Fokus City Bukan ke Liverpool, tapi Lawan Berikutnya

JakartaManchester City memilih tak mengarahkan pandangan ke Liverpool yang jadi rival utama dalam persaingan gelar Premier League. City fokus selangkah demi selangkah.

Tak seperti musim lalu di mana City dominan hingga menjuarai Premier League, kali ini mereka jadi tim pengejar. The Citizens sementara ada di belakang Liverpool yang memimpin.

City mengoleksi 68 poin dari 28 laga di posisi dua. Mereka satu poin dari Liverpool, yang begitu sulit ditaklukkan musim ini.

Liverpool sejauh ini baru menelan satu kekalahan, kendati sudah enam kali ditahan imbang. Sementara City menelan empat kekalahan dan dua kali berimbang.

Sementara keduanya bersaing ketat, tim-tim lain kesulitan mengikuti laju. Tottenham Hotspur di posisi tiga kini sudah tertinggal delapan poin dari City.

Dengan persaingan yang semakin mengerucut, City memilih tak fokus ke Liverpool sebagai rival terbesar. Winger City Raheem Sterling menyebut tim cuma melihat ke lawan di laga berikutnya, demi tiga poin yang berharga.

“Kami percaya diri dengan diri kami. Kami punya keyakinan dan karakter, serta etos kerja yang dibutuhkan,” ujarnya dikutip Sky Sports.

“Kami sepenuhnya fokus ke tugas dan bukan ke siapa rival kami dalam persaingan gelar, tapi siapa yang kami hadapi berikutnya. Itu sih yang penting,” imbuhnya.

(raw/rin)

Anak Buah Penyuap Hakim Merry Purba Dituntut 5,5 Tahun Bui

Jakarta

Pengusaha Hadi Setiawan dituntut 5 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 350 juta subsider 4 bulan kurungan terkait kasus suap hakim adhoc PN Tipikor Medan Merry Purba. Jaksa meyakini Hadi membantu pengusaha Tamin Sukardi menyuap Merry untuk melancarkan perkaranya di Pengadilan Tipikor Medan.

“Menuntut agar majelis hakim pada Pengadilan Negeri Tipikor Jakarta Pusat memutuskan terdakwa Hadi Setiawan terbukti secara sah terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi,” ujar jaksa KPK Haeruddin saat membacakan tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (1/3/2019) dini hari.

Selain itu, jaksa juga menuntut agar majelis hakim mencabut pemblokiran bank. “Mencabut pemblokiran bank atas nama Hadi Setiawan,” imbuh Haeruddin.

Terkait hal yang memberatkan Hadi disebut tidak ikut serta mewujudkan program pemerintah bersih korupsi kolusi dan nepotisme, pelaku aktif dan cukup dominan dalam perkara ini. Sedangkan hal yang meringankan adalah Hadi menyesali perbuatannya.

Kasus ini bermula ketika Tamin sudah berstatus terdakwa terkait perkara pengalihan tanah negara/milik PTPN II kepada pihak lain seluas 106 hektare eks HGU PTPN II Tanjung Morawa di Pasar IV Desa Helvetia, Kabupaten Deli Serdang. Perkara itu diadili di PN Medan dengan susunan majelis yaitu Wahyu Prasetyo Wibowo sebagai ketua majelis dan dua hakim anggota atas nama Sontan Merauke Sinaga dan Merry Purba, serta panitera pengganti Wahyu Probo Julianto dan Helpandi.

Kemudian Hadi membantu Tamin memberikan suap ke hakim PN Medan melalui panitera pengganti Helpandi sebesar SGD 280 ribu untuk dibagikan ke Merry Purba dan hakim lainnya. Di mana Uang tersebut dimaksudkan untuk mempengaruhi putusan Tamin agar bebas.

“Dari fakta-fakta persidangan, maka kami dapat menyimpulkan perbuatan terdakwa Hadi Setiawan telah bersalah dimana telah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama,” ujarnya.

Atas dasar ini, Hadi diyakini jaksa melanggar Pasal 6 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) KUHP.


(zap/fdn)
<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

ONE Championship Rilis Jadwal Lengkap Pertarungan One: A New Era di Jepang

Liputan6.com, Jakarta – ONE Championship resmi merilis daftar pertarungan yang akan menghiasi ajang ONE: A New Era yang akan digelar di Jepang, 31 Maret 2019. Ini akan menjadi ajang bersejarah karena pertama kalinya gelaran ONE Championship dihelat di Negeri Sakura.

Duel pemegang gelar ONE Championship Lightweight World Champion Eduard “Landslide” Folayang asal Filipina lawan legenda seni bela diri asal Jepang dan mantan Juara Dunia Shinya “Tobikan Judan” Aoki akan jadi headline utama ini. Pertarungan memang pasti ditunggu-tunggu.

Pasalnya, ini merupakan pertarungan ulang keduanya. Pada bulan November 2016, Folayang merebut gelar Juara Dunia Kelas Ringan ONE dari Aoki melalui TKO di ronde ketiga, namun ia harus menyerahkan sabuk tersebut kepada Martin Nguyen setahun kemudian.

Bulan November lalu, Nguyen melepaskan gelarnya dan petarung Filipina tersebut mengklaim mahkota juara tersebut dengan kemenangan angka dominan setelah lima ronde saat melawan petarung spesialis knockout asal Singapura, Amir Khan.

Selain itu, ada juga duel-duel seru para juara dunia melawan para penantangnya. Sebut juara ONE Championship Lightweight World Champion, Aung La n Sang yang akan berhadapan dengan petarung tuan rumah, Ken Hasegawa.

2 dari 3 halaman

Panda vs Angela Lee

Sementara pada laga utama tambahan pertama, pemegang gelar ONE Women’s Strawweight World Champion “The Panda” Xiong Jing Nan akan mempertahankan sabuk juaranya melawan ONE Women’s Atomweight World Champion “Unstoppable” Angela Lee.

Sementara itu, Indonesia juga turut mengirim seorang petarungnya, Anthony Engelen. Atlet yang bernaung di bawah Bali MMA blasteran Indonesia-Belanda ini akan berhadapan lawan juara dunia BJJ Garry “The Lion Killer” Tonon dari Amerika Serikat.

Anthony sendiri, sebelumnya menelan kekalahan dari Kwon Won Il dalam ajang ONE Championship: Eternal Glory yang digelar di Jakarta awal tahun ini. Kini, dia tentu berniat untuk kembali mendapatkan momentum kemenangan setelah ia kembali bergabung dengan ONE Championship pada tahun 2018.

Saat itu ia tampil apik dengan mengalahkan Meas Meul dan Jimmy Yabo, dalam ronde pertama, hanya berselang delapan hari.

3 dari 3 halaman

Daftar Pertarungan ONE: A New Era

Hasil Liga Inggris: Penalti Aguero Antar Man City Kalahkan West Ham

Manchester – Penalti Sergio Aguero antarkan Manchester City mengalahkan West Ham United 1-0. Hasil ini membuat The Citizens terus menempel Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris.

Berlaga di Stadion Etihad, Manchester City menang 1-0 saat menjamu West Ham, Kamis (28/2/2019) dini hari WIB. Gol tunggal tuan rumah tercipta melalui penalti Sergio Aguero di menit ke-59.

Kemenangan ini membuat The Citizens terus menempel Liverpool sebagai pemuncak klasemen Liga Inggris. Skuat Josep Guardiola kini berada di urutan kedua dengan 68 angka tertinggal satu poin dari The Reds, yang pada pertandingan lain menggilas Watford 5-0.

Sementara bagi West Ham kekalahan di Stadion Etihad membuat mereka kini menempat posisi ke-10. Anak asuhan Manuel Pellegrini mengumpulkan 36 angka hingga pekan ke-28.

Jalannya Pertandingan

Peluang emas dipunya City saat pertandingan baru berjalan empat menit. Tendangan Riyad Mahrez usai menerima umpan dari David Silva melayang di atas gawang, padahal dia melepaskan tembakan itu dari jarak dekat.

Hanya semenit berselang City kembali punya peluang matang yang gagal berujung gol. Umpan mendatar Kevin de Bruyne dari sisi kanan menemui Silva di kotak penalti. Bola yang dibelokkan arahnya oleh Silva berhasil melewati kiper Lukasz Fabianski, namun gagal menjadi gol karena terkena tiang gawang.

Gelombang tekanan City berlanjut dengan tendangan voli De Bruyne dari dalam kotak penalti yang melayang ke atas gawang. Sementara upaya Aguero mengarahkan bola ke dalam gawangnya menggunakan tumit saat meneruskan umpan De Bruyne juga gagal lantaran arahnya masih melenceng.

Aguero mengklaim penalti di menit 25. Sepakannya dari tengah kotak penalti terlihat mengenai lengan bek West Ham yang mencoba memblok sambil menjatuhkan diri. Namun wasit menyatakan tidak ada pelanggaran dalam momen itu.

Mahrez mengancam di menit 29 saat dia menusuk masuk ke kotak penati di sisi kanan. Usai memgecoh bek West Ham dia melepaskan tembakan dari sudut sempit, upayanya tak sampai menyulitkan kiper.

Meski sangat dominan dengan pengusaan bola sebesar 78 persen, tapi City nampak kesulitan menembus ketatnya pertahanan The Hammers. Ini terlihat dimana mereka hanya mencatatkan satu sepakan ke arah gawang di babak pertama.

Strategi Manuel Pellegrini ini terbukti ampuh. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

West Ham mengejutkan Ciy di awal babak kedua. Mereka nyaris saja membuka skor lewat Andy Carrol di menit ke-49. Umpan Manuel Lanzini mampu diteruskan Carrol dengan baik. Beruntung untuk tuan rumah, Ederson masih mampu menepis bola.

Upaya City untuk mencetak gol di laga ini akhirnya membuahkan hasil di menit ke-59. Pelanggaran terhadap Bernardo Silva di kotak penalti memaksa wasit menunjuk titik putih. Aguero yang ditunjuk sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik.

Unggul 1-0 membuat skuat Pep Guardiola makin gencar menekan lini pertahanan tim tamu. Di menit ke-65 mereka hampir saja menggandakan kedudukan.

Sepakan mendatar Raheem Sterling dengan gemilang mampu ditepis oleh Fabianski. Bola muntah yang kemudian disambar Bernardo Silva masih mampu diamankan lini pertahanan The Hammers.

Meski kedua tim mencatatkan beberapa peluang di sisa laga, tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 1-0 untuk The Citizens menutup laga di Stadion Etihad.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson; Danilo, Kompany , Otamendi,Zinchenko; De Bruyne, Gundogan, Silva; Mahrez (Sterling 55′), Aguero (Foden), Sane (Bernardo Silva).

West Ham : Fabianski; Fredericks, Issa Diop, Ogbonna,Johnson (Zabaleta 63′); Obiang, Rice; Michail Antonio,Nasri (Lanzini 46′), Anderson (Diangana 77′); Andy Carroll.
(din/din)

Dominan di Tes MotoGP, Vinales Keluhkan Satu Hal Ini di Motor Yamaha

Losail- Maverick Vinales memang sukses menguasai tes MotoGP di sirkuit Losail Qatar. Meski begitu, pembalap Monster Energy Yamaha itu masih keluhkan tidak adanya akselerasi di motor YZR-M1 yang jadi tunggangannya.

Vinales menyambut seri pertama MotoGP 2019 dengan percaya diri. Dia tampil dominan pada tes pramusim MotoGP 2019 dengan selalu mencatat waktu lap terbaik dalam tiga hari tes di Sirkuit Losail, Qatar, 23-25 Februari.

Bahkan dia menyebut motor terbaru yang ditungganginya merupakan yang terbaik sejak kedatangannya ke Yamaha. Namun, dia meyakini modal Yamaha belum cukup siap untuk naik podium utama di MotoGP dengan performa seperti itu. 

“Yang pertama kami perlu meningkatkan akselerasi dan setelah itu kami baru siap,” kata Vinales, seperti dilansir Motorsport, Selasa (26/2/2019). 

“Balapan pertama akan sangat penting bagi, terutama untuk melihat apakah kami dapat memenangi batas grip. Jika ingin bertarung untuk menang kami butuh lebih banyak grip,” kata Maverick Vinales. 

2 dari 2 halaman

Kelebihan Yamaha

Pembalap yang kini memakai nomor 12 itu juga membeberkan beberapa kemajuan di motor baru Yamaha. 

“Kami banyak berkembang di sisi decelaration, jadi saya bisa membuat waktu lap. Bahkan di Tikungan 1, jika kami kehilangan 10 km/jam, saya masih tetap cepat. Alasannya karena saya bisa dekat di tikungan, serta bisa tetap punya kecepatan kencang sepanjang tikungan,” beber Vinales.  

“Di area itu kami banyak berkembang dibanding tahun lalu. Di sisi akselerasi kami masih ketinggalan dibanding kompetitor. Jadi kami masih harus berusaha,” imbuh Vinales. 

Terangsang Saat Mencekik Leher Pasangan Ketika Berhubungan Seks, Normal?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa orang memiliki preferensi hubungan seks yang cukup kasar. Salah satunya adalah ketika dia terangsang saat mencekik leher pasangannya. Mengapa hal itu bisa terjadi?

Melansir Men’s Health pada Selasa (26/2/2019), mencekik saat berhubungan seks adalah hal yang berbahaya. Mau tidak mau, untuk melakukannya tidak boleh sembarangan dan harus dipraktekkan dengan sangat hati-hati. Walaupun banyak adegan erotis yang menggambarkan betapa seksinya hal itu, bukan berarti Anda harus menirunya di kehidupan nyata.

“Untuk pria, mencekik sangat dekat dengan orgasme dan memiliki efek euforia saat klimaks, tetapi harus selalu dilakukan dengan aman,” kata pakar keintiman dan hubungan Lia Holmgren.

“Wanita bisa mendapatkan orgasme yang lebih intens ketika ditambah dengan permainan nafas,” tambahnya.

Simak juga video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Tindakan menyerahkan diri

Holmgren mengatakan, daya tarik karena cekikan mungkin bisa melebihi orgasme. Rangsangan itu memiliki implikasi psikologis yang mendalam dan memberikan kedua pihak kesempatan untuk mengeksplorasi peran yang berbeda dalam berhubungan seks.

Cekikan menggaris bawahi tentang pengendalian dan penerimaan kontrol. Memberikan seseorang izin untuk mencekik Anda atau sebaliknya, memungkinkan mengambil peran dominan di ranjang. Ini merupakan bentuk dari apa yang diinginkan orang sebagai melepaskan kendali atau penerimaannya.

“Cekikan adalah tindakan penyerahan diri, ketika kita sepenuhnya mempercayai pihak lain, pihak dominan akan membiarkan mereka mengambil kendali penuh untuk ‘mengancam jiwa’ atas pihak yang tunduk,” kata Holmgren.

Dia menambahkan, aspek mengancam jiwa ini haruslah dianggap sebagai fantasi saja. Anda seharusnya tidak benar-benar pengalaman yang mendekati kematian. Namun, potensi akan hal itu dianggap memberikan sensasi saat berhubungan seks.

6 Tips Aman Mainkan Leher Ketika Berhubungan Seks

Liputan6.com, Jakarta Mencekik leher saat berhubungan seks merupakan salah satu teknik yang banyak digunakan orang saat melakukan hubungan intim. Di satu sisi, untuk melakukannya tidaklah mudah agar tidak menimbulkan bahaya.

“Cekik leher adalah biasa di porno, biasanya dengan laki-laki dalam posisi dominan, begitu banyak orang merasa tindakan agresif ini adalah ketika pria memberikan kekuatan atau dominasi dalam pengalaman seksual,” kata pendiri The New Society for Wellness (NSFW) Daniel Saynt.

Maka dari itu, daripada asal-asalan dalam mempraktekkan gerakan semacam ini hanya meniru film porno, ada cara yang lebih tepat dan aman. Dilansir dari Men’s Health pada Selasa (26/2/2019), agar tidak menyebabkan cedera (atau yang terburuk kematian), berikut ini beberapa tips “memainkan” leher saat berhubungan seks.

1. Berpikir jernih

Hindari segala macam pikiran yang berbahaya ketika Anda mencoba memainkan leher saat bercinta. Lakukan dengan aman, sadar, dan dengan kesepakatan bersama.

“Jangan berlatih atau melakukan cekikan atau mengontrol pernapasan ketika Anda di bawah pengaruh obat-obatan atau alkohol, atau saat pasangan tidak setuju, serta ketika Anda belum membicarakan tindakan itu,” kata pakar keintiman dan hubungan Lia Holmgren.

2. Pelajari apa yang Anda lakukan

Cara terbaik untuk teknik ini agar tidak melukai pasangan adalah dengan pelatihan yang tepat, serta latihan. Holmgren mengatakan bahwa hal ini adalah sesuatu yang serius.

“Pelajari anatomi leher dan bacalah tentang tercekik sebelum melakukannya,” jelas Holmgren.

2 dari 4 halaman

Melihat respon pasangan

3. Cari tahu cara terbaik menyentuh leher pasangan

Sebelum melakukannya, ketahui bagaimana pasangan Anda bereaksi terhadap cekikan. Disarankan untuk menekan dengan lembut kedua sisi kerongkongan dan cari tahu tekanan yang sesuai dengan dirinya.

Apabila Anda mendorong langsung di bagian depan leher mereka, atau tempat mereka bernapas, ini bisa menyebabkan batuk. Bukannya seksi, ini malah jadi sesuatu yang berbahaya.

“Anda membatasi aliran udara yang berarti kekuatan yang dikeluarkan di leher bukan untuk menghancurkan. Anda tidak ingin menghancurkan kerongkongan mereka,” kata Saynt.

4. Perhatikan reaksi

Saynt mengatakan, jika Anda membatasi aliran udara terlalu lama, pasangan bisa berisiko terkena kerusakan otak atau kematian. Maka dari itu, jangan terfokus atau terjebak di teknik tersebut.

Saat melakukan ini, pasangan harus bisa berbicara. Jika mereka sulit menjawab apa yang Anda tanyakan, segera hentikan permainan leher tersebut.

3 dari 4 halaman

Jaga keamanan

5. Tetapkan batasan

Sebelum melakukan gerakan tersebut, tetapkan batasan apa yang boleh dan tidak. Holmgren menyarankan untuk membicarakan tentang waktu, intensitas, dan tujuan dari kegiatan tersebut.

“Anda ingin menentukan kapan pasangan Anda ingin tercekik misalnya saat penetrasi atau yang lainnya, atau mungkin lebih dekat dengan klimaks,” kata Holmgren.

Selain itu, bicarakan juga “cara” tercekiknya. Apakah terlihat bahagia, dominan, atau sedikit pura-pura menakutkan. Saynt mengatakan bahwa semua itu harus dilakukan sebelum melakukannya.

6. Bermain aman

Dalam semua hubungan seks yang kasar, keamanan harus dijunjung tinggi. Ketika pasangan merasa tidak nyaman, lebih baik hentikan gerakan tersebut.

4 dari 4 halaman

Simak juga video menarik berikut ini:

Statistik Timnas Indonesia U-22 Vs Thailand: Skuat Garuda Muda Lebih Unggul

Jakarta Timnas Indonesia U-22 sukses kalahkan Thailand 2-1 pada laga final Piala AFF U-22 2019, di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019). Tampil dominan, skuat Garuda Muda layak menang atas Thailand.

Seperti dilansir Labbola, Marinus Wanewar dkk. mencatatkan 52 persen penguasaan bola, berbanding 48 persen milik Thailand.

Dalam hal serangan, Timnas Indonesia U-22 melepaskan 13 tembakan yang sembilan di antaranya tepat sasaran. Di sisi lain, Thailand memperoleh enam peluang bagus dari sembilan kesempatan.

Dari segi umpan sukses, Timnas Indonesia U-22 juga memimpin atas Thailand. Anak asuh Indra Sjafri tersebut mencatatkan 82 persen berbanding 73 persen milik Thailand.

Tak hanya sektor serangan, Timnas Indonesia U-22 juga piawai ketika bertahan. Tekel berhasil Indonesia mencapai 55 persen, berbanding 54 persen.

Untuk hal intersep dan sapuan, Timnas Indonesia U-22 unggul jauh dibandingkan the War Elephants. Indonesia mencatatkan 21 intersep dan 22 sapuan, sementara Thailand menorehkan sembilan intersep dan 17 sapuan.

Tampil gemilang sejak menit awal, skuat Garuda Muda memetik kemenangan 2-1 atas timnas Thailand U-22. Sepasang gol Timnas Indonesia U-22 disarangkan Sani Rizki pada menit ke-59 dan Osvaldo Haay menit ke-65, sedangkan gol Thailand dicetak Saringkan Promsupa (57′).

Bagi Timnas Indonesia U-22 ini adalah gelar perdana di Piala AFF U-22. Selain itu, Indonesia menjadi negara kedua yang menjuarai ajang ini, setelah terakhir kali diraih Thailand pada 2005.

Laga-Laga Seru di ONE Championship: Call to Greatness

Liputan6.com, Jakarta – Ajang ONE Championship, ONE: Call to Greatness sukses digelar di Singapura, Jumat (22/2/2019). Di Singapore Indoor Stadium, Singapura gelaran bergengsi ini dihelat.

Berbagai drama pun terjadi mengingiri setiap pertarungan yang ditampilkan di atas ring ONE Championship. KO, submission dan pertarungan epik yang mampu memukau penonton dari seluruh penjuru dunia, spektakuler.

Termasuk penampilan petarung Indonesia, Rudy Agustian, yang sukses meraih kemenangan. Di pertandingan pembuka, dia menaklukkan petarung asal Kamboja, Khon Sichan.

“The Golden Boy” meraih kemenangan melalui kuncian rear-naked choke pada menit ke 3:14 dalam babak pertama, setelah mengendalikan pertandingan melalui pertukaran serangan atas sebelum ia menjatuhkan Khon pada akhir menit kedua.

“Saya bangga dapat mengibarkan bendera Indonesia. Lawan saya ini adalah atlet andalan dari Myanmar. Sebelumnya, dia berhasil mengalahkan Riski Umar, yang merupakan atlet unggulan ONE Championship asal Indonesia,” kata Rudy.

2 dari 3 halaman

Gelar Kedua Stamp Fairtex

Sementara itu, Stamp Fairtex menciptakan sejarah baru sebagai pemegang gelar juara dunia dalam dua cabang olahraga beladiri. Petarung bintang asal Thailand ini sebelumnya mengamankan gelar ONE Atomweight Kickboxing World Champion pada bulan Oktober 2018, dan kemarin, ia mengamankan gelar ONE Atomweight Muay Thai World Title.

Jumat lalu, ia melancarkan teknik dan game plan yang berbeda melawan petarung andalan Amerika Serikat, Janet “JT” Todd. Ketimbang mengandalkan kemampuan clinch-nya yang dominan, Stamp menemukan cara baru untuk memenangkan pertandingan: melalui pukulan bertubi-tubi kearah Janet.

Tetapi, Stamp juga mempertunjukkan kemampuannya dalam teknik clinch, dengan melancarkan tendangan lutut dan pukulan siku yang keras.

Laga seru lainnya juga terjadi pada duel atlet grappler asal Kosta Rika, Ariel “Tarzan” Sexton dan juara Muay Thai asal Singapura Amir Khan. Duel ini berlangsung dalam tiga babak yang menegangkan.

Walaupun Ariel harus menerima serangan dan dijatuhkan pada dua ronde pertama, ia menggunakan pengalaman dan semangatnya untuk tetap memberikan perlawanan. Amir tidak memiliki pilihan lain selain menyerah.

3 dari 3 halaman

Penyelesaian Tercepat Bagi “Dagi”

Kekuatan Saygid “Dagi” Guseyn Arslanaliev sudah mendunia, dan Ev “E.T.” Ting merasakan sendiri dampak dari serangannya dalam babak perempat final ONE Lightweight World Grand Prix Jumat lalu.

Tanpa basa basi, kedua petarung bergerak maju ketiga bel berbunyi. Tetapi, Saygid menemukan waktu yang tepat untuk melancarkan pukulan mematikan. Atlet asal Turki ini menyarangkan pukulan tangan kiri, yang segera menjatuhkan Ev ke kanvas.

“Dagi” kemudian merangsek dengan ground and pound, sebelum wasit mengakhiri pertandingan hanya dalam waktu 25 detik pada babak pertama. Dengan hasil ini, Saygid akan menghadapi Ariel pada babak semi-final.

Jalan Terjal Layanan Kesehatan di Perbatasan

Liputan6.com, Jakarta – Berbeda dengan kebanyakan daerah di Jawa, kondisi prasarana perhubungan di wilayah terluar Indonesia menjadi penentu mustahil atau tidaknya masyarakat memanfaatkan layanan kesehatan. Tengoklah sebuah dusun di Desa Gunung Bulat, misalnya. Jalan akses satu-satunya menuju puskesmas terdekat belum beraspal. Bila hujan, jalan ini tak dapat dilalui.

Nita, Kepala Puskesmas Kecamatan Paloh, sudah “menjeritkan” rintangan ini. Nita, yang sudah bertugas enam tahun, menjelaskan parahnya jalan itu sangat dipengaruhi oleh lalu lalangnya kegiatan pengangkutan sawit.

Beban penggunaan yang tinggi tak dibarengi upaya pemeliharaan, baik pemerintah maupun perusahaan sawit mengabaikannya. Tiada pilihan lain, warga setempat terpaksa tidak bisa berobat ke puskesmas di musim penghujan.

Gunung Bulat adalah salah satu desa di Kecamatan Paloh, wilayah di ujung perbatasan darat Kabupaten Sambas dengan Malaysia. Di pucuk wilayah lain, Desa Temajuk, desa terluar di Kecamatan Paloh, situasinya jauh lebih rumit.

Kepala Puskesmas Temajuk Jumaini menceritakan kondisi puskesmas di desa itu tidak cukup memadai untuk melayani pasien dengan penyakit dan kondisi tertentu. Padahal bila warga hendak mengakses Puskesmas Kecamatan atau rumah sakit umum daerah, mereka harus berhadapan dengan Sungai Sumpit. Ketika surut, sungai ini tidak dapat diseberangi, orang harus menunggu air pasang.

Ada cara lain, sebetulnya, yaitu menggunakan kapal. Sayangnya jaringan sinyal di wilayah itu tak selalu bagus sehingga menghambat komunikasi warga dengan pihak dermaga di Pelabuhan Prigi Pigai–salah satu dermaga yang harus dilintasi untuk menuju ke kota–ketika membutuhkan feri untuk mengangkut pasien.

Dalam keadaan normal pun feri tak beroperasi 24 jam. Faktor lain yang memberatkan warga ialah pungutan Rp 300-400 ribu untuk setiap ambulans yang akan menyeberang menggunakan feri.

Yang paling terancam menghadapi kondisi serupa itu adalah pasien kritis atau pasien yang membutuhkan penanganan segera. Seorang aktivis Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Kabupaten Sambas menginformasikan bahwa angka kelahiran di Desa Temajuk sangat tinggi.

Setiap bulan pasti ada yang melahirkan. Akibat kondisi jalan dan transportasi secara umum, sepanjang 2017 di desa itu tercatat tiga kasus ibu melahirkan di tengah jalan.

Tak mengherankan bila, misalnya, warga Kecamatan Paloh, khususnya di Desa Temajuk, juga kecamatan lain seperti Sajingan Besar, harus dilarikan ke Rumah Sakit di Kuching, Malaysia. Mahal biayanya, tentu saja. Tapi hal ini tetap terpaksa dilakukan karena waktu tempuhnya yang lebih pendek, sekitar setengah jam dari Sajingan dan tiga jam dari Paloh, ketimbang ke rumah sakit milik pemerintah daerah di pusat Kota Sambas.

Untuk menuju Rumah Sakit Sambas, warga harus menyeberangi dua sungai dengan feri dan menempuh jalur darat berlumpur hingga ke kota, memakan waktu normal sekitar enam jam dari Sajingan. Itu pun jika cuaca sedang tidak hujan. Sering warga tak bisa dirujukkan ke rumah sakit jika kondisinya hujan, karena ambulans tidak dapat melewati jalur berlumpur yang berat.

Pengaruh kondisi jalan itu sangat besar, khususnya untuk wilayah terdepan di Kabupaten Sambas, itu tadi, Kecamatan Sajingan Besar dan Kecamatan Paloh.

Dewi Anggraeni, seorang bidan desa, menuturkan betapa sulitnya penduduk desa-desa terjauh di Sajingan mengakses puskesmas kecamatan. Dari dua desa terjauh, Desa Sebunga dan Desa SeiBening, perjalanan menuju puskesmas memerlukan waktu antara 3-4 jam dalam cuaca normal. Kondisi jalan serta jarak kedua desa dengan puskesmas kecamatan menjadi sebab lamanya waktu tempuh itu.

Sebagai wilayah perbatasan Indonesia dengan Malaysia, baik di darat maupun laut, Sambas berpenduduk sekitar setengah juta orang yang masalah kesehatannya kompleks. Rasio kemiskinan, 8,545 persen dari total populasi, ikut berkontribusi terhadap kondisi kesehatan.

Angka Kematian Bayi (2016: 113 kasus) dan Angka Kematian Ibu Melahirkan (2016: 12 kasus) masih cukup tinggi, bahkan ada sekitar 20 persen atau 2.696 ibu hamil yang diperiksa tergolong dalam kasus risiko tinggi/komplikasi yang membutuhkan rujukan.

Faktor penyebab yang paling dominan adalah keterbatasan akses pelayanan kesehatan, juga tingkat pendidikan dan kesadaran terhadap kesehatan reproduksi yang masih rendah. Hal ini sangat dipengaruhi oleh minimnya sumber daya keuangan yang dialokasikan untuk kesehatan.

Masalah lainnya berkaitan dengan ketersediaan akses layanan kesehatan, kurang cukupnya tenaga kesehatan, program-program sosial khususnya untuk kesehatan belum tepat sasaran, serta belum meratanya penunjang konektivitas bagi warga.

Alokasi anggaran kesehatan yang bersumber dari daerah juga belum cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar layanan kesehatan. Proporsinya memang sudah lebih dari 10 persen dari total anggaran daerah, sekitar Rp250 miliar.

Tapi, melihat kondisi yang ada, angka ini belum cukup. Dan angka ini pun sebetulnya bersumber dari kucuran dana pusat serta provinsi. Untuk program afirmasi dalam bidang kesehatan di wilayah perbatasan ini, pemerintah pusat maupun provinsi sudah memberikan anggaran khusus. Masalahnya, jangkauannya belum sampai di seluruh desa di wilayah perbatasan.

2 dari 2 halaman

Tantangan-Tantangan

Kecamatan Paloh dan Kecamatan Sajingan Besar memang tergolong daerah di Sambas yang unit layanan kesehatannya masih jauh dari memadai. Kuantitas layanan kesehatan yang ada tak sebanding dengan jumlah penduduk yang harus dilayani, yang tersebar di wilayah yang sangat luas.

Keberadaan rumah sakit baru ada di ibu kota kabupaten tak sepenuhnya membantu, sebab penduduk di perbatasan harus menempuh waktu lebih dari 10 jam untuk bisa memanfaatkannya. Hal ini juga diperparah oleh pasokan aliran listrik yang tidak menyala 24 jam. Tenaga kesehatannya pun masih sangat jauh dari cukup.

Program-program sosial yang berkaitan dengan kesehatan pun, misalnya Kartu Indonesia Sehat (KIS), banyak yang belum tepat sasaran. Tertibnya identitas warga menjadi salah satu persoalan dasar untuk mendapatkan KIS. Di daerah perbatasan masih banyak warga tak mampu yang tidak mendapatkan jaminan kesehatan gratis, karena tidak memiliki KTP elektronik maupun kartu keluarga.

Tantangan lain yang sangat mempengaruhi layanan kesehatan di wilayah perbatasan ini adalah belum meratanya akses infrastruktur jalan, jembatan yang melewati sungai besar, dan jaringan sinyal.

Di Temajuk, desa yang berbatasan langsung dengan Malaysia, untuk merujuk pasien, petugas puskesmas harus melakukan perjalanan lebih dari 10 jam, karena mesti melewati jalan ratusan kilometer yang masih berlumpur dan menyeberangi dua sungai dengan menggunakan feri. Mengakses informasi kesehatan juga sangat sulit karena jaringan telepon yang terbatas.


Simak video pilihan berikut ini: