Ini Game E-Sports Paling Laris di Thailand

Jakarta – LAPORAN DARI BANGKOK, THAILAND

Seperti halnya di Indonesia, game e-sports juga naik daun di Thailand. Ada beberapa game yang populer di kalangan anak muda negara Gajah Putih, baik yang mobile ataupun desktop.

Untuk MOBA (Multiplayer online battle arena), game yang paling populer itu adalah DOTA 2 dan AoV (Arena of Valor). Sementara itu, untuk game battle royale adalah PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG). 

“Beberapa game mobile dan desktop cukup populer di Thailand, seperti DOTA 2 dan PUBG. Sementara itu, CS: GO (Counter-Strike: Global Offensive) kurang terkenal di sini,” ujar caster e-sports asal Thailand, Xyclopz, Jumat (15/2/2019). 

“Mobile Legends juga tidak terlalu di minati di sini. Game lain yang juga populer di Thailand itu ada AoV. Di sini sangat banyak turnamen AoV,” lanjut pria yang memiliki nama asli Treephob Tiangtrong tersebut.

Demi menyalurkan hasrat bermain dan bersaing para gamer di Thailand, sejumlah turnamen digelar, satu di antaranya adalah Asia Pacific Predator League 2019.

Dalam grand final Asia Pacific Predator League yang berlangsung di Nimibutr Stadium, Bangkok, dari 15 sampai 17 Februari 2019, Thailand diwakili oleh lima tim, yakni Alpha Red, SIGNATURE.PUBG, Purple Mood, Pinto Gaming, dan MITH.PUBG.

Untuk Alpha Red akan bersaing di game DOTA 2, sedangkan SIGNATURE.PUBG, Purple Mood, Pinto Gaming, dan MITH.PUBG bakal berlaga di game PUBG.

“Perkembangan para gamer e-sports juga cukup cepat, banyak gamer-gamer baru yang bermunculan,” papar Xyclopz.

Berdasarkan hasil drawing grand final DOTA 2 Asia Pacific Predator League 2019, Alpha Red akan menghadapi wakil Indonesia, BOOM ID, pada round 2. Duel kedua tim berlangsung pada Jumat (15/2/2019) pagi waktu setempat.

Sumber Bola.com

MU vs PSG: Solskjaer Tidak Siapkan Taktik Khusus

Liputan6.com, Manchester – Manchester United (MU) akan menjamu Paris Saint-Germain (PSG) pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Laga ini akan dimainkan di Old Trafford, Rabu (13/2/2019) dini hari WIB.

Laga MU kontra PSG diprediksi berlangsung saat sengit. Kedua tim tengah berada dalam momentum yang bagus sehingga tak akan mengalah untuk meraih kemenangan pada babak gugur ini.

Manajer MU Ole Gunnar Solskjaer mengaku sangat antusias jelang pertandingan ini. “Paris Saint-Germain merupakan salah satu undian tersulit yang bisa anda dapatkan,” buka Solskjaer kepada UEFA.

2 dari 3 halaman

Skuat Fantastis

Solskjaer mengakui laga melawan PSG akan berjalan sangat sulit. Sebab, Les Parisien memiliki skuat kelas dunia di dalam tim mereka.

“Pertandingan ini merupakan pertandingan yang akan saya nantikan. Mereka [PSG] punya tiga penyerang yang mungkin merupakan salah satu terbaik di dunia,” ucapnya.

“Mereka juga memiliki banyak pemain top di semua posisi: mereka punya empat bek yang hebat, tiga gelandang yang hebat dan tiga penyerang yang mematikan, dan semua pemain ini benar-benar fantastis.”

3 dari 3 halaman

Tidak Siapkan Taktik Khusus

Solskjaer juga menegaskan tidak menyiapkan taktik khusus jelang laga melawan PSG. Sebab, dia tahu lawannya merupakan seorang juru taktik yang piawai.

“Tuchel adalah pelatih yang sangat bagus secara aspek taktik. Dia bisa bermain dengan skema 3-4-3, atau dia bermain dengan 4-4-2 atau juga dengan 4-3-3, sehingga kami tidak bisa menyiapkan taktik yang khusus.”

“Untuk memenangkan pertandingan ini kami hanya perlu konsentrasi pada diri kami sendiri dan memainkan sepakbola kami. Jika kami melakukan itu, saya yakin kami bisa memberikan perlawanan yang bagus.” tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

Formasi: Menanti Drama Fase Gugur Liga Champions 2018/19

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim terbaik Eropa akan tampil pada fase gugur Liga Champions 2018/19. Hasil di leg pertama bakal menentukan langkah masing-masing tim menuju babak berikutnya. 

Babak 16 besar Liga Champions musim ini bakal dimulai, Rabu, 13 Februari 2019 dinihari WIB. Di hari pertama, Manchester United bakal menjamu Paris Saint Germain (PSG) di Old Trafford. Sementara AS Roma bakal bertemu wakil Portugal, FC Porto di Stadio Olimpico.  

Ini jadi ujian perdana MU bersama Solskjaer di ajang Liga Champions. Kecerdikan pelatih asal Norwegia itu kembali diuji setelah sukses menorehkan 10 kemenangan dari 11 laga. 

Seperti diketahui, performa MU mencuri perhatian sejak ditinggal Jose Mourinho akhir tahun lalu. Kehadiran Solskjaer yang ditunjuk sebagai manajer sementara mengubah Setan Merah menjadi tim yang belum terkalahkan. Bahkan kemenangan demi kemenangan yang ditorehkan membawa MU ke posisi empat klasemen sementara Liga Inggris musim ini. 

MU mulai melewati rival-rival terkuat seperti Chelsea yang kini terpaut 1 poin. The Blues harus rela tergusur setelah tim besutan Maurizzio Sarri itu dihancurkan Manchester City 0-6. MU melambung setelah sehari sebelumnya berhasil mengalahkan Fulham dengan skor 3-0. 

Performa gemilang MU bersama Solskjaer kini mendapat ujian di level yang lebih tinggi. Mental bertanding para pemain bakal kembali diuji saat menjamu PSG di Old Trafford. Hanya saja, Solskjaer harus memutar otak mengingat laga berat lain juga menanti Setan Merah. 

Rotasi pemain pun jadi pilihan terbaik Solskjaer. Sejumlah pemain disimpan saat MU bertemu Fulham. Marcus Rashford yang kembali bersinar disimpan dalam duel ini. Begitu juga dengan bek tangguh, Victor Lindelof. Mereka diharapkan bisa pulih saat bertemu PSG. 

“Ada beberapa ketidaknyaman, Marcus Rashford mengalami keram saat melawan Leicester City. Kami tidak ingin mengambil risiko,” kata Solskjaer. 

“Di belakang, Victor Lindelof memang cedera. Tapi tidak terlalu mengkhawatirkan. Keduanya seharusnya baik-baik saja untuk hari Selasa,” ujar mantan pemain MU tersebut. 






2 dari 4 halaman

Tanpa Neymar

Meski demikian, tuan rumah setidaknya bisa bernafas lega. Pasalnya, tim lawan datang dalam kondisi compang-camping. Les Parisien harus kehilangan striker andalannya Neymar. Pemain asal Brasil itu dipastikan absen melawan MU karena mengalami cedera cukup parah. 

Neymar menderita cedera metatarsal saat PSG bertanding melawan Strasbourg pada ajang Coupe de France beberapa waktu lalu. Kondisi mantan pemain Santos itu bertambah buruk karena cedera tersebut berada di tempat yang membuatnya absen 4 bulan musim lalu. 

Kehilangan Neymar tentu saja jadi pukulan telak bagi PSG. Sebab, pemain yang diboyong dari Barcelona itu merupakan salah satu mesin gol Les Parisien. Musim ini saja, Neymar sudah mengemas 20 gol dalam 23 penampilan bersama PSG di semua kompetisi. 

“Sekarang, ini waktu yang sulit bagi kami karena Ney (Neymar) cedera. Bagi kami, Ney adalah pemain yang sangat penting, karena dia telah melakukan hal-hal luar biasa untuk tim selama tiga bulan terakhir,” kata kiper PSG, Gianluigi Buffon seperti dilansir Four Four Two.

Beban pelatih PSG, Thomas Tuche, semakin bertambah setelah penyerang lain, Edinson Cavani juga dipastikan absen saat bertemu MU. Pemain asal Uruguay itu mengalami cedera panggul saat PSG mengalahkan Girondins de Bordeaux, Sabtu lalu. Diagnosa dokter usai pertandingan juga menunjukkan hasil yang kurang baik. Mantan pemain Napoli tersebut ternyata  mengalami otot paha kanan yang memaksanya absen hingga bulan depan.

Selain Neymar dan Cavani, PSG juga terancam tanpa bek andalannya, Thomas Meunier. Posisi pemain asal Belgia tersebut mengalami gegar otak ringan usai bertabrakan dengan rekannya, François Kamano saat latihan kemarin. Posisinya lalu digantikan Colin Dagba. 

Menurut Solskjaer, absennya pemain-pemain hebat bakal mengurangi bobot duel MU vs PSG. “Saat Anda bertemu tim hebat, Anda ingin bertarung melawan para pemain. Publik ingin melihat pemain-pemain terbaik. Sangat mengecewakan bagi Old Trafford,” katanya.

Tanpa pemain bintang, pertandingan menurut Solskjaer bakal terasa hambar. Sebab kehadiran pemain-pemain hebat juga memberikan semangat tambahan bagi pemain. 

 “Saya sudah beberapa kali bermain saat kami bertemu Real Madrid dan Ronaldo dan Figo dan semua yang pernah ke Old Trafford.  Ini memberikan semangat tambahan,” katanya. 



3 dari 4 halaman

Kiprah Pemain Debutan

Sementara itu, babak 16 besar Liga Champions 2018/19 bakal jadi panggung bagi sejumlah pemain baru. Sebab seluruh kontestan tidak melewatkan kesempatan untuk memasukkan 3 nama baru sesuai aturan UEFA untuk memperbesar peluang meraih gelar juara.  

Satu nama yang mencuri perhatian adalah Arlvaro Morata yang akan memperkuat Atletico Madrid. Pemain asal Spanyol tersebut baru saja diboyong dari Chelsea dan langsung didaftarkan untuk tampil pada babak 16 besar. (Ikuti berita lengkapnya di sini). 

Liverpool juga memanfaatkan kesempatan ini untuk memasukkan nama Alex Oxlade Chamberlain setelah sempat absen selama setengah musim akibat cedera. Sedangkan Barcelona memasukkan nama Kevin Prince Boateng yang baru dipinjam dari Sassuolo.



4 dari 4 halaman

Jadwal Leg 1

13 Februari 2019

Manchester United vs PSG

AS Roma vs FC Porto


14 Februari 2019

Tottenham Hotspur vs Borussia Dortmund

Ajax Amsterdam vs Real Madrid


20 Februari 2019

Olympique Lyonnais vs Barcelona

Liverpool vs Bayern Munchen


21 Ferbruari 2019

Schalke 04 vs Manchester City

Atletico Madrid vs Juventus


Saksikan juga video menarik di bawah ini:

Drawing 16 Besar Piala Indonesia Digelar 8 Februari 2019

Liputan6.com, Jakarta Babak 16 besar Piala Indonesia 2018/2019 tak lama lagi akan digelar. Rencananya, PSSI selaku penyelenggara kompetisi tersebut bakal menggelar drawing dalam waktu dekat.

“Babak 16 besar Piala Indonesia akan diundi lagi. Insya Allah 8 Februari 2019,” ujar Ketua Hubungan Media dan Promosi Digital PSSI, Gatot Widakdo.

Sebelumnya, kejanggalan mewarnai babak 16 besar Piala Indonesia. Di laman Wikipedia berbahasa Inggris ditampilkan bagan Piala Indonesia sejak babak 32 besar.

Adapun di babak 16 besar Piala Indonesia, sembilan tim telah memastikan lolos. Sembilan klub tersebut adalah Bhayangkara FC, TIRA Persikabo, Bali United, Persela Lamongan, Persija Jakarta, Arema FC, PSS Sleman, Perseru Serui, dan PSM Makassar.

2 dari 3 halaman

9 Klub Telah Lolos

Sesuai pernyataan Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto, pagelaran Piala Indonesia akan berhenti sejenak karena mengalah dengan turnamen pramusim Piala Presiden. Meski begitu, babak 16 besar Piala Indonesia akan tetap diselenggarakan dalam waktu dekat.

“Antara tanggal 15-22 Februari 2019 masuk babak 16 besar (Piala Indonesia),” imbuh Iwan.

3 dari 3 halaman

Laga Tunda

Sementara itu, Persib belum bisa menggelar pertandingan leg kedua babak 32 besar Piala Indonesia melawan Persiwa Wamena. Sedianya pertandingan Persib lawan Persiwa akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Senin 4 Februari 2019.

Untuk penjadwalan ulang, PSSI selaku operator turnamen Piala Indonesia akan melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak Panpel Persib, sponsor, dan host broadcasting.

Sumber: bola.net

Jadwal Timnas U-22 Indonesia di Piala AFF 2019

Liputan6.com, Jakarta – Timnas U-22 Indonesia akan tampil di ajang Piala AFF U-22 tahun ini akan digelar di Kamboja. Turnamen yang dijadwalkan akan dimulai pada 17 Februari mendatang dipastikan tanpa tiga tim yang memutuskan untuk mengundurkan diri.

Singapura, Brunei Darussalam, dan Laos mengumumkan pengunduran dirinya untuk bermain di turnamen dua tahunan ini. Tanpa tiga tim tersebut, dalam hasil drawing grup A dan B hanya diisi oleh empat tim.

Grup A diisi oleh Vietnam, Thailand, Timor Leste dan Filipina. Sementara Timnas U-22 Indonesia yang tergabung di grup B harus berhadapan dengan Malaysia, Myanmar, serta tuan rumah Kamboja.

Dalam sistim ini, juara dan runner-up yang berhak melaju kebabak semifinal. Babak semifinal dijadwalkan akan dimainkan pada 24 Februari dan partai puncak pada 26 Februari 2019.

Timnas U-22 Indonesia sendiri saat ini masih terus berlatih bersama pelatih Indra Sjafri.

2 dari 3 halaman

Laga Perdana lawan Myanmar

Dijadwalkan Timnas Indonesia U-22 akan berhadapan dengan Myanmar dil aga perdana pada 18 Februari mendatang yang akan digelar di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja.

Sebelum berangkat ke Kamboja, tim asuhan Indra Sjafri akan menjalani laga uji coba melawan Arema FC dan Bhayangkara FC. Pada latihan pekan keempat kemarin, pelatih yang pernah membawa Timnas U-19 juara AFF ini akan mengerucutkan tim menjadi 26 pemain dari 30 pemain dan 26 pemain tersebut akan dimainkan pada laga uji coba nanti.

Berikut Jadwal Piala AFF U-22 2019, Grup A dan B.

3 dari 3 halaman

Jadwal Piala AFF U-22 2019

Grup B

18 Februari 2019Myanmar vs IndonesiaMalaysia vs Kamboja

20 Februari 2019Indonesia vs MalaysiaKamboja Myanmar

22 Februari 2019Malaysia vs MyanmarIndonesia vs Kamboja


Grup A

17 Februari 2019Vietnam vs FilipinaThailand vs Timor Leste

19 Februari 2019Filipina vs ThailandTimor Lesta vs Vietnam

21 Februari 2019Vietnam vs ThailandTimor Lesta vs Filipina

(Fatur Rahman/Mg)

Pep Guardiola Nantikan Derbi Manchester

– Manajer Manchester City, Pep Guardiola, menyatakan tertarik menghadapi Manchester United di Piala FA. Hal itu ia katakan setelah timnya mengalahkah Burnley dengan skor 5-0 pada putaran keempat Piala FA.

The Citizens menunjukkan performa yang solid ketika menghadapi Burnley. Kevin De Bruyne dan rekan-rekannya menunjukkan dominasi pada laga tersebut.

Hal itu membuat Guardiola yakin kalau Manchester City masih memiliki peluang untuk merebut empat gelar pada musim 2018-19. Manajer asal Catalan itu pun tak gentar jika timnya berhadapan dengan Manchester United pada laga berikutnya.

“Hal yang paling penting adalah kami tetap berada di kompetisi ini,” ujar Guardiola.

“Saya tertarik untuk menghadapi Manchester United pada laga berikutnya. Mereka telah meraih delapan kemenangan secara beruntun dan menunjukkan performa yang gemilang bersama manajer barunya.”

“Namun, kami berambisi untuk selalu menunjukkan performa terbaik di setiap laga. Kami harus lebih baik dari musim kemarin.”

“Kami tersingkir setelah kalah dari Wigan pada musim kemarin. Jadi kami berharap bisa menembus perempat final dan ke Wembley lagi,” ungkap Guardiola.

Drawing putaran kelima Piala FA akan dilakukan pada Senin (28/1/2019). Sebelumnya, Manchester United melaju ke putaran kelima setelah mengalahkan Arsenal dengan skor 3-1. Hasil tersebut membuat Pep Guardiola berharap kalau Manchester City bisa berhadapan dengan Manchester United.

Sumber: Bola.com

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini

Pengundian Perempat Final Copa del Rey: Barcelona Hadapi Sevilla

Madrid – Drawing perempat final Copa del Rey yang berlangsung di Ciudad del Futbol in Las Rozas, Madrid, Jumat (18/1/2019) malam waktu setempat, telah rampung digelar. Hasilnya, Barcelona bersua dengan Sevilla.

Barca lolos ke fase delapan besar setelah meraih kemenangan agregat 4-2 atas Levante. Sementara itu, Sevilla menyingkirkan Athletic Bilbao dengan keunggulan agregat 3-2 pada laga 16 besar.

Andai mampu mengalahkan Sevilla, Barcelona akan lolos ke semifinal dan menjaga asa meraih trofi Copa del Rey musim ini. Los Cules pun berpeluang mempertegas dominasinya di Copa del Rey yang sejauh ini telah meraih 30 trofi, atau terbanyak dibandingkan klub Spanyol lainnya.

Sementara itu, Sevilla memiliki kesempatan untuk membalaskan dendam kontra Blaugrana. Pada final Copa del Rey 2017-2018, Sevillistas gagal keluar sebagai juara setelah menelan kekalahan 0-5 dari Barcelonadi Wanda Metropolitano, 21 April 2018.

Pada laga lain, Real Madrid akan menghadapi lawan yang tak terlalu berat. Madrid yang menang agregat 3-1 atas Leganes pada 16 besar, akan bersua Girona dalam pertandingan perempat final Copa del Rey.

Laga babak delapan besar Copa del Rey masih akan berlangsung dalam dua leg. Pertandingan leg pertama dihelat pada 22, 23, dan 24 Januari 2019, sedangkan leg kedua digelar pada 29, 30, dan 31 Januari 2019.

Berikut ini adalah hasil undian perempat final Copa del Rey:

Real Madrid* Vs Girona

Getafe* Vs Valencia

Sevilla* Vs Barcelona

Espanyol* Vs Real Betis

*Tim tuan rumah pada leg pertama

Sumber: AS

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

Hasil Drawing Babak Keempat Piala FA: Arsenal Vs Manchester United

Jakarta – Babak keempat Piala FA 2018/2019 menyajikan duel seru. Arsenal akan melawan Manchester United untuk memperebutkan tiket ke fase 16 besar.

Undian babak keempat Piala FA dilakukan usai laga Wolverhampton Wanderers melawan Liverpool. The Reds kalah 1-2 dalam pertandingan di Molineux Stadium, Selasa (8/1/2019) dinihari WIB.

Dalam laga lainnya, Manchester City akan berhadapan dengan tim satu kasta, Burnley. Sementara itu, Chelsea msih menungu pemenang laga antara Sheffield Wednesday dengan Luton.

Tottenham Hotspur juga bertemu dengan tim sesama Premier League. Crystal Palace yang akan dilawan oleh The Lilywhites.

Berikut ini hasil undian babak keempat Piala FA 2018/2019

Swansea vs Gillingham
Wimbledon vs West Ham United
Shrewsbury/Stoke vs Wolverhampton Wanderers
Millwall vs Everton
Brighton & Hove Albion vs.West Bromwich Albion
Bristol City vs Bolton Wanderers
Accrington Stanley vs. Derby County/Southampton
Doncaster Rovers vs. Oldham Athletic
Chelsea vs Sheffield Wednesday/Luton
Newcastle United/Blackburn Rovers vs Watford
Middlesbrough vs Newport
Manchester City vs Burnley
Barnet vs Brentford
Portsmouth vs Queens Park Rangers
Arsenal vs Manchester United
Crystal Palace vs Tottenham Hotspur

(cas/mrp)


Kevin / Marcus Tatap 3 Ajang BWF di Januari 2019

Jakarta – Ganda putra andalan Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon siap kembali turun gelanggang di tahun 2019. Setidaknya, ada tiga turnamen BWF World Tour:Thailand Masters, Malaysia Masters, dan Indonesia Masters, pada Januari ini yang menunggu mereka.

The Minons dan para wakil Indonesia akan melakoni Thailand Masters yang menjadi turnamen awal kalender BWF 2019. Ajang Super 300 itu akan digelar di Huamark, Bangkok, 8-3 Januari mendatang.

Para kontingen bulutangkis Indonesia kemudian akan melakoni Malaysia Masters, di Axiata Arena, Kuala Lumpur, 15-20 Januari 2019. BWF pun sudah mengumumkan hasil drawing dua turnamen tersebut.

Setelah melakoni dua turnamen, Kevin/Marcus akan kembali bertanding di hadapan publik sendiri, yakni Indonesia Masters di Istora Senayan, Jakarta, 22-27 Januari 2019.

Kevin/Marcus tentunya menjadi unggulan pertama dari sektor ganda putra di tiga turnamen tersebut. Situasi itu berkaca dari prestasi mereka tahun lalu, yang meraih delapan gelar BWF World Tour.

Delapan gelar yang diraih Kevin/Marcus sepanjang 2018 adalah Indonesia Masters, India Open, All England Open, Indonesia Open, Japan Open, Denmark Open, Fuzhou China Open, dan Hong Kong Open.

Sumber: Bola.com

Pasangan bulu tangkis ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamulyo, atau akrab disapa pasangan Minions, meraih penghargaan dunia sebagai Pemain Putra Terbaik 2018 dari BWF.

Peran Mainan dalam Merangsang Kreativitas Anak

Liputan6.com, Jakarta – Berbicara tentang anak, maka pembahasannya mungkin tak pernah jauh dari mainan. Tak sekedar jadi penghibur atau ‘teman’, mainan ternyata memiliki peranan lain, yakni merangsang kreativitas sang buah hati.

“Mainan itu menemani (anak) mulai dari baru bisa bergerak, duduk, jalan, sampai sudah lari dan sekolah. Mereka menghabiskan banyak waktu bersama mainan,” kata Elysna, Children Sales Leader IKEA Indonesia usai pengumuman IKEA Drawing Competition 2018 di IKEA Alam Sutera, Tangerang Selatan, Selasa, 18 Desember 2018.

Elysna menambahkan, warna dan bentuk mainan secara tak langsung akan diingat anak dan diolah kembali sesuai imajinasi. Karenanya, beberapa mainan dikatakan memiliki emotional bonding dengan sang anak.

Kategori mainan itulah yang sangat berpengaruh pada tingkat kreasi dan imajinasi anak. “Secara tidak langsung, seolah-olah ada interaksi antara anak dengan mainan-mainan tersebut,” Elysna memaparkan.

Dari mainan pula, rasa ingin tahu anak akan bertambah. “Misal, dia punya boneka orangutan. Dia bakal tanya sama mama dan papanya, ‘Apa sih orangutan? Tinggalnya di mana? Makannya apa?’. Pertanyaan-pertanyaan itu kemudian tak hanya merangsang kreativitas, tapi juga bagaimana si anak mengolah informasi,” tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tingkah polah lucu seorang anak balita terekam oleh kamera mendadak dan viral di jagat maya. Ia terkejut ketika melihat mainan ayamnya bisa mengeluarkan telur.