Inspirator Pelestarian Lingkungan, Pemkot Bitung Resmikan Monumen Alfred Russel Wallace   

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Kota Bitung beserta segenap elemen masyarakat pencinta lingkungan, menyelenggarakan kegiatan perayaan 100th Natuurmonument Goenoeng Tangkoko Batoeangoes pada tanggal 20 – 21 Februari 2019, bertempat di lapangan Singkanaung – Kampung wisata Batuputih. Kegiatan perayaan dikemas dalam berbagai kegiatan tontonan yang penuh tuntunan yang terdiri dari Workshop masyarakat & Komunitas, Talkshow, Pameran dan Konser Musik Alam.

Kegiatan talkshow akan menampilkan narasumber ahli diantaranya : Harry Hisler – UK; Dou Van Hoang – Vietnam ; Khouni Lomban Rawung dan Rahmi Handayani yang akan mengupas terkait pendekatan kampanye dan pelestarian lingkungan hidup melalui berbagai perspektif yang berbeda.

Kegiatan pameran akan melibatkan 24 komunitas lingkungan dan pariwisata yang bersama sama akan melandasi pengembangan kampung wisata Batuputih sebagai kampung wisata berbasis konservasi. Musisi Nugie dan Tanita bersama The early bird, lamp of bottle, jarank pulang dan 4play akan menyajikan konser alam yang mengajak seluruh pengunjung menghargai dan merawat alam melalui alunan musik.

Sebagai puncak kegiatan, akan diresmikan monumen Alfred Russel Wallace sebagai sosok inspirator dalam gerakan pemuliaan lingkungan bertempat di dalam Taman Wisata Alam Batuputih dan Batuangus. Monumen ini juga sekaligus menjadi simbol keunikan satwa endemik di Sulawesi serta menjadi peringatan bahwa mengkonsumsi satwa liar asli secara berlebihan bisa berujung pada kepunahan. Pada acara ini akan dihadir bapak Paul Smith OBE, Country Director British Councill Indonesia sebagai perwakilan negara sahabat.

Kota Bitung merasa bangga karena sejak kunjungan Wallace hingga hari ini, Batuputih mampu menarik para ilmuwan dan pelajar dari seluruh belahan dunia untukmempelajari keunikan dan kekayaan serta keanekaragaman hayati Sulawesi Utara di Tangkoko. Kehadiran monumen ini diharapkan dapat melindungi dan menghormati warisan alam kita sampai ke generasi yang akan datang.

Walikota Bitung, Max Lomban menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk melanjutkan keteladanan para pendahulu dalam menjaga dan melestarikan lingkungan, namun juga turut mendorong percepatan pembangunan pariwisata di kawasan Batuputih. Akan turut diluncurkan paket wisata “Jelajah Tangkoko” sebagai paket unggulan bagi para wisatawan untuk dapat menjelajahi keunikan alam dan budaya di kawasan Tangkoko.

Hutan Tangkoko-Batuangus

Hutan Tangkoko-Batuangus, merupakan salah satu hutan konservasi tertua di Indonesia yang ditetapkan melalui surat keputusan Gubernur Jendral Hindia Belanda pada tahun 21 Februari 1919. Pada tanggal 24 Desember 1981, kementrian pertanian Republik Indonesia merubah status Cagar Alam Gunung Tangkoko Batuangus seluas 1.250 Ha menjadi Taman Wisata Alam Batuputih (615 Ha) dan TWA Batuangus (635 Ha).

Sesuai dengan penetapan awalnya, tujuan pengelolaan kawasan ini adalah untuk perlindungan dan pelestarian satwa endemik, dan kegiatan wisata. Dalam perkembangannya, cagar alam Gunung Tangkoko-Batuangus mengalami perubahan berdasarkan SK Mentri Kehutanan RI No SK/1826/Menhut-VIII/KUH/2014 tentang penetapan kawasan hutan pada kelompok hutan Dua saudara seluas 8.5045.07 Ha. Kawasan ini terdiri dari Cagar Alam Dua Saudara (7.247,46 Ha) TWA Batu putih (649 ha), TWA Batuangus ( 648.57 Ha)

Terlepas dari penamaan yang berganti, dunia tetap mengenal kawasan TANGKOKO sebagai salah satu laboratorium hidup dengan tempat keragaman ekologi yang menawan. Adalah Alfred Russel Wallace, seorang naturalis berkebangsaan Inggris yang memulai perjalanan dan pengamatannya dengan meneliti fauna di kepulauan Indonesia bagian timur. Hasil pengamatannya dituliskan dalam sebuah buku bertajuk “THE MALAY ARCHIPILAGO”. Sebuah buku yang menginspirasi jutaan generasi setelahnya tentang kekayaan biogeografi untuk sekelompok pulau yang dipisahkan oleh selat yang dalam yang memisahkan lempeng ASIA dan AUSTRALIA”.

Sepak Terjang Alfred Russel Wallace

Alfred Russel Wallace dikenal sebagai penemu teori evolusi melalui seleksi alam dan membuat tulisan bersama Charles Darwin yang membahas subjek tersebut. Beliau dianggap sebagai “Bapak dari Biogeografi”- sebuah studi mengenai distribusi secara geografi dari flora dan fauna.

Alfred Russel Wallace yang lahir pada 8 Januari 1823 dan meninggal pada 7 November 1913) adalah seorang naturalis, ahli biologi, penjelajah, geografer dan antropolog dari Britania Raya. Ia paling dikenal akan pemahamannya tentang teori evolusi melalui seleksi alam. Tulisannya yang membahas tentang subjek tersebut diterbitkan bersamaan dengan beberapa tulisan Charles Darwin pada tahun 1858. Hal ini mendorong Darwin untuk mempublikasikan gagasannya sendiri dalam bukunya yang berjudul “Origin of Species”(Asal Usul Spesies).

Wallace banyak melakukan penelitian lapangan, pertama-tama di lembah Sungai Amazon dan kemudian di Kepulauan Melayu (Nusantara),termasuk Celebes (Sulawesi). Observasinya yang tajam menyoroti keunikan dari biogeografi Sulawesi.

Di Indonesia, Wallace mengidentifikasi pembagian flora dan fauna yang sekarang dikenal dengan istilah Garis Wallace. Garis tak kasat mata ini melintang melewati di antara Bali dan Lombok ke arah utara di antara Borneo dan Sulawesi. Garis Wallace membagi kepulauan Indonesia menjadi dua bagian flora dan fauna yang berbeda, bagian barat terdiri dari fauna yang berasal dari Asia (primata, macan, harimau, gajah, badak, dsb) dan bagian timur terdiri dari fauna asal Australia (kakaktua, perkici, cendrawasih, marsupial, dsb).

Garis Wallace dan batasan biogeografi antara Papua dan Maluku kini didefinisikan sebagai area ekologis yang dikenal sebagai Wallacea. Wallacea dideskripsikan sebagai zona dengan persilangan flora dan fauna yang unik antara Asia dan Australia. Zona ini terdiri dari Sulawesi dan Kepulauan Maluku bagian utara, dan Kepulauan Nusa Tenggara bagian selatan.

Sekarang ini, zona tersebut dianggap sebagai salah satu dari titik dengan keanekaragaman hayati yang terkaya di dunia, dimana spesies baru yang bahkan belum pernah ditemukan oleh peneliti sebelumnya masih bermunculan sampai hari ini. Dalam sejarah taksonomi, penamaan spesies hewan berdasarkan nama Wallace jumlahnya lebih banyak jika dibandingkan dengan nama-nama yang lain.

Wallace melakukan perjalanan ke wilayah Minahasa dari bulan Juni sampai September 1859. Ia mengunjungi Batu putih selama seminggu pada pertengahan September tahun 1859 untuk mencari spesimen Maleo – burung endemik Sulawesi – sebagai bahan koleksi di museum sejarah alam di Inggris. Populasi Maleo di Batuputih sekarang sudah punah karena telur-telur mereka diambil oleh masyarakat untuk dikonsumsisecara berlebihan. Namun sampai saat ini sebagian masyarakat masih mengingat tempat bersarang Maleo yang terletak di sepanjang garis pantai ini di masa lampau.

Wallace mencatat bahwa masyarakat setempat biasanya berjalan sejauh 50 km untuk mengumpulkan telur Maleo di Batuputih, sebuah desa nelayan yang didirikan oleh warga keturunan Kepulauan Sangihe-Talaud. Burung Maleo, termasuk sarang dan telur mereka, kini sudah dilindungi hukum Republik Indonesia.

35 tahun setelah kunjungan Wallace, seorang Belanda ahli botani Dr. Sijfert Koorders melakukan survei di hutan Minahasa secara ekstensif pada tahun 1894-1895,tetapi ia sendiri tidak sempat mejelajahi Tangoko. Beliau sudah mempelajari publikasi dari Wallace dan mereka berdua surat-menyurat menggenai beberapa hal. Koorders juga sempat memberi nama sekelompok pohon di Sulawesi Wallaceodendron, sebagai tanda untuk menghormati Wallace. Dr. Koorders menjabat sebaga iketua Perkumpulan Perlindungan Alam Hindia Belanda (Nederlandsch-Indische Vereeniging tot Natuurbescherming), yang mengusulkan beberapa kawasan konservasidi Jawa, Sumatera, Sulawesi, Maluku dan Papua. Meskipun Koorders tidak pernah survei hutannya sendiri, “Goenung Tongkoko-Batoeangoes” di resmikan oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai cagar alam pada 1919 karena memiliki “nilai ilmiah” berdasarkan flora dan fauna (Anoa, Babirusa dan Maleo).

Wallace sangat terpukau dengan Sulawesi karena keunikan formasi geologinya yang terbagi atas dua kawasan ekologi. Berdasarkan penelitiannya terhadap burung, serangga, mamalia, tumbuhan dan biota lainnya, ia bisa menjelaskan secara detail mengenai apa yang disebutnya sebagai “anomali dan eksentriknya sejarah alam di Sulawesi” Kata beliau, Sulawesi merupakan “..pulau yang kaya akan makhluk yang khas, banyak keistimewaan dan keindahan… sejumlah fauna disini begitu luar biasa dan tidak ada duanya di belahan dunia yang lain”

Sulawesi adalah satu-satunya wilayah di Asia yang mempunyai baik primata (seperti ragam spesies tarsius dan macaca) dan marsupial (seperti ragam spesies kuse kerdil dan kuskus beruang). Kita bisa melihat apa yang menjadi inspirasi di balik konsep biogeografi Wallace dan evolusi dari seleksi alam: “Maka dari itu, Sulawesi menunjukkan kepada kita bukti nyata mengenai pentingnya kita mempelajari distribusi geografis fauna.”


(*)

Kuliner Malam Jumat: Sajian Claypot yang Tercipta dari Nostalgia Masa Kecil

Liputan6.com, Jakarta – “Kring,” suara bel penanda gerakan pintu kaca berbingkai hijau botol itu sudah hampir tak terdengar. Bunyinya tenggelam dalam cakap orang-orang yang tengah sibuk menyuap makanan dari claypot di depan mereka.

Di antara harum bawang putih, daging yang dibakar, dan cerita sepanjang hari dari pekerja Ibu Kota, terselip kenangan akan sosok nenek (popo dalam bahasa Mandarin), di restoran berukuran mini di kawasan Sabang, Jakarta Pusat tersebut. Kenangan yang terefleksi di namanya, Claypot Popo.

Memulai usaha sejak 2014, owner Claypot Popo, Florencia Calista Tavares, membawa makanan rumahan yang sudah sangat familier baginya ke level berbeda. “Aku sudah punya base karena menu di sini lebih ke nostalgia aku sama popo (nenek), sama masa kecil aku,” katanya saat ditemui di kedainya di Jl. H. Agus Salim, Jakarta, Senin, 11 Februari 2019.

Sudah punya dasar rasa tak membuat Flo, begitu ia akrab disapa, serta-merta menyajikannya mentah-mentah. Ia mengaku, tetap ada research and development sebelum akhirnya mengeluarkan rangkaian menu makanan khas etnis Khek di China ini.

“Khek itu makanannya simple. Bahan yang lumayan sering dipakai bawang putih dan minyak wijen,” tuturnya. Jadi, asin dan gurih jadi dominan rasa yang diandalkan di seluruh menu Claypot Popo.

Sementara claypot dijadikan media untuk memanaskan menu siram, baik daging sapi maupun ayam, di sajian lain, ia hanya dijadikan pemanis dalam penyajian. Penambahan vetsin jamur pun dinilai akan memberi cita rasa tertentu.

Flo menjelaskan, ia sangat berhati-hati dalam menyusun menu Claypot Popo. Walau berlabel chinese food, Flo ingin memberi alternatif cita rasa dengan komponen makanan yang berbeda dari kebanyakan sajian khas Tiongkok. “Jadi, sangat mungkin jadi perbendaharaan makanan karena rasanya nggak sebegitu umum,” tuturnya.

Demi menjaga orisinalitas resep, Flo bakal melakukan evaluasi rasa sebulan sekali. Hal ini menurutnya penting dilakukan karena chinese food memang tentang human skill dalam memasak. Sementara ia percaya mood koki akan tersalurkan langsung ke makanan yang disajikan.

Chinese food is all about freshness. Pesan, koki langsung buat. Makanya sangat sulit mempertahankan rasa. Itu juga alasannya Claypot Popo nggak jadi franchise. Taste-nya pasti akan lain,” Flo menjelaskan.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

2 dari 2 halaman

Menu Andalan di Claypot Popo

Flo menuturkan, Claypot Popo pernah hanya menjual satu menu, yakni claypot siram daging sapi atau ayam dengan pilihan telur matang atau mentah, di 1,5 tahun pertama. Seiring waktu, penambahan menu terus dilakukan hingga menemukan formasi sekarang.

After itu, ada menu yang agak jarang orang makan, misua tahu telur asin. Telur asin nggak dicampur apa-apa, betul pure telur asin. Rasanya lumayan light, dicampur misua dan tahu match, balance juga. Ini aman banget buat take away ketimbang claypot siram,” jelas Flo.

“Ada dadar caipoh. Itu nasi goreng Hong Kong pakai lobak yang difermentasi, nasi sapi cah bawang putih, ini yang lumayan chinese banget, misua goreng. Menu manis yang tercipta karena pengin kasih menu manis ke market itu locupan ayam asam manis, pakai kecap, pakai madu,” tambahnya.

Flo juga berencana menambah menu camilan yang masih autentik chinese. Dengan menu-menu andalan yang sudah disebutkan, Claypot Popo rata-rata menyajikan 100 porsi setiap hari.

Selain di kawasan Sabang, restoran ini juga ada di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Rencananya, pertengahan tahun ini, Claypot Popo akan membuka cabang baru di wilayah selatan Jakarta.

Dengan porsi yang cukup mengenyangkan, makanan di sini dibanderol mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 42 ribu. Menu minumannya dengan pilihan panas dan dingin dijual hanya mulai dari Rp 4 ribu saja.

“Jadi, silakan mampir. Rasanya mungkin nggak familiar buat banyak orang. Bukan chinese food pada umumnya. Aku pribadi bilang worth it untuk dicoba. Senggaknya coba dulu,” tutupnya.

Seleksi Penerimaan PPPK Eks Tenaga Honorer Kemenag Dibuka Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) untuk Kementerian Agama (Kemenag) mulai dibuka hari ini, Kamis (14/2/2019). Pada rekrutmen tahap I tahun 2019 ini, Kemenag mengusulkan 20.790 formasi, semuanya adalah untuk tenaga guru dan dosen.

“Para calon peserta bisa mendaftar mulai hari ini, Kamis (14/2/2019) secara online melalui website BKN (https://sscasn.bkn.go.id atau https://ssp3k.bkn.go.id),” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag M. Nur Kholis Setiawan, seperti dikutip dari laman Setkab.

Data Biro Kepegawaian Kemenag, menurut Nur Kholis, mencatat ada 42.539 eks tenaga hororer K-II yang sudah terekam dalam database BKN dan sudah ikut ujian pada tanggal 3 November 2013. Sebanyak 20.790 di antaranya adalah tenaga guru dan dosen. Sisanya adalah tenaga administrasi umum, penyuluh agama, dan lainnya.

Jumlah 20.790 itu terdiri dari 20.719 tenaga guru di madrasah, guru bimas, dan guru pendidikan agama pada sekolah yang tersebar di 32 Provinsi (selain Papua Barat dan Kalimantan Utara). Sementara 71 lainnya adalah tenaga honorer dosen pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

“Peraturan Pemerintah No 49/2018 mengatur bahwa pengangkatan PPPK harus melalui mekanisme seleksi. Karenanya, kalau sudah dibuka pendaftaran tahap I, kami undang eks tenaga honorer K-II dari unsur guru dan dosen yang sudah terekam dalam database BKN dan sudah ikut ujian pada tanggal 3 November 2013 namun tidak lulus untuk segera mendaftar,” ujar Nur Kholis seraya menambahkan, bagi mereka yang lulus seleksi, akan diangkat sebagai PPPK.

Menurut Sekjen Kemenag itu, Eks Tenaga Honorer K-II untuk tenaga guru dan dosen yang akan mengikuti seleksi disyaratkan berusia maksimal 57 tahun per 1 April 2019. Mereka berkualifikasi pendidikan minimum S1/D-IV untuk guru, dan S2 untuk dosen.

“Mereka juga harus masih aktif mengajar di madrasah/sekolah yang dibuktikan dengan surat penugasan. Demikian juga untuk dosen, aktif mengajar di Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN),” ucap Nur Kholis.

Sekjen Kemenag itu juga menegaskan, bahwa seluruh proses pengadaan PPPK Kementerian Agama tidak dipungut biaya. Karena itu, dia mengimbau agar tidak mempercayai apabila ada orang/pihak tertentu (calo) yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam setiap tahapan seleksi.

2 dari 2 halaman

Rekrutmen PPPK: 31 Ribu Orang Sudah Daftar di SSP3K

Setelah sempat tertunda, pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah resmi dibuka untuk pendaftar. Total ada 31 ribu orang yang sudah mendaftar.

Menurut cuitan @BKNgoid, per Kamis (14/2/2018) sudah ada 31.886 akun yang terbentuk di portal SSP3K. Di antaranya, 4.556 orang sudah submit dokumen.

Yang perlu diingat adalah pendaftaran PPPK tahap I hanya dibuka sampai 17 Februari 2019 mendatang. Dokumen-dokumen yang sudah masuk SSP3K pun sedang diverifikasi secara real-time.

“Jadi tes pertama itu tes seleksi administrasi, jadi silakan siapkan scan dokumen-dokumen yang dibutuhkan,” ungkapnya Kepala Biro Humas BKN M. Ridwan.

pada portal SSP3K, peserta akan diminta mengisi persyaratan untuk mencetak Kartu Informasi Akun, kemudian juga harus  mengunggah foto diri sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun sebagai bukti. Ada juga form Resume yang harus diisi dengan benar.

Target awal BKN adalah menyelesaikan seluruh prosesi tes pada bulan Februari dan mengumumkannya pada bulan Maret. Sehingga, sebelum pemilihan presiden (pilpres), mereka yang lolos sudah bisa bekerja dengan status PPPK.

Minimal lama jabatan PPPK adalah satu tahun. Namun, Ridwan menyebut ada peluang pegawai dapat dipekerjakan sebelum pensiun.

Perkembangan Riset Penyembuhan Kanker Darah Seperti Diderita Ibu Ani

Berlin – Ani Yudhoyono, istri mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sakit kanker darah. Bagaimana perkembangan metode peneliti untuk penyembuhan jenis penyakit ini?

Dalam keterangan resmi melalui video yang diunggah di Youtube, mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberitahukan bahwa istrinya, Ani Yudhoyono, menderita kanker darah dan menjalani perawatan kesehatan di sebuah rumah sakit di National University Hospital NUH di Singapura, sejak tanggal 2 Februari lalu.

“Dengan rasa prihatin saya sampaikan kepada para sahabat di tanah air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah, dan karenanya harus menjalani pengobatan dan perawatan yang intensif,” papar SBY.

Dalam video itu, Yudhoyono mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo, tim dokter kepresidenan, sahabat dan kepada semua pihak yang mendoakan dan memberikan dukungan:

“Saya mengucapkan terima kasih pada Presiden Jokowi dan tim dokter kepresidenan atas perhatian yang diberikan dalam pengobatan Ibu Ani,” ujar SBY saat berbicara seputar penyakit yang diderita istrinya.

Kanker darah disebut juga leukimia. Penyakit ini dapat mempengaruhi sumsum tulang yang bertanggung jawab atas formasi sel darah putih yang sehat. Leukimia memicu produksi sel darah putih yang tidak berkembang sehingga terjadi pendarahan, memar, kelelahan dan berisiko lebih besar terkena infeksi.

Ilmuwan terus kembangan metode penyembuhan kanker darah

Untuk bisa membantu untuk mengobati leukemia, peneliti di Jerman mengembangkan bahan sintetis yang memungkinkan penggandaan sel-sel induk dalam darah. Sel-sel induk darah hanya dapat berkembang dalam sumsum tulang. Di sini mereka berubah menjadi berbagai jenis sel darah yang diperlukan oleh tubuh, termasuk sel darah merah dan putih – yang mengangkut oksigen dan memerangi penyakit. Selama bertahun-tahun, para peneliti di seluruh dunia telah mencoba berbagai cara untuk meniru sumsum tulang belakang.

Kini peneliti di Institut Teknologi Karlsruhe, Max Planck Institute for Intelligent Systems dan Universitas Eberhard Karls Tbingen mengatakan bahwa mereka telah merancang material berpori di mana sel-sel induk darah dapat berkembang biak selama empat hari. Sumsum tulang alami adalah struktur yang sangat kompleks, sehingga sulit untuk ditiru. Bentuk tiga dimensinya menyerupai spon dan mengandung protein yang menjembatani protein-protein yang bertengger di sel-sel induk.

Justru pori-pori ini yang menjadi tuan rumah banyak jenis sel – yang berinteraksi satu sama lain dan menghasilkan zat kimiawi – serta memungkinkan sel-sel induk darah untuk berkembang biak. “Kami berasumsi bahwa sel-sel induk ini tidak hanya merasakan komposisi kimia dari sekitarnya. Mereka bisa mungkin juga merasakan jika lingkungan mereka lembut atau keras, kasar atau halus,” ujar Cornelia Lee-Thedieck, seorang peneliti di Institut Teknologi Karlsruhe.

Sel-sel induk dapat dipanen

Sel-sel induk darah yang sehat diperlukan untuk mengobati leukemia. Sel-sel induk dapat dipanen di laboratorium dan ditransplantasikan ke pasien. Saat ini, sel-sel induk diisolasi dari darah atau sumsum tulang dari donor yang cocok. “Memproduksi sumsum tulang buatan dan menggandakan sel induk darah adalah hal yang berpotensi menarik,” ujar Martin Bornhuser dari Universitas Rumah Sakit Dresden. “Ini akan memungkinkan dihasilkannya sel induk dalam jumlah yang cukup untuk ditransplantasikan ke pasien dewasa,” tambahnya.

“Tujuan jangka panjang kami adalah untuk menciptakan struktur pada sel-sel induk darah,” kata Lee-Thedieck. “Kemudian sel-sel darah tersebut berkembang biak, dan kami memanen sel induk ini dan memberikannya kepada pasien.” Temuan ini merupakan aplikasi penelitian fundamental, “Kami baru saja membuat sebuah prototipe.” Masih butuh setidaknya belasan tahun lagi sampai teknologi ini tersedia untuk pasien.

Dan meskipun sudah ada penemuan ini, pada kenyataannya tetap saja para ilmuwan belum mampu meniru persis sumsum tulang alami sepenuhnya, tandas Bornhuser. “Proyek penelitian lainnya yang diterapkan akan diperlukan untuk mewujudkan ini menjadi kenyataan,” katanya.

ap/ml (Youtube/ Brigitte Osterath)


(ita/ita) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Top 3: Boleh Gunakan GPS Saat Berkendara tapi Ada Syarat

Liputan6.com, Jakarta Seperti diketahui, pengemudi yang mengoperasikan fitur global positioning system (GPS) di telepon pintarnya saat berkendara, bisa didenda sebesar Rp 750 ribu dan juga pidana kurungan selama tiga bulan penjara.

Terkait ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan responnya. Dikatakan bagi pengemudi masih diperbolehkan memakai GPS, namun dengan syarat.

Artikel tentang syarat pemakaian GPS ini pun menuai perhatian pembaca Liputan6.com di kanal bisnis. Simak rangkuman 3 berita paling dicari, Kamis (14/2/2019):

1. Kemenhub: Boleh Gunakan GPS Saat Berkendara tapi Ada Syarat

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengaku tak melarang pengendara menggunakan GPS saat berkendara. Hanya saja, hal itu harus ada syaratnya. Apa saja?

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakanm ada dua syarat. Pertama, pengendara harus terlebih dahulu menepi untuk kemudian menggunakan GPS-nya.

“Karena kalau tidak itu jelas menganggu aspek keselamatan dan konsentrasi saat berkendara, makanya harus menepi,” kata Budi di kantornya, Rabu (13/2/2019).

Berita selengkapnya

2. Resmi Dibuka, Kompetensi Apa Saja yang Dibutuhkan dalam Seleksi PPPK?

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah resmi membuka masa pendaftaran online seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) pada Selasa 12 Februari 2019. Masa pendaftaran akan dibuka hingga 17 Februari mendatang.

“Pendaftaran online PPPK akan dimulai Selasa, 12 Februari 2019 dan akan ditutup 17 Februari 2019,” begitu bunyi pengumuman yang dibacakan Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Mudzakir, zsepetti ditulis Rabu (13/2/2019).

Lalu, formasi dan ketentuan apa saja yang harus dipenuhi calon pelamar untuk bisa mengikuti seleksi PPPK tahap pertama ini?

Berita selengkapnya

3. Sering Dihindari, 2 Sikap Ini Justru Jadi Jurus Orang Sukses

Menjadi sukses tampaknya menjadi mimpi hampir semua orang. Berbagai cara dan upaya dilakukan demi menggapai mimpi tersebut. Namun penulis ternama serta psikolog pemenang Penghargaan Nobel, Daniel Kahneman, memiliki sudut pandang yang terbilang paradoks mengenai kesuksesan.

“Anda bisa jadi tidak akan sukses jika tidak selalu optimis dan overconfident (terlalu percaya diri). Keduanya merupakan sikap utama demi mencapai kesuksesan,” tutur Daniel seperti dilansir dari laman Business Insider.

Berita selengkapnya

Ramsey Bakal Temukan Posisi Tepat di Juventus

Jakarta – Direktur Olahraga Juventus, Fabio Paratici, mengungkap penyebab kegagalan Aaron Ramsey di Arsenal. Paratici yakin Ramsey bisa menawarkan sesuatu yang berbeda ketika bergabung dengan Juventus pada musim panas 2019. 

Ramsey akan memperkuat Juventus selama empat tahun. Dia telah meneken kesepakatan prakontrak dengan Juventus pada pekan ini, sedangkan kontraknya di Arsenal kedaluarsa pada akhir musim 2019. 

Selama 11 bulan di Arsenal, pemain internasional Wales itu memainkan beberapa peran berbeda di lini tengah. Namun, dia tak benar-benar bisa menunjukkan taji. 

Paratici mengatakan Juventus bakal memplotnya sebagai mezzala, posisi bermain di antara lini tengah dan depan, dan biasa beroperasi sebagai half-winger. Dia meyakini naluri mencetak gol Ramsey bakal meningkat di posisi tersebut. 

“Menurut saya, Ramsey adalah seorang pemain yang tak pernah menemukan posisi yang tepat. Dia tak pernah bermain sebagai mezzala dalam formasi tiga gelandang,” kata Paratici, seperti dilansir Gazzetta dello Sport, Rabu (13/2/2019). 

“Dia lebih taktikal, pemain yang memegang bola terakhir. Dia punya hidung untuk mencetak gol. Dia pemain yang berbeda. Kami tak punya seseorang sepertinya di dalam skuat,” ujar Paratici. 

Aaron Ramsey akan resmi berseragam Juventus pada 1 Juli 2019. 

Sumber: Bola.com 

Saling Sindir BPN Prabowo vs TKN Jokowi Soal ‘Operasi Foto’

Jakarta – Operasi foto dalam Pilpres 2019 menjadi pembahasan menyusul capres petahana, Joko Widodo yang dituding melakukan pencitraan keluarga harmonis lewat sesi foto di Istana Kepresidenan. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin saling melempar sindiran.

Fadli Zon yang menjadi salah satu juru debat BPN Prabowo-Sandiaga mempersoalkan foto Jokowi bersama keluarganya yang dianggapnya pencitraan. Hal tersebut lantaran ada banyak wartawan yang ikut dalam momen pemotretan itu.

“Mbok ya sutradaranya lebih bagus dalam rancang pencitraan, misalnya mau berikan pencitraan sebagai keluarga harmonis di Kebun Raya Bogor. Tapi wartawannya terlalu banyak. Harusnya kan wartawannya 2 atau 3, nanti di-share. Ini sampai 100 orang sehingga bocor pencitraan,” kata Fadli dalam diskusi di Seknas Prabowo-Sandi, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Waketum Gerindra itu lantas membandingkannya dengan operasi foto di Pilpres Amerika Serikat (AS). Menurutnya, munculnya pencitraan keluarga harmonis dilakukan untuk mendapatkan dampak. Namun, karena bocor dan tak mengerti teorinya, lanjut Fadli, yang muncul malah pencitraan brutal.
“Kalau dalam teori photo operation di Pilpres Amerika itu memang ada teorinya, namanya Photo Ops. memang dia sengaja berikan pencitraan untuk dapatkan impact tertentu bahwa kita ini memang keluarga harmonis. Itu dibikin rapi, (sementara) ini dibikin pencitraan brutal karena tidak mengerti teorinya,” ucap Wakil Ketua DPR ini.

Fadli mengkaitkan foto keluarga tersebut dengan elektabilitas capres nomor urut 01 itu yang diklaimnya mangkrak sehingga butuh pencitraan. Bahkan ia juga membandingkan Jokowi dengan Presiden RI ke-6 yang dianggapnya lebih tenang saat menghadapi pilpres untuk periode kedua.

Foto yang dimaksud Fadli diambil pada akhir tahun 2018 yang menunjukkan kebersamaan Jokowi dengan keluarganya di Istana Bogor. Pada Sabtu (8/12/2018), Jokowi mengajak keluarganya jalan sehat bersama lalu melanjutkan sesi tanya jawab dengan wartawan.

Saat itu, keluarga Jokowi buka-bukaan soal kehidupannya hingga berbicara soal politik. Dalam kesempatan itu Jokowi mengajak sang istri, Iriana. Kemudian ada dua anak Jokowi, Gibran Rakabuming dan Kahiyang Ayu. Anak bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep tidak ada karena harus bertolak ke luar kota.

Saling Sindir BPN Prabowo vs TKN Jokowi Soal 'Operasi Foto'Foto: Jokowi sekeluarga buka-bukaan dengan wartawan. (Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden).

Dua menantu Jokowi, Selvi Ananda dan Bobby Nasution juga tampak ikut dalam acara buka-bukaan keluarga orang nomor satu di Indonesia tersebut. Dua cucu Jokowi pun melengkapi kebersamaan, Jan Ethes dan Sedah Mirah.

Kepada wartawan, Jokowi bercerita sulitnya bisa berkumpul bersama keluarga mengingat sebagai kepala negara ia memiliki segudang aktivitas. Meski begitu, ia juga memperlihatkan bagaimana kedekatannya dengan anak-anak dan cucu walaupun sibuk. Foto yang memperlihatkan kerumunan wartawan sedang menyimak buka-bukaan Jokowi pun tersebar di publik.

Sehari setelahnya, Jokowi memamerkan kebersamaan dengan keluarganya yang diabadikan dalam bingkai monokrom karya dr Tompi. Foto dengan background Istana Kepresidenan tersebut diunggah Jokowi di Instagram., Minggu (9/12/2018).

Di foto itu, Jokowi dan keluarga duduk di pepohonan dengan formasi yang sama. Jokowi terlihat duduk di samping Jan Ethes. Di samping kanannya ada ayah dan ibu Ethes, Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda.

Selvi dan Gibran tengah menatap anggota keluarga Jokowi terbaru, Sedah Mirah yang berada dalam kereta bayi. Sedah Mirah diapit Iriana Jokowi, dan kedua orang tuanya Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

“Sebagai orang tua, saya selalu bersyukur, telah diberi-Nya anak-anak yang mandiri dan memikul tanggung jawab sendiri. Ada yang menjual kopi, ada yang berjualan martabak, juga ada yang menjual pisang goreng,” ujar Jokowi dalam postingannya.

“Dan, dengan kehadiran sepasang cucu, satu laki-laki dan satu perempuan, Alhamdulillah, lengkap sudah. Saya begitu menikmati kehadiran mereka. Jika sedang berada di luar kota, di sela pekerjaan, saya selalu berkomunikasi dengan anak cucu, terutama cucu saya. Lewat video call. Keluarga bagi saya selalu ada untuk memberi motivasi, mendorong, dan menambah semangat,” sambungnya.

Soal sindirian operasi foto, juru bicara TKN Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily menyatakan bingung dengan kritik Fadli yang mengaitkan foto keluarga Jokowi dengan operasi foto di Pilpres AS. Ia pun meminta Fadli untuk meluruskan pikirannya. Politikus Golkar ini lalu menyinggung soal keharmonisan keluarga capres jagoan Fadli Zon, Prabowo Subianto.

“Justru yang harus diluruskan adalah pikiran Fadli Zon sendiri, yang menilai foto itu secara politis. Apa karena capresnya Fadli Zon ini tidak punya keluarga yang tidak bisa diajak melakukan photo session?” kata Ace.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu menyebut, menunjukkan keharmonisan keluarga sangatlah penting. Ace mengatakan itu bisa menjadi cerminan bagi rakyat.

“Keluarga yang harmonis itu cermin dari ketahanan suatu bangsa. Bagaimana mau memimpin suatu bangsa, sementara mewujudkan keluarga harmonis saja tidak mampu?” sebutnya.

Pihak Istana sudah menanggapi klarifikasi terkait sindirian Fadli Zon. Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, pemberitaan soal Presiden Jokowi dan keluarganya memang banyak dimuat media belakangan ini. Termasuk munculnya sejumlah foto Presiden bersama keluarga yang tengah diwawancarai wartawan Kebun Raya Bogor, yang bersebelahan dengan Istana Kepresidenan Bogor pada 8 Desember 2018 lalu.

“Dapat disampaikan, sebenarnya tidak ada maksud keluarga Presiden Joko Widodo berfoto bersama di depan wartawan. Namun yang benar, Presiden Joko Widodo bersama keluarga menerima wawancara bersama dari wartawan istana yang berasal dari berbagai media karena banyaknya permohonan wawancara,” kata Bey memberikan klarifikasi.

Dia mengatakan, saat sesi wawancara itu kebetulan anggota keluarga Jokowi, kecuali Kaesang Pangarep, sedang berada di Istana Kepresidenan Bogor. Maka, kata Bey, Jokowi pun menyetujui permintaan agar mengikutsertakan seluruh anggota keluarganya dalam wawancara itu.

“Dikarenakan padatnya agenda Presiden dan kebetulan seluruh anggota keluarga sedang berada di Bogor, maka diputuskan Presiden menerima wawancara di Grand Garden, sebuah kafe yang terletak di kawasan Kebun Raya Bogor, Sabtu 8 Desember 2018 yang lalu,” urainya.

Terkait dengan foto yang bereda, ia mengatakan itu adalah hal yang wajar. “Ini juga sebagai dampak dari banyaknya media yang mewawancara, ingin mengambil momen Presiden bersama keluarga,” tutup Bey.

Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(elz/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

5 Pemain yang Harus Real Madrid Tendang Musim Panas Mendatang

Jakarta – Real Madrid mulai menunjukkan konsistensi setelah sempat labi. Namun, itu bukan berarti Los Blancos bisa tenang pada musim panas mendatang.

Los Blancos terlihat kesulitan pada tahap awal musim ini. Hal itu mengindikasikan kebutuhan Real Madrid terhadap sejumlah pemain baru di beberapa posisi.

Namun, sebelum mendatangkan pemain baru, Madrid juga perlu menjual beberapa pemain. Penjualan pemain bisa dimaksudkan untuk mengumpulkan dana transfer.

Berikut ini lima pemain yang bisa dipertimbangkan untuk dijual Real Madrid seperti dilansir Fox Sports Asia:

2 dari 6 halaman

Isco

Gelandang asal Spanyol itu sudah jarang dimainkan oleh Santiago Solari musim ini. Sepertinya pelatih asal Argentina itu tidak bisa menemukan tempat untuk mantan pemain Malaga di sistemnya.

Sejujurnya, formasi 4-3-3 memang tidak punya tempat untuk pemain nomor 10 seperti Isco. Alhasil, akan lebih baik jika Madrid menjualnya dan mendapatkan uang untuk membeli pemain baru.

3 dari 6 halaman

Marco Asensio

Ini sedikit kontroversial tetapi Asensio memang belum menunjukkan sesuatu yang hebat selama sekitar setahun terakhir. Pemain Spanyol itu punya kemampuannya untuk mencetak gol dari jarak jauh.

Terlepas dari itu, kesempatan bermain Asensio sekarang menjadi terbatas. Jika Los Blancos memutuskan untuk menjualnya, mereka akan mendapatkan banyak uang dari penjualannya.

4 dari 6 halaman

James Rodriguez

James, seperti Isco, adalah pemain yang sangat bagus tetapi tipe pemain seperti dia sangat sulit menemukan tempat di tim. Dia adalah pemain klasik nomor 10 dan posisi itu tidak ada di Real Madrid di bawah Solari.

Los Blancos kemungkinan bisa mendapatkan setidaknya 50 juta euro untuk James. Pemain Kolombia itu sekarang sedang menjalani masa peminjaman di Bayern Munchen.

5 dari 6 halaman

Mateo Kovacic

Sebelum pindah ke Chelsea dengan status pinjaman, Kovacic adalah pengganti yang sempurna untuk Luka Modric. Namun, mengingat Los Blancos sekarang sudah punya Fede Valverde dan Dani Ceballos, Kovacic tidak punya tempat di skuat Madrid lagi.

Jika mereka bisa mendapatkan harga yang pantas untuknya, Madrid harus menjualnya. Kovacic diminati banyak klub sehingga Madrid tidak akan kesulitan menjual gelandang asal Kroasia tersebut.

6 dari 6 halaman

Gareth Bale

Pemain asal Wales itu adalah salah satu pemain terbaik di Premier League ketika dia bermain di Tottenham. Namun, sejak musim keduanya di Real Madrid, dia sudah tidak sama lagi.

Bale adalah pemain yang biasa mengubah permainan untuk Spurs. Namun, saat ini, Bale punya masalah dengan kebugaran dan tidak bisa mendapatkan kesempatan bermain reguler.


Sumber: Bola.net

Mau Tetap Kompetitif Musim Depan, Liverpool Wajib Pecahkan 5 Masalah Ini

Jakarta – Liverpool memiliki salah satu kampanye terbaik dalam dua dekade terakhir. Bersama Jurgen Klopp, The Reds menjadi makin disegani.

The Reds saat ini hanya kebobolan 15 gol dari 26 laga dan merupakan tim dengan rekor pertahanan terbaik musim ini di Liga Inggris. Sekarang Liverpool juga berpeluang untuk menjadi juara liga untuk pertama kalinya sejak 29 tahun.

Jordan Henderson dan kolega saat ini berada di posisi kedua dengan koleksi 65 poin. Namun, Liverpool bermain satu pertandingan lebih sedikit dari pimpinan klasemen Manchester City.

Apa pun yang terjadi pada akhir musim nanti akan punya dampak yang signifikan pada rencana Liverpool di musim panas mendatang. Ada beberapa tanda tanya yang harus diselesaikan Klopp sebelum musim baru dimulai.

Berikut adalah lima pertanyaan yang harus dipecahkan Jurgen Klopp seperti dilansir Fox Sports Asia:

2 dari 6 halaman

Kapten Baru

Peran James Milner sebagai wakil kapten Liverpool tidak dipertanyakan lagi tetapi sebagian besar penggemar Liverpool tidak puas melihat Jordan Henderson sebagai kapten klub.

Steven Gerrard sudah menetapkan tolok ukur yang besar dan akan sulit bagi siapa pun untuk mencapai standar tersebut. Namun, kapten Liverpool harus menjadi seseorang yang memancarkan kepercayaan diri dan Henderson tidak cocok dengan hal tersebut.

Pemain berusia 28 tahun itu sudah tidak lagi menjadi starter di Liverpool dan bisa dikatakan bahwa dia tidak akan tampil starting XI terbaik Liverpool ketika semua pemain fit dan tersedia.

Ketika Henderson dan Milner tidak berada di lapangan, Virgil van Dijk adalah kapten Liverpool dan pemain asal Belanda itu juga menjadi kapten negaranya. Pemain 27 tahun itu adalah starter reguler untuk The Reds dan banyak penggemar Liverpool yang menginginkannya sebagai kapten klub.

3 dari 6 halaman

Stok Pemain Depan yang Minimalis

Ketika Jurgen Klopp mengambil alih Liverpool, Jordon Ibe adalah satu-satunya pemain sayap murni di tim Liverpool. Klopp menjual Ibe dan dalam tiga bursa transfer musim panas, ia merekrut Sadio Mane, Mohamed Salah dan Xherdan Shaqiri.

Meski Klopp punya tiga pemain yang mampu bermain melebar, masih ada kebutuhan untuk mendatangkan pemain depan yang lainnya karena Mohamed Salah sering diturunkan sebagai striker dalam formasi 4-2-3-1.

Penyerang serba bisa yang mampu bermain naik dan turun sangat diburuhkan Liverpool dan The Reds sudah dikaitkan dengan Timo Werner dari RB Leipzig. Pemain asal Jerman itu sudah membuktikan dirinya di level klub dan internasional dan dia belum menandatangani kontrak baru dengan Leipzig yang membuatnya menjadi target potensial Liverpool pada musim panas.

4 dari 6 halaman

Tambahan Pemain Belakang

Liverpool punya rekor pertahanan terbaik di liga musim ini, tetapi cedera yang dialami Joe Gomez, Trent Alexander-Arnold dan Dejan Lovren membuat pertahanan The Reds menjadi rapuh dalam beberapa pekan terakhir.

Gomez adalah salah satu bek muda terbaik di dunia dan fleksibilitasnya menjadikannya aset yang berharga. Namun, ia sudah melewatkan banyak pertandingan pada musim ini karena cedera. Opsi bek tengah Liverpool lainnya adalah Lovren dan Joel Matip. Yang pertama tidak konsisten dan yang terakhir rentan cedera.

Liverpool membutuhkan bek tengah andal yang lebih baik dari dari Lovren dan Matip dan bisa membentuk duet yang solid dengan Virgil van Dijk. Selain itu, The Reds juga membutuhkan bek kiri baru sebagai pelapis untuk Andrew Robertson karena Alberto Moreno sepertinya akan dilepas pada musim panas.

5 dari 6 halaman

Membuang Pemain Tak Berguna

Jurgen Klopp sudah menjual atau melepas 29 pemain sejak ia mengambil alih Liverpool sembari meningkatkan kualitas keseluruhan skuad. Namun, masih ada beberapa pemain yang sudah tidak berguna untuk The Reds.

Kontrak Daniel Sturridge, Divock Origi, Connor Randall dan Alberto Moreno akan berakhir pada musim panas dan sangat tidak mungkin mereka akan mendapat kontrak baru sebelum akhir musim.

Selain tiga pemain tersebut, masa depan Simon Mignolet, Joel Matip, Adam Lallana dan sebagian besar pemain yang dipinjamkan juga belum jelas. Satu hal yang pasti, Liverpool akan mendapat banyak uang dari penjualan pemain pada musim panas mendatang.

6 dari 6 halaman

Menjaga Mohamed Salah

Liverpool mungkin atau mungkin tidak akan memenangkan liga musim ini, tetapi apa pun yang terjadi pada akhir musim, masa depan Mohamed Salah akan menjadi bahan pembicaraan pada musim panas mendatang.

Salah berada dalam performa yang sensasional sejak bergabung dengan The Reds dan sudah dikaitkan dengan Real Madrid dan Barcelona. Jika Liverpool tidak memenangkan trofi musim ini, maka pemain Mesir itu akan termotivasi untuk pindah klub untuk memenangkan gelar.

Pemain berusia 26 tahun itu akan menghasilkan banyak uang dan sangat sedikit klub yang bisa merekrutnya. Liverpool akan melakukan segalanya untuk mempertahankan superstar mereka tetapi kegagalan memenangkan trofi pada musim ini bisa mengakibatkan pemain asal Mesir itu pergi.


Sumber: Bola.net

Formasi: Menanti Drama Fase Gugur Liga Champions 2018/19

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim terbaik Eropa akan tampil pada fase gugur Liga Champions 2018/19. Hasil di leg pertama bakal menentukan langkah masing-masing tim menuju babak berikutnya. 

Babak 16 besar Liga Champions musim ini bakal dimulai, Rabu, 13 Februari 2019 dinihari WIB. Di hari pertama, Manchester United bakal menjamu Paris Saint Germain (PSG) di Old Trafford. Sementara AS Roma bakal bertemu wakil Portugal, FC Porto di Stadio Olimpico.  

Ini jadi ujian perdana MU bersama Solskjaer di ajang Liga Champions. Kecerdikan pelatih asal Norwegia itu kembali diuji setelah sukses menorehkan 10 kemenangan dari 11 laga. 

Seperti diketahui, performa MU mencuri perhatian sejak ditinggal Jose Mourinho akhir tahun lalu. Kehadiran Solskjaer yang ditunjuk sebagai manajer sementara mengubah Setan Merah menjadi tim yang belum terkalahkan. Bahkan kemenangan demi kemenangan yang ditorehkan membawa MU ke posisi empat klasemen sementara Liga Inggris musim ini. 

MU mulai melewati rival-rival terkuat seperti Chelsea yang kini terpaut 1 poin. The Blues harus rela tergusur setelah tim besutan Maurizzio Sarri itu dihancurkan Manchester City 0-6. MU melambung setelah sehari sebelumnya berhasil mengalahkan Fulham dengan skor 3-0. 

Performa gemilang MU bersama Solskjaer kini mendapat ujian di level yang lebih tinggi. Mental bertanding para pemain bakal kembali diuji saat menjamu PSG di Old Trafford. Hanya saja, Solskjaer harus memutar otak mengingat laga berat lain juga menanti Setan Merah. 

Rotasi pemain pun jadi pilihan terbaik Solskjaer. Sejumlah pemain disimpan saat MU bertemu Fulham. Marcus Rashford yang kembali bersinar disimpan dalam duel ini. Begitu juga dengan bek tangguh, Victor Lindelof. Mereka diharapkan bisa pulih saat bertemu PSG. 

“Ada beberapa ketidaknyaman, Marcus Rashford mengalami keram saat melawan Leicester City. Kami tidak ingin mengambil risiko,” kata Solskjaer. 

“Di belakang, Victor Lindelof memang cedera. Tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Keduanya seharusnya baik-baik saja untuk hari Selasa,” ujar mantan pemain MU tersebut. 






2 dari 4 halaman

Tanpa Neymar

Meski demikian, tuan rumah setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, tim lawan datang dalam kondisi compang-camping. Les Parisien harus kehilangan striker andalannya Neymar. Pemain asal Brasil itu dipastikan absen melawan MU karena mengalami cedera cukup parah. 

Neymar menderita cedera metatarsal saat PSG bertanding melawan Strasbourg pada ajang Coupe de France beberapa waktu lalu. Kondisi mantan pemain Santos itu bertambah buruk karena cedera tersebut berada di tempat yang membuatnya absen 4 bulan musim lalu. 

Kehilangan Neymar tentu saja jadi pukulan telak bagi PSG. Sebab, pemain yang diboyong dari Barcelona itu merupakan salah satu mesin gol Les Parisien. Musim ini saja, Neymar sudah mengemas 20 gol dalam 23 penampilan bersama PSG di semua kompetisi. 

“Sekarang, ini waktu yang sulit bagi kami karena Ney (Neymar) cedera. Bagi kami, Ney adalah pemain yang sangat penting, karena dia telah melakukan hal-hal luar biasa untuk tim selama tiga bulan terakhir,” kata kiper PSG, Gianluigi Buffon seperti dilansir Four Four Two.

Beban pelatih PSG, Thomas Tuche, semakin bertambah setelah penyerang lain, Edinson Cavani juga dipastikan absen saat bertemu MU. Pemain asal Uruguay itu mengalami cedera panggul saat PSG mengalahkan Girondins de Bordeaux, Sabtu lalu. Diagnosa dokter usai pertandingan juga menunjukkan hasil yang kurang baik. Mantan pemain Napoli tersebut ternyata  mengalami otot paha kanan yang memaksanya absen hingga bulan depan.

Selain Neymar dan Cavani, PSG juga terancam tanpa bek andalannya, Thomas Meunier. Posisi pemain asal Belgia tersebut mengalami gegar otak ringan usai bertabrakan dengan rekannya, François Kamano saat latihan kemarin. Posisinya lalu digantikan Colin Dagba. 

Menurut Solskjaer, absennya pemain-pemain hebat bakal mengurangi bobot duel MU vs PSG. “Saat Anda bertemu tim hebat, Anda ingin bertarung melawan para pemain. Publik ingin melihat pemain-pemain terbaik. Sangat mengecewakan bagi Old Trafford,” katanya.

Tanpa pemain bintang, pertandingan menurut Solskjaer bakal terasa hambar. Sebab kehadiran pemain-pemain hebat juga memberikan semangat tambahan bagi pemain. 

 “Saya sudah beberapa kali bermain saat kami bertemu Real Madrid dan Ronaldo dan Figo dan semua yang pernah ke Old Trafford.  Ini memberikan semangat tambahan,” katanya. 



3 dari 4 halaman

Kiprah Pemain Debutan

Sementara itu, babak 16 besar Liga Champions 2018/19 bakal jadi panggung bagi sejumlah pemain baru. Sebab seluruh kontestan tidak melewatkan kesempatan untuk memasukkan 3 nama baru sesuai aturan UEFA untuk memperbesar peluang meraih gelar juara.  

Satu nama yang mencuri perhatian adalah Arlvaro Morata yang akan memperkuat Atletico Madrid. Pemain asal Spanyol tersebut baru saja diboyong dari Chelsea dan langsung didaftarkan untuk tampil pada babak 16 besar. (Ikuti berita lengkapnya di sini). 

Liverpool juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan nama Alex Oxlade Chamberlain setelah sempat absen selama setengah musim akibat cedera. Sedangkan Barcelona memasukkan nama Kevin Prince Boateng yang baru dipinjam dari Sassuolo.



4 dari 4 halaman

Jadwal Leg 1

13 Februari 2019

Manchester United vs PSG

AS Roma vs FC Porto


14 Februari 2019

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Ajax Amsterdam vs Real Madrid


20 Februari 2019

Olympique Lyonnais vs Barcelona

Liverpool vs Bayern Munchen


21 Ferbruari 2019

Schalke 04 vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus


Saksikan juga video menarik di bawah ini: