Jokowi Center Luncurkan Mesin Pencari Sumber Hoaks

Liputan6.com, Jakarta Ketua Relawan Jokowi Center Teuku Neta merilis mesin pencari sumber hoaks berbasis website di situs resmi thejokowicenter. Menggunakan sistem crawling, mesin tersebut secara otomatis mendeteksi adanya berita miring dan penyebar pertamanya.

“Jadi kita crawling dari Facebook, Twitter, media sosial datanya. Nanti bisa muncul nama-nama penyebarnya,’ ujar Teuku saat acara peluncuran di Hotel Aston, Jakarta, Sabtu (23/2/2019).

Dia mengatakan, meski namanya thejokowicenter, mesin tersebut juga mampu mengungkap penyebar berita bohong terkait Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Menurut dia, mesin tersebut tak hanya mampu mendeteksi hoaks dalam Pilpres saja, melainkan semua berita bohong.

“Hoaksnya semua, tidak hanya Pemilu, apa pun hoaksnya. Hoaks yang menyangkut 02 (Prabowo-Sandi) juga bisa,” kata dia.

Teknologi canggih ini, lanjut Teuku, telah diujicoba selama enam bulan terakhir. Hasilnya media analitik internal Jokowi Center menemukan banyak hoaks yang membicarakan Jokowi seputar isu PKI.

“Media analitik menemukan ada beberapa sentimen untuk Pak Jokowi, sentimen positif, negatif atau netral. Sumbernya ketahuan,” jelas Teuku.

Kerja Sama dengan Bareskrim

Terciptanya hal ini, tidak lepas dari kerja sama Jokowi Center bersama Bareskrim Mabes Polri dan para ahli information technology (IT). Nantinya, Jokowi Center tak segan untuk melaporkan konten tersebut ke pihak terkait dalam misi membersihkan hoaks di Indonesia.

“Jadi kita berkomitmen memberantas hoaks, ujaran kebencian. Tindak lanjut kita lapor ke pihak berwajib, kita hanya sebatas menemukan sumbernya,” Teuku memungkasi.

Selebrasi Marinus Wanewar Bikin Geram Kamboja

Jakarta – Penyerang Timnas Indonesia U-22, Marinus Wanewar, melakukan aksi tak terpuji di Piala AFF 2019. Dia mengacungkan jempol ke bawah usai pertandingan melawan Kamboja, Jumat (22/2/2019). Tindakan ini membuat kesal Kamboja.

Marinus Wanewar sejak awal pertandingan mendapatkan pengawalan ketat dari para pemain Timnas Kamboja U-22. Alhasil, Marinus kerap mendapatkan duel fisik di lini pertahanan.

Situasi itu Marinus kesal hingga diluapkan ketika mencetak gol kedua pada menit ke-83. Pemain berusia 21 tahun itu kemudian melakukan selebrasi dengan berjoget ke arah bench pemain Kamboja. 

Tak cukup sampai situ, Marinus kembali melakukan tindakan tidak sportif ketika wasit Steve Supresencia asal Filipina meniup peluit panjang. Sembari membuka baju, Marinus menolak berjabat tangan dengan pemain Kamboja dan memberikan gestur jempol ke bawah. 

Tindakan tidak sportif tersebut lantas mengundang kemarahan dari suporter Kamboja U-22. Kini, gambar seputar aksi Marinus beredar luas di dunia maya dan mengundang komentar yang sebagian besar mengutuk tindakan itu.

Beberapa reaksi kemarahan suporter Kamboja dituangkan di akun Facebook resmi Federasi Sepak Bola Kamboja. 

“Tolonglah hormati sesama bangsa. Segera panggil pemain ini dan untuk menjelaskan apa maksudnya melakukan seperti itu,” kata seorang suporter Kamboja bernama Kethly Kakada.

Sementara itu, seorang suporter bernama Sophea Houth Pa Emma menuntut Marinus meminta maaf pada masyarakat Kamboja. Menurut dia, apa yang dilakukan Marinus Wanewar sangat melukai perasaan publik tuan rumah.

2 dari 2 halaman

Tuntutan Minta Maaf

Padahal, Indonesia sejatinya memiliki hubungan yang erat dengan Kamboja. Presiden Republik Indonesia yang pertama, Soekarno, dahulu merupakan sahabat dari Raja Kamboja Norodom Sihanouk

“Minta Federasi (Kamboja) untuk mengirim surat ke Federasi Indonesia agar pemain ini meminta maaf. Gestur seperti itu sangat melukai perasaan suporter dan masyarakat Kamboja, tidak bisa diterima,” tegas Sophea Houth, juga di laman Facebook Federasi Sepakbola Kamboja itu. 

Sementara itu, ketika dikonfirmasi seputar aksinya tersebut Marinus punya alasan khusus. Menurut dia, aksi itu dilakukan karena kesal dengan para pemain Kamboja yang selalu memancing emosinya.

“Itu saya lakukan supaya para pemain di bench Kamboja tenang saja. Pemain Kamboja mencoba memancing emosi saya tadi,” ujar Marinus.

Tindakan yang dilakukan Marinus ini berpeluang mendapatkan sanksi dari AFC atau AFF. Namun, sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari pihak penyelenggara terkait gestur tidak terpuji yang dilakukan penyerang Timnas Indonesia U-22 itu.

Sumber Bola.com


Meme Otomotif Pekan Ini: Surprise dari Kepolisian

Liputan6.com, Jakarta – Dalam berbagai jejaring sosial baik itu Facebook, Instagram maupun Twitter, gambar/foto lucu atau yang biasa disebut Meme kerap ditemui.

Berbagai hal bisa dijadikan Meme menarik, tidak terkecuali yang berkaitan dengan otomotif.

Meme otomotif kali ini merupakan kiriman Heni R.

Dalam meme tersebut nampak sebuah foto kepolisian yang tengah menggelar razia lalu lintas. Namun lokasi razia yang dipilih bukan di jalan raya, melainkan di area sekolahan.

Apes bagi pengendara yang berniat menghindari razia. Niatan kabur dengan mencari jalan tikus atau ngumpet ke sekolah, malah mendapati razia di sekolahan.

Nah, jika Anda memiliki meme menarik seputar dunia otomotif, kirim saja ke email kami di otoliputan6@gmail.com.

Begini Alur dan Skor Seleksi Kompetensi di PPPK

Liputan6.com, Jakarta – Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap I akan digelar pada 23 hingga 24 Februari 2019. Peserta PPPK akan melalui tahap Computer Assisted Test (CAT) terlebih dahulu untuk menyelesaikan tes kompetensi.

Berdasarkan rilis resmi BKN, peserta akan mendapat waktu 100 menit untuk menyelesaikan 40 soal Kompetensi Teknis, 40 soal Kompetensi Manajerial, dan 20 soal kompetensi sosio kultural.

Ada pula wawancara berbasis komputer selama 20 menit yang terdiri atas 10 soal.

Berikut metode penilaian masing-masing subtes yang harus dikerjakan pelamar PPPK:

1. Kompetensi teknik: nilai 3 jika jawaban benar dan 0 jika salah atau kosong.

2. Kompetensi manajerial: nilai 1 jika jawaban benar dan 0 jika salah atau kosong.

3. Kompetensi sosio kultural: nilai 2 jika benar dan 0 jika jawaban salah atau kosong.

4. Wawancara berbasis komputer: nilai 3 atau 2 atau 1 untuk jawaban yang diberikan dan jika kosong atau tak menjawab nilainya 0

Pada peserta yang lolos seleksi administrasi PPPK bisa mengikuti tahap tes ini. Pengumuman seleksi administrasi dilakukan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat atau via situs resmi SSCASN. Sejauh ini, terdapat 73.393 pelamar dinyatakan lolos seleksi administrasi. 

Sekadar informasi, rekrutmen PPPK Tahap 1 ini dikhususkan untuk Tenaga Harian Lepas (THL) Penyuluh, Dosen Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Baru, serta eks Tenaga Honorer Kategori II untuk jabatan Guru (termasuk Guru Kemenag), Tenaga Kesehatan, Penyuluh Pertanian dari yang ada dalam database BKN tahun 2013, dan memenuhi persyaratan Peraturan Perundang-Undangan.

2 dari 5 halaman

95.290 Orang Daftar PPPK Tahap 1, Daerah Mana yang Paling Diburu?

Masa pendaftaran rekruitmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK/P3K) Tahap 1 melalui laman sscasn.bkn.go.id, resmi ditutup pada 17 Februari 2019 pukul 24.00 WIB.

Rekrutmen PPPK Tahap 1 ini dikhususkan untuk Tenaga Harian Lepas (THL) Penyuluh, Dosen Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Baru, serta eks Tenaga Honorer Kategori II untuk jabatan Guru (termasuk Guru Kemenag), Tenaga Kesehatan, Penyuluh Pertanian dari yang ada dalam database BKN tahun 2013, dan memenuhi persyaratan Peraturan Perundang-Undangan.

Data pada situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) menyebutkan per 18 Februari 2019 pukul 00.01 WIB akun pelamar seleksi PPPK berjumlah 95.290 dan akun yang berhasil mendaftarkan atau submit dokumen pada web SSCASN sebanyak 87.561.

Dalam data yang dilaporkan oleh Tim Publikasi SSCASN di akun Facebook BKN, status submit dokumen pada Kementerian Agama sebesar 9.642 dan Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebesar 3.031.

Sementara itu, dalam data tersebut juga dapat dilihat bahwa terdapat Wilayah Kerja Kantor Regional (Wilker Kanreg) yang paling banyak diburu. Kira-kira Wilker Kanreg BKN mana saja? Berikut uraiannya: 

3 dari 5 halaman

Daftarnya

Wilker Kanreg BKN Yogyakarta

1. Kab Brebes: 906

2. Kab Jepara: 697

3. Kab Demak: 691

Wilker Kanreg BKN Surabaya

1. Kab Jember: 1.332

2. Kab Bangkalan: 1.035

3. Kab Sumenep: 973

Wilker Kanreg BKN Bandung

1. Kab Cianjur: 2.159

2. Kab Garut: 1.743

3. Kab Bogor: 1.701

Wilker Kanreg BKN Makassar

1. Kab Bone: 1.184

2. Kab Luwu: 474

3. Kab Luwu Utara: 463

4 dari 5 halaman

Berikutnya

Wiker Kanreg BKN Jakarta

1. Kab Lampung Tengah: 485

2. Kab Lampung Utara: 427

3. Kab Lampung Timur: 371

Wilker Kanreg BKN Medan

1. Kab Simalungun: 293

2. Kab Serdang Bedagai: 279

3. Kab Deli Serdang: 222

Wilker Kanreg BKN Palembang

1. Kab OKI: 372

2. Kab Banyuasin: 365

3. Kab Musi Rawas: 241

Wilker Kanreg BKN Banjarmasin

1. Kab Tabalong: 177

2. Kota Samarinda: 141

3. Kab Banjar: 137

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

Wilker Kanreg BKN Denpasar

1. Kab Bima: 1.232

2. Kab Lombok Tengah: 752

3. Kab Sumbawa: 634

Wilker Kanreg BKN Manado

1. Kab Gorontalo: 184

2. Kab Bone Bolango: 111

3. Kab Minahasa Selatan: 77

Wilker Kanreg BKN Pekanbaru

1. Kab Kampar: 502

2. Kab Pasaman Barat: 429

3. Kab Pesisir Selatan: 423

Wilker Kanreg BKN Banda Aceh

1. Kab Aceh Timur: 281

2. Kab Aceh Tengah: 231

3. Kab Aceh Tamiang: 164


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cara Mengganti Nama Facebook Lewat PC dan HP, Tanpa Ribet

Liputan6.com, Jakarta Facebook merupakan salah satu media sosial yang dapat mempermudah kita untuk selalu berhubungan dengan kerabat, keluarga ataupun orang baru yang belum kita kenal. Berbagai fitur di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg memudahkan kita untuk terhubung meski pun ada hambatan jarak. 

Tak bisa dimungkiri, Facebook kini telah menjadi salah satu platform media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Bahkan, beberapa orang diantaranya menjadikan akun Facebook-nya dengan nama panggilan agar terkesan unik.

Namun. beberapa di antara mereka yang merasa bosan dengan nama panggilan, ingin mengubah kembali menjadi nama asli di Facebook. Jika kamu sudah mulai bosan dengan nama Facebookmu ,kamu bisa menempuh cara mengganti nama Facebook.

Bagaimana cara mengganti nama Facebook? Kamu saat ini sedang berada di laman yang tepat, karena pada artikel ini akan membahas cara mengganti nama Facebook. Cara mengganti nama Facebook bisa dibilang cukup sederhana, simak cara mengganti nama Facebook baik-baik yaa

Berikut  Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/2/2019) cara mengganti nama Facebookyang bisa langsung kamu coba!

2 dari 5 halaman

Cara mengganti nama Facebook lewat PC

1. Cara pertama yang harus dilakukan adalah beranjak ke situs web Facebook

2. Lalu, buka menu drop-down, berbentuk ikon panah yang ada di sudut kanan atas

3. Kemudian, klik settings (pengaturan)

4. Pada direktori General, klik opsi tulisan name (nama)

5. Selanjutnya, kamu bisa mengubah nama sesuai yang diinginkan

6. Terakhir, klik “Review Change”

Perlu diketahui, selain bisa mengubah nama, kamu bisa juga menambahkan nama tengah (opsional) dan nama belakang yang telah tersedia.

3 dari 5 halaman

Cara mengganti nama Facebook lewat HP

Selain mengubah nama melalui desktop, ada cara alternatif lain yang dapat dilakukan melalui smartphone Android dan iOS. Berikut langkah–langkah yang dapat dicoba :

1. Buka aplikasi Facebook di smartphone

2. Kemudian, klik tombol menu yang berada di sudut kanan atas

3. Lalu, geser ke bawah sampai menemukan “Pengaturan & Privasi”

4. Klik “Pengaturan”

5. Selanjutnya, klik “Informasi Pribadi”

6. Pilih “Nama”

7. Kemudian, kamu bisa mengubah nama sesuai yang diinginkan

8. Dan terakhir, klik “Review Change”

Sama seperti desktop, kamu bisa menambahkan nama tengah (opsional) dan nama belakang.

4 dari 5 halaman

Penggunaan Nama Faceboook

Facebook adalah suatu komunitas tempat semua orang menggunakan nama yang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebaiknya nama pada profil Facebokmu merupakan nama yang digunakan teman-temanmu untuk memanggil kamu dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan nama asli, tentunya akan mempermudah temanmu untuk menemukanmu.

Nama ini juga harus terlihat pada tanda pengenal atau dokumen dari daftar tanda pengenal Facebook. Kamu bisa menuliskan nama panggilan sebagai nama depan atau nama tengah jika merupakan variasi dari nama yang sebenarnya (misalnya Bob untuk Robert).

Kamu juga dapat mencantumkan nama lain di akun Facebookmu (misalnya: nama gadis, nama panggilan, nama profesional).

Profil Facebook hanya untuk penggunaan individu. Kamu dapat membuat Halaman untuk sebuah bisnis, organisasi, atau gagasan. Dan hal yang penting yang harus diingat adalah dilarang berpura-pura menjadi apa pun atau siapa pun, karena menjadi dirimu sendiri tentu lebih baik.

5 dari 5 halaman

Aturan nama yang diizinkan di Facebook

Namun, Facebook juga memiliki peraturan ketika ingin mengganti nama dala akunnya. Banyaknya kasus, penyamaran, penipuan membuat Facebook menerapkan aturan dibawah ini. Dalam proses penggantian nama Facebook tidak boleh mencantumkan:

1.   Simbol, angka, penggunaan huruf besar yang tidak sewajarnya, pengulangan karakter, atau tanda baca.

2. Karakter dari beragam bahasa.

3. Gelar apa pun (misalnya: profesional, keagamaan).

4. Kata atau frasa umum, bukan nama.

5. Kata yang menyinggung atau menyiratkan sesuatu yang tidak pantas.

Jika kamu tidak bisa mengganti nama di laman Facebookmu, mungkin kamu telah melakukan beberapa kesalahan sebagai berikut

1. Nama kamu tidak mematuhi kebijakan dalam aturan penggantian nama Facebook di atas

2. Kamu baru saja mengubah nama akun Facebookmu dalam 60 hari terakhir atau kamu terlalu sering mencoba mengubahnya.

3. Kamu sebelumnya diminta untuk mengonfirmasikan namamu di Facebook.

4. Namamu tidak cocok dengan nama yang muncul pada item di daftar tanda pengenal Facebook.

Namun, jika kamu tetap mengalami masalah saat penggantian nama akun Facebookmu. Kamu bisa mengisi formulir untuk meminta perubahan nama dan mengonfirmasikan namamu. Atau kamu bisa mengunjungi link berikut

https://www.Facebook.com/help/contact/1417759018475333

Nah, uraian diatas adalah cara mengganti nama Facebook yang bisa kamu praktikan.  Amat sangat mudah bukan?  Jangan lupa untuk memperhatikan aturan nama Facebook yang telah berlaku seperti tulisan di atas. Jika kamu mengalami kendala, langsung mengubungi Facebook untuk meminta memperbaikinya.  Selamat mencoba!

Biodata BTS dan Fakta 7 Membernya, Buat Kamu yang Baru Jadi K-Popers

Liputan6.com, Jakarta Para K-Popers pastinya tidak asing dengan group asal korea yang bernama Bangtan Boys atau yang kerap dikenal dengan nama lain BTS. BTS merupakan salah satu group idol asal Korea Selatan yang memulai debutnya pada 13 Juni 2013 dengan single No More Dream. Single debut ini merupakan salah satu single dan album perdana BTS yang bertajuk 2 Cool 4 Skool.

Saat ini member BTS terdiri dari 7 anggota yakni Jin, Suga, J-Hope, RM, Jimin, V dan Jungkook. Tiap personil BTS memiliki peran dan posisi masing-masing dalam grup. BTS masuk dalam label Big Hit Entertainment.

Aliran genre musik yang dibawakan BTS adalah K-Pop, EDM, R&B dan hip hop. BTS termasuk boyband Korea terpopuler dan banyak meraih penghargaan musik nasional dan internasional.

Popularitas BTS sangat besar tidak hanya di Korea Selatan saja, namun di Jepang dan negara Asia lain termasuk Indonesia. Bahkan BTS juga sukses menembus pasar musik Internasional. Beberapa lagu Korea terbaik dari BTS juga sukses menembus chart Billboard di Amerika Serikat. Berikut biodata BTS yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (9/1/2019).

2 dari 8 halaman

1. RM

Biodata BTS member pertama yang dibahas adalah Kim Nam Joon atau yang akrab disapa dengan nama panggung Rap Monster atau yang sekarang lebih dikenal RM. Ia lahir lahir pada 12 September 1994. RM merupakan leader sekaligus rapper dari Bangtan Boys.

Sebelum debut bersama BTS, ia dikenal sebagai rapper underground yang memiliki nama panggung Runch Randa yang sempat berkolaborasi dengan Zico, yang ketika itu juga merupakan seorang rapper underground.

3 dari 8 halaman

2. Jin

Biodata BTS member selanjutnya adalah Jin. Pria yang memiliki nama asli Kim Seok Jin ini lahir di Gwaecheon pada 4 Desember 1992 ini mengisi posisi sebagai vokalis dalam group.

Sebelum debut, Jin terlebih dahulu menjalani training selama tiga tahun. Selain itu Jin memiliki kemampuan memasak yang lebih baik dari member lainnya, sehingga Jin ditunjuk sebagai juru masak di dorm tempat tinggal para member BTS.

4 dari 8 halaman

3. Suga

Biodata BTS member ini sebelum debut dengan grupnya sekarang merupakan seorang rapper underground yang cukup terkenal di daerah Daegu dengan nama “Gloss”. Pria kelahiran Daegu 9 Maret 1993 dan lulusan Apujeong High School ini memiliki nama asli Min Yoon Gi.

Saat ini Suga ditunjuk sebagai lead rapper dari BTS. Pada 16 Agustus 2016, BTS Suga mengeluarkan mixtape bertajuk Agust D untuk pertama kalinya dan meluncurkan 2 Music Video (MV) sekaligus untuk lagu Agust D serta Give it to Me. Kedua MV tersebut berhasil ditonton lebih dari satu juta kali di YouTube hanya dalam kurun waktu 12 jam saja.

5 dari 8 halaman

4. J-Hope

Biodata BTS selanjutnya adalah Jung Ho Seok atau biasa akrab dipanggil J-Hope. Ia menempati posisi sebagai lead rapper dan main dancer dalam group. Selain itu pria kelahiran Gwangju 18 Februari 1994 ini pernah bergabung dalam grup street dance yang bernama NEURON sebelum ia bergabung bersama BTS.

Biodata BTS penyuka warna hijau ini dianggap sebagai member yang selalu membawa kebahagiaan kepada member lainnya dan dianggap sebagai ibu bagi para member. Pasalnya J-Hope selalu bisa berhasil menemukan solusi dalam setiap masalah.

6 dari 8 halaman

5. Jimin

Biodata BTS berikutnya adalah Jimin. Member kelahiran Busan, 13 Oktober 1995 ini merupakan lead vokal dan main dancer dalam grup. Terlahir dengan nama asli Park Ji Min ini memiliki beberapa nama panggilan, diantaranya Chim Chim, Dolly, Park Jimine.

Jimin sendiri ternyata sangat mengidolakan Big Bang, terutama Taeyang. Selain itu Jimin adalah member BTS yang paling memperhatikan urusan diet, karena dia paling tidak suka jika ada yang mengatakan berat badannya naik.

7 dari 8 halaman

6. V

Biodata BTS selanjutnya adalah Kim Tae Hyung atau yang lebih dikenal dengan nama panggung V. Ia merupakan vocalist dalam grup Bangtan Boys. V lahir di Daegu pada tanggal 30 Desember 1995. Selain itu, diantara semua member, V dianggap sebagai member yang paling unik dan aneh dan dianggap sebagai member yang paling misterius.

Nama V pun terkenal dengan kepribadian 4D, yakni istilah orang Korea yang memiliki kepribadian yang tak terduga dan cenderung absurd. V juga sering mendapat julukan Blank Tae karena ekspresi wajahnya selalu kosong atau blank. Selain bernyanyi, V juga dikenal akan kemampuannya dalam berakting.

8 dari 8 halaman

7. Jungkook BTS

Biodata BTS member terakhir adalah Jeon Jung Kook atau yang biasa disapa dengan Jungkook. Ia merupakan main vocalist, lead dancer, sub rapper, center, dan maknae dari Bangtan Boys. Lahir di Busan pada 1 September 1997, Jungkook pernah bersekolah di Seoul School Performing Arts.

Sebelum tergabung bersama BTS, Jungkook yang saat itu masih berusia 13 tahun mengikuti audisi Superstar K3, namun gagal dalam audisi tersebut. Meskipun begitu, Jungkook ternyata telah diincar oleh beberapa perusahaan. Salah satunya adalah Big Hit Entertainment. Akhirnya, Jungkook memutuskan untuk bergabung dengan Big Hit Entertainment pada tahun 2011.

Pada 2012, Big Hit mengirimnya ke Los Angeles untuk belajar menari di sebuah akademi tari terkenal di sana. Setelah menjalani trainee di LA, Jungkook resmi debut bersama dengan 6 member lainnya dalam grup BTS.

Nah, itu tadi Biodata BTS, siapa nih member BTS favoritmu?

3 Cara Memblokir FB Sendiri Permanen atau Semetara, Mudah dan Cepat

Liputan6.com, Jakarta Facebook (FB) adalah salah satu media sosial paling populer. Tak bisa dipungkiri, hampir semua orang terkoneksi di jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut. Berbagai fitur di Facebook memang memudahkan kita untuk keep-in-touch lagi dengan teman lama, keluarga jauh, atau teman-teman dekat di sekitar kita. 

Namun, sejak munculnya soal kebocoran data di Facebook. Di AS, data privasi pengguna Facebook dibocorkan dan disalahgunakan untuk mempengaruhi suara politik dari masyarakat, dan akan berimbas besar ke hasil pemungutan suara di Pemilu Presiden 2016 lalu. Tentu ini adalah sesuatu yang mencoreng nilai demokrasi.

Parahnya, Facebook menyatakan ada 10 negara yang disinyalir datanya disalahgunakan oleh Cambridge Analytica, dan di antara daftar tersebut ada Indonesia. Namun kini Facebook tak lagi semenyenangkan dulu. Banyak hal yang membuat makin lama kita makin malas berjejaring lagi di Facebook.

Sudah banyak kampanye bergulir untuk memboikot Facebook, senada dengan tagar #DeleteFacebook yang telah jadi tren global. Menghapus akun Facebook pun telah dilakukan oleh banyak sekali pengguna di seluruh belahan dunia.

Setelah melihat perkembangan Facebook saat ini apakah kamu masih ingin menggunakan Facebook?

Apakah kamu ingin tahu cara memblokir akunmu Facebook sendiri baik sementara atau permanen? Berikut liputan6.com rangkum cara memblokir FB sendiri baik secara permanen atau sementara.

2 dari 4 halaman

A. Cara memblokir FB sendiri ‘permanen’ lewat PC atau Laptop

Umumnya cara memblokir akun Facebook secara permanen ini akan memakan waktu selama 14 hari hingga 90 hari, tergantung banyaknya pos yang kamu kirim di Facebook selama kamu jadi pengguna.

Untuk lebih aman, kamu juga disarankan untuk ‘download copy’ atau unduh salinan berbagai pos di Facebook kamu mulai dari kiriman Wall personal, foto, dan profil. Caranya, tinggal masuk ke menu pengaturan, lalu pilih “unduh salinan” yang berada di paling bawah, lalu klik “unduh arsip”.

Ini cara memblokir FB sendiri permanen lewat PC atau Laptop.

1. Buka browser kamu dan login pada halaman Facebook seperti biasa. Lanjut dengan mengunjungi halaman berikut ini https://www.facebook.com/help/delete_account.

2. Di sini kamu bisa melihat halaman yang terbuka berdasarkan link yang telah disebutkan sebelumnya. Klik tombol Hapus Akun Saya.

3. Setelah itu akan muncul konfirmasi untuk mengisi password dan kode yang disediakan. Setelah kamu mengisi keduanya, klik tombol OK. Bagian ini akan mengonfirmasi jika kamu benar-benar ingin memblokir FB sendiri secara permanen.

4.  Jika kamu sudah yakin, klik OK. Akun kamu sudah berhasil diatur dalam perintah pemblokiran.

5.  Kemudian, akan terdapat informasi yang diberikan oleh Facebook atau pemberitahuan bahwa kamu masih dapat membatalkan tindakan pemblokiran akun Facebook kamu.

6.  Caranya dengan login ke Facebook seperti biasa dalam kurun waktu 14 hari ke depan. Jika kamu tidak login sama sekali selama 14 hari tersebut maka akun Facebook kamu akan diblokir  secara permanen atau selamanya.

7.  Setelah melakukan langkah di atas, Facebook otomatis mengembalikan ke halaman awal sebelum login.

3 dari 4 halaman

B. Cara memblokir FB sendiri ‘sementara’ lewat PC atau Laptop

Bagi kamu yang berencana untuk memblokir akun FB hanya untuk sementara waktu. Berikut langkah-langkah yang harus kamu ikuti.

1.  Buka browser pada PC atau Laptop. Lalu login akun Facebook yang akan kamu blokir.

2.  Pada halaman Beranda, klik tanda panah bawah di akhir menu dan kemudian pilih pengaturan.

3.  Kemudian kamu akan mendapati halaman Pengaturan Umum Akun dan Klik Edit pada bagian Kelola Akun.

4.  Setelah itu akan muncul pengaturan di bawah Kelola Akun. Pada bagian Nonaktifkan akun kamu, klik tulisan Nonaktifkan akun kamu yang berwarna biru.

5.  Langkah selanjutnya adalah kamu kamu harus memberi alasan menonaktifkan akun Facebook. Kamu bisa memiliih bermacam alasan dan setiap alasan yang kamu pilih, jangan lupa untuk menjelaskannya pada kolom yang ada tulisan harap jelaskan lebih lanjut.

6. Kamu juga dapat mencentang bagian tolak email, jika kamu tidak ingin ada inbox yang masuk ke email kamu dari Facebook nantinya. Kemudian, klik tombol Tutup.

7. Kemudian akan muncul kotak dialog yang akan meverifikasi kamu kembali. Jika yakin untuk menonaktifkan akun Facebook kamu, klik tombol nonaktifkan Sekarang.

8. Selanjutnya ini akan terlihat info bahwa akun Facebook kamu telah berhasil dinonaktifkan sementara.  Namun, untuk mengaktifkannya kembali, Anda bisa login seperti biasa.

4 dari 4 halaman

C. Cara memblokir FB sendiri lewat Hp Android

Nggak jauh berbeda dengan PC/laptop, cara memblokir facebook sendiri melalui aplikasi dan browser di Android juga bisa kamu dilakukan.

1. Buka aplikasi Facebook pada Android kamu, dan login. Klik pada menu tiga garis horizontal.

2. Lakukan scrolling ke bawah, pilih Settings & Privacy.

3. Pilih Account Settings.

4. Klik opsi General.

5. Klik Manage Account.

6. Klik Deactivate untuk menonaktifkan akun.

7. Pilih alasan menonaktifkan akun sementara. Jangan lupa untuk mengisi alasannya pada kolom yang tersedia di bawah opsi.

8. Centang untuk menolak email dari Facebook dan klik tombol Deactivate.

9. Akun kamu sudah berhasil dinonaktifkan sementara.

10. Klik OK untuk keluar dari akun.

Siap-siap! Akan Ada ‘Hujan Salju’ di Bekasi

Jakarta

Ini bukan hoax. Tinggal beberapa hari lagi Anda bisa mencoba pengalaman baru bermain salju asli di Bekasi. Bahkan, Anda bisa mengalami langsung rasanya berada di tengah badai salju! Anda tidak akan merasa di Bekasi, melainkan seperti di Eropa!

Tunggu saatnya dan rasakan pengalaman unik dan menyenangkan ini hanya di Trans Studio Snow World di Transpark Juanda, Bekasi. Ajak seluruh keluarga untuk merasakan lembutnya butiran-butiran salju asli yang dibuat dengan mesin khusus, bukan dari es biasa seperti di wahana sejenis lainnya.

Trans Studio Snow World merupakan wahana salju terbesar dan pertama yang menggunakan salju asli di Indonesia. Tentu banyak yang bisa Anda dan keluarga lakukan di sini. Dari membuat bola salju, membuat boneka salju, berseluncur dengan snow board, bermain snow ball, atau naik kereta gantung.


Satu lagi yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menikmati pengalaman langka dan tak terlupakan, yaitu hujan dan badai salju di negara tropis.

Fasilitas Serba Spektakuler

Trans Studio Snow World hanyalah satu dari sekian banyak fasilitas spektakuler yang disediakan oleh Transpark Juanda Bekasi, superblok terbaru besutan pengembang properti papan atas negeri ini, Trans Property. Trans Property adalah anak usaha dari Trans Corp yang dibangun oleh pengusaha anak negeri, Chairul Tanjung.

Berikut ini fasilitas spektakuler untuk Anda nikmati di Transpark Juanda, Bekasi yang berada di atas lahan seluas 5,8 hektare.

Sky Garden

Siap-siap! Akan Ada 'Hujan Salju' di BekasiSky Garden (Foto: dok. Transpark Juanda)

Sky Garden adalah sebuah ruang terbuka hijau yang terdapat di “angkasa”, tepatnya di lantai 16 pada tiap-tiap tower. Bisa dimanfaatkan untuk berolahraga sambil menikmati segarnya udara. Ajak seluruh keluarga bersantai di sini menjelang malam, dan siap-siaplah berdecak kagum menyaksikan keindahan kota Bekasi dalam view 360 derajat!

Private Waterpark

Private Waterpark adalah fasilitas yang bisa Anda nikmati secara gratis seumur hidup bersama seluruh keluarga. Anda tinggal memilih wahana dan permainan untuk dinikmati, dari water slide, yaitu seluncuran yang meliuk-liuk dari atas menara, water pool atau kolam ombak, wave pool, water gun, dan lazy river. Transpark Juanda adalah apartemen pertama di Bekasi yang menyediakan waterpark gratis seumur hidup untuk penghuninya.

Transpark Mall

Untuk memuaskan hasrat berbelanja Anda, ada Transpark Mall yang bisa jadi solusinya. Mall modern pertama di Bekasi Timur yang berkonsep lifestyle ini menyediakan beragam kebutuhan harian, dari fashion, perkakas rumah tangga, home-living, barang-barang elektronik, hingga kuliner. Dengan brand-brand terbaru yang tersedia di sini, Anda tak akan pernah ketinggalan tren dan tetap tampil gaya.

Masih banyak fasilitas pendukung yang juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang lain. Mulai dari pusat perkantoran, fasilitas pendidikan seperti London School Public Relation (LSPR), fasilitas kesehatan dan olahraga, hotel berbintang, hingga pusat hiburan Trans Studio.

Investasi Potensial

Banyaknya fasilitas, pengembang terpercaya, lokasi strategis, adalah faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih hunian. Ditambah, tentu saja, kemudahan mendapatkan akses transportasi publik sehingga membantu mobilitas penghuninya.

Transpark Juanda Bekasi sudah mempertimbangkan hal ini dengan mengembangkan konsep kawasan Transit Oriented Development (TOD) seperti yang diserukan pemerintah. Stasiun Bekasi Timur hanya berjarak sekitar 100 meter, akses tol Bekasi Timur dan Bekasi Barat tidak jauh dari lokasi, begitu juga stasiun LRT dan halte busway TransJakarta.

Dengan semua fasilitas dan kemudahan tersebut, Anda bisa mendapatkan unit apartemen di Transpark Juanda Bekasi mulai harga Rp 350 juta. Bonusnya, Anda akan mendapat prospek nilai investasi yang sangat potensial.

Siap-siap! Akan Ada 'Hujan Salju' di BekasiTranspark Mall (Foto: dok. Transpark Juanda)

Nah, tak perlu menunggu lebih lama. Puaskan hati Anda dengan mendapatkan informasi tentang Transpark Juanda Bekasi ke Marketing Gallery, Jl. Ir. H. Juanda No. 180, Margahayu, Bekasi Timur 17113, Jawa Barat.

Selain itu Anda bisa menghubungi nomor telepon 021-82691999, WhatsApp ke nomor 087880691999, atau kunjungi www.transpark.co.id, Facebook transpark, dan Instagram @transpark_official. Informasi lebih lengkap Transpark Juanda Bekasi bisa Anda saksikan juga di program Trans Luxury Living di Trans TV (Sabtu, 23/2/2019) dan Trans 7 (Minggu, 24/2/2019) pukul 08.00 WIB.

(adv/adv)

[Cek Fakta] Viral Video Kampanye Jokowi-Ma’ruf Amin Berbahasa Mandarin, Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta – Sebuah video tentang kampanye untuk mencoblos calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin viral di media sosial.

Video berdurasi 1 menit itu menyosialisasikan bahwa pemilih nantinya akan menerima lima surat suara, antara lain memilih caleg DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan calon Presiden serta Wakil Presiden RI.

Saat menunjukkan surat suara capres dan cawapres, video itu lalu menonjolkan gambar Jokowi-Maruf Amin. Gambar tersebut lalu tampak dicoblos tepat di tengahnya yang bertuliskan angka 01 dalam video.

Video berbahasa mandari itu diunggah oleh akun facebook Maharani Peduli pada Selasa 19 Februari 2019. Maharani Peduli juga menambahkan sebuah narasi di dalam video itu.

Pemilu di adakannya di NKRI kan?Bukan di RRC?

Lalu kenapa juga kubu 01 bikin simulasi cara pencoblosan pakai bahasa mandarin?Emang ada bahasa daerah di Indonesia pakai Bahasa Mandarin?

Setau sayapun WNA yg mau jadi WNI wajib bisa bahasa Indonesia deh…

Apakah mungkin ada peserta pemilu siluman dari RRC yg gak bs bahasa indonesia sama sekali yah??Sampai harus dibikinkan simulasi pencoblosan dengan memakai bahasa mandarin??

01, Nasionalismu dimana?Bahasa Indonesia adalah Bahasa Persatuan.Mana teriakanmu cinta NKRI?

#2019PrabowoPresiden #PrabowoNasionalis_Patriot,” tulis Maharani Peduli.

Konten yang diunggah Maharani peduli telah 1.474 kali dibagikan dan mendapat 49 komentar warganet.




2 dari 3 halaman

Fakta

Wakil Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Raja Juli Antoni memastikan bahwa pihaknya tidak pernah memproduksi video yang kini sedang ramai diperbincangkan di facebook.

“Yang pasti TKN enggak pernah memproduksi itu. Saya bisa pastikan,” ungkap Toni saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu menduga bahwa video itu bisa saja diproduksi oleh relawan Jokowi-Ma’ruf.

Namun, apabila narasinya memojokkan dan menyerang kubu capres cawapres nomor urut 01, maka Toni menduga video tersebut sengaja digulirkan oleh lawan politik.

“Tapi bisa jadi dibikin oleh lawan politik, yang itu tadi membangun narasi bahwa pak Jokowi didukung oleh China. Saya sudah bisa tebak. Itu sudah hampir pasti dibikin oleh lawan politik,” ucap Toni.

Toni lagi-lagi menegaskan bahwa video tersebut tidak diproduksi oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Saya bisa pastikan TKN enggak pernah produksi video itu,” kata Toni.

Sementara video serupa juga beredar di situs berbagai video youtube. Video ini diunggah oleh akun Sugandi Hadiredjo pada 12 Februari 2019. Namun, video itu tidak berbahasa mandarin, melainkan bahasa Indonesia.

“Ingat 17 April 2019, Coblos no 1 JOKOWI AMIN,” tulis Sugandi Hadiredjo.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Video ajakan mencoblos Jokowi-Ma’ruf Amin berbahasa mandarin ternyata tidak benar. Video itu tidak diproduksi oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Sebut Semua Bintang K-Pop Serupa, Pemerintah Korea Selatan Dihujani Kritik

Liputan6.com, Seoul – Sebuah pedoman pemerintah Korea Selatan, yang ditujukan untuk mempromosikan lebih banyak keanekaragaman pada K-pop, resmi ditarik setelah para kritikus menudingnya sebagai penyensoran negara atas industri yang sedang booming.

Pedoman yang dikeluarkan pekan lalu oleh kementerian kesetaraan gender dan keluarga, mengeluhkan bintang-bintang K-pop tampak terlalu mirip satu sama lain, dan mengatakan bahwa “keseragaman di antara penyanyi adalah masalah serius”.

Dikutip dari The Guardian pada Rabu (20/2/2019), kementerian itu juga menyebut bahwa sebagian besar bintang K-Pop bertubuh kurus, mengenakan tata rias identik, dan pakaian minim yang mengekspos lekuk tubuh.

Namun, paragraf yang paling banyak menuai kritik adalah tentang rencana pembatasan jumlah penyanyi K-Pop yang muncul di televisi Korea Selatan, karena khawatir penampilan serupa dapat mempromosikan standar kecantikan yang tidak realistis.

“Apakah penyanyi di acara TV menunjukkan musik yang serupa? Mereka serius terlihat identik. Sebagian besar adalah anggota grup idola,” kata pedoman itu, sebagaimana dikutip oleh Korea Times.

“Kebanyakan dari mereka bertubuh kurus dan memiliki gaya rambut, tata rias serupa, dan pakaian yang memperlihatkan terlalu banyak anggota tubuh mereka,” lanjutnya mengkritik.

Di lain pihak, sebuah petisi diajukan kepada pemerintah Korea Selatan, yang menyerukan penghapusan kementerian terkait, dengan alasan bahwa mereka berusaha menyensor “bagaimana bintang pop wanita terlihat”, lapor situs Korea Joonang Daily.

Petisi mengatakan kementerian tersebut sedang “membangunkan masa (diktator) Chun Doo-hwan, dimulai dengan sensor internet dan sekarang melakukan penyensoran”.

Perbandingan dengan diktator tersebut, yang memerintah Korea Selatan pada periode 1980-1988, juga digaungkan oleh politikus oposisi, termasuk Ha Tae-keung dari partai oposisi kecil Bareunmirae, lapor Korea Times.

“Kementerian jender mengatakan idola K-pop tidak boleh tam[il bersama di televisi, karena mereka semua kurus dan cantik dengan kulit pucat,” tulisnya di Facebook.

“Apa perbedaan antara ini dan tindakan keras pada rambut panjang dan aturan rok selama kediktatoran militer Chun Doo-hwan?” lanjutnya mengkritik.


Simak video pilihan berikut: 


2 dari 2 halaman

Bertujuan Membatasi Dampak Negatif

Pemerintah Korea Selatan mengatakan pedoman terkait bersifat tidak wajib, tetapi ditujukan untuk mengatasi dampak negatif dari standar kecantikan yang tidak realistis.

Namun setelah kritik meluas, kementerian jender mengatakan pada hari Selasa, bahwa pihaknya akan menarik pedoman itu, karena “menyebabkan kebingungan yang tidak perlu”.

Kementerian itu mengklaim tidak memiliki niat atau wewenang untuk mengontrol produksi televisi, melainkan hanya mencoba untuk “mencegah pengaruh buruh media, yang diakses oleh dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari”.

Korea Selatan terkenal dengan industri bedah kosmetiknya, di mana sebanyak sepertiga wanita muda di negara itu, diyakini telah menjalani prosedur itu.

Meski begitu, sejak tahun lalu, beberapa kelompok wanita di sana memuai gerakan media sosial yang bereaksi terhadap buaya kecantikan yang berkembang sangat pesat, dan menyarankan kaum Hawa lepas dari kertegantungan kosmetik hingga operasi bedah plastik.

Gerakan itu, yang disebut Escape the Corset, mengajak para wanita Korea unuk mengunggah swafoto tanpa tata rias, sebagai pemberontakan melawan norma kecantikan.