Surati Parlemen Eropa, Brunei Tegaskan Hukuman Mati Terhadap LGBT

Bandar Seri Begawan

Brunei menyurati Parlemen Eropa sebagai upaya untuk mempertahankan keputusannya dalam menjatuhkan hukuman mati terhadap hubungan seksual sesama jenis, yang diklaimnya akan “menjaga kesucian garis keturunan keluarga dan pernikahan”.

Hukum Syariah dan hukum pidana umum akan berjalan secara paralel, tulis perwakilan Brunei di UE

Non-Muslim tidak akan terpengaruh oleh hukum pidana baru itu “kecuali jika perzinahan atau sodomi dilakukan dengan seorang Muslim”

Parlemen Eropa mengecam Brunei atas undang-undang yang dianggap terbelakang itu

Dalam sepucuk surat kepada para Anggota Parlemen Eropa (MEP) tertanggal 15 April, perwakilan negara itu di UE menuliskan Brunei memberlakukan undang-undang sendiri untuk menjaga nilai-nilai tradisional, agama dan budayanya, dan bahwa “tak ada standar umum yang bisa diterapkan di semua negara”.

Brunei, mantan jajahan Inggris yang berpenduduk mayoritas Muslim dengan populasi sekitar 400.000, mulai menerapkan hukum Syariah mulai 3 April, menghukum sodomi, perzinahan dan pemerkosaan dengan hukuman mati, termasuk dengan melempari batu, dan pencurian dengan amputasi.

Dalam surat itu, Brunei menyerukan “toleransi dan penghormatan” atas kedaulatan dan nilai-nilainya, dan mengatakan hukum Syariah dan sistem hukum umum akan berjalan secara paralel “untuk menjaga perdamaian dan ketertiban”.

“Kriminalisasi perzinahan dan sodomi dilakukan untuk menjaga kesucian garis keturunan keluarga dan pernikahan umat Muslim, terutama perempuan,” katanya.

“Dengan demikian pelanggaran itu tidak akan berlaku untuk non-Muslim kecuali tindakan perzinahan atau sodomi dilakukan dengan seorang Muslim.”

Ia melanjutkan bahwa kematian dengan dilempari batu dan diamputasi -yang dikenakan karena pelanggaran pencurian, perampokan, perzinahan dan sodomi – memiliki “ambang pembuktian yang sangat tinggi yang membutuhkan tidak kurang dari dua atau empat orang yang bermoral dan memiliki kesalehan tinggi sebagai saksi”.

“Mirip dengan sistem hukum umum, praduga tak bersalah dan proses hukum sangat ketat dianut dalam memastikan pengadilan yang adil,” sebut surat itu.

UE kecam hukum Islam di Brunei

Parlemen Eropa mengecam Brunei setelah surat itu muncul, mengadopsi sebuah resolusi untuk “mengutuk berlakunya KUHP Syariah yang terbelakang” dan mendesak pihak berwenang Brunei untuk “segera” mencabutnya.

Hukum itu disahkan dengan dukungan, kata Parlemen UE dalam sebuah pernyataan.

Para anggota Parlemen juga meminta Uni Eropa untuk mempertimbangkan pembekuan aset dan larangan visa di Brunei, dan untuk mencekal sembilan hotel yang dimiliki oleh Badan Investasi Brunei, termasuk The Dorchester di London dan The Beverley Hills Hotel di Los Angeles.

“Pemerintah Brunei … mencoba untuk mengecilkan kemunduran yang mengerikan, mengerikan untuk hak asasi manusia,” kata Barbara Lochbihler, seorang anggota Parlemen dan penulis utama resolusi parlemen tersebut.

“Kami tak bisa mengecualikan kemungkinan bahwa mereka mulai menerapkan ini.”

Federica Mogherini, perwakilan UE untuk urusan luar negeri, menambahkan bahwa hukuman itu tak bisa dibela.

“Tidak ada kejahatan yang membenarkan amputasi atau penyiksaan, apalagi hukuman mati,” katanya kepada Parlemen ketika resolusi itu diperdebatkan.

“Seharusnya tidak ada orang yang dihukum karena mencintai seseorang.”

Naqib Adnan, sekretaris kedua Kedutaan Brunei untuk Uni Eropa, menolak berkomentar.

Ikuti berita-berita lain di situs ABC Indonesia.


(dkp/dkp)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

10 Manfaat Pala, Rempah Khas Indonesia yang Terkenal di Eropa

6. Detoks

Detoks merupakan proses pengeluaran racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Banyak tanaman yang bisa digunakan untuk mendetoks tubuh salah satunya adalah buah pala. Kandungan senyawa kimia pada buah pala dipercaya dapat mendetoks racun dan juga toksin yang ada di dalam tubuh, terutama racun yang terdapat pada ginjal dan hati.

7. Mencegah Leukimia

Leukimia atau kanker darah ternyata bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah pala. Kandungan senyawa kimia berupa metanol dalam buah pala dipercaya dapat mencegah kanker darah atau leukimia. Mengkonsumsi ekstra buah pala bisa mencegah sel leukimia di dalam tubuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker pada penderita leukimia.

8. Menyehatkan Kulit

Buah pala mengandung zat scolopetin yang mampu menghentikan peradangan pada kulit. Bekas cacar, dan bisulan bisa dihilangkan dengan buah pala, sehingga kulit akan menjadi lebih halus lagi.

Cara menggunakannya adalah dengan memarut buah pala kemudian dicampur dengan madu dan air. Balurkan ke lokasi yang diinginkan dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Jika sudah, bilaslah dengan air hangat.

9. Menormalkan Tekanan Darah

Tekanan darah bisa diatur dengan mineral dan kalium yang terkandung dalam buah pala. Mineral dan kalium akan merenggangkan pembuluh darah sehingga pembuluh darah yang renggang bisa mengurangi dari tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, buah pala juga dipercaya bisa melancarkan peredaran darah karena kandungan kaliumnya.

10. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat buah pala berikutnya adalah bisa meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Kandungan berbagai vitamin salah satunya vitamin C dalam buah pala dipercaya bisa meningkatkan sistem imun sehingga tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang.

Itulah beberapa manfaat rempah-rempah asli Indonesia yang begitu banyak. Karena manfaatnya yang banyak itulah, buah pala menjadi salah satu produk ekspor andalan Indonesia dan juga terkenal di manca negara.

5 Catatan Pertemuan Liverpool vs Klub Spanyol di Turnamen Eropa

Liputan6.com, Liverpool – Liverpool akan menantang Barcelona di semifinal Liga Champions musim ini. Menghadapi Lionel Messi dan kolega, The Reds diprediksi harus berjuang keras untuk bisa lolos ke partai final.

Liverpool sukses melenggang keempat besar turnamen elite antarklub Eropa itu setelah menyingkirkan FC Porto dengan agregat 6-1. Pada pertemuan pertama di Stadion Anfield, mereka menang 2-0, sedangkan leg kedua di Estadio do Dragao mampu memetik kemenangan 4-1.

Di sisi lain, Barcelona berhasil melewati hadangan Manchester United. Skuat Catalan merengkuh kemenangan agregat 4-0 atas MU, dengan rincian menang 1-0 pada pertemuan pertama dan unggul 3-0 pada leg kedua.

Pada pertemuan pertama semifinal, Liverpool akan lebih dulu melawat ke markas Barca di Camp Nou pada 1 Mei 2019. Sementara itu, dalam laga leg kedua, skuat Si Merah akan menjamu Los Cules di Stadion Anfield pada 7 Mei 2019.

Bakal menghadapi Blaugrana, Liverpool berpeluang untuk bisa meraih tiket ke final Liga Champions. Sebab, dari enam pertemuan terakhir kontra Barca di seluruh ajang, The Reds memetik tiga kemenangan, satu hasil imbang, dan menelan dua kekalahan.

Meski begitu, Liverpool harus tetap mewaspadai Barcelona yang memiliki prestasi mengilap dalam satu dikade terakhir di Liga Champions. Selain itu, skuat si Merah juga memiliki tren buruk saat bersua klub asal Spanyol di turnamen Eropa.

Berikut ini adalah catatan pertemuan Liverpool kontra klub Spanyol:

Rajai Benua Eropa Usai Juventus Juara, Cristiano Ronaldo: Luar Biasa!

Liputan6.com, Turin – Juventus mencatatkan kemenangan 2-1 atas Fiorentina di Allianz Stadium, Sabtu (21/4/2019) dalam lanjutan Liga Italia. Kemenangan tersebut membuat Si Nyonya Tua, julukan Juventus, mengunci gelar Scudetto.

Dengan kemenangan atas Fiorentina, Si Nyonya Tua sudah mengoleksi 87 poin. Jumlah angka yang sudah tidak mungkin dikejar oleh Napoli bila mencatatkan enam kemenangan tersisa.

Keberhasilan Juventus meraih gelar Liga Italia membuat Cristiano Ronaldo resmi menjadi raja Eropa. Dia menjadi pemain pertama yang berhasil meraih gelar di tiga kompetisi elite, Liga Inggris, Liga Spanyol, dan Liga Italia.

“Saya sangat senang bisa memenangkan gelar Liga Italia di musim pertama saya di sini,” kata Ronaldo seperti dikutip dari Guardian.

“Tentu saja, ini merupakan musim yang luar biasa buat saya,” ujar bintang Juventus berusia 34 tahun itu melanjutkan.

3 Pemain Ajax yang Paling Diminati Klub Top Eropa

Liputan6.com, Amsterdam – Ajax Amsterdam mampu mencuri perhatian pada musim ini. Selain berpeluang menjuarai Eredivisie Belanda dan KNVB Cup, Ajax juga lolos ke semifinal Liga Champions.

Dalam perjalanan menuju fase empat besar, Ajax berhasil menyingkirkan juara bertahan Real Madrid dan favorit musim ini, Juventus. Hasil itu pun membuat Ajax untuk pertama kalinya tampil di semifinal Liga Champions, setelah terakhir kali pada 1997.

Dihuni banyak pemain muda berbakat, pasukan Erik Ten Hag itu mampu bersaing di pentas Eropa. Bahkan, penampilan mengesankan mereka sudah terlihat sejak penyisihan grup.

Performa impresif yang ditunjukkan para pemain Ajax tentu mampu menarik perhatian banyak klub Eropa. Akibatnya, raksasa Belanda tersebut harus berjuang keras mempertahankan para pemainnya pada musim panas.

Frenkie de Jong telah dipastikan bakal angkat kaki dan menuju ke Barcelona pada awal musim depan. Namun, sepertinya mereka akan kehilangan pemain bintangnya lagi.

Harga sepertinya bukan masalah. Sebab, klub-klub sekarang bersedia menebus bintang-bintang berbakat Ajax dengan harga mahal. Berikut ini adalah tiga bintang Ajax yang banyak diincar klub Eropa pada musim panas seperti dilansir Sportskeeda.

8 Kali Scudetto Beruntun, Juventus Bikin Rekor Baru di Eropa

TurinJuventus memastikan gelar scudetto ke-8 secara beruntun usai mengalahkan Fiorentina. Bianconeri menciptakan rekor baru di Eropa.

Juventus mengunci titel juara Liga Italia 2018/2019 di pekan ke-33, saat menghadapi Fiorentina di Allianz Stadium, Sabtu (20/4/2019). Sempat tertinggal, Cristiano Ronaldo dkk berbalik menang 2-1.

Kemenangan itu membuat Juventus mengoleksi 87 poin dari 33 laga, unggul 20 angka dari Napoli. Raihan poin Juventus takkan terkejar lagi dengan menyisakan lima laga. Titel juara pun jatuh ke tangan Juventus.

Bagi Juventus, scudetto musim ini menjadi gelar Liga Italia yang bisa diraih delapan kali secara beruntun. Sejak musim 2011/2012 hingga 2018/2019, tim asal Kota Turin itu tak terbendung pesaingnya.

Capaian ini membuat Juventus membuat rekor baru. Mereka menjadi tim pertama yang mampu meraih gelar juara liga delapan kali secara beruntun, di lima liga top Eropa (Italia, Prancis, Inggris, Spanyol, Jerman).

Rekor sebelumnya adalah klub yang menenangi tujuh gelar liga secara beruntun. Di jumlah itu, ada Lyon yang juara tujuh kali beruntun sejak musim 2001/2002 hingga 2007/2008 dan Juventus yang melakukannya pada 2011/2012 hingga 2017/2018.

Kini, La Vecchia Signora memecahkan rekornya sendiri, untuk membuat rekor baru di Eropa.

(yna/ran)


MU Khawatirkan Rival yang Masih Tampil di Eropa

Liputan6.com, Manchester – Manchester United (MU) sudah tak berlaga lagi di Eropa usai tersingkir di Liga Champions. MU tersingkir gara-gara kalah telak 0-4 secara agregat dari Barcelona pada perempat final Liga Champions.

MU kini hanya fokus untuk mengejar posisi empat di Liga Inggris. Meski begitu, kondisi ini justru malah tidak menguntungkan Setan Merah.

Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer merasa rival yang masih berlaga di Eropa justru lebih bersemangat melakoni sisa akhir musim.Untuk saat ini, MU masih tertahan di posisi keenam klasemen dengan 64 poin, selisih dua angka dari Arsenal di urutan keempat. Baik MU dan Arsenal sama-sama baru main 33 kali.

Melihat kondisi saat ini, MU jelas diuntungkan karena mereka tinggal fokus menyapu bersih lima laga tersisa di Liga Inggris. Sedangkan para rival seperti Tottenham Hotspur (posisi ketiga dengan 67 poin), Arsenal, dan Chelsea (posisi keelima dengan 66 poin) masih berlaga di kompetisi Eropa.

Bahkan ketiga klub itu berpeluang melaju ke final Liga Champions atau Liga Europa.Meski dihadapkan dengan jadwal padat, Solskjaer menilai para rival bakal lebih bersemangat saat menghadapi MU.

Helikopter hingga Hazelnut AS Kena Tarif Impor Uni Eropa

Liputan6.com, New York – Helikopter, tas, dan hazelnut merupakan di antara sejumlah barang Amerika Serikat (AS) yang kenatarif Uni Eropa.

Penerapan tarif impor barang AS merupakan langkah Uni Eropa berbalik melawan AS yang berisubsidi pesawat Boeing.

Komisi Uni Eropa menerapkan tarif impor barang AS senilai USD 20 miliar pada Rabu waktu setempat. Langkahini dilakukan usai World Trade Organization (WTO) menerapkan aturan lantaran pemerintah AS gagal untuk akhiri dukungan ilegal terhadap Boeing.

Dengan situasi yang sama. Sebelumnya pemerintahan AS juga mempertimbangkan menerapkan tarif impor barang UniEropa senilai USD 11 miliar. Ini sejalan dengan kerugian ekonomi AS seiring subsidi Eropa terhadap pesawat dan perusahaanAirbus.

Kedua negara pun sepakat untuk diskusi terbuka agar dapat akhiri tantangan perdagangan. Katalog Uni Eropa berisi 11 halaman mengenai penerapantarif impor untuk produk AS mulai dari pesawat, bahan kimia hingga produk makanan.

“Perusahaan Eropa mesti mampu bersaing secara adil dan sama rata. Aturan WTO baru-baru ini diterapkanterkait subsidi AS untuk Boeing penting untuk dihormati. Kita mesti melanjutkan ke level bertahanuntuk industri kita,” ujar Cecilia Malmstrom, Komisioner Uni Eropa, seperti dikutip dari laman CNBC,Sabtu (20/4/2019).

“Akan tetapi, perlu saya jelaskan, kita tidak ingin a tit-for-tat. Kita harus siap dengan terukurjika tidak ada jalan keluar. Saya percaya dialog ini dapat menjembatani kebutuhan AS-Uni Eropa sebagai partner penting,” Malmstrom menambahkan.

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

Rival Masih Tampil di Eropa, MU Melenggang ke Empat Besar?

ManchesterOle Gunnar Solskjaer membantah Manchester United diuntungkan dengan tersingkir dari Liga Champions. Menurutnya, para pemain justru kecewa dengan hasil itu.

MU baru saja tersingkir dari Liga Champions usai dikalahkan 0-3 oleh Barcelona di leg kedua perempatfinal tengah pekan kemarin. Secara agregat, MU kalah 0-4.

Itu artinya MU akan hampa gelar lagi musim ini dan satu-satunya target yang mungkin diraih adalah finis empat besar. Untuk saat ini MU masih tertahan di posisi keenam klasemen dengan 64 poin, selisih dua angka dari Arsenal di urutan keempat. Baik MU dan Arsenal sama-sama baru main 33 kali.

Melihat kondisi saat ini, MU jelas diuntungkan karena mereka tinggal fokus menyapu bersih lima laga tersisa di Premier League. Sementara para pesaingnya seperti Tottenham Hotspur (posisi ketiga dengan 67 poin), Arsenal, dan Chelsea (posisi keelima dengan 66 poin) masih berlaga di kompetisi Eropa.

Bahkan ketiga klub itu berpeluang melaju ke final dan oleh karenanya akan tampil habis-habisan di semifinal awal Mei nanti. MU pun bisa memanfaatkan kelengahan ketiga rivalnya itu.

Meski demikian, Solskjaer tak yakin kondisi ini menguntungkan MU. Justru dengan tiga rivalnya masih berkompetisi di Eropa, mereka akan makin bersemangat tampil lebih baik di sisa musim agar bisa menjaga peluang meraih trofi plus finis empat besar.

“Justru laga-laga seperti itu akan membuat mereka lebih semangat. Itulah yang Anda inginkan sebagai pemain,” ujar Solskjaer seperti dikutip Sky Sports.

“Kami tentu ingin sekali lolos ke semifinal tapi sayangnya gagal. Jadi kami harus fokus ke laga yang kami punya,” sambung pria asal Norwegia itu.

“Ada tiga laga menunggu kami (Everton, Manchester City, dan Chelsea), itulah fokus jangka pendek kami. Kami tidak boleh berpikir apapun selain tampil bagus sepanjang pekan ini,” demikian Solskjaer.

MU akan melawat ke Goodison Park akhir pekan ini sebelum menghadapi dua laga bigmatch di Old Trafford kontra Manchester City (24 April) dan Chelsea (28 April).

(mrp/rin)

Sujud Syukur ala Pemain-Pemain Top Eropa

Jumat, 19 Apr 2019 16:58 WIB

Getty Images – detikSport

Jakarta – Ada banyak cara untuk merayakan gol ataupun kemenangan, sujud syukur salah satunya. Berikut ini pemain-pemain top Eropa yang bersujud syukur usai mencetak gol.