Baru Bebas, Adik Abu Bakar Ba’asyir Meninggal Dunia

Jakarta – Adik terpidana kasus terorisme, Abu Bakar Ba’asyir, Noeim Ba’asyir, yang baru saja bebas dari penjara, meninggal dunia. Diduga Noeim meninggal karena mengalami sakit jantung.

“Saya telah mengecek ke Polres Surakarta, menginfokan bahwa Noeim Ba’asyir benar, baru saja meninggal dunia,” kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah (Jateng) Kombes Agus Tri Atmaja ketika dikonfirmasi detikcom, Sabtu (23/2/2019).

Noeim Ba’asyir dikabarkan mengalami sakit jantung dan sempat diberi pertolongan pertama ke RS Kustati, Solo. Saat ini jenazahnya dikabarkan masih berada di rumah sakit.

“Kabarnya (meninggal) barusan,” imbuh Agus.

Noeim baru saja menghirup udara bebas setelah menjalani proses pemidanaan selama 6 tahun. Dia bebas murni pada 19 Februari kemarin.

Dua tahun terakhir masa penahanannya, dia menghuni Lapas Tulungagung. Noeim kerap berpindah lapas selama menjalani masa tahanan.

Pada 19 Februari 2019 lalu, Noeim baru saja bebas dari LP Tulungagung. Selama hampir 2 tahun terakhir Noeim menjalani pemidanaan di Lapas Klas IIB Tulungagung.
(aud/rvk)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Sociopreneur Harus Hati-Hati Saat Gabungkan Bisnis dengan Kegiatan Sosial

Liputan6.com, Jakarta – Acara Awarding Night Secangkir Semangat #BuatTujuanmuNyata yang digelar Kapal Api di Ballroom Hotel Grand Hyatt, Jakarta diwarnai dengan sesi Coffee Talk menarik. Salah satu narasumber yang hadir adalah Iwan Murty, CEO PT Tristar Service Indonesia.

Selaku investor, Iwan menilai ide usaha yang dikemukakan para peserta Secangkir Semangat luar biasa. Mereka dapat mengambil peluang bisnis yang berasal dari masalah sosial.

Meski begitu, Iwan mengatakan hendaknya para sociopreneur berhati-hati dengan tujuan bisnisnya. Salah-salah, usaha yang sudah berkembang malah mengarah jadi organisasi non profit.

“Idenya sangat bagus dan idealis, menangkap semua peluang, namun dari kacamata bisnis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Modal, target pasar, setelah dapat modal alokasi dana kemana saja, dan sebagainya. Harus ada rencana yang rinci agar nantinya bisnis tidak salah arah jadi organisasi non profit,” ungkap Iwan dalam sesi Coffee Talk di Jakarta, Sabtu (22/2/2019).

Sekadar informasi, beragam ide usaha unik dan berkelanjutan telah dipresentasikan oleh 20 peserta Secangkir Semangat. Ada yang bergerak di sektor pangan, cinderamata hingga konstruksi. 

Sebut saja Titik Balik Coffee yang memberdayakan para warga binaan untuk menjadi karyawan, Ecopaving yang memanfaatkan sampah plastik untuk dijadikan bahan konstruksi dan Sekolah Lapangan Timor Moringa Organik Indonesia yang bergerak di sektor pendidikan dan pertanian.

Ketiga ide bisnis ini merupakan pemenang dalam program Secangkir Semangat dan telah mendapatkan bantuan dana pembinaan dari Kapal Api.

2 dari 2 halaman

Tiga Pemenang

Sebelumnya, Kapal Api resmi tutup program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu dengan menggelar acara Awarding Night di Hotel Grand Hyatt, Jakarta.

Dalam acara ini kemudian didapat tiga pemenang utama dengan ide usaha terbaik. Setelah melewati beragam seleksi, akhirnya tiga ide usaha dari anak muda Indonesia berhasil meyakinkan para juri, ide mereka nyata dan berdampak bagi masyarakat.

Pemenang pertama ialah Meybi Agnesia Lomanledo asal Nusa Tenggara Timur dengan ide bisnis pengolahan daun kelor yang dimulai dengan Sekolah Lapangan Timor Moringa Organik Indonesia, pemenang kedua ialah Azis Pusakantara asal Jakarta dengan ide usaha Ecopaving dan pemenang ketiga ialah Elven Aprilnico dengan ide usaha Titik Balik Coffee.

Meybi mengatakan, belum meratanya sekolah di daerah terpencil NTT menginspirasinya untuk mengedukasi masyarakat akan kemampuan soft skill di berbagai sektor.

“Warga mendambakan keterampilan yang peka terhadap kebutuhan sosial. Oleh karenanya kami dirikan Sekolah Lapangan Timor Moringa Organik Indonesia (SL TMOI) untuk mencapai tujuan itu,” ujar Meybi di Jakarta, Sabtu 22 Februari 2019.

Ketiga pemenang mendapatkan hadiah uang binaan dengan jumlah yang bervariatif. Untuk juara 1 mendapatkan Rp 250 juta, untuk juara 2 mendapatkan Rp 150 juta dan untuk juara 3 mendapatkan Rp 50 juta.

Para pemenang menegaskan, Program Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu menjadi bekal luar biasa bagi mereka.

Ilmu dan pengalaman dari para mentor sangat berharga untuk kelanjutan bisnis mereka ke depan. Diharapkan, pemuda-pemuda ini dapat menjadi pemimpin yang tidak hanya dapat berbisnis namun memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat dan lingkungan.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Titik Terang Penemuan Jasad Perempuan dalam Karung di Perairan Jepara

Liputan6.com, Kendal – Polisi memastikan jasad perempuan dalam karung yang ditemukan di sekitar perairan Teluk Awur, Kabupaten Jepara, Jumat (22/2), sebagai Sri Setijawati (48), korban pembunuhan yang dibuang ke Sungai Kalibodri Kendal.

Kapolres Kendal AKBP Hamka Mappita mengatakan, hal tersebut dibuktikan dengan pemeriksaan sidik jari korban yang dicocokkan dengan data kependudukan.

Dalam pencocokan sidik jari tersebut, lanjut dia, terdapat 18 titik persamaan yang disimpulkan identik dengan korban Sri Setijawati. Adapun dari ciri-ciri fisik didapati bakas luka tusuk di leher serta pinggang. Diduga korban pembunuhan.

Korban sendiri sempat di bawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Semarang untuk diautopsi, sebelum akhirnya diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan, Sabtu (23/2/2019) dilansir Antara.

Sebelumnya diberitakan, sesosok jasad perempuan dalam karung yang ditemukan di sekitar perairan Teluk Awur, Kabupaten Jepara, Jumat (22/2).

Sri Setijawati warga Kota Semarang, diduga dibunuh oleh Ashar warga Perumahan Witjitraland, Kabupaten Kendal pada 13 Februari 2019.

Belum diketahui pasti alasan pelaku menghabisi korban di rumahnya dengan menusuk lehernya.

Korban sendiri sempat disimpan di sebuah rumah kosong selama tiga hari sebelum akhirnya dibuang ke sungai. Pelaku pembunuhan sendiri menyerahkan diri dengan di antar keluarganya ke polisi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pertamina Tambah Dua Titik BBM Satu Harga di Maluku dan Papua

Liputan6.com, Jakarta – PT Pertamina (Persero), Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian KESDM) kembali meresmikan lembaga penyalur BBM Satu Harga di dua lokasi berbeda yakni masing-masing di Maluku dan Papua, pada Jumat 22 Februari 2019.

Adapun yang titik yang diresmikan adalah SPBU Kompak 86.975.26 Air Buaya, Kabupaten Buru dan SPBU Kompak 86.995.18 Bolakme, Kabupaten Jayawijaya. Kedua titik ini merupakan titik BBM Satu Harga yang telah uji operasi pada 2018.

“Dengan beroperasinya SPBU BBM 1 Harga di Kecamatan Air Buaya – Kab.Buru dan Bolakme – Kab. Jayawijaya maka Pertamina MOR VIII sudah merealisasikan 39 titik lokasi dan direncanakan 12 titik lokasi akan beroperasi di tahun 2019,” kata General Manager Pertamina MOR VIII, Iin Febrian, Sabtu (23/2/2019).

Ia pun menambahkan, Pertamina terus menjaga komitmen untuk melayani masyarakat dan mendukung program Pemerintah mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. “Ini adalah wujud upaya Pertamina untuk merajut nusantara,” tambah Iin.

Sementara itu, Sekjen Kementerian ESDM, Ego Syahrial, menyatakan, BBM Satu Harga adalah wujud kepedulian dari Pemerintah melalui BUMN untuk merealisasikan keadilan sosial dan mewujudkan konsep membangun Indonesia dari pinggiran.

Oleh karena itu, Pemerintah mengapresiasi kepada Pertamina atas upaya penyediaan energi hingga ke wilayah pelosok secara merata dengan harga terjangkau.

“Upaya pemerataan energi melalui BBM Satu Harga merupakan usaha yang luar biasa Pemerintah dan PT Pertamina (Persero) serta badan usaha pendamping agar mampu menggerakkan sektor-sektor ekonomi, termasuk di Buru yang masuk wilayah 3T,” papar Ego

SPBU 86.975.26 Kecamatan Air Buaya, Kab. Buru yang diresmikan hari ini memasok BBM jenis Premium, Solar, dan Pertalite dengan masing-masing berkapasitas 5KL.

Titik suplai berasal dari TBBM Namlea yang berjarak sekitar 100 km dan ditempuh dengan perjalanan darat menggunakan mobil tangki selama tiga jam. Adapun kuota per bulan untuk Premium sebesar 60 KL dan Solar 20 KL.

2 dari 2 halaman

Sebelum Ada Titik BBM Satu Harga

Sebelum ada titik BBM Satu Harga ini, masyarakat memperoleh BBM untuk transportasi dan kebutuhan nelayan dari lembaga penyalur terdekat yakni sejauh kurang lebih 60 KM ke APMS Lala.

Kemudian kurang lebih 88 KM ke SPBU Namlea sehingga membuat harga Premium menjadi Rp 9.000 per liter dan Solar 10.000 per Liter di wilayah ini.

Dengan ada SPBU ini, masyarakat Kecamatan Air Buaya kini bisa mendapatkan BBM dengan harga yang sama dengan wilayah lainnya yakni Premium Rp 6.450 per liter dan Solar Rp 5.150 per liter.

Sementara itu, BBM di distrik Bolakme dikirim dari supply point Terminal BBM Jayapura yang diangkut menggunakan mobil tangki kemudian dilanjutkan menggunakan pesawat terbang dan mobil truk.

Jarak yang ditempuh yakni sejauh 145 km dengan waktu tempuh normal hingga 3 jam. Adapun setiap dua kali dalam sebulan akan dipasok masing-masing sebanyak 50 KL Bio Solar dan 150 KL Premium.

Pertamina berharap agar kehadiran titik BBM Satu Harga ini memberi dampak positif di bidang ekonomi dan sosial bagi masyarakat di wilayah masing-masing. 

Selain itu, Pertamina juga mengharapkan agar seluruh pihak khususnya kepada pemerintah daerah, Kepolisian, dan para stakeholders agar dapat mendukung dan mengawasi pelaksanaan program BBM Satu Harga di wilayah Air Buaya dan juga Bolakme sehingga proses distribusi BBM dapat berjalan dengan lancar dan seluruh masyarakat dapat merasakan manfaatnya. (Yas)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tak Hanya Tamara Bleszynski, Bella Saphira Juga Buka Rumah Makan

Liputan6.com, Jakarta – Sejumlah artis di Tanah Air membuka rumah makan. Baru-baru ini Tamara Bleszynski pun membuka rumah makan di Bali. Ternyata, jauh sebelum Tamara, aktris Bella Saphira pun membuka rumah makan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Bella mengumumkan bahwa ia pun membuka sebuah rumah makan yang ia beri nama Torani. Di tengah kesibukannya, Bella menyempatkan diri berkunjung ke tempat usahanya itu, dan ke tempat usaha kawannya yang juga bernama sama.

“Sebagai pemilik RM TORANI – MAKASSAR Maka tentu saja Saya menyempatkan diri berkunjung dan menikmati hidangan seafood, bakar2an dan yg lain nya lezat tiada tara yg menjadi Andalan RM TORANI Balikpapan, Milik Kawan Kami,” tulis Bella dalam akun Instagram pribadinya, 21 Februari 2019.

Dalam foto yang diunggahnya, Bella terlihat sedang menyantap hidangan laut dan lauk-pauk yang disajikan di hadapannya. Ia juga mengunggah sejumlah hidangan lain, seperti udang, kepiting, kerang.

“Kelezatan dan bumbu2 rempah yg Ngangenin dan menjadi Andalan Seafood – Ikan2 segar di : RM TORANI – MAKASSAR juga,” lanjut istri Letnan Jenderal TNI Agus Surya Bakti.

Dengan penuh keyakinan, kata Bella, sekarang ia harus mempromosikan dan membuktikan dan menyemangati dirinya dalam menjalani bisnis kuliner yang telah dimulai sejak Juli 2017 di Kota Makassar.

“Karena, Hidangan di TORANI terbukti memang memiliki Ramuan Bumbu2 Khas yg Lezat Sedap Amat Sesuai Lidah Rasa Lokal kita Wong Indonesia.Sambal2 Torani dan technic tradisional nya benar2 membuat kami amat menghargai dan Respect pada Kuliner Khas Indonesia!” kata Bella.

Bella berharap, bisnis kulinernya itu sukses dan menjadi ladang ibadah bersama. “Titip Doakan saya juga ya krn selain saya cinta kuliner Indonesia,Saya full support gerakan : #gemarmakanikan,” tulis Bella Saphira.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Demi MU, Wonderkid Prancis Berani Tolak Barcelona dan PSG

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) baru saja berhasil merekrut salah satu talenta berbakat Prancis Noam Emeran. Pemuda 16 tahun itu direkrut Setan Merah dari Amiens.

Emeran meneken kontrak berdurasi tiga setengah tahun. Karena masih sangat belia, Emeran terlebih dahulu bergabung dengan tim U-18 MU. Wonderkid Prancis ini akan bekerja bersama legenda MU Nicky Butt yang menangani tim U-18 The Red Devils. 

Kepastian Emeran pindah ke MU terjadi pekan lalu. Emeran mengungkapkan kebahagiannya dapat bergabung bersama Manchester United dia media sosial.

Bergabung dengan MU membuat bahagia Emeran. Demi memperkuat Setan Merah, Emeran terpaksa menolak pinangan dari Paris Saint Germain dan Barcelona yang juga berminat.

“Manchester United jauh lebih meyakinkan ketimbang PSG dan Barcelona,” ujar Emeran kepada Le Parisien.

MU sudah sejak awal Januari mengejar Emeran. Namun kepindahannya tertunda cukup lama. Baru pada pertengahan Februari ini, MU resmi mendapatkan Emeran.

2 dari 2 halaman

Akademi

Emeran berposisi sebagai pemain sayap. MU kepincut dengan penampilan menawan Emeran bersama Amiens musim ini dan memutuskan bergerak cepat mengamankan bakatnya.

MU berharap Emeran bisa sukses dan menjadi pemain besar. Saat ini ada dua pemain akademi MU yang menembus tim utama yakni Paul Pogba dan Marcus Rashford.

FOTO: Menikmati Kuala Lumpur dari Ketinggian

1/5

Gambar pada 14 Februari 2019, para turis menikmati dan mengambil gambar pemandangan cakrawala kota dari dek observasi Menara Kuala Lumpur di ibu kota Malaysia. Di sini pengunjung bisa mengamati segala penjuru kota Kuala Lumpur. (Mohd RASFAN / AFP)

Ketika Perayaan Imlek dan Haul Gus Dur Berpadu di Solo

Solo – Nilai Pluralisme sudah melekat dengan sosok Presiden keempat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Hal itulah yang juga diangkat dalam peringatan Haul Gus Dur ke-9 di Solo.

Sebelum puncak acara haul, ribuan orang dari lintas agama, etnis dan budaya mengikuti kirab, Sabtu (23/2/2019). Mereka menggaungkan semangat persatuan di dalam kebhinnekaan Indonesia.

Terlihat berbagai atraksi budaya tampil dalam kirab tersebut, antara lain aksi liong dan barongsai, tarian Jawa, wayang orang hingga seni musik hadrah. Beberapa peserta membawa spanduk ajakan bertoleransi.

Adapun kirab dimulai setelah Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dan putri Gus Dur, Yenny Wahid mengibarkan bendera start. Peserta kemudian berjalan dari Stadion Manahan menuju Stadion Sriwedari.

Kirab bertajuk Berjuta Warna Satu Jiwa Indonesia ini kemudian akan dilanjutkan acara haul di dalam Stadion Sriwedari. Diperkirakan ada 101 ribu orang yang hadir mengikuti acara tersebut.

“Acara ini juga sekaligus memperingati HUT ke-274 Kota Solo dan perayaan Imlek yang kebetulan jatuh di bulan Februari. Diharapkan acara ini semakin meningkatkan toleransi kita sesama manusia,” kata ketua panitia haul, Husein Syifa usai kirab.

Sementara itu, Ketua Panitia Bersama Imlek Surakarta, Sumartono Hadinoto, mengatakan Imlek tahun ini merupakan satu rangkaian acara haul Gus Dur. Hari ini, haul juga menandai berakhirnya rangkaian acara imlek di Solo.

“Dulu memang saya dan panitia haul sudah berkomunikasi. Acara imlek kali ini sengaja dimundurkan waktunya agar bareng dengan haul Gus Dur,” kata Martono.

Kolaborasi kedua pihak tersebut tidak lain karena sosok Gus Dur juga dirasa penting bagi warga keturunan Tionghoa. Budaya Tionghoa dapat kembali muncul berkat kebijakan Gus Dur.

“Kalau boleh mewakili masyarakat Tionghoa di Indonesia, saya sangat bersyukur punya sosok membanggakan seperti Gus Dur. Berkat beliau, kami bisa merayakan imlek kembali,” ujarnya.

Seperti diberitakan, Haul Gus Dur ke-9 bakal dihadiri sejumlah tokoh, antara lain Mahfud Md dan KH Mustofa Bisri (Gus Mus). Selain pembacaan doa, tokoh-tokoh tersebut juga akan memberikan testimoninya selama mengenal Gus Dur.
(bai/skm)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ini Poin Pidato Politik Jokowi di Konvensi Rakyat Besok

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pidato politik di ‘Konvensi Rakyat Optimis Indonesia Maju’ di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat pada Minggu 24 Februari 2019.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir mengungkapkan poin-poin yang akan disampaikan Jokowi pada acara tersebut. Hal itu disampaikan Erick usai menjadi pembicara di acara seminar bertajuk ‘Mengapa Harus Memilih’ yang diselenggatakan Alumni Theresia Bersatu di Pecenongan, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2/2019).

“Pasti kan apa yang selama ini dipertanyakan, rencana ke depan Pak Jokowi mau apa, akan dijawab,” ujar Erick.

Dia memastikan, pemaparan pada pidato politik nanti berbeda dengan visi misi yang disampaikan saat debat capres. Dia juga tak menampik Jokowi akan menyampaikan program baru untuk pemerintahan periode berikutnya.

“Pasti akan menekankan mengenai data-data yang saya presentasikan tadi, mengenai SDM di mana kita lihat pertumbuhan kita bagus, hasilnya bagus, tapi masih ada kebutuhan yang penting untuk pembangunan SDM ke depan,” tutur Erick.

Dia juga mengklaim bahwa pemerintahan Jokowi saat ini telah berhasil menciptakan 10,4 juta lapangan pekerjaan di Indonesia. Jokowi, kata dia, berkomitmen untuk terus meningkatkan jumlah lapangan kerja di Indonesia untuk memperbaiki ekonomi rakyat.

“Yang menarik itu akan terus ditingkatkan, dipersiapkan. Jangan sampai nanti kita ribut-ribut 2019, tapi 2024 ke atas kita tidak siap atas perubahan yang terjadi di dunia,” ucap Erick.

2 dari 2 halaman

Bukan Tiru Prabowo

Erick menampik tudingan pidato politik Jokowi itu meniru capres nomor urut 2, Prabowo Subianto. Apa yang dilakukan Jokowi besok, berbeda dengan kubu penantang di Pilpres 2019.

“Enggak. Yang suka meniru bukan kita kok. Saya rasa ini, konvensi rakyat optimis Indonesia maju, saya rasa beda. Jadi ini buat rakyat semuanya. Dan program pemerintah jelas semua menuju ke rakyat, mulai KIS, KIP, dana desa, dan lain-lain,” katanya.


Saksikan video pilihan di bawah ini: