ESDM akan Pasang Dua Alat Seismograf di Sekitar Gunung Anak Krakatau

Serang – Petugas dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan memasang dua alat mengukur gempa atau seismograf di sekitar Gunung Anak Krakatau. Pemasangan itu untuk mengganti seismograf yang sudah rusak saat letusan Gunung Anak Krakatau.

Sebelum kejadian letusan anak Gunung Anak Karakatau kemarin, dipasang tiga seismograf di Gunung Anak Krakatau. Lalu satu di Pulau Sertung di dekat Gunung Anak Krakatau.

“(Seismograf) di Anak Krakatau itu pasti kena letusan. Pasti mati itu seismograf. Makanya ada alat di Setung. Pas agak tenang, Setung nggak berguna karena kejauhan,” ucap plt Ketua PVMBG Antonius Ratnomopurbo, kepada wartawan di Pos Pemgamatan Gunung Anak Krakatau, Desa Pasauran, Cinangka, Kabupaten Serang, Jumat (28/12/2018).


Karena pemasangan di Gunung Anak Krakatau terlalu bahaya, alat seismograf akan dipasang di Pulau Panjang dan Pulau Rakata. Masing-masing pulau akan dipasang satu seismograf.

Seismograf akan dipasang saat kondisi cuaca dan aktivitas Gunung Anak Krakatau sedikit tenang. Belum ada kepastian kapan pemasangan dilakukan.

“Kalau situasinya sudah agak sedikit tenang, mungkin kita bisa mendarat di Pulau Panjang dan di Pulau Rakata karena mereka masuk di dalam radius 5 km (zona bahaya),” ucap Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM, Rudy Suhendar.

(idh/idh) <!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *