Menangkan Mosi Tidak Percaya, PM Inggris Siapkan Brexit Plan B

London – Pemerintah Inggris harus menyiapkan agenda solusi alternatif untuk Brexit sampai hari Senin (21/1). PM Theresa May memenangkan mosi kepercayaan dengan mayoritas tipis 325 melawan 306 suara.

“Malam ini, pemerintah telah memenangkan mosi kepercayaan dari Parlemen. Ini saatnya kita memberi kesempatan untuk fokus menemukan jalan ke depan untuk Brexit,” kata Theresa May di rumah dinasnya Downing Street 10 di London hari Rabu (16/1) setelah memenangkan mosi kepercayaan.

“Anggota parlemen telah memperjelas apa yang tidak mereka inginkan, sekarang kita semua harus bekerja bersama secara konstruktif untuk menetapkan apa yang diinginkan oleh parlemen,” tambahnya.

Theresa May memenangkan mosi kepercayaan di parlemen dengan suara tipis 325 melawan 306, setelah sehari sebelumnya parlemen menolak proposal perjanjian Brexit yang dia ajukan. Sampai hari Senin (21/1) pemerintahan May harus mengumumkan alternatif untuk Brexit kepada parlemen.

PM Inggris itu mengatakan, parlemen memiliki tugas “mengesampingkan kepentingan pribadi” dan menyelesaikan hasil referendum tahun 2016, di mana warga Inggris memilih untuk keluar dari Uni Eropa.

“Dalam referendum yang bersejarah pada tahun 2016, negara ini memutuskan untuk meninggalkan Uni Eropa,” kata May. “Sekarang, lebih dua setengah tahun kemudian, saatnya bagi kita untuk bersatu, mengutamakan kepentingan nasional – dan memenuhi hasil referendum”.

“Saya percaya itu adalah tugas saya untuk memenuhi instruksi rakyat Inggris meninggalkan Uni Eropa dan saya bermaksud untuk melakukannya,” tambah May.

Bertemu pimpinan partai

Setelah memenangkan mosi kepercayaan, PM Inggris itu melakukan rangkaian pembicaraan dengan para pimpinan partai untuk mencari jalan keluar dari kekisruhan Brexit. Theresa May mengatakan telah bertemu dengan para pemimpin Demokrat Liberal, Partai Nasional Skotlandia dan partai Cymru Welsh Plaid. Dia masih akan berbicara dengan “perwakilan pemerintah senior” pada hari Kamis (17/1), termasuk pendukung pemerintahan Demokratic Unionist Party (PUD).

Theresa May juga menambahkan, dia masih menunggu konfirmasi dari pemimpin Partai Buruh yang beroposisi, Jeremy Corbyn, untuk memenuhi undangannya.

“Saya kecewa karena pemimpin Partai Buruh sejauh ini memilih untuk tidak mengambil bagian (dalam pembicaraan), tetapi pintu kami tetap terbuka,” kata Theresa May.

Jeremy Corbyn sebelumnya mengatakan, tidak mungkin ada hasil positif dari pembicaraan, kecuali pemerintah menutup kemungkinan terjadinya No-Deal Brexit, yaitu perpisahan Inggris dari Uni Eropa tanpa perjanjian.

Partai Buruh hingga kini menuntut skenario Brexit yang tetap mempertahankan zona perdagangan bersama Inggris-Uni Eropa serta perlindungan pekerja dan konsumen yang lebih kuat.

Pada hari Senin (21/1), Theresa May diharapkan memberikan pernyataan tentang langkah pemerintah ke depan mengenai Brexit.

hp/as (rtr,ap)


(ita/ita)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Indonesia Pastikan Satu Tiket Semifinal Ganda Putri Malaysia Masters 2019

Kuala Lumpur – Indonesia dipastikan mendapat satu tiket semifinal ganda putri  Malaysia Master 2019. Kepastian mencuat setelah dua pasangan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto, lolos ke perempat final, Jumat (18/1/2018). 

Greysia/Apriyani lolos ke perempat final Malaysia Masters 2019 setelah mengalahkan ganda Thailand, Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai, dalam dua gim langsung 21-14 dan 21-15, pada babak kedua, Kamis (17/1/2019). 

Pada pertandingan lain, Yulfira/Jauza, menang atas pasangan Malaysia, Vivian Hoo/Yap Chen Wen. Mereka juga menang dalam dua gim 21-9, 21-18. 

“Kami akan berusaha yang terbaik. Kami juga senang mereka (Yulfira/Jauza) menang lawan Malaysia, jadi besok kami bisa ketemu,” kata Greysia selepas pertandingan, melalui rilis yang diterima Bola.com.

“Kami fokus melakukan yang terbaik, karena ini penampilan pertama kami pada 2019,” sambung Greysia.

Yulfira/Jauza berharap bisa tampil lepas dan mampu mengimbangi ganda seniornya tersebut. Pertandingan ini menjadi duel pertama buat kedua pasangan tersebut di event resmi BWF. 

“Semoga besok bisa main bagus, lebih lepas dan tidak tertekan. Semoga bisa permainan senior seperti Kak Greysia. Main lebih lepas saja pokoknya,” ujar Jauza, mengenai laga perempat final Malaysia Masters 2019 kontra Greysia/Apriyani. 

2 dari 2 halaman

Ni Ketut / Rizki Juga Lolos

Ganda putri Indonesia lainnya, Ni Ketut Mahadewi Istarani/Rizki Amelia Pradipta, juga melangkah ke perempat final. Mereka menggenggam tiket setelah mengalahkan ganda India, Ashwini Ponnappa/Reddy N. Sikki, dengan skor 21-18, 21-17. 

Sayangnya, satu ganda lainnya Della Destiara Haris/Virni Putri gagal mengikuti keberhasilan rekan-rekannya. Langkah mereka terhenti di babak kedua. 

Della/Virni tersingkir setelah takluk dari ganda Jepang, Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata, dalam dua gim 11-21, 13-21. 

Debat Perdana Pilpres 2019, Ini Enam Babak yang Perlu Anda Tahu

Jakarta

Debat pertama dari lima debat presidensial akan digelar Kamis (17/01) malam dan materinya meliputi isu penegakan hukum, korupsi, HAM dan terorisme.

Agar masyarakat bisa fokus menyimak tayangan debat pertama, Komisi Pemilihan Umum (KPU) membaginya menjadi enam babak dalam waktu hampir 90 menit, dan setiap babak memiliki karakteristik masing masing.

Digelar di Hotel Bhidakara, Jakarta, debat pertama dua calon presiden dan calon wakil presiden akan memaparkan visi dan misinya tentang isu penegakan hukum, korupsi, HAM dan terorisme.

Debat akan dipandu oleh dua moderator, Ira Koesno, matan penyiar berita Liputan 6, dan Imam Priyono, Jurnalis senior TVRI dan disiarkan di empat lembaga penyiaran, yakni Kompas TV, TVRI, RTV, dan RRI.

Babak 1

Pada 23 menit dan 15 detik pertama, pasangan pasangan capres cawapres, Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan memaparkan visi misi mereka di depan publik mengenai HAM, korupsi, dan terorisme.

Masing-masing kubu hanya memiliki waktu selama 12 menit untuk memaparkan visi misinya. Dari waktu yang singkat itu, strategi komunikasi publik dalam debat dirumuskan oleh tim persiapan debat.

Kubu Jokowi-Maaruf memiliki tim persiapan debat yaitu, Mahfud Md, Yusril Ihzha Mahendra, Aria Bima, Rizal Mallaranggeng, Tina Talisa, Putra Nababan, dan Meutya Hafid.

Sementara kubu Prabowo-Sandi memiliki tim persiapan debat yang terdiri dari, Susilo Bambang Yudhoyono, Amien Rais, Priyo Budi Santoso, Sudirman Said, dan Ferry Mursyidan Baldan.

Babak 2 dan 3

Kedua kubu akan disediakan waktu selama 31 menit dalam debat dengan metode pertanyaan terbuka.

Moderator akan melontarkan pertanyaan sesuai kisi-kisi yang telah diberikan kepada kedua paslon. Masing-masing akan diberikan satu pertanyaan dari setiap tema yang dibahas.

Ketua KPU, Arief Budiman awal Januari sempat mengutarakan kepada BBC bahwa ada tiga segmen pertanyaan oleh moderator.

“Berarti nanti ada tiga pertanyaan untuk paslon 01 dan ada tiga pertanyaan untuk paslon 02, tapi tiga pertanyaan yang mana (spesifik untuk paslon) kan mereka tidak tahu,” kata Arief.

kpu
Ketua KPU Arief Budiman menyatakan bahwa penyelenggaraan debat capres-cawapres kali ini banyak didasarkan pada kesepakatan dengan kedua timses pasangan capres-cawapres. (BBC)

Sebelumnya sempat ramai pemberitaan tentang kisi-kisi pertanyaan terhadap paslon, namun menurut KPU kedua kubu sudah menyepakatinya. Kisi-kisi pertanyaan sudah dikirim sepekan sebelum acara berlangsung.

Babak 4, 5, dan 6

Debat pada dua segmen ini akan berlangsung dengan pertanyaan tertutup, kedua paslon hanya memiliki waktu 26 menit.

Bagian ini dianggap paling seru, karena antar kandidat diberikan kesempatan untuk saling bertanya dan menjawab.

Sementara pada babak 6, atau bagian akhir akan ada pernyataan penutup bagi masing-masing paslon dengan alokasi waktu 6 menit, atau total durasi 11 menit 30 detik.

Aturan Agar Tidak Ricuh

Dalam segmen 4 dan 5 masing-masing kandidat diberikan kesempatan untuk saling bertanya, dan KPU mengimbau agar pertanyaan yang diberikan tidak spesifik kepada satu contoh kasus tertentu.

Masing-masing kandidat juga diminta untuk fokus kepada penggalian visi dan misi, gagasan, dan pengetahuan, agar publik tidak dibuat bingung.

KPU mengungkapkan tidak ada hukuman jika melanggar imbauan itu, namun masing-masing kubu telah sepakat untuk tidak saling melempar pertanyaan yang terlalu spesifik.

Debat Pilpres yang diselenggarakan di Hotel Bhidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, hanya mengundang 500 orang. Para tamu undangan bisa masuk ke arena debat.

Masing-masing paslon mendapatkan jatah 100 undangan, dan sisanya, yakni 300 undangan merupakan undangan KPU, yang terdiri dari tokoh publik, peneliti, budayawan, aktivis, hingga mahasiswa.

Dalam debat pilpres ini, KPU juga mengundang KPU juga mengundang Presiden RI ke-3 B. J. Habibie, Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Termasuk, seluruh mantan wakil presiden RI.

Massa pendukung di luar tamu undangan tidak diizinkan masuk ke arena debat. Mereka bisa berkumpul di dua lokasi terpisah di luar arena debat yang telah disediakan KPU.

Terdapat dua layar besar di ruangan tersebut agar para pendukung masing-masing kandidat tidak ketinggalan jalannya debat.

Selama jalannya debat Pilpres, terdapat 2,000 aparat kepolisian yang melakukan penjagaan.

KPU juga meminta agar para tamu undangan tidak membawa alat peraga kampanye selama debat berlangsung.

Para tamu juga diminta agar tidak mengenakan atribut yang provokatif.

Jadwal dan tema lima putaran debat capres-cawapres

Kelima putaran debat capres-cawapres akan digelar KPU sejak Januari hingga April 2019, sebelum memasuki masa tenang, 14 April 2019.

Debat pertama, digelar tanggal 17 Januari 2019 dan akan ditayangkan melalui Kompas TV, TVRI, RRI, dan RTV. Kedua pasangan capres-cawapres akan dihadapkan pada isu hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Debat kedua akan membahas isu energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur. Pada putaran ini, hanya Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang akan berhadapan pada 17 Februari 2019, dan dapat disaksikan melalui RCTI, Global TV, MNC TV, dan iNews TV.

Sementara debat ketiga akan mengundang para cawapres, Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno, untuk mengelaborasi tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Debat ketiga akan diselenggarakan pada 17 Maret 2019 dan disiarkan jaringan televisi milik Chairul Tanjung, yaitu Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia.

Untuk debat keempat yang rencananya dilaksanakan pada 30 Maret 2019, kedua pasang capres-cawapres kembali diundang untuk berdebat terkait masalah ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. Debat ini bisa ditonton melalui Metro TV, SCTV, dan Indosiar.

Sedangkan untuk putaran terakhir, debat juga akan dihadiri kedua pasang capres-cawapres, dan membahas isu ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan, serta industri.

Meski demikian, KPU yang semula menjadwalkan debat kelima pada tanggal 13 April 2019hari terakhir kampanye hingga kini masih menunggu kepastian dari kedua paslon terkait waktu yang paling memungkinkan untuk mengikuti debat.

Bila kelima debat berhasil digelar sesuai harapan, menurut sejumlah pengamat, semestinya mampu mentransformasi pemilih untuk lebih terukur dan bertanggungjawab ketika menjatuhkan pilihan.


(ita/ita)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Pemberantasan Korupsi ala Jokowi Vs Prabowo Jelang Debat Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta – Isu korupsi adalah tema ketiga dalam debat Pilpres 2019 edisi perdana. Tema sebelumnya adalah isu hukum dan hak asasi manusia (HAM). Adapun tema selanjutnya adalah terorisme.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar secara perdana debat Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019) mulai pukul 20.00 WIB.

Debat Pilpres 2019 yang perdana ini melibatkan dua pasangan calon (paslon) presiden dan calon wakil presiden (capres cawapres). Mereka adalah paslon nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, serta paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Acara debat dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama penyampaian visi misi, kedua dan ketiga menjawab pertanyaan para panelis. Segmen keempat dan kelima debat antarkandidat dan yang keenam adalah pernyataan dari masing-masing pasangan capres dan cawapres.

Moderator dalam debat perdana Pilpres 2019 adalah Ira Koesno dan Imam Priyono. Adapun enam panelis adalah Agus Rahardjo, Hikmahanto Juwana, Bagir Manan, Ahmad Taufan Damanik, Bivitri Susanti, dan Margarito Kamis.

Tentunya, tema debat Pilpres 2019 yang perdana ini akan menjadi pertaruhan bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga dalam menjawab isu-isu yang menjadi pertanyaan publik.

2 dari 4 halaman

Jokowi-Ma’ruf Tawarkan 5 Program

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf menawarkan lima program penegakan hukum kepada masyarakat apabila kembali dipercaya memimpin Indonesia pada periode 2019-2024.

“Dalam misi kami tawarkan adalah penegakan sistem hukum bebas korupsi, bermartabat, dan terpercaya,” kata Direktur Hukum TKN Jokowi-Ma’ruf, Ade Irvan Pulungan seperti dilansir Antara, Minggu, 13 Januari 2019.

Program pertama, kata dia, adalah melanjutkan penataan regulasi. Menurut Irvan regulasi soal penegakan hukum masih tumpang tindih antara pemerintah pusat dan daerah.

Irvan kemudian melanjutkan program yang kedua adalah melanjutkan reformasi sistem penegakan hukum.

“Itu perlu proses waktu dan kebersamaan serta itikad baik agar penegakan hukum efektif,” ujarnya.

Program ketiga, sambung dia, adalah meningkatkan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi.

Ade mengatakan, Jokowi selama memimpin pemerintahan tidak pernah melindungi apabila ada menterinya yang terjerat kasus korupsi. Sehingga mempersilahkan diproses secara hukum.

“Program keempat penghormatan dan pemenuhan HAM karena ini menjadi sorotan nasional dan internasional. Namun ini tidak bisa dilihat kasus per kasus atau di saat pemerintahan saat ini saja karena ada kaitannya dengan yang lalu,” katanya.

Budaya Sadar Hukum

Program kelima menurut Ade, akan digalakkan budaya sadar hukum. Salah satu contohnya adalah telah melakukan tata kelola Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan perbaikan regulasi.

“Kami tawarkan lima program itu kepada pemilih agar fokus menciptakan penegakan sistem hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya,” ujarnya.

Dia mengakui selama empat tahun pemerintahan Jokowi, masih banyak masalah hukum yang belum terselesaikan. Sehingga menjadi salah satu prioritas untuk diselesaikan ketika Jokowi terpilih kembali.

“Komitmen itu dituangkan dalam Nawacita Jilid II sehingga diharapkan penegakan hukum bisa berjalan lebih efektif,” ucap Irvan.

3 dari 4 halaman

Komitmen Prabowo-Sandiaga Berantas Korupsi Pejabat

Melihat maraknya praktik korupsi yang telah masuk ke dalam sendi-sendi kehidupan di RI, bukan hal yang luar biasa apabila rakyat menuntut capres dan cawapres di Pilpres 2019 memiliki komitmen dalam pemberantasan korupsi.

Dilihat dari visi misi Prabowo-Sandiaga, pasangan yang diusung oleh Gerindra, Demokrat, PKS dan PAN ini memiliki janji untuk mencegah korupsi terjadi di birokrasi Indonesia. Dengan cara penerapan manajemen terbuka dan akuntabel.

“Termasuk kerja sama dengan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman,” tulis visi misi Prabowo-Sandiaga dikutip merdeka.com, Sabtu, 27 Oktober 2018.

Dalam janjinya, Prabowo-Sandiaga juga akan menindak tegas para koruptor, pengedar narkoba dan pelaku perdagangan manusia. Dengan cara, penegakan hukum yang adil dan transparan.

Mereka juga komitmen untuk melakukan pencegahan korupsi di semua lini dengan cara manajemen terbuka dan akuntabel.

“Mengembangkan sistem smart government untuk meningkatkan kualitas pelayanan, guna mencegah manipulasi dan korupsi,” jelas Prabowo-Sandiaga.

Salah satu pelaku korupsi yang kerap ditangkap KPK adalah politikus. Baik di eksekutif dan legilsatif, pusat maupun daerah. Cara pencegahan korupsi dalam lini ini juga dilihat Prabowo-Sandiaga dengan cara melakukan kedaulatan tata kelola partai politik yang baik.

Sayang, di situ, Prabowo-Sandiaga tak menjabarkan detail bagaimana tata kelola yang baik tersebut. Tapi di sisi lain, Prabowo-Sandiaga juga dalam janjinya, ingin memperkuat lembaga perwakilan yang menyuarakan aspirasi rakyat.

Korupsi Pejabat Negara

Adapun Juru Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ahmad Riza Patria, mengungkapkan masalah korupsi yang melibatkan pejabat negara bakal diangkat dalam debat perdana Pilpres 2019 pada 17 Januari 2019.

Apalagi, imbuh dia, kasus korupsi di Indonesia semakin banyak pada era reformasi ini.

“Dulu yang korupsi cuma di level pimpinan pusat di atas. Sekarang sampai ke pemerintah daerah. Bahkan sampai ke kepala desa,” ucap Riza kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 11 Januari 2019.

Riza mengacu pada tindak operasi tangkap tangan (OTT) terhadap kepala daerah yang marak di pemerintahan Jokowi.

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Jejak Tony Prasetiantono dalam Perekonomian Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Universitas Gadjah Mada berduka. Rabu malam (16/1/2019) Ekonom yang juga dosen Fakultas Ekonomika Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta A. Tony Prasetiantono tutup usia.

Berpulangnya A. Tony Prasetiantono dikabarkan oleh Ketua Harian Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) yang juga Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

“Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Telah meninggal dunia Bapak A. Tony Prasetiantono,” kata Budi kepada Liputan6.com, Kamis (17/1/2019).

Tony meninggal di Jakarta pada Hari Rabu, 16 Januari 2019 pukul Jam 23.30 WIB. Saat ini, jenazah berada di jakarta dan pagi ini, 17 Januari 2019 direncanakan tiba di Jogja.

Nantinya jenazah Tony akan disemayamkan di rumah duka yang beralamat di Kompleks Pesona Merapi Blok J78, Sleman. Tony Meninggalkan istri bernama Eva Supita Dewi dan seorang anak Meidyana Sashaputri.

Menurut Budi, Tony merupakan sosok intelektual yang baik dan humoris. “kita sangat kehilangan. Semoga almarhum mendaoat tempat di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Amin,” kata Budi.

Tony Prasetiantono merupakan ekonom sekaligus dosen senior Fakultas Ekonomika Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada. Tulisan-tulisannya mengenai ekonomi kerap hadir di berbagai media di Indonesia.

2 dari 5 halaman

Latar Belakang Pendidikan

Anthonius Tony Prasetiantono lahir di Muntilan, Jawa Tengah 27 Oktober 1962. Ia tercatat sebagai alumni SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Pada 1986 Ia lulus dengan predikat cum laude dari Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada. Tony juga merupakan mahasiswa teladan I di Universitas Gadjah Mada. Tony kemudian terdaftar sebagai dosen tetap di FEB UGM sejak 1986.

Pada tahun 1991 Tony melanjutkan studi masternya dan berhasil meraih gelar Master of Science (MSc) dari University of Pennsylvania, Philadelphia, Amerika Serikat. Kemudian pada 2005 gelar Ph.D berhasil diraih Tony dari Australian National University, Australia.

3 dari 5 halaman

Menduduki Jabatan Penting pada sektor Perekonomian Indonesia

Sejak 1986 hingga saat ini Tony tercatat sebagai dosen tetap Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada. Pada 2010 hingga 2018 Tony menjabat sebagai Kepala Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik Universitas Gadjah Mada. Tak hanya itu, Tony pernah memegang sejumlah jabatan penting di luar UGM.

Tony juga tergabung dalam grup riset bidang ekonomi pembangunan, ekonomi moneter, klaster ekonomi dan biokimia.

Tony sempat menduduki jabatan-jabatan penting pada bidang perekonomi di Indonesia. Di antaranya pernah menjabat komisaris independen Bank Mandiri tahun dari 2003 hingga 2005. Kemudian menjadi Chief Economist Bank BNI sejak September 2006 hingga 2010.

Sejak tahun 2011, Tony menjabat menjadi komisaris independen Bank Permata. Tony juga pernah menjadi anggota komite informasi di Lembaga Penjamin Simpanan pada 2009-2010 dan anggota Komite Seleksi Dewan Komisaris Otoritas Jasa Keuangan Indonesia (OJK) pada 2017.

Tony tercatat sebagai member Badan Supervisi Bank Indonesia (BSBI)sejak 2017 hingga 2020 mendatang.

4 dari 5 halaman

Aktif Menulis

Dalam bidang perekonomian Tony dikenal aktif menulis di berbagai kolom media nasional. Tulisan-tulisannya merupakan pengamatan Tony mengenai ulasan berbagai perkembangan ekonomi di Indonesia. Pada tulisan-tulisanya Tony juga menyampaikan gagasan bagi perkembangan ekonomi Indonesia. Sejak 2009 Tony juga tercatat sebagai anggota Dewan Redaksi Majalah Prisma. Majalah Prisma merupakan majalah yang fokus pada jurnal pemikiran sosial ekonomi.

Beberapa tulisan kolom Tony Sempat diterbitkan menjadi beberapa buku, antara lain, Rambu-rambu yang Diabaikan (2005); Keluar dari Krisis: Analisis Ekonomi Indonesia (2000); dan Agenda Ekonomi Indonesia(1995).

Pria penikmat aliran musik jazz ini juga sempat terlibat dalam beberapa penelitian pada tahun 2000 ia melakukan penelitian terkait evaluasi dan implementasi program subsidi kredit untuk usaha kecil di Bank Indonesia.

Lalu pada 2003 Tony melakukan penelitian di Australian National University mengenai Indonesia Update Annual Conference. Ia juga mengerjakan project Indonesia CEO Gathering pada tahun 2003. Sebelumnya, pada 1996-2000 ia pernah meneliti Pertamina.

5 dari 5 halaman

Ekonom senior

Tony Prasetiantono merupakan ekonom senior yang sudah malang melintang di bidang makro ekonomi dan ekonomi pembangunan dan perbankan.

Pemikirannya turut menjadi sumbangsih untuk menjaga kestabilan perekonomian Tanah Air.

Ia pernah mengatakan, minimnya risiko Indonesia terkena krisis tak lepas dari kebijakan yang diambil oleh pemerintahan.

Kebijakan pemerintahan dalam hal ini, tentu policy mix, yaitu kombinasi kebijakan moneter dan fiskal. Tetapi proyek infrastruktur tetap menjadi panglima. Semua pihak mengakui itu,” ujar Tony pada Rabu (12/9/2018).

Selain kebijakan pemerintah di ranah moneter dan fiskal, lanjut dia, ada dua faktor positif yang mendukung analisis Nomura. Pertama, banyaknya proyek infrastruktur strategis yang menjadi daya tarik investor asing untuk menanamkan modal ke Indonesia sehingga mampu menangkal krisis.

”Tidak hanya strategis, proyek-proyek infrastruktur tersebut menjadi daya tarik karena efisien dan daya saingnya meningkat drastis. Ini yang membuat investor asing terkesan,” kata dia.

Kedua, kondisi sektor perbankan yang baik. Saat ini Capital Adequacy Ratio (CAR) atau rasio kecukupan modal perbankan berada di angka 22 persen. Hal itu menjadi garansi tidak akan terjadi krisis ekonomi yang berasal dari sektor perbankan, seperti terjadi pada krisis 1998.

”Bank masih bisa memberikan kredit (lending) dengan ekspansi 9 sampai 10 persen. Suatu hal yang tidak terjadi pada krisis 1998 lalu,” lanjut dia.

Kendati Indonesia berisiko kecil terpapar krisis, Tony tetap berharap pemerintah bisa mengendalikan defisit transaksi berjalan (CAD) yang mencapai 3 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Caranya adalah dengan mengerem proyek-proyek berbasis impor atau menggunakan devisa negara.

Debat Capres, Ini Program Jokowi-Ma’ruf Vs Prabowo-Sandiaga Berantas Korupsi

Jakarta – Capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno beradu gagasan dan program di debat Pilpres 2019 perdana. Kedua pasangan calon akan bicara dan saling bertanya soal hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Ada 6 segmen debat capres 2019 yang digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Dua segmen di antaranya, masing-masing paslon akan menjawab pertanyaan yang diajukan moderator. Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandiaga juga saling bertanya pada dua segmen debat Pilpres 2019.

Dikutip dari visi-misi Jokowi-Ma’ruf “Meneruskan Jalan Perubahan untuk Indonesia Maju: Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong Royong”, paslon nomor urut 01 ini memiliki program penegakan sistem hukum yang bebas dari korupsi, bermartabat dan tepercaya.

Khusus untuk program pencegahan dan pemberantasan korupsi, Jokowi-Ma’ruf menyebut korupsi adalah kejahatan luar biasa yang bisa meruntuhkan sendi-sendi perekonomian bangsa serta membawa dampak pada pemiskinan struktural. Untuk melawan korupsi, aspek pencegahan sama pentingnya dengan aspek penegakan hukum yang tegas.

Pencegahan dan pemberantasan korupsi ini dikonsepkan Jokowi-Ma’ruf dengan program:

– Melaksanakan secara konsisten strategi nasional pencegahan korupsi yang fokus pada perizinan dan tata niaga, keuangan negara serta penegakan hukum dan reformasi birokrasi di setiap kementerian, lembaga, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya
– Meningkatkan kapasitas aparat pengawas intern pemerintah (APIP)
– Memperkuat KPK
– Meningkatkan sinergi dan kerja sama antar institusi penegak hukum dam pemberantasan kejahatan korupsi
– Menggiatkan transaksi non tunai sebagai tindakan pencegahan penggunaan uang tunai dalam tindak korupsi dan pencucian uang
– Mempertegas penindakan kejahatan perbankan dan pencucian uang

Sementara itu, paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga dalam visi misi dengan tagline Indonesia Menang memiliki lima fokus program kerja nasional.

Khusus pada program aksi menguatkan gerakan pemberantasan korupsi, Prabowo-Sandiaga mengatakan, peran masyarakat semakin penting dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih. Demi memperkuat peran tersebut, pemerintah menurut Prabowo-Sandiaga harus menunjukkan komitmen terhadap gerakan pemberantasn korupsi.

Dalam program pemberantasan korupsi, Prabowo-Sandiaga menyatakan berkomitmen terhadap sejumlah hal yakni:

– Memperkuat gerakan pemberantasan korupsi secara lebih sistematis dengan memperkuat KPK, Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman
– Menjamin untuk tidak mengintervensi KPK, Kepolisian, Kejaksaan dan Kehakiman dalam penegakan kasus-kasus korupsi
– Merevisi Inpres Nomor 1 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional di mana Jaksa Agung dan Kapolri diinstruksikan untuk mendahulukan proses administrasi pemerintahan sebelum melakukan penyidikan atas laporan masyarakat yang menyangkut penyalahgunaan wewenang dan detil lainnya yang justru berpotensi melindungi koruptor
– Memperkuat program edukasi antikorupsi bagi generasi muda, serta bekerja sama dengan swasta untuk menguatkan sinergi gerakan antikorupsi di sektor swasta dan publik
– Mengatur sistem pendanaan dan pembiayaan politik yang menjamin independensi transparansi, mencegah korupsi dan menjaga keberlangsungan demokrasi
– Mendorong peran serta elemen masyarakat untuk menjadikan pemberantasan korupsi sebagai gerakan kolektif dimulai dengan keteladanan para pemimpin di semua lini.
(fdn/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

TKN: Jokowi-Ma’ruf Tak Persiapan Khusus untuk Debat karena Rekam Jejak Baik

Jakarta – Pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin siap menjalani debat capres 2019 yang digelar malam nanti. Begini persiapan keduanya sebelum debat capres 2019.

“Jadi rencana beliau (Jokowi) baru sore ke bidakara. Beliau akan melaksanakan tugas seperti biasa,” ujar juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Ace Hasan Syadzily saat dihubungi, Kamis (17/1/2019).

Untuk Ma’ruf Amin, Ace mengatakan tokoh Nahdlatul Ulama itu tak memiliki agenda khusus jelang debat capres 2019. “Beliau tidak ada acara khusus. Mungkin beliau lebih siang menuju Bidakara (lokasi debat, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan) itu,” sebut Ace.

Ace mengatakan Jokowi sudah siap debat lantaran punya data-data. Soal kehadiran Yusril semalam di pematapan debat, Ace menyebut Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) itu hanya memperkaya perspektif pasangan calon nomor urut 01 itu. “Bahwa Pak Yusril hadir di situ memberikan masukan untuk memperkaya perspektif Pak Jokowi dan KH Ma’ruf,” ucap Ace.

Ketua DPP Partai Golkar itu menegaskan Jokowi-Ma’ruf akan berkegiatan seperti biasa sebelum debat capres, tak ada persiapan khusus. Bahkan, Ace menyebut Jokowi tetap akan melaksanakan tugas kepresidenan.

“Kalau mungkin Pak KH Ma’ruf lebih siang. Nggak ada kampanye, beliau fokus untuk hadapi debat. Kalau Pak jokowi masih menjalankan tugas kepresidenan, mungkin baru sore (ke lokasi debat),” jelas Ace.

Ace mengatakan Jokowi-Ma’ruf akan menjalani sesi debat tanpa beban. Ace mengatakan Jokowi-Ma’ruf tak punya beban masa lalu.

“Karena memilik rekam jejak yang baik, tidak dibebani kasus-kasus pelanggaran HAM berat, berintegritas tanpa terlibat kasus-kasus korupsi dan juga punya pengalaman dalam aspek-aspek teknis hukum dan pemerintahan,” katanya.

“Ibarat lomba lari cepat pasangan kami tidak harus memikul ransel dengan beban yang berat. Kakinya juga bergerak lincah tanpa tertahan kasus-kasus. Inilah yang membuat pasangan mantul. Pak Jokowi semakin mantul karena dalam 4 tahun ini sudah meletakkan fondasi bagi reformasi di bidang hukum, penegakan HAM, pemberantasan korupsi,” tutur Ace.
(gbr/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Jelang Debat, Jokowi dan TKN Gelar Rapat Tertutup

Fokus, Jakarta – Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo beserta Tim Kampanye Nasional terus mematangkan materi jelang debat perdana. Tim kampanye akan fokus membahas materi debat yang lebih dimengerti masyarakat terutama visi misi pasangan calon Jokowi-Ma’ruf.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar,  Kamis (17/1/2019), Jokowi beserta TKN menggelar pertemuan tertutup di Djakarta Theater, Jakarta, pada Rabu malam.

Usai pertemuan, Jokowi menyatakan pihaknya bersama TKN mengevaluasi pemantapan debat perdana. Menurut Jokowi, banyak masukan tema debat.

TKN Jokowi-Ma’ruf juga memberikan perhatian khusus pada penyampaian visi misi yang dimengerti publik sehingga debat menjadi momentum strategis. (Karlina Sintia Dewi)

Akankah Ira Koesno Bikin Debat Capres Gagal Fokus Seperti di Pilkada DKI?

Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memilih Ira Koesno dan Imam Prasojo sebagai moderator debat perdana calon presiden dan wakil presiden 2019.

Komisioner KPU Wahyu Setiawan mengatakan alasan dipilihnya Ira Koesno adalah untuk membuktikan bahwa ‘orang media’ bisa independen meski Ira sendiri sudah lama tak aktif.

Ira sendiri pernah menjadi moderator debat saat Pilkada DKI 2017 lalu. Perempuan bernama lengkap Dwi Noviratri Koesno itu langsung menjadi sorotan usai memimpin Debat Pilkada DKI 2017 pada putaran pertama. Kala itu, banyak pihak terkesima dengan pesona Ira ketimbang memperhatikan paparan visi misi tiap pasangan calon gubernur dan wakilnya.

Ira pun menuai banjir pujian di malam debat tersebut. Bahkan, tak sedikit media yang menyoroti kehidupan pribadi Ira guna lebih dekat lagi dengan sosok perempuan tersebut.

Sandiaga Uno, yang saat itu menjadi calon wakil gubernur mendampingi Anies Baswedan juga antusias saat mengetahui presenter Ira Koesno kembali dipilih oleh KPUD DKI Jakarta untuk jadi moderator debat Pilkada DKI putaran kedua.

“Saya lihat, mungkin karena Beliau sudah lama enggak kelihatan di TV dan membawakannya sangat lugas. Jadi banyak yang gagal fokus,” kata Sandi ketika itu.

Sandi mengatakan, pada debat pilkada pertama, kehadiran Ira Koesno sempat membuat heboh. Hal inilah yang membuat masyarakat mau menonton debat pilkada sehingga program masing-masing pasangan calon bisa tersampaikan.

2 dari 4 halaman

Hal yang Bikin Gagal Fokus

Banyak masyarakat yang memuji kecantikan mantan jurnalis itu. Di usianya yang sudah 47 tahun, ia masih tampak muda dan cantik.

Perempuan yang pernah menjadi pembaca berita di SCTV itu dianggap awet muda.

Selain rutin melakukan perawatan ke dokter, seperti informasi yang tersebar di media sosial, Ira Koesno juga memerhatikan betul pola makan sehari-hari.

Selain itu, tak bisa dimungkiri gayanya yang lugas dan tegas juga membuat para penonton gagal fokus ketika menyaksikan penampilan Ira Koesno di debat pilkada DKI putaran pertama.

Calon wakil gubernur DKI saat itu, Djarot Saiful Hidayat pun mengakui kepintaran dan kecerdasan mantan jurnalis itu. “Tegas, cantik, cerdas, adil, profesional,” tandas Djarot.

Meski cantik dan cerdas, ternyata Ira Koesno belum juga menikah hingga kini. Banyak yang mengagumi kecantikan dan kepintarannya, tapi rupanya Ira belum menemukan sosok yang tepat untuk menjadi pendamping hidupnya.

Ira yakin pada waktunya dia pasti bertemu dengan pria pilihannya. “Orang yang paham dengan dunia saya dan konsekuensinya,” ujar lulusan Broadcast Journalism di University of Westminster ini beberapa waktu lalu.

3 dari 4 halaman

Mengenal Ira Koesno

Seperti dikutip dari buku Di Balik Layar Liputan 6, menjadi pembawa berita bukanlah cita-cita perempuan kelahiran Jakarta tersebut. Sarjana akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini bercita-cita menjadi auditor.

Pada 1994, Ira Koesno meniti karier sesuai bidang ilmu yang dikuasainya: akuntansi. Dia bekerja di Auditor KPMG Hanadi Sujandro. Ia bertanggung jawab untuk audit pos neraca, verifikasi, konfirmasi, dan stock opname.

Cita-cita pun terangkai dalam pikirannya. Ketika itu, kata Ira, “Saya ingin melanjutkan pendidikan S2. Jurusan yang akan saya ambil tentunya harus sesuai dengan jalur karier. Karena saya ingin jadi auditor, maka saya harus ambil jurusan keuangan lagi”.

Namun, Ira menyadari masih ada passion dalam dirinya yang belum dikembangkan, yaitu menulis. Rupanya, minatnya di bidang menulis menemui jalan, saat ia membaca iklan di surat kabar:

“Dicari, reporter untuk televisi swasta”. Ia menganggap ini kesempatan untuk mengembangkan minatnya di bidang menulis.

Jalan hidup Ira Koesno pun berubah setelah melamar dan diterima bekerja di Liputan 6 SCTV. Cita-citanya menggeluti karier di bidang finansial ditinggalkan. Ia memasuki dunia baru: jurnalisme televisi.

Bungsu dari dua bersaudara pasangan Koesno Martoatmodjo dan Sri Utami ini beruntung karena menjalani profesi yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

“Saya punya dua dunia yang saya senangi, pertama finansial dan yang kedua tulis menulis. Setelah mencoba menjadi akuntan, saya ingin mencoba jadi wartawan,” tutur Ira seperti dikutip dalam laman Biografi Tokoh Indonesia.

Akankah Ira Koesno juga akan bikin debat capres cawapres malam ini gagal fokus?

4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Gelandang Persib Tak Sabar Menanti Dukungan Bobotoh

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung akan menghadapi Persiwa Wamena pada babak 32 besar Piala Indonesia 2019, Minggu (27/1/2019) di Stadion Wijaya Kusuma, Cilacap.

Untuk menghadapi pertandingan tersebut, pemain Persib sudah berlatih secara intensif. Gelandang Persib, Kim Jeffrey Kurniawan, mengaku sangat menantikan laga itu.

Kim pun mengaku sangat termotivasi untuk bisa mengalahkan skuat berjuluk Kasuari Hijau tersebut demi dapat melaju ke babak selanjutnya.

“Saya siap, dan kitanya juga Persib harus menang lawan Persiwa Wamena,” kata Kim, seperti dilansir situs resmi Persib.

Berdasarkan jadwal yang dirilis PSSI, skuat Maung Bandung akan menghadapi Persiwa dalam dua kali pertandingan. Laga pertama akan diselenggarakan di Stadion Wijayakusuma, Cilacap pada 27 Januari 2019 mendatang. Sedangkan laga kedua digelar pada Senin 4 Februari 2018, dan Persib akan bertindak sebagai tuan rumah.

2 dari 3 halaman

Dukungan Total

Menyoal jadwal pertandingan, Kim mengaku sangat senang. Pasalnya, dukungan total dari bobotoh akan segera kembali tersaji di Bandung.

“Saya tahu, awalnya kan cuma bilang hanya satu pertandingan, tapi sekarang home and away, jadi dua pertandingan. Yang pastinya saya senang dan itu satu alasan kami menunggu laga ini karena sekian lama pastinya stadion akan penuh lagi,” tandas pemilik nomor punggung 23 itu.

3 dari 3 halaman

Tetap Fokus

Sebelumnya, pelatih fiisk Persib, Yaya Sunarya, menjelaskan seharusnya saat ini tim sedang memersiapkan latihan pramusim. Namun dengan adanya laga di Piala Indonesia, tim pelatih tetap akan fokus untuk laga nanti.

“Tentunya kita tetap akan mempersiapkan tim ini dengan baik dan kita akan serius melakukan persiapan di Piala Indonesia,” ujarnya.