Fungsi Seni dan Macam-Macamnya, Salah Satunya Sebagai Media Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Seni adalah keahlian seseorang dalam membuat karya yang bermutu dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, maknanya, dan lain sebagainya. Seni dapat berupa kegiatan manusia dari berbagai bidang seperti karya visual, audio, atau pertunjukan untuk dihargai keindahan dan kekuatan emosinya.

Seni juga bisa diartikan sebagai hasil ciptaan manusia yang mengandung unsur keindahan dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain. Pengertian seni secara etimologi berasal dari bahasa Sansekerta yaitu sani, yang memiliki arti pemujaan, persembahan, dan pelayanan.

Seni bisa dibilang sulit untuk dinilai dan sulit untuk dijelaskan, karena masing-masing orang memiliki pandangan tentang keindahan dan pandangan tentang sesuatu yang berbeda-beda menurut parameter mereka masing-masing.

Pada umumnya seni dibagi mejadi dua jenis yaitu seni murni dan seni terapan. Seni rupa murni adalah ungkapan daya cipta pembuatnya. Beberapa contoh seni murni adalah, seni lukis, seni grafis, seni patung, seni keramik, dan seni musik. Sedangngkan seni rupa terapan adalah seni yang memperhatikan nilai kepraktisan atau kegunaan dari sebuah karya seni. Seni terapan seringkali disebut dengan desain. Beberapa contoh seni terapan adalah desain produk, desain grafis atau desain komunikasi visual, desain bangunan atau arsitektur, desain interior dan masih banyak lagi.

Selain itu seni juga memiliki fungsinya masing-masing, untuk mengetahui lebih lanjut apa saja fungsi seni, berikut ini Liputan6.com sudah merangkumnya, dari berbagai sumber, Selasa (26/03/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *