Komunitas Muslim Indonesia di Melbourne Gelar Doa Bersama Usai Salat Jumat

Melbourne

Tepat sepekan lalu (15/03), seorang penembak berkebangsaan Australia mendatangi Masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru dan melakukan serangan sesaat sebelum shalat Jumat dimulai.

Penyerangan tersebut menewaskan 50 orang, termasuk satu warga Indonesia, yakni Lilik Abdul Hamid yang bekerja sebagai salah satu teknisi perawatan Air New Zealand.

Korban tewas banyak ditemukan di dalam Masjid Al Noor, sementara puluhan jemaah lainnya mengalami luka tembak dan beberapa di antaranya sempat mengalami kondisi kritis.

Hari ini (22/03), shalat Jumat digelar di lapangan Hagley Park, tepat di depan Masjid Al Noor yang berjalan dengan penuh haru dengan dihadiri ribuah jemaah.

Untuk pertama kalinya azan dan shalat Jumat disiarkan secara langsung oleh TV dan radio New Zealand, saluran media publik di Selandia Baru, termasuk di Australia oleh ABC News.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern ikut hadir dalam shalat Jumat bersama dengan warga dari beragam latar belakang dan agama untuk menunjukkan rasa belasungkawa dan solidaritas.

“Hati kita hancur namun kita tidak hancur. Kita hidup. Kita bersatu, kita bertekad tak membiarkan siapapun memecah belah kita,” kata Gamal Fouda, khatib sekaligus imam Masjid Al Noor yang selamat dari penembakan.

Christchurch mourns in two minute silence
Shalat Jumat digelar di lapangan dekat masjid yang menjadi lokasi penembakan di Christchruch, Selandia Baru dan disiarkan langsung di televisi nasional. (ABC News )

Tonton video dari suasana shalat Jumat di Christchurch, Selandia Baru di sini.

‘Menyatukan kita semua’

Komunitas Muslim di Selandia Baru dan Australia telah mengatakan tidak merasa takut setelah peristiwa penembakan dan penyerangan di Masjid Al Noor.

Kepada Erwin Renaldi dari ABC Indonesia, komunitas Muslim di negara Victoria yang tergabung dalam Indonesian Muslim Community in Victoria (IMCV) mengatakan aksi teror tersebut justru membuat umat Muslim, khususnya asal Indonesia untuk bersatu.

“Ini justru semakin menguatkan untuk menyatukan kita semua, tapi tetap extra vigilant [berhati-hati dengan kemungkinan mara bahaya]” ujar Teguh Iskanto, Presiden IMCV.

“Yang paling penting sebagai Muslim di perantauan adalah tugas kita untuk membenarkan informasi yang salah soal Islam dan selalu berbuat baik kepada siapapun, agama apapun.”

IMCV menggelar shalat Jumat di pusat komunitas di kawasan Springvale, tepatnya di Edinburgh Hall dan koordinator shalat Jumat mengatakan jemaah yang hadir diperkirakan mencapai 125 orang dan tidak hanya umat Muslim asal Indonesia.

“Tidak ada persiapan khusus, termasuk tidak ada keamanan spesial karena kita menggelar shalat di gedung pemerintah,” ujar Awad Attamimi, koordinator shalat Jumat.

“Kami tadi juga mendoakan untuk para korban di Christchurch.”

Umat Islam sedang mendengarkan khutbah Jumat
Setiap hari Jumat, KJRI Melbourne menggelar shalat Jumat yang memudahkan pekerja dari perkantoran yang berada di sekitar pusat kota Melbourne dan St Kilda Road. (Foto: ABC News, Erwin Renaldi)

Shalat Jumat juga digelar di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Melbourne yang berada di kawasan Queens Road, pusat kota Melbourne, seperti biasanya.

Kebanyakan jamaah yang hadir adalah pekerja kantoran dari kantor-kantor yang berada dekat KJRI.

Dua hari setelah terjadi penembakan, Masjid Westall milik komunitas Muslim Indonesia di Melbourne bersama 20 masjid lainnya di negara bagian Victoria menggelar acara ‘Mosque Open Day’.

300 warga lokal, kebanyakan yang tinggal di sekitar Masjid Westall datang untuk menunjukkan rasa duka dan dukungan bagi komunitas Muslim Indonesia serta melihat langsung seperti apa umat Muslim beribadah.

Mereka berkesempatan juga mencicipi masakan Indonesia, beberapa pengunjung perempuan mencoba menggunakan kerudung, dan beberapa di antaranya meminta Al Quran.

Ikuti berita-berita dari komunitas warga Indonesia di Australia hanya di ABC Indonesia.

<!–

–>
(ita/ita)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Boyong 24 Pemain untuk TC di Batam, Persib Gelar Satu Uji Coba

Radovic berharap anak asuhnya dapat menjalan tim luar negeri. Pasalnya, dia ingin menguji kemampuan Supardi dan kawan-kawan.

“Saya berharap untuk friendly game ini levelnya di atas (Persib). Pertama gim tidak (apa-apa) tapi kalau bisa di April sebelum kompetisi kalau bisa hadapi strong tim, kalau bisa luar Indonesia lebih bagus,” ungkap Radovic.

Juara All England 2019, Ahsan / Hendra Bidik Gelar Olimpiade 2020

Prestasi Ahsan/Hendra memenangkan All England datang dari klub masing-masing, yakni PB Djarum dan PB Jaya Raya, yang memberikan bonus dengan total Rp450 juta.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, mengatakan pihaknya memang sudah rutin memberikan apresiasi untuk atlet PB Djarum yang berprestasi. Yoppy menilai, karena pasangan Ahsan/Hendra berbeda klub, pihaknya berkolaborasi dengan klub PB Jaya Raya.

“Kami memang sudah memiliki tradisi memberikan bonus untuk atlet PB Djarum yang berprestasi. Semoga bonus ini bisa menambah motivasi untuk Ahsan dan atlet lainnya,” kata Yoppy dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (20/3/2019).

“Atas pertimbangan yang matang akhirnya kami dan PB Jaya Raya sepakat memberikan masing-masing bonus Rp225 juta. Tidak boleh ada yang lebih tinggi sedikit pun, karena nanti tidak enak,” ujar Yoppy.

Bonus ini melengkapi hadiah yang diraih Ahsan/Hendra. Sebelumnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga juga memberikan bonus masing-masing sebesar Rp240 juta.

Sumber: Bola.com

ONE Championship Jepang Perebutkan Empat Gelar Juara Dunia

Laga puncak malam itu akan menampilkan perebutan gelar juara dunia divisi lightweight, antara atlet tuan rumah Shinya Aoki dan juara bertahan Eduard Folayang dari Filipina. Sementara itu, tidak kalah menarik adalah pertemuan antara Xiong Jing Nan dari Tiongkok dengan juara dunia divisi atomweight asal Singapura, Angela Lee, yang akan berusaha merebut gelar ONE Women Strawweight World Champion.

Pahlawan divisi middleweight asal Myanmar Aung La N Sang juga ditantang oleh petarung tuan rumah lainnya, Ken Hasegawa, sementara atlet Filipina Kevin Belingon akan kembali mempertahankan gelarnya di divisi bantamweight melawan Bibiano Fernandes dari Brazil.

“Mereka udah parah semua bagusnya. Rekor kemenangan tiap atlet sudah sangat banyak. Bisa saya bilang mereka ini true martial artists dan saya jamin ini akan menjadi ajang yang mempertontonkan skill tinggi,” kata Stefer.

Yohan “The Ice Man” Mulia Legowo, atlet veteran dari Solo yang juga menjadi pionir perkembangan MMA tanah air, memiliki pandangan lain. Ia menganggap acara di Jepang ini adalah bukti keseriusan ONE sebagai organisasi beladiri terbesar di dunia, karena banyak tantangan yang harus dilewati sebelum acara ini dapat berlangsung dengan baik.

“Ini acara bersejarah yang luar biasa. Membuat perhelatan di Jepang itu tidak mudah, karena mereka adalah negara pecinta MMA dengan sejarah panjang,” jelas Yohan.

Dengan deretan pertarungan kelas wahid, ia percaya ajang nanti akan memberikan sensasi berbeda bagi para penikmat seni beladiri di Indonesia bahkan seluruh dunia.

“Saya pribadi menunggu pertandingan Angela Lee melawan Jing Nan, selain tentu saja menanti debut Johnson dan Alvarez. [Angela] sekarang bisa populer karena faktor kemampuannya.”

Kunjungi Kesultanan Pontianak, Prabowo Terima Gelar Bangsawan

Liputan6.com, Jakarta – Calon Presiden (Capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto melanjutkan lawatan politiknya ke Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Di ujung barat Pulau Kalimantan ini, Prabowo menerima gelar bangsawan dari Kesultanan Kadriah Pontianak.

Gelar bangsawan Kesultanan Pontianak diberikan langsung oleh Sultan Pontianak IX Syarif Machmud Alkadrie kepada Prabowo. Proses pemberian gelar bangsawan diawali dengan pembacaan salawat Diba’i oleh pemuka adat Kesultanan Pontianak.

Prosesi selanjutnya adalah pembacaan sumpah penganugerahan gelar bangsawan Kesultanan Pontianak. Dalam prosesi itu, Prabowo diminta memegang teguh ajaran agama sebagaimana telah tertulis dalan Alquran dan sunnah.

“Sesungguhnya sultan memberikan gelar adat bangsawan Datuk Sri Setia Negara agar selalu menjadi tanggung jawab menerapkan ajaran Alquran dan sunnah,” kata Sultan Syarif, Minggu (17/3/2019). 

Usai dianugerahi gelar bangsawan, Prabowo tampil mengenakan baju adat Kesultanan Pontianak. Dia nampak mengenakan baju setelan warna gading, dengan ikat kain tenun merah bersulam emas di pinggang, berselempang kain warna emas dan peci hitam dengan tali emas melingkar, serta dua tanda bintang di dada.

Setelah menyadang gelar bangsawan itu, Prabowo juga telah resmi menjadi bagian dari keluarga besar Kesultanan Pontianak. Sebagai keluarga, Prabowo diminta menjaga nama baik kesultanan.

“Kami tabalkan sebagai Datuk Sri Setia Negara yang merupakan seorang bangsawan Kesultanan Pontianak. Sejak diangkat gelar kebangsawanan ini, maka bersatulah persaudaraan kita dunia akhirat. Jaga kehormatan dan martabat kesultanan ini,” kata Sultan Syarif.

Indonesia Dipercaya Gelar Turnamen Sofbol Putri Asia 2019

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah event olahraga bergengsi di tingkat Asia. Pada tahun 2019 ini, Indonesia akan menggelar turnamen sofbol putri Asia di Jakarta.

Turnamen bertajuk Asia Women Championship ini rencananya akan dihelat 30 April sampai 7 Mei mendatang. Menurut Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Sofbol dan Bisbol Seluruh Indonesia (PB Perbasasi), Andika Monoarfa, ajang ini sangat penting karena menjadi turnamen pra-kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. 

Sejauh ini negara-negara yang telah memastikan diri ikut Asia Women Championship 2019 ini adalah Indonesia, Korea Selatan, Chinese Taipei, Tiongkok, Jepang, Hong Kong, Filipina, Singapura, India, Iran, Thailand dan Pakistan.

“Jumlah pesertanya 12 negara, lebih banyak dari Asian Games 2018 lalu,” terang Andika dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Meski sukses saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Andika mengakui Indonesia masih harus berbenah saat menjadi tuan rumah Asia Women Championship 2019.

“Kami masih ingin mengubah stadion sofbol di GBK agar menjadi lebih bagus lagi. Pasalnya setelah Asian Games 2018 ada perubahan syarat yang berpatokan dari Asian Games 2018,” lanjut Andika.

Iwan Fals Gelar Konser Berstandar Internasional

Liputan6.com, Jakarta Musisi legendaris Iwan Fals bakal menghibur penggemarnya melalui konser bertajuk Aku Cinta pada 30 Maret 2019 mendatang di Allianz Ecopark Ancol, Jakarta Utara. Konser Iwan Fals ini dipastikan berbeda dengan konser-konser sebelumnya.

Yang spesial lagi, konser ini akan digelar dengan standar Internasional. Seperti halnya musisi-musisi luar negeri yang menggelar konser di Indonesia. Menurut Silla, salah satu pihak promotor MME Entertainment, Iwan Fals merupakan senior yang harus dibuatkan konser bertaraf Internasional.

“Di Jakarta sedang ramai festival, kita mau ingatkan kita (Indonesia) punya artis yang membanggakan dan Om Iwan ini salah satunya dan tergolong senior. Kita mau buat konser standar Internasional dengan pengisi acara dari negara kita sendiri,” kata Silla saat ditemui di bilangan SCBD, Jakarta Pusat, Rabu (13/3/2019).

Melihat konsep yang ditawarkan oleh pihak MME Entertainment dinilai menarik, Iwan Fals pun langsung menerima tawaran konser tersebut. Ditambah lagi, hubungan pihak Iwan Fals dan MME Entertainment sangat baik. Sehingga, pelantun lagu Mata Indah Bola Pimpong itu menerima tawaran konser Aku Cinta.

“Kita semua di sini sudah cukup lama kenal. Silla paham konser kita seperti apa. Ngobrol-ngobrol dari promotor ada konsep lahirlah, semua seperti ini. Nyambungin cerita Aku Cinta itu, lagu papa (Iwan Fals) nggak cuma cinta pasangan aja tapi ke alam juga semua makhkuk hidup lah,” kata Cikal anak dari Iwan Fals sekaligus direktur Tiga Rambu Management.

MarkPlus Kembali Gelar Wow Brand Festive Day pada 2019

Sebelumnya, memasarkan iklan dari suatu merek tentunya jadi kewajiban bagi perusahaan agar dilirik konsumen. Namun begitu, ada hal-hal dasar yang harus dikuasai oleh sang pengiklan agar pesan dapat tersampaikan baik kepada pengguna jasa atau barang.

Pakar ilmu pemasaran dan juga pendiri Markplus Inc Hermawan Kartajaya menyebutkan, setidaknya ada 7 prinsip dasar yang harus dicermati sebelum mengiklankan suatu produk.

“Pertama, game of change, yang artinya seorang brand manager harus melihat kesempatan yang terjadi. Siapa yang bisa mendeteksi lebih dulu change itu, dia punya kesempatan lebih banyak untuk terus menyesuaikan agar brand-nya tidak mati,” ujar dia, seperti ditulis Sabtu 10 Maret 2018.

Hal berikutnya yang manajer pemasaran harus perhatikan adalah game of competitor. Ia mengatakan, manajer wajib menentukan pesaing sehingga bisa membuat strategi yang tepat.

Prinsip-prinsip selanjutnya yaitu game of customer, di mana pengiklan bisa melihat segmen mana yang dituju, serta game of company, yaitu bentuk dukungan dari tim di luar pihak yang memasarkan.

“Kelima, game of positioning. Ketika keadaan berubah dari luar, seorang brand manager melakukan reposisi dengan cepat,” jelas dia.

Hermawan melanjutkan, hal penting lainnya yang jangan sampai luput adalah game of differentiation. Menurutnya, sebelum suatu produk dari sebuah merek dikeluarkan, perusahaan wajib melihat apakah perbedaan yang ditawarkan komoditasnya itu masih relevan dengan kondisi saat ini atau tidak.

“Ketujuh, baru game of branding itu sendiri, atau game of marketing. Branding itu kan bagian dari marketing, elemen terpenting dari marketing,” tuturnya.

Hermawan menambahkan, tiga faktor terpenting suatu iklan bisa sukses adalah change (perubahan), diferensiasi (perbedaan), dan proses. “Proses yang tidak ada di tujuh prinsip itu,” ujar dia.

Ia menjabarkan, proses adalah elemen puncak dari kegiatan pemasaran. Dia turut menekankan, bahwa faktor ini menuntut tiga aspek, berupa quality, cost, dan delivery.

“Proses itu terpenting, dan harus dibuat lebih efisien mengikuti perkembangan dan mengontrol semua aspek tadi, supaya bisa jadi brand zaman now,” pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara, mendorong para pelaku startup terus mengembangkan diri, hingga berstatus unicorn.