Ekspedisi Ini cetak 35 Duta Perdamaian lewat Pendidikan Luar Ruangan

Liputan6.com, Jakarta Setelah mengadakan ekspedisi Merenda Mutiara Nusantara pada 17 Agustus 2018, Outward Bound Indonesia (OBI) kembali dengan program Ekspedisi Bhinneka Bagi Bangsa di hari Sumpah Pemuda. Kali ini, OBI, pioner pendidikan luar ruangan (Outdoor Education) di Indonesia kali ini menggelar Eskpedisi Bhinneka Bagi Bangsa Membangun Generasi Duta Perdamaian.

Ekspedisi ini melibatkan 35 peserta dari SMP dan SMA dengan berbagai daerah dan latar belakang di kawasan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, 24-28 Oktober 2018. Mereka datang dari 13 provinsi berbeda dari Aceh hingga Papua.

Kali ini jumlah peserta terbesar berasal dari Papua sebanyak 14 siswa. Sisanya dari Jakarta, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan masing-masing mengirimkan tiga orang.

Sementara Riau, Yogyakarta, dan NTT masing-masing mengirim perwakilan dua orang. Terakhir ada Aceh, Sumatera Barat, Lampung, Banten, Bali, dan NTB masing-masing mengirimkan satu peserta.

35 peserta dibagi dalam tiga kelompok dengan latar belakang suku, etnis, dan agama berbeda. Selama lima hari, semangat mewujudkan kebhinnekaan dikemas dalam pendakian Gunung Parang, Pengibaran Bendera Merah Putih, Pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda di Puncak Gunung Parang, berkemah, dan menempuh ekspedisi air dengan gotong-royong membangun rakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *