Melihat Masa Muda Ani Yudhoyono, Ditemani Caktor hingga Menolak Asmara

Liputan6.com, Jakarta – Ani Yudhoyono yang lahir dari keluarga Sarwo Edhie Wibowo sudah terbiasa hidup dengan latar belakang TNI. Sebelum menikah dengan SBY, Ani juga pernah tinggal di Komplek RPKAD.

Kuatnya pengaruh gaya hidup sederhana dari kedua orangtua membuatnya tidak ada keinginan menjadi seperti anak gaul Jakarta. Dirinya hanya mendekam saja sebagai anak-anak RPKAD Cijantung yang bergaul hanya di sekitar kompleks. Fase masa mudanya sangat mempengaruhi pembentukan mental Ani keepan.

“Maka sesulit apa pun, berjuanglah untuk terus berada di bidang putih. Jika kita berdiri di atas titik yang benar, kita bisa membawa cahaya kepada semua warna. Yang putih tetap terang. Yang hitam terpanggil menuju terang. Dan yang abu-abu menjadi mantap memilih jati diri yang baik, yang memutihkan dirinya. Inilah kalimat Papi mengenai kepemimpinan yang kelak sangat berguna membentuk mentalku.”

Demikian kata Ani Yudhoyono dikutip dari buku Kepak Sayap Putri Prajurit, Karya Alberthiene Endah, Jumat (15/2/2019).

Peristiwa G30S PKI merupakan pembelajaran pertama bagi dirinya. Dalam situasi saat itu, Ani dan anak-anak kompleks RPKAD menjadi lebih dewasa. Sebab semua menyadari keluarga RPKAD sedang berada dalam situasi yang berbahaya karena isu yang beredar.

Sang ayah yang diberi tugas untuk menumpas PKI, kerap bepergian. Sekali pergi bisa berbulan-bulan demi mencari sisa-sisa pengikut PKI.

Hal itu sering membuat Ani Yudhoyono bertanya pada dirinya sendiri, “Apa ibu tidak gelisah ditinggal suami yang entah bagaimana nasibnya.” Tetapi ia tahu bahwa ibunya adalah sosok yang tangguh dan seorang istri tentara sejati.

Saat G30S PKI sudah mereda dan menuju era Orde baru, sang ayah membawa kabar mengejutkan. “Papi akan pindah ke Medan,” kata Ani. Saat itu situasinya ia akan melakukan ujian SMP.

Akhirnya dibuatlah keputusan agar sang ayah dan ibu berangkat terlebih dulu. Kemudian disusul anak-anak setelah urusan sekolah mereka beres.

2 dari 3 halaman

Tidur Ditemani Caktor

Tinggal di Medan berbeda dengan situasi saat di Cijantung. Rumah mereka terletak di pinggir jalan. Saat itu sedang populer kendaraan bernama caktor, alias becak motor. Kendaraan ini beroperasi tanpa kenal waktu dan mengeluarkan suara yang memekakkan telinga. Hal itu yang menyebabkan mereka sulit tidur di malam hari.

Seiring berjalannya waktu sang Ayah dipindah ke Irian Jaya menjadi Pangdam XVII Cendrawasih. Keluarga harus pindah kembali. Tapi situasi Irian Jaya saat itu masih belum memungkinkan. Terutama untuk pendidikan, khususnya bagi Wiwiek yang harus berkuliah. Akhirnya empat anak terbesar kembali tinggal di Cijantung.

Setelah kembalinya Ani dan saudara ke Cijantung, dirinya kembali melanjutkan sekolah di SMA Slamet Riyadi, Cijantung sebelum mendapatkan kembali sekolah negeri. Tahun 1968 Ani dan saudarinya mendaftar di SMA 24. Inilah masa SMA seorang Ani Yudhoyono.

Sekolah di SMA 24 berbeda dengan sekolah di Medan yang murid-muridnya sangat patuh. “Pada hari pertama aku masuk, ada pelajaran menggambar. Gurunya sering terkantuk-kantuk. Pada saat itulah aku menyaksikan ragam perilaku yang mencengangkan. Murid cowok asyik mengepulkan asap rokok dan yang cewek dengan santai menarik sesuatu dari kolong meja, mangkuk bakso! Astaga!” kata Ani Yudhoyono.

Mulai dari situ, Ani memahami karakter kawannya. Hari-hari awal bersekolah memang butuh adaptasi. Kemudian Ani semakin dekat dengan sejumlah siswa.

Teman-teman di SMAnya merasa kaget, “Anak jenderal kok sekolah di sini?”. Tapi Ani menjelaskan bahwa keluarganya memang hidup sederhana saja.

Masa SMA Ani sama seperti anak SMA pada umumnya. Diisi dengan belajar, olahraga, main, makan di kantin, bahkan diwarnai dengan perkelahian dan candaan masa remaja.

3 dari 3 halaman

Menolak Asmara

Walau rajin belajar, Ani tidak menutup diri dari pergaulan. Pergi ke pusat perbelanjaan, berenang, atau hanya berkumpul di rumah bersama kawan sering dilakukan.

Asmara remaja bukan hal yang asing bagi anak SMA. Laki-laki yang naksir Ani juga ada. Tapi Ani memang tidak berani menanggapi. Sebab Ani hanya tinggal bersama Saudarinya, tanpa orangtua. Ibunya sudah mewanti-wanti agar semua anak bisa menjaga sikap sebagai remaja putri.

Tanpa nasihat dari Ibu sebenarnya Ani juga enggan berpacaran. Selain itu, para pria di kompleks Cijantung juga menjaga perempuan di kompleksnya. Seakan tak rela jika wanita dikompleks tersebut dipacari oleh lelaki luar.

Itulah masa muda Ani sebelum akhirnya bertemu sang suami, Susilo Bambang Yudhoyono.

Selepas SMA, Ani mengambil kuliah kedokteran. Hingga saat dirinya memasuki tahun ketiga kuliah, Ani bertemu SBY saat masih menjadi taruna. Hingga akhirnya saat SBY diwisuda menjadi AKABRI terbaik, orangtuanya bertemu Ayah dan ibu untuk melamar Ani. Kini usia pernikahan mereka telah menginjak 42 tahun.


Saksikan video pilihan berikut ini:

Ini Bukti Biaya Bangun LRT Jabodebek Lebih Murah Dibanding Negara Lain

Liputan6.com, Jakarta – PT Adhi Karya Tbk mengungkapkan bahwa pembangunan LRT Jabodebek telah menggunakan teknologi terbaik dengan biaya yang seefisien mungkin. Hasilnya, jika dibandingkan LRT beberapa negara tetangga, nilai investasi LRT Jabodebek justru paling murah tanpa mengurangi kehandalannya.

Direktur Operasional II Adhi Karya Pundjung Setya Brata mengungkapkan, salah satu bukti efisiensi proyek LRT Jabodebek adalah dalam hal model konstruksi.

“Apa yang sudah kita kerjakan ini sudah seefisien mungkin, jadi sudah yang terbaik. Bahkan jika dibandingkan beberapa negara lain, kita tidak paling mahal,” tegas Pundjung di Hotel Grandhika, Jumat (15/2/2019).

Saat ini, LRT Jabodebek dibangun dengan total biaya Rp 20,752 triliun atau sebesar Rp 467,08 miliar per km untuk fase satu.

Biaya untuk pembangunan sepanjang 44,3 km tersebut meliputi lingkup pekerjaan jalur, pekerjaan stasiun, depo dan operation control center hingga pekerjaan fasilitas operasi dan trackwork.

Jika dibadingkan berbagai negara, seperti di Kanada, total biaya pembangunan LRT Calgary, dengan tipe at grade, sepanjang 20 km sebesar Rp 43,940 triliun.

Selanjutnya di Uni Emirat Arab, total biaya pembangunan LRT Dubai sepanjang 76 km dengan tipe at grade dan elevated, sebesar Rp 78 triliun.

2 dari 2 halaman

Asia

Kemudian di Filipina, total biaya pembangunan LRT Manila Line 7 sepanjang 23 km dengan tipe elevated, sebesar Rp 20,790 triliun.

Di Malaysia, total pembangunan LRT Kelana Jaya sepanjang 34,7 km, dengan tipe elevated dan at grade, sebesar Rp 28,350 triliun.

Sedangkan di Pakistan, total biaya pembangunan LRT Lahore sepanjang 27,1 km dengan tipe elevated, sebesar Rp21,600 triliun.

Juventus Pernah Serius Minati Matthijs de Ligt

Jakarta Juventus ternyata pernah tertarik kepada bek muda sekaligus kapten Ajax, Matthijs de Ligt. Hal itu disampaikan petinggi Ajax, Edwin van der Sar, yang juga mantan pemain I Bianconeri.

De Ligt telah menunjukkan sinarnya, dan baru dipercaya sebagai kapten Ajax pada musim ini. Penampilannya kontra Real Madrid hari Kamis (14/2) lalu membuatnya jadi kapten termuda dalam sejarah fase gugur Liga Champions.

Sayangnya, penampilannya di jantung pertahanan tidak mampu membantu Ajax terhindar dari kekalahan. Bermain di markasnya sendiri, Johan Cruijff ArenA, klub raksasa asal Belanda itu tumbang dengan skor tipis 1-2 atas Los Merengues.

De Ligt sudah menjadi incaran banyak klub besar sejak dirinya tampil lebih reguler pada musim lalu. Juventus diyakini sebagai tim yang tertarik untuk menggunakan jasanya, terlebih dengan Giorgio Chiellini yang semakin menua.

Saat ditanya mengenai rumor tersebut, Edwin van der Sar langsung membenarkan. Hanya saja, ia masih belum yakin apakah bek berusia 19 tahun itu akan bergabung dengan Bianconeri.

“Akankah De Ligt pergi ke Juventus? Saya bisa bilang bahwa hanya ada satu tim di Italia yang menginginkan dia, tapi saya tak tahu apakah dia akan pergi ke Juventus,” tutur Van der Sar kepada Rai Sport.

Juventus sendiri diyakini sedang melakukan pemantauan. Menurut beberapa laporan terakhir, Fabio Paratici yang menjabat sebagai direktur Bianconeri disebut terlihat sedang menghadiri laga antara Ajax melawan Real Madrid belum lama ini.

Ia disebut ingin memantau performa De Ligt saat bertemu klub besar seperti Madrid. Selain itu, kegiatan pemantauan Paratici tidak terhenti sampai di situ saja.

Disebutkan juga bahwa Paratici menghadiri laga antara AS Roma melawan Porto yang berlangsung satu hari sebelumnya, tepatnya pada Rabu (13/2) dini hari WIB. Dalam laga tersebut, ia diyakini tengah memantau pemain muda berbakat Giallorossi, Nicolo Zaniolo.

Sumber: bola.net

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini:

Sebelum Wisuda, 5 Kegiatan Ini Dapat Dilakukan Bareng Teman Kuliah

Liputan6.com, Jakarta – Setiap fase dalam kehidupan memiliki cerita masing-masing, tak terkecuali masa kuliah. Meski disibukan dengan segudang tugas, momen kebersamaan bareng teman-teman selalu terasa menyenangkan.

Sebelum wisuda, Anda dan kawan-kawan dapat memaksimalkan waktu untuk kembali mengukir kisah. Banyak hal menarik dan pengalaman unik dapat Anda ukir sebelum memilih jalan hidup masing-masing.

Lantas, apa saja kegiatan seru yang bisa Anda dan teman kuliah lakukan sebelum wisuda? Simak ulasan selengkapnya seperti dirangkum Fimela.com di bawah ini.

1. Foto Grup

Mengabadikan kebersamaan dalam satu0dua potret akan jadi salah satu kenangan paling indah. Luangkan waktu untuk dapat membuat foto grup yang dapat dilakukan di studio atau di ruang kelas.

2. Traveling Bersama

Traveling bersama akan mempererat jalinan pertemanan Anda dan teman-teman, apalagi menjelang wisuda. Destinasi wisata yang bakal didatangi pun dapat dirundingkan bersama untuk menciptakan momen-momen manis.

3. Menonton Film ke Bioskop

Menyaksikan film ke bioskop juga dapat jadi pilihan Anda dan teman-teman kuliah menjelang wisuda. Menonton beramai-ramai tentu akan terasa lebih menyenangkan.

4. Tukar Kado

Kegiatan ini mungkin acap kali dilakukan tak sedikit orang. Tak melihat harga dari hadiah yang diberi, namun hangatnya kebersamaan. Tukar kado dibarengi dengan pesan manis membuat hari-hari Anda dan teman kuliah kian berkesan.

5. Membuat Acara Bersama

Makan bersama di restoran sebagai bentuk rasa syukur juga dapat dilakukan. Rekomendasi lain Anda dan teman kuliah bisa membuat masakan sendiri dan menikmati keseruan dalam proses pembuatan. (Endah Wijayanti/Fimela.com)


Saksikan video pilihan di bawah ini:

PSSI Tetapkan Tuan Rumah Fase Grup Piala Presiden 2019

Jakarta – PSSI menyatakan Piala Presiden 2019 bakal bergulir mulai 2 Maret. Bekasi, Bandung, Magelang, Sleman, dan Malang dipilih menjadi lokasi fase grup. 

Kepastian lima kota dan kabupaten penyelenggara tersebut diungkapkan Head of Media Relations and Digital Promotion PSSI, Gatot Widakdo, Kamis (14/2/2019) sore. Kelima kota dan kabupaten tersebut memiliki stadion yang juga menjadi kandang dari lima klub peserta Liga 1 2019.

“Tuan rumahnya Bandung, Bekasi, Malang, Magelang, dan Sleman,” ujar Gatot Widakdo.

Kick-off rencananya digelar pada 2 Maret di Bandung dengan pertandingan semifinal dan final menggunakan sistem kandang dan tandang. 20 tim akan dibagi menjadi lima grup yang akan dimainkan di lima kota tersebut,” lanjutnya.

Berbeda dengan tiga edisi Piala Presiden sebelumnya, untuk pertama kalinya tidak ada Bali dalam daftar tuan rumah Piala Presiden 2019. Namun, Gatot Widakdo enggan bicara mengenai alasannya. 

“Sudah timeline dan tempatnya seperti itu. Saya belum bisa mengungkapkan alasannya,” ujarnya.

Mengenai permintaan Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) untuk segera menyampaikan permohonan rekomendasi Piala Presiden, perwakilan PSSI akan berkoordinasi dengan Menpora serta BOPI.  


Sumber: Bola.com

Sengaja Dapat Kartu Kuning, Bek Real Madrid Terancam Sanksi

Jakarta – Kapten Real Madrid, Sergio Ramos, terancam sanksi setelah membuat pengakuan sengaja mendapat kartu kuning saat melawan Ajax Amsterdam.

Real Madrid menang 2-1 atas Ajax dalam leg pertama 16 besar Liga Champions 2018-2019 di Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Rabu dini hari WIB (13/2/2019).

Los Blancos menang lewat gol Karim Benzema pada menit ke-60, dan menit ke-87, Marco Asensio menjadikan Madrid unggul lagi setelah pada menit ke-75, Hakim Ziyech sempat menyamakan skor jadi 1-1.

Insiden kartu kuning Ramos terjadi dua menit setelah gol Asensio. Dengan begitu, ia akan absen pada leg kedua saat Madrid giliran menjamu Ajax di Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019), namun akan kembali tampil di perempat final seandainya Madrid lolos ke 8 besar.

Namun, Ramos berpotensi menerima tambahan hukuman. Hal itu setelah ia mengungkap kartu kuning yang diterimanya itu sudah direncanakan.

“Ya, sejujurnya adalah bahwa melihat hasilnya…, itu adalah sesuatu yang ada dalam pikiran saya,” kata Ramos setelah pertandingan.

“Itu bukan untuk meremehkan lawan, tapi kadang-kadang Anda harus membuat keputusan sulit,” imbuhnya.

Insiden serupa pernah terjadi pada 2017. Ketika itu bek kanan Real Madrid, Dani Carvajal, juga mengaku sengaja mendapatkan kartu kuning saat melawan APOEL, dan UEFA lantas menambah hukumannya menjadi dua pertandingan.

Sedangkan pada 2010, Ramos dan Xabi Alonso didenda UEFA, serta Jose Mourinho menerima satu kali larangan berada di tepi lapangan setelah ia meminta kedua pemainnya itu agar “mengeluarkan diri sendiri” saat duel kontra Ajax di fase penyisihan grup.

Sumber: Metro

Jadwal Persija di 16 Besar Piala Indonesia

Liputan6.com, Jakarta – Persija Jakarta kembali fokus ke lapangan usai tersingkir dari Liga Champions Asia. Tak hanya Piala AFC 2019, mereka juga harus berjibaku di ajang lokal, Piala Indonesia.

Seperti diketahui, tim kebanggaan warga ibu kota ini baru kalah 1-3 dari Newcastle Jets (Australia) di kualifikasi kedua Liga Champions Asia. Kekalahan ini membuat Persija harus memupus ambisi tampil di laga play-off.

Sementara di ajang Piala Indonesia sendiri, langkah Tim Macan Kemayoran sudah sampai di fase 16 besar. Mereka akan berduel dengan PS Tira Persikabo untuk memperebutkan tiket ke delapan besar.

Dalam jadwal yang dirilis PSSI, Persija akan terlebih dahulu berlaku sebagai tamu di laga pertama, 17 Februari. Baru mereka akan menjadi tuan rumah di laga kedua, empat hari kemudian.

Pelatih Persija, Ivan Kolev, menyebut, mereka berambisi berprestasi di ajang Piala Indonesia ini. “Kami langsung mengalihkan fokus ke pertandingan ini. Kompetisi ini juga sangat penting bagi kami. Kami akan memaksimalkan waktu yang ada untuk persiapan,” ujar Ivan Kolev, di situs resmi Persija.

Berikut jadwal Persija vs PS Tira Persikabo di 16 besar Piala Indonesia:

2 dari 3 halaman

Jadwal Persija vs PS Tira Persikabo

Leg 1

Minggu, 17 Februari

15.00 WIB, PS Tira Persikabo vs Persija

Stadion Pakansari, Cibinong

3 dari 3 halaman

Jadwal Persija vs PS Tira Persikabo

Leg 2

Kamis, 21 Februari

19.00 WIB, Persija vs PS Tira Persikabo

Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi

Saksikan video pilihan di bawah ini

Hindari Bersikap Mesra, Kunci Hubungan Seksual Tetap Membara

Liputan6.com, Jakarta Banyak pasutri yang percaya, kemesraan berbanding lurus dengan kehangatan kehidupan ranjang. Tapi, seorang jurnalis asal Australia melihat bersikap mesra dan gairah bercinta sebagai dua hal terpisah.

Sang jurnalis, Nadia Bokody, menyatakan menghindari bersikap mesra pada pasangan yang menjadi kunci kehidupan ranjang mereka tetap membara.

Menurut Nadia, bermesraan menumbuhkan kenyamanan dalam hubungan dan setiap orang mendambakannya. Tapi sikap mesra itu justru membunuh gairah bercinta, Nadia berargumen.

“Pelukan lama dan hangat yang diberikan pada waktu yang tepat benar-benar bisa jadi obat,” tulis Nadia pada laman News Australia, ditulis Rabu (14/2/2019).

“Tapi sejauh menyangkut kehidupan seks Anda, itu adalah hal terburuk yang bisa Anda lakukan,” lanjutnya.

Nadia berpendapat, erotisme dan kenyamaman sama sekali tak cocok digabungkan. Keduanya justru merupakan antitesis bagi satu sama lain. Dia mengibaratkan pelukan mesra seperti menambah arsenik pada resep hubungan. 


Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 2 halaman

Menyiasati fase bulan madu

Nadia memberi contoh pada pernikahan yang mengalami kehancuran akibat kurangnya keintiman. Menurutnya, rasa familiar yang menjadikan pasutri rileks saat berdekatan menjadi penyebab meredupnya gairah seksual.

Gairah dan rasa penasaran yang mewarnai awal hubungan, yang biasa dikenal dengan Fase Bulan Madu, umumnya meredup setelah hubungan berjalan beberapa tahun.

Melansir laman Daily Star, Nadia mempraktikkan apa yang diyakininya itu dalam hubungan yang telah dijalaninya selama dua tahun terakhir. Nadia dan pasangannya membatasi bersikap mesra terhadap satu sama lain.

Mereka hanya berpelukan dan bersikap hangat ketika salah satu perlu penghiburan atau merayakan sesuatu. Mereka pun sangat menjaga privasi, seperti tidak membiasakan melepas pakaian di depan pasangan kecuali akan berhubungan intim. Serta membiarkan rasa penasaran dari kebiasaan sehari-hari tumbuh di antara mereka.

“Itu adalah pengorbanan yang setimpal dengan hasilnya,” tutup Nadia.

Dibungkam PSG, MU Catat Noda di Kompetisi Eropa

Liputan6.com, Manchester – Manchester United (MU) mendapat rekor tidak diinginkan ketika dibungkam Paris-Saint Germain (PSG) 0-2 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Old Trafford, Rabu (13/2/2019) dini hari WIB.

Gol Presnel Kimpembe dan Kylian Mbappe membuat MU merasakan kekalahan kandang terbesar pada partisipasi di Eropa. Sebelumnya The Red Devils maksimal hanya menyerah dengan defisit satu gol.

Hasil ini juga memperpanjang nestapa juara Inggris 20 kali tersebut di Liga Champions. Mereka hanya menang sekali di fase gugur sejak mencapai final 2010/2011.

Kemenangan tersebut didapat ketika David Moyes berkuasa. MU menaklukkan Olympiakos Piraeus 3-0 pada leg kedua perdelapan final edisi 2013/2014.

Merujuk sejarah, kans MU melaju ke babak berikut juga minim. The Red Devils tidak pernah membalikkan keadaan setelah tumbang pada leg pertama di kandang.

2 dari 3 halaman

Peluang Kecil

Terlebih mereka dipastikan kehilangan Paul Pogba yang terkena sanksi disiplin. Dia absen karena mendapat kartu merah di Old Trafford. Sedangkan Jesse Lingard dan Anthony Martial berpotensi absen akibat cedera.

“Kans MU selesai usai kartu merah Pogba. Lebih baik mereka fokus ke Liga Inggris dan mengamankan posisi empat besar,” ungkap eks bek MU Rio Ferdinand, dilansir Daily Mail.

3 dari 3 halaman

Tersingkir Cepat

Dengan kondisi ini, MU berpeluang tersingkir di 16 besar Liga Champions untuk dua tahun secara beruntun. Musim lalu mereka disisihkan wakil Spanyol Sevilla dengan agregat 1-2.

Kiper Real Madrid Senang Liga Champions Pakai VAR

Liputan6.com, Jakarta Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois menilai VAR sangat penting dalam sepak bola modern ini. Courtois menyukai VAR karena dia percaya teknologi itu bisa membuat sepak bola jadi lebih adil. Dia sudah merasakannya di Piala Dunia 2018.

Liga Champions dan Liga Europa juga sudah mulai menggunakan VAR di fase gugur musim ini. Artinya, ketika Real Madrid melawat ke markas Ajax Amsterdam dalam leg pertama 16 besar Liga Champions, Kamis (13/2) dini hari WIB nanti, pertandingan akan dibantu oleh VAR. 

Courtois mengaku optimistis dengan penerapan VAR di LIga Champions. Meski VAR masih beberapa kali disalahpahami, dia percaya seiring waktu berjalan VAR akan jadi elemen penting pertandingan.

Satu hal yang paling dia sukai adalah VAR bisa membuat pertandingan berjalan lebih adil.

Menurut Courtois, pengalaman penggunaan VAR di Piala Dunia 2018/19 lalu telah menjawab semua keraguan. VAR ternyata bisa bekerja dengan baik, sepak bola berjalan lebih adil. Semua tim yang terlibat juga menyuukai VAR.

“Saya menyukai VAR. Pengalaman di Piala Dunia sangatlah bagus dan semua negara sudah mengatakan hal yang sama. Di Piala Dunia, semuanya berjalan dengan sangat baik,” tegas Courtois di laman resmi Real Madrid.

“Terkadang terdapat kurangnya pengetahuan soal peraturannya, VAR boleh mengintervensi ketika ada kesalahan yang jelas, tapi orang-orang tidak selalu menyadari itu. VAR harus digunakan untuk membantu permainan.”

2 dari 2 halaman

Hal Bagus

Lebih lanjut, Courtois tahu terkadang VAR bisa merugikan tim mereka sendiri. Namun, baginya yang terpenting adalah menciptakan sepak bola yang adil. VAR telah menyeimbangkan sepak bola.

“Terkadang itu merugikan anda ketika offside yang diberikan padahal itu bukan offside, dan terkadang anda yang diuntungkan, lalu pada kesempatan lain sebaliknya akan terjadi.”

“VAR adalah hal bagus ketika membahas soal membuat pertandingan jadi lebih adil,” tutup Courtois.

Sumber Bola.net