Duduk Perkara Saling Klarifikasi Aa Gym-Rommy Soal Sikap di Pilpres 2019

Jakarta – Pimpinan Pondok Pesantren Da’arut Tauhiid, Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), angkat bicara soal sikapnya di Pilpres 2019 yang disinggung oleh Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) hingga akhirnya gantian Rommy yang memberi klarifikasi. Begini duduk perkaranya.

Hal ini berawal dari pernyataan Rommy di media soal sikap Aa Gym di Pilpres 2019. Atas pernyataan itu, Aa Gym lalu membuat video klarifikasi di Youtube Aagym Official pada Minggu (10/3). Dalam video tersebut, Aa Gym mengaku mendapat broadcast dan video berisi pernyataan Rommy yang mengajak Aa Gym untuk netral di Pilpres 2019.

“Dari kemarin saya mendapatkan broadcast tentang pernyataan Pak Romi, dan barusan juga dapat videonya, tapi saya belum tabayyun. Pak Romi dari pimpinan salah satu partai Islam itu mendekati UAS bahwa kalau tidak bergabung, maka bersikap netral, dan sudah pernah mendekati Aa, berbicara dengan Aa Gym supaya bisa netral dalam pemilu, kalau tidak gabung netral lah begitu, dan sekarang katanya Aa Gym sudah berubah di postingan-nya,” kata Aa Gym.

Aa Gym belum tabayyun dengan Rommy soal broadcast itu. Namun, dia menegaskan bahwa pernyataan itu tidak benar karena dia tidak pernah mengeluarkan pernyataan bahwa dirinya netral di Pilpres 2019.

“Saya tidak berkomunikasi selama Pilpres, sama sekali tidak pernah mengeluarkan pernyataan seperti itu, karena itu tidak benar pernyataannya,” ucapnya.

Aa Gym menegaskan dia tidak netral di Pilpres 2019. Dia memiliki pilihan, tetapi memutuskan untuk mengambil sikap khusus di perhelatan ini.

“Saya sebagai warga Indonesia tidak netral, karena saya punya pilihan dalam Pilpres ini, salah satu pasangan capres. Saya punya pilihan. Tetapi sebagai mubaligh melihat kondisi Pilpres seperti saat ini, maka Aa lebih menempatkan diri berusaha mengajak umat Islam khususnya dan masyarakat Indonesia agar bisa menjalankan Pilpres ini lebih damai, lebih sejuk, dan bersih serta adil,” papar Aa Gym.

Setelah video klarifikasi Aa Gym ini beredar, Rommy lalu tabayyun lewat WhatsApp ke Aa Gym. Lewat video dan keterangan di Instagram, Rommy menegaskan tidak pernah menyatakan mengajak Aa Gym untuk netral di Pilpres 2019.

“Saya tidak pernah melakukan pendekatan kepada @aagym dalam rangka pilpres untuk bersikap mendukung salah satu paslon atau netral, maka kalau ada statemen seperti itu tentu itu tidak benar/hoax,” kata Rommy.

Romahurmuziy / Romahurmuziy / Foto: Agung Pambudhy

Dia lalu menjelaskan pernyataan awalnya yang akhirnya bikin heboh dan ditanggapi oleh Aa Gym. Rommy mengaku memang pernah bertemu dengan Aa Gym sekitar 2-3 tahun yang lalu. Namun tidak membicarakan Pilpres 2019. Saat ada wartawan yang bertanya terkait sikap Aa Gym pasca pertemuan tersebut, Rommy mengaku hanya menyampaikan jawaban standar dan normatif.

“Kalau ada hal-hal yang lebih daripada itu, itu sudah diluar statement saya.â €Semoga ini cukup menjadi sarana #tabayyun agar jangan sampai kita terprovokasi oleh berita yang tidak benar,” ungkapnya.

Aa Gym Dukung Prabowo Apa Jokowi? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(imk/tor)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *