Tak Melulu Wortel, Buah dan Sayur Ini Bisa Tingkatkan Fungsi Mata

Bayam

Mirip dengan kangkung, bayam kaya akan lutein dan zeaxanthin, dua anti-oksidan paling penting untuk kesehatan mata. Senyawa ini bertindak sebagai perisai alami terhadap sinar UV, membantu mencegah kerusakan dan menyerap cahaya biru yang dapat merusak retina.

Brokoli

Sayuran ini mengandung banyak serat dan banyak phytocompounds yang mengurangi dampak kerusakan oksidasi pada mata. Selain itu, brokoli kaya akan vitamin B2 (riboflavin) yang mengurangi peradangan akibat kerusakan ringan. Kekurangan B2 dapat meningkatkan sensitivitas cahaya dan memiliki peran dalam pengembangan katarak.

Kangkung

Konsumsi kangkung secara teratur dapat meningkatkan kesehatan mata Anda. Kangkung kaya akan puluhan nutrisi, termasuk banyak phytochemical, yang banyak di antaranya berperan dalam menjaga kesehatan mata Anda. Di antaranya adalah anti oksidan lutein dan zeaxanthin, yang perlu ditekankan yang super bermanfaat bagi kesehatan mata.

Selain mencegah AMD, kangkung juga mengurangi risiko katarak. Hanya dengan 100g porsi kangkung menghasilkan lebih dari asupan lutein 10mg yang direkomendasikan per hari, membantu Anda dengan mudah mencapai nutrisi baik untuk mata.

Fungsi Kurikulum untuk Kepentingan Pendidikan dan Penjalasannya yang Wajib Diketahui

Dengan mengetahui pengertian kurikulum yang merupakan sebuah rencana pembelajaran, kamu mestinya akan sadar kalau fungsi kurikulum ini sangatlah penting dalam kemajuan pendidikan baik di Indonesia maupun di dunia.

Dengan adanya kurikulum, kamu bisa mengetahui kemana tujuan sebuah pendidikan dijalankan.

Singkatnya pada lingkup sekolah, kamu akan mengetahui kemana arah pembelajaran yang akan kamu terima di sekolah tersebut. Karena itulah, kurikulum hukumnya wajib ada di setiap institusi pendidikan.

Di Indonesia, telah terjadi beberapa kali pergantian kurikulum. Tentunya dari berbagai pergantian tersebut ada sisi positif maupun negatif. Kurikulum di Indonesia dikembangkan dan disepakati oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan dengan guru-guru atau tenaga pengajar.

Tentu saja setiap negara memiliki kurikulum yang berbeda-beda pula, hal ini tergantung kepada bagaimana tujuan dari pendidikan masing masing negara tersebut.

7 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Suatu Perusahaan

Fungsi manajemen sumber daya manusia selanjutnya adalah pemberian kompensasi. Fungsi ini berurusan dengan kompensasi atas kinerja yang telah diberikan oleh para SDM yang juga berkaitan dengan kepuasan atau keuntungan yang diterima perusahaan. Kompensasi dapat meliputi gaji pokok, bonus, insentif, asuransi kesehatan, cuti, hingga dana pensiun.

Dapartemen sumber daya manusia memiliki kewajiban membuat struktur gaji yang baik, sementara pihak manajer memiliki bertugas melakukan pemberian gaji. Keduanya harus memiliki koordinasi yang baik agar pemberian kompensasi sesuai dengan keputusan bersama dan UU yang berlaku.

Pemberian kompensasi ditujukan untuk membangun suasana yang kompetitif di antara karyawan pada perusahaan yang bersifat adil dan sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

6 Fungsi Limpa dan Begini Jadinya Jika Manusia Hidup Tanpanya

Fungsi limpa seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh atau untuk sistem imunitas. Selain itu, ada beberapa fungsi limpa yang perlu kamu ketahui:

1. Membersihkan sel darah merah yang tua dan juga rusak

Trombosit atau sel darah merah di dalam tubuh manusia tidak bertahan selamanya. Ada beberapa bagian dari trombosit atau sel darah merah ini yang mengalami kerusakan, tua dan bahkan telah mati.

Sel darah merah yang telah rusak, tua maupun yang telah mati ini nantinya harus dibuang dan dibersihkan, agar tidak menganggu siklus peredaran darah di dalam tubuh manusia.

Fungsi limpa akan terlibat di sini, dalam membersihkan atau menghancurkan sel darah merah yang telah mengalami kerusakan. Dengan menyimpan beberapa zat penting seperti zat besi di dalam tubuh, limpa akan menghancurkan sel darah merah yang telah mengalami kerusakan tersebut.

2. Melakukan proses penyaringan darah

Fungsi limpa lainnya adalah melakukan proses penyaringan pada darah yang mengalir di dalam tubuh manusia. Ketika darah mengalami hambatan atau kotor, maka limpa akan menyaring darah tersebut, sehingga nantinya darah akan menjadi bersih dan dapat diedarkan ke seluruh tubuh.

Ketika limpa seseorang mengalami gangguan ataupun kerusakan, makan fungsi limpa yang sangat penting dalam penyaringan darah ini juga akan ikut terganggu. Oleh karena itu, hal ini akan mempengaruhi proses penyaringan darah di dalam tubuh kamu.

3. Menyimpan cadangan darah

Masih pada peredaran darah, fungsi darah juga penting dalam menyimpan cadangan darah, selain melakukan penyaringan dan menghancurkan sel darah merah yang sudah rusak.

Cadangan darah ini nantinya memiliki peran yang sangat vital ketika kamu mengalami kekurangan darah, misalnya ketika terluka dan mengalami pendarahan.

Ketika kamu mengalami pendarahan, maka cadangan darah di dalam limpa ini akan membantu menggantikan sementara darah yang keluar akibat pendarahan tersebut.

Fungsi Al-quran Bagi Umat Manusia, Petunjuk Jalan yang Benar

4. Merupakan penyempurna bagi kitab-kitab sebelumnya

Sebelum Al-quran, ada beberapa kitab Allah yang juga diturunkan kepada para nabi, seperti Injil, Taurat,dan Zabur. Kitab-kitab Allah sebelumnya ditujukan hanya pada umat pada zaman tersebut saja, berbeda dengan Al-Quran yang digunakan sampai akhir zaman.

5. Menjelaskan masalah yang pernah diperselisihkan umat sebelumnya.

Di dalam Al-quran terdapat cerita-cerita dari masa lalu yang kemudian berdasarkan kisahb umat terdahulu kita bisa belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang pernah mereka buat sebelumnya.

6. Al-quran memantapkan iman Islam

Dengan membaca Al-quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, kita bisa memantapkan iman kita. Isi Al-quran akan membuat kita semakin yakin bahwa agama Islam adalah agama yang memang harus dianut.

7. Tuntunan dan hukum untuk menjalani kehidupan

Al-quran berisi tentang hukum dan juga tuntunan manusia dalam menjalani kehidupan di dunia. Di dalam Al-quran mengatur bagaimana tentang berhubungan dengan orang lain, berdagang, warisan, zakat, dan masih banyak lagi.

Fungsi Trafo yang Perlu Kamu Tahu, Agar Tak Panik Saat Mati Listrik

Untuk mengetahui fungsi trafo, kamu harus mengetahui jenisnya terlebih dahulu. Hal itu karena, trafo memiliki banyak jenis dan fungsi trafo untuk tiap jenisnya pun berbeda-beda pula.

1. Trafo Step Up

Jenis trafo yang pertama dalah trafo step up. Trafo step up ini digunakan dalam rangkaian-rangkaian pembangkit tegangan pada perangkat elektronika, diantaranya seperti trafo inverter monitor LCD, trafo inverter TV, dan lain sebagainya.

Fungsi trafo step up adalah untuk menaikkan tegangan. Fungsi trafo ini juga dapat digunakan dalam proses penaikan tegangan AC.

2. Trafo Step Down

Kebalikan dari Trafo step up, fungsi trafo step down adalah untuk menurunkan tegangan listrik. Jenis trafo step down ini adalah jenis trafo yang mudah kamu temukan di toko-toko alat elektronik. Sebut saja, trafo 1A, 2A, 3A, 5A dan lain sebagainya.

Contohnya saja, kamu dapat menemukan trafo step down pada power amplifier, speaker aktif, televisi dan lain-lain. Semua peralatan listrik rumah tangga kebanyakan memakai trafo step down.

3. Trafo Isolasi

Seperti namanya trafo isolasi adalah trafo yang berfungsi untuk mengisolasi tegangan Input dan tegangan output.

Pada trafo isolasi jumlah lilitan primer dan lilitan sekunder berjumlah sama karna prinsip kerja trafo isolasi hanyalah untuk mengisolasikan tegangan tanpa menaikkan atupun menurunkan tegangan

Trafo isolasi sering digunakan pada rangkaian inverter yaitu rangkaian untuk merubah tegangan DC menjadi tegangan AC saja dengan besar tegangan sama.

Fungsi Bridge dalam Jaringan Komputer, Jenis dan Cara Kerjanya

Bridge yang merupakan alat untuk menghubungkan dua buah jaringan komputer LAN yang saling terpisah. Melalui Bridge ini, tiap user di kedua jaringan komputer LAN tersebut bisa saling berkomunikasi dan bertukar data. Selain fungsi dasar tersebut, Bridge juga memiliki fungsi lainnya seperti:

Menghubungkan 2 Jaringan LAN yang Terpisah Jarak

Pada fungsi Bridge bagian ini dapat diartikan semisal, sekolah yang terdiri dari beberapa bangunan yang saling terpisah satu sama lain. Nah, jika setiap gedung memiliki jaringan LAN sendiri dan saling terhubung dengan Bridge, maka Bridge pastinya akan lebih ekonomis, daripada harus menyambungkan semua tempat dengan kabel.

Memudahkan Mengelola Jaringan Sendiri

Jika setiap departemen di dalam sekolah memiliki kepentingan dan perangkat, server, atau workstation berbeda, maka akan lebih efisien jika memiliki jaringan LAN sendiri-sendiri. Kepentingan atau tujuan departemen yang berbeda akan lebih nyaman bekerja, jika memiliki jaringan komputer otonom sendiri. Jika ingin terhubung ke departemen lain, maka bisa dengan menggunakan bantuan dari Bridge ini.

Mengurangi Beban Jaringan

Fungsi Bridge dalam hal ini misalnya ada banyak user yang mengakses data berukuran besar dalam server dalam waktu bersamaan. Jika hanya mengandalkan satu LAN tunggal saja, maka akan menghambat performa jaringan dalam memenuhi permintaan setiap user. Oleh karena itu, alangkah lebih baik menggunakan banyak LAN namun saling terhubung ke server melalui Bridge.

Fungsi Perwakilan Diplomatik, Tugas dan Peranannya Bagi Negara

Sebagai representasi negaranya di negara lain, fungsi perwakilan diplomatik sangatlah besar untuk hubungan negara dengan negara lain maupun dengan organisasi dunia lain.

Berdasar Konvensi Wina pada tahun 1961, pada pasal 3 ayat (1), ada beberapa fungsi perwakilan diplomatik yang perlu kita ketahui, seperti:

1. Fungsi Mewakili

Untuk mewakili kepentinan negara sebagai pengirim pada negara penerima.

2. Fungsi Melindungi

Untuk melindungi kepentingan negara sebagai pengirim maupun warga negaranya pada negara penerima.

3. Fungsi Mengadakan

Untuk mengadakan persetujuan bersama pemerintah dari pihak negara penerima.

4. Fungsi Memberikan

Untuk memberi laporan secara berkala mengenai kondisi dan pertumbuhan dalam bidang ekonomi, militer, serta ilmu pengetahuan maupun lain-lain pada negara penerima.

5. Fungsi Meningkatkan

Untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara dalam berbagai bidang, misalnya bidang perdagangan pendidikan & kebudayaan.

Sedangkan berdasarkan pasal 5 Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 2003 Tanggal 31 Desember 2003, Tentang Organisasi Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri, Fungsi Perwakilan Diplomatik antara lain :

1. Peningkatan dan pengembangan kerjasama politik dan keamanan, ekonomi, sosial dan budaya dengan Negara Penerima dan/atau Organisasi Internasional

2. Peningkatan persatuan dan kesatuan, serta kerukunan antara sesama Warga Negara Indonesia di luar negeri

3. Pengayoman, pelayanan, perlindungan dan pemberian bantuan hukum dan fisik kepada Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia, dalam hal terjadi ancaman dan/atau masalah hukum di Negara Penerima, sesuai dengan peraturan perundang-undangan nasional, hukum internasional, dan kebiasaan internasional

4. Pengamatan, penilaian, dan pelaporan mengenai situasi dan kondisi Negara Penerima;

5. Sebagai konsuler dan protokol

6. Perbuatan hukum untuk dan atas nama Negara dan Pemerintah Republik Indonesia dengan Negara Penerima

7. Kegiatan manajemen kepegawaian, keuangan, perlengkapan, pengamanan internal Perwakilan, komunikasi dan persandian

8. Fungsi-fungsi lain sesuai dengan hukum dan praktek internasional.

7 Fungsi VGA, Penjelasan dan Tips Memilih Agar Perangkat Tetap Awet

Fungsi VGA adalah untuk menghasilkan dan menampilkan gambar ke display pada monitor. Saat ini semua motherboard memiliki kartu VGA built-in. Fungsi VGA Card dianggap tidak penting karena biasanya sudah dibenamkan langsung di motherboard (VGA card onboard), sehingga pengguna komputer hanya menggunakan komputernya untuk aktifitas multitasking seperti microsoft office, atau browsing. Untuk itu, tidak perlu lagi menggunakan VGA card dengan spesifikasi tinggi.

Jika gagal, Anda harus menambahkan satu kartu VGA di motherboard Anda. Beberapa prosesor mendukung tampilan onboard dan ada juga yang tidak mendukung. Fungsi VGA lainnya adalah sebagai berikut:

1. Untuk menerjemahkan output komputer ke monitor,

2. Untuk mengubah sinyal digital di komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor,

3. Fungsi VGA yang ketiga untuk menyimpan data dari hardisk,

4. Fungsi VGA selanjutnya untuk menyuplai data untuk prosessor yang akan diproses,

5. Untuk menggambar atau design graphic ataupun untuk bermain game,

6. Untuk membuat gambar dengan kualitas yang bagus atau unggul,

7. Untuk memproses semua grafis yang akan ditampilkan pada monitor.

Ternyata Ini Fungsi Lubang Talenan, Komentar Netizen Malah Bikin Ngakak

Mengetahui hal tersbut, netizen mempertanyakan kebenarannya, seperti akun twitter @restinovaliaaa yang inisiatif memfoto talenanya dan menunjukkan lubang pada talenan tersebut. Wah kalau lubangnya sekecil itu, mana bisa memindahkan hasil potonganya ya? 

Atau ada juga yang malas memberi tahu sang ibu, karena pasti respon ibu malah ngomel, seperti yang akun twitter @fadilasrofi yang menuliskan

“Ntr jawaban habis dikasi tau, ngasih tau doang, bantuin gapernah” tulisnya 

Atau si ibu yang mengelak menerima info tersebut, seperti akun twitter @ghinabasyid yang menuliskan

“Emak gua ntar kalo dikasih tau pasti jawabannya “iyaa udh tau juga, emang mau nya begitu aja biar seru” hemmmm”  tulisnya. 

Kalau menurut kamu benar enggak lubang tersebut berfungsi enggak sih?