Ford Fiesta R2, Tampangnya Biasa tapi Bertenaga Buas

Liputan6.com, Jakarta – Ford Fiesta R2 terbaru resmi diperkenalkan. Hatchback hasil kolaborasi Ford dengan M-Sport ini disebut sebagai mobil rally pertama yang dibangun sesuai peraturan R2 terbaru FIA.

Menariknya, mobil untuk rally dirancang dan dikembangkan sepenuhnya di fasilitas M-Sport di Krakow, Polandia. Mesinnya cuma satu liter (1.000 cc), tapi tenaganya buas.

Sebagai mobil petarung, rombakan utama difokuskan pada sektor mesin, transmisi dan suspensi. M-Sport meramu ulang mesin EcoBoost tiga silinder turbocharged 1,0 liter, hingga tenaga meningkat drastis menjadi 200 Tk pada 6.500 rpm.

Padahal pada versi Fiesta regular, hanya punya lontaran 125 hp. Besaran output torsi puncak Fiesta R2 juga meningkat menjadi 290 Nm (214 lb-ft) pada 4.000 rpm. Berbeda jauh jika dibandingkan dengan model biasa yang hanya 170 Nm.

Untuk menggerakkan roda, tenaga mesin bensin ini lalu disalurkan melalui gearbox lima-percepatan (sequential) yang bisa disesuaikan. Tentunya dengan limited-slip differential agar memberi traksi ekstra saat menikung. Meski tak melansir kemampuan akselerasi, mereka mengatakan Fiesta R2 bisa melesat kilat.

Lanjut soal desain eksterior. Betul, sekilas fisiknya sama dengan Fiesta yang sempat diniagakan di Indonesia. Namun Fiesta R2 punya dua pintu depan saja. Dan ubahan eksterior jua tak terlalu mencolok.

Bodi dikelir abu-abu tua dengan sentuhan sedikit tarikan garis keemasan. Di atas bonet, tertera logo besar R2 untuk menegaskan nilai sporty.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *