Merenung Arti Pagi Saat Berkemah di Tahura Nuraksa

Liputan6.com, Lombok – Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, ternyata banyak menyimpan keindahan alam yang cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Salah satunya, keindahan alam yang kini dikelola UPT dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB, yakni kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa. Ucapan syukur sambil menyelami arti pagi bisa jadi kegiatan religi saat berkemah.

Kawasan tahura yang sudah dikukuhkan sejak Tahun 2013 itu berada di Dusun Kumbi, daerah pedalaman dari Desa Pakuan, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Dengan konsep bentangan alam yang mempertahankan fungsi hutannya, destinasi wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang gemar dengan kegiatan “outdoor adventure”.

“Untuk yang hobi hiking, berkemah, itu cocok di sini. Areal perkemahan dan rute untuk hiking juga sudah ada,” kata seorang pemandu wisata yang berasal dari Desa Pakuan, Eka dilansir Antara.

Kemudian bagaimana akses untuk menuju destinasi wisata yang satu ini, Eka mengatakannya tidak sulit untuk ditempuh dengan berkendara.

“Jalannya ke sini sudah lumayan bagus, akses untuk mobil sudah bisa,” ujarnya.

Dengan berkendara sekitar setengah jam dari Kota Mataram, wisatawan sudah bisa bertemu dengan gerbang Tahura Nuraksa.

Jika mengenal kawasan wisata Hutan Sesaot, jalur ke Tahura Nuraksa dapat ditempuh dengan berkendara sekitar sepuluh menit ke arah Timur.

Melewati perkampungan warga pesisir hutan, akses jalan untuk kendaraan roda empat terbuka lebar hingga masuk ke halaman lapang yang ada di kawasan Tahura Nuraksa.

Ikon wisata Dengan luas kawasan 3.155 hektare, ternyata di dalam Tahura Nuraksa ini tersembunyi sebuah destinasi wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan, yakni air terjun Segenter.

“Kalau dari gerbang masuk, jarak tempuh ke air terjun sekitar 2,6 kilometer,” ujar pria yang pernah bertugas sebagai pengaman hutan (pamhut) tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

detikcom Laporkan Dugaan Penganiayaan Jurnalisnya di Munajar 212 ke Polisi

Liputan6.com, Jakarta Polres Metro Jakarta Pusat telah menerima laporan dugaan persekusi terhadap wartawan detikcom, Satria Kusuma. 

Satria melaporkan kejadian tersebut pada Jumat (22/2/2019) pukul 00.15. Laporan tersebut teregister dalam nomor laporan 358/K/II/2019/ Resto Jakpus tanggal 22 Februari 2019.

“Iya sudah ada laporan masuk hari ini. Perkara yang dilaporkan adalah bersama-sama di muka umum melakukan kekerasan terhadap orang atau barang,” kata Kasubag Humas Polres Jakarta Pusat Kompol Purwadi, saat dikonfirmasi, Jumat (22/2/2019).

Purwadi mengatakan, saat ini pihak terlapor atau pelaku persekusi terhadap Satria masih dalam penyelidikan.

“Saat ini pelaku masih dalam penyelidikan,” katanya.

Sementara itu, dalam keterangan resmi tertulis, detikcom mengutuk keras aksi kekerasan yang menimpa wartawannya. Langkah hukum dilakukan agar ke depan kejadian serupa menimpa para jurnalis.

“Detikcom mengutuk keras kekerasan terhadap jurnalis dan upaya menghalangi peliputan jelas melanggar Undang-undang Pers, terutama Pasal 4 tentang kemerdekaan pers. Detik.com adalah media yang independen, objektif, dan berimbang dan mendukung penuh perjuangan terhadap kebebasan pers,” pernyataan detikcom dalam keterangannya.

Terpisah, Pemimpin Redaksi detikcom sekaligus Direktur Konten, Alfito Deannova Ginting, melalui pesan singkat mengatakan pihaknya sudah melaporkan dugaan penganiayaan tersebut semalam.

2 dari 2 halaman

Kronologi Dugaan Penganiayaan

Berikut kronologi lengkap Detikcom tentang dugaan persekusi wartawan yang dimuat dalam laman resminya:

“Wartawan detikcom atas nama Satria Kusuma mengalami penganiayaan dan kekerasan saat sedang menjalankan tugas jurnalistik. Kejadian itu berlangsung saat Satria sedang meliput acara Malam Munajat 212, Kamis (21/2/2019) di Monas.

Sekitar pukul 20.30, terjadi kericuhan yang posisinya di dekat pintu keluar VIP, arah bundaran patung Arjuna Wiwaha. Menurut informasi yang beredar, kala itu ada seorang copet yang tertangkap.

Satria pun langsung mengabadikan momen itu dengan kamera ponsel. Satria tidak sendirian. Saat itu ada wartawan lain yang juga merekam peristiwa tersebut.

Pada saat merekam video itulah Satria dipiting dan kedua tangannya dipegangi. Mereka meminta Satria menghapus video yang sudah direkamnya. Karena dipaksa sedemikian rupa dan jumlah orang yang berkerumun semakin banyak, Satria akhirnya setuju rekaman video itu dihapus.

Satria lalu dibawa ke ruangan VIP mereka. Di dalam tenda tersebut, intimidasi terus berlanjut. Adu mulut terjadi lagi saat mereka meminta ID card Satria buat difoto. Tapi Satria bertahan, memilih sekadar menunjukkan ID card dan tanpa bisa difoto.

Dalam ruangan yang dikerumuni belasan–atau mungkin puluhan–orang berpakaian putih-putih tersebut, Satria juga sempat dipukul dan diminta berjongkok. Tak sampai di situ, mereka yang tahu Satria adalah wartawan detikcom juga sempat melakukan tindakan intimidatif dalam bentuk verbal.

Singkat cerita, ketegangan sedikit mereda saat Satria bilang pernah membuat liputan FPI saat membantu korban bencana Palu. Begitu pun saat mereka mengetahui benar-benar bahwa Satria bukan wartawan ‘bodrex’. Pun mereka juga tahu bahwa Satria sudah berkomitmen akan menghapus semua video di ponselnya.

Satria dilepas setelah diajak berdiskusi dengan salah satu dari mereka, yang mengaku sebagai pihak keamanan Malam Munajat 212 dan mereka kebetulan sesama orang Bogor. Namun jaminannya bukan ID card dan KTP yang diberikan, melainkan kartu pelajar. Satria pun dilepas dan kembali menuju kantor.

Terkait tindak kekerasan dan penghalangan kerja jurnalistik ini, detikcom melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian. Dengan harapan kejadian serupa tidak terjadi terhadap wartawan lain yang sedang menjalankan fungsi jurnalistik.

detikcom mengutuk keras kekerasan terhadap jurnalis dan upaya menghalangi peliputan jelas melanggar UU Pers, terutama Pasal 4 tentang kemerdekaan pers. detikcom adalah media yang independen, objektif, dan berimbang dan mendukung penuh perjuangan terhadap kebebasan pers.”

Reporter: Ronald

Cara Daftar BPJS Online, Mudah Banget dan Bisa Lakukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan begitu mahal harganya. Ada banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk mengobati kesehatan. Bahkan sekalipun telah mendapatkan subsidi dari pemerintah, harga obat di Indonesia terkadang masih cukup mahal dan belum mampu untuk mencukupi seluruh biaya kesehatan tersebut.

Bagi kalangan yang berduit, tentu merupakan hal yang kecil untuk mengeluarkan uang sebesar-besarnya demi sebuah kesehatan. Namun, hal demikian juga dirasakan oleh orang yang berduit bahwa arti kesehatan teramat penting dalam lingkungannya.

Untungnya bagi warga Indonesia ada program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Program BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan memang diperuntukkan bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) tidak terkecuali.

2 dari 3 halaman

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan pada pekerja melalui 4 program. Program tersebut antara lain, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP). Program ini sendiri tentunya memberikan manfaat yang besar bagi para pekerja.

Terkait Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), program ini ialah perlindungan atas risiko kecelakaan kerja. Jika peserta atau pekerja mengalami kecelakaan, maka BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan perlindungan berupa seluruh biaya perawatan di rumah sakit.

Selama tidak bekerja, peserta tersebut masih tetap menerima upah dengan ketentuan dari BPJS Ketenagakerjaan. Lalu, BPJS Ketenagakerjaan juga akan memberikan santunan apabila kecelakaan berdampak pada cacatnya peserta.

Kedua adalah program Jaminan Kematian (JKM), BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan manfaat berupa uang tunai kepada ahli warisnya dengan total sebanyak Rp 36 juta. Namun jika pekerja meninggal karena kecelakaan kerja, maka santunan yang diberikan sebesar 48 kali gaji terakhir.

Ketiga ialah program Jaminan Hari Tua (JHT), program ini selayaknya tabungan untuk masa tua. Nantinya, peserta akan menerima secara total uang yang jadi iuran ke BPJS Ketenagakerjaan berikut dengan pengembangannya.

Terakhir ialah Jaminan Pensiun (JP). Program BPJS Ketenagakerjaan layaknya manfaat pensiun yang diterima oleh pegawai negeri sipil (PNS). Pekerja akan menerima uang yang dibayarkan setiap bulan saat memasuki usia pensiun.

Pada 12 April 2017 lalu, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto menuturkan, Jaminan Pensiun (JP) akan diterima peserta sampai meninggal. Jika peserta meninggal, maka dana pensiun ini akan diberikan ke janda atau duda peserta yang menjadi ahli waris.

3 dari 3 halaman

Cara Daftar BPJS Online

Kamu bisa mendaftarkan diri dan caranya sangatlah mudah. Kamu juga tidak perlu repot mengantri hanya untuk mendaftar. Karena saat ini, kamu bisa mendaftar BPJS lewat internet alias daftar online.

Melalui kemudahan inilah, kamu lebih efisien dan menghemat waktu. Rupanya, banyak orang yang mencari tahu cara daftar BPJS online karena beberapa orang masih belum mengetahui apabila BPJS bisa mendaftar lewat internet.

Padahal cara daftar BPJS online sangat mudah dilakukan. Kamu bisa melakukan cara daftar BPJS online di rumahmu. Penasaran, bagaimana cara daftar BPJS online?

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara daftar BPJS online yang bisa kamu coba, Jumat (22/3/2019) .

Cara daftar BPJS online diharapkan dapat membantu mengatasi masalah tingginya animo masyarakat untuk mendaftar BPJS Kesehatan di Kantor BPJS. Pendaftaran BPJS dapat dilakukan dengan membuka website www.BPJS-kesehatan.go.id kemudian memilih kolom ‘Layanan’ , klik ‘Pendaftaran Peserta’ kemudian menyetujui Syarat dan Ketentuan.

Sebelumnya, kamu menyiapkan beberapa syarat yang diperlukan.

• Kartu Tanda Penduduk (Scan KTP),

• Kartu Keluarga (Scan KK),

• Kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (Scan NPWP),

• Alamat email aktif, disarankan untuk Gmail, serta nomor telepon yang bisa dihubungi.

Setelah membuka website BPJS Kesehatan, kamu dapat langsung mengisi data pribadi yang diminta sesuai dengan kolom yang disediakan. Setelah semua diisi dengan benar, selanjutnya klik ‘Simpan’. Setelah mengisi formulir secara lengkap, kamu diminta untuk memilih besaran iuran sesuai dengan kelas perawatan yang dipilih.

Setelah data tersimpan, sistem akan mengirimkan email Notifikasi Nomor Registrasi ke alamat email sesuai yang diisikan oleh calon peserta. Selanjutnya calon peserta harus melakukan pembayaran di bank sesuai dengan virtual account yang diberikan melalui Bank Mandiri, BRI atau BNI.

Setelah melakukan pembayaran, peserta dapat mencetak e-ID dengan link yang terdapat pada email Notifikasi Nomor Registrasi. Kartu e-ID dapat dicetak sendiri dengan tinta hitam dan memiliki fungsi yang sama dengan kartu peserta BPJS Kesehatan. Kartu ini dibawa ketika berobat beserta identitas pendukung berupa KTP atau KK jika pasiennya berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki kartu identitas.

Setelah sekitar 7 hari pasca mendaftar online, calon peserta bisa mengambil langsung kartu peserta ke Kantor BPJS Kesehatan mana saja. Jangan lupa untuk membawa kelengkapan dokumen berupa KTP asli dan fotokopi, fotokopi KK, foto berwarna ukuran 3×4 dua lembar, formulir pendaftaran yang didapatkan setelah pendaftaran online, serta bukti pembayaran bank.

Nah, sekian ulasan terkait dengan cara daftar BPJS online yang harus kamu tahu. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman kamu yang membutuhkan ya. Selamat mencoba!

6 Cara Melangsingkan Badan Secara Alami, Simpel dan Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Tubuh ramping dan langsing merupakan dambaan banyak orang. Banyak cara yang dilakukan agar mendapatkan postur tubuh langsing yang menarik.

Tubuh yang langsing berkaitan dengan berat badan yang ideal. Dengan berat badan ideal, seseorang akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal pula. Banyak cara melangsingkan badan yang dapat ditempuh.

Di media sosial saat ini juga kerap ditemukan promosi obat atau suplemen pelangsing tubuh. Namun obat-obatan tersebut tak baik jika dikonsumsi terus menerus. Kandungan kimia pada obat-obatan pelangsing dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal.

Sebenarnya ada cara melangsingkan badan yang aman dilakukan. Cara melangsingkan badan secara alami terbukti aman karena tak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. cara melangsingkan badan secara alami ini dapat berupa kegiatan-kegiatan sederhana yang mudah untuk dijalankan. Anda dapat menerapkan cara melangsingkan badan secara alami ini di rumah.

Berikut 6 cara melangsingkan badan secara alami dilansir Liputan6.com dari Healthline, Jumat(22/2/2019).

2 dari 7 halaman

Minum Air Putih

Mulailah hari Anda dengan satu atau dua gelas air putih tiap bangun tidur. Penelitian telah membuktikan bahwa minum air putih di pagi hari membantu memulai metabolisme Anda dan membantu menghilangkan racun dari tubuh Anda.

Minum air putih juga membantu mengendalikan rasa lapar dan mencegah Anda makan kalori yang tidak perlu. Beralihlah ke air putih atau teh hijau dan rasakan perbedaannya dalam sehari.

Minum 0,5 liter (17 ons) air dapat meningkatkan kalori yang Anda bakar 24–30% selama satu jam sesudahnya.

Minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan berkurangnya asupan kalori, terutama untuk orang paruh baya dan orang tua. Air sangat baik untuk menurunkan berat badan ketika menggantikan minuman lain yang tinggi kalori dan gula.

3 dari 7 halaman

Berjalan Setelah Makan

Jika Anda tidak suka jogging atau berolahraga maka ada sesuatu yang lebih sederhana untuk Anda. Cobalah berjalan sepuluh menit setelah makan. Ini dapat membantu Anda membakar beberapa kalori dengan cepat dan membantu proses pencernaan.

Tahukah Anda jika jalan kaki 5 menit yang dilakukan tak lama setelah makan dapat meningkatkan kadar gula darah harian lebih besar daripada berjalan kaki 45 menit di pagi hari.

Para peneliti mengatakan bahwa jalan kaki setelah makan membantu membersihkan glukosa dari aliran darah karena gula darah akan lebih banyak diambil oleh otot saat berjalan. Dengan begitu berat badan dapat terkontrol dan tubuh akan langsing secara alami.

4 dari 7 halaman

Makan Lebih Banyak Serat

Cara melangsingkan badan secara alami selanjutnya adalah mengonsumsi banyak serat alami. Makanan tinggi serat baik untuk kesehatan dan penurunan berat badan sehingga Anda akan terlihat langsing. Makanan kaya serat dapat membantu meningkatkan penurunan berat badan dengan membantu Anda merasa lebih kenyang setelah makan.

Tetapi kebanyakan dari kita hanya mengonsumsi sekitar setengah dari serat yang seharusnya. Makanan berserat tinggi umumnya membutuhkan lebih banyak waktu dalam proses mengunyah. Dan mengonsumsi makanan tinggi serat juga cenderung akan menghasilkan sedikit kalori.

Cara terbaik untuk mengonsumsi lebih banyak serat adalah memulai hari Anda dengan sarapan penuh serat seperti gandum. Anda juga bisa memasukkan buah di menu makanan Anda atau membuat semangkuk salad segar.

Buah-buahan dan sayuran adalah makanan yang sangat sehat dan ampuh meangsingkan badan.

Selain air, nutrisi dan serat, mereka biasanya memiliki kepadatan energi yang sangat rendah. Ini memungkinkan Anda untuk memakannya dalam porsi besar tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak buah dan sayuran cenderung lebih memilik berat badan ideal.

5 dari 7 halaman

Makan di Rumah

Meskipun restoran menawarkan banyak pilihan makanan bergizi, pilihannya seringkali terbatas. Sebagian besar makanan yang disajikan di restoran mengandung lemak dan kalori dalam jumlah tinggi, dan dapat merusak kesehatan Anda jika dikonsumsi secara berkala.

Pilihlah untuk memasak dan makan di rumah ketimbang makan di restoran. Selain menghemat pengeluaran, makan dan memasak di rumah juga akan membawa anda pada pola hidup sehat.

Anda tidak pernah tahu kandungan apa saja yang ada pada makanan yang anda makan di restoran.

Saat memasak di rumah, Anda tahu persis apa yang masuk ke dalam makanan Anda, dan anda juga mengetahui langsung bagaimana makanan itu dimasak.

Dengan masak sendiri dirumah, anda dapat mengontrol jumlah kalori dan nutrisi pada makanan anda. Makan di rumah adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan menurunkan berat badan yang dapat melangsingkana tubuh.

6 dari 7 halaman

Kurangi Garam

Menikmati makanan ringan yang gurih dan asin memang sungguh nikmat. Makanan olahan seperti keripik kentang sangat tinggi sodium. Garam ditambahkan sebagai pengawet dalam makanan tersebut.

Garam mengandung natrium dan makanan tinggi natrium menyebabkan retensi air dalam tubuh, yang bisa membuat Anda terlihat kembung. Selain itu, garam sangat membuat ketagihan sehingga Anda tidak bisa puas dengan satu bungkus makanan ringan saja.

Menyedihkannya, sebungkus keripik kentang kecil dapat mengandung hampir 500 kalori. Banyak kalori ini akan memakan waktu setidaknya 45 menit untuk membakarnya lagi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang Anda simpan di rumah sangat memengaruhi berat badan dan perilaku makan.

Dengan selalu menyediakan makanan sehat, Anda mengurangi kemungkinan makan tidak sehat. Ada juga banyak camilan sehat dan alami yang mudah disiapkan dan dibawa saat Anda bepergian. Camilan ini dapat berupa yogurt, buah utuh, kacang-kacangan, wortel, dan telur rebus.

7 dari 7 halaman

Olahraga Pembakar Kalori

Berlari membantu Anda membakar kalori, mengurangi stres, dan menekan hormon nafsu makan. Jika Anda terbiasa berjalan maka tambahkan sedikit jogging pada olahraga secara berkala. Berlari atau joging membantu Anda membakar lebih banyak kalori lebih cepat daripada .

Tapi itu tidak berakhir di sini. Penelitian mengonfirmasi bahwa olahraga seperti berlari menghasilkan “after burn” yang berarti seseorang terus membakar lebih banyak kalori selama dua jam setelah Anda berhenti berlari.

Selain itu jika Anda tidak punya cukup waktu, kesabaran, atau peralatan, cukup lakukan push-up dan squat sederhana. Push-up dan squat hanya membutuhkan 15 menit dari dan hasilnya akan tampak seperti Anda telah menghabiskan waktu serius saat berkeringat di gym. Keduanya adalah latihan yang fantastis untuk membakar lemak, meregangkan pinggang,lengan dan kaki dalam waktu singkat.

Nah, itu tadi cara melangsingkan badan secara alami yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Harga Second Samsung J5, Smartphone Ekonomis dengan Kamera yang Ciamik

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tidak kenal brand Samsung? Brand Samsung asal Korea Selatan ini telah memiliki pengguna setia di Indonesia. Hingga saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merek terbesar di dunia dengan mengeluarkan ponsel cerdas yang menjadi jawara dalam persaingan bursa pasar gawai.

Samsung adalah salah satu perusahaan milik konglomerat (chaebol) Korea Selatan terbesar yang bermula sebagai perusahaan ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat berkembang ke bidang lainnya.

Salah satu dari lini papan tengah dari ponsel Samsung adalah Samsung seri J5. Seri ini memiliki banyak keunggulan di antaranya pada prosesor, kamera, RAM, serta baterai. Namun dari semua aspek, harga Samsung J5 lah yang paling membuat konsumen tergiur. Pasalnya dengan performa yang mumpuni, harga Samsung J5 tergolong ramah di kantong.

Nah, apakah kamu tertarik untuk memiliki Samsung J5? Sebelum membelinya, tentu akan lebih baik jika kamu mengetahui harga second Samsung J5 dan spesifikasinya.

Pada artikel kali ini akan membahas spesifikasi dan harga second Samsung J5. Tidak hanya mengulas tentang harganya saja, namun juga spesifikasi yang menambah referensi kamu.

Penasaran berapa harga second Samsung J5 di pasaran ponsel saat ini dan apa saja spesifikasi unggulan smartphone ini? Berikut ini Liputan6.com ulas harga second Samsung J5 dan spesifikasi, Jumat (22/2/2019).

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Android 5.1 (Lollipop)

Galaxy J5 berjalan pada Sistem Operasi Android 5.1 (Lollipop) dan dapat ditingkatkan menjadi 6.0.1 (Marshmallow) dengan Samsung TouchWiz UI. UI terlihat mirip dengan salah satu perangkat Galaxy S6. Seperti yang sering terjadi dengan Samsung low-end, tidak ada pemutar musik sehingga kita hanya mendapatkan aplikasi dari Google Play Music sebagai gantinya.

· Body Samsung J5

Terlihat dari desain Samsung J5 2015 yang dikelilingi cukup banyak bezel dan terdapat lubang suara di atas layar serta kamera yang menghadap ke depan dengan sensor jarak. Sementara untuk warnanya, Samsung J5 2015 ini hadir dengan pilihan hitam, gold dan putih. Samsung Galaxy J5 2015 memiliki dimensi 142,1 x 71,8 x 7,9 mm dengan bobot 146 gram.

· Layar Super Amoled

Layarnya memiliki luas 5 inci dengan teknologi layar sentuh Super AMOLED dengan resolusi 720 x 1280 HD kerapatan warna 16m. Dengan layar Super AMOLED, gambar yang dihasilkan Galaxy J5 lebih jernih, detail dan kaya akan warna. Sehingga menambah kenyamanan saat Anda melakukan aktivitas seperti melihat foto, menonton video dan bermain game HD sekalipun.

· Hardware

Samsung Galaxy J5 dibekali Qualcomm Snapdragon MSM8916 410 dengan quad-core Cortex-A53 CPU clock 1.2GHz dan Adreno 306 GPU yang dikombinasikan dengan RAM 1,5 GB.

Selain itu, Samsung J5 ini juga dibekali memori internal 8 GB dan kapasitas penyimpanannya masih dapat diperluas dengan adanya slot microSD hingga 128 GB. Yang membuat kamu nyaman menyimpan banyak file di smartphonemu.

Untuk kamu yang memiliki dua nomor, tidak perlu khawatir karena smartphone Samsung J5 ini mendukung untuk memiliki dua kartu dalam satu smartphone.

3 dari 4 halaman

Spesifikasi Samsung J5

· Kamera Berkualitas

Kamera Samsung J5 ini memiliki kamera belakang dengan resolusi 13 MP yang sudah dibekali dengan LED flash.

Tak hanya itu saja, kamera belakang J5 juga sudah diimbangi dengan autofocus, geo-tagging, face detection, digital zoom, panorama, HDR, dan touchfocus. Kamera belakang ini juga memiliki resolusi video yang sangat bagus, yakni 1080 P. Jadi untuk penggunaan kamera belakang besutan Samsung J5 tidak dapat diragukan lagi.

Tidak kalah dengan kamera belakangnya, Samsung J5 juga memiliki kamera depan yang mumpuni, khususnya untuk kamu penggemar selfie. Pasalnya, kamera depan ini dilengkap dengan LED Flash pada layar depan. Sehingga membuat fotomu nampak cerah meskipun dalam keadaan gelap dengan bantuan LED Flash pada layar depan.

Tidak hanya itu saja, fitur kamera ini juga dilengkapi dengan Palm Selfie sehingga kamu tak perlu repot-repot menekan tombol capture untuk hanya mengambil gambar atau foto. Palm Selfie dapat melakukan jepret otomatis, setelah kamu menunjukkan telapak tanganmu, mengagumkan bukan?

Selain itu, smartphone ini juga dibekali fitur Quick Launch untuk membuka kamera dengan cara menekan tombol home sebanyak 2 kali.

· Smart Manager

Menariknya, Samsung J5 ini memiliki fitur Smart Manager yang sangat berguna untuk penggunanya. Smart manager ini mampu memeriksa informasi baterai, status penyimpanan, status memori dan pengaturan keamanan .

· Ultra Power Saving mode

Tak perlu khawatir kehilangan panggilan penting karena baterai mati. Samsung J5 memiliki Ultra Power Saving mode yang mampu mengurangi konsumsi baterai dengan menutup fungsi yang tidak dibutuhkan. Dan juga memastikan smartphone tetap aktif saat kamu benar-benar membutuhkannya. Ponsel ini memiliki daya baterai 2400 mAh.

4 dari 4 halaman

Harga Second Samsung J5

Dari sejumlah penelusuran di situs jual-beli online, harga second Samsung J5 bekas pemakaian biasa dibanderol pada kisaran harga Rp 900.000. Harga second Samsung J5 biasanya tergantung dari kondisi dan kelengkapan barang. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk membelinya?

Nah, itu dia spesifikasi dan harga second Samsung J5 yang mungkin bisa menjadi referensi kamu.

Detikcom Beber Kronologi Dugaan Persekusi Wartawannya di Munajat 212

Liputan6.com, Jakarta – Acara Munajat 212 di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Februari 2019 menyisakan cerita. Sejumlah wartawan dikabarkan mengalami persekusi.

Persekusi diduga dilakukan sejumlah massa yang menggunakan atribut Front Pembela Islam (FPI) pada Kamis malam tersebut. Wartawan dari CNN Indonesia TV dan Detikcom diduga menjadi korban persekusi.

Detikcom memberikan konfirmasi terkait kebenaran karyawannya bernama Satria Kusuma yang mengalami persekusi.

Melalui laman resminya, Detikcom menjelaskan kejadian bermula saat Satria mengabadikan momen saat ada copet yang tertangkap.

Satria yang juga bersama wartawan lain, diminta untuk menghapus rekaman video yang diambilnya. Karena massa banyak, Satria menghapus video tersebut.

Namun kejadian tak berhenti sampai di situ. Satria justru digiring dibawa ke tenda VIP mereka. Di dalam tenda VIP tersebutlah diduga persekusi terhadap Satria semakin menjadi.

Ia sempat dipukul dan diminta berjongkok. Tak sampai di situ, mereka yang menggunanakan pakaian serba putih itu tahu jika Satria adalah wartawan detikcom, sehingga tindakan intimidatif dalam bentuk verbal pun terjadi.

Berikut kronologi lengkap Detikcom tentang dugaan persekusi wartawan yang dimuat dalam laman resminya:

Wartawan detikcom atas nama Satria Kusuma mengalami penganiayaan dan kekerasan saat sedang menjalankan tugas jurnalistik. Kejadian itu berlangsung saat Satria sedang meliput acara Malam Munajat 212, Kamis (21/2/2019) di Monas.

Sekitar pukul 20.30, terjadi kericuhan yang posisinya di dekat pintu keluar VIP, arah bundaran patung Arjuna Wiwaha. Menurut informasi yang beredar, kala itu ada seorang copet yang tertangkap.

Satria pun langsung mengabadikan momen itu dengan kamera ponsel. Satria tidak sendirian. Saat itu ada wartawan lain yang juga merekam peristiwa tersebut.

Pada saat merekam video itulah Satria dipiting dan kedua tangannya dipegangi. Mereka meminta Satria menghapus video yang sudah direkamnya. Karena dipaksa sedemikian rupa dan jumlah orang yang berkerumun semakin banyak, Satria akhirnya setuju rekaman video itu dihapus.

Satria lalu dibawa ke ruangan VIP mereka. Di dalam tenda tersebut, intimidasi terus berlanjut. Adu mulut terjadi lagi saat mereka meminta ID card Satria buat difoto. Tapi Satria bertahan, memilih sekadar menunjukkan ID card dan tanpa bisa difoto.

Dalam ruangan yang dikerumuni belasan–atau mungkin puluhan–orang berpakaian putih-putih tersebut, Satria juga sempat dipukul dan diminta berjongkok. Tak sampai di situ, mereka yang tahu Satria adalah wartawan detikcom juga sempat melakukan tindakan intimidatif dalam bentuk verbal.

Singkat cerita, ketegangan sedikit mereda saat Satria bilang pernah membuat liputan FPI saat membantu korban bencana Palu. Begitu pun saat mereka mengetahui benar-benar bahwa Satria bukan wartawan ‘bodrex’. Pun mereka juga tahu bahwa Satria sudah berkomitmen akan menghapus semua video di ponselnya.

Satria dilepas setelah diajak berdiskusi dengan salah satu dari mereka, yang mengaku sebagai pihak keamanan Malam Munajat 212 dan mereka kebetulan sesama orang Bogor. Namun jaminannya bukan ID card dan KTP yang diberikan, melainkan kartu pelajar. Satria pun dilepas dan kembali menuju kantor.

Terkait tindak kekerasan dan penghalangan kerja jurnalistik ini, detikcom melaporkan kejadian tersebut ke kepolisian. Dengan harapan kejadian serupa tidak terjadi terhadap wartawan lain yang sedang menjalankan fungsi jurnalistik.

detikcom mengutuk keras kekerasan terhadap jurnalis dan upaya menghalangi peliputan jelas melanggar UU Pers, terutama Pasal 4 tentang kemerdekaan pers. detikcom adalah media yang independen, objektif, dan berimbang dan mendukung penuh perjuangan terhadap kebebasan pers.

2 dari 3 halaman

Wartawan CNN Indonesia TV

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (22/2/2019) Koordinator Liputan (Korlip) CNN Indonesia TV Joni Aswira yang saat kejadian berada di lokasi menjelaskan, malam itu belasan jurnalis dari media berkumpul di sekitar pintu masuk VIP dekat panggung acara. Mereka menunggu sejumlah narasumber untuk melakukan wawancara.

Namun pada pukul 21.00 WIB, terjadi keributan di tengah suara selawatan. Diduga ada pencopet yang ditangkap oleh sejumlah massa. Mendadak sontak kejadian itu memancing para jurnalis mendekati lokasi kejadian, termasuk pewarta foto CNN Indonesia TV.

Menurut pengakuan Joni, kamera jurnalis cukup mencolok, sehingga menjadi bahan buruan beberapa orang. Mereka mengintervensi wartawan foto tersebut untuk segera menghapus gambar kericuhan yang sempat tertangkap.

“Kalian dari media mana? Dibayar berapa? Kalau rekam yang bagus-bagus saja, yang jelek enggak usah,” ucap Joni menirukan oknum massa, Jumat (22/02/2019).

Joni melanjutkan, nasib serupa dialami wartawan Detikcom saat sedang merekam kericuhan. Massa menyuruhnya menghapus gambar, tapi wartawan itu tak mau memberikan ponselnya.

“Massa kemudian menggiring wartawan Detikcom ke dalam tenda VIP sendirian. Meski telah mengaku sebagai wartawan, mereka tetap tak peduli. Di sana, dia juga dipukul dan dicakar, selain dipaksa jongkok di tengah kepungan belasan orang,” ucap dia.

Jurnalis CNNIndonesia yang meliput di lokasi kejadian ikut menjadi saksi kekerasan tersebut. Sementara jurnalis Suara yang berusaha melerai kekerasan dan intimidasi itu terpaksa kehilangan ponselnya.

Koordinaror Humas Persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin menampik adanya penganiayaan terhadap wartawan. Namun, dia membenarkan ada pencopet yang diamankan oleh massa.

“Enggak ada. Namanya kan ada copet, jadi laskar (massa) tuh ngamanin semuanya, semuanya diamanin. Kan, kita enggak tahu mana beneran wartawan mana bukan, takutnya kan cuma ngaku aja. Makanya diamanin,” katanya.

Novel juga menjelaskan, pada saat kejadian, tak terlihat tanda pengenal yang diduga wartawan tersebut. Namun, setelah diketahui kalau itu wartawan, pihaknya langsung melepasnya.

“Nah, itu enggak ada. Enggak dipakai. Pas diamanin, terus ditanya-tanya ya kita lepas pas tahu itu wartawan,” ucapnya memungkasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Keyless Entry Terlihat Kuno Dibanding Teknologi yang Satu Ini

Liputan6.com, Jakarta – Membuka pintu mobil sebenarnya sangatlah sederhana. Seperti membuka pintu rumah, Anda tinggal masukkan kunci ke lubang, putar hingga kunci terbuka, dan Anda menarik gagang pintu. 

Meski sederhana, rupanya teknologi untuk membuka kunci mobil semakin berkembang. Apalagi setelah masuk ke era keyless entry system dan smart key.

Dan sepertinya tak lama lagi membuka pintu mobil bisa pakai deteksi wajah, seperti teknologi yang dipatenkan Apple baru-baru ini. Dilansir Autoindustriya, pemilik mobil bisa membuka kunci mobil menggunakan sistem facial recognition.

Ke depannya, sistem ini akan bisa dipersonalisasikan untuk pengaturan kursi, spion, bahkan AC. Apple juga tampaknya mengembangkan teknologi ini dan mengintegrasikannya dengan smartphone.

Meskipun kabar soal teknologi ini baru, konsep teknologi ini disebut sudah lama. Apple pernah mematenkan teknologi serupa pada Februari 2017.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Tak Lagi Repot , Smartphone Siap Gantikan Anak Kunci Mobil

Tak dapat dipungkiri fungsi dari telepon pintar atau smartphone saat ini sangat beragam. Bahkan sebuah perusahaan gabungan antara otomotif dan teknologi mendirikan The Car Connectivity Consorium (CCC).

Dilansir Carscoops, Jumat (22/6/2018). Perusahaan ini telah merilis Digital Key 1.0, yaitu sebuah kunci digital yang dapat dioperasikan dengan menggunakan smartphone.






Dengan Digital Key 1.0, maka pemilik mobil tak perlu menggunakan anak kunci. Sebaliknya dengan hanya menggunakan smartphone mereka bisa membuka pintu, menyalakan mesin dan berbagai akses lainnya pada mobil.

Untuk menggunakan Digital Key 1.0, maka hal itu tergantung pada teknologi Near FieldCommunication (NFC) dan dipastikan memiliki tingkat keamanan state-of-the-art tertinggi.

Meskipun ini baru proyek pertama, namun CCC mengklaim permintaan Digital Key 1.0 sudah meluas dan dilirik pada pabrikan mobil termasuk perusahaan ponsel.

Oleh karena itu CCC juga bekerja sama mengembangkan produknya itu dengan sejumlah raksasa teknologi, seperti Apple, LG, Panasonic, Samsung dan Qualcomm. Mereka juga bergabung dengan Audi, BMW, General Motors, Hyundai dan Volkswagen.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

IKEA Luncurkan Tempat Tidur yang Bisa Diubah Bentuk Sesuai Kebutuhan

Liputan6.com, Jakarta – Melanjutkan kolaborasi dengan seorang desainer asal Inggris, Tom Dixon, IKEA meluncurkan koleksi terbaru “Delaktig”. Kali ini, produk terbarunya berupa tempat tidur dengan rangka panjang aluminium yang modular dan dapat diubah susunannya sesuai kebutuhan kamar tidur.

Tempat tidur “Delaktig”, seperti dilansir dari keterangan resmi yang diterima Liputan6combaru-baru ini, merupakan ranjang berukuran queen berbingkai halus yang juga berfungsi sebagai jangkar untuk beberapa aksesoris tambahan, di antaranya meja samping, lampu, dan pilihan headboard dari kayu atau rotan.

Kolaborasi IKEA dengan Tom sudah dimulai sejak 2018 dengan meluncurkan platform sofa “Delaktig” yang modular, sebelum tempat tidur. Sofa ini dilengkapi sandaran dan bantalan multi-fungsi yang dapat dikreasikan sedemikian rupa sesuai kebutuhan.

Dengan kata lain, perabot satu ini mampu menciptakan pengaturan posisi tempat duduk yang diinginkan pemilik. Bagi IKEA dan Tom, “Delaktig” bukan sekedar produk, namun sebuah pola pikir, gaya hidup, dan pendekatan untuk sebuah perabot yang dapat dikonversi, juga disesuaikan.

Anda tak perlu lagi terpaku pada satu bentuk, namun fleksibel dalam pemakaian. Dengan kelebihan ini, “Delaktig” menjawab kebutuhan akan perabotan yang dapat menghemat ruang, terutama bagi pemilik hunian dengan ruang terbatas.

Tempat tidur yang bentuknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda ini bisa didapatkan di toko IKEA di Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten, atau bisa juga dibeli secara online melalui situs www.IKEA.co.id.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ternyata Mengurus Visa Traveling ke Turki Gampang Banget, Ini Caranya!

Liputan6.com, Jakarta Hagia Sophia, salah satu tujuan wisata terpopuler di Istanbul Turki mungkin masuk ke dalam wishlist traveling-mu. Bangunan bersejarah ini pada awal pendiriannya diperuntukan sebagai katedral, kemudian berubah menjadi sebuah masjid. Sejak 1935 hingga kini, Hagia Sophia pun beralih fungsi menjadi museum.

Selain Hagia Sophia masih banyak destinasi menarik lainnya di Turki yang sarat akan nilai sejarah dan budaya. Jika kamu mempunyai rencana traveling ke negara tersebut, jangan lupa kalau untuk memasuki Turki kamu pun harus mempunyai visa.

Bagaimana cara mengurus visa Turki? Ternyata mudah, lho! Ada tiga cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurusnya.

1. Mengurus Visa on Arrival

Inilah cara paling mudah untuk mendapatkan visa Turki. Jika kamu mendarat di Bandara Attaturk, Istanbul, kamu tinggal melihat signboard yang mengarah ke bagian Visa on Arrival (VOA). Antrilah di bagian VOA untuk mengurus visa kedatanganmu.

Biaya VOA Turki sebesar 35 USD. Pembayaran dilakukan dengan mata uang Dollar Amerika, bukan mata uang Turki. Counter VOA di bandara juga tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit, jadi sebaiknya siapkan dulu uang tunai sebelum mengantri, ya.

Setelah proses pembayaran selesai, akan ditempel stiker visa di dalam passport. Ingat, VOA ini berlaku sampai 30 hari. Done! Proses mengurus VOA selesai, kamu bisa langsung menuju counter imigrasi dan mulai petualangan di Turki!

2. Mengurus E-Visa Sendiri

Kini kamu tidak perlu lagi mengantri panjang untuk mengurus visa kedatangan di Turki. Mengapa? Dengan sistem online, kamu sudah bisa mendapatkan visa elektronik (e-visa) tanpa harus datang ke Kedutaan besar Turki! Bagaimana cara mengurus e-visa ini? Gampang banget!

– Pertama-tama, kamu harus membuka website www.evisa.gov.tr/en

– Setelah itu klik “Apply” dan isi semua data yang dibutuhkan. Hati-hati dalam mengisi data, ya. Jangan sampai ada yang salah!

– Proses pengisian data selesai, kamu pun tinggal melakukan pembayaran. Lakukan proses pembayaran dengan kartu kredit MasterCard, Visa atau UnionPal.

Selain itu tidak bisa dilakukan pembayaran. Untuk biayanya sendiri sebesar 25 USD, lebih murah dari pada VOA. Print visa yang elah kamu terima sebagai bukti untuk masuk ke negara Turki.

Bagaimana? Mudah sekalikan, membuat visa elektronik ke Turki! Tanpa harus menyiapkan salinan dokumen dan ke kedutaan, kamu sudah bisa mendapatkannya.

Sama seperti VOA, e-visa Turki juga berlaku selama 30 hari. Jika kamu sudah membuat e-visa namun ternyata jadwal keberangkatanmu ke Turki berubah dan di luar jadwal sebelumnya, kamu harus membuat e-visa ulang. Dan jika e-visa tidak jadi digunakan, biayanya tidak bisa dikembalikan.

3. Mengurus Visa Melalui Travel Agent

Visa Turki pun bisa kamu dapatkan melalui jasa travel agent. Jika kamu ikut rombongan tour ke Turki, biasanya kamu juga akan ditawarkan untuk pembuatan visa secara kolektif. Pengurusan visa ini masih dilakukan melalui Kedutaan Besar. Dengan bantuan agen, tentu kamu tidak perlu repot mengurusnya sendiri.

Dokumen yang diperlukan antara lain passport asli, rekening koran bank asli, fotokopi KTP, fotokopi Kartu keluarga (KK), dan fotokopi akte kelahiran. Semua dokumen itu bisa kamu kirim ke penyedia jasa dan nantinya akan dikembalikan saat kamu akan berangkat ke Turki.

Untuk membuat visa melalui travel agent harganya akan lebih mahal dibandingkan jika mengurusnya sendiri melalui online atau VOA. Biayanya bisa berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan.

Dari ketiga cara mendapatkan visa ke Turki di atas, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pilih saja salah satu cara yang tepat untukmu dan bersiaplah menuju Turki dengan mencari tiket pesawat murah di travel fair atau melalui aplikasi, macam Traveloka!



(*)

Bangunan Cagar Budaya di Pekalongan Jadi Toko

Liputan6.com, Pekalongan – Pegiat sejarah Pekalongan Heritage Community Mohammad Dirhamsyah menyatakan prihatin terkait temuan belasan bangunan cagar budaya di Kota Batik ini yang telah beralih fungsi menjadi tempat usaha.

Dirhamsyah mengatakan, saat ini lebih dari seratusan bangunan cagar budaya berada di wilayah Kota Pekalongan, namun sebagian sudah beralih fungsi.

“Oleh karena itu, kami minta Pemerintah Kota Pekalongan melakukan langkah antisipasi penyelamatan terhadap bangunan cagar budaya yang memiliki nilai sejarah itu,” katanya, Rabu (20/2/2019) dilansir Antara.

Menurut dia, seratusan bangunan cagar budaya tersebut terdiri atas bangunan rumah kuno milik warga, 23 bangunan cagar milik Pemkot Pekalongan dan Pemprov Jateng, 2 bangunan milik PT Kereta Api Indonesia, dan PT Pertani yang berada di kawasan budaya di Jalan Jetayu.

Adapun sebanyak 23 bangunan cagar budaya milik pemkot, kata dia, sebagian besar berada di kawasan budaya di Jalan Jetayu, antara lain Museum Batik Nasional, eks-Bakorwil Pekalongan, kantor pos, pengadilan negeri, rumah tahanan (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (lapas), serta kantor Perum Perikanan Indonesia Pekalongan.

“Saat ini sebagian besar bangunan cagar budaya milik pemerintah tersebut dimanfaatkan untuk aktivitas perkantoran dan lembaga pendidikan. Adapun bagi bangunan cagar budaya yang dimiliki swasta yang sudah beralih fungsi seperti bekas gedung bioskop Rahayu dan rumah Bupati Pekalongan yang berada di Jalan Nusantara Kota Pekalongan,” katanya.

Ia mengatakan bangunan cagar budaya yang dimiliki oleh warga sebagian sudah beralih fungsi digunakan untuk toko moderen dan sektor perdagangan.

“Kami berharap pemerintah membentuk tim ahli cagar budaya dan tim ahli bangunan cagar budaya sebagai upaya melestarikan dan menetapkan sebagai bangunan cagar budaya. Bangunan cagar budaya tidak boleh sembarangan diubah bentuknya dengan menghilangkan keasliannya,” katanya.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kota Pekalongan Ninik Murniasih mengatakan pemkot sudah mengirimkan registrasi usulan pelestarian bangunan cagar budaya ke pusat yang akan ditindaklanjuti dengan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) dan Tim Ahli Bangunan Cagar Budaya (BCB) Provinsi Jateng.

“Setelah dikirim ke TACB dan BCB kami menunggu rekomendasi atau kajian apakah disahkan atau tidak. Saat ini, kami masih menunggu karena masih diproses,” katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini: