Cara Membuat Pomade Sendiri di Rumah, Enggak Pakai Ribet

Cara membuat pomade sendiri di rumah pun cukup sederhana. Selain itu, bahan yang digunakan pun menggunakan bahan alami. Sehingga kamu tak perlu khawatir akan kerusakan rambut yang akan kamu alami. Berikut ini cara membuat pomade yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa ribet.

Alat dan bahan yang digunakan

1. Beeswax atau lilin madu

Lilin madu ini bisa kamu temukan di toko kosmetik ataupun di toko online. Lilin madu ini sering digunakan pula sebagai bahan dasar kosmetik. Hal ini dikarenakan sifat dari lilin madu yang melembabkan dan juga berkilau.

2. Minyak kelapa

Tentu saja bukan jadi rahasia umum bisa minyak kelapa bisa digunakan sebagai melembabkan rambut dan juga mengatasi rambut rusak. Menggunakan minyak kelapa sebagai salah satu bahan pembuatan pomade pun tak akan merusak rambut kamu.

3. Lempung bentonit

Lempung bentonit ini termasuk dalam jenis tanah liat loh. Pembentukan dari lempung bentonit ini terjadi kerena pelapukan abu vulkanik. Oleh karena itu, lempung bentonit ini pun kaya akan natrium dan juga kalsium. Selain itu, lempung bentonit juga memiliki manfaat sebagai penangkal radikal bebas loh.

4. Minyak Essensial

Minyak essensial ini bisa kamu gunakan sebagai menambah wangi pada pomade yang akan kamu buat. Jadi jenis aroma minyak yang akan kamu gunakan pun tergantung dari selera kamu.

5. Minyak zaitun dan Minyak almond

Kedua minyak ini sama-sama memiliki fungsi untuk melembutkan dan juga melembabkan rambut. Selain itu banyak pula nutrisi yang ada untuk rambut kamu. Maka tak ada salahnya untuk menambahkan minyak zaitun dan juga minyak almond pada bahan dasar cara membuat pomade.

6. Panci dan wadah kecil

Panci sendiri kamu gunakan untuk memanaskan dan mencampurkan semua bahan yang ada. Sedangkan mangkuk ini bisa kamu gunakan untuk menuangkan bahan yang telah tercampur.

5 Sapi Lucu Kartun Menggemaskan, Enggak Bosan Menonton

Back at the Barnyard adalah salah satu sapi lucu kartun besutan Nickelodeon.  Back at the Barnyard sebenarnya mirip dengan film animasi yang berjudul “Barnyard”. Baik pada judulnya, tokohnya, maupun garis besar ceritanya.

Namun Nickelodeon mengatakan bahwa serial kartun produksinya ini tidak ada hubungannya dengan film versi layar lebarnya yang diputar pada tahun 2006 yang lalu.  Back at the Barnyard pertama kali ditayangkan 2007 silam. Serial kartun ini juga ditayangkan di salah satu televise swasta  untuk versi dalam bahasa Indonesia.

Cerita Back at The Barnyard  tentang masalah yang melanda Otis seekor sapi dan teman-temannya di sebuah peternakan. Otis berusaha menyelesaikan masalah yang ada disekitarnya. Otis merasa bertanggung jawab melindungi kawan-kawannya.

Teman-temannya Otis ialah Pip si tikus, Pig si babi, Peck si ayam, Duke si Anjing, Abby dan Bessy yang juga sapi,tetapi mereka adalah sapi betina. Otis dan teman-temannya harus bisa mengatasi berbagai masalah yang mengganggu mereka dan gudang tempat tinggal mereka seperti gangguan dari Nyonya Beady.

Kata-Kata Lucu Abis, Bikin Hari-Harimu Enggak Bakal Galau

18.  “Sayang, tadi pagi aku tidak bisa makan karena merindukanmu. Siangnya juga tidak bisa makan karena memikirkanmu. Dan malamnya, aku tidak bisa tidur karena kelaparan,”

19.  “Cinta itu buta. Tapi cinta tahu mana mobil mana motor,”

20.  “Sampe sekarang gue gak  percaya ada telor palsu, yang gue percaya cuma harapan palsu,”

21. “Jangan jadi orang lucu karena ujung-ujungnya cuma enak dijadiin temen,”

22. “Terus-terusan mengenang mantan adalah cara terbaik menuju rumah sakit jiwa,”

23. “Dan sebenarnya, pacar orang adalah pacar kita juga, karena kita juga kan orang,”

24.  “Kamu mah enak LDR beda kota, beda negara, lah aku beda perasaan,”

25. “Kenapa kamu macarin sepeda? Karena dia bike,”

26. “Jangan pernah kasih izin orang lain panggil kamu ‘Say’. Karena itu bisa jadi bukan sayang, tapi Sayton,”

27. “Kamu nggak fokus, bukan karena butuh air mineral tapi butuh aku,”

28. “Sekali lagi kamu bilang ‘Aku sayang kamu’, aku gusur ke KUA sekalian,”

Manusia itu pada dasarnya hidup untuk bahagia dan tertawa. Walaupun rutinitas dan kegiatanmu sehari-hari terasa padat dan penat, jangan biarkan suasana hatimu menjadi sedih tanpa adanya hiburan.

Hiburan bisa kamu dapatkan tak harus dengan pergi ke suatu tempat yang jauh atau menghabiskan banyak uang, tetapi juga bisa dari sebuah kata-kata.  

Tak perlu membuat dompet kosong untuk liburan dan mencari kebahagiaan, kamu bisa tertawa lepas hanya sekedar dengan mencari kata-kata lucu. Kamu bisa membuat tubuh dan otakmu lebih santai dan rileks dengan hal sederhana seperti itu.

Top 3: Deretan Chat Lucu Buktikan Cari Pasangan Itu Enggak Gampang

Liputan6.com, Jakarta – Terkadang terlalu lama menjomblo bisa membosankan dan bikin jenuh. Itu sebabnya sebagian besar orang berusaha mencari kekasih dengan berbagai cara. Satu di antaranya berkenalan dengan gebetan idaman.

Berbagai usaha pun dilakukan seseorang demi bisa mendapatkan hati gebetannya. Namun, ada saja tingkah unik, konyol bahkan nekat saat berusaha mengenal atau menembak gebetan.

Artikel tentang deretan chat lucu yang membuktikan cari pasangan itu enggak gampang terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni cara menyadarkan pasangan yang kurang peka.

Adapun artikel ketiga terpopuler adalah langkah jitu mengatasi bila terlalu posesif terhadap pasangan.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Cari Pasangan Itu Enggak Gampang, 5 Chat Lucu Ini Buktinya

Chat Lucu Usaha Jomblo

Kadang dalam melakukan PDKT atau pendekatan, ada kalanya mengalami kegagalan. Namun begitu, biarkanlah para jomblo tersebut terus berusaha. Nah, penasaran bagaimana usaha kocak para jomblo untuk mendapatkan pasangan? Berikut deretan chatnya seperti melansir dari berbagai sumber.

Selengkapnya…

Saksikan video pilihan berikut ini:

Ternyata para jomblo punya cara unik agar tak dibilang sendiri melulu. Nih buktinya!

7 Tata Cara Naik Pesawat Buat Kamu yang Baru Pertama Kali, Enggak Perlu Takut

Liputan6.com, Jakarta Traveling nampaknya menjadi hobi yang dipilih banyak orang. Tak hanya melihat tempat baru, traveling juga mampu menyegarkan kembali pikiran yang penat akibat padatnya aktivitas yang dijalani setiap hari.

Biasanya banyak orang yang senang traveling bersama kerabat maupun keluarga. Namun, tak sedikit pula yang nyaman melakukan perjalanan seorang diri atau yang kerap disebut solo traveling. Namun, bebebrapa solo traveler mengurungkan niatnya traveling yang jauh karena takut naik pesawat dan bingung bagaimana tata cara naik pesawat.

Atau mungkin kamu mau terbang ke luar kota untuk merantau tetapi kamu seumur hidup belum pernah naik pesawat. Lantas kamu bingung bagaimana cara naik pesawat dan akhirnya memilih jalur darat yang memakan waktu cukup lama. Nah, apakah kamu adalah salah satu diantaranya? Tidak usah khawatir, kamu tidak perlu takut dan bingung dengan tata cara naik pesawat.

Artikel ini akan memberi panduan tata cara naik pesawat ke kamu yang masih awam tentang tata cara naik pesawat. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tata cara naik pesawat, Senin (4/3/2019)

2 dari 8 halaman

1. Cermati peraturan bagasi

Tentunya ketika kamu sedang berpergian pasti membawa sesuatu entah itu tas, koper yang berisi oleh-oleh atau perlengkapan selama berkunjung di suatu daerah. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan peraturan bagasi maskapai yang kamu pilih, karena setiap maskapai memiliki kebijakan mengenai batas bagasi gratis.

Tentu ini menjadi hal yang penting agar uang kamu tidak berkurang ketika bagasi kamu sudah berlebih.

Selain memcermati bagasi, kamu juga perlu tahu ada beberapa barang yang tidak diperbolehkan saat masuk ke dalam kabin pesawat. Ada juga benda yang tidak diizinkan ke dalam kabin ataupun bagasi pesawat.

Beberapa barang yang tidak boleh ke dalam kabin pesawat seperti benda bermata pisau seperti pisau, gunting dll. Pemantik dan korek api ataupun rokok elektrik dan lain-lain.

3 dari 8 halaman

2. Datang lebih awal

Datang satu atau dua jam lebih awal sebelum keberangkatan adalah tata cara naik pesawat yang harus kamu ingat. Meskipun nanti kamu naik pesawat untuk yang kedua atau kesekian kalinya. Datang lebih awal membuat kamu menjadi lebih tenang.

Pasalnya kita tidak pernah tahu, nanti akan ada hambatan atau tidak yang menimpa sebelum menuju bandara, seperti perjalanan yang macet, ban bocor dan lain-lain. Dengan datang lebih awal membuat kamu bisa mengatisipasinya dan tidak perlu khawatir tertinggal pesawat.

4 dari 8 halaman

3. Mengetahui Terminal Keberangkatan

Mengetahui terminal keberangkatan adalah tata cara naik pesawat yang penting. Jika kamu tidak mengetahui terminal keberangkatanmu, kamu bisa melihatnya di e-tiket yang telah terbit.

Karena setiap keberangkatan dan kedatangan memiliki terminal yang berbeda-beda. Jadi pastikan untuk mengetahui dan mengingat terminal keberangkatanmu.

Jangan sampai kamu malah salah terminal karena nantinya kamu akan masuk ke pesawat hanya melalui pintu ini. Untuk lebih pastinya, kamu bisa menanyakan pada petugas di bandara. Pasti dengan senang hati mereka akan menjelaskan. Jadi, enggak perlu khawatir salah terminal ya!

5 dari 8 halaman

4. Check in

Check in adalah salah satu tata cara naik pesawat yang paling penting. Kamu bisa melakukan web check in di website maskapai pesawat yang kamu tumpangi. Jika tidak, kamu juga bisa melakukan check in manual di bandara.

Caranya mudah saja, kamu tinggal menuju kaunter check in pesawat yang akan kamu tumpangi lalu tunjukkan tiket atau e-tiketmu disertai data diri seperti KTP atau paspor jika kamu akan ke luar negeri. Setelah check in kamu akan mendapatkan boarding pass yang nantinya harus kamu tunjukkan saat akan naik ke pesawat.

6 dari 8 halaman

5. Naik Pesawat

Ketika pesawat sudah tiba, siapkan KTP-mu untuk melakukan boarding ke pesawat. Naiklah pesawat dan pilih kursi sesuai yang tercantum di boarding pass. Setelah itu kamu mencari kursi yang sesuai dengan tiketmu. Jangan sampai salah kursi ya!

7 dari 8 halaman

6. Mengetahui prosedur keamanan penerbangan

Setelah itu perhatikan dengan cermat prosedur keamanan penerbangan yang telah dijelaskan oleh pramugari. Seperti bagaimana menggunakan sabuk pengaman yang benar, cara menggunakan masker dan mengetahui letak pintu darurat.

Dengan mengetahui berbagai prosedur keamanan penerbangan mungkin jadi bekal utama yang bisa mendatangkan sedikit ketenangan. Juga, jangan ragu menegur penumpang yang melanggar prosedur ini ketimbang kamu terus merasa gelisah melihatnya.

Mana tahu kecerobohan satu orang akan menyusahkan yang lain di keadaan darurat. Setelah itu kamu bisa santai dan menikmati perjalananmu.

8 dari 8 halaman

Mengambil barang di bagasi

Setelah pesawat mendarat, jika kamu tadi menitipkan barang di bagasi, maka kamu mengambilnya di tempat pengambilan bagasi.

Namun, sebelum masuk ke dalam antrean pengambilan bagasi, cocokkan nomor penerbanganmu atau kota asalmu dengan informasi yang tertulis di layar setiap belt agar tidak salah tempat.

Cek kembali nomor bagasi yang diberikan saat check-in, berupa stiker berisi nomor yang biasanya ditempelkan ke boarding pass-mu. Ingat-ingat barang apa saja yang tadi kamu titipkan di bagasi, jangan lupa untuk mengeceknya kembali, agar tidak tertukar dengan pengunjung lain.

Hal ini tidak berlaku jika kamu tidak menitipkan barang saat check-in di bandara, maka kamu bebas keluar tanpa harus mampir ke Baggage Claim.

Itulah tata cara naik pesawat untuk kamu yang baru pertama kali naik pesawat. Tetap tenang dan ikuti prosedur yang ada, maka perjalanmu akan mengasyikkan kok! Jangan lupa berkabar dengan keluarga jika kamu akan berangkat atau sudah tiba ke tempat tujuan ya. Selamat menikmati perjalanan!



Pasokan Cadangan Gas Besar di Sumsel Diprioritaskan untuk Domestik

Liputan6.com, Jakarta – Repsol telah menemukan cadangan gas di‎ ‎Blok Sakakemang, Sumatera Selatan, sebesar 2 triliun kaki kubik (Trillion Cobic Feet/TCF).

Hal ini menjadi angin segar bagi industri hulu minyak dan gas bumi (migas) Indonesia sebab selama 18 tahun baru ditemukan kembali cadangan gas skala besar.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyatakan, gas yang dihasilkan dari blok migas yang dioperatori perusahaan migas asal Spanyol tersebut, akan diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“‎Untuk dalam negeri (pasokan gasnya),” kata Arcandra, di Kantor Kementerian ESDM‎, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Arcandra menuturkan, pasokan gas untuk dalam negeri tidak akan berlebih. Untuk infrastruktur penyaluran gasnya akan memanfaatkan yang sudah dioperasikan. 

“Enggak akan lebih. ‎Kita dalam kebutuhan untuk negeri. ‎Infrastruktur bisa digunakan sekitarnya,” tutur dia.

2 dari 2 halaman

Repsol Temukan Ladang Gas Terbesar di Sumsel

Sebelumnya, ‎Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyatakan Repsol telah menemukan potensi cadangan gas yang besar di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan, tak tanggung-tanggung, cadangan gas yang ditemukan oleh perusahaan migas asal Spanyol‎ tersebut diperkirakan mencapai 2 triliun kaki kubik (TCF).

“Ini lokasinya di Banyu Asin. Potensi lebih kurang 2 TCF. Asumsi sekarang, rig 1.500 HB. Kadang dikerjakan bertahun tahun gak dapat, dengan kedalaman 2.430 meter dapat cadangan. 2004 sudah dilakukan dengan KBD 1, kurang memberikan hasil yang bagus. Ternyata ada disebelahnya yang lebih bagus cadangannya,” ‎ujar dia.

Menurut dia, selain potensi gas yang besar, temuan ladang gas ini menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Sebab, setelah 18 tahun akhirnya ditemukan cadangan gas baru dalam jumlah yang besar.

“Ini penting kita sampaikan, karena KBD 2X di Indonesia, potensi tersebut setelah 18 tahun. Ini adalah penemuan yang signifikan. Setelah dua dekade. Ini perlu kita syukuri, ini semoga jadi angin baru untuk penemuan mendatang. Di 2018-2019 ini adalah penemuan terbesar nomor 4 di dunia,” kata dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:


Dipertanyakan Massa FUI, KPU Jelaskan Hak Tunagrahita Nyoblos

Dipertanyakan Massa FUI, KPU Jelaskan Hak Tunagrahita Nyoblos Komisioner KPU Wahyu Setiawan (Foto: Ari Saputra)

Jakarta – Massa FUI yang melakukan aksi di depan Kantor KPU diterima oleh komisioner KPU. Saat audiensi, salah satu pertanyaan yang muncul adalah tentang ‘orang gila boleh mencoblos’.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, kemudian memberi penjelasan. Dia menegaskan bahwa KPU hanya menjalankan putusan MK. Mereka yang diberikan hak mencoblos juga adalah tunagrahita.

“Sudah ada putusan MK untuk memberikan hak pilih kepada tunagrahita. Jadi para ustaz ustazah, jadi bukan orgil yang telanjang kita data, enggak. Tapi kalau ada keluarga yang kelainan mental itu yang dimaksud oleh MK,” kata Wahyu di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019).

Tunagrahita yang memiliki hak pilih juga harus memenuhi sederet syarat. Jumlahnya sekitar 600.000 orang.

“Insyaallah kami tidak pernah mendata orang gila, kami tak pernah lakukan. Tetapi tunagrahita yang kami data karena ada putusan MK,” ungkapnya.

Sebelumnya diberitakan, massa Forum Umat Islam (FUI) sebelumnya berkumpul di depan Kantor KPU. Amien Rais yang sempat ikut serta, lebih dahulu meninggalkan lokasi sebelum audiensi dimulai.

“Jadi itu kalau KPU bagus, jujur, kita doakan mudah-mudahan dapat hidayah, rahmat, dimuliakan Allah dunia-akhirat. Tetapi kalau KPU sampai curang, kita doakan dapat laknat hidupnya sengsara dunia dan akhirat,” kata Amien sebelumnya.
(imk/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Akting di Cinta Buta SCTV, Ratu Rizky Nabila Jadi Selingkuhan Anjasmara

Liputan6.com, Jakarta – Penyanyi Ratu Rizky Nabila menjejak panggung hiburan ke ranah akting. Di depan kamera, meski tak sedang mengolah vokal, ia tetap mampu memberikan hiburan melalui aktingnya di layar kaca.

Ratu Rizky Nabila terlibat dalam sinetron Cinta Buta yang tayang di SCTV. Dalam sineton itu, ia berperan sebagai selingkuhan Anjasmara.

Tentunya, berhadapan langsung dengan aktor yang sudah malang melintang di layar sinetron dianggap sebagai tantangan khusus. Ratu Rizky Nabila menyadari, akting yang diperlihatkannya tak boleh biasa-biasa saja.

“Siapa yang enggak tahu akting Mas Anjas (Anjasmara-red). Buat aku kebanggaan banget bisa adu akting dengan beliau,” kata Ratu Rizky Nabila saat dihubungi di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

2 dari 3 halaman

Pendalaman Karakter

Karena tahu lawan mainnya di sinetron yang dibintangi Nikita Willy dan Rezky Aditya tak sembarangan, Ratu Rizky Nabila melakukan sejumlah persiapan sebelum proses syuting dimulai.

Salah satunya dengan mendalami karakter yang dimainkan. “Script itu enggak cuma aku hafal. Tapi aku masukin banget karakter cewek yang diselingkuhi dan terbiasa selingkuh seperti apa,” dia menjabarkan.

3 dari 3 halaman

Totalitas

Bagi Ratu Rizky Nabila, dipercaya untuk membintangi sinetron garapan SinemArt merupakan prestasi besar dalam kariernya di panggung hiburan.

“Jadi harus 100 persen totalitas. Aku orangnya berusaha menjawab profesionalitas kerja dengan kualitas. Enggak cuma ramai diomongin di media sosial, tapi sebagai entertainer kita harus tanggung jawab dengan pekerjaan dan karya yang sedang kita buat,” dia menukas.

Astrid Tiar Ajarkan Anak Main Hujan-hujanan

Liputan6.com, Jakarta – Astrid Tiar menginginkan momen berharga bersama anak-anaknya. Dan ia memulai dengan hal yang kecil.

Bagi Astrid Tiar, bisa membahagiakan anak-anaknya tak melulu dengan pergi ke mal atau tempat wisata.

“Sebagai ibu bagaimana berkreasi menciptakan momen sama keluarga saya di rumah. Dari hal-hal kecil saja. Momen terakhir banget itu aku hujan-hujanan bareng anak-anak, ungkap Astrid Tiar, di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Astrid Tiar, mengaku ia tak khawatir anak-anaknya sakit akibat mandi hujan. Lantaran usai bermain, mereka langsung mandi.

2 dari 3 halaman

Takut

Awalnya, kedua buah hati Astrid Tiar takut bermain hujan-hujanan. Namun, setelah dibujuk dengan penjelasan sederhana keduanya pelan-pelan mencobanya.

“Kok anakku takut hujan. Aku bilang, ‘Hujan itu enggak galak, enggak menyakitkan, asal habis hujan-hujanan enggak kering di badan’,” tambahnya.

3 dari 3 halaman

Ketagihan

Dan kini, anak-anak Astrid Tiar justru ketagihan mandi hujan lagi. Sampai-sampai mereka merengek untuk mandi hujan, padahal tak sedang turun hujan.

“Aku ambil selang, mari hujan-hujanan. Itu sangat langka zaman now. Orang pasti ke mal, water park, it’s ok tapi enggak melulu. Bahagia itu sederhana,” papar Astrid Tiar. (Antaranews.com)

Menaker Yakin Program Desmigratif Bisa Tekan Pengiriman TKI Ilegal

Liputan6.com, Jakarta Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri menyatakan, Program Desa Migrasi Produktif (Desmigratif) yang dicanangkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) bisa menekan pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang kerap dilakukan calo.

Lewat program ini, calon TKI bisa mendapat informasi lengkap seputar pasar kerja dan tata cara bekerja di luar negeri.

“Bahkan kalau mau misalnya berangkatnya lewat PT, mau nanya PT yang sudah dicabut mana saja, kadangkala orang enggak tahu kan. Itu kalau di layanan migrasi bisa diakses informasi itu,” jelas dia di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Namun dia mengakui jika upaya tersebut masih butuh usaha yang lebih keras. “Karena ini memang lebih jangka panjang dalam rangka membantu pengelolaan remitansi para TKI,” jelas dia.

Kendati demikian, Hanif menilai, pelaksanaan Program Desmigratif sejauh ini telah berjalan dengan baik, sehingga bisa menangani oknum calo di lapangan.

Alhamdulillah selama ini sudah ada relatif berjalan baik. Dalam program desmigratif itu kan warga desa jadi punya tempat untuk crosscheck Informasi. Karena di situ disiapkan ada informasi pasar kerja, juga kalau mekanisme bekerja ke luar negeri itu seperti apa, syarat-syaratnya bagaimana, dan seterusnya,” tuturnya.

Selain itu, ia melanjutkan, program ini juga mampu menopangi keberlanjutan hidup keluarga TKI yang ditinggal di kampung halamannya.

“Misal yang tinggal pasangannya. Kalau istrinya pergi berarti yang lakinya di rumah, itu kita kasih pelatihan kewirausahaan, kita kasih bantuan sarana dan prasarana usaha sampai mereka menciptakan usaha produktif,” paparnya.

“Kemudian untuk community parenting, anak-anaknya kita urus, kita ada rumah edukatif. Sejumlah BUMN men-support kita, dan anak-anak bisa menghabiskan waktu untuk kepentingan yang positif,” dia menambahkan.

2 dari 2 halaman

Kemnaker Ingin Pemda Ikut Danai Program Desa Migran Kreatif

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berkomitmen mengoptimalkan program Desa Migran Produktif alias Desmigratif agar lebih maksimal. Program ini dinilai dapat membangkitkan pembangunan ekonomi di desa.

Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri mengatakan, Kemnakar menargetkan 150 desa masuk program desmigratif pada 2019 ini.

“Masih jalan, Desmigratif untuk tahun ini sekitar 150 desa yang kita jalankan dengan program desmigratif itu di 10 provinsi, sekitar 60 kabupaten,” kata dia di Kemnaker, Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Hanif mengakui bahwa meskipun terjadi kenaikan jumlah desa sasaran program dibandingkan tahun sebelumnya, namun itu tidak tinggi. Pada 2018, program ini menyasar 130 desa.

“Naik. Cuma kenaikannya tidak melonjak begitu, karena anggaran kita untuk itu relatif terbatas,” ungkap Hanif.

Karena itu, pihaknya mendorong agar pemerintah daerah Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk turut ambil bagian dalam pendanaan program ini.

“Kita bikin role model-nya, jadi ada modeling dari Kementerian untuk pelayanan dan perlindungan TKI dari desa. Kemudian nanti kita berharap pemerintah Provinsi atau Kabupaten/Kota juga bisa mereplikasi itu di desa-desa yang kebetulan belum,” jelas dia.

“Karena kalau kami kan desanya tiap tahun paling satu kabupaten atau satu provinsi kita kasih dua desa sebagai model. Kalau provinsinya bisa lebih kenceng, kabupatennya lebih kencang, saya kira akan makin banyak desa-desa yang terjangkau oleh program desa desmigratif,” Dia menandaskan.


Reporter: Wifridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com