Presiden Taiwan: AS Terus Beri Dukungan pada Pengembangan Militer Kami

Liputan6.com, Washington DC – Presiden Taiwan Tsai Ing-wen mengatakan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir Taiwan dan Amerika Serikat telah membuat kemajuan yang signifikan dalam sejumlah kerja sama militer dan pertahanan.

“Dalam urusan keamanan, Taiwan Relations Act (TRA) menetapkan kerangka kerja untuk tidak hanya memberikan senjata kepada Taiwan dengan karakter defensif,” jelas Presiden Taiwan Tsai Ing-wen dalam kunjungannya ke AS di hadapan tiga lembaga think tank.

Sejumlah lembaga tersebut adalah Center for Strategic and International Studies (CSIS), The Brookings Institution Center for Scholars, dan The Woodrow Wilson International pada 9 April 2019 waktu AS.

“Kerja sama antara kedua negara terus memenuhi semangat TRA yang dibentuk 40 tahun silam. Penjualan senjata yang stabil telah diumumkan oleh pemerintah AS. Amerika Serikat pun terus mendukung pengembangan kapabilitas asli yang kami bangun di sini,” jelas Tsai.

Dalam kesempatan itu, Presiden Tsai juga menjelaskan bahwa Taiwan telah meningkatkan anggaran pertahanan di masa mendatang.

“Selama dua tahun terakhir, Taiwan telah meningkatkan anggaran pertahanan. Dana ini akan digunakan untuk strategi, teknik, dan kemampuan yang membuat kekuatan tempur kita lebih gesit serta mampu bertahan,” jelas Tsai.

“Kami melakukan investasi ini bukan karena kami mengejar konfrontasi. Justru sebaliknya. Tujuan kami adalah untuk menjunjung tinggi semangat Undang-Undang Hubungan Taiwan (TRA) untuk perdamaian abadi di Selat Taiwan,” tambahnya.

Meski begitu, Presiden Tsai menekankan bahwa itu semua tidak terjadi apabila ada paksaan dan agresi yang diterima oleh Taiwan.

Ketum ISNU Bicara Dukungan ke Jokowi-Ma’ruf di Mukernas

Jakarta – Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Ali Masykur Musa menghadiri Mukernas ISNU di Jakarta. Dalam pidato sambutannya, dia bicara dukungan untuk Joko Widodo (Jokowi)-KH Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Ali dalam sambutannya bicara soal pentingnya agenda Mukernas ini. Dia mengatakan anggota ISNU harus bisa mengikuti perkembangan, terlebih memberi kontribusi bagi kemajuan negara dalam berbagai bidang, termasuk ekonomi.

“ISNU peranannya sangat berat. ISNU mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menghadirkan para intelektual dan profesional di lingkungan NU untuk menjawab itu semua,” ujarnya di lokasi Mukernas di Hotel Arya Duta, Tugu Tani, Jakarta Pusat, Sabtu (6/4/2019).

Ali dalam pidatonya juga memuji Presiden Jokowi dan Kabinet Kerja yang menurutnya berhasil memajukan perekonomian Indonesia. Ke depan, dia berharap ISNU bisa melahirkan pengusaha-pengusaha baru untuk ikut ambil bagian berperan memajukan perekonomian bangsa.

Mukernas ISNUMukernas ISNU Foto: Zakia Liland/detikcom

“Karena itu saya ingatkan teman-teman ISNU di semua tingkatan, dalam role ekonomi, tidak ada istilah kita itu setengah hati. Tidak ada istilahnya malu-malu. Memang NU ini bisa lepas dari politik? Nggak bisa. Karena politik itu bagian dari marwah kita,” ujarnya.

“Nah, pertanyaannya, siapa yang paling bisa membawa negeri ini sesuai dengan ideologi Pancasila? Siapa yang paling bisa mensenyawa kepada akidah ahli sunnah wal jamaah? Menurut saya, sudah bisa kita katakan, saya pribadi mengatakan bahwa saya mengajak kepada seluruh wilayah se-Indonesia, Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf,” sambungnya.

Dalam wawancara, Ali mengatakan Mukernas ini akan mengambil keputusan-keputusan strategis untuk membicarakan organisasi dan merespons situasi nasional.

“ISNU menjadi bagian dari komunitas intelektual dan profesional yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga yang tadi itu. NKRI, UUD, Pancasila, kebhinekaan ini. dan kita komitmen itu yang bisa membawa posisi negara tetap itu maka kami memohon kepada Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf untuk memimpin negeri ini ke depannya,” ujarnya.

Ali menilai sitasi di tahun politik ini sangat strategis dan bisa jadi krusial. Karena itu ISNU menurutnya harus mengambil peran untuk menyelamatkan bangsa dan negara. Dia mengkhawatirkan adanya gerakan-gerakan kekerasan dan yang tidak sejalan dengan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika.

“Jadi, ISNU mengajak kaitannya dengan 17 April ayo kita pilih mana yang paling bisa menjaga NKRI, Pancasila dan UUD 45,” ucapnya. Menurutnya dalam Mukernas ini ISNU akan menjatuhkan pilihan pada calon capres-cawapres di Pilpres 2019. Pilihannya sendiri mengarah ke Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Tentu secara organisatoris ISNU seperti NU ya tidak berpolitik. Tapi dalam high politic, dalam politik kenegaraan maka mana yang bisa menjaga Pancasila, NKRI, UUD 1945 itulah arah kita menjatuhkan pilihan,” ucapnya.
(hri/hri)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Dukungan Pemilih Islam ke Jokowi Menguat

Liputan6.com, Jakarta Pemilihan umum presiden dan wakil presiden, dalam Pemilu 2019, tinggal menghitung hari. Menjelang perayaan pesta demokrasi itu ada kabar baik bagi pasangan nomor 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Kabar baik tersebut, adanya pergeseran pemilih dari kalangan Islam yang menempatkan pilihannya ke pasangan nomor 01 atau bagi Jokowi-Amin. Demikian berdasarkan hasil survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, pada periode Maret 2019.

Simak videonya di sini

Hasil survei dimaksud, menunjukkan tingkat keterpilihan pasangan Jokowi-Amin sebesar 50,9%, sedangkan pasangan nomor urut 02 hanya 41,6%. Padahal, sebelumnya pada Pemilu 2014 Jokowi, hanya memperoleh 48,6% suara dari kalangan Islam dan yang memilih Prabowo kala itu mencapai 51,4%.

Indikator Politik Indonesia menilai Jokowi- Amin unggul besar di kalangan Islam yang berafiliasi dengan organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama (NU) dan ormas lain. Hasil survei menyebutkan tingkat keterpilihan Jokowi-Amin di kalangan pemilih NU adalah 62,7%, sedangkan Prabowo-Sandiaga 31,9%. Sementara dukungan dari ormas lain kepada Jokowi-Amin mencapai 58,3% dan bagi pasangan rivalnya 35,8%.

Di sisi lainnya Indikator Politik Indonesia menemukan dari Oktober 2018 hingga Maret 2019, basis dukungan Jokowi-Amin di kalangan pemilih Islam memang cenderung menguat. Ditemukan juga, kelompok undecided voters kian rendah.

Survei yang dilakukan Indikator Politik Indonesia, dilakukan terhadap 1.220 responden dengan metode random sampling. Disebutkan survei yang disebutkan dibiayai sendiri ini, margin of error-nya sebesar 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia, diperkuat oleh survei yang dilakukan Indo Barometer per Maret 2019. Indo Barometer menyebutkan, pasangan Jokowi-Amin dianggap mewakili aspirasi umat Islam. Sebanyak 47,1% pemilih muslim, menganggap pasangan capres-cawapres nomor urut 01 lebih mewakili aspirasi umat Islam, sedangkan 28,2% mengaku terwakili oleh pasangan nomor 02. Sementara sisanya, 24,7% tidak memberikan jawaban.

Disebutkan, mayoritas pemilih muslim yang menganggap bahwa capres petahana Jokowi lebih mewakili aspirasi umat Islam sebesar 45,5%, sedangkan Prabowo hanya 30%, sisanya tidak menjawab. Sedangkan capres Maruf Amin dianggap mewakili kalangan pemilih muslim sebesar 55,4%, sementara Sandiaga Uno hanya 24,8%, dan sisanya 19,8% tidak menjawab.

Hasil survei tersebut, secara tidak langsung menunjukkan bahwa tudingan anti Islam yang selama ini dialamatkan kepada Jokowi, tidak benar. Di sisi lain, Jokowi menganggap hasil survei yang dirilis lembaga survei menjadi bagian bagi untuk pemompa semangat dirinya sendiri maupun tim kampanye nasional. “Saya kira semua survei, kita lihat sebagai bahan koreksi, sebagai bahan evaluasi untuk mendorong bekerja lebih baik lagi,” kata Jokowi.

Dukungan bagi calon nomor SATU menguat. Beri dukungan nomor SATU bagi yang mewakili aspirasai umat Islam. (adv)

Prabowo Dapat Dukungan dari Rektor, Akademisi, dan Aktivis Kampus

Liputan6.com, Jakarta – Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menerima dukungan dari Gerakan Elaborasi Rektor Akademisi Alumni dan Aktivis Kampus Indonesia. Dalam sambutannya, Prabowo merasa terhormat diberi dukungan dari para akademisi.

“Hari ini saya merasa dihormati merasa besar hati dengan dukungan dari tokoh-tokoh akademisi kampus. Karena memang suatu bangsa nasibnya masa depannya sejarahnya akan ditentukan oleh guru-guru,” kata Prabowo di Balai Kartini, Jl Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat malam (5/4/2019).

Menurutnya, peran para pendidik sangat penting untuk kelangsungan nasib bangsa. “Kalau guru-guru mengajarkan bangsa itu untuk menjadi bangsa yang kalah maka bangsanya akan kalah. Kalau guru-guru ajarkan murid-muridnya curang mencuri maka bangsanya akan curang,” kata Prabowo.

Dia menambahkan, universitas atau perguruan tinggi merupakan hal tertinggi dalam sebuah peradaban serta wujud kecerdasan dan kecanggihan.

“Universitas ibarat bank dan tempat deposito pengetahuan pengalaman kebijakan dan kebajikan. Tidak hanya knowledge tapi wisdom,” ucap Prabowo.

Sementara, Presiden Gerak Indonesia Muhammad Budi Djatmiko dan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia mengaku bangga mendukung Prabowo sebagai presiden. Sujatmiko pun menyampaikan aspirasi untuk perguruan tinggi kepada Prabowo jika terpilih kelak.

Pertama, kata dia, APBN untuk perguruan tinggi swasta di Indonesia masih kurang cukup. Sementara, porsi dana negara untuk perguruan tinggi negeri lebih besar sebanyak 7,5 persen. Padahal, indikator-indikator pengukuran bagi perguruan tinggi swasta maupun negeri sama saja. Kemudian, anggaran riset perguruan tinggi swasta juga masih kecil.

“Tentu saya mohon agar jika Allah berkehendak Prabowo presiden, mohon anggaran perguruan tinggi swasta ditingkatkan,” ucap Budi.

Moise Kean Jadi Korban Hinaan Rasialisme, Pelatih Timnas Italia Berikan Dukungan

Jakarta Pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, ikut menyuarakan dukungan kepada Moise Kean yang mengalami pelecehan rasialis dari suporter Cagliari. Menurut Mancini, sudah saatnya ada tindakan tegas jika ejekan tersebut terus hadir di pertandingan sepak bola.

“Hal itu tidak bisa berlanjut. Harus ada tindakan tegas dari pihak yang berwajib kepada para pelanggar,” ujar Mancini.

“Di Inggris yang kampanyenya anti rasialisme-nya sudah lebih gencar dari Italia, pelanggaran masih tetap terjadi. Butuh peran dari semua pihak untuk memerangi hal tersebut,” ungkap Mancini.

Selain itu, Mancini juga mengatakan kalau para pemain harus menahan diri untuk tidak semakin memperburuk keadaan. Moise Kean sempat membalas provokasi kepada fans Cagliari tersebut. 

Moise Kean adalah anak yang sangat baik. Namun, tekanan dari suporter lawan terkadang membuat para pemain terjebak dalam situasi. Saya harap ia tidak melakukan selebrasi yang konfrontatif, lebih baik menahan diri,” ungkap Mancini.

Berita video Juventus menang 4-1 atas Udinese di Serie A 2018-2019 tetapi bukan karena peran Cristiano Ronaldo melainkan striker 19 tahun, Moise Bioty Kean.

Simbol Dukungan Saudagar Bugis Makassar di Jakarta untuk Sandiaga

Liputan6.com, Jakarta – Dengan mengenakan peci khas Bugis, Calon Wakil Presiden nomor 02 Sandiaga Uno menghadiri deklarasi dukungan dari kelompok saudagar Bugis Makassar Rantau di Jakarta.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (4/4/2019), acara deklarasi dihadiri ratusan saudagar yang mendukung pasangan Prabowo-Sandi. Sebagai simbol dukungan, Sandiaga menerima sarung bugis.

Dengan adanya berbagai dukungan dari sejumlah kalangan, Sandi menyampaikan apresiasi dan keyakinannya menang dalam kontestasi Pemilu 2019.

Kurang dari 1 bulan, hari pemungutan suara Pemilu 2019 akan digelar 17 April mendatang. Para pasangan calon pun semakin gencar bersafari politik dan mendapat berbagai dukungan.

Prabowo Kecewa Tak Dapat Dukungan Bupati dan Wali Kota Bagor

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto menggelar kampanye terbuka di area Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di sela-sela orasinya, mantan Danjen Kopassus ini mengaku kecewa karena ditinggal dua kepala daerah di Bogor. 

“Di Bogor ini, kehilangan dua kepala daerah,” kata Prabowo dihadapan puluhan ribu massa, Jumat (29/3/2019).

Kepala daerah yang dimaksud adalah Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dari Partai Amanat Nasional (PAN), dan Bupati Bogor Ade Munawaroh. Kedua Kepala daerah tersebut, diketahui didukung oleh Gerindra. 

“Dulu ada anak muda datang ke saya minta dukung jadi wali kota, saya lihat bagus dan kemudian didukung, tapi sekarang lupa. Harga diri itu lebih penting, hutang budi harus diingat,” ucap Prabowo.

Tak hanya menyentil Bima Arya, Prabowo juga menyindir Bupati Bogor Ade Munawaroh, yang wakilnya, Iwan Setiawan, merupakan kader Gerindra. Prabowo mengaku kecewa lantaran dia tidak mendapat izin menggelar kampanye di dalam Stadion Pakansari.

“Kayaknya bupatinya (Bogor) saya ngusung deh. Tapi saya ingin di dalam (kampanye di Stadion Pakansari),” kata dia. 

Pada Pilpres 2019, Ade Munawaroh yang juga menjabat sebagai Ketua DPW PPP Jabar diketahui berafiliasi pada capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. 

 

Prabowo Kecewa Tak Dapat Dukungan Bupati dan Wali Kota Bogor

Liputan6.com, Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut 02 Prabowo Subianto menggelar kampanye terbuka di area Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di sela-sela orasinya, mantan Danjen Kopassus ini mengaku kecewa karena ditinggal dua kepala daerah di Bogor. 

“Di Bogor ini, kehilangan dua kepala daerah,” kata Prabowo dihadapan puluhan ribu massa, Jumat (29/3/2019).

Kepala daerah yang dimaksud adalah Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dari Partai Amanat Nasional (PAN), dan Bupati Bogor Ade Munawaroh. Kedua Kepala daerah tersebut, diketahui didukung oleh Gerindra. 

“Dulu ada anak muda datang ke saya minta dukung jadi wali kota, saya lihat bagus dan kemudian didukung, tapi sekarang lupa. Harga diri itu lebih penting, hutang budi harus diingat,” ucap Prabowo.

Tak hanya menyentil Bima Arya, Prabowo juga menyindir Bupati Bogor Ade Munawaroh, yang wakilnya, Iwan Setiawan, merupakan kader Gerindra. Prabowo mengaku kecewa lantaran dia tidak mendapat izin menggelar kampanye di dalam Stadion Pakansari.

“Kayaknya bupatinya (Bogor) saya ngusung deh. Tapi saya ingin di dalam (kampanye di Stadion Pakansari),” kata dia. 

Pada Pilpres 2019, Ade Munawaroh yang juga menjabat sebagai Ketua DPW PPP Jabar diketahui berafiliasi pada capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin. 

 

MotoGP Argentina: Rossi Berharap Dukungan Cuaca

Jakarta Valentino Rossi sudah bersiap akan mengikuti MotoGP Argentina. Rossi sudah mendarat di bandara Las Termas de Río Hondo, Argentina, Rabu (28/3/2019) malam kemarin.

The Doctor menyapa semua penggemar yang hadir di bandara dan sempat foto dengan pers dan pihak keamanan bandara.

Di Buenos Aires, Rossi membuat pernyataan melalui kerabatnya. Mereka menyebutkan bahwa dia tidak ingin merujuk pada insiden yang dia alami dengan Marc Márquez.

“Saya menikmati balapan Qatar, tapi sekarang kami fokus pada Argentina. Pertama, kami berharap ada kondisi yang baik di trek akhir pekan ini, karena itu selalu penting. Kedua, kami berharap dengan cuaca yang baik tahun ini,” katanya.

“Balapan tahun lalu sangat rumit, mengendarai di permukaan setengah basah, setengah kering, sangat sulit untuk mengendarai dengan selip di tambalan basah. Kami harap kami tidak perlu mengulanginya dan kami akan melihat apakah kami kuat. Saya akan melakukan yang terbaik untuk berjuang untuk podium,” kata pembalap Yamaha itu dalam pernyataan yang diberikan oleh timnya.

Setelah menghindari para penggemar yang menunggunya di luar bandara, Rossi menetap di hotel dan kemudian pergi makan malam.

“Dia memiliki semangat seperti anak muda. Jika Anda bisa melihatnya setiap hari, tidak hanya di trek tetapi juga di rumah, tidak akan mengejutkan jika ia terus berlari,” kata Luca Marini, kerabat Rossi.

Sumber: Bola.com

Seorang pria memiliki wajah wirip Valentino Rossi. Ia berprofesi sebagai juru servis handphone di Sidoarjo.

Paul Pogba Dapat Dukungan Agen untuk Pindah ke Real Madrid

Liputan6.com, Madrid – Agen Paul Pogba, Mino Raiola, disebut sebagai aktor di balik memanasnya isu transfer gelandang Manchester United (MU) tersebut ke Real Madrid. Raiola berambisi untuk menjadikan Pogba sebagai pemain dengan gaji tertinggi di Los Blancos.

Pogba menyebut kalau Real Madrid adalah klub impian dari semua pemain sepak bola. Hal itu mengindikasikan kalau ia tertarik untuk hijrah ke Real Madrid.

Manchester United seperti kebakaran jenggot mengenai pemberitaan tersebut. Pogba dianggap sebagai calon pemimpin klub pada masa mendatang.

The Red Devils pun berusaha untuk keras untuk mempertahankan Pogba. Satu di antara usaha mereka adalah menyiapkan penawaran kontrak baru untuk Pogba.

Namun, Raiola memegang peranan penting dalam keputusan yang dibuat Pogba. Ia disebut kecewa dengan manajemen Manchester United atas perlakuan kepada kliennya ketika masih ditangani Jose Mourinho.

Selain itu, faktor finansial juga menjadi alasan Raiola mendorong Pogba untuk mau hijrah ke Real Madrid. Pogba bisa menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Los Blancos jika mau menerima pinangan klub tersebut.

Berita video Paul Pogba dikabarkan marah-marah saat di ruang ganti setelah Manchester United kalah 0-2 dari PSG pada leg I babak 16 Besar Liga Champions 2018-2019, Selasa (12/2/2019).