Ditaruh di Pot Terendah dalam Drawing SEA Games 2019, Timnas Vietnam Protes

Hanoi – Panpel SEA Games sudah merilis daftar unggulan untuk kepentingan pengundian grup untuk sepak bola putra SEA Games 2019 pada Maret lalu. Dalam daftar itu, timnas Vietnam masuk pot terendah, Pot 4, bersama Laos, Kamboja, Brunei, dan Timor Leste.

Tuan rumah Filipina dan perebut medali emas SEA Games 2017, Thailand, jadi unggulan teratas (Pot 1), sedangkan Pot 2 dihuni Malaysia dan Indonesia, serta Myanmar dan Singapura mengisi Pot 3.

Pembagian Pot ini tak memuaskan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). VFF ingin mendapatkan jawaban mengapa mereka ada di Pot terendah, padahal mengacu pada poin yang dikumpulkan dari SEA Games sebelumnya, mereka mengoleksi poin 10, sementara Myanmar dan Singapura masing-masing hanya mengoleksi poin sembilan dan enam.

“Kami sudah berkomunikasi dengan Komite Olimpiade Vietnam (VOC) dan meminta kepada mereka untuk menanyakan hal ini kepada AFF,” demikian keterangan dari salah seorang pejabat VFF kepada VNEXpress, Sabtu (20/4/2019).

Pejabat VFF itu berujar Panpel lokal SEA Games 2019 di Filipina bisa saja membuat kesalahan dan ada peluang Timnas Vietnam akan menjalani proses untuk di-ranking lagi.

VOC berujar pihaknya sudah menyampaikan komplain ini dan AFF ingin mendiskusikan hal ini pada pertemuan yang digelar Senin (22/4/2019).

VFF mengajukan keberatan lantaran dampak posisi mereka di Pot terendah bisa menyebabkan Timnas Vietnam berada di grup maut, tergabung bersama tim dari Pot 1 dan Pot 2.

Di sisi lain, mulai SEA Games 2019, timnas Vietnam dan seluruh tim peserta boleh menggunakan dua over aged player (pemain melewati usia 22 tahun). Ini jadi kebijakan anyar mengingat pada SEA Games 2017, SEA Games hanya diizinkan untuk pemain level U-22.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan di bawah ini

Timnas U-22 melaju ke Final Piala AFF U-22 2019 setelah mengalahkan Vietnam 1-0.

Drawing Liga Champions: Berjumpa Barcelona, MU Punya Rekor Buruk

Jakarta – Manchester United (MU) berjodoh dengan Barcelona, di perempat final Liga Champions 2018-2019. Hal itu terungkap pada drawing Liga Champions, Jumat (15/3).

Bagi MU, duel ini menjadi tantangan berat karena kerap kesulitan saat berjumpa dengan El Barca.  

Pada undian fase perempat final Liga Champions, ada dua tim Inggris yang akan saling jegal, yaitu Manchester City kontra Tottenham Hotspur. 

Liverpool akan menghadapi klub Portuga, Porto, di babak delapan besar. Tim yang mendapat undian paling berat adalah Manchester United yang berjumpa Barcelona. 

Seperti dilansir Opta Joe, MU tercatat hanya menang sekali dalam delapan pertemuan kontra Barcelona di kancah Piala/Liga Champions. Tujuh pertandingan MU lainnya berkesudahan empat kali imbang, dan tiga kali kalah. 

Dua kekalahan terakhir Manchester United dari Barcelona terjadi di partai puncak Liga Champions, yaitu pada 2009 dan 2011. 

Adapun satu-satunya kemenangan MU atas Barcelona terjadi pada leg kedua semifinal Liga Champions 2017-2018 di Old Trafford. Saat itu menang 1-0 melalui gol Paul Scholes, kemudian MU menjadi juara setelah mengalahkan Chelsea di final. 

Leg pertama laga tersebut bakal digelar di Old Trafford pada 10 April. MU kemudian akan menjalani away leg kedua ke Camp Nou pada 16 April. 

Kemenpora Gelar Turnamen Futsal Antar Unit

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar turnamen futsal Antar Unit di Lingkungan Kemenpora dijadwalkan bergulir di Lapangan Futsal Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (1/3/2019). Turnamen yang dilaksanakan oleh Kemenpora Soccer Community (KSC) bakal diikuti sebanyak 15 tim.

Ketua Panitia turnamen futsal antar unit di Kemenpora, Jumakir mengatakan turnamen ini akan digunakan sebagai seleksi pemain untuk ajang Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri yang akan diikuti Kemenpora. Selain itu, ajang ini juga digunakan untuk mempererat silahturahmi dan meningkatkan produktifitas kerja.

Sebanyak 15 tim juga sudah dibagi dalam tiga grup, yakni A, B dan C (per grup diiisi lima tim). Yang berhak lolos ke babak delapan besar adalah juara dan peringkat kedua dari setiap grup dan ditambah dua tim peringkat tiga terbaik.

Salah satu unggulan di turnamen futsal ini yaitu Journalist Kemenpora FC. Tim yang disponsori Forum Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOSSBI) membidik gelar juara seperti yang baru ditorehkan oleh Timnas U-22.

“Materi pemainnya bagus-bagus, bisa saling melengkapi dan memiliki semangat tinggi untuk juara. Mereka terlecut dan ingin seperti Timnas U-22 yang baru saja juara Piala AFF. Tentunya ini menjadi modal yang bagus buat saya serta Presiden FOSSBI, Zuchli Imran Putra yang selalu siap memberikan dukungan,” kata Pembina Journalist Kemenpora FC, Anwar Sadat seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

FOSSBI sendiri ditunjuk menjadi operator untuk kejuaraan sepak bola U-12 Piala Menpora Imam Nahrawi. Kejuaraan ini menjadi salah satu unggulan di Kemenpora di bawah pimpinan Imam Nahrawi.

2 dari 2 halaman

Hasil Drawing:

Grup A

1. Deputi 4 PP ITKON

2. Sekuriti Kemenpora

3. LPDUK

4. Biro Roren Ins

5. Deputi 2


Grup B

1. Biro KRT

2. RSON

3. Biro Humas dan Hukum

4. INAPGOC

5. Journalist Kemenpora FC


Grup C

1. TU Menteri

2. Deputi 3

3. PP PON

4. BRI KC Palmerah

5. Deputi 1

Laga Pembuka Piala Presiden 2019 Dimulai Lebih Cepat

Jakarta – Laga pembuka Piala Presiden 2019 mengalami perubahan waktu. Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria menyatakan turnamen yang ditayangkan Indosiar, Sabtu (2/3/2019), menjadi lebih awal.

Duel Persib Bandung versus Tira-Persikabo yang menjadi pembukaan Piala Presiden 2019 dimajukan menjadi jam 16.00 WIB dari jadwal semula jam 18.30 WIB.

Dalam konferensi pers drawing Piala Presiden 2019 di Hotel Sultan, Jakarta (21/2/2019), diungkap rencana pembukaan turnamen pramusim itu akan digelar dengan kick-off Persib Bandung kontra Tira-Persikabo pada jam 18.30 WIB, dengan didahului seremoni pembukaan.

Namun, informasi terbaru jadwal siaran langsung Indosiar menyebut laga pembuka Piala Presiden antara Persib kontra Tira-Persikabo digelar pada jam 16.00 WIB. 

“Kick-off laga pembukaan memang jam 16.00 WIB. Pertandingan kedua, jam 19.00 WIB. Info tersebut tadi sudah dibahas dalam managers meeting. Keputusan pertandingan menjadi jam 16.00 WIB dan 19.00 WIB karena ada acara pembukaan, sehinggga nanti tidak terpotong waktu salat magrib,” ujar Ratu Tisha Destria saat ditemui seusai RUPS Luar Biasa PT LIB di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Sekjen PSSI itu juga mengungkapkan seremoni pembukaan akan dimulai sekitar jam 15.30 WIB. Mengenai kehadiran Presiden Joko Widodo di pembukaan, Ratu Tisha Destria mengaku sudah berkomunikasi dengan pihak protokoler Istana saat mendampingi Timnas Indonesia U-22 menemui Presiden Joko Widodo, Kamis pagi (28/2/2019).

“Insyaallah, Presiden hadir. Tadi saya sempat menanyakan hal tersebut ke protokoler Istana. Insya Allah beliau hadir sekaligus membuka Piala Presiden. Harapannya seperti itu,” ujar Ratu Tisha.


Sumber: Bola.com

Jadi Kandidat Kuat Komisaris PT LIB, Ini Respons Pieter Tanuri

Jakarta Pemilik Bali United, Pieter Tanuri, menjadi kandidat komisari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB). Ketika ditanya mengenai kemungkinan mundur dari anggota Exco PSSI terkait pencalonan itu, Pieter mengaku tak ada masalah baginya untuk menjalani rangkap jabatan.

Dari Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT LIB yang digelar pada Senin (18/2/2019), diusulkan tiga nama calon komisaris baru operator kompetisi sepak bola profesional Indonesia itu. Ketiganya adalah Presiden Klub Madura United Achsanul Qosasi, Manajer Barito Putera Hasnuryadi Sulaiman, dan pemilik Klub Bali United Pieter Tanuri.

Ketika ditanya mengenai pencalonan tersebut, Pieter Tanuri belum mau banyak bicara. Namun, ia berharap ke depannya kompetisi sepak bola Indonesia bisa semakin baik.

“Masih calon, jadi tunggu saja nanti. Ke depan saya hanya berharap liga bisa berjalan dengan baik. Apa yang sudah baik selama ini bisa menjadi lebih baik,” ujar Pieter Tanuri setelah drawing Piala Presiden 2019 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Pieter Tanuri tidak akan meninggalkan posisi di Exco PSSI meski nantinya menjadi komisaris PT LIB. Menurutnya tak ada masalah soal rangkap jabatan. 

“Banyak yang salah mengerti. Kalau melihat statuta, kalau kembali ke statuta, sebenarnya banyak yang salah persepsi. Rangkap jabatan itu boleh atau tidak, menurut saya justru harus. Komisaris itu paling hanya satu bulan sekali melakukan pertemuan. Exco PSSI juga satu bulan atau dua bulan sekali melakukan pertemuan, tidak setiap hari,” ujar Pieter Tanuri.

“Jadi saya lihat ada salah persepsi yang diciptakan seolah-olah jika rangkap jabatan itu adalah sesuatu yang tabu. Kalau itu adalah hal yang tabu, FIFA pasti sudah kirim surat ke sini dan meminta saya dicopot karena mereka pun mengawasi kami,” lanjutnya.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:



Indosiar Siarkan 40 Pertandingan Piala Presiden 2019

Jakarta – Piala Presiden 2019 akan mulai digelar Sabtu, 2 Maret 2019. Sebanyak 40 pertandingan ajang yang berakhir pada 12 April 2019 ini akan ditayangkan langsung oleh Indosiar, yang merupakan official broadcaster turnamen ini.

Hal ini ditegaskan Harsiwi Achmad, Direktur Progamming Surya Citra Media (SCM) – Emtek Group. Harsiwi juga menegaskan tak akan mengacak siaran selama Piala Presiden 2019 berlangsung agar bisa dinikmati di seluruh pelosok Indonesia.

“Piala Presiden adalah turnamen pramusim yang sangat dinikmati. Penonton di stadion maupun di televisi luar biasa. Kami dari Emtek Group selalu berkomitmen menyiarkan semua pertandingan selama Piala Presiden 2019,” ujar Harsiwi, usai drawing Piala Presiden 2019 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Selasa (19/2/2019).

Sejak fase grup hingga dua pertandingan kandang dan tandang di babak final, total memang akan ada 40 pertandingan yang digelar sepanjang Piala Presiden 2019. 

“Indosiar akan terus menayangkan pertandingan Piala Presiden dan kali ini akan lebih banyak dari sebelumnya. Kami akan menayangkan 40 pertandingan, dengan setiap harinya akan ada dua pertandingan, yaitu pada pukul 15.30 dan 18.30. Ketika memasuki pertandingan semifinal dan final akan kami tayangkan di waktu primetime,” ujar Harsiwi, yang juga merupakan Wakil Ketua Organizing Committee Piala Presiden 2019.

Selain menegaskan komitmen untuk menyiarkan secara keseluruhan pertandingan di Piala Presiden 2019, Harsiwi Achmad menegaskan tayangan Piala Presiden 2019 juga bisa dinikmati oleh semua orang di mana pun berada melalui live streaming di Vidio.com.

2 dari 2 halaman

Tidak Diacak

Harsiwi juga menegaskan tak akan mengacak siaran Piala Presiden 2019 agar bisa dinikmati di seluruh Indonesia.

“Semoga dengan penayangan secara langsung bisa menarik penonton untuk berminat datang langsung ke stadion. Dengan demikan akan semakin menguntungkan klub dan penyelenggara. Saya juga pastikan siaran tidak akan diacak sehingga bisa dinikmati seluruh pecinta sepak bola hingga ke seluruh pelosok Indonesia,” ujar Harsiwi.

“Kami juga akan menayangkannya secara live streaming di Vidio.com. Jadi semua pecinta sepak bola, di mana pun bisa menikmati laga sepak bola tersebut ketika memang tak bisa berada di depan televisi,” lanjutnya. 

Piala Presiden 2019 digelar mulai 2 Maret 2019 dengan membagi 20 tim ke lima grup terpisah. Delapan tim yang terdiri dari lima juara grup dan tiga runner-up terbaik akan lolos ke perempat final yang akan digelar dengan sistem single match. Sementara itu, yang terbaru adalah pertandingan final digelar dengan sistem kandang dan tandang, seperti halnya semifinal yang sudah dilakukan sejak edisi sebelumnya.

Sumber: Bola.com

Drawing Piala FA: Manchester United Hadapi Wolverhampton

– Drawing babak perempat final Piala FA telah dilaksanakan pada Senin (18/2/2019). Manchester United dipastikan bertemu dengan klub Premier League, Wolverhampton Wanderers.

Delapan klub tersisa di Piala FA. Enam di antara delapan klub tersebut berasal dari Premier League dan sisanya darinya Championship.

Manchester United, Manchester City, Brighton and Hove Albion, Crystal Palace, Wolverhampton Wanderers dan Watford mernjadi perwakilan Premier League. Dua klub Premier League yang akan menghadapi klub Championship adalah Manchester City dan Brighton.

Manchester United yang menumbangkan Chelsea untuk mencapai babak perempat final, ditunggu lawan berat, yaitu Wolverhampton. Pada musim 2018-19, klub asuhan Nuno Espirito Santo itu menunjukkan performa yang gemilang.

Wolverhampton menjadi kuda hitam dan bertengger di posisi 10 besar hingga pekan ke-26 Premier League. Selain itu, Wolverhampton dikenal sebagai klub pekerja keras yang memiliki keunggulan fisik.

Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, mengakui kalau Wolverhampton bisa menjadi batu sandungan The Red Devils di Piala FA.

“Kami harus menjalani laga tandang lagi dan lawan kami adalah Wolverhampton. Mereka tidak bisa dianggap remeh,” ujar solskjaer.

“Kami harus melewati ini melalui jalan yang terjal. Wolverhampton adalah lawan yang berat,” ungkap Solskjaer.

Kedua tim sudah bertanding pada paruh musim pertama Premier League. Saat itu, Manchester United mengakhiri laga dengan skor 1-1.

Sumber: Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

2 dari 2 halaman

Hasil Drawing Perempat Final Piala FA

Swansea City Vs Manchester City

Watford Vs Crystal Palace

Wolverhampton Wanderers Vs Manchester United

Millwall Vs Brighton and Hove Albion

Asas Praduga Tak Bersalah, Klub Masih Hormat ke Joko Driyono

Jakarta – Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, telah ditetapkan sebagai tersangka. Dengan azas praduga tak bersalah, klub-klub masih menghormati Jokdri.

Pria yang akrab disapa Jokdri itu ditetapkan sebagai tersangka okeh Satgas Anti Mafia Bola. Joko disebut melakukan tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan atau memasuki dengan cara membongkar, merusak atau menghancurkan barang bukti yang telah dipasang garis polisi oleh penguasaan umum.

Jokdri muncul di acara drawing Piala Presiden 2019. Beberapa awak media sempat melihat Sumardji dan Joko terlibat pembicaraan di toilet Hotel Sultan.

Awak media menanyakan hal apa yang dibicarakan di toilet. Sumardji mengaku cuma menguatkan Jokdri.

“Kita cuma saling menguatkan. Biasa saja itu. Pasti (menyarankan proses hukum),” kata Sumardji di Hotel Sultan, Minggu (17/2/2019) malam WIB.

Meski sudah berstatus tersangka, para petinggi klub-klub di Indonesia tetap hormat pada Jokdri. Sumardji menekankan agar asas praduga tak bersalah tetap diarahkan ke Jokdri.

“Intinya kita harus menghargai dan menghormati asas praduga tak bersalah. Soal bagaimananya, nanti biar dibicarakan oleh PSSI sendiri. Kalau klub secara keseluruhan masih hormat sama Jokdri,” tegasnya.

(ran/din)

Ini Game E-Sports Paling Laris di Thailand

Jakarta – LAPORAN DARI BANGKOK, THAILAND

Seperti halnya di Indonesia, game e-sports juga naik daun di Thailand. Ada beberapa game yang populer di kalangan anak muda negara Gajah Putih, baik yang mobile ataupun desktop.

Untuk MOBA (Multiplayer online battle arena), game yang paling populer itu adalah DOTA 2 dan AoV (Arena of Valor). Sementara itu, untuk game battle royale adalah PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG). 

“Beberapa game mobile dan desktop cukup populer di Thailand, seperti DOTA 2 dan PUBG. Sementara itu, CS: GO (Counter-Strike: Global Offensive) kurang terkenal di sini,” ujar caster e-sports asal Thailand, Xyclopz, Jumat (15/2/2019). 

“Mobile Legends juga tidak terlalu di minati di sini. Game lain yang juga populer di Thailand itu ada AoV. Di sini sangat banyak turnamen AoV,” lanjut pria yang memiliki nama asli Treephob Tiangtrong tersebut.

Demi menyalurkan hasrat bermain dan bersaing para gamer di Thailand, sejumlah turnamen digelar, satu di antaranya adalah Asia Pacific Predator League 2019.

Dalam grand final Asia Pacific Predator League yang berlangsung di Nimibutr Stadium, Bangkok, dari 15 sampai 17 Februari 2019, Thailand diwakili oleh lima tim, yakni Alpha Red, SIGNATURE.PUBG, Purple Mood, Pinto Gaming, dan MITH.PUBG.

Untuk Alpha Red akan bersaing di game DOTA 2, sedangkan SIGNATURE.PUBG, Purple Mood, Pinto Gaming, dan MITH.PUBG bakal berlaga di game PUBG.

“Perkembangan para gamer e-sports juga cukup cepat, banyak gamer-gamer baru yang bermunculan,” papar Xyclopz.

Berdasarkan hasil drawing grand final DOTA 2 Asia Pacific Predator League 2019, Alpha Red akan menghadapi wakil Indonesia, BOOM ID, pada round 2. Duel kedua tim berlangsung pada Jumat (15/2/2019) pagi waktu setempat.

Sumber Bola.com

MU vs PSG: Solskjaer Tidak Siapkan Taktik Khusus

Liputan6.com, Manchester – Manchester United (MU) akan menjamu Paris Saint-Germain (PSG) pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Laga ini akan dimainkan di Old Trafford, Rabu (13/2/2019) dini hari WIB.

Laga MU kontra PSG diprediksi berlangsung saat sengit. Kedua tim tengah berada dalam momentum yang bagus sehingga tak akan mengalah untuk meraih kemenangan pada babak gugur ini.

Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer mengaku sangat antusias jelang pertandingan ini. “Paris Saint-Germain merupakan salah satu undian tersulit yang bisa anda dapatkan,” buka Solskjaer kepada UEFA.

2 dari 3 halaman

Skuat Fantastis

Solskjaer mengakui laga melawan PSG akan berjalan sangat sulit. Sebab, Les Parisien memiliki skuat kelas dunia di dalam tim mereka.

“Pertandingan ini merupakan pertandingan yang akan saya nantikan. Mereka [PSG] punya tiga penyerang yang mungkin merupakan salah satu terbaik di dunia,” ucapnya.

“Mereka juga memiliki banyak pemain top di semua posisi: mereka punya empat bek yang hebat, tiga gelandang yang hebat dan tiga penyerang yang mematikan, dan semua pemain ini benar-benar fantastis.”

3 dari 3 halaman

Tidak Siapkan Taktik Khusus

Solskjaer juga menegaskan tidak menyiapkan taktik khusus jelang laga melawan PSG. Sebab, dia tahu lawannya merupakan seorang juru taktik yang piawai.

“Tuchel adalah pelatih yang sangat bagus secara aspek taktik. Dia bisa bermain dengan skema 3-4-3, atau dia bermain dengan 4-4-2 atau juga dengan 4-3-3, sehingga kami tidak bisa menyiapkan taktik yang khusus.”

“Untuk memenangkan pertandingan ini kami hanya perlu konsentrasi pada diri kami sendiri dan memainkan sepakbola kami. Jika kami melakukan itu, saya yakin kami bisa memberikan perlawanan yang bagus.” tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini: