Tanpa Drama, Begini Aksi Pasien Gangguan Jiwa Nyoblos di RSJ

Liputan6.com, Sleman Segilintir orang deg-degan atau khawatir bila nyoblos pada Pemilu 2019 bersama orang dengan gangguan jiwa. Nyatanya, pada Pemilu 2019 yang dilakukan di RS Jiwa Grhasia Yogyakarta para pasien gangguan jiwa mencoblos tanpa drama.

Ada lima pasien dengan gangguan jiwa RS Grhasia yang secara medis boleh mencoblos pada Pemilu 2019. Namun, hanya empat yang terverifikasi bisa mencoblos. Mereka mulai menyoblos sekitar pukul 09 pagi.

Didampingi para perawat mereka diantar dari kamar menuju Pendopo Keasistenan yang terletak di tengah-tengah RSJ Grhasia.

Langkah para pasien gangguan jiwa laki-laki itu tenang dan pasti. Tak terlihat ada yang mengamuk atau berteriak-teriak seperti yang orang takutkan.

Saat diminta untuk mengantre, mereka pun mengikuti permintaan petugas dan perawat. Bahkan, sesekali ketika duduk untuk antre mencoblos mereka tampak mengobrol layaknya orang sehat jiwa. Saat di bilik suara rata-rata hanya menghabiskan waktu 2-3 menit.

“Tadi, lihat tho, pasien tenang, kan seperti orang normal,” kata Direktur RSJ Grhasia Yogyakarta, dokter Akhmad Akhadi saat ditemui usai pencoblosan di rumah sakit yang terletak di Jalan Kaliurang Km 17 ini.

Akhmad menjelaskan memang empat orang ini secara medis sudah diukur kapasitas mentalnya. Mereka tahu apa yang akan mereka lakukan. Sehingga, para pasien gangguan jiwa ini tenang-tenang saja ketika bertemu banyak orang di TPS 23 Pakembinangun.

“Yang pasti mereka senang sekali sih kalau bisa keluar dari kamar,” kata Akhmad sembari tersenyum.

3 Fakta My ID Is Gangnam Beauty, Drama Korea yang Tayang di Televisi Tanah Air

Drama My ID Is Gangnam Beauty adalah drama yang diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama. Drama ini menceritakan fenomena operasi plastik yang dilakukan oleh seorang wanita.

Walaupun Korea Selatan terkenal dengan operasi plastiknya yang canggih, namun masyarakat Korea Selatan sendiri bahkan masih memandang sebelah mata akan hal ini.

Im Soo Hyang yang berperan menjadi Kang Mi Rae adlah wanita yang terlahir dengan wajah yang tak memenuhi standar kecantikan Korea. Sejak kecil ia kerap dibully oleh teman-temannya sehingga ia merasa tak percaya diri dan stres.

Ia memutuskan untuk operasi plastik yang didukung oleh ibunya namun tidak dengan ayahnya. Mi Rae akhirnya memiliki wajah ‘baru’ dan siap menghadapi masa-masa perkuliahannya.

Namun, semua berubah saat ia bertemu Do Kyung Seok yang diperankan oleh Cha eun Woo, temannya saat di bangku sekolah. Ditambah lagi pertemuannya dengan Hyun Soo Ah yang diperankan oleh Jo Woo Ri.

Hyun Soo Ah, mahasiswa berparas cantik alami yang iri akan kedekatan Mi Rae dan Kyung Seok sehingga mencoba membongkar operasi plastik yang dilakukan Mi Rae. Masalah tersebut kemudian meluas hingga semua mahasiswa kampus mengetahuinya.

7 Drama Tentang Budaya Nitip Makanan Ini Kocak Banget

Liputan6.com, Jakarta Banyak yang bilang jika masa-masa sekolah merupakan masa yang paling indah dan penuh kenangan. Kenangan indah bersama teman-teman yang diciptakan saat sekolah memang tidak dapat diulang kembali. Tidak heran jika banyak yang ingin kembali merasakan indahnya masa-masa itu.

Tidak hanya momen-momen kebersamaan saja yang dapat menjadi kenangan indah, berbagai kejadian unik dan kocak pun bisa menjadi kenangan indah yang akan selalu dikenang. Salah satunya adalah makan di kelas.

Biasanya kegiatan makan di kelas dilakukan oleh mereka-mereka yang malas makan di luar atau malas ke mana-kamana. Apalagi ada guru yang nggak berangkat atau jam pelajaran kosong, pasti langsung deh disambut raut bahagia oleh siswa seisi kelas. Salah satu hal wajib yang biasa dilakukan adalah minggat ke kantin atau beli makanan.

Nah, pada saat inilah sering terjadi momen nitip makanan yang hampir dirasakan oleh mereka yang suka makan namun malas beranjak dari tepat tidurnya. Jika melihat ada teman yang keluar kelas, biasanya mereka yang mager namun lapar ini dengan entengnya akan bilang, “ke kantin ya, nitip dong”.

Anehnya, jika ada satu orang yang ingin nitip makanan entah kenapa biasanya pesan tersebut langsung tertular kepada teman lainnya. Tak jarang dari satu orang yang awalnya ingin nitip, tiba-tiba bisa saja sebagiannya lagi terhasut untuk menitip juga. Berikut Liputan6.com rangkum drama tentang nitip makanan yang kocak banget, Selasa (16/4/2019).

7 Drama Netizen Soal ‘Gagal Gombal’ Ini Bikin Senyum Miris

Liputan6.com, Jakarta Ada berbagai usaha yang biasa dilakukan oleh cowok untuk mendekati atau mengungkapkan perasaan sayang kepada cewek yang disukainya. Nggak melulu dengan memberikan barang-barang mewah kepadanya, untuk mendekati gebetan salah satunya dengan cara memberikan kalimat rayuan gombal manis nan romantis yang bisa bikin hatinya luluh.

Bukan rahasia lagi jika pria kerap memberikan rayuan gombal kepada wanita yang disukainya. Tentu saja hal itu dimaksudkan untuk menarik perhatian wanita yang disuka.

Tak jarang cara tersebut berhasil memikat hati para wanita yang ditaksir. Bukan hal aneh jika rayuan atau gombalan menjadi cara andalan yang dipakai banyak pria untuk menaklukkan hati wanita yang disuka.

Tak jarang, rayuan maut yang diungkapkan para kaum adam mampu membuat wanita kepincut. Ya, siapa sih wanita yang tak klepek-klepek diberikan rayuan maut? Namun, nyatanya tak semua wanita bisa dengan mudah dirayu lo. Namun nyatanya, tak semua wanita bisa dengan mudah dirayu dan tak sedikit wanita yang tak mempan dirayu dengan gombalan.

Tak semua pria berhasil menggunakan rayuan gombal untuk mendapatkan hati pujaan hatinya. Berikut Liputan6.com rangkum 7 drama netizen soal gagal gombal yang bikin senyum miris, Minggu (14/4/2019)

Ini Lawan Main Choi Jin Hyuk dalam Drama Korea, Justice

Liputan6.com, Seoul – Choi Jin Hyuk sedang mempertimbangkan untuk membintangi drama baru berjudul Justice. Sebagai lawan main, Nana dikonfirmasi sudah setuju untuk mengambil peran utama wanita.

Dikutip dari Soompi, drama Justice, yang bakal dimainkan Choi Jin Hyuk, diadaptasi berdasarkan novel web 2017 dengan nama yang sama oleh Jang Ho.

Kisahnya bercerita tentang Lee Tae Kyung, seorang pengacara yang kehilangan keluarganya karena otoritas dan uang yang tidak adil, yang membuat kesepakatan dengan seorang pria jahat bernama Song Woo Yong untuk mendapatkan balas dendamnya.

Agensi Nana, Pledis Entertainment memberikan pernyataan resmi. “Memang benar bahwa ia telah menerima tawaran casting untuk peran utama wanita di Justice, tapi dia sedang syuting drama sekarang. Kami bahkan belum dalam tahap negosiasi tentang penawaran ini,” ujar salah satu perwakilan agensi.

9 Makanan Khas Korea yang Biasanya Ada di Serial Drama, Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Korea beberapa waktu ini menjadi sajian favorit hampir seluruh orang di Indonesia. Bagaimana tidak, minat masyarakat Indonesia sedang tinggi-tingginya terhadap K-Pop dan drama Korea.

Seperti yang telah diketahui, gaya hidup dari Korea Selatan lebih mudah diterima daripada Korea Utara. Hal ini dikarenakan kebebasan yang berbeda dari masing-masing negara tersebut.

Maka sudah tidak heran lagi beberapa gaya hidup orang-orang Korea Selatan banyak diikuti oleh orang Indonesia. Tidak hanya fashion dan musiknya saja yang banyak diikuti, makanan khas Korea juga sangat diminati para pecinta artis-artis Korea Selatan ini. Kebanyakan makanan khas Korea yang paling banyak digemari oleh para pecinta Korea karena sering muncul di drama-drama Korea.

Mulai dari jajanan pinggir jalan, hingga makanan tradisional. Mungkin kamu yang belum atau baru saja mulai tertarik dengan makanan khas Korea ini, belum terlalu banyak mengenal ragam makanannya. Tenang saja, kali ini Liputan6.com telah merangkum beberapa makanan khas Korea dari berbagai sumber, Kamis (4/4/2019).

2 dari 4 halaman


Kimbab, Bibimbap dan Kimchi

Kimbab

Kalau Jepang punya Sushi, begitu juga dengan Korea yang memiliki Kimbab. Makanan khas Korea ini merupakan hidangan yang terbuat dari nasi dan bahan-bahan seperti timun, wortel, dan daging ayam atau ikan yang telah diiris-iris tipis yang digulung di dalam gim atau rumput laut kering. Penyajiannya sama dengan sushi, yaitu dengan dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Biasanya, orang Kora menjadikan kimbab ini sebagao bekal makan siang.

Bibimbap

Nah, kalau makanan khas Korea ini merupakan salah satu makanan tradisionalnya. Bibimbap atau nasi campur ini disajikan dengan semangkuk nasi putih hangat yang ditambahkan dengan namul dan gochujang, kecap, atau doenjang di atasnya. Semakin populernya makanan ini, maka sudah banyak orang yang mengkreasikannya dengan berbagai olahan makanan lain seperti sosis dan keju.

Kimchi

Bagi kamu yang baru saja ingin mendalami dunia per-Korea-an, baik itu dari segi pakaian, drama, film, bahkan makanan, pasti sudah tidak asing dengan makanan ini. Kimchi merupakan salah satu makanan khas Korea yang berbahan dasar sayuran. Bedanya sajian sayuran ini dengan yang lainnya, kimchi menggunakan sayuran yang difermentasi dengan bumbu khas.

Sampai hal ini menghasilkan rasa yang pedas dan asam. Bagi orang Korea, rasanya kurang sempurna jika saat makan tidak ada kimchi. Karena memang, makanan khas Korea ini benar-benar menjadi pelengkap dan hampir selalu disajikan dengan berbagai makanan di restoran yang ada di Korea.

3 dari 4 halaman


Tteokbokki, Gyoza dan Jjajangmyeon

Tteokbokki

Tteokbokki atau biasa juga disebut kue beras ini merupakan makanan khas Korea yang dibuat dari garae-tteok berukuran kecil yang disebut tteokmyeon atau umumnya tteok-bokki-tteok. Kue beras ini dimasak dengan fish cakes, telur rebus, dan daun bawang yang disajikan dengan kuah pedas yang sangat nikmat. Kalau ingin makin nikmat lagi, kamu bisa menambahkan lelehan keju di atasnya.

Gyoza

Dumpling identik dengan sajian yang dikukus. Namun berbeda dengan makanan khas Korea yang satu ini. Gyoza khas Korea ini disajikan dengan digoreng. Tidak berbeda jauh dengan dumpling pada umumnya. Isian dari dumpling ini berupa daging atau ikan cincang dan sayuran seperti wortel atau daun bawang.

Jjajangmyeon

Makanan khas Korea yang satu ini sudah sangat populer. Ciri khas dari sajiana mie ala Korea ini adalah adanya saus kedelai hitam yang menjadikan mie ini berwarna hitam. Selain itu, mie hitam ini biasanya disajikan dengan beberapa jenis sayuran dan potongan daging.

4 dari 4 halaman


Jjamppong, Eomuk Guk dan Miyeok Guk

Jjamppong

Hidangan makanan Korea lainnya berupa mie adalah jjamppong. Jjamppong ini disajikan dengan banyak sekali jenis makanan laut seperti kerang, udang, cumi, gurita, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga daging dan sayuran di dalamnya. Kebanyakan jjamppong ini disajikan dengan rasa pedas, namun ada juga yang rasanya tidak pedas.

Eomuk Guk

Kalau di Jepang terdapat street food yang sangat terkenal, yaitu odeng. Sama halnya di Korea, juga memiliki street food yang wajib dicoba yaitu eomuk guk. Makanan ini terbuat dari ikan seperti baksi ikan atau goreng-gorengan ikan yang dicampur dengan tepung kemudian digoreng atau direbus dan disajikan dengan kuah sup hangat.

Miyeok Guk

Miyeok Guk atau dalam bahasa Indonesianya adalah sup rumput laut. Sup ini berisikan rumput laut dan kaldu daging atau ayam. Selain itu, di dalamnya juga terdapat berbagai macam bumbu-bumbu yang sangat khas. Biasanya, di Korea Selatan menyajikan sup rumput laut ini untuk orang yang sedang berulangtahun dengan harapan agar orang tersebut bisa berumur panjang.

Drama 9 Gol di Allianz Arena, Bayern Munich Maju ke Semifinal DFB-Pokal

MunichBayern Munich bekerja ekstra keras untuk melewati tim divisi dua Heidenheim di perempatfinal DFB-Pokal. Bertanding di kandang sendiri, Bayern menang 5-4.

Dua gol disumbangkan Robert Lewandowski yang baru masuk di babak kedua. Gol-gol Bayern lainnya dicetak oleh Leon Goretzka, Thomas Mueller, dan Serge Gnabry.

Pada pertandingan di Allianz Arena, Kamis (4/4/2019) dinihari WIB, Bayern tertinggal 1-2 di babak pertama. Heidenheim memanfaatkan keunggulan jumlah pemain usai Die Roten bermain dengan 10 orang usai Niklas Suele dikartu merah kala pertandingan baru berjalan 13 menit.

Bayern akhirnya bangkit setelah restart dengan mencetak tiga gol tambahan untuk berbalik unggul. Namun, Heidenheim menolak menyerah sehingga mampu menyamakan skor 4-4, sebelum gol penalti Lewandowski mengakhiri perlawanan tim tamu.

Bayern, yang menyimpan beberapa pemain utamanya, memulai dengan menjanjikan. Die Roten sudah unggul di menit ke-12 setelah Goretzka membuka skor pertandingan.

Namun, arah pertandingan berbalik usai kartu merah Suele. Di menit ke-26, Robert Glatzel membawa timnya menyamakan skor menjadi 1-1 setelah memaksimalkan umpan Marc Schnatterer.

Heidenheim membungkam publik Bayern. Kini giliran Schnatterer yang menaklukkan penjagaan kiper Sven Ulreich sehingga Heidenheim unggul 2-1 di menit ke-39 untuk dipertahankan saat half-time.

Strategi memasukkan Lewandowski dan Kingsley Coman terbukti tepat. Hanya delapan menit setelah kickoff babak kedua, Lewandowski memberikan dampak instan.

Dari situasi tendangan sudut, Lewandowski menyundul bola yang diteruskan Thomas Mueller dengan sepakan voli dari tengah kotak penalti yang menembus gawang Heidenheim. Skor kini 2-2.

Hanya butuh tiga menit bagi Bayern untuk kembali di depan. Lewandowski mencetak gol ketiga tim tuan rumah sehingga berbalik unggul dalam kedudukan 3-2 di menit ke-56.

Serge Gnabry dengan leluasa menggiring bola menuju kotak penalti, sebelum mengirim operan kepada Mueller. Lewandowski menyelesaikan umpan akurat Mueller dengan sontekan dari jarak dekat yang menggetarkan gawang Heidenheim.

Gempuran serangan Bayern menghasilkan gol keempat kurang dari 10 menit kemudian. Mats Hummels menanduk bola sepak pojok, yang dituntaskan Gnabry dengan sontekan mudah dari dekat tiang. VAR dibutuhkan sebelum gol itu disahkan.

Heidenheim belum tamat. Di menit ke-74, Glatzel mencetak gol keduanya atau yang ketiga untuk Heidenheim usai memanfaatkan lengahnya lini belakang Bayern yang bertahan terlalu tinggi.

Hanya tiga menit kemudian, kedudukan seimbang lagi! Wasit menunjuk titik putih setelah pelanggaran Hummels. Glatzel maju sebagai eksekutor dan mengecoh Ulreich dengan tembakan ke arah tengah gawang Bayern. Kedudukan 4-4.

Sepuluh menit sebelum waktu normal habis, Ulreich membuat dua penyelamatan gemilang yang menghindarkan Bayern dari kebobolan lagi. Heidenheim mulai bertahan lebih rapat.

Penalti kedua diberikan wasit di pertandingan ini, kali ini kepada Bayern. Setelah Marnon Busch melakukan handball saat mengawal Lewandowski.

Striker Polandia itu maju mengambil penalti tersebut untuk disarangkan ke gawang Heidenheim setelah mengirim Kevin Mueller ke arah yang salah. Bayern 5, Heindeheim 4.

Bayern hampir saja membunuh pertandingan. Akan tetapi, sepakan keras kaki kanan Gnabry hanya menghantam mistar gawang Heidenheim di menit ke-89.

Laga kian keras di masa injury time, di mana para pemain kedua kubu saling melakukan pelanggaran. Di detk-detik terakhir, Bayern memperoleh tendangan penjuru. Meski tak melahirkan gol tambahan, Bayern sukses mempertahankan keunggulan sampai laga bubar.

Susunan Pemain

BAYERN MUNICH: Ulreich, Kimmich, Rafinha (Lewandowski 46′), Hummels, Sule, Gnabry, James Rodriguez (Coman 46′), Thiago Alcantara, Goretzka, Ribery (Boateng 24′), Mueller

HEIDENHEIM: Kevin Mueller, Busch, Theuerkauf (Thomalla 73′), Mainka, Beermann, Dorsch (Feick 52′), Schnatterer (Multhaup 67′), Griesbeck, Andrich, Glatzel, Dovedan (rin/cas)


Titiek Singgung Soal Ibu Negara Prabowo, TKN: Kawinpun Mau Dibikin Drama

Jakarta – Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin menyindir Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto yang sempat menyinggung soal jadi ibu negara. Kedekatan Titiek dan capres Prabowo Subianto kembali disorot di saat masa pilpres.

“Sebelah tuh lucu lho, banyak drama dari oplas, riset, topi, dan lain-lain. Sekarang kawinpun mau dibikin drama. Ini pencapresan sungguh-sungguh apa drama ya?” ungkap influencer TKN Jokowi-Ma’ruf, Eva Kusuma Sundari kepada wartawan, Selasa (2/4/2019).

Titiek Soeharto bicara soal kemungkinan dirinya jadi Ibu Negara Prabowo saat hadir dalam kampanye pemenangan Prabowo-Sandiaga Uno di Lapangan Kemiri, Purworejo, hari ini. Ketua Dewan Pertimbangan Partai Berkarya itu merupakan mantan istri Prabowo.


Eva pun menyarankan lebih baik Titiek dan Prabowo rujuk sekarang tanpa menunggu kemenangan Ketum Gerindra tersebut. Dengan sikap Titiek, ia menyebut ada kesan syarat rujuk yakni Prabowo harus jadi presiden terlebih dahulu.

“Sebaiknya rujuk dilakukan sekarang, jangan rujuk bersyarat, yaitu kalau menang pilpres,” kata Eva.

Titiek Singgung Soal Ibu Negara Prabowo, TKN: Kawinpun Mau Dibikin DramaFoto: Eva Kusuma Sundari. (Dok Pribadi)

“Tapi masak sih sampai kawinpun politik ya? Serasa balik zaman lampau deh padahal sekarang masa Dilan. Nggak asyik jika kawin bukan karena cinta tapi karena alasan kekuasaan,” tambah politikus PDIP tersebut.

Saat kampanye terbuka Prabowo-Sandi, Titiek memang tidak secara gamblang berbicara soal posisi sebagai ibu negara jika Prabowo menang. Meski begitu, ia sempat menyinggung kemungkinannya sebagai Ibu Negara bila Prabowo menang di Pilpres 2019.

“Kita ke TPS jihad pakai paku-paku untuk mencoblos, tidak perlu jihad pakai bom. Awasi juga TPS. Jika Prabowo menang, Ibu Titiek jadi ibu negara itu urusan belakangan,” ujar Titiek di Purworejo.

Kabar Prabowo dan Titiek akan rujuk bukan hal baru. Pada Pilpres 2014, Prabowo dan Titiek juga sempat diisukan akan kembali rujuk meski pada akhirnya batal.
(elz/tor)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Drama Bahagia Kasus Siswa Pukul Kepala Sekolah

Liputan6.com, Pekanbaru- Siswa kelas XII SMA 2 Rakit Kulim, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, inisial ADT yang menjadi tersangka pemukulan kepala sekolahnya bisa bernafas lega. Dia terbebas dari ancaman pidana karena sang guru, Bambang Fajrianto berlapang hati memaafkannya.

Humas Polres Indragiri Hulu Ajun Inspektur Dua Misran menyebut perdamaian antara siswa dan kepala sekolah terwujud setelah dilakukan mediasi pada Senin, 18 Maret 2019. Kapolsek Kelayang Ajun Komisaris Rinaldi Parlin ikut menengahi perkara ini.

“Kepala Dinas Provinsi Riau H Rudiyanto juga ikut memediasi bersama beberapa Kabid dan kepala desa,” kata Misran, Selasa malam, 19 Maret 2019.

Selama mediasi berlangsung, baik siswa dan kepala sekolahnya, menceritakan apa yang sebenarnya terjadi sehingga berujung kekerasan. Siswa ADT rupanya sakit hati karena orang tuanya dipanggil akibat tak mampu bayar uang sekolah.

ADT bahkan diancam tidak boleh ikut ujian, meskipun saat kejadian pada 14 Maret 2019 sang ibu sudah datang ke sekolah dan membayar separuh uang sekolah. ADT marah ibunya dibuat seperti itu sehingga mengamuk di luar ruangan belajar.

ADT juga tidak terima almarhum ayahnya disebut-sebut dalam kejadian itu. Lalu dia menantang kepala sekolah berkelahi hingga terjadi pemukulan. Kepala sekolah tidak melawan dan mempolisikan siswanya itu.

“ADT mengaku salah dan berjanji tidak mengulanginya lagi,” kata Misran.

Simak video pilihan berikut:

simak video pilihan berikut:

Drama Truk Tangki Pertamina Dibajak sampai Istana

Jakarta – Aksi Serikat Pekerja Awak Mobil Tangki Pertamina yang membajak dua mobil tangki Pertamina bikin geger. Pembajakan itu dipicu oleh kekecewaan massa aksi karena tak pernah ada solusi terkait persoalan upah normatif.

Dua mobil tangki Pertamina itu dibawa oleh sejumlah orang dari Ancol, Jakarta Pusat ke depan kompleks Istana, tepatnya di depan Taman Pandang sekitar pukul 05.00 WIB pagi tadi. Mobil itu dihadang saat hendak memasuki Tol Ancol.

Humas PT Pertamina Patra Niaga, Ayulia, mengatakan sekelompok orang itu juga melakukan penyanderaan terhadap sopir mobil tangki bernama Muslih bin Engkon dan Cepi Khaerul. Mobil tangki itu berisi biosolar.

“Kami telah menerima laporan adanya penghadangan dan perampasan mobil tangki yang sedang mengangkut biosolar. Kami sudah melapor pada aparat kepolisian,” kata Ayulia, dalam keterangannya, Senin (18/3/2019).

Polres Jakpus kemudian mengamankan dua mobil truk yang dibawa massa serikat pekerja ke aksi demo di depan Istana. Mobil selanjutnya akan diserahkan ke Polres Jakarta Utara.

“Sudah, sudah kami amankan,” kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan kepada detikcom.

Harry menegaskan, membawa mobil tangki BBM di tengah demo adalah hal yang dilarang. Massa demo dilarang membawa mobil tangki karena dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diindahkan.

“Ya tidak boleh dong membawa mobil tangki Pertamina, kan bahaya,” kata Harry.

Drama Truk Tangki Pertamina Dibajak sampai Istana Foto: Polisi amankan salah satu pendemo di depan Istana (dok.Istimewa)

Secara terpisah, perwakilan massa aksi memberikan penjelasan mengenai insiden pembajakan tersebut. Perwakilan massa aksi menyebut sopir mobil tangki merupakan teman merekan sendiri.

“Bukan membajak ya. Karena kebetulan sopir yang dua mobil tadi teman kita juga,” kata Koordinator Lapangan Serikat Pekerja Awak Mobil Tangki Pertamina, Daryono.

Menurut Daryono, polisi awalnya memfasilitasi massa aksi untuk bertemu dengan perwakilan PT Pertamina Patra Niaga. Namun pihak PT Pertamina Patra Niaga yang datang ke lokasi aksi bukanlah orang yang dapat mengambil keputusan.

Setelah itu, Daryono menyebut polisi meminta massa aksi untuk mengevakuasi dua unit mobil tangki ke dalam Monas. Pihak massa aksi setuju dengan permintaan polisi tersebut asalkan polisi menghadirkan perwakilan PT Pertamina Patra Niaga yang dapat membuat keputusan.

Permintaan itu pun disetujui oleh kedua belah pihak. Perwakilan PT Pertamina Patra Niaga saat ini masih melakukan negoisasi dengan tim delegasi massa aksi terkait persoalan upah normatif.

Kata Daryono, upah normatif ini sudah menjadi persoalan yang belum terselesaikan sejak lama. Daryono menyebut pihaknya menggelar aksi sejak 20 bulan lalu.

Pada 31 Januari 2019, perwakilan massa aksi bertemu dengan Presiden Jokowi dan Seskab Pramono Anung. Menurut Daryono, Jokowi memerintahkan Pramono untuk menyelesaikan persoalan upah normatif.

Karena tak ada kejelasan, massa pun menggelar aksi lagi pada 13 Februari 2019. Saat itu mereka menghadang mobil Jokowi yang baru keluar dari Istana.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berjanji akan segera menyelesaikan aduan dari massa aksi. Jokowi disebut Daryono menginstruksikan Rieke Diah Pitaloka untuk melakukan negosiasi dengan pihak perusahaan.

Rieke pun akhirnya mundur sebagai tim juru runding terkait persoalan upah normatif tersebut. Atas hal itu, massa kembali menggelar aksi pada hari ini agar ada solusi terkait persoalan tersebut.

Mediasi Massa Aksi dan PT Pertamina Patra Niaga Dilanjutkan Rabu

Polisi sudah memfasilitasi mediasi massa dengan pihak PT Pertamina Patra Niaga. Mediasi dilakukan sejak pukul 11.00 WIB di pos pengamanan polisi di Monas, Jakarta Pusat. Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan dan Wakapolres Jakpus AKBP Arie Ardian memimpin mediasi yang dihadiri oleh perwakilan dari PT Pertamina Patra Niaga, perwakilan dari PT Gun selaku vendor PT Pertamina Patra Niaga dan 10 orang perwakilan dari serikat pekerja, salah satunya juru bicara SPAMT Wadi Atmawijaya.

“Ya kami sudah mediasi di sini yang bawa itu semua sudah kita kumpulkan antara transportir PT Gun dan pihak-pihak terkait termasuk juga massa yang hari ini melaksanakan kegiatan tadi pagi membawa kendaraan itu,” ujar Harry.

Dalam mediasi itu, massa menyampaikan beberapa tuntutannya. Salah satunya adalah terkait permasalahan pelanggaran hak formatif di lingkungan perusahaan anak perusahaan PT Pertamina salah satunya PT Pertamina Niaga dan Elnusa Petropin.

“Kita telah dimediasi oleh instansi-instansi terkait dari mulai suku dinas tenaga kerja, kementerian tenaga kerja bahkan langsung oleh bapak menteri sendiri bapak Hanif Dhakiri. Setelah itu lanjutannya juga sempat dimediasi oleh KSP dan sekretaris negara hingga sampai kita ditemui bapak presiden yaitu Joko Widodo, tapi balik lagi semua pihak-pihak yang kita temui tidak juga bisa menyelesaikan hak-hak normatif pekerja di lingkungan perusahaan BUMN,” jelas Humas SPAMT Wadi Atmawijaya di lokasi.

Selain itu, massa juga menuntut soal pemutusan kerja sepihak ribuan awak mobil tangki yang dilakukan oleh PT Pertamina Patra Niaga. Aksi mereka juga untuk memperjuangkan hak para tenaga kerja yang memasuki massa pensiun.

“Kami yang mayoritas pekerja telah berpuluh-puluh tahun di-PHK secara tidak manusiawi hanya melalui SMS tanpa ada hak-hak sedikitpun yang dibayarkan. Hingga dampak bagi kita 120 anak-anak teman kita yang usia wajib belajar sudah putus sekolah. Yang kedua, 148 teman-teman kita yang memasuki usia pensiun harus hidupnya terlunta-lunta karena hak-hak tidak juga dibayarkan oleh anak perusahaan Pertamina yaitu PT Pertamina Patra Niaga dan Elnusa Petropin,” jelasnya.

Mediasi tersebut belum membuahkan hasil. Massa dijanjikan pertemuan lanjutan pada Rabu (20/3). Massa mengancam akan kerahkan kemampuan lebih besar jika pertemuan nanti tidak memuaskan mereka.
(knv/knv)


<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>