Nissan Kuasai Pasar Mobil Listrik Dunia

Liputan6.com, Jakarta – Nissan berhasil menguasai pasar mobil listrik dunia lewat produknya, Leaf. Sejauh ini, mobil listrik asal Jepang itu mencetak penjualan sebanyak 400 ribu unit.

Pencapaian itu diraih relatif lama, sejak pertama kali dikenalkan pada Desember 2010. Karena pemasaran mobil listrik memang belum semasif mobil konvensional. Namun, hasil diraih Leaf, sejauh ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi Nissan.

Prestasi Nissan Leaf didapat atas keberanian merangsek ke banyak pasar berkembang. Sekarang diproduksi di tiga benua: Asia terpusat di Oppama, Jepang, Eropa di Sunderland, Inggris dan untuk Amerika berada di Smyrna, Tennessee, Amerika Serikat.

Penjualan Leaf kini tersedia di lebih dari 50 negara dan berencana ekspansi ke enam negara Amerika Latin dan tujuh negara Asia Oceania sampai akhir tahun. Termasuk rencana menjualnya di Indonesia mulai tahun depan.

Tonggak sejarah Nissan Leaf dimulai pada 2010. Generasi pertama butuh empat tahun untuk mencapai penjualan 100.000 unit di seluruh dunia.

Penyempurnaan pada proses pengecasan baterai, penambahan daya jelajah dan lainnya, membuat Leaf semakin disukai. Penjualannya kian pesat dan tembus 200.000 unit pada 2015.

Regenerasi pun terjadi pada 2017 untuk model 2018. Perubahan total dari segi desain dan teknologi, membuat Leaf kian laris.

Penjualan 300.000 unit diraih pada 2018 dan menjadi kendaraan terlaris di Eropa. Bahkan sempat diakui sebagai mobil listrik dengan penjualan tercepat. Pernah satu unit Leaf terjual tiap 12 menit.

Menuju Pariwisata Kelas Dunia, ISTA 2019 Menyediakan Total Hadiah Rp 1 Miliar

Liputan6.com, Jakarta – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali menggelar Indonesia Sustainable Tourism Awards (ISTA) 2019 yang kini memasuki tahun penyelenggaraan ketiga. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menargetkan semua destinasi wisata di Indonesia tersertifikasi pariwisata berkelanjutan sebagai syarat untuk menjadi berkelas dunia.

“Untuk mencapau tujuan itu, Kemenpar menerapkan program sustainable tourism for development (STDev) yang dituangkan dalam Peraturan Menteri Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan yang mengadopsi standar internasional dari GSTC atau Global Sustainable Tourism Council,” ucap Arief dalam jumpa pers peluncuran dan dimulainya pendaftaran ISTA 2019 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret 2019.

ISTA bukan hanya memberikan penghargaan kepada masyarakat tapi juga untuk mengukur implementasi pariwisata berkelanjutan dalam pengelolaan destinasi wisata di Indonesia.

Ajang ISTA 2019 menawarkan total hadiah Rp 1 miliar dan diharapkan menjadi sarana sosialisasi dalam mewujudkan target Kemenpar agar semua destinasi pariwisata di Tanah Air tersertifikasi berkelanjutan.

“Ajang ISTA ini jadi langkah awal menuju sertifikasi destinasi berkelanjutan. Saya sudah membentuk Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan yang dipimpin oleh Valerina Daniel,” tukas Menpar pada Liputan6.com.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Valerina Daniel menjelaskan, pariwisata berkelanjutan merupakan program Kemenpar yang senada dengan tujuan pembangunan global (sustainable development goals) dan sudah diadopsi dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN).

Untuk menjadi sektor andalan, pariwisata harus memberdayakan semua pihak. Kemenpar telah membentuk Indonesia Sustainable Tourism Council (ISTC) yang bertugas melakukan sertifikasi bagi destinasi.

Prosesnya akan dimulai dengan menyertifikasi destinasi pemenang ISTA 2017 dan 2018 yang dinilai sudah mematuhi standar keberlanjutan yang diakui oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO).

Pariwisata berkelanjutan mempertimbangkan tiga aspek utama yaitu aspek lingkungan, sosial, dan ekonomi baik untuk saat ini maupun pada masa depan. Singkatnya 3P + 1M, yaitu ‘people, planet, prosperity, dan management’.

Bobobobo Hadirkan 400 Lebih Tren Baru dari Fashion Week Dunia Setiap Minggu

Tak hanya itu, Bobobobo juga memboyong koleksi pilihan pakaian menarik dan stylish tiap minggunya dari merek internasional terfavorit seperti HBX, REVOLVE, FWRD, I.AM.GIA, Hyein Seo, NANA-NANA, The Conveni, dan OFF-White.

Selain berburu online, Anda juga dapat melihat langsung koleksi istimewa gaya terkini di Bobobobo store yang berlokasi di Pondok Indah Mall 2, Jakarta Selatan. Jangan lewatkan pula info terbaru lewat akun Instagram resmi @_bobobobo_.

Sahabat Fimela yang ingin tampil seru dan beda dari biasanya, kami menghadirkan Nail Art Invasion untuk menyempurnakan tampilanmu sehingga jauh dari kesan yang itu-itu saja. Bahkan beberapa inspirasi diantaranya diambil dari karya para artisan dengan…

ONE Championship Jepang Perebutkan Empat Gelar Juara Dunia

Laga puncak malam itu akan menampilkan perebutan gelar juara dunia divisi lightweight, antara atlet tuan rumah Shinya Aoki dan juara bertahan Eduard Folayang dari Filipina. Sementara itu, tidak kalah menarik adalah pertemuan antara Xiong Jing Nan dari Tiongkok dengan juara dunia divisi atomweight asal Singapura, Angela Lee, yang akan berusaha merebut gelar ONE Women Strawweight World Champion.

Pahlawan divisi middleweight asal Myanmar Aung La N Sang juga ditantang oleh petarung tuan rumah lainnya, Ken Hasegawa, sementara atlet Filipina Kevin Belingon akan kembali mempertahankan gelarnya di divisi bantamweight melawan Bibiano Fernandes dari Brazil.

“Mereka udah parah semua bagusnya. Rekor kemenangan tiap atlet sudah sangat banyak. Bisa saya bilang mereka ini true martial artists dan saya jamin ini akan menjadi ajang yang mempertontonkan skill tinggi,” kata Stefer.

Yohan “The Ice Man” Mulia Legowo, atlet veteran dari Solo yang juga menjadi pionir perkembangan MMA tanah air, memiliki pandangan lain. Ia menganggap acara di Jepang ini adalah bukti keseriusan ONE sebagai organisasi beladiri terbesar di dunia, karena banyak tantangan yang harus dilewati sebelum acara ini dapat berlangsung dengan baik.

“Ini acara bersejarah yang luar biasa. Membuat perhelatan di Jepang itu tidak mudah, karena mereka adalah negara pecinta MMA dengan sejarah panjang,” jelas Yohan.

Dengan deretan pertarungan kelas wahid, ia percaya ajang nanti akan memberikan sensasi berbeda bagi para penikmat seni beladiri di Indonesia bahkan seluruh dunia.

“Saya pribadi menunggu pertandingan Angela Lee melawan Jing Nan, selain tentu saja menanti debut Johnson dan Alvarez. [Angela] sekarang bisa populer karena faktor kemampuannya.”

Cara Bermain Poker, Permainan Kartu Paling Populer di Dunia Tanpa Berjudi

Banyak variasi dari permainan poker seperti 5 Card Draw atau Texas Hold’em, namun inti dari cara bermain poker adalah memiliki kombinasi 5 kartu yang paling besar. Pemenangnya adalah pemilik kartu dengan kombinasi yang paling besar tersebut. Kombinasi kartu ini sudah ditentukan sebelumnya dan sudah menjadi aturan dasar dalam cara bermain poker.

Pada tahap buka kartu, para pemain yang tersisa membandingkan kartu-kartu yang mereka miliki sesuai urutan kekuatan kombinasi kartu. Jika dua pemain memiliki kombinasi kartu dengan nilai yang sama atau tidak ada yang memiliki kombinasi kartu yang menang, maka pemain yang memiliki kartu bernilai tertinggi menjadi pemenang (kartu as bernilai tertinggi).

Dengan begitu cara bermain poker yang pertama adalah memahami jumlah kombinasi kartu dari yang tertinggi hingga terendah. Berikut kombinasinya dari yang tertinggi hingga terendah

1. Royal Flush (kartu 10, jack, queen, king, dan as, semuanya satu jenis) – paling tinggi nilainya karena paling mengejutkan jika didapatkan. Pemikiran salah yang umum adalah bahwa kombinasi kartu ini paling sulit didapatkan daripada lima kartu serupa lainnya.

2. Straight Flush (lima kartu dengan angka berurutan, semuanya satu jenis) – tidak boleh memiliki kartu king dan kartu dua secara bersamaan (misalnya Q-K-A-2-3).

3. Four of a Kind (empat kartu dengan angka yang sama dan satu kartu sembarang).

4. Full House (tiga kartu dengan angka yang sama dan dua kartu dengan angka yang sama) untuk kombinasi kartu yang sama-sama Full House, yang lebih kuat ditentukan oleh kartu yang bernilai lebih tinggi dari tiga kartu yang memiliki angka yang sama.

5. Flush (lima kartu dengan jenis yang sama) – angka berapa pun bukan masalah.

6. Straight (lima kartu dengan angka berurutan, jenis berbeda) – tidak boleh memiliki kartu king dan kartu dua secara bersamaan (misalnya J-Q-K-A-2).

7. Three of a Kind (tiga kartu dengan angka yang sama, dua kartu lain dengan angka berbeda) – jika dua kartu lainnya memiliki angka yang sama, maka akan menjadi Full House.

8. Two Pair (dua pasang kartu dengan angka yang sama ditambah satu kartu dengan angka berbeda).

9. One Pair (dua kartu dengan angka yang sama, tiga kartu lainnya dengan angka yang berbeda-beda).

10. High Card (nilai dari kartu poker itu sendiri bisa berupa urutan kartu juga berupa gambar kartu poker)

Mengenal Bernard Arnault, Orang Terkaya No.4 Dunia Pemilik Louis Vuitton

Arnault lahir di Roubaix, Perancis 69 tahun lalu. Dia mengenyam bangku pendidikan di jurusan teknik Ecole Polytechnique, sekolah prestisius di Paris yang juga merupakan sekolah mantan presiden Prancis dan pemenang Nobel Prize.

Arnault bekerja di perusahaan konstruksi milik ayahnya, Ferret-Savinel. Dia masuk ke sektor industri barang mewah dan kemudian menjadi CEO Financiere Agache, perusahaan produksi barang mewah pada 1984.

Saat ini, sang miliarder hidup di kawasan bersejarah Paris’s Left Bank, yang letaknya ada di sebelah selatan Sungai Seine dan satu lingkungan dengan Latin Quarter dan St. Germain-des-Pres.

Arnault memiliki koleksi seni modern dan kontemporer dari pelukis terkenal Jean-Michel Basquiat, Damien Hirst, Maurizio Cattelan, Andy Warhol dan Pablo Picasso.

Dia juga memiliki vila mewah khusus untuk berlibur di Saint-Tropez, French Riviera serta membangun properti lainnya di Beverly Hills, Trousdale Estates dan Hollywood Hills di Los Angeles. Dia menghabiskan setidaknya USD 96,4 juta untuk properti ini.

Grup LVMH saat ini dikelola oleh keluarga sang miliarder sendiri. Empat dari lima anaknya memiliki posisi penting yang berkaitan langsung dengan brand-brand LVMH.

Ma’ruf Amin Sebutkan Fakta, BPJS Kesehatan adalah Asuransi Terbesar di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Di segmen awal Debat Cawapres 2019, Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa kepesertaan JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan adalah asuransi terbesar di dunia.

“Melalui JKN-KIS ini kita telah melakukan upaya asuransi sosial yang besar bahkan mencapai 215 juta peserta asuransi BPJS. Dan ini merupakan asuransi terbesar di dunia,” kata Ma’aruf dalam Debat Cawapres 2019 di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Menilik data terbaru milik BPJS Kesehatan dengan ucapan Ma’ruf memang angkanya tidak sama persis. Namun, pernyataan Ma’ruf Amin yang mengatakan bahwa BPJS Kesehatan sebagai asuransi terbesar di dunia adalah fakta seperti disampaikan pihak BPJS Kesehatan.

“Betul. Dengan kepesertaan 218 juta, BPJS Kesehatan sebagai asuransi sosial terbesar ke dunia,” kata Humas BPJS Kesehatan Iqbal Anas Maruf lewat sambungan telepon pada Minggu (17/3/2019) malam.

Menilik laman BPJS Kesehatan, ada 218.132.478 peserta program JKN-KIS per 1 Maret 2019. Yang dibiayai oleh APBN ada sekitar 96 juta peserta. Sisanya adalah peserta yang kepesertaannya dibiayai APBD, mandiri, badan usaha.

Ma’ruf Sebut BPJS Asuransi Terbesar Dunia, Ini Faktanya

Jakarta – Cawapres Nomor Urut 01 Ma’ruf Amin membanggakan tentang apa yang telah dilakukan pemerintah saat ini untuk kesehatan. Salah satunya yang telah dilakukan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Ma’ruf menilai apa yang telah dilakukan pemerintah di sektor kesehatan sudah cukup besar. Bahkan dia menilai JKN merupakan program asuransi yang terbesar di dunia.

“Kita sudah lakukan upaya asuransi sosial yang besar bahkan capai 215 juta peserta. BPJS dan ini merupakan asuransi terbesar di dunia. 96,8 juta dari peserta itu memperoleh dari penerima biaya iuran dari pemerintah,” tuturnya di dalam debat Cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/1/2019).


Benarkah hal itu?

Menurut penelusuran detikFinance, salah satu perusahaan asuransi kesehatan terbesar di dunia versi The Daily Records, perusahaan asuransi terbesar adalah UnitedHealth.

Perusahaan asuransi yang telah berdiri sejak 1977 telah beroperasi di 125 negara. Total pesertanya sudah mencapai 115 juta. Angka itu hampir setengah dari jumlah peserta JKN.

Menurut data yang dimiliki Detikcom, jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang hingga (03/01/2019) tercatat sebanyak 215.860.046 jiwa.

Video: Ma’ruf Akan Tingkatkan Kesehatan, Sandiaga Fokus Pembenahan Sistem

[Gambas:Video 20detik]

(das/zlf)

Jenis Burung Hantu Paling Populer di Dunia, Berminat untuk Memeliharanya?

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal burung hantu? Unggas yang satu ini namanya memang mulai naik setelah ketenaran film Harry Potter. Banyak fansnya yang ingin menjadi salah satu siswa Hogwarts dan berusaha memelihara burung hantu.

Di daerah barat, jenis burung hantu dianggap simbol kebijaksanaan, tetapi tak sedikit masyarakat di Indonesia dianggap pembawa pertanda maut, sehingga masyarakat menyebutnya dengan nama burung hantu.

Burung hantu adalah merupakan salah satu jenis burung pemangsa anggota dari keluarga Strigiformes yang berburu pada waktu malam hari. Seluruhnya, terdapat sekitar 244 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.

Burung ini dikategorikan burung pemangsa karena memiliki paruh yang bengkok tajam seperti seperti Elang CHE, Elang IBE, Autralian Hobby atau Falco Subboteo. Berikut jenis burung hantu yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/3/2019).

2 dari 3 halaman


Jenis Burung Hantu di Indonesia

1. Serak Jawa

Jenis burung hantu ini bertubuh besar dan memiliki warna kuning tua kecokelatan dengan bercak halus di tubuh bagian atasnya. Sementara bagian bawahnya berwarna putih dengan bintik hitam. Tingginya rata-rata sekitar 34 cm sehingga bisa dibilang ia masuk dalam salah satu jenis burung hantu yang besar. Ia juga memiliki wajah berbentuk seperti hati berwarna putih dengan tepi cokelat.

Habitat alaminya adalah di wilayah berpohon, tepi hutan, perkebunan, pekarangan, hingga taman-taman di kota besar. Setidaknya jenis burung hantu ini bisa ditemukan di daerah dengan ketinggian hingga 1.600 m di atas permukaan laut.

Jenis burung hantu ini sering sekali bertengger rendah di tajuk pohon atau perdu. Kemudian ia akan mengeluarkan suara yang terkadang terdengar memilukan atau bersahutan dengan pasangannya.

2. Serak Bukit

Dikenal juga dengan nama Oriental Bay Owl atau wowo-wiwi, Jenis burung hantu yang satu ini sering kali dibilang memiliki wajah khas yang mirip ular sendok. Tubuh bagian atasnya berwarna cokelat kemerahan dengan bintik-bintik hitam dan putih. Sementara bagian bawahnya berwarna kuning kemerah-jambuan dengan bintik hitam.

Burung ini termasuk salah satu dari jenis burung hantu malam yang pemalu. Di mana ia akan menghabiskan waktu siangnya untuk duduk merebah seperti burung paruh-kodok.

Biasanya, ia akan memakan jenis mamalia kecil, burung, kadal, ular, katak, dan serangga besar. Jenis burung hantu ini juga akan berburu dari tempatnya bertengger dan biasanya akan menangkap mangsanya di udara.

3. Celepuk Merah

Jenis burung hantu ini berukuran kecil. Jenis burung hantu ini dikenal juga dengan nama Reddish Scops Owl dan memiliki nama latin Otus rufescens. Ukuran tubuhnya hanya sekitar 15-18 cm dan ia banyak ditemukan di daerah dengan banyak pepohonan, perbukitan, serta hutan primer dan sekunder. Secara umum, habitat alaminya berada di dataran rendah, tetapi ada juga yang hidup di daerah dengan ketinggian mencapai 1.350 m di atas permukaan laut.

Warna tubuhnya kemerahan dengan bagian atasnya berwarna cokelat kemerahan dengan coret hitam dan putih. Sementara bagian bawahnya berwarna kuning kemerahan dengan coret hitam.

4. Hingkik

Jenis burung hantu yang sering dipelihara berikutnya adalah hingkik, atau yang memiliki nama lain beluk jampuk. Di dunia internasional, Jenis burung hantu ini dikenal sebagai Barred Eagle Owl atau Malay Eagle Owl. Hingkik memiliki tubuh yang tergolong besar dengan panjang sekitar 45 cm.

Ciri khasnya adalah memiliki bulu berwarna abu-abu tua dengan bercak telinga horizontal mencolok. Tubuh bagian atasnya berwarna cokelat kehitaman, sementara bagian bawahnya berwarna abu-abu keputihan bergaris hitam tebal.

Habitat aslinya adalah hutan tropis dan subtropis dataran rendah dengan ketinggian hingga 1.000 meter di atas permukaan laut. Sementara makanan utamanya adalah serangga besar, mamalia kecil, reptil, ikan-ikan kecil, dan burung-burung kecil.

Hingkik termasuk jenis burung hantu yang setia dan hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya. Ketika musim kawin tiba, mereka akan kembali ke sarang yang sama dari tahun ke tahun. Dalam satu musim kawin itu, mereka hanya akan menghasilkan satu telur sebelum dierami.

3 dari 3 halaman


Jenis Burung Hantu di Dunia

5. Burung Hantu Salju

Sesuai dengan namanya, hewan bernama latin Bubo Scandiacus ini tinggal di tempat dingin yang penuh salju. Warna bulu burung hantu salju jantan lebih putih dibanding betina. Makin dewasa burung hantu salju jantan, makin putih warna bulunya.

Bahkan, ada juga yang warnanya putih bersih. Ukuran tubuh sang jantan juga lebih kecil dibanding bentina. Uniknya, burung hantu salju yang masih kecil justru warnanya coklat kehitaman.

6. Burung Hantu Elang

Burung hantu elang (Bubo bubo) adalah salah satu jenis burung hantu terbesar. Panjang tubuhnya bisa mencapai 70 sentimeter. Burung hantu elang biasanya memangsa hewan kecil, seperti kelinci.

7. Burung Hantu Cokelat

Burung hantu cokelat (Strix aluco) termasuk ke dalam jenis burung hantu ukuran sedang. Panjang tubuhnya sekitar 37-46 sentimeter. Sama dengan kebanyakan burung hantu lainnya, burung hantu cokelat juga punya pendengaran yang tajam. Burung hantu ini biasanya memangsa rondent, bahkan burung hantu yang ukurannya lebih kecil.

8. Burung Hantu Abu-Abu Besar

Burung hantu abu-abu besar (Strix nebulosa) adalah jenis terbesar di dunia. Berbeda dari burung hantu kebanyakan, burung hantu abu-abu besar berburu di siang hari.

Tanda Tangan Unik Orang Terkenal Dunia, Dilengkapi Cara Melihat Kepribadian

· Kemiringan

Bila tanda tangan kamu miring ke kiri, kamu memiliki kecenderungan sebagai orang yang tidak menutup diri. Tanda tangan yang serong ke kanan menunjukkan pribadi yang lebih terbuka. Sementara orang dengan bentuk tanda tangan yang tegak, biasanya memiliki kepribadian yang pandai menempatkan emosinya alias stabil.

· Garis Bawah

Ada orang yang membubuhkan garis bawah pada tanda tangan mereka, ada juga yang tidak. Garis bawah pada tanda tangan biasanya menunjukkan optimisme.

Sedangkan orang yang tak memiliki garis bawah di tanda tangannya kadang sedikit keras kepala, meski begitu mereka adalah orang yang ekonomis dan memiliki kesadaran lingkungan yang baik.

· Kemiripan Dengan Nama

`Tanda tangan kadang dibuat semirip mungkin dengan nama, atau ada juga yang hanya berupa coretan yang cukup mewakili nama dan pribadi seseorang.

Tanda tangan yang mirip dengan nama biasanya merupakan orang yang lebih spontan dan senang dengan pujian. Sedangkan mereka yang memiliki tanda tangan tidak mirip dengan nama mereka, terkenal sebagai teman yang enak dijadikan teman curhat.

· Ukuran

Besar kecilnya tanda tangan bisa menjadi petunjuk mengenai apakah seseorang terbuka atau tidak. Orang yang memiliki tanda tangan besar, memiliki harapan yang juga besar, kebanggaan diri.

Orang yang memiliki tanda tangan kecil, membuka jendela kepribadiannya dalam ukuran yang kecil pula. Tanda tangan kecil menunjukkan orang yang tertutup, menyimpan banyak misteri dan rumit.

· Dekorasi

Tanda tangan seseorang kadang dibubuhi lingkaran, tanda hati, bahkan bintang. Aksesoris tanda tangan ini menunjukkan keinginan untuk mencari perhatian. Bisa juga merupakan bentuk rasa kurang percaya diri. Bukan berarti orang tersebut minder, namun orang tersebut memiliki kecenderungan untuk lebih pesimis.