Top3 Berita Hari Ini: Cafe Racer Honda dan Pesaing Baru Yamaha XMax

Liputan6.com, Jakarta Honda punya konsumen loyal. Tiap ada produk baru yang ditawarkan, pasti disambut baik. Dan berikut ringkasan berita populer lainnya:

1. Honda Siapkan Cafe Racer 300 Cc

Resmi diperkenalkan dalam ajang otomotif Bangkok Motor Show 2016, konsep Honda 300 TT Cafe Racer berhasil mendapatkan respons positif secara global.

Karena itu, perusahaan otomotif berlambang sayap mengepak itu memutuskan untuk melakukan produksi tahun depan. Selengkapnya baca di sini.

2. Pesaing Yamaha XMax dan Honda Forza Siap Mengaspal

Persaingan sepeda motor dikelas skuter matik semakin sengit. Pabrikan motor secara global berlomba-lomba menyajikan model menarik yang dibekali fitur-fitur canggih, salah satunya skutik premium.

Untuk Indonesia, Honda dan Yamaha berusaha memikat konsumen dengan menghadirkan skutik premium dengan pilihan mesin 150cc dan 250cc seperti PCX, NMax, Forza dan XMax. Selengkapnya baca di sini.

2 dari 3 halaman

3. Cara Polisi Jaga Palang Pintu Tol Bikin Gagal Fokus

Menjadi sosok yang disegani saat mengatur lalu lintas, polisi menjadi aparat penegak hukum yang tegas. Tak segan menilang pengguna jalan saat ketahuan melakukan pelanggaran.

Sebagi manusia biasa, berbagai hal lucu juga kerap terjadi saat menjalankan tugas sebagai aparat penegak hukum. Terekam closed-circuit television (CCTV), sebuah kejadian lucu terjadi di salah satu pintu jalan bebas hambatan. Selengkapnya baca di sini.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

RI Sampaikan Kontribusi Kelapa Sawit kepada ASEAN – Uni Eropa

Liputan6.com, Brussels – Dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN dan Uni Eropa (UE) ke-22 di Brussels, 21 Januari 2019, Indonesia kembali memperjuangkan isu kelapa sawit dan menolak kebijakan diskriminatif terhadap sawit di Benua Biru.

Wakil Menteri A.M. Fachir yang memimpin Delegasi RI menyampaikan fakta-fakta mengenai kontribusi sawit bagi perekonomian serta sumbangannya terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

“Sawit adalah komoditas strategis bagi Indonesia khususnya bagi petani kecil. Sekitar 20 juta masyarakat ASEAN bergantung kehidupannya pada industri sawit dan lebih dari 5 juta petani kecil di Indonesia, Thailand, dan Filipina menyandarkan kehidupannya dari kelapa sawit,” kata Wamenlu Fachir, sebagaimana dikutip dari rilis resmi Kementerian Luar Negeri RI yang dimuat Liputan6.com pada Selasa (22/1/2019).

Dalam konteks global, kelapa sawit memiliki peran kunci dalam mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Sawit telah berkontribusi dalam pencapaian 12 dari 17 tujuan yang tecakup dalam SDGs dari pengentasan kemiskinan hingga pengurangan kemiskinan, dari penghapusan kelaparan hingga pencapaian energi bersih dan terjangkau.

“Menolak sawit sama artinya menolak SDGs yang merupakan suatu kesepakatan global,” tegas Wamenlu Fachir.

Lebih lanjut Wamenlu juga menekankan pentingnya Kemitraan ASEAN-UE yang harus didasarkan pada sikap saling percaya dan saling menghormati nilai dan kepentingan masing-masing.

Sikap saling percaya dan menghargai tersebut dapat diterjemahkan dalam kebijakan-kebijakan yang memajukan kepentingan bersama ASEAN dan UE termasuk menghentikan kebijakan diskriminatif terhadap kelapa sawit yang menjadi kepentingan masyarakat ASEAN khususnya Indonesia.


Simak video pilihan berikut:

2 dari 2 halaman

ASEAN – UE Bersama Hadapi Tantangan Global

Dalam kesempatan tersebut, Wamenlu Fachir juga mengajak ASEAN dan Uni Eropa untuk memperkuat kemitraan dalam berkontribusi untuk menyelesaikan berbagai tantangan global.

Dalam isu perdamaian, sebagai dua kawasan yang berhasil menjaga perdamaian dan stabilitas, ASEAN dan UE diharapkan dapat menginspirasi kawasan-kawasan lain untuk terus kedepankan budaya dialog dan penyelesaian konflik secara damai.

Selain itu, ASEAN dan UE juga perlu memperkuat kerja sama dalam menghadapi tantangan bersama lintas negara seperti terorisme, radikalisme, dan migrasi ireguler. Dalam bidang ekonomi, Indonesia mengajak ASEAN dan UE untuk memperkuat kerja sama ekonomi serta melawan kecenderungan proteksionisme.

Pertemuan Tingkat Menteri tersebut dihadiri oleh para menteri luar negeri atau yang mewakili dari 10 negara anggota ASEAN, 28 negara angggota EU serta Sekjen ASEAN.

Pertemuan dipimpin bersama oleh Menlu Singapura Vivian Balakrishnan serta Komisioner UE untuk Urusan Luar Negeri dan Kebijakan Keamanan Federica Mogherini. Pertemuan membahas berbagai isu kawasan dan global serta melakuan evaluasi terhadap kemitraan ASEAN dan Uni Eropa yang tahun ini berusia 42 tahun.

Perlambatan Ekonomi China Berdampak ke Penurunan Ekspor Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Pertumbuhan ekonomi China dilaporkan melambat ke level 6,4 persen pada kuartal keempat tahun lalu dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Angka ini sesuai prediksi yang menyebut pertumbuhan ekonomi pada kuartal keempat lebih lambat ketimbang kuartal ketiga sebesar 6,5 persen.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, perlambatan ekonomi China akan mempengaruhi ekspor Indonesia. Hal tersebut kemudian akan berdampak pada ekonomi Indonesia.

“Kalau dari segi eskpor pasti ada pengaruhnya. Pertumbuhan sederhananya pilar pertama konsumsi, terutama konsumsi umah tangga. Pilar kedua investasi, pilar ketiganya ekspor dikurangi impor tentu saja,” ujar Darmin di Kantornya, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Dalam kondisi saat ini untuk mengantisipasi perlambatan ekspor terhadap pertumbuhan ekonomi maka pemerintah akan mendorong investasi. Selain investasi, konsumsi rumah tangga juga akan terus digenjot.

“Dampaknya tidak terlalu besar pengaruhnya, terhadap pertumbuhan tapi ada. Itu sebabnya kalau situasi seperti ini kita harus dorong di investasinya dan konsumsinya rumah tangga,” katanya.

Lebih lanjut Darmin menjelaskan, perlambatan ekonomi China lebih disebabkan oleh adanya perang dagang dengan Amerika Serikat. “Itu adalah bagian dari perang dagang mereka itu. Bahwa ekonomi China pertumbuhannya makin melambat,” tandasnya.

Reporter: Anggun P. Situmorang

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Imbas Perang Dagang, Ekonomi China Tumbuh Terendah dalam 28 Tahun

Pertumbuhan ekonomi China kena dampak melemahnya investasi dan goyahnya kepercayaan konsumen akibat perang dagang. Pertumbuhan 2018 pun menjadi terendah dalam 28 tahun.

Perlambatan ekonomi di China turut menambah kekhawatiran pada ekonomi dunia, dan dampaknya pada perusahaan seperti Apple dan pembuat mobil.

Dikutip Reuters, Senin (21/1/2019), berdasarkan data Badan Statistik Nasional di Tiongkok, pertumbuhan GDP kuartal keempat China tahun lalu menjadi paling lambat sejak krisis keuangan global. Bila dibanding kuartal sebelumnya, pertumbuhan ekonomi turun 6,4 persen dari 6,5 persen. 


Alhasil, pertumbuhan setahun penuh China adalah 6,6 persen, atau terendah sejak 1990. Angka ini juga sesuai ekspektasi analis Reuters.

Pelambatan ini menjadi pertanda naiknya angka pengangguran dan meningkatnya kebutuhan stimulus ekonomi.

Nikkei Asian Review melaporkan, Beijing telah memberi insentif senilai 850 miliar yuan atau Rp 1.780 triliun (1 yuan = Rp 2.094). Proyek yang terutama mendapat fokus adalah China Railway.

Sementara, Komisi Pembangungan Nasional dan Reformasi mengungkapkan pemerintah China bertujuan memberi bermacam stimulus untuk memperkuat konsumsi. Di antara yang mendapatkannya adalah industri otomotif yang merupakan 10 persen dari GDP, serta peralatan rumahan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Apa Saja Upaya Facebook Amankan Platform Jelang Pilpres 2019?

Liputan6.com, Jakarta – Facebook melakukan berbagai upaya untuk mengamankan platform-nya dari konten-konten hoaks dan ujaran kebencian yang memecah belah, terutama menjelang pemilu legislatif dan presiden 2019.

Director Global, Politic and Government Outreach Facebook Katie Harbath menyadari, sejumlah orang menggunakan platform Facebook secara tidak bertanggung jawab dan mengganggu jalannya demokrasi.

Fokus utama Facebook adalah memberantas kabar hoaks dan ujaran kebencian yang begitu meresahkan belakangan ini.

“Langkah pertama yang kami adalah dengan menghapus akun palsu,” kata Harbath dalam acara Pemuda Memilih di Jakarta, Senin (21/1/2019).

Dia lebih lanjut mengatakan, orang-orang tidak bertanggung jawab biasanya menggunakan nama palsu.

Dalam mengenali hal ini, Facebook memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI).

“Kalau ada perilaku menyimpang, misalnya saat ada akun yang baru daftar melakukan perilaku menyimpang seperti meng-add semua orang ke daftar pertemanan atau membuat dan mengunggah banyak posting-an di banyak grup, itu perilaku abnormal dari akun tersebut,” kata Harbath.

Oleh karenanya AI berupaya mengidentifikasi perilaku abnormal tersebut sebagai sinyal, untuk menentukan keaslian sebuah akun.

Total, hingga kuartal 1 2019, Facebook telah menghapus 753,7 juta akun palsu di dunia, di mana 98 persennya dihapus setelah melalui identifikasi tim Facebook yang kini berjumlah 30 ribu orang, bukan dari hasil pelaporan pengguna lainnya.

2 dari 3 halaman

Kurangi Penyebaran Konten Hoaks dan Misinformasi

Untuk mengamankan suasana pilpres 2019, Facebook juga menangani peredaran hoaks.

Raksasa media sosial besutan Mark Zuckerberg ini menggunakan machine learning untuk mendeteksi keaslian informasi yang dibagikan.

Selain itu, Facebook juga bekerja sama dengan pemeriksa fakta pihak ketiga.

Di Indonesia Facebook bekerja sama dengan Tirto, AFP, Liputan6.com, Kompas, Tempo, dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo).

Ketika ada konten yang dikategorikan sebagai hoaks atau misinformasi, Facebook akan mengurangi distribusi atau penyebaran berita tersebut di feed sehingga menurunkan potensinya untuk terbaca pengguna lain.

“Motivasi orang untuk menyebarkan hoaks adalah untuk mendapatkan keuntungan materi. Dengan mengurangi distribusi, kami juga menghapus kemungkinan orang untuk mendapatkan keuntungan materi dari penyebaran hoaks,” tutur Harbath.

Selanjutnya, pihak Facebook akan mengirimkan notifikasi jika ada pengguna yang mencoba membagikan atau telah membagikan konten yang dikategorikan sebagai hoaks atau misinformasi. 

3 dari 3 halaman

Tekan Peredaran Ujaran Kebencian

Facebook melakukan upaya lainnya, yakni menekan peredaran hate speech atau ujaran kebencian di platform-nya.

Salah satunya, jejaring sosial yang punya 115 juta akun di Indonesia ini bekerja sama dengan sejumlah stakeholder, salah satunya Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Harbath mencontohkan, dalam kasus di Brasil, yakni saat dua putaran pilpres, pihaknya mengidentifikasi ada kenaikan jumlah konten ujaran kebencian.

“Langsung Facebook bekerja sama sistem otomasi dan Bawaslu setempat untuk mengidentifikasi ujaran-ujaran kebencian. Pendekatan ke negara, ini juga yang akan dilakukan di Indonesia untuk menekan hate speech,” tuturnya.

Facebook juga mulai transparansi terhadap iklan dan halaman di Facebook, memperkuat penegakan hukum terhadap iklan yang tidak pantas, hingga mendukung keterlibatan sipil di Facebook.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

IMF Sebut Utang Jadi Tantangan Ekonomi Negara Berkembang

Davos – International Monetary Fund (IMF) telah memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi global menjadi 3,5% dari sebelumnya 3,7%. IMF menilai banyak tantangan yang akan dihadapi oleh negara-negara di dunia, termasuk emerging market atau negara berkembang.

Dalam laporan IMF World Economic Outlook (WEO) disebutkan negara berkembang masih akan dibayangi oleh ketidakpastian global. Ini tentu akan menyulitkan pertumbuhan ke depannya.

“Kondisi selama beberapa bulan terakhir seperti ketegangan dagang antara AS dan China, kenaikan suku bunga AS, penguatan dolar AS, aliran modal keluar dan harga minyak yang terus bergerak masih akan terus membayangi,” tulis laporan tersebut dikutip, Selasa (22/1/2019).

Bahkan di beberapa negara akan menghadapi kesulitan dalam menangani beban utang dan neraca keuangan swasta yang tinggi. Terjadi ketidakcocokan nilai mata uang dan jatuh tempo utang. Karena itu dibutuhkan kebijakan makroprudensial untuk penguatan pertumbuhan.

Nilai tukar yang terus bergerak diharapkan tidak mengganggu kebijakan-kebijakan yang ada di sebuah negara. Kemudian angka inflasi harus diarahkan sesuai dengan target pemerintah serta kebijakan moneter diharapkan bisa mendukung kegiatan ekonomi domestik.

Selain itu, negara juga harus mampu menjamin rasio utang tetap baik dan sehat meskipun di tengah kondisi keuangan eksternal yang menantang.

Subsidi yang diberikan harus tepat sasaran dan mendorong potensi pertumbuhan yang terkait dengan bantuan sosial dan peningkatan inklusi keuangan. (kil/dna)

Dolar AS Perkasa, Harga Emas Tumbang

Liputan6.com, Chicago – Harga emas tergelincir ke level terendah dalam hampir sebulan pada hari Senin (Selasa WIB) tertekan penguatan dolar Amerika Serikat (AS) mengurangi permintaan logam mulia.

Dilansir dari Reuters, Selasa (22/1/2019), harga emas di pasar spot turun 0,1 persen menjadi USD 1.279,53 per ounce, setelah sebelumnya menyentuh level terendah sejak 28 Desember pada USD 1.276,31 per ounce. Harga emas berjangka AS turun 0,2 persen menjadi USD 1.279,6.

“Beberapa ketenangan telah dipulihkan di pasar ekuitas. Kami melihat sedikit penarikan minat dari pasar emas, ”kata ahli strategi komoditas Macquarie, Matthew Turner.

Pasar dunia menunjukkan sedikit kelegaan pada data ekonomi China yang sesuai dengan harapan dan menawarkan beberapa titik cerah, meskipun kekhawatiran tentang rencana Brexit Perdana Menteri Inggris Theresa May memicu kehati-hatian.

Pasar keuangan Amerika Serikat (AS) atau Wall Street ditutup pada hari Senin untuk liburan Hari Martin Luther King Jr.

Kenaikan dolar mendekati tertinggi dua minggu membebani emas, yang telah naik lebih dari 10 persen sejak pertengahan Agustus, sebagian besar karena gejolak pasar ekuitas dan dolar yang lemah.

Analis mengatakan emas masih berpeluang menguat didorong sejumlah faktor seperti Bank Sentral AS atau The Fed telah mencapai akhir pengetatan moneternya, perlambatan kondisi ekonomi global dan ketidakpastian geopolitik.

Pejabat The Fed meninggalkan sedikit keraguan bahwa mereka ingin berhenti menaikkan suku bunga, setidaknya untuk sementara waktu, sebelum pertemuan pertama The Fed pada 29-30 Januari 2019.

Sementara itu, harga paladium di pasar spot, yang mencapai rekor tertinggi USD 1.434,5 minggu lalu, didorong oleh defisit yang berkelanjutan, turun 1,1 persen menjadi USD 1.361,5 per ounce.

“Sebagai hasil dari reli yang kuat selama beberapa bulan terakhir, pasar paladium mungkin melihat beberapa konsolidasi sebelum melanjutkan jalur kenaikannya,” kata Hans-Guenter Ritter, kepala perdagangan global di Heraeus Metals, Jerman.

Harga perak turun 0,7 persen menjadi USD 15,22 per ounce, sementara platinum kehilangan 0,8 persen menjadi USD 791.

Honda Siapkan Cafe Racer 300 Cc

Liputan6.com, Jakarta – Resmi diperkenalkan dalam ajang otomotif Bangkok Motor Show 2016, konsep Honda 300 TT Cafe Racer berhasil mendapatkan respons positif secara global.

Karena itu, perusahaan otomotif berlambang sayap mengepak itu memutuskan untuk melakukan produksi tahun depan.

Seperti dilansir Motorbeam, Selasa (22/01/19), Honda 300 TT Cafe Racer memiliki kerangka yang sama dengan CB300F dan CB300R. Namun, perbedaan jelas terlihat pada sub-frame dan swingarm.

Untuk menunjang rasa nyaman pengendara, motor pabrikan otomotif Jepang tersebut diharapkan memiliki pengaturan suspensi untuk bagian depan.

Secara mekanis, motor bergaya cafe racer itu akan ditenagai mesin yang sama dengan CB300R. Mengandalkan mesin DOHC 286cc, satu silinder, tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 304 Tk dan torsi 27 Nm. Mesin tersebut dikawinkan dengan gearbox 6-speed.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sebelumnya, karya divisi R & D Honda Jepang telah mendaftarkan hak patennya. Pengajuan ini dilakukan untuk mencegah pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkannya untuk menciptakan desain serupa.

Dalam prosesnya, Honda melucuti bagian panel instrumen dan kaca spion. Selain itu, beberapa bagian juga belum memenuhi regulasi seperti ekor pendek yang dimensinya tidak melampaui roda belakang dan knalpot tidak dilengkapi catalytic converter.

Desain pada 300 TT Racer ini juga mendapat pengaruh dari CB1100F pada bagian tangki.

Rancangan ini pun tidak menutup kemungkinan berguna untuk paket aksesoris bolt on bagi pemilik motor sejenis yang ingin berganti gaya dari naked bike biasa menjadi cafe racer atau scrambler.

Harga Minyak Naik Ditopang Rencana OPEC Potong Produksi

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak naik tipis pada hari Senin (Selasa pagi WIB), membalikkan kerugian sebelumnya karena investor mengabaikan data soal perlambatan ekonomi China.  Investor masih fokus pada rencana Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya untuk memangkas produksi minyak.

Dilansir dari Reuters, Selasa (22/1/2019), harga minyak mentah berjangka Brent naik USD 12 sen menjadi USD 62,83 per barel. Sementara harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate naik USD 19 sen menjadi USD 53,99 per barel.

Pasar keuangan Amerika Serikat (AS) atau Wall Street ditutup pada hari Senin untuk liburan Hari Martin Luther King Jr.

Bursa saham global turun setelah data menunjukkan perlambatan pertumbuhan ekonomi Tiongkok pada 2018 ke level terendah dalam 28 tahun. Angka-angka itu menimbulkan kekhawatiran bahwa prospek pertumbuhan global mungkin akan semakin gelap, terutama karena ketegangan perdagangan AS-China.

“Tetap sangat mungkin bahwa perang perdagangan antara China dan AS telah mengambil bagian dalam perlambatan ekonomi China ini,” kata kepala analis pasar CMC Markets, Michael Hewson. “Tetapi investor juga harus mempertimbangkan bahwa  dalam 10 tahun ke depan, ekonomi China tidak mungkin tumbuh pesat seperti yang telah terjadi selama 10 tahun terakhir.”

Pasar saham masih menguat sepanjang bulan ini, yang telah memberikan investor minyak kepercayaan lebih untuk bertaruh secara agresif pada kenaikan harga minyak mentah.

Analis mengatakan latar belakang yang lebih kuat untuk pasar keuangan dan prospek pertumbuhan produksi minyak mentah yang lebih lambat adalah pendorong utama di balik reli minyak.

“Kinerja pasar saham adalah salah satu alasan mengapa minyak terus bergerak lebih tinggi. Tampaknya juga ada kepercayaan umum bahwa pemotongan produksi yang disepakati OPEC dan Rusia akan cukup untuk menyeimbangkan pasar,” PVM Oil Associates mengatakan dalam sebuah catatan.

Sementara ada kekhawatiran bahwa ekonomi global yang melambat dapat berdampak pada permintaan minyak, pengurangan produksi yang dilaksanakan oleh OPEC kemungkinan akan mendukung harga minyak mentah, kata para analis.

“Anda tidak bisa membenarkan harga minyak di level ini. Kami pada dasarnya memprediksi rata-rata harga minyak hampir USD 70 per barel untuk Brent pada 2019, “kata ahli strategi komoditas ING Warren Patterson. “Saya semakin khawatir tentang seberapa ketat pasar akan memasuki tahun 2020.”

Pertumbuhan ekonomi China menyentuh level terendah 28 tahun. Sebuah laporan terpisah dari Biro Statistik Nasional China menunjukkan produksi kilang minyak mentah pada tahun 2018 naik ke rekor 12,1 juta barel per hari, naik 6,8 persen dari tahun sebelumnya.

Di Amerika Serikat, perusahaan-perusahaan energi memotong jumlah rig pengeboran minyak hingga 21 rig pada pekan lalu, penurunan terbesar dalam tiga tahun, mengambil hitungan turun ke 852, terendah sejak Mei 2018, perusahaan jasa energi Baker Hughes mengatakan pada hari Jumat.

2 dari 2 halaman

Simak video pilihan di bawah ini:

Perusahaan Fintech Ini Tawarkan Skema Baru Perbaiki Manajemen Risiko Bisnis

Liputan6.com, Jakarta – Masalah pelik risiko kredit di industri keuangan berbasis internet Indonesia kelihatan akan segera teratasi dalam waktu dekat.

Perusahaan financial technology (fintech) Lumbung Dana membawa terobosan dalam skema manajemen risiko industri ini.

Perusahaan dengan bisnis Fintech Peer-to-Peer Lending (P2P) ini memberikan 100 persen transparansi soal penyaluran dana kepada para pemilik uang.

Terobosan uang itu diharapkan mampu menjadi solusi bukan hanya bagi kesehatan perusahaan fintech, tapi juga jadi nilai lebih bagi keamanan dan nasabahnya.

Rico Rustombi, salah satu pendiri Lumbung Dana Indonesia (LDI) menuturkan, kombinasi manajemen risiko lebih baik dan kemampuan pengumpulan dana yang masif akan makin menguatkan industri fintech Indonesia.

“Hal ini sangat berbeda dengan model bisnis bank konvensional karena kemampuan penyaluran dana sepenuhnya tergantung kepada bank bersangkutan,” tutur dia, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Senin (21/1/2019).

Manajemen dari perusahaan P2P lending yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 21 Desember 2018 ini yakin model bisnis yang dijalankan memberi manfaat maksimal bagi pemilik dana dan peminjam dana.

Rico mengatakan, Lumbung Dana akan mengkaji untuk mengetahui profil risiko kreditur berdasarkan acuan perbankan. Hasilnya dapat dipakai pemilik uang dalam mengambil keputusan soal pemberian pinjaman.

Melalui mekanisme itu, four eyes principles dalam review kredit yang biasanya dijalankan perbankan, jadi diperkaya dengan kajian yang dilakukan langsung oleh lender sebagai memegang kewenangan dalam pengambilan keputusan kredit.

“Yang menjadi pembeda dengan fintech P2P lending lainnya, Lumbung Dana menyediakan platform yang menyalurkan pinjaman produktif maupun konsumtif bagi pelaku UMKM dan karyawan dari perusahaan-perusahaan yang telah bekerja sama dengan LDI,” ujar Rico.

Ia menuturkan, banyak UMKM yang belum bisa mendapatkan akses pembiayaan dari lembaga-lembaga keuangan konvensional lainnya. Biasanya UMKM terhambat persyaratan dan proses yang kompleks, sementara potensi untuk berkembang secara ekonomi cukup bagus.

Dukungan keuangan menjadi sangat penting bagi UMKM seperti ini agar dapat meningkatkan skala bisnisnya.

2 dari 3 halaman

Bagian dari Inklusi Keuangan

Sementara itu, Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri menuturkan, salah satu cara untuk mengurangi kemiskinan dan kesenjangan di Indonesia adalah inklusi keuangan.

Ia menyambut baik upaya yang dilakukan anak-anak muda dalam hal penyediaan dana pinjaman melalui fintech.

Keyakinan serupa disampaikan Mantan Menteri Perindustrian MS Hidayat. Ia menilai, inovasi pendanaan yang diciptakan fintech akan sangat membantu sektor UMKM untuk mendapatkan akses langsung dan mudah ke permodalan.

“Saya gembira dan mendukung upaya yang dilakukan Lumbung Dana dalam menciptakan inovasi dan solusi untuk membantu UMKM. Tumbuh dan berkembangnya UMKN akan mempercepat peningkatan kesejahteraan dan tarafi hidup masyarakat Indonesia,” tutur dia.

Rico menambahkan, pihaknya juga akan memberikan fasilitas pinjaman yang dikenal sebagai employee loan. Program ini untuk karyawan dari perusahaan-perusahaan yang telah bekerjasama dengan Lumbung Dana yang disebut perusahaan anchor.

“Keberadaan Anchor menjadi salah satu aspek penting bagi Lumbung Dana untuk memitigasi risiko gagal bayar. Lender pun sebagai pemilik dana terlibat secara aktif dan mutlak sejak awal,” ujar dia.

3 dari 3 halaman

Jalin Kerja Sama dengan BNI

Lumbung Dana didirikan sekitar dua tahun silam dan telah melalui proses pengkajian yang mendalam mengenai manajemen risiko.

Infrastruktur elektronik yang merupakan kunci diferensiasi perusahaan fintech dengan lembaga keuangan tradisional juga dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan semua pihak dalam proses pinjam meminjam tersebut.

“Hadirnya Lumbung Dana menjadi stimulan bagi inklusi keuangan di Indonesia pada era digital ini, yang mendekatkan masyarakat dengan akses jasa keuangan melalui teknologi,” kata Rico.

Dia menambahkan, dalam perjuangan mendirikan dan menyempurnakan Lumbung Dana, menyertakan dan melibatkan para ahli yang memiliki pengalaman mendalam di industri keuangan.

“Kami juga merangkul para ahli di bidang teknologi informasi, termasuk orang-orang yang sebelumnya sudah aktif dan berpengalaman dalam industri fintech peer to peer lending. Tidak hanya itu, dari aspek legal kami didukung oleh praktisi-praktisi hukum yang mumpuni, satu di antaranya dari Kantor Hukum Melli Darsa & Co (MDC), anggota jaringan global Pricewaterhouse Coopers,” ujar dia.

Untuk menopang bisnisnya, Lumbung Dana menjalin kerja sama dengan  BNI untuk menjamin kelancaran transaksi baik bagi pemilik maupun peminjam dana.

Kerja sama tersebut juga dalam rangka memenuhi ketentuan OJK yang mengharuskan setiap transaksi peer to peer lending menggunakan escrow account dan virtual account yang ada pada bank.

Lumbung Dana juga tengah menjajaki kerja sama dengan Bank BUMN dalam mengembangkan pembiayaan bagi UMKM.

“Setelah menjalani proses yang panjang, kami bersyukur menutup 2018 dengan berhasil mencatatkan Lumbung Dana di OJK. Kami optimis di 2019 ini akan memperoleh mitra bisnis yang dapat mempercepat perkembangan usaha kami,” ujar Rico.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Pesaing Yamaha XMax dan Honda Forza Siap Mengaspal

Liputan6.com, Jakarta – Persaingan sepeda motor dikelas skuter matik semakin sengit. Pabrikan motor secara global berlomba-lomba menyajikan model menarik yang dibekali fitur-fitur canggih, salah satunya skutik premium.

Untuk Indonesia, Honda dan Yamaha berusaha memikat konsumen dengan menghadirkan skutik premium dengan pilihan mesin 150cc dan 250cc seperti PCX, NMax, Forza dan XMax.

Tren skutik premium ternyata tak hanya terjadi di Tanah Air, negara yang terkenal dengan film Bollywood, India, juga memiliki beberapa pilihan motor di segmen tersebut.

Setelah Suzuki meramaikan pasar dengan menghadirkan Brugman, produsen motor asal Italia Aprilia juga akan meluncurkan skutik premium di kelas 300cc, SR Max 300.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Seperti dilansir Motorbeam, Senin (21/01/2019), Aprilia SR Max 300 memiliki ukuran cukup besar karena meniru gaya sepeda motor sporty mereka. Terdapat windshield besar dan roda depan 15 inci yang dipadukan dengan garpu teleskopik 35 mm.

Untuk dapur pacunya, mengandalkan mesin 278cc, berpendingin cair yang dikawinkan dengan gearbox CVT sehingga mampu menyeburkan tenaga hingga 22,3 Tk pada 7500 RPM dan 23 Nm pada 6.000 RPM.

Sistem pengereman, Aprillia SR Max 300 menyematkan rem cakram berukuran 260 mm di bagian depan dan 240 mm di belakang. Selain tangki bahan bakar, di bawah kursi juga terdapat bagasi cukup luas.

Hingga saat ini belum ada konfirmasi kapan Aprilia akan meluncurkan skuter terbarunya itu di pasar India, termasuk harga yang akan ditawarkan.