Emery Bukan Suksesor Pilihan Wenger, Lalu Siapa?

NaplesUnai Emery menjadi manajer Arsenal yang menggantikan Arsene Wenger setelah mundur. Rupanya Emery bukan manajer penerus yang dipilih Wenger. Lalu siapa?

Wenger menyudahi 22 tahun kariernya melatih the Gunners usai mundur pada akhir musim 2017/18. Si Profesor meninggalkan warisan berupa tiga titel Premier League, tujuh Piala FA, dan torehan invincible yang sampai saat ini belum bisa disamai tim manapun.

Emery kemudian ditunjuk sebagai suksesor Wenger setelah menyepakati kontrak selama dua tahun dengan Arsenal. Namun, jurnalis Ciro Venerato mengungkapkan bahwa Carlo Ancelotti lah yang diharapkan Wenger untuk menjadi manajer Arsenal selanjutnya.


Di sisi lain, Ancelotti menyudahi masa rihatnya usai dipecat Bayern Munich pada September 2017 dengan berlabuh ke Napoli. Pelatih top Italia itu menggantikan Maurizo Sarri, yang hijrah ke Chelsea.

Kini, Arsenal dan Napoli akan saling sikut di Liga Europa setelah terundi berjumpa di perempatfinal. Meriam London akan lebih dahulu menjadi tuan rumah di leg pertama sebelum gantian melawat ke Napoli di leg kedua pada April mendatang.

“Arsenal-Napoli?” kata Venerato tentang laga Liga Europa berikutnya. “Saya akan mengatakan kepada Anda sebuah cerita di balik layar pada musim panas lalu ketika Arsene Wenger mengindikasikan Carlo Ancelotti sebagai penerus potensial dirinya dan suksesor di bangku cadangan Arsenal.”

“Carlo Ancelotti, Anda tahu, istri dia kan orang Kanada dan seluruh keluarga mereka tinggal di London. Jadi dia tertarik,” ucap dia kepada CalcioNapoli24 yang dikutip Mirror.

“Arsenal kemudian memilih Unai Emery dan saat itu Carlo Ancelotti bergabung Napol, tapi dia tidak lupa bahwa Arsenal telah menoak dia,” kata si jurnalis. (rin/yna)


Arsenal vs Rennes: Emery Sudah Mencium Aroma Juara

Menurut Emery, semangat Arsenal menjuarai Liga Europa bukan hanya untuk mendapatkan tiket kembali ke Liga Champions. Lebih dari itu, Arsenal sangat berhasrat untuk meraih satu gelar juara musim ini, demi para fans.

“Saya berkata pada para pemain hari ini, saya sangat bersemangat dengan kompetisi ini. Bukan cuma karena anda bisa kembali ke Liga Champions melalui kompetisi ini, tetapi juga karena saya pikir kami bisa merasakan kemungkinan meraih satu gelar juara,” ungkap Emery di laman resmi Arsenal.

“[Juara dengan] tampil seperti ini pada momen-momen sulit seperti hari ini, juga bermain melawan tim-tim besar.”

Arsenal vs MU: Unai Emery Siap Gunakan Taktik Berbeda

Liputan6.com, London – Laga panas akan tersaji dalam lanjutan Liga Inggris pekan ke-27, malam ini. Manchester United (MU) akan bertandang ke markas Arsenal di Stadion Emirates, London.

Terakhir keduanya bertemu diajang Piala FA bulan Januari lalu. Saat itu Arsenal gagal melaju ke babak selanjutnya usai ditekuk MU dengan skor 1-3. Gol kemenangan Setan Merah dicetak oleh mantan pemain mereka, Alexis Sanchez, Jesse Lingard dan Anthony Martial.

Kali ini Arsenal dan MU akan kembali bertemu di ajang Liga Inggris. Mengingat hasil pertemuan terakhir, tentu Arsenal tidak ingin kembali kecolongan di kandang. Apalagi pertandingan ini sangat menentukan dalam perebutan posisi empat klasemen.

Kedua tim tengah dalam kondisi yang berbeda. Arsenal baru saja dihantam oleh Rennes di ajang Liga Europa dengan skor 3-1. Sementara MU tengah dalam kepercayaan diri usai lolos ke fase perempat final dengan mengalahkan PSG.

Namun begitu, manajer Arsenal, Unai Emery, percaya pasukannya bisa memenangkan laga ini. “Mereka (MU) sedang berada di momen terbaik di musim ini. Tetapi kami bermain dengan pendukung kami dikandang dan kami ingin menciptakan atmosfer besar untuk membantu kami menampilkan yang terbaik,” ujar Emery seperti yang dikutip Sky Sport.

Pada pertandingan lawan MU nanti ia akan menerapkan taktik yang berbeda. Mencari alternatif lain yang lebih baik dalam melawan The Reds Devils.

“MU sedang dalam kondisi yang baik. Pada hari Minggu kita perlu melakukan sesuatu yang berbeda secara taktik dan individual dan menemukan efisiensi yang lebih baik melawan mereka,” lanjutnya.

Rennes Vs Arsenal: Emery Kutuk Kartu Merah Sokratis

Liputan6.com, Rennes – Pelatih Arsenal, Unai Emery menilai kartu merah sebagai biang keladi kekalahan dari Rennes pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa, Jumat (8/3/2019) dinihari WIB. Ia menganggap, kartu merah kepada bek Arsenal, Sokratis Papastathopoulos mengubah jalannya pertandingan.

“40 menit pertama, saya pikir kami mengontrol pertandingan, kami mencetak gol dan tidak kebobolan dari peluang mereka. Tetapi setelah kartu merah, itu berbeda,” ujar Emery seperti dilansir situs resmi klub.

Bertandang ke markas Rennes, Arsenal sebetulnya dalam posisi yang diunggulkan. Itu terbukti saat Alex Iwobi mencetak gol pada menit ketiga.

Kartu merah Sokratis Papastathopoulos membuat pertandingan berubah 180 derajat. Rennes mengambil alih dominasi pertandingan dan memborong tiga gol.

Benjami Bourigeaud mencetak gol penyeimbang, disusul gol bunuh diri Nacho Monreal pada menit 65. Ismaila Sarr menambah derita Arsenal lewat gol pada menit 88.

Defisit dua gol, Arsenal minimal harus menang 2-0 pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa, pekan depan di Emirates Stadium.

2 dari 3 halaman

Peringkatkan Rennes

Kendati kalah 1-3, Emery optimistis laga akan berjalan berbeda di Emirates. Pasalnya, Arsenal akan bermain 11 orang di markas mereka sendiri.

“Pekan depan, akan 11 melawan 11 dan dengan rasa hormat yang kami punya seperti di 40 menit pertama. Kami akan melakukan itu di kandang melawan mereka,” ujar Emery.

“Tetapi kami juga butuh mengubah permainan kami dan saya percaya kepada pemain kami, dengan suporter yang mendukung, akan membantu kami membalikkan keadaan,” kata Emery mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Lawan Manchester United

Sebelum melawan Rennes, Arsenal sendiri akan menjamu Manchester United (MU) di Emirates Stadium dalam pentas Liga Inggris, Minggu (10/3/2019) WIB. Laga ini krusial bagi Meriam London yang sedang berjuang untuk finis di empat besar.

Arsenal saat ini berada di peringkat kelima dengan 57 poin. Sementara itu, MU ada di peringkat keempat dan mengemas 58 poin.

Solidnya Arsenal Bikin Bangga Emery

JakartaArsenal gagal menang kala menantang Tottenham Hotspur di Wembley. Unai Emery melihat ada hal-hal positif di balik hasil imbang ini.

Arsenal bermain imbang 1-1 saat bertandang ke Wembley, Sabtu (2/3/2019) malam WIB. The Gunners cenderung membiarkan Tottenham lebih menguasai bola dengan persentase hingga 60%, tapi punya peluang tak kalah banyaknya.

Mencatatkan sembilan percobaan, Arsenal punya empat peluang on target. Sementara Tottenham punya 10 tembakan di mana hanya tiga yang mengarah ke gawang.

Arsenal unggul lebih dulu lewat Aaron Ramsey di menit ke-16. Gol itu memaksa Tottenham lebih agresif, tapi baru bisa menyamakan skor melalui penalti Harry Kane di menit ke-74.

Anak-anak asuh Emery bisa saja mengunci kemenangan di masa injury time, setelah diberikan penalti oleh wasit. Namun eksekusi Pierre-Emerick Aubameyang terbaca dan digagalkan oleh Hugo Lloris.

Emery mengaku bangga melihat penampilan para pemainnya yang solid, hingga menyulitkan Tottenham mendapatkan peluang. Whoscored menunjukkan Arsenal begitu gigih menghentikan serangan Tottenham dengan tekel-tekel.

Tercatat mereka punya 24 tekel sukses dari 34 upaya, atau dengan persentase 71%. Selain itu ada 14 intersepsi dan 21 sapuan. Sebagai perbandingan, Tottenham punya 14 tekel sukses dari 25 upaya (56%), plus tujuh intersepsi dan 12 sapuan.

“Saya bangga dengan para pemain dan kinerja mereka. Anda bisa menang, kalah, atau imbang seperti yang kami dapatkan hari ini, tapi di atas segalanya kami bermain sebagai sebuah tim dan berjuang bersama,” kata Emery dikutip Sky Sports.

“Adaptasi kami terhadap pertandingan bagus dan momen-momen kami selama 90 menit kuat. Kami bisa saja memenangi laga ini.”

“Kami menciptakan peluang, mencetak gol dan bisa saja menang. Mereka bikin peluang dan kiper kami menggagalkannya.”

“Kami bermain dengan semangat kolektif yang besar dan secara taktik, kami beradaptasi dengan baik. Itulah mentalitas yang kami inginkan,” imbuhnya.
(raw/ran)

Usai Hajar Bournemouth, Arsenal Bidik Tottenham

Liputan6.com, London – Usai menghajar Bournemouth 5-1, Arsenal kini membidik Tottenham Hotspur di laga Liga Inggris selanjutnya. Hal itu diungkap pelatih The Gunners, Unai Emery.

Pada dini hari tadi, Tottenham Hotspur harus menelan kekalahan. Mereka dikalahkan oleh Chelsea dengan skor 2-0 di Stamford Bridge.

Berkat kekalahan itu, posisi The Lillywhites kini semakin didekati oleh Arsenal di klasemen sementara EPL. Mereka kini hanya unggul empat poin saja dari The Gunners yang menempati peringkat 4.

Emery sendiri menegaskan bahwa Arsenal akan melakukan segala cara untuk mengalahkan Tottenham di akhir pekan nanti. “Itu [memangkas jarak dengan Tottenham] adalah sebuah motivasi yang besar bagi kami,” buka Emery kepada situs resmi Arsenal.

2 dari 3 halaman

Jaga Performa 

Emery menegaskan bahwa timnya tidak boleh berleha-leha jelang menghadapi pertandingan sarat gengsi tersebut pada akhir pekan nanti.

Sang pelatih menyebut bahwa timnya wajib bekerja keras di sesi latihan Arsenal agar mereka bisa meraih kemenangan pada laga itu.

“Kami tidak boleh hanya mewacanakan hal itu melalui omongan saja, melainkan kami harus memanfaatkan dengan sebaik mungkin, seperti yang kami lakukan hari ini. Setelah itu baru kami harus membuktikannya pada pertandingan hari Sabtu nanti.”

3 dari 3 halaman

Laga Sulit 

Emery juga mengakui bahwa Tottenham bukanlah lawan yang bisa dipandang dengan sebelah mata. Untuk itu timnya harus membuktikan kualitas mereka di atas lapangan.

“Untuk saat ini mereka [Tottenham] adalah lawan yang sulit bagi kami, karena mereka berada di posisi yang lebih baik daripada kami di klasemen sementara ini.”

“Saya rasa bermain di markas mereka akan sangat sulit, namun ini akan menjadi ujian yang sangat baik. Ujian ini akan menjadi ujian yang bagus dan juga positif.” tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

Emery Sebut Mesut Ozil Sudah Bahagia di Arsenal

Liputan6.com, London – Mesut Ozil tampil gemilang saat Arsenal mengalahkan Bournemouth 5-1 di Liga Inggris, Rabu (27/2) atau Kamis dini hari WIB. Pelatih Arsenal, Unai Emery pun memuji penampilan pemain asal Jerman itu.

Emery menilai sang pemain sudah semakin bahagia membela Arsenal sehingga mempengaruhi performanya di atas lapangan.

Sejak akhir tahun 2018 kemarin, Ozil memang kerap diberitakan tidak bahagia di Arsenal. Ia mulai tersingkir dari tim utama The Gunners sehingga banyak rumor mengatakan bahwa ia akan meninggalkan Emirates Stadium di bulan Januari kemarin, meski hal itu tidak terlaksana.

Playmaker Timnas Jerman ini kembali menunjukkan sinarnya dini hari tadi. Ia membuat satu gol dan satu assist saat Arsenal mengalahkan Bournemouth dengan skor 5-1 di Emirates Stadium.

Emery sendiri mengaku terkesan dengan permainan yang ditunjukan oleh sang playmaker. “Hari ini Ozil bermain dengan bagus,” buka Emery kepada BBC Sports.

2 dari 3 halaman

Kontribusi Besar 

Emery sendiri mengakui bahwa kemenangan besar timnya di Emirates Stadium ini tidak terlepas dari performa Ozil pada laga tersebut.

Emery menilai Ozil sudah menunjukkan kualitasnya sehingga ia berkontribusi besar pada kemenangan timnya pada laga itu.

“Hari ini dia sudah banyak membantu kami dengan kualitas yang ia miliki. Ia juga mampu mengorganisir tim ini dan bermain di sistem yang berbeda.”

3 dari 3 halaman

Teori Emery

Emery sendiri juga punya teori di balik performa apik sang playmaker pada pertandingan dini hari tadi.

Emery menilai Ozil saat ini sudah merasa lebih bahagia di Arsenal sehingga ia bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya bersama tim asal London Utara itu.

“Saya rasa dia kini sudah merasa lebih bahagia bersama kami. Saya dan rekan-rekan setimnya sangat bangga akan apa yang dilakukan Mesut hari ini.” tandasnya.

Hasil Liga Inggris: Arsenal Pesta Gol, Hajar Bournemouth 5-1

LondonArsenal meraih kemenangan besar saat menjamu Bournemouth dalam pekan ke-27 Liga Inggris. The Gunners menggilas Bournemout dengan skor 5-1.

Bermain di Emirates Stadium, Arsenal sudah unggul saat laga baru berjalan empat menit melalui Mesut Oezil. Gol Henrikh Mkhitaryan yang kemudian dibalas Lys Mouseset membuat Arsenal unggul 2-1 saat jeda.

Skuat besutan Unai Emery tak terbendung di babak kedua. Tiga gol tambahan berhasil dilesakkan melalui Laurent Koscielny, Pierre Emerick Aubameyang, dan ditutup oleh Alexandre Lacazette. Arsenal menyudahi pertandingan dengan skor 5-1.

Kemenangan besar ini memastikan Gudang Peluru masih bertahan di posisi empat klasemen Liga Inggris. Mereka kini mengumpulkan 56 poin, unggul satu angka dari Manchester United yang pada saat berita ini diturunkan masih unggul 2-1 atas Crystal Palace.

Jalannya Pertandingan

Laga baru berjalan empat menit saat Arsenal sudah berhasil menjebol gawang Bournemouth melalui Oezil. Menerima bola dari Sead Kolasinac di sisi kiri lapangan, Oezil yang mendapati ruang bebas di depannya langsung menusuk ke kotak penalti.

Tembakan yang dia lepaskan sebenarnya sempat mengenai tangan kiper. Namun itu tak cukup untuk menghindarkan bola dari masuk ke gawang.

Kemenangan atas Bournemouth memastikan Arsenal bertahan di empat besar klasemen Liga InggrisKemenangan atas Bournemouth memastikan Arsenal bertahan di empat besar klasemen Liga Inggris Foto: Reuters/Peter Cziborra

Arsenal mencetak gol keduanya saat pertandingan masuk menit 28. Gol ini bermula dari kesalahan passing pemain Bournemouth di sepertiga pertahananya sendiri.

Henrikh Mkhitaryan yang memotong umpan tersebut langsung mengoper ke Oezil yang berlari masuk ke kotak penalti. Bukan mengeksekusi sendiri peluang yang dipunya, Oezil memilih mengembalikan bola ke Mkhitaryan. Dengan mudah gelandang asal Armenia itu menjebol gawang Bournemouth.

Keunggulan dua gol The Gunners tak bertahan lama. Di menit 30 tim tamu bisa memperkecil ketinggalan melalui Lys Mousset. Gol ini diawali kesalahan Matteo Guendouzi harus dibayar mahal oleh Arsenal. Umpan pendek Leno gagal dikuasaianya dengan baik. Bola kemudian mampu direbut Dan Gosling.

Gosling kemudian segera melepas umpan ke Lys Mousset. Nama terakhir kemudian membobol gawang Arsenal saat Leno dalam posisi tak ideal.

Skor 2-1 bertahan sampai turun minum.

Baru dua menit babak kedua berjalan, The Gunners mampu melebarkan jarak lewat Laurent Koscielny. Ia yang maju membantu serangan mampu menuntaskan tusukan Mkhitaryan di sisi kanan.

Lewat sepakan kaki kanan Koscielny mampu menaklukan Boruc. Sekaligus mengubah papan skor menjadi 3-1.

Tuan rumah makin menjauh di menit ke-59. Pierre-Emerik Aubameyang lolos dari jebakan offside usai menerima umpan terobosan dari Mkhitaryan. Ia kemudian mengecoh Boruc sebelum menceploskan bola ke gawang Bournemouth.

Tak puas dengan skor 4-1, Arsenal kembali menambah golnya dalam laga ini di menit ke-78. Kali ini Alexandre Lacazette yang mencatatkan namanya di papan skor. Ia mengemas gol kelima The Gunners lewat eksekusi sepakan bebas di depan kotak penalti Bournemouth.

Di sisa waktu yang ada tak ada gol tambahan yang tercipta. Sehingga skor 5-1 mengakhiri pesta gol Arsenal di Stadion Emirates.

Susunan pemain.

Arsenal : Leno; Monreal, Koscielny, Papastathopoulos; Kolasinac(Iwobi 58′),Torreira, Guendouzi,Jenkinson; Mkhitaryan (Lacazette 64′), Ozil; Aubameyang (Suarez 72′)

Bournemouth : Boruc; Clyne, Mepham, Nathan Ake, Smith (Rico 70′); Ibe (Daniels 57′), Surman, Gosling, Fraser (Surridge); King; Mousset
(din/raw)

Hajar Southampton, Arsenal Gusur MU dari 4 Besar

Liputan6.com, London – Arsenal mengamankan tiga poin di pekan ke-27 Liga Inggris. Meriam London, sebutan Arsenal mengalahkan Southampton di Emirates Stadium dengan skor 2-0, Minggu (24/2/2019).

Di laga ini, Arsenal mampu mencetak gol cepat. Laga baru berjalan enam menit, Alexandre Lacazette mencatatkan namanya di papan skor usai berhasil menuntaskan umpan Henrikh Mkhitaryan.

Southampton mencoba melakukan serangan balasan. Pada menit ke-14, Matt Targett melepaskan sepakan kaki kiri. Namun, bola hasil sepakannya masih bisa diamankan kiper Arsenal, Bernd Leno.

Tiga menit setelahnya, Arsenal menggandakan keunggulan. Sepakan kaki kanan Henrikh Mkhitaryan mengarah ke pojok kanan gawang Southampton tanpa bisa dihentikan Agus Gunn.

Meriam London hampir saja mencetak gol ketiga pada menit ke-38. Sayangnya, tandukan Lacazette usai menerima umpan Granit Xhaka berhasil ditangkap dengan sempurna oleh Agus Gunn.

Hingga babak pertama berakhir, Arsenal unggul dua gol tanpa balas atas Southampton.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Tertinggal dua gol, Southampton mencoba mencari gol. Pada menit ke-52, James Ward-Prowse melepaskan sepakan kaki kanan dari jarak jauh. Namun, akurasi sepakannya tidak menemui sasaran.

Hingga menit ke-70, Arsenal dan Southampton silih bergandi melakukan serangan. Namun tak ada yang membuahkan hasil.

Southampton baru memiliki peluang mencetak gol ke gawang Arsenal pada menit ke-72. Nathan Redmond melepaskan umpan lambung yang disambut dengan sundulan oleh Charlie Austin. Namun bola berhasil diamankan Leno.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan tercipta. Arsenal pun berhasil menggusur Manchester United di posisi keempat klasemen Liga Inggris.

Arsenal berada di urutan keempat dengan 53 poin. Mereka unggul satu angka dari MU, yang bermain imbang tanpa gol melawan Liverpool.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Arsenal (4-2-3-1): 19-Bernd Leno; 12-Stephan Lichsteiner, 20-Shkodran Mustafi, 5-Sokratis, 31-Sead Kolasinac; 11-Lucas Torreira, 34-Granit Xhaka; 7-Henrikh Mkhitaryan, 8-Aaron Ramsey, 17-Alex Iwobi; 9-Alexandre Lacazette

Pelatih: Unai Emery

Southampton (3-4-3): 28-Angus Gunn; 35-Jan Bednarek, 4-Jannik Vestegard, 5-Jack Stephens; 43-Yan Valery, 23-Hojbjerg, 14-Oriol Romeu, 33-Matt Targett; 16-James Ward-Prowse, 17-Stuart Armstrong, 22-Nathan Redmond

Pelatih: Ralph Hasenhuettl

Saksikan video pilihan berikut ini:

Sokratis: Pemain Arsenal Bela Ozil Hadapi Kritik

Liputan6.com, London – Bek Arsenal, Sokratis Papastathopoulos menjelaskan situasi Mesut Ozil belakangan ini. Bek asal Yunani itu menyebut seluruh pemain Arsenal membela Ozil menghadapi kritik.

Ozil tak lagi mendapat tempat di skuat Arsenal musim ini. Manajer Unai Emery kerap meninggalkannya di pertandingan penting.

Bahkan beberapa kali Emery mengkritik Ozil di depan publik. Ia menilai gelandang asal Jerman itu tak mampu konsisten saat berlatih maupun bertanding.

“Seluruh tim semua pemain ada di belakang Ozil. Kami tahu dia pemain penting di Arsenal,” kata Sokratis seperti dilansir Evening Standard.

“Saat tim tidak bermain bagus maka pasti ada satu orang yang menjadi sasaran kritik. Dan saya pikir itu tidak adil jika mengarah pada Ozil. Kita harus ingat kontribusinya selama beberapa tahun belakangan.”


2 dari 3 halaman

Baru Sembuh

Ozil sebenarnya pemain bergaji tertinggi Arsenal. Setiap pekannya ia mendapat bayaran sebesar 350 ribu pound.

Namun kabarnya ia akan dilepas musim panas mendatang. Apalagi Arsenal dikabarkan ingin mempermanenkan Denis Suarez dari Barcelona.

“Dia mengalami masalah karena baru sembuh dari cedera. Kini dia sudah bugar dan kami sangat membutuhkannya,” kata Sokratis.

3 dari 3 halaman

Jadwal

Berikut jadwal Liga Inggris Pekan ke-27:

Sabtu, 23 Februari

19:30 WIB, Burnley vs Tottenham Hotspur

22:00 WIB, AFC Bournemouth vs Wolverhampton

22:00 WIB, Newcastle United vs Huddersfield

Minggu, 24 Februari

00:30 WIB, Leicester City vs Crystal Palace

21:05 WIB, Arsenal vs Southampton

21:05 WIB, Manchester United vs Liverpool

Saksikan video pilihan di bawah ini