmen PPPK Tahap 1 ini dikhususkan untuk Tenaga Harian Lepas (THL) Penyuluh, Dosen Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Baru, serta eks Tenaga Honorer Kategori II untuk jabatan Guru (termasuk Guru Kemenag), Tenaga Kesehatan, Penyuluh Pertanian dari yang ada dalam database BKN tahun 2013, dan memenuhi persyaratan Peraturan Perundang-Undangan.

Data pada situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) menyebutkan per 18 Februari 2019 pukul 00.01 WIB akun pelamar seleksi PPPK berjumlah 95.290 dan akun yang berhasil mendaftarkan atau submit dokumen pada web SSCASN sebanyak 87.561.

Dalam data yang dilaporkan oleh Tim Publikasi SSCASN di akun Facebook BKN, status submit dokumen pada Kementerian Agama sebesar 9.642 dan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebesar 3.031.

Sementara itu, dalam data tersebut juga dapat dilihat bahwa terdapat Wilayah Kerja Kantor Regional (Wilker Kanreg) yang paling banyak diburu. Kira-kira Wilker Kanreg BKN mana saja? Berikut uraiannya: 

3 dari 5 halaman

Daftarnya

Wilker Kanreg BKN Yogyakarta

1. Kab Brebes: 906

2. Kab Jepara: 697

3. Kab Demak: 691

Wilker Kanreg BKN Surabaya

1. Kab Jember: 1.332

2. Kab Bangkalan: 1.035

3. Kab Sumenep: 973

Wilker Kanreg BKN Bandung

1. Kab Cianjur: 2.159

2. Kab Garut: 1.743

3. Kab Bogor: 1.701

Wilker Kanreg BKN Makassar

1. Kab Bone: 1.184

2. Kab Luwu: 474

3. Kab Luwu Utara: 463

4 dari 5 halaman

Berikutnya

Wiker Kanreg BKN Jakarta

1. Kab Lampung Tengah: 485

2. Kab Lampung Utara: 427

3. Kab Lampung Timur: 371

Wilker Kanreg BKN Medan

1. Kab Simalungun: 293

2. Kab Serdang Bedagai: 279

3. Kab Deli Serdang: 222

Wilker Kanreg BKN Palembang

1. Kab OKI: 372

2. Kab Banyuasin: 365

3. Kab Musi Rawas: 241

Wilker Kanreg BKN Banjarmasin

1. Kab Tabalong: 177

2. Kota Samarinda: 141

3. Kab Banjar: 137

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Wilker Kanreg BKN Denpasar

1. Kab Bima: 1.232

2. Kab Lombok Tengah: 752

3. Kab Sumbawa: 634

Wilker Kanreg BKN Manado

1. Kab Gorontalo: 184

2. Kab Bone Bolango: 111

3. Kab Minahasa Selatan: 77

Wilker Kanreg BKN Pekanbaru

1. Kab Kampar: 502

2. Kab Pasaman Barat: 429

3. Kab Pesisir Selatan: 423

Wilker Kanreg BKN Banda Aceh

1. Kab Aceh Timur: 281

2. Kab Aceh Tengah: 231

3. Kab Aceh Tamiang: 164


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Daftar Biaya yang Dibayar Warga buat Sertifikasi Tanah

Jakarta – Program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang sudah dijalankan pemerintahan kabinet kerja sejak tahun 2017 masih ada praktik pungli yang dilakukan oknum.

Padahal, sudah ada aturan yang mengatur bahwa program PTSL ada biaya yang dibebankan atau harus dibayar oleh masyarakat, biaya itu dalam rangka pelaksanaan persiapan pendaftaran tanah sistematis.

Adapun, dana tersebut untuk seperti kegiatan penyiapan dokumen, kegiatan pengadaan patok dan materai, lalu kegiatan operasional petugas kelurahan/desa.

“Iya, adminitrasi pra sertifikat, seperti bukti waris, kalau lebih dari itu dan itu tidak ada persetujuan dari masyarakat, tidak ada peraturannya, itu pungli,” kata Menteri ATR Sofyan Djalil di Gelanggang Remaja Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (22/2/2019).

Keputusan adanya beban biaya yang dibayarkan masyarakat tertuang dalam keputusan SKB 3 Menteri Nomor 25 Tahun 2017. Ketiga menteri tersebut adalah Menteri ATR, Menteri Dalam Negerti, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Sofyan mengatakan, biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat dalam proses pembuatan sertifikat ini pun dilakukan di tingkat desa, dalam hal ini kelurahan.

“Ada ketentuan itu ada peraturan 3 menteri yang boleh diambil oleh desa,” jelas dia.

Lalu berapa biaya yang seharusnya dikeluarkan oleh masyarakat dalam program sertifikat tanah? Berikut sesuai ketentuan SKB 3 Menteri Nomor 25 Tahun 2017:

Kategori I untuk Provinsi Papua, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 450.000.

Ketegori II untuk Provinsi Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat (NTB) sebesar Rp 350.000.

Kategori III untuk Provinsi Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Kalimantan Timur sebesar Rp 250.000.

Kategori IV untuk Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Kalimantan Selatan sebesar Rp 200.000.

Kategori V untuk Pulau Jawa dan Bali sebesar Rp 150.000.

(hek/eds)

Gempa M 4 Guncang Bone Bolango Gorontalo

Jakarta – Gempa bumi bermagnitudo 4 terjadi di Bone Bolango, Gorontalo. Pusat gempa berada di laut.

Informasi dari akun Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), @infoBMKG, gempa itu terjadi pada Sabtu (16/2/2019) sekitar pukul 22.46 WIB. Pusat gempa berada di 15 km timur laut Bone Bolango.

Gempa berada di kedalaman 10 km. Titik koordinat gempa berada di 0,70 Lintang Utara dan 123,38 Bujur Timur.

Gempa ini dirasakan di Gorontalo dengan skala MMI II. Belum diketahui dampak serta adanya tidaknya korban dari gempa tersebut.

(ibh/haf) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Selain Eko Patrio, Siapa Lagi Tokoh yang Gabung Garbi?

Jakarta – Ketua DPW PAN DKI Jakarta Eko Patrio bergabung dengan ormas Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) sebagai dewan pembina wilayah DKI Jakarta. Eko menyebut tokoh-tokoh Garbi lebih banyak berasal dari PKS.

“Lebih banyak tokoh-tokoh Garbi, yaitu yang ada di PKS,” ujar Eko kepada wartawan, Selasa (12/2/2019). Pernyataan Eko menjawab pertanyaan terkait tokoh-tokoh terkenal di Garbi yang dia ketahui.

Ormas Garbi digagas oleh eks Presiden PKS Anis Matta. Setahu Eko, tokoh di luar PKS yang gabung Garbi hanya dirinya.
“Kayaknya di luar itu cuma saya aja sih,” tutur Eko.

Inisiator utama gerakan ini adalah eks pentolan PKS. Yang sudah jelas hadir di deklarasi Garbi di daerah antara lain eks Presiden PKS Anis Matta dan loyalisnya.

“Yang sudah disebut-sebut di daerah sebagai inisiator dan deklarator ya Anis Matta, Fahri Hamzah,” kata Inisiator Garbi Mahfudz Siddiq

Sejumlah tokoh penting disebut Mahfudz gabung sebagai dewan pembina Garbi. Selain Eko Patrio, ada tokoh partai lainnya.

“Kalau pembina banyak, di Gorontalo baru saja deklarasi pembinanya orang Gerindra, beberapa daerah pembinanya kepala daerah. Sulawesi Selatan pembinanya wakil gubernur, Makassar wali kotanya,” ungkap Mahfudz.

PAN yang menaungi Eko menyebut tak ada masalah terkait bergabungnya pria yang lebih dulu dikenal sebagai entertainer itu ke Garbi. Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo mengatakan Eko tetap berstatus sebagai kader dan caleg berlambang matahari putih itu.

Dradjad mengatakan tak ada sanksi yang akan dijatuhkan kepada Eko. Sebab, Garbi, yang merupakan ormas besutan eks Presiden PKS Anis Matta, bukan partai.

“Garbi kan ormas. Memang Anis Matta, Fahri Hamzah dkk yang menjadi pendiri dan tulang punggungnya. Tapi, selama Garbi tetap ormas, siapa saja boleh aktif di sana. Tidak ada larangan atau perintah,” tegasnya.

(gbr/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dibesut Anis-Fahri-Mahfudz, Seknas Garbi Deklarasi Sebelum Pilpres

Dibesut Anis-Fahri-Mahfudz, Seknas Garbi Deklarasi Sebelum Pilpres Foto: Fahri menunjukkan logo GARBI yang benar (Gibran/detikcom)

JakartaGerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) yang diisukan sempalan PKS mulai deklarasi di sejumlah daerah. Sekretariat nasional akan deklarasi sebelum Pilpres. Apa tujuannya?

“Struktur seknasnya belum ada, menunggu deklarasi di seluruh provinsi selesai, perkiraan pertengahan Maret,” kata inisiator Garbi, Mahfudz Siddiq kepada wartawan, Selasa (12/2/2019).

Inisiator utama gerakan ini adalah eks pentolan PKS. Yang sudah jelas hadir di deklarasi Garbi di daerah antara lain eks Presiden PKS Anis Matta dan loyalisnya.
“Yang sudah disebut-sebut di daerah sebagai inisiator dan deklarator ya Anis Matta, Fahri Hamzah,” kata Mahfudz yang juga hadir di deklarasi Garbi di daerah.
Sejumlah tokoh penting disebut Mahfudz gabung sebagai dewan pembina Garbi. Di DKI Jakarta misalnya ada anggota DPR F-PAN Eko Patrio.

“Kalau pembina banyak, di Gorontalo baru saja deklarasi pembinanya orang Gerindra, beberapa daerah pembinanya kepala daerah. Sulawesi Selatan pembinanya wakil gubernur, Makassar wali kotanya,” ungkap Mahfudz.

Lalu apa misi utama Garbi ini deklarasi sebelum Pilpres? Ke mana Garbi berlabuh, 01 atau 02?
(van/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Tabrakan Langka 2 Trem di Pinggiran Paris

Selasa 12 Februari 2019, 10:46 WIB

Foto News

AFP – detikNews

Paris detikNews – Tabrakan langka antara dua rangkaian trem terjadi di pinggiran Paris, Prancis hingga memicu korban luka. Seperti apa situasinya?

Tabrakan antara dua rangkaian trem ini terjadi di pinggiran Paris pada Senin (11/2) malam waktu setempat. Foto: Photo by Philippe DUPEYRAT/AFP

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

Nenek di Gorontalo Kedapatan Sembunyikan Sabu di Kemasan Bawang Merah

Fokus, Gorontalo – Yunita Sumalata warga Kelurahan Dulomo Timur Kota Gorontalo menangis saat diperiksa Satuan Narkoba Polres Gorontalo. Wanita parubaya ini tertangkap saat mengambil kiriman bawang merah dari Sulawesi Tengah yang didalamnya dicurigai berisi paket sabu.

Seperti ditayangjkan Fokus Indosiar, Selasa (12/2/2019), Yunita sempat mengelak. Namun setelah dilakukan pemeriksaan, polisi menemukan dua paket kecil sabu yang disembunyikan di dalam kemasan bawang merah.

Dari pemeriksaan sementara, pelaku mengaku sabu sengaja dibeli dari Palu untuk digunakan menghilangkan rasa sakit dari penyakit yang dialami sang nenek. Bahkan, pelaku mengakui sudah setahun lebih mengonsumsi barang haram teresebut.

Polisi mencurigai nenek ini, kenapa membeli bawang merah saja harus jauh-jauh ke Palu.

“Untuk bawang ini modusnya pengiriman dari Palu ke Gorontalo. Modusnya dimasukkan ke dalam bawang merah itu,” kata Kasat Narkoba Polres Gorontalo AKP Leonardo Widharta.

Kini pihak kepolisian masih mengejar pengirim barang yang berada di Palu, Sulawesi Tengah. Sementara, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Undang-Undang Narkotika dengan ancaman hukuman paling lama 15 tahun penjara. (Rio Audhitama Sihombing) 

Fahri Hamzah Tantang KPU Buat Format Debat Capres Terbuka

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menantang Komisi Pemilihan Umum (KPU) membuat debat capres dengan format terbuka dimana tidak ada kandidat yang membawa catatan jawaban.

“Adu kedua calon untuk ‘berantem’ secara pemikiran bukan fisik,” kata Fahri saat menghadiri deklarasi Gerakan Arah Baru Indonesia (Garbi) chapter Gorontalo, di Hotel Maqna Gorontalo, Minggu (10/2/2019).

Dia mengatakan, seharusnya KPU membuka adanya perdebatan di antara capres debat kedua yang mengambil tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur.

Menurut dia, dalam debat capres kedua tidak perlu ada podium bagi kandidat ketika menyampaikan visi misi dan menjawab pertanyaan para panelis.

“Kalau ada podium, bisa saja ketika ada pertanyaan dari panelis, di atas podium ada telepon genggam lalu jawaban pertanyaan diberikan orangnya dari belakang panggung melalui aplikasi Whatsapp. Karena itu tidak perlu menggunakan podium,” ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Dai mendukung Pilpres 2019, namun jangan diartikan damai itu tidak boleh mengkritik dan tidak boleh mempersoalkan cara debat capres.

Menurut dia, dukungan pilpres agar berkualitas dapat diberikan dengan kritik kinerja KPU agar bekerja optimal dan kritik metode debat yang tidak efektif.

“Damai itu bukan berarti orang tidak boleh mempersoalkan pekerjaan KPU, lalu mengkritik KPU disebut delegitimasi pemilu, itu halusinasi pejabat ‘kuping tipis’ saja,” katanya.

2 dari 2 halaman

Harus Berani

Dia menilai seorang yang ingin menjadi pemimpin maka yang bersangkutan harus berani debat secara terbuka tanpa membawa ataupun membaca catatan jawaban.

Sebelumnya, debat kedua Pilpres 2019 hanya diikuti capres dengan mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur.

Debat kedua tersebut akan dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta pada Minggu 17 Februari yang akan disiarkan langsung RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews TV.


Saksikan video pilihan di bawah ini: