Saat Roy Jeconiah Hibur Gusdurian Cirebon

Liputan6.com, Cirebon – Kehadiran musisi rock Roy Jeconiah memeriahkan puncak haul Gus Dur ke-9 di Cirebon. Puluhan anggota Gusdurian dan pemuka agama berkumpul merefleksikan peran tokoh pluralisme itu semasa hidupnya.

Ketua Panitia Haul Gus Dur Muhammad Alfian Awaludin mengatakan, Haul Gus Dur dianggap sebagai momen yang tepat untuk mempererat silaturahmi dan sikap toleransi.

“Di tahun politik yang memecah belah bangsa kami anggap penting untuk mengingat kembali perjuangan Gus Dur semasa hidupnya merangkul semua golongan agama agar hidup harmonis,” kata dia, Senin (14/1/2019).

Alfian mengatakan, haul tersebut digelar setiap tahun dalam rangka mempertajam semangat dan rasa saling menghargai sesama manusia. Dalam rangkaian haul, penyelenggara terlebih dahulu menggelar kegiatan masa pengenalan Gus Dur (Mapag).

Peserta haul diajak mengenal lebih dekat perjuangan Gus Dur dengan mengunjungi beberapa tempat bersejarah di Cirebon. Dia mengatakan, dalam haul ke 9 ini, penyelenggara mengusung tema kemanusiaan.

“Sesuai dengan apa yang pernah disampaikan Gus Dur saat itu yang lebih penting dari politik adalah kemanusiaan,” kata dia.

Dia menjelaskan, semangat menghargai sesama pada tahun politik ini perlahan terkikis. Maraknya hoax dan isu SARA menjadi ancaman terpecahnya nilai kebangsaan.

Pentingnya meningkatkan rasa kemanusiaan juga menjadi penekanan Gus Dur dalam menjalani hidup.

“Saat beliau dilengserkan karena politik ada gerakan dari Banser dan Anshor siap berangkat ke Jakarta untuk membela Gus Dur namun saat itu beliau menahan agar tidak berangkat. Beliau bilang kemanusiaan lebih penting daripada politik tak perlu ada darah yang menetes untuk mempertahankan jabatan,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Inspirasi

Kiprah Gus Dur memperjuangkan kemanusiaan dan pluralisme juga menjadi inspirasi musisi papan atas Roy Jeconiah. Mantan personil Boomerang mengaku Gus Dur adalah tokoh yang membawa nilai sangat baik untuk diteruskan oleh generasi mendatang.

“Jangan sampai dikemudian hari generasi kita bertanya benar tidak Sukarno menjadi tokoh yang memerdekakan Indonesia. Benar tidak Gus Dur seorang tokoh yang memperjuangkan pluralisme,” kata dia.

Dia mengakui, kehadiran Gus Dur menjadi inspirasi Boomerang dalam berkarya melalui musik. Lirik yang ditulis dalam setiap album nya menggambarkan situasi yang saat itu sedang terjadi.

Dia mengatakan, selama berkarya, Boomerang sudah banyak melewati proses dan momen penting di Indonesia. Bahkan, dia menganggap kondisi yang terjadi saat ini seperti mengulang kejadian pada tahun 1998.

“Boomerang buat album kontaminasi otak tahun 95 dan disharmoni tahun 96 itu banyak lirik bercerita tentang apa yang kita alami sekarang seperti Generasiku, pembakar neraka dan Ooo Ya. Pembakar Neraka bercerita tentang orang yang suka memprovokasi dan berulang saat ini,” kata dia.

Menyikapi kondisi saat ini, dia mengingatkan para generasi muda untuk tidak melupakan sejarah. Para pejuang yang dengan darah dan air mata mempertahankan NKRI.

Pada kesempatan itu, Roy mengaku membuat dua lagu yang bercerita tentang perjuangan tokoh bangsa merebut kemerdekaan. Dua lagu tersebut berjudul Nyanyian Tanah Merdeka dan Sang Saka Merah Putih.

“Generasi muda harus pandai bersikap menyarakan hal indah dan baik karena negara kita masih baru belum berumur 100 tahun. Jangan melupakan sejarah,” kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Isi Istana Impian Andre Taulany yang Dibangun Selama 2 Tahun

Liputan6.com, Jakarta – Nama Andre Taulany sekarang ini dikenal sebagai presenter dan komedian. Bersama Sule, Andre sukses memandu acara di sebuah stasiun televisi swasta. Keberhasilan yang diraih Andre tak dicapai dalam waktu singkat.

Ia mengawali kariernya sebagai vokalis band Stinky pada 1997. Setelah itu Andre melebarkan sayapnya di dunia film yang membuat namanya semakin melambung.Kini setelah menjadi salah satu selebriti tersukses di negeri ini, wajar saja rasanya kalau ayah tiga anak ini mempunyai rumah yang mewah dan besar.

Pria berusia 44 tahun ini punya sebuah hunian mewah bak istana di kawasan Tangerang. Ia pernah beberapa kali mengunggah beberapa sudut bagian rumahnya di akun Instagram dan akun Youtube miliknya.

Tapi yang paling banyak mengungkap bagian rumah Andrea adalah Youtuber Ria Ricis. Itu bisa kita lihat di unggahan Ricis pada 10 Januari 2019. “Liat Rumah Mewah Om Andre Taulany, Istana Nyata-Ricis Kepo,” tulisnya sebagai judul di unggahan tersebut.

Dalam video tersebut kita bisa melihat bagian depan rumah Andre yang berdesain elegan dengan pemilihan dinding berkeramik bak marmer dan pagar warna hitam.  Pria yang sebelumya dikenal dengan nama Andre Stinky ini mengatakan, konsep rumahnya mengusung desain American Classic versi modern karena tak terlalu banyak ornamen.

Rumah ini didominasi warna putih dengan interior rumah bergaya modern klasik. Di ruang tamu terlihat ada lampu kristal gantung yang menambah kesan megah dan elegan. Ria pun makin kagum dan terpesona dengan rumah milik Andre Taulany.

2 dari 3 halaman

Kolam Renang dan Musala

Dari ruang tamu, rumah Andre Taulany terhubung ke taman yang asri dan kolam renang yang dilengkapi tempat bermain anak-anak. “Ini sebenarnya bukan kolam renang karena kolamnya kan nggak bisa berenang, jadi saya bilangnya kobakan, tempat orang berendam,” canda Andre yang disambut tawa Ria Ricis.

Tak jauh dari kolam, Andre menunjukkan ruangan musala yang menurut Ria sangat bagus dan nyaman. Ada ruang keluarga dilengkapi sofa panjang serta Smart TV ukuran besar dan ada ruang makan mewah di bagian belakangnya.

3 dari 3 halaman

Pajangan Berlapis Emas

Di ruang keluarga, ada pajangan berlapis emas, seperti tulisan ‘Allah’ dan ‘Muhammad’ yang dibeli Andre saat ke Mekah. Ada pula ornamen cantik dan klasik pada bagian dinding yang mencuri perhatian.

Ria yang mengaku terinspirasi pada desain rumah tersebut. Andre mengaku membeli tanah kosong untuk membangun rumah impiannya pada 2016. Dalam jangka waktu dua tahun, rumah bak istana dengan luas 1100 meter persegi itu pun rampung dan mulai ditinggali.

Andre Taulany juga sempat memperlihatkan lantai atas rumahnya yang banyak terdapat kamar tidur untuk anaknya maupun tamu-tamu yang datang ke rumahnya yang megah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Gelap Gulitanya Jembatan Gentala Arasy Ikon Jambi

Rabu 16 Januari 2019, 00:44 WIB

Foto News

Ferdi Almunanda – detikNews

Jambi detikNews – Lampu penerangan di Jembatan Gentala Arasy di Jambi padam sejak sebulan lalu. Lampu itu padam karena instalasi listrik putus dan tidak ada perbaikan.

Jembatan ikon wisata Gentala Arasy kebanggaan warga Jambi tersebut terlihat gelap tanpa hiasan lampu penerangan. (Ferdi-detik)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com

Penjualan Baby Lobster di Cirebon Masih Marak

Liputan6.com, Cirebon – Praktek jual beli satwa laut ilegal jenis Baby Lobster masih marak terjadi. Terutama di sepanjang pantai selatan Jawa Barat.

Tercatat 9575 ekor Baby Lobster jenis mutiara dan pasir berhasil diamankan jajaran Dit Polairud Polda Jabar di awal tahun. Dari jumlah tersebut, sebanyak 9548 Baby Lobster jenis pasir dan 117 jenis mutiara.

“Penangkapannya hari Senin 14 Januari 2019 lalu di Desa Loji Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat,” kata Direktur Polairud Polda Jabar Kombes Pol Widi Handoko di Cirebon, Selasa (15/1/2019).

Dia mengungkapkan, penangkapan tersebut hasil dari pengembangan informasi yang diberikan oleh warga setempat. Jajaran Ditpolairud Polda Jabar menangkap dua pelaku yang diduga akan melakukan transaksi secara ilegal.

Kedua pelaku, diketahui akan melakukan transaksi Baby Lobster ke pengepul besar yang ada di Provinsi Banten. Dari hasil penangkapan tersebut, kerugian negara ditaksir mencapai Rp 2,3 miliar.

“Baby Lobster merupakan salah satu satwa laut yang dilindungi pemerintah oleh karena itu banyak tangkap untuk di perjual belikan secara ilegal,” kata dia.

Dia mengungkapkan, dari hasil penyelidikan, harga jual Baby Lobster dari nelayan Rp 15 ribu per ekor, kemudian dijual ke pengepul di Banten Rp 16 ribu per ekor. Dari pengepul di Banten, Baby Lobster dijual ke pengepul besar dengan harga bervariasi.

Untuk Baby Lobster jenis mutiara dijual Rp 300 ribu per ekor dan jenis pasir Rp 250 ribu per ekor. Atas perbuatannya, dua pelaku dijerat Pasal 88 UU RI no 45 tahun 2009 tentang perubahan atas UU RI No 31 tahun 2004 tentang perikanan Jo Pasal 55 KUHPidana dengan ancaman hukuman 6 tahun penjara dan dendan Rp 1,5 milyar.

“Baby Lobster dijual ke Jakarta maupun Jambi bahkan luar negeri. Kami akan kembangkan terus sejauh mana aktivitas jual beli baby lobster ilegal ini,” kata dia.

2 dari 2 halaman

Lepas Liar

Dia mengatakan, pihaknya akan menyerahkan hasil tangkapan Baby Lobster ke Balai Karantinan Jawa Barat untuk segera dilepas liarkan.

Dia mengimbau agar masyarakat tidak mudah terpengaruh iming-iming keuntungan hasil ilegal fishing. Dia juga akan meningkatkan sinergi dengan seluruh lapisan masyarakat guna menekan praktek ilegal fishing.

“Dari tahun ke tahun Ilegal Fishing Baby Lobster yang paling sering kami tangani. Tahun lalu kami banyak ungkap kasus ini,” kata dia.

Kepala Stasiun Karantinan Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (SKIPKP) Cirebon Obing Hobir mengatakan, ribuan Baby Lobster tersebut akan segera dilepas liarkan. Namun, pihaknya masih melihat kondisi perairan di Jawa Barat.

Namun, pelepas liaran tersebut tidak berarti di perairan asal Baby Lobster diburu pengepul. Dia menyebutkan, perairan selatan Jawa Barat merupakan habitat terbesar Baby Lobster.

“Lihat sikon dan kondisi laut yang tenang baru kami lepas liarkan kemungkinan yang terdekat di Pangandaran ya,” kata dia.

Obing menyebutkan, Baby Lobster banyak diburu dan dijual ke sejumlah restauran di luar negeri. Vietnam merupakan salah satu negara tujuan ekspor Baby Lobster secara ilegal.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

9 Macam-macam Jaringan Komputer dan Fungsinya, Sesuai Aspek Penggunaan

Liputan6.com, Jakarta Komputer saat ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Dengan semakin pesatnya pertumbuhan teknologi, peran internet menjadi lebih besar dalam kehidupan masa kini.

Dengan adanya internet, penyebaran informasi menjadi lebih cepat diterima oleh berbagai kalangan masyarakat. Bahkan nih, dengan internet bisa menyebarkan informasi bagi mereka yang tinggal jauh di berbeda benua dengan kita.

Internet merupakan salah satu jaringan komputer yang sampai saat ini masih digunakan oleh banyak orang untuk menunjang aktivitas mereka. Baik itu untuk berkomunikasi, bisnis dan lain sebagainya. Tidak hanya internet, ternyata ada banyak macam-macam jaringan komputer. Berikut macam-macam jaringan komputer yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/1/2019).

2 dari 5 halaman

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri dari dua komputer atau lebih, yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga bisa saling berbagi aplikasi, data ataupun berbagi hardware komputer.

Istilah jaringan komputer juga bisa diartikan sebagai suatu kumpulan beberapa terminal komunikasi yang terdiri atas dua komputer atau lebih yang saling terhubung. Tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah supaya data atau informasi yang dibawa oleh transmitter (pengirim) bisa sampai kepada receiver (penerima) dengan tepat, cepat dan akurat.

Dengan adanya jaringan komputer, penggunanya dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah. Selain itu, peran dari jaringan komputer ini sangat dibutuhkan untuk mengintegrasi data antar komputer-komputer client sehingga dapat memperoleh suatu data yang relevan.

3 dari 5 halaman

Macam-macam Jaringan Komputer

Macam-macam jaringan komputer sendiri terbagi atas 4 kelompok. Berikut 4 kelompok jaringan komputer:

1. Berdasarkan Jangkauan Geografis

– LAN (Local Area Network)

Local Area Network disingkat LAN, merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup area atau wilayah yang kecil saja. Biasanya digunakan pada jaringan di warnet, kantor, atau sekolah.

– MAN (Metropolitan Area Network)

Metropolitan Area Network atau MAN adalah jaringan komputer dalam satu kota atau antar kota tertentu dengan kecepatan transfer data yang tinggi. Jaringan komputer ini menghubungkan berbagai lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan lain-lain.

– WAN (Wide Area Network)

Wide Area Network atau disingkat WAN adalah suatu jenis jaringan komputer yang sangat luas, mencakup negara dan benua. Media transmisi yang biasa digunakan dalam jaringan WAN adalah kabel bawah laut dan satelit.

2. Berdasarkan Media Transmisi Data

– Jaringan Komputer Berkabel (Wired Network)

Wired Network adalah jenis jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media transmisi datanya. Kabel tersebut digunakan untuk menghubungkan komputer dengan komputer lainnya agar komputer-komputer tersebut dapat saling bertukar data maupun terhubung dengan internet.

– Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network)

Berbeda dengan wired network, wireless network tidak menggunakan kabel sebagai media transmisinya. Pertukaran informasi/data antar komputer menggunakan gelombang elektromagnetik.

4 dari 5 halaman

Macam-macam Jaringan Komputer

3. Berdasarkan Distribusi Sumber Data/Informasi

– Jaringan Terpusat

Jaringan komputer terpusat adalah jenis jaringan komputer yang terdiri dari satu komputer induk dan satu atau lebih komputer terminal. Komputer induk berfungsi sebagai sumber data yang dibutuhkan oleh komputer terminal.

Komputer induk inilah yang menyimpan semua data-data maupun program aplikasi untuk kemudian didistribusikan ke komputer terminal. Sedangkan komputer terminal itu sendiri biasanya hanya berfungsi untuk menjadi perantara pengguna untuk mengakses komputer induk.

– Jaringan Terdistribusi

Jaringan komputer terdistribusi merupakan jenis jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer induk. Berbeda dengan jaringan terpusat, pada jaringan terdistibusi, semua host yang terhubung pada jaringan ini bisa berperan sebagai komputer induk sebagaimana peran komputer induk dalam jaringan terpusat. Artinya, distribusi data yang terjadi pada jaringan komputer jenis ini tidak hanya dari satu komputer induk (server).

4. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer dalam Memproses Data

– Jaringan Client-Server

Jaringan ini terdiri dari satu atau lebih komputer yang bertindak sebagai server dan beberapa komputer yang berperan sebagai client. Umumnya yang bertindak sebagai server hanya satu komputer dan komputer yang lainnya berperan sebagai client. Komputer server berperan sebagai penyedia sumber daya atau data, sedangkan komputer client menggunakan sumber daya atau data yang disediakan oleh komputer server tersebut.

– Jaringan Peer to Peer

Pada jaringan ini jenis ini, masing-masing komputer, baik komputer client maupun komputer server mempunyai peran dan kedudukan yang sama. Dengan kata lain, komputer server dapat menjadi komputer client, dan sebaliknya, komputer client pun dapat menjadi komputer server.

5 dari 5 halaman

Manfaat Penggunaan Jaringan Komputer

Manfaat macam-macam jaringan komputer juga akan membantu kamu untuk mempertimbangkan dengan baik pemasangan jaringan tersebut dalam sistem yang diaplikasikan. Tentu berbagai kemudahan akan kamu dapatkan dengan pengaplikasian yang tepat. Berikut manfaat penggunaan jaringan komputer:

• Pengiriman data menjadi lebih cepat dan efisien.

• Mempermudah akses file yang dimiliki sendiri dan orang lain serta mempermudah proses penyebarluasannya melalui jaringan yang dipasangkan.

• Dapat memudahkan akses informasi secara lebih cepat dan akurat.

• Jika digunakan di kantor bisa menghemat pengeluaran kantor untuk akses informasi serta printer contohnya, karena hanya dengan satu alat bisa digunakan untuk kebutuhan semua komputer yang ada.

• Dapat melakukan pengiriman foto, video atau file lainnya secara real time.

• Dapat mengakses berbagai jenis file bahkan dari negara yang berbeda.



Reporter: Afifah Cinthia Pasha

Jokowi Bertemu Megawati Hingga Rommy Jelang Debat Capres Pertama

Jakarta – Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan para petinggi partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja. Hadir Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri hingga Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy).

Pertemuan itu berlangsung di Resto Seribu Rasa, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/1/2019) malam seperti yang diinfokan Rommy lewat akun Instagram resminya lewat satu foto.

Dalam foto yang diunggah Rommy, tampak Jokowi mengenakan kemeja putih lengan panjang dan bersongkok. Terlihat pula Megawati, Rommy sendiri Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO), Ketum PKPI Diaz Hendropriyono dan lainnya.
“Pertemuan hangat sambil makan malam pimpinan parpol Koalisi Indonesia Kerja bersama Pak @jokowi,” kata Rommy.

“NGOPI, NGobrol PIntar menuju debat capres pertama, 17 Januari 2019. Semua memberi masukan yang konstruktif hasil penyerapan aspirasi rakyat di lapangan. Alhamdulilah suasananya semangat dan kompak,” sebut Rommy.
(gbr/hri)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dicopot dari Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Masih Diperiksa Propam

Dicopot dari Kapolres Empat Lawang, AKBP Agus Masih Diperiksa Propam Foto: Kapolres Empat Lawang AKBP Agus Setiawan (ist)

PalembangKapolres Empat Lawang di Sumatera Selatan, AKBP Agus Setiawan dicopot karena hasil tes urinenya positif narkoba jenis sabu dan ekstasi. Bagaimana nasibnya sekarang?

Sang Kapolres yang diketahui menjabat pada akhir November 2017 lalu itu saat ini sedang diperiksa oleh Propam Polda Sumsel. Dia ditahan untuk kepentingan penyidikan.

“Hasil pemeriksaan lab dan keterangan dokter, ada 2 zat yang terkandung pada urine Kapolres. Dua zat itu adalah sabu dan ekstasi,” ujar Kapolda Sumsel Irjen Zulkarnian saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (15/1/2018).

Secara tegas Kapolda mengatakan tidak ada kasus lain yang menyebabkan sang kapolres dicopot, kecuali kasus narkoba. Bahkan jabatan kapolres tidak menjadi alasan untuk menunda penyelidikan oleh Propam.

“Sekarang diperiksa Bid Propam Polda. Otomatis ditahan dulu untuk keperluan penyelidikan. Kalau main-main dengan narkoba saya tindak tegas,” imbuh pria yang akrab disaba Zul ini.

Sebagaimana diketahui, AKBP Agus Setiawan positif narkoba saat dilakukan tes urine secara mendadak di Polda Sumsel, Jumat (11/1). Tes dikabarkan karena AKBP Agus telah masuk dalam dalam target Polda Sumsel.
(ras/rvk)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Fatih Seferagic Bantah Mendekati Lucinta Luna

Liputan6.com, Jakarta – Lucinta Luna kembali menghebohkan jagat maya. Selebritas kontroversial itu mengaku sering berkomunikasi dengan hafiz Alquran asal Amerika, Fatih Seferagic. Pernyataan Lucinta Luna itu pun menjadi perbincangan publik. 

Nampaknya kabar tersebut sangat mengganggu Fatih Seferagic. Melalui Instagram Stories-nya, penghafal Alquran tampan itu mengklarifikasi hubungannya dengan Lucinta Luna.

Fatih Seferagic membantah kedekatannya dengan Lucinta Luna. Namun ia tak menampik pernah berkomunikasi dengan selebritas yang diduga berjenis kelamin laki-laki sebelum menjalani operasi.

Tetapi itu hanya sehari saja. Setelah itu, Fatih Seferagic tak pernah lagi berbicara dengan Lucinta Luna.

Saya berbicara dengan Luna selama satu hari sampai saya tahu dia seorang pria. Ini berbulan-bulan yang lalu. Kita tidak bicara sekarang. Tolong jangan menghibur ini dan menyebarkan kebohongan,” tulis Fatih Seferagic, Selasa (15/1/2019).

2 dari 4 halaman

Fitnah

Setelah menjelaskan keadaan sebenarnya, Fatih Seferagic meminta agar tidak ada lagi yang menyebarkan kebohongan tersebut. Merasa telah difitnah, pria 23 tahun itu berdoa. “Semoga Allah melindungi kita semua dari fitnah,” tulis Fatih Seferagic.

Tak kuat diserang dnegan permasalahan ini, Fatih Seferagic meminta saran dari sang guru. Ia diminta untuk mengabaikan kabar tersebut.

Guru saya telah mengatakan kepada saya untuk tidak lagi memperhatikan ini. Sangat menyedihkan bahwa orang-orang menyibukkan diri dengan gosip ketika kita memiliki masalah yang lebih besar di dunia. Apakah kalian tahu apa yang terjadi di Yaman, Palestina, Suriah, Rohingya…Allah Help Our Ummah,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Telah Menikah

Fatih Seferagic telah menikah di usia 19 tahun dengan mempersunting Shafiya Kara. Namun, pada 2014 mereka memutuskan untuk bercerai. Selang tiga tahun kemudian, Fatih menikah kembali pada 2017.

Fatih cukup tertutup dengan kehidupan pribadinya. Ia tak pernah mengunggah potret kebersamaannya dengan istri tercinta. Sehingga sosok istri Fatih Seferagic tak pernah diketahui publik.

4 dari 4 halaman

Aktivis Kemanusiaan

Selain penghafal Alquran, Fatih Seferagic juga mengkaji hadis Rasulullah. Ia juga seorang aktivis kemanusiaan.

Sejumlah potret kegiatan peduli sesama diabadikan di Instagramnya. Mulai dari membantu korban bencana alam hingga menghimpun donasi untuk anak-anak di Yaman yang tengah mengalami krisis kelaparan. (Lavenia/Mgg)

Baliho Caleg Dicoret ‘PKI’, PSI Duga Pelaku Kader Partai Lain

Jakarta – Baliho caleg PSI di Tulungagung, Cornella dirusak dengan disemprot cat bertuliskan ‘PKI’. PSI mengutuk aksi vandalisme itu.

“Aksi itu tidak bisa dibenarkan. Itu hanya mencerminkan kekerdilan pikiran pelaku. Mereka tidak senang dengan kehadiran PSI tapi melampiaskan dengan cara-cara tidak beradab,” kata Wasekjen PSI Satia Chandra Wiguna dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/1/2019).

Cornella merupakan caleg DPRD Tingkat II PSI Dapil 1 Tulungagung. Hingga saat ini belum diketahui siapa pihak yang melakukan pengerusakan baliho tersebut.


Chandra menduga pelaku perusakan baliho Cornella merupakan kader dari partai lain. Ia menyebut, perbedaan politik merupakan hal biasa dalam demokrasi, namun merusak baliho menurutnya tidak seharusnya dilakukan pihak-pihak yang tidak sepakat dengan PSI.

“Mungkin mereka merasa terancam dengan kehadiran PSI. Tren elektibilitas PSI memang terus positif. Terakhir temuan survei Y-Publica menyatakan elektabilitas PSI sudah 2,9%,” sebut Chandra.

Meski ada aksi vandalisme terhadap pihaknya, PSI mengaku tidak akan patah arang. Chandra menyebut PSI menjadikan kasus perusakan ini sebagai motivasi dan berharap pihak berwenang segara mengurutnya.

“Justru kami makin termotivasi untuk terus berjuang merebut hati rakyat,” tuturnya.

“Kami berharap pihak-pihak terkait segera mengusut perusakan itu. Temukan pelakunya dan beri sanksi,” imbuh Chandra.

Sebelumnya diberitakan, aksi vandalisme mewarnai musim kampanye Pemilu 2019 di Tulungagung. Sejumlah baliho caleg PSI, Cornella, dirusak dengan dicoreti tulisan ‘PKI’.

Dari pantauan detikcom, perusakan itu terlihat di dua lokasi yakni Kelurahan Bago serta Desa Plosokandang. Tulisan PKI dari cat semprot berwarna hitam menutupi foto caleg perempuan tersebut. Bawaslu Tulungagung mengaku telah mengetahui adanya perusakan itu.

“Kami masih menunggu laporan dari caleg yang bersangkutan. Karena dalam Undang-undang Pemilu itu kewenangan Bawaslu itu sangat terbatas, setiap kasus terkait pemilu harus memenuhi dua unsur untuk bisa dilanjutkan,” kata Ketua Bawaslu Tulungagung, Fayakun, Senin (14/1).
(elz/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

OPINI: 4 Tantangan Mengelola Masalah Ekonomi Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Saya menyimak pidato Kenegaraan Pak Prabowo semalam melalui laman Youtube. Saya menganalisis sesuai dengan kapasitas sebagai ekonom dan pengelola dana.

Pak Prabowo memulai pidato yang berapi-api dengan penderitaan anak bangsa yang terlilit utang sehingga sampai bunuh diri. Lalu penderitaan para petani yang diserbu oleh barang impor.

Memang harus diakui berbagai hal tersebut masih menjadi tantangan. Beliau kemudian mengajak untuk memacu swasembada pangan dan energi lewat program yang disitirnya sebagai Dorongan Besar.

Baiknya kita menunggu penjelasan tim ekonomi Pak Prabowo apakah yang dimaksud selaras dengan pemikiran Paul Rosenstein-Rodan tahun 1943.

So what my take, my dear friends?

Saya cermati pemerintah, sekarang dan siapa pun nanti yang memimpin, menghadapi tiga tantangan (sebetulnya empat).

Pertama, memacu kapasitas produktif terutama lewat penyediaan infrastruktur agar untuk memacu pertumbuhan, tentunya tanpa diikuti oleh memburuknya defisit neraca berjalan.

Ini istilahnya pro-growth. Tantangan kedua adalah menekan ketimpangan kemakmuran yang justru memburuk sejak era reformasi.

Berdasarkan data BPS, gini ratio yang kerap digunakan untuk mengukur ketimpangan berada pada angka 0,389 untuk 2018. Walau menurun dibandingkan lima tahun terakhir. Namun, masih terbilang tinggi. Pemerintah hakikatnya dituntut lebih banyak kebijakan pro-poor.

Tantangan ketiga adalah fiscal sustainability terkait beban pembayaran utang. Sering saya sampaikan persoalan utang di Indonesia bukan terkait besar atau rasio utang terhadap GDP (produk domestik bruto/PDB).

Dibandingkan banyak negara, Indonesia terbilang hati-hati, seperti terlihat pada peraga. Tantangan lebih terkait pada biaya berutang dan produktivitas utang.

Saya nilai, dan ini terbuka untuk diuji, pemerintahan saat ini menyadari tantangan di atas. Pro-growth diatasi dengan mempercepat penyediaan infrastruktur.

2 dari 2 halaman

Tantangan Selanjutnya

Walau memang menimbulkan dua masalah. Pertama, kurang menyerap tenaga kerja mengingat lebih banyak dikerjakan dengan mesin.

Kedua, memperburuk neraca berjalan mengingat banyak barang modal yang harus diimpor. Untuk pro-poor, saya cermati juga terjadi peningkatan drastis terutama sejak kuartal terakhir tahun 2017.

Sebab sebelumnya peningkatan administered priced yang bersamaan dengan menurunnya harga komoditas primer andalan ekspor Indonesia memukul daya beli masyarakat.

Sangat bisa jadi banyak kelompok masyarakat yang saat itu kecewa dengan pemerintah yang menanggung beban lebih berat apalagi ketika pemerintah juga memacu penerimaan pajak.

Terkait fiscal sustanabiity, terus terang saya memahami peralihan focus kebijakan tahun lalu from growth to stability.

Dengan rasio utang terhadap GDP (11 persen) yang terbilang rendah disbanding negara sekawasan, dan rasio dana pihak ketiga perbankan terhadap GDP hanya 40 persen, Indonesia dipastikan tetap membutuhkan utang luar negeri.

Terkait pengelolaan utang, sebetulnya pemerintah sekarang punya pencapaian bagus bila mencermati perkembangan keseimbangan primer.

Angka ini menghitung selisih antara pendapatan negara terhadap pengeluaran yang setelah dikurangi bunga utang.

Kecenderungan penurunan keseimbangan primer ini, bahkan sempat menyentuh angka positif, menunjukkan kemampuan pemerintah untuk tidak berutang demi menutupi utang.

Bayangkan angka keseimbangan primer ini bisa semakin turun bila bunga berutang bisa lebih rendah. Coba cermati peraga:

Saya selalu menilai kehebatan Presiden itu banyak ditentukan oleh kemampuan mengambil keputusan yang berat yang dapat disetujui masyarakat. Kebijakan yang kurang populis. Pahit di depan, namun manis kemudian. Sengara membawa nikmat.

Bukan nikmat membawa sengsara seperti kasus Penyakit Belanda.

Jadi coba cermati peraga yang menunjukkan perkembangan neraca berjalan, neraca perdagangan, defisit neraca minyak dan harga minyak.

Sejak tahun 2004, kita bukan lagi negara OPEC. Coba cermati sejak kapan defisit neraca minyak (histogram) terus memburuk.

Kapan kira-kira saat terbaik kita menurunkannya agar tidak lebih buruk. Pandangan saya adalah ketika neraca perdagangan barang surplus yakni pada periode 2009-2011.

Sebagai kesimpulan pada hakikatnya tidak ada yang baru dalam pidato Pak Prabowo. Dapat dipastikan Dorongan Besar juga akan dibiayai dengan utang.

Salam,

Budi Hikmat

Direktur Strategi dan Kepala Makro Ekonomi PT Bahana TCW Investment Management