Fakta-Fakta tentang Sastrawan Nh Dini yang Meninggal Akibat Kecelakaan

Liputan6.com, Jakarta – Dunia sastra Indonesia kehilangan salah satu putri terbaiknya. Sastrawan Nh Dini meninggal dunia akibat kecelakaan lalulintas, Selasa, 4 November 2018.

Humas RS Elizabeth Semarang, Probowatie Tjondronegoro menyebutkan, usai kecelakaan Nh Dini sempat ditangani tim medis dari RS Elisabeth. Probowatie sendiri mengaku sempat ikut menunggui di Instalasi Gawat Darurat ketika Nh Dini dirawat.

“Sekitar pukul 17.30, saya dapat kabar dari tim kesehatan Nh Dini meninggal dunia,” kata Probo.

Terkait kabar duka yang dialami Nh Dini, Probowati menjelaskan, dari keterangan keluarga korban, mobil Toyota Avanza yakni taksi dengan plat H-1362-GG yang mengangkut Nh Dini mengalami kecelakakan dengan truk plat nomor AD-1536-JU di KM 10 Tol Semarang.

Sementara itu, berikut ini lima fakta mengenai Nh Dini.

Menulis Sejak SD

Nh Dini rajin menulis sejak duduk di kelas 3 Sekolah Dasar (SD). Ia menulis karena mendapat honorarium. Selain untuk mencari uang, ia menulis untuk membahagiakan ibundanya.

Karya Bermutu

Semasa hidupnya, perempuan bernama lengkap Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin tersebut telah melahirkan sejumlah novel bermutu. Beberapa di antaranya Pada Sebuah Kapal, La Barka, Namaku Hiroko, Pertemuan Dua Hati, Hati yang Damai.

Penghargaan

Nh Dini meraih sejumlah penghargaan bergengsi. Pada 2017 ia menerima penghargaan prestasi seumur hidup (Lifetime Achivement Award) dari penyelenggara Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) di Bali.  Sebelumnya, ia sempat mendapat penghargaan Achmad Bakrie Award bidang sastra pada 2011, SEA Write Award dari pemerintah Thailand pada 2003, dan penghargaan bergengsi lainnya.

Tak Punya Rumah

Nh Dini terbilang sederhana. Meski buku-bukunya laku di pasaran, tapi ia tak punya rumah. Dini lebih memilih kos, dan hingga akhir hayatnya ia tinggal di sebuah wisma di Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah.

Rendah Hati

Selain sederhana, Nh Dini dikenal sosok yang rendah hati. Meski namanya harum di dunia sastra Indonesia dan bahkan dunia, ia tak merasa suatu kehebatan dan tak merasa istimewa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sastrawan Nh Dini meninggal pada usia 82 tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *