Jual Saham demi Pilpres 2019, Berapa Kekayaan Sandiaga Uno?

Liputan6.com, Jakarta – Sandiaga Uno tercatat makin kaya saat ia maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2. Berdasarkan laporan resmi KPK, kekayaannya meningkat dari sebelum maju sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Menurut data Liputan6.com, harta Sandiaga Uno sebelum menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta sebesar Rp 3,8 triliun dan USD 10,3 juta. Harta itu terdiri atas bangunan dan surat-surat berharga.

Baru sekitar 10 bulan menjabat di Balai Kota, Sandiaga Uno langsung maju sebagai cawapres. Pada laporan ke KPK per Agustus 2018, harta Sandiaga sudah bertambah menjadi Rp 5 triliun.

Pada laporan ke KPK tersebut, surat berharga milik Sandi tercatat naik dari Rp 3,7 triliun menjadi Rp 4,7 triliun. 

Harta Sandiaga juga sudah termasuk asetnya di luar negeri, seperti di New York dan Boston yang masing-masing senilai Rp 33,2 miliar dan Rp 15,6 miliar.

Lebih lanjut, dua bulan setelah melaporkan kekayaan ke KPK, Sandiaga ternyata menjual jutaan sahamnya di Saratoga. Ini dia lakukan berkali-kali pada Oktober hingga Desember 2018.

Pada awal Oktober, ia menjual 51,4 juta saham senilai Rp 194 miliar. Masih di bulan yang sama, ia kembali melepas 30,1 juta saham (Rp 113,71 miliar).

Akhir November hingga awal Desember lalu, Sandiaga kembali melepas 41,8 juta saham (Rp 157,8 miliar), dan pada pertengahan Desember 17,05 juta saham (Rp 64,38 miliar).

Total harta Sandiaga yang dikonversi dari saham menjadi uang Rp 529 miliar. Ini menjadikan Sandiaga Uno sebagai sosok terkaya di kontestasi pilpres 2019, termasuk melewati Prabowo yang memiliki harta Rp 1,9 triliun.

2 dari 2 halaman

Jika Terpilih, Sandiaga Berjanji Tak Dongkrak Harga BBM Subsidi

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02, Sandiaga Uno berjanji tidak akan menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi apabila dirinya terpilih pada Pilpres 2019 mendatang. Dia menyebut, kepentingan rakyat kecil masih menjadi prioritas besar bagi pasangan Prabowo-Sandi.

“Kenaikan BBM (subsidi) pasti akan menambah dan membuat ekonomi mereka sulit. Jadi kebijakan kami seandainya kami diberikan amanah oleh Allah, dipilih oleh rakyat, kita akan pastikan bahwa masyarakat tidak akan terbebebani dengan harga BBM yang tinggi,” kata Sandiaga saat ditemui di Media Center Prabowo-Sandi, Jakarta, Jumat, 1 Februari 2019. 

Persoalan yang selama ini terjadi adalah subsidi BBM banyak tidak tepat sasaran. Justru kebanyakan masyarakat menengah dan kelas atas masih kerap merasakan subsidi tersebut. “Banyak masyarakat yang sebetulnya tdak perlu disubsidi menikmati subsidi tersebut,” imbuhnya.

Dengan demikian, apabila dirinya terpilih, salah satu menjadi fokus utamanya adalah menerapkan sistem kartu identitas tunggal atau single identity card (SID). Sehingga, dengan teknologi tersebut mampu menyasar masyarakat lebih tepat lagi.

“Dengan adanya SID kita akan bisa menembak langsung seperti di Jakarta dengan program KJP plus, dengan program-program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh DKI itu bisa tepat sasaran karena kami punya datanya, dan ini yang nanti harus menjadi utama dari Prabowo-Sandi,” katanya.

Inas: Indomatrik Digunakan untuk Dongkrak Opini Elektabilitas Prabowo

Jakarta – Anggota Penugasan Khusus Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Inas Nasrullah Zubir, menduga Indomatrik digunakan untuk kepentingan mendongkrak opini survei Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Indomatrik sebelumnya merilis hasil survei yang menunjukkan selisih elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga sebesar 3,93%.

“Jika orang yang sama, yaitu Husin Yazid memegang posisi penting di dua lembaga survei yang berbeda, tentunya dia dapat memainkan kartu yang sama juga. Artinya bahwa pada saat Pilpres 2014, Husin Yazid bermain kartu remi untuk kepentingan Prabowo, maka tidak salah juga jika kita duga bahwa dia akan bermain mati-matian untuk Prabowo di pilpres 2019,” ujar Inas kepada wartawan, Sabtu (16/2/2019).

Direktur Riset Indomatrik, Husin Yazid,sebelumnya mengatakan Indomatrik dan Puskaptis ialah dua lembaga survei yang berbeda. Namun Husin Yazid pernah menjabat Direktur Eksekutif Puskaptis.

“Jadi, jika pada tahun 2014 yang lalu, Puskaptis ditengarai digunakan oleh Prabowo Subianto untuk membangun opini agar survei Prabowo menjadi di atas Jokowi, maka tidak salah juga kalau kita duga bahwa Indomatrik digunakan oleh Prabowo-Sandi untuk mendongkrak opini survei Prabowo-Sandi yang memang stagnan dan mentok disekitaran 30-an persen saja,” sambungnya.

Inas, yang juga politikus Hanura mengutip keterangan anggota Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi), Hamdi Muluk, yang menyatakan lembaga survei Indomatrik tak berada di bawah naungannya.

“Maka berarti bahwa Indomatrik bukanlah lembaga survei yang kapabel dan bisa dipercaya, sehingga kesimpulan bahwa Indomatrik adalah alat Prabowo Subianto untuk mendongkrak opini elektabilitasnya, bukanlah isapan jempol belaka,” kata Inas.

(elz/fdn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Gelar Influencer Gathering di Jeddah, Upaya Kemenpar Dongkrak Wisman Saudi

Liputan6.com, Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyelenggarakan Influencer Gathering di Jeddah, Arab Saudi pada 11-12 Februari 2019. Gelaran ini dihelat untuk menjaring lebih banyak wisman Arab Saudi ke Tanah Air.

Ada puluhan industri pariwisata Indonesia yang bertemu 50 pembeli asal Jeddah, sebut saja agen perjalanan dan pedagang grosir. TFA manasek International, satu di antara pelaku industri wisata Indonesia yang merupakan perusahaan handling jemaah haji dan umrah selama di Arab Saudi.

Nordin Hidayat, CEO TFA manasek International menyampaikan bahwa gelaran ini sangat bagus dan persuasif.

“Ini merupakan langkah yang bagus untuk membantu sinergitas kita di Saudi dalam mempromosikan Wisata Indonesia kepada warga Saudi Arabia, ke depannya kita akan membuka jalur traveling orang Saudi ke banyak tempat indah di Indonesia, contohnya ke Bukittinggi Sumbar, ke Danau Toba Sumut dan masih banyak lagi,” jelas Nordin Hidayat, melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Asim Garoot, Vice President & Director Marketing TMB di Mekkah mengatakan acara ini sebagai ajang unjuk kualitas industri wisata Indonesia kepada Internasional.

“Terobosan baru akan kami lakukan di Saudi Arabia dalam mempromosikan Wisata Travel Indonesia. Kita akan menggaet pasar traveling orang Saudi untuk meng-explore lagi wisata yang ada di Indonesia,” kata Asim Garoot yang juga asli orang Garut Jawa Barat.

Selain pelaku usaha wisata asal Indonesia, instansi pemerintah daerah juga turut bergabung yaitu kepala dinas pariwisata Sumatera Barat, Oni Alfian. Ia menyebut wisata Sumatra Barat telah dikenal luas oleh masyarakat Saudi hingga ia meyakinkan Pemprov Sumatera Barat akan memberikan layanan maksimal terutama di bidang pariwisata.

“Sekarang pasar wisata Sumatera Barat sudah banyak diketahui oleh warga Saudi, sehingga kami akan selalu berbenah dan selalu memberikan servis yang baik kepads wisatawan. Alhamdulillah orang Saudi banyak yang datang ke Sumatera barat, contohnya ke Bukittinggi, Danau Maninjau, Payakumbuh, Istana Pagaruyung Batu Sangkar dan masih banyak yang lain,” jelas Oni Yulfian.

Sementara, acara Influencer Gathering juga dihadiri oleh Mazem, Influencer asal Mekkah. “Saya hadir disini sangat bersyukur sekali, karena saya sebagai penyiar radio Alif Alif FM di Saudi. Banyak informasi dunia traveling di Indonesia saya ketahui di Acara ini. InsyaAllah nanti dalam siaran radio saya, akan saya promosikan kepeda pendengar Alif Alif FM di Mekkah,” ungkap Mazem yang juga aktif di berbagai komunitas sosial media di Mekkah, Saudi Arabia. 

Acara Influencer Gathering adalah rangkaian acara dari seluruh kegiatan yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Indonesia pada kegiatan Jeddah International Travel & Tourism Exhibition dilaksanakan pada 13-15 Februari 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Penurunan Harga BBM Bisa Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyambut baik penurunan harga BBM nonsubsidi yang dilakukan PT Pertamina (Persero). Menurutnya, penyesuaian harga BBM tersebut bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“BBM bagus dong (turun). Ya berarti ekonomi kita makin baik,” kata Luhut saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Diketahui, harga BBM mengalami penurunan terhitung mulai Minggu 10 Februari kemarin. Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM, Djoko Siswanto mengatakan penurunan harga tersebut karena adanya perubahan divula penetapan harga BBM.

Peraturan Menteri ESDM No. 34 Tahun 2018 tentang Perubahan Kelima atas Peraturan Menteri ESDM Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perjanjian Harga Jual Bahan Bakar Minyak Eceran dan Keputusan Menteri ESDM No.19 K / 10 / MEM / 2019 tentang Formula Harga Dasar dalam Perbandingan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang disalurkan melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan / atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan SPBN yang efektif sejak tanggal 1 Februari 2019.

“Tahun lalu sebenarnya pemerintah mengeluarkan kebijakan melalui Kepmen tentang perhitungan harga jual eceran. Pasal 4 ayat 3 menyetujui, harga jual eceran ditentukan oleh badan usaha, wajib disetujui untuk menteri,” kata Djoko di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta.

Bahkan, Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyebut penurunan harga BBM non subsidi yang dilakukan PT Pertamina (Persero), mengikuti kondisi harga pasar dan menjaga agar keuntungan badan usaha penjual BBM non subsidi tidak lebih dari 10 persen, sesuai yang ditetapkan pemerintah.

“Ini turun menurut mekanisme pasar di mana marginnya sepuluh persen,” kata Jonan, saat rapat dengan Komisi VII DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/2).

Jonan melanjutkan, untuk penurunan harga Premium di Wilayah Jawa, Madura dan Bali (Jamali) sebesar Rp 100 per liter menjadi Rp 6.450 per liter, merupakan penyesuaian karena Premium di wilayah Jamali berubah statusnya, dari jenis bahan bakar umum menjadi penugasan.

“Kalau Premium, itu selama ini harganya di luar Jamali Rp 6.450,” ujarnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Pertamina, Shell dan Total Turunkan Harga BBM, Mana yang Termurah?

Tiga operator stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yaitu PT Pertamina (Persero), PT Total Oil Indonesia dan PT Shell Indonesia kompak menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Total dan Shell menurunkan harga BBM pada Sabtu, 9 Februari 2019. Sementara Pertamina baru saja menurunkan harga beberapa produk BBM seperti Pertamax Turbo, Pertamax, Dexlite, dan Dex untuk wilayah Jawa, Madura dan Bali pada Minggu 10 Februari 2019 pukul 00.00.

Kebijakan ini menyusul tren menurunnya harga minyak mentah dunia dan penguatan rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Pertamina juga memperhatikan daya beli masyarakat. Besaran penyesuaian harga BBM ini bervariasi hingga Rp 800 per liter. 


Direktur Pemasaran Retail PT Pertamina (Persero), Mas’ud Khamid menuturkan, sesuai ketentuan Pemerintah, sebagai badan usaha hilir Migas Pertamina tunduk pada mekanisme penentuan harga dengan mempertimbangkan dua faktor utama, yakni harga minyak mentah dan nilai tukar rupiah.

“Komponen utama penentu harga bersifat fluktuatif, sehingga kami terus melakukan evaluasi terhadap harga BBM,” kata Mas’ud Khamid.

Untuk wilayah Jakarta, harga Pertamax Turbo turun Rp 800 menjadi Rp 11.200 per liter, Pertamax turun Rp 350 menjadi Rp 9.850 per liter, Dexlite turun Rp 100 menjadi Rp 10.200 per liter dan harga Dex turun Rp 50 menjadi Rp 11.700 per liter. Sementara Pertalite tetap Rp 7.650 per liter.

Berdasarkan pantuan Liputan6.com, Total telah memangkas harga bahan bakar yang dijualnya di seluruh SPBU pada Sabtu, 9 Februari 2019 pukul 14.00.

“Iya, di kami sudah turun dari Sabtu kemarin, jam 2 siang,” jelas Fahmi Sunarya, salah seorang operator di SPBU Total Cideng Timur kepada Liputan6.com di Jakarta, Minggu (10/2/2019).

Adapun rentang penurunan harga produk BBM milik Total terbilang besar, yakni Rp 600 sampai Rp 950. Seperti pada produk Performance 90, yang nilai jualnya turun Rp 600 menjadi Rp 9.300 per liter.

Sementara, harga Performance 92 turun dari Rp 10.500 per liter jadi Rp 9.900 per liter. Pemangkasan tertinggi terjadi pada Performance 95, yang kini dibanderol Rp 10.950 per liter dari sebelumnya Rp 11.900 per liter.

Kendati demikian, ada satu produk bahan bakar milik Total yang secara harga tak berubah, yakni Performance Diesel. “Itu enggak turun, tetap Rp 11.900 per liter,” ujar Fahmi.

Perusahaan asal Belanda, Shell juga menurunkan harga BBM di wilayah Jabodetabek. Penurunan harga ini telah terjadi sejak Sabtu 9 Februari 2019 pukul 00.00 WIB.

Untuk produk BBM kategori RON 92 yakni Super, Shell kini mematok harga Rp 9.900 per liter, turun dari Rp 10.800 per liter. Sementara untuk V Power RON 95, harganya terpangkas dari Rp 11.950 per liter menjadi Rp 10.950 per liter.

Sedangkan pada produk Shell Regular, nilai jualnya turun dari Rp 9.900 per liter jadi Rp 9.300 per liter. Sama seperti Total, Shell pun masih mempertahankan harga produk BBM berkategori diesel, yang masih dipatok Rp 11.900 per liter.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Survei Caleg DKI-1: Imam Nahrawi-Eko Patrio-Habiburokhman Masuk DPR

Jakarta – Lembaga survei Charta Politika merilis hasil surveinya tentang tingkat pengenalan calon anggota DPR di daerah pemilihan DKI Jakarta 1. Hasilnya, Imam Nahrawi menjadi caleg yang paling banyak dikenal.

“Jadi di DKI 1 yang paling dikenal, yang paling tinggi tingkat pengenalannya, itu ada Imam Nahrawi 51,8 persen. Kemudian nomor 2 ada Habiburokhman (31,7 persen),” kata Direktur Riset Charta Politika, Muslimin, di Resto Es Teler 77, Jalan Adityawarman, Jakarta Pusat, Senin (11/2/2019).

Imam Nahrawi.Imam Nahrawi (Ari Saputra/detikcom)

Survei dilaksanakan pada 18-25 Januari 2019. Survei dilaksanakan dengan wawancara tatap muka kepada total 2.400 responden atau 800 responden di tiap dapil. Margin of error di tiap dapil kurang-lebih 3,4 persen. Survei dilakukan di DKI Jakarta karena dianggap sebagai barometer nasional.
Selain tingkat pengenalan caleg, Charta Politika melakukan survei elektabilitas calon anggota DPR RI dari dapil DKI 1. Responden diberi pertanyaan ‘di antara nama-nama tokoh di bawah ini, siapakah yang Bapak/Ibu/Saudara pilih jika pemilihan umum legislatif dari dapil DKI Jakarta 1 dilaksanakan hari ini?’. Hasilnya, Imam Nahrawi masih menduduki posisi puncak.

“Jadi, begitu kita sebutkan beberapa nama, terutama urutan 1-2, kita sebutkan nama-nama caleg di dapil DKI 1, 15,1 persen yang akan memilih Imam Nahrawi. Kemudian Mas Eko (Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio) 3,8 persen. Mas Eko memang tingkat pengenalan hanya 20,2 persen. Begitu diuji, elektabilitasnya sangat signifikan, yaitu langsung naik 3,8 persen,” ungkap Muslimin.

Eko Patrio.Eko Patrio (Noel/detikFoto)

Responden juga diberi simulasi kertas suara. Di dapil DKI 1, pengaruh partai politik disebut lebih kuat karena banyak responden yang mencoblos gambar partai dibanding nama caleg.

“Kalau kita lihat dari beberapa nama memang nama-nama yang populer itu pada akhirnya cukup banyak yang kemudian orang mencoblos. Kemudian yang kedua, untuk khususnya di Gerindra dan PDIP, kalau kita lihat jauh lebih banyak yang mencoblos gambar partainya dibanding calegnya. Artinya adalah dapil 1 ini partai politiknya jauh lebih kuat dibanding caleg-calegnya, terutama di Gerindra dan PDIP,” jelasnya.

Untuk perolehan kursi, hasil survei Charta Politika menunjukkan akan ada beberapa partai yang kehilangan kursi dari DKI 1. Namun, ada juga partai yang justru menambah jumlah kursinya.

“Kursi itu akan hilang di dapil 1, kemudian PPP dan Demokrat kalau menggunakan simulasi yang sekarang. Walaupun kemudian Gerindra yang cukup signifikan karena dari 1 kursi di 2014, sekarang dari simulasi kita, Gerindra akan mendapatkan 2 kursi untuk di dapil 1,” tuturnya.

“Sisanya ada PKB, karena tadi didongkrak oleh suara Imam Nahrawi, kemudian Golkar masih bertahan dengan 1 kursi dan PDIP 1 kursi. Kemudian PKS juga hilang ya, walaupun sebenarnya masih ada sekitar 30 persenan yang tidak mencoblos kertas suara,” imbuh Muslimin.

Fenomena PKB, yang mendapatkan dongkrak suara dari Imam Nahrawi, disebut Muslimin juga terjadi di beberapa dapil. Selain itu, PKB diuntungkan karena memiliki nomor urut 1.

“Jadi peningkatan PKB cukup signifikan di survei kita karena tadi di beberapa survei kita coattail effect ya dapat karena ada Ma’ruf Amin yang tetap diasosiasikan PKB. Ada juga keberuntungan di PKB itu karena mereka nomor 1. Angka 1 cukup berpengaruh di beberapa level. Karena kita uji terbuka beberapa pemilih, tapi pas tertutup pada memilih PKB. Jadi ketika nomor 1 PKB dan calegnya nomor 1, itu punya potensi ternyata walaupun tidak populer,” papar Muslimin.

“Terutama bagi pemilih yang sampai bilik suara hanya memilih paslon 01 atau 02 saja, ketika dia membuka kertas besar, sudah pilih nomor 1 saja. Ketika tingkat pengetahuan masyarakat rendah terhadap caleg-caleg, maka bisa diuntungkan di situ,” ucapnya.

Berikut ini 10 besar tingkat pengenalan calon anggota DPR RI dapil DKI Jakarta 1:
Imam Nahrawi 51,8 persen
Habiburokhman 31,7 persen
Putra Nababan 26,7 persen
Wanda Hamidah 26,3 persen
Asril Hamzah Tanjung 24,4 persen
Chica Koeswoyo 23,7 persen
Bambang Atmanto Wiyogo 23,5 persen
M Yusuf Mujenih 22,9 persen
Mardani Ali Sera 22,7 persen
Sb. Wiryanti Sukamdanu 21,3 persen

Berikut ini 10 besar elektabilitas calon anggota DPR RI dapil DKI Jakarta 1:
Imam Nahrawi 15,1 persen
Habiburokhman 6,8 persen
Eko Hendro Purnomo 3,8 persen
Putra Nababan 3,6 persen
Bambang Atmanto Wiyogo 3,5 persen
M Yusuf Mujenih 3,5 persen
Chica Koeswoyo 3,3 persen
Wanda Hamidah 2,3 persen
Mardani Ali Sera 2,1 persen
Asril Hamzah Tanjung 2,0 persen

Berikut ini perolehan kursi partai politik dapil DKI Jakarta 1:
PKB 1 kursi
Gerindra 2 kursi
PDIP 1 kursi
Golkar 1 kursi
NasDem 0 kursi
Garuda 0 kursi
Berkarya 0 kursi
PKS 0 kursi
Perindo 0 kursi
PPP 0 kursi
PSI 0 kursi
PAN 1 kursi
Hanura 0 kursi
Demokrat 0 kursi
PBB 0 kursi
PKPI 0 kursi
(azr/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Datangi Ma’ruf, Charly van Houten dan Forum Santri Nyatakan Dukungan

Jakarta – Forum Santri Indonesia mendatangi kediaman cawapres KH Ma’ruf Amin. Mereka sempat salat subuh berjemaah dan menyatakan dukungan kepada pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

“Terkait pilpres politik maka kewajiban kami mendukung abah (Ma’ruf). Maka kewajiban kami sebagai santri untuk mendukung abah. Terlepas ini adalah dunia politik tapi kita berkewajiban membantu guru besar kita. Seorang ulama, ketua majelis ulama dan beliau adalah gurunya para ulama-ulama Indonesia kita berkewajiban,” kata Ketua Umum Forum Santri Indonesia, Iwan Ari Kurnia, di Rumah Situbondo, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/2/2019).

Iwan menambahkan dukungan kepada pasangan nomor urut 01 ini juga karena sosok Jokowi. Iwan ingat Jokowi yang menetapkan Hari Santri Nasional.
“Pak Jokowi kami apresiasi sebagai Bapak Santri Indonesia karena beliau telah menetapkan Hari Santri Nasional. Kedua, kami juga apresiasi Kiai Ma’ruf Amin sebagai Guru Santri Indonesia,” tuturnya.

Iwan hari ini datang bersama Forum Ulama Santri cabang Jawa Barat. Dia mengatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan santri-santri yang ada di Jawa Barat. Forum Santri Indonesia menyatakan akan berupaya dongkrak suara Jokowi-Ma’ruf di Jabar.

Forum Santri Indonesia memberi seragam kepada Ma'ruf Amin. Timbal baliknya, mereka juga mendapatkan serban dari Ma'ruf AminForum Santri Indonesia memberi seragam kepada Ma’ruf Amin. Timbal baliknya, mereka juga mendapatkan serban dari Ma’ruf Amin (Foto: Dok. Istimewa)

“Kami akan bergerak di Jawa Barat. Nah Jawa Barat inikan lemah suaranya. Nanti panglimanya Kang Dadan (Panglima Santri Jawa Barat Dadan Tri Yudianto) yang akan membereskan semuanya di Jawa Barat. Insyaallah harapan kami setelah mengunjungi Pak Kiai ini adalah langsung kerja, kerja, kerja, optimis, optimis, optimis,” tutur Iwan.

Di lokasi yang sama turut hadir musisi Muhammad Casmali Parli atau yang akrab dikenal Charly van Houten. Charly ikut subuh berjemaah yang kemudian dilanjutkan diskusi bersama Ma’ruf.

Charly senang Ma’ruf menerima dengan baik rombongan. Charly mengaku diberikan wejangan dari Ma’ruf untuk untuk bisa menjalani Pilpres yang damai.

“Yang disampaikan adalah wejangan-wejangan dan motivasi-motivasi, spirit-spirit yang baik ya yang pasti menuju pilpres yang damai, pilpres yang baik. Jadi aku pikir kita harus sama-sama memberikan spirit yang baik,” kata pentolan Setia Band ini.

Dalam kunjungan ini, Forum Santri DPD Jabar juga menyampaikan rencana deklarasi dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf di Majalengka. Selain itu, Forum Santri juga berniat membuat Laskar Siber Santri Indonesia yang tugasnya menangkal berita hoax. Laskar ini dibuat karena banyak hoax yang disebar sehingga membuat santri kebingunan.
(jbr/aan)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Realisasi Penyaluran B20 Capai 92 Persen

Liputan6.com, Jakarta – Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana menyampaikan bahwa realisasi penyaluran Biodiesel 20 persen atau B20 sudah hampir mendekati 100 persen. Hingga per hari ini realiasi B20 telah mencapai 92 persen.

“Tapi catatan kita sih 92 persen (realiasi penyaluran B20) per 7 Febuari 2018. (Kalau) per Januari itu 89 persen,” kata Rida saat ditemui di Kantor Kementerian Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Rida menyebut, untuk mencapai realisasi 100 persen memang tidak mudah. Sebab, masih ada beberapa persoalan seperti yang terjadi pada floating storage crude oil (penyimpanan minyak) di Balikpapan dan Tuban.

“Ternyata ya Balikpapan belum selesai Tuban belum selesai. Ya soalnya kan ada kendala ranjau yah. Kita survei dulu terus sama temen-temen TNI AL nanti dibuat time frame. Minggu depan baru dibicarakan,” katanya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyatakan masih mengkaji mengenai floating storage crude oil (penyimpanan minyak) di Balikpapan dan Tuban. Tujuannya, agar titik pencampuran solar dan minyak sawit tidak terlalu banyak.

“Perlu floating storage di Balikpapan dan Tuban per 1 Januari agar titik campuran tidak terlalu banyak. Kalau terlalu banyak, kapalnya perlu banyak. Kalau kapalnya banyak, sering tidak cukup. Karena kapal itu tidak semua kapal harus pakai sertifikat,” ujarnya.

Meski demikian, Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, khusus untuk Balikpapan pemerintah akan menyewa kapal. Jika permasalahan di Balikpapan dan Tuban selesai, maka penyaluran B20 di seluruh Indonesia dipastikan mampu terserap 100 persen.

“Minggu ini selesai kelihatannya Tuban belum karena bukan tidak ada kapal, tempat masih harus di ini dulu oleh lembaga yang mengurusi. Pokoknya masih banyak yang harus dipelajari tentang macam-macam harus dipelajari perlu waktu dikit. Sehingga kalau itu sudah selesai maka, kalau dua-duanya selesai kita akan mendekati realisasi B20, 100 persen,” tandasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

2 dari 3 halaman

Pengusaha Yakin Kebijakan B20 Dongkrak Harga Sawit

Sebelumnya, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) berharap agar harga minyak kelapa sawit atau Crude Palm Oil (CPO) akan membaik tahun ini. Membaiknya harga tersebut seiring dengan perluasan penerapan campuran 20 persen minyak s‎awit dengan biodiesel (B20).

Sekjen G‎APKI Kanya Lakshmi Sidarta mengtakan, penerapan program B20 akan memberikan dampak psikologis pasar sehingga akan mempengaruhi harga. Program tersebut membuat pasokan minyak sawit yang ada dipasar internasional berkurang, meski kebutuhan diperkirakan akan stabil.

“Sekarang begini ketika terjadi ketimpangan maka pasar bergerak turun karena over suply,tapi kalau kita lihat kebijakan B20 kemarin ketarik 20 persen jadi suplay turun,” kata Kanya, di Jakarta, pada Kamis 24 Januari 2019. 


Pengusaha berharap akan ada kenaikan harga dengan penerapan B20 yang semakin meluas ke solar subsidi, ‎sebab pasokan minyak sawit di pasar internasional menurun.

“Memang saya sangat yakin dengan ada kebijakan B20 harga pasti akan bergeser, bergesernya seperti apa begini setiap insan ada rencana perusahaan dia menyesuaikan,” tuturnya.

Kanya pun menjamin, para pelaku usaha minyak sawit akan mengikuti kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi impor Bahan Bakar Minyak (BBM) tersebut, sebab pemerintah telah menetapkan pemberian sanksi bagi badan usaha yang tidak‎ melaksanakanya.

“Selama ini perkembangan B20 dijalankan dengan disiplin, saya tidak melihat satu hal tidak menjalankan karena di situ ada denda,” tandasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Tiga Mobil Toyota Dapat Predikat Kendaraan Milenial

Liputan6.com, Jakarta – Tiga produk andalan Toyota, yakni Avanza, Calya dan Agya berhasil meraih Indonesia Millenial’s To Brand 2019 untuk kategori mobil.

“Kami sangat mengapresiasi pilihan pelangfan millenial ini. Penghargaan ini sekaligus menunjukan keberhasilan pemerintah dalam mendorong kemajuan industri otomotif, karena Agya dan Calya lahir dari pengembangan kendaraan dengan harga terjangkau dan ramah lingkungan yang diluncurkan pemerintah,” kata Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto.

Indonesia Millenial’s Top Brand Award 2019 merupakan ajang penghargaan terhadap brand yang berhasil menjadi pilihan millenial Indonesia yang diselenggarakan oleh majalah Warta Ekonomi. Survei dilakukan melalui teknik riset online survey menggunakan aplikasi mobile dengan kumulatif  jumlah responden 15.000 orang.

Tahun ini Avanza memasuki usia 15 tahun dengan sejumlah improvement di Indonesia. Sementara itu, Agya hadir pada tahun 2013 dan Calya pada 2016. Tahun 2018 lalu, total penjualan wholesales Toyota Agya dan Calya mencapai 93.076 unit atau berkontribusi 26,4 persen dari total penjualan Toyota.

Baik Calya maupun Agya tersedia dalam varian transmisi manual (M/T) maupun automatic (A/T). Untuk mesin, Toyota Agya tersedia dalam dua pilihan, yaitu dengan 1.000 cc dan 1.200 cc dengan teknologi dual VVT-i. Sedangkan semua varian Calya hadir dengan mesin 1.200 cc.

“Didukung dengan jaringan yang mencapai 329 outlet resmi Toyota di berbagai pelosok Indonesia, TAM siap memberikan layanan maksimal kepada seluruh pengguna Toyota Avanza, Calya dan Agya,” kata Soerjopranoto.

2 dari 3 halaman

Tukar Tambah Jadi Cara Dapatkan Toyota Avanza Terbaru

Toyota Avanza baru saja menampilkan desain barunya. Tujuannya tak lain untuk kembali mendongkrak penjualan mobil terlaris selama 15 tahun terakhir itu.

Beragam cara dilakukan. Salah satunya menawarkan program tukar tambah. Namun cara ini hanya berlaku untuk pemilik Toyota Avanza kelahiran 2014 dan 2015. Anda bisa tukar tambah dengan unit baru. Prosesnya dijanjikan mudah dan cepat.

Toyota Avanza lama milik calon konsumen akan diperhitungkan nilai jual kembalinya. Jika sepakat, konsumen dapat membayar kekurangan pembelian New Avanza atau New Veloz dari hasil penjualan mobil lamanya, via SERA. Program ini berlangsung mulai dari Januari hingga Maret 2019. Berlaku di seluruh Indonesia.

Program trade in New Toyota Avanza dan New Veloz, terselenggara lewat dukungan jaringan diler mobil baru Toyota. Saat ini mencapai 311 outlet di seluruh Indonesia. Makanya, untuk area yang belum terjangkau oleh SERA, calon konsumen dapat mengunjungi diler Toyota. Anda bisa meminta layanan tukar tambah yang dimiliki oleh SERA.

Sebelumnya, ada syarat ketentuan yang mesti dipenuhi calon konsumen. Selain buatan 2014 dan 2015, mobil yang hendak diajukan harus milik pribadi. Bukan atas nama perusahaan atau instansi pemerintah. Warna mobil bekas Toyota Avanza yang bisa mengikuti program ini hanya putih, hitam dan silver.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dokumen pembelian dan pemilikan juga harus lengkap dan asli. Misalnya STNK, BPKB, faktur, buku manual dan buku servis berkala. Termasuk pula kunci, dongkrak ban serep, serta perlengkapan darurat. Mobil konsumen juga belum pernah terlibat kecelakaan atau terkena banjir. Itu pun, batas maksimal jarak tempuhnya 60.000 km untuk keluaran 2014. Dan jarak tempuh 50.000 km buat tahun pembuatan 2015.

Jika syarat dan ketentuan di atas sudah lengkap, tim dari SERA siap melakukan pengecekan fisik. Nantinya mereka menentukan harga jual yang sesuai dengan kondisi kendaraan. Meski begitu, ada perbedaan taksiran harga jual antara kota besar (tier 1), daerah penyangga kota besar (tier 2) dan di luar kota besar (tier 3).

Contoh Kota Medan. Toyota Avanza G M/T 2015 Anda dihargai Rp 123 juta. Sedangkan di Kota Pematang Siantar menjadi Rp 120 juta dan di Kota Rantauprapat Rp 113 juta. Bila calon konsumen sepakat, dapat melanjutkan transaksi pembelian New Avanza dan New Veloz dengan cara tukar tambah ini.

Sumber: Oto.com

Garuda Indonesia Terus Berinovasi demi Dongkrak Jumlah Penumpang

Liputan6.com, Jakarta – Manajemen PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengakui ada penurunan jumlah penumpang pada 2018. Oleh karena itu, perseroan akan lebih fokus meningkatkan pelayanan pada 2019 untuk meningkatkan jumlah penumpang.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, Ari Askhara mengakui, ada penurunan jumlah penumpang pada 2018 juga dirasakan hampir seluruh maskapai. Untungnya, menurut dia, penumpang Garuda Indonesia beralih ke Citilink.

“Memang traffic saat ini (2018) tidak terlalu banyak dibandingkan Januari 2017 hanya ada sedikit penurunan karena memang kita ada penyesuaian harga,” kata dia Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (26/1/2019).

Ari menambahkan, PT Garuda Indonesia Tbk akan terus berinovasi pelayanan untuk meningkatkan jumlah penumpang.

“Harapan kami traffic tidak bisa terlalu prediksi karena memang kondisi tahun ini agak berbeda, sedikit melambat tapi yang pasti kita terus berinovasi memberikan pengalaman-pengalaman baru,” ujar dia.


 Reporter: Kirom

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Hadirkan Fasilitas Baru

Pengalaman penerbangan maskapai pelat merah yang baru ini, seperti hadirnya fasilitas sleeping comfort dan economic vomfort, VR, serta menu-menu makanan yang lebih disukai pengguna jasa Garuda Indonesia.

“Makanan-makanan eksotik tradisional ada Sari Mande, Hokben, Pizza HUT, KFC dan kita ingin ini semua menjadi brand seperti di Mal. Karena Garuda bukan hanya transportasi dari satu poin ke poin lagi, tapi bagaimana kita menjual excitment (pengalaman baru),” kata dia.

Di usia ke-70 tahun Garuda Indonesia ingin menjadi lebih baik lagi dalam melayani pelanggannya.

“70 tahun ini kita ingin menyampaikan kepada pelanggan bahwa banyak sekali yang sudah kita buat bagi pelanggan dan calon penumpang,” tutur dia.


Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tanpa AS, Huawei Klaim Tetap Bisa Kuasai Pasar Smartphone

Liputan6.com, Jakarta – Huawei berambisi menguasai pasar smartphone dunia, seiring pertumbuhan bisnisnya di berbagai negara. Perusahaan pun optimistis bisa menduduki posisi nomor satu di pasar smartphone dunia, meski tidak bisa bersaing di Amerika Serikat (AS).

Huawei saat ini merupakan vendor smartphone terbesar kedua di dunia. Ambisi perusahaan menguasai pasar smartphone sebenarnya tidak berjalan begitu mudah, mengingat AS dan para sekutunya membatasi akses Huawei.

AS menuding produk-produk Huawei digunakan oleh negara asalnya, Tiongkok, untuk melakukan spionase. Huawei membantah tuduhan tersebut berulang kali.

Saat ini, Huawei tidak bisa menjual smartphone besutannya di Negeri Paman Sam. Rencana perusahaan menggandeng operator setempat pun tak berhasil, dan diduga karena ada tekanan dari pemerintah AS.

“Meski tanpa pasar AS, kami akan tetap menjadi nomor satu di dunia. Saya yakin itu bisa terjadi lebih cepat pada tahun ini, atau paling lambat pada tahun depan,” ungkap pimpinan divisi konsumen Huawei, Richard Yu, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (26/1/2019).

2 dari 2 halaman

Teknologi 5G Bakal Dongkrak Industri Smartphone

Berdasarkan data International Data Corporation (IDC), pengapalan smartphone dunia kemungkinan turun tiga persen pada tahun lalu. Kehadiran teknologi jaringan seluler 5G kemungkinan akan memberikan dorongan bagi industri smartphone.

Huawei pun telah melakukan serangkaian persiapan untuk menyambut era 5G, termasuk varian smartphone baru.

Dikutip dari Digital Trends, Huawei akan mengumumkan setidaknya satu smartphone 5G di Mobile World Congress (MWC) pada bulan depan, yang disokong chipset modem 5G baru dan Kirin 980.

Yu dalam acara pre-briefing di Beijing mengatakan, perangkat 5G pertama Huawei di MWC akan memiliki layar yang bisa dilipat. “Kita akan bertemu di Barcelona. Begitu pula dengan smartphone 5G,” demikian keterangan yang ditampilan Huawei dalam acara tersebut.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: