Eko Patrio: Warga Masih Bingung Soal Warna Surat Suara

JakartaKetua DPW PAN DKI Jakarta Eko Hendro Purnomo atau yang populer dengan nama Eko Patrio mengungkapkan masih banyak warga Jakarta Timur yang tak memahami arti dari warna surat suara. Eko meminta KPU lebih gencar lagi mensosialisasikan pemahaman mengenai warna surat suara.

“Ini tugas KPU dan media untuk sosialisasi berkaitan dengan surat suara saja. Itu (masyarakat) masih belum tahu, ibu-ibu terutama, mana bedanya warna merah, biru, kuning,” ujar Eko dalam diskusi di restoran d’Consulate, Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2/2019).

Eko menceritakan pengalamannya saat berkampanye di Jakarta Timur, yang merupakan daerah pemilihannya. Saat warga ditanya arti surat suara warna kuning, mereka menjawab surat suara itu milik Partai Golkar.


“Bayangan mereka kalau ditanya, ‘Ibu, surat suara warna kuning punya siapa?’, jawabnya Golkar. ‘Warna biru punya siapa?’, jawabnya PAN, karena tidak adanya sosialisasi,” ujar Eko.

Eko menambahkan belum semua masyarakat juga memahami tentang DPD. Gagal paham ini, menurut Eko, dikarenakan penyelenggara pemilu memaksakan pemilihan DPD, DPRD Tingkat 1, DPRD Tingkat 2, DPR RI dan Presiden-Wakil Presiden dalam satu waktu

“Orang pusing, ‘Ini DPD apalagi?’. Masih bingung. Bagi saya ini sosialisasi kurang banget. Masih ada waktu 50 hari,” tutur Eko.

Eko mendorong KPU menggandeng bermacam platform media mulai dari media sosial, aplikasi chat dan provider telepon seluler. “Kalau nggak, wassalam,” imbuh dia.

Diketahui KPU telah menetapkan warna surat suara yaitu kuning untuk DPR RI, merah untuk DPD RI, biru untuk DPRD Provinsi, hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota, dan warna abu-abu untuk Presiden dan Wakil Presiden.

Penentuan warna surat suara ini berdasarkan Keputusan KPU Republik Indonesia nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018, tentang desain surat suara dan desain alat bantu coblos (template) bagi pemilih tunanetra pada Pemilu Tahun 2019.
(aud/jor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *