Hasil Liga Inggris: Liverpool Menangi Drama 7 Gol atas Palace

Liverpool – Drama tujuh gol terjadi dalam pertandingan Liverpool vs Crystal Palace. Sempat tertinggal lebih dahulu, Liverpool akhirnya memetik kemenangan dengan skor 4-3.

Pada pertandingan di Stadion Anfield, Sabtu (19/1/2019) malam WIB, Mohamed Salah menginspirasi comeback Liverpool dengan mencetak dua gol. Masing-masing satu gol lain disumbangkan Roberto Firmino dan Sadio Mane. Sedangkan gol-gol Palace dicetak Andros Townsend, James Tomkins, dan Max Meyer.

Di babak pertama, Palace membungkam publik tuan rumah setelah Townsend mencetak gol pembuka yang bertahan sampai turun minum. Kemudian, sebanyak enam gol terjadi usai jeda.

Palace sempat menghidupkan peluangnya ketika menyamakan skor 2-2 saat pertandingan melewati sejam. Namun, Liverpool mencetak dua gol tambahan untuk memberi pukulan telak pada tim tamu. Di penghujung laga, Palace mencetak gol ketiganya dari Max Meyer, tapi tidak dapat menghindarkan mereka dari kekalahan.

Pertandingan ini turut diwarnai kartu merah yang diterima pemain senior Liverpool James Milner di menit-menit akhir.

Kemenangan ini mengukuhkan posisi Liverpool di puncak klasemen sementara dengan koleksi 60 poin hasil 23 pertandingan. Si Merah unggul tujuh poin dari rival terdekatnya sekaligus juara bertaan Manchester City, yang baru akan bertanding Minggu (20/1) malam WIB. Sementara itu Palace belum beranjak dari urutan 14 usai mengantongi 22 poin.

Jalannya Pertandingan

Liverpool lebih dominan dengan penguasaan bola di awal babak pertama. Peluang diciptakan di menit kedelapan lewat sepak pojok James Milner. Joel Matip melewati penjagaan lawan untuk melepaskan tembakan ke arah gawang, yang diblok Julian Speroni.

Setelahnya, Liverpool masih kesulitan untuk menciptakan peluang berarti. Sedangkan Palace sering kehilangan bola. Pertandingan buntu.

Baru setelah pertandingan memasuki setengah jam, Liverpool mulai menciptakan ancaman berarti. Dari sepak pojok Milner, bola disambut Matip dengan sundulan ke arah tiang jauh yang melebar tipis.

Dua menit kemudian, Liverpool kembali merepotkan Palace setelah sundulan Virgil van Dijk mengenai pemain lawan sebelum melambung di atas mistar gawang.

Palace justru mengejutkan Liverpool di menit ke-34. Andros Townsend menaklukkan Alisson untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Dari serangan balik, Wilfried Zaha melewati Milner di sayap kiri untuk mengirim bola ke tengah kotak penalti Liverpool. Townsend sprint untuk menyelesaikan dengan sepakan mendatar ke belakang jala gawang.

Liverpool mengklaim penalti setelah Mohamed Salah jatuh saat ditempel ketat oleh Mamadou Sakho dan Luka Milivojevic. Akan tetapi, wasit tidak tertarik sehingga pertandingan pun berlanjut.

Meski begitu, kebuntuan Liverpool belum terpecahkan. Sampai peluit tanda jeda pertandingan dibunyikan kedudukan 1-0 untuk Palace tidak berubah.

Liverpool tidak butuh waktu lama untuk menciptakan gol balasan. Saat babak kedua baru berjalan semenit, Salah menjebol gawang Palace sehingga menyamakan skor 1-1.

Van Dijk melepaskan tembakan jarak jauh yang diblok, bola kemudian melambung tinggi untuk diterima Salah. Speroni tampak ragu-ragu membut keputusan sehingga Salah dengan mudah menceploskan bola ke gawang.

Kurang dari 10 menit, Liverpool sudah menambah golnya untuk berbalik mengungguli Palace 2-1. Naby Keita di sayap kiri mengirim bola kepada Firmino yang diteruskan dengan sepakan ke sudut bawah gawang.

Tekanan Palace akhirnya membuahkan hasil. Palace kembali menyeimbangkan permainan setelah mencetak gol kedua di menit ke-65 guna menjadikan kedudukan 2-2.

Sepak pojok Milivojevic disambut James Tomkins dengan sundulan yang meluncur deras ke gawang Liverpool, tanpa bisa dihentikan Alisson Becker.

Liverpool kembali berbalik unggul 10 menit berselang. Umpan panjang Fabinho diterima Milner di sayap kanan, yang disambut dengan crossing lemah. Namun antisipasi Sperono gagal, sehingga bola bergulir ke arah gawang sebelum dicecar Salah dengan sontekan dari jarak dekat. Skor kini 3-2.

Palace terus mencoba melakukan tekanan untuk menciptakan gol penyama. Dalam usahanya bertahan, Liverpool mesti kehilangan Milner yang diganjar kartu kuning kedua (kartu merah) karena melakukan pelanggaran keras terhadap Zaha.

Meski bermain dengan 10 orang, Liverpool justru hampir ‘membunuh’ pertandingan. Mane terlepas di depan, namun tidak tenang dalam melakukan penyelesaian sehingga sepakannya melebar tipis dari tiang jauh.

Kekurangan jumlah pemain tidak menghentikan Liverpool. Di masa injury time, giliran Mane mencetak gol keempat Liverpool di pertandingan sehingga skor berubah 4-2, lewat sepakan mendatar ke sudut bawah gawang Palace.

Asa Palace hidup lagi setelah Max Meyer mencetak gol ketiga di injury time. Dari sepak pojok, Connor Wickham tak mampu mengontrol bola dengan baik sehingga bergulir di kotak penalti Liverpool. Mayer langsung menyelesaikan sepakan kaki kanan untuk menjadikan skor 3-4.

Meski demikian, gol Meyer menjadi gol terakhir Palace di pertandingan ini. Dalam serangan terakhir Palace, tembakan pemainnya melambung tinggi.

Susunan Pemain

LIVERPOOL: Alisson, Matip, Van Dijk, Robertson, Milner, Henderson, Fabinho (Lallana 87′), Keita (Shaqiri 71′), Firmino, Salah, Mane

CRYSTAL PALACE: Speroni, Sakho, Tomkins, Van Aanholt, Wan-Bissaka, McArthur, Kouyate (Schlupp 75′), Townsend, Milijevic, Ayew (Wickham 81′), Zaha
(rin/cas)


Prediksi Arsenal Vs Chelsea: Tuan Rumah Habis-habisan

Jakarta Arsenal akan menjamu Chelsea pada lanjutan pertandingan Liga Inggris di Emirates Stadium, Sabtu (19/1/2019). The Gunners dalam tekanan, karena wajib meraih kemenangan agar tidak turun peringkat.

Mengacu pada tabel klasemen sementara Premier League, Arsenal saat ini berada di urutan kelima dengan raihan 41. Pasukan Meriam London memetik 12 kemenangan, lima imbang, dan menelan lima kekalahan.

Arsenal bisa menjadikan laga melawan Chelsea sebagai panggung kebangkitan. Seperti diketahui, pada laga sebelumnya pasukan London Utara harus menelan kekalahan 0-1 dari West Ham United.

Bisa dikatakan, laga melawan Chelsea bakal sangat krusial buat Arsenal. Andai mampu menyegel kemenangan, mereka bisa mempertahankan posisi di peringkat kelima.

Namun sebaliknya, jika menelan kekalahan atau meraih hasil imbang, Mesut Ozil dkk. berpeluang lengser ke peringkat keenam. Syaratnya, pada pertandingan lainnya Manchester United yang mengoleksi poin sama mampu meraih kemenangan atau minimal imbang kontra Brighton.

“Chelsea adalah tim dengan organisasi permainan yang bagus dan dihuni pemain-pemain hebat. Laga yang sulit, akan tetapi saya yakin dengan semangat, kualitas, dan permainan kami ketika bermain di kandang dengan dukungan suporter,” kata Emery dalam konferensi pers jelang laga.

“Laga yang spesial karena di Emirates. Pertandingan yang sulit, namun jika kami bermain dengan penampilan yang bagus, organisasi, maka kami bisa menang,” tegas Emery.

2 dari 3 halaman

Laga Penuh Risiko dan Kesempatan buat Chelsea

Pemain Arsenal, Alexandre Lacazette (kanan) mengamankan bola dari kejaran pemain Chelsea, Andreas Christensen pada laga semifinal Piala Liga Inggirs di Emirates stadium, London, (24/1/2018). Arsenal menang 2-1. (AP/Matt Dunham)

Sementara itu, Chelsea tentu tak ingin kunjungan ke London Utara sia-sia. Pasukan Maurizio Sarri sadar mereka membutuhkan kemenangan untuk tetap bisa bersaing di papan atas klasemen.

Chelsea saat ini berada di peringkat keempat dengan raihan 47 poin, tertinggal satu angka dari Tottenham Hotspur yang menghuni peringkat ketiga. Manajer The Blues, Maurizio Sarri, menilai laga nanti ibarat dua mata pisau untuk timnya.

“Laga ini buat kami seperti risiko dan juga kesempatan. Risiko yang harus dihadapi karena Arsenal tampil baik di kandang, jadi akan menjadi pertandingan yang sangat sulit dan berbahaya buat kami,” ucap Sarri.

“Laga nanti juga menjadi sebuah kesempatan besar buat kami. Pertandingan yang sangat penting dan sulit karena mereka adalah tim yang bagus. Terutama di lini ofensif, mereka salah satu yang terbaik di Premier League,” ujar pria asal Italia itu.

Chelsea sebenarnya punya kenangan bagus saat bermain di Emirates Stadium. Dalam 14 kunjungan di liga, klub asal London Barat itu hanya kalah sekali (dengan skor 0-3 pada September 2016) dan sisanya meraih 8 kemenangan serta lima kali imbang.

Laga nanti menjadi pertemuan ke-177 untuk kedua tim. Arsenal sejauh ini masih dominan dengan 67 kemenangan, Chelsea meraih 58 kemenangan, dan 51 laga harus berakhir imbang.

3 dari 3 halaman

Data-Fakta

Prakiraan susunan pemain

Arsenal (3-4-3): Bernd Leno (kiper), Shkordan Mustafi, Sokratis, Laurent Koscielny (belakang), Hector Bellerin, Lucas Torreira, Granit Xhaka, Sead Kolasinac (tengah), Alex Iwobi, Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette (depan)

Manajer: Unai Emery (Spanyol)

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga (kiper), Cesar Azpilicuetta, Antonio Rudiger, David Luiz, Marcos Alonso (belakang), N’Golo Kante, Jorginho, Mateo Kovacic (tengah), Pedro Rodriguez, Willian, Eden Hazard (depan)

Manajer: Maurizio Sarri (Italia)

Head to head

  • 18/8/2018 – Chelsea 3-2 Arsenal (Premier League)
  • 2/8/2018 – Arsenal 1-1 Chelsea (International Champions Cup)
  • 25/1/2018 – Arsenal 2-1 Chelsea (Piala Liga Inggris)
  • 11/1/2018 – Chelsea 0-0 Arsenal (Piala Liga Inggris)
  • 4/1/2018 – Arsenal 2-2 Chelsea (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Arsenal

  • 12/1/2019 – West Ham United 1-0 Arsenal (Premier League)
  • 6/1/2019 – Blackpool 0-3 Arsenal (Piala FA)
  • 1/1/2019 – Arsenal 4-1 Fulham (Premier League)
  • 30/12/2018 – Liverpool 5-1 Arsenal (Premier League)
  • 27/1/2018 – Brighton & Hove Albion 1-1 Arsenal (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Chelsea

  • 13/1/2019 – Chelsea 2-1 Newcastle United (Premier League)
  • 9/1/2019 – Tottnham Hotspur 1-0 Chelsea (Piala Liga Inggris)
  • 5/1/2019 – Chelsea 2-0 Nottingham Forest (Piala FA)
  • 3/1/2019 – Chelsea 0-0 Southampton (Premier League)
  • 30/12/2018 – Crystal Palace 0-1 Chelsea (Premier League)

Prediksi Bola.com

Arsenal 50-50 Chelsea

Bayern Mulai Paruh Kedua Bundesliga dengan Kemenangan atas Hoffenheim

Jakarta – Paruh kedua Bundesliga telah dimulai. Juara bertahan Bayern Munich mengawali dengan positif usai menumbangkan Hoffenheim 3-1.

Bertandang ke PreZero Arena, Sabtu (19/1/2019) dinihari WIB, Bayern tampil lebih dominan. Menguasai bola sebesar 56%, Die Roten melepaskan 21 tembakan dengan sembilan yang tepat target.

Sementara tuan rumah punya 13 percobaan, di mana lima di antaranya mengarah ke gawang.

Bayern memetik keunggulan di menit ke-34. Umpan silang Kingsley Coman dari kiri ditanduk Robert Lewandowski, tapi ditepis kiper Oliver Baumann.

Hanya saja bola liar mengarah ke Leon Goretzka dan diselesaikannya dengan tembakan ke pojok kiri gawang. Bola tak kuasa dibaca dan dihentikan Baumann.

Jelang babak pertama berakhir tepatnya di menit ke-46, tim tamu memperbesar keunggulan dari serangan balik. David Alaba menggiring bola sepanjang separuh lapangan dan melepaskan umpan silang mendatar yang dicocor Goretzka.

Babak pertama berakhir 2-0 untuk keunggulan Bayern. Hoffenheim pun mencoba meningkatkan intensitas serangan di paruh kedua.

Hasilnya adalah gol Nico Schulz di menit ke-59. Dari serangan cepat, Schulz yang menerima umpan dari Leonardo Bittencourt melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Bola meluncur ke pojok kiri bawah gawang tanpa bisa dihentikan Manuel Neuer.

Hoffenheim menjaga kans untuk setidaknya menyelamatkan satu poin. Tapi Bayern pada akhirnya memastikan tiga poin di menit-menit akhir.

Pada menit ke-87, James Rodriguez melepaskan umpan terobosan ke Thomas Mueller di kanan. Mueller langsung meneruskannya dengan umpan silang yang disambar Robert Lewandowski.

Skor ini bertahan sampai peluit akhir berbunyi. Bayern pun mengawali paruh kedua dengan positif, sekaligus memetik kemenangan keenam secara beruntun di liga.

Tim besutan Niko Kovac ini masih berada di posisi dua, dengan kini mengoleksi 39 poin dari 18 pekan. Sementara Hoffenheim berada di urutan ketujuh dengan 25 poin.

Susunan pemain:

Hoffenheim: Baumann, Huebner, Vogt (Grillitsch 56′), Kaderabek, Posch, Schulz, Bittencourt, Demirbay (Geiger 56′), Kramaric, Belfodil, Joelinton (Szalai 79′)

Bayern: Neuer, Hummels, Alaba, Suele, Kimmich, Martinez (Boateng 90′), Alcantara (Rodriguez 78′), Goretzka, Coman (Gnabry 73′), Mueller, Lewandowski
(raw/raw)


HEADLINE: DP 0 Persen Kredit Kendaraan, Siapa Diuntungkan?

Liputan6.com, Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah mengeluarkan kebijakan baru mengenai uang muka atau down payment (DP) 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan OJK RI Nomor 35/POJK.05/2018 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan. Dengan adanya aturan ini, konsumen yang ingin membeli kendaraan bermotor tidak perlu menyiapkan uang muka.

Aturan baru ini menimbulkan perdebatan. Ada yang setuju, namun banyak juga yang menyatakan ketidaksetujuannya. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dengan terang-terangan menyatakan tidak setuju dengan adanya aturan baru ini.

Keduanya kompak menyebut jika aturan DP 0 persen pada kredit kendaraan bermotor merupakan sebuah kebijakan yang berisiko tinggi. JK mengatakan bahwa kebijakan tersebut memiliki risiko besar lantaran bisa mendorong tumbuhnya bisnis debt collector yang kadang melakukan penagihan yang tidak manusiawi.

“Kalau DP 0 persen itu kreditnya bisa macet dan itu high risk. Kalau terjadi high risk itu nanti yang bekerja debt collector,” tutur dia.‎

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun senada. Ia sebenarnya kurang sepakat dengan aturan tersebut. Sebab, DP 0 persen ini mengancam keberlangsungan industri pembiayaan barang modal atau leasing.

“Saya termasuk yang enggak setuju. Karena apa? karena ini menimbulkan risk. Risiko bagi industri leasing itu sendiri, termasuk mobilnya,” ungkap dia.

Oleh karenanya, dia berpendapat uang muka seharusnya tetap diadakan dalam proses kredit pembelian kendaraan bermotor. “Jadi lebih baik mereka harus punya tanggung jawab. Di depan itu ada uang muka,” ujar Budi.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) pun juga tak setuju. Bahkan Lembaga tersebut mendesak OJK untuk membatalkan aturan DP 0 persen untuk mobil dan sepeda motor. Bila permintaan ini tak digubris, maka mereka akan melakukan uji materi ke Mahkamah Agung (MA).

Sekretaris Pengurus Harian YLKI, Agus Suyatno, mengatakan bahwa YLKI memiliki beberapa catatan kritis mengenai kebijakan baru dari OJK ini. Salah satunya DP 0 persen dinilai akan memicu kemiskinan baru bagi rumah tangga miskin.

YLKI menyatakan, sejak booming 10 tahun terakhir kredit sepeda motor, rumah tangga miskin yang terjerat iming-iming kredit sepeda motor murah, sangat masif.

“Akibatnya, banyak sekali rumah tangga miskin yang semakin miskin karena pendapatannya tersedot untuk mencicil kredit sepeda motor, atau bahkan mengalami kredit macet (gagal bayar).” kata dia.


2 dari 5 halaman

Langsung Ditepis

Namun semua ketakutan tersebut langsung ditepis oleh Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso. Menurutnya, kebijakan DP 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor dapat menyehatkan kinerja perusahaan pembiayaan. Selain itu, kebijakan ini juga guna mendorong pertumbuhan industri pembiayaan dan menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi.

Dia menegaskan, hanya perusahaan pembiayaan dengan catatan kredit bermasalah (Non Performing Financing/NPF) di bawah 1 persen saja yang boleh menawarkan motor dan mobil tanpa uang muka.

“Jadi yang betul-betul sehat dan NPF harus di bawah 1 persen. Artinya kita memancing, tolong NPF diturunkan sehingga perusahaan itu sehat dan nanti bisa memberikan DP 0 persen,” kata dia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution sependapat dengan Wimboh. Menurutnya penerbitan aturan ini dapat mendorong permintaan kredit. Namun, aturan ini tak akan berdampak banyak terhadap kenaikan permintaan kredit.

“Ada juga dampaknya, tapi ya tidak besar-besar amat juga. Karena selama ini kredit pakai lembaga finance company itu juga sudah banyak yang tidak pakai DP. Dari dulu sudah lama. Ada lah dampaknya tidak banyak,” ujar Darmin.

Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Danang Parikesit menilai, adanya aturan tersebut dapat meningkatkan kinerja perusahaan pembiayaan sekaligus mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dia melihat setidaknya ada dua upaya yang hendak dicapai pemerintah lewat aturan DP kendaraan 0 persen ini. Pertama, yakni menggiatkan usaha di sektor otomotif serta memperbaiki perusahaan pembiayaan (leasing) non-bank.

“Dengan aturan ini bisa membuat otomotif bertumbuh. Selain itu juga menumbuhkan perusahaan pembiayaan non bank untuk meminimalisir terjadinya kredit bermasalah dalam proses transaksi,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com.

Adapun lewat aturan DP 0 persen kredit kendaraan ini, OJK mensyaratkan, hanya perusahaan pembiayaan dengan catatan kredit bermasalah di bawah 1 persen saja yang boleh menawarkan.

Lebih lanjut, Pengajar Departemen Teknik Sipil UGM ini menyatakan, POJK Nomor 35/2018 ini juga mampu mendorong pertumbuhan ekonomi negara, khususnya di bidang industri transportasi.

Kendati memiliki beberapa keunggulan, ia coba memperingatkan, aturan DP 0 persen ini sebaliknya juga dapat membuat kepadatan lalu lintas semakin besar akibat penjualan mobil dan motor yang dipermudah.

“Kebijakan ini memang bisa mengembangkan industri transportasi, tapi bakal jadi kemacetan yang membesar. Kementerian Keuangan dan pihak terkait seharusnya membuat relaksasi kebijakan dan memperhatikan hal ini,” tutur dia. 

3 dari 5 halaman

Industri Otomotif Bakal Ketiban Untung?

Menurut Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, penerapan DP nol persen tidak terlalu besar pengaruhnya dalam peningkatan penjualan kendaraan di Indonesia. Pasalnya, perusahaan pembiayaan pastinya tetap akan mengendepankan kewaspadaan dalam menerapkan aturan DP nol persen tersebut.

“DP nol persen yang dicanangkan OJK rasanya masih oke, selama dijalankan dengan betul. Jadi, yang disebut dijalankan dengan betul, bahwa tidak bisa diberlakukan secara umum,” jelas Nangoi saat dihubungi Liputan6.com.

Setali tiga uang, Presiden Direktur FIF Group, Margono Tanuwijaya menyatakan hal yang sama. Aturan ini dianggap memudahkan perusahaan pembiayaan meraih konsumen baru.

“Kita menyingkapi positif DP nol persen karena menambah fleksibilitas kita, menambah option buat konsumen,” ujarnya Liputan6.com.

FIF menganggap aturan yang dikeluarkan OKJ sudah tepat mendorong peningkatan penjualan. “DP nol persen itu tidak untuk semua finance company, tapi yang NPL-nya di bawah 1 persen. Jadi, hanya beberapa perusahaan pembiayaan saja ,” tambah dia.

Di luar nada positif yang dilontarkan pelaku bisnis otomotif, tercetus kehati-hatian yang wajib diwaspadai semua kalangan. Aturan DP nol persen tetap tidak bisa dilakukan sembarangan.

Menurut Nangoi, aturan ini hanya bisa diberlakukan salah satunya kepada pelanggan-pelangan lama, fleet user yang memang perusahaannya sudah dikenal secara baik oleh perusahaan pembiayaan, atau pelanggan yang memang saat dilakukan survei kepemilikan kendaraan memenuhi kriteria baik dari segi pendapatan, dan juga yang memiliki rekam jejak pembayaran yang bagus.

Semuanya tidak ingin hal buruk terjadi di tengah jalan. Efeknya bisa panjang. “Jika konsumen membeli kendaraan dengan DP mudah, dan di tengah jalan berhenti, maka akan banyak mobil yang ditarik. Ujungnya, mobil dilelang di pasar mobil bekas dan mengakibatkan mobil bekas jatuh harganya. Ini memukul juga (harga) mobil baru,” terangnya. Efek terburuk pada lembaga pembiayaan, NPF atau kredit macet naik.

Mengatasi persoalan yang mungkin terjadi, FIF yang dominan mengurusi pembiayaan sepeda motor Honda ini tetap melakukan seleksi ketat untuk calon konsumennya. “Kami akan menjual sepeda motor dengan DP nol persen sesuai kebutuhan,” ujar Margono.

FIF Group akan menjalankan program ini dengan kehati-hatian dan terdata. “Tetap akan dievaluasi, jangan sampai NPF dari FIF Group yang sudah bagus, performanya menjadi jelek.” lanjut dia.

Proses administrasi standar tetap dilakukan. Calon konsumen harus melengkapi data diri termasuk menyerahkan slip gaji atau surat keterangan penghasilan (SKP) sebelum pihak lembaga pembiayaan melakukan survei terkait tempat tinggal dan tempat kerja.

Hal tersebut berguna untuk mempertahankan NPF FIF Group sendiri untuk tetap dalam kategori sehat. Sesuai kriteria OJK dengan konsumen yang menunggak pembayaran selama 90 hari, NPF FIF saat ini sebesar 0,67 persen.

Sebenarnya ada hal yang lebih menarik bagi konsumen dibanding pemberian DP nol persen. “Kalau konsumen (sebenarnya) tidak mengharapkan DP nol persen, tapi lebih kepada angsuran murah,” ungkap Margono.

Apalagi kalau produk yang diincar punya klasifikasi high end. “Untuk produk-produk tertentu, misalkan produk yang high-end, yang segmennya menegah ke atas, kan bukan masalah DP tapi masalahnya interest rate,” kata Margono mengakhiri pembicaraan.

4 dari 5 halaman

Rincian Aturan

Kepala Departemen Pengawasan Industri Keuangan Non Bank (IKNB) 2 B OJK, Bambang W. Budiawan, menjelaskan mengenai rincian aturan DP 0 persen tersebut. Ia menjelaskan bahwa beleid baru itu tidak bisa dilakukan semua perusahaan pembiayaan. Ada berbagai persyaratan tergantung Tingkat Kesehatan Keuangan dan nilai Rasio Non Performing Financing

Syaratnya mulai dari, perusahaan pembiayaan tersebut harus memiliki tingkat kesehatan keuangan dengan kondisi minimum sehat dan mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih rendah atau sama dengan 1 persen.

“Perusahaan ini yang wajib menerapkan ketentuan uang muka nol persen dari harga jual kendaraan untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna,” kata dia.

Dengan adanya persyaratan tersebut diharapkan kebijakan DP 0 persen tidak hanya menumbuhkan kredit konsumtif melainkan kredit yang bersifat produktif. Misalnya kredit kendaraan multiguna seperti kendaraan umum atau kendaraan pengangkut logistik.

Sebagai informasi, kualitas piutang pembiayaan bermasalah NPF Neto adalah piutang pembiayaan yang terdiri dari piutang pembiayaan dengan kualitas kurang lancar, diragukan, dan macet. Ini setelah dikurangi cadangan penyisihan penghapusan piutang pembiayaan untuk piutang pembiayaan yang terdiri dari piutang pembiayaan dengan kualitas kurang lancar, diragukan, dan macet.

Ketentuan uang muka nol persen ini juga hanya diberikan untuk calon debitur yang memiliki profil risiko sangat baik. “Misalnya ngambil angkot 5 unit terus nambah trayek ngambil lagi. Kalau (pembayarannya) bagus masa bisa dikasih DP 0 persen,” ujar dia.

Sementara itu, untuk perusahaan pembiayaan yang memiliki tingkat kesehatan keuangan dengan kondisi minimum sehat dan mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih tinggi dari 1 persen dan lebih rendah atau sama dengan 3 persen, wajib menerapkan ketentuan uang muka paling rendah 10 persen dari harga jual kendaraan.

Ini untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.

Bagi perusahaan pembiayaan yang memiliki tingkat kesehatan keuangan dengan kondisi minimum sehat dan mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih tinggi dari 3 persen dan lebih rendah atau sama dengan 5 persen wajib menerapkan ketentuan uang muka paling rendah 15 persen dari harga jual kendaraan.

Ini untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.

Kemudian, untuk perusahaan pembiayaan yang tidak memenuhi Tingkat Kesehatan Keuangan dengan kondisi minimum sehat dan mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih rendah atau sama dengan 5 persen wajib menerapkan ketentuan uang muka paling rendah 15 persen dari harga jual kendaraan untuk pembiayaan.

Ini untuk kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.

Khusus untuk perusahaan pembiayaan yang mempunyai nilai Rasio NPF Neto untuk pembiayaan kendaraan bermotor lebih tinggi dari 5 persen wajib menerapkan ketentuan uang muka paling rendah 20 persen dari harga jual kendaraan untuk pembiayaan kendaraan bermotor roda dua dan tiga, kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan investasi dan untuk kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang digunakan untuk pembiayaan multiguna.

Ketentuan DP nol persen ini juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan alternatif transportasi yang sesuai kemampuannya.

Bambang menyebutkan baru 46 persen dari total 188 perusahaan pembiayaan (multifinance) yang memenuhi syarat untuk menerapkan DP nol persen‎ te‎rsebut. Artinya, hanya 86 perusahaan yang dapat memberikan DP nol persen kepada nasabahnya.

“Sekitar 46 persen perusahaan multifinance, ini harus NPF di bawah 1 persen,” kata Bambang.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Maruf Amin Dinilai Pasif Saat Debat, Ini Kata Jokowi

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai penilaian publik terhadap penampilan cawapresnya Maruf Amin yang kurang aktif dalam ajang tersebut.

Jokowi justru memiliki pandangan yang berbeda. Menurutnya, Ma’ruf Amin aktif saat debat capres. Dia memberi contoh beberapa pertanyaan yang dijawab Ma’ruf, di antaranya mengenai teroris.

“Kan jawab beberapa kali, jawab teroris,” kata Jokowi, usai meresmikan penyambungan listrik gratis, di Kampung Pasar Kolot, Desa Cibatu, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (18/1/2019).

Dalam debat yang dilakukan Kamis malam 17 Januari 2019‎, Jokowi mengaku hanya memaparkan terkait kinerjanya selama ini, jika terdapat kekurangan akan dilakukan perbaikan.

“Ya ini kita cerita apa yang kita lakukan kita kerjakan, kalau ada yang kurang kita perbaiki,” tuturnya.

Koreksi yang dilakukan lawan politiknya Prabowo dan Sandiaga Uno‎ saat debat yang membahas hukum, HAM dan terorisme tersebut, dianggap Jokowi sebagai masukan untuk membenahi pemerintahannya ke depan.

“Kemarin ada masukan dari Pak Prabowo-Sandiaga kita lakukan ke depan,” tandasnya.

2 dari 3 halaman

Kata Ma’ruf Amin

Sementara, menurut Ma’ruf Amin, calon presiden harus tampil lebih dominan pada debat capres. Sedangkan Ma’ruf bertugas hanya menambahkan saja.

Itulah sebabnya mengapa Ma’ruf Amin tidak banyak berbicara dalam debat capres semalam.

“Kalau sudah dijelaskan oleh Presiden ya saya tinggal menyetujui, mendukung, jangan seperti orang balapan ngomong kaya saur manuk,” ujar Ma’ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Jumat (18/1/2019).

Selain itu, kata Ma’ruf, yang paling disoroti Prabowo adalah kinerja Jokowi sebagai presiden. Karenanya, yang lebih paham dan menguasai untuk menjawab adalah Jokowi.

“Kalau saya yang menjawab kan jadi tidak tepat gitu loh, karena kan saya tidak mengalami. Jadi kalau masa lalu, yang kritik soal ini, soal ini yang jawab harus Pak Jokowi, dalam hal tertentu saja saya jawab,” tukasnya.

Lagipula, porsi yang diberikan kepada Ma’ruf memang tentang bagaimana mengatasi terorisme ke depan, walaupun ia juga sempat membicarakan isu lain. Yaitu soal disabilitas dan reformasi hukum dengan penataan regulasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rahasia Ira Koesno Tampil Memukau di Debat Perdana Pilpres 2019

Liputan6.com, Jakarta – Ira Koesno tampil memukau dengan tegas memandu jalannya debat pertama Pilpres 2019. Intonasinya yang penuh tekanan membuat dirinya begitu dominan sebagai sosok yang harus didengarkan oleh para kandidat capres dan cawapres.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (18/1/2019), selama 90 menit bersama Imam Priyono, Ira Koesno bertindak sebagai moderator yang tanpa sungkan-sungkan menghentikan kalimat capres dan cawapres saat waktu sudah habis.

Meski mengaku tegang, Ira mengaku rahasia dari penampilan sempurnanya adalah persiapan yang matang dan membangun komunikasi yang baik dengan partner.

Alumni presenter Liputan6 SCTV ini kembali ditunjuk KPU (Komisi Pemilihan Umum) sebagai moderator setelah sukses memandu jalannya debat pemilihan umum Gubernur DKI Jakarta pada 13 Januari 2017.

Saat itu, penampilan Ira yang begitu memukau mendapat simpati publik sehingga menjadi trending topik selama beberapa hari.

Dan kini saat debat perdana pilpres, sosok Ira pun kembali menjadi sorotan tersendiri di sela keriuhan antar pendukung capres dan cawapres nomor 01 dan 02. (Muhammad Gustirha Yunas)

Alasan Ma’ruf Tak Banyak Bicara di Debat: Presiden Harus Dominan

Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Ma’ruf Amin menyampaikan alasannya tidak banyak bicara saat debat perdana semalam. Ma’ruf menyebut debat memang harus didominasi Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden (capres).

“Debat itu kan pertama lebih ke presiden. Presiden harus lebih dominan, saya hanya menambah saja. Makanya tadi malam pun saya tidak banyak bicara, (saya bicara) hal-hal yang perlu saya tambahkan saja,” ujar Ma’ruf di kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (18/1/2019).

Menurut Ma’ruf, apa yang disampaikan Jokowi dalam debat sudah jelas. Bila dia ikut berbicara, menurutnya malah akan terlihat berkejaran untuk berbicara.

“Kalau sudah dijelaskan oleh presiden ya saya tinggal menyetujui, mendukung, jangan seperti orang balapan ngomong, kaya saur manuk,” kata Ma’ruf.

Selain itu, Ma’ruf menyebut Prabowo Subianto-Sandiaga Uno banyak menyoal kinerja pemerintahan saat ini. Ma’ruf merasa belum terjun ke pemerintahan dan tidak mengetahui sebab permasalahannya pun lebih memilih untuk diam.

“Kedua kan banyak yang dimasalahkan itu kan kinerja Pak Jokowi yang dapat kritik, banyak dari Pak Prabowo, tentu yang lebih paham dan lebih menguasai yang menjawab adalah Pak Jokowi, karena itu menyangkut kinerjanya, kalau saya yang menjawab kan jadi tidak tepat gituloh, karena kan saya tidak mengalami,” kata Ma’ruf.

Dalam debat semalam, Ma’ruf cukup banyak berbicara saat isu terorisme. Menurutnya, urusan mengatasi terorisme menjadi salah satu bagian yang difokuskan padanya.

“Jadi kalau masa lalu, yang kritik soal ini soal ini yang jawab harus Pak Jokowi, tapi dalam hal tertentu saja saya jawab. Dan memang porsi yang diberikan itu tentang terorisme, walau pun saya ngomong soal lain, ada soal difabel, disabilitas juga soal reformasi hukum dengan penataan regulasi. Tapi memang porsi saya bagaimana mengatasi terorisme kedepan, saya kira itu,” tuturnya.

(dhn/tor)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Ira Koesno Tampil Memukau saat Memandu Debat Capres Cawapres Perdana

Liputan6.com, Jakarta – Pemandu debat Ira Koesno menjadi figur menarik di sela debat antara capres dan cawapres. Alumi presenter Liputan6 SCTV tersebut tampil memukau dengan ketegasannya.  

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Jumat (18/1/2019), ketegasan Ira Koesno terlihat sejak awal. Intonasi yang penuh tekanan membuat Ira begitu dominan sebagai sosok yang harus di dengar oleh para kandidat.

Selama 90 menit bersama Imam Priyono, Ira tanpa sungkan menghentikan kalimat capres dan cawapres saat waktu telah habis.

Alumni presenter Liputan6 SCTV tersebut kembali ditunjuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai moderator, setelah sukses memandu jalannya debat Pemilu Gubernur DKI Jakarta pada 13 Januari 2017.

Saat itu penampilan Ira Koesno mendapatkan simpati publik sehingga menjadi trending topik selama beberapa hari setelah debat berlangsung. (Karlina Sintia Dewi)

4 Kali Ma’ruf Amin Bicara di Debat: Soal Disabilitas hingga Terorisme

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 01, KH Ma’ruf Amin tampak tampil inferior dibandingkan capresnya, Joko Widodo (Jokowi) dalam debat perdana Pilpres 2019. Ma’ruf mendapat kesempatan empat kali berbicara dalam debat.

Berdasarkan catatan detikcom, yang pertama Ma’ruf berbicara terkait topik hak asasi manusia untuk kaum disabilitas. Saat itu, Ma’ruf melengkapi pernyataan Jokowi terkait disabilitas.

“Saya kira penting membangun budaya masyarakat memberikan penghormatan kepada kelompok disabilitas. Disabilitas dan non-disabilitas harus disamakan perlakuannya,” ucap Ma’ruf di lokasi debat, Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019).
Yang kedua mengenai persoalan hukum. Ma’ruf menjawab pertanyaan cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno soal upaya menghindari tumpang tindih hukum. Ma’ruf mengatakan reformasi di bidang hukum harus dilanjutkan.
“Kami ke depan adalah lanjutkan reformasi di bidang hukum secara tetap, penataan regulasi, hilangkan yang tumpang tindih dan buat regulasi yang berkualitas yang memudahkan rakyat dan menjadikan pilihan investasi dan pengembangan UMKM,” jelas Ma’ruf.

Porsi Ma’ruf diberikan lebih dominan terkait isu-isu terorisme dan kontra-terorisme. Sebelumnya, Ma’ruf memang disebut akan berbicara banyak mengenai isu ini. Ma’ruf menegaskan bahwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah mengeluarkan fatwa yang menyatakan terorisme bukan aksi jihad.

“Terorisme adalah kejahatan. Oleh karena itu, terorisme diberantas sampai akar-akarnya. Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa bahwa terorisme bukan jihad. Haram dilakukan. Dalam Alquran menyatakan orang yang melakukan perusakan di bumi harus dihukum keras,” kata Ma’ruf.

“Oleh karena itu, upaya menanggulangi terorisme dengan cara sinergi pencegahan dan penindakan. Kami utamakan pencegahan, untuk menghilangkan atau menekan paham-paham radikal dan intoleran dengan deradikalisasi untuk mereka yang terpapar. Tindakan kami dengan pendekatan yang manusiawi tanpa harus melanggar HAM,” imbuh Ma’ruf.

Sedangkan soal upaya kontra-terorisme, Ma’ruf mendorong adanya deradikalisasi. Kajian penyebab orang terpapar paham radikal harus dilakukan untuk menyusun penanganan. Jika terpapar karena faktor ekonomi, solusinya adalah menciptakan lapangan kerja.

“Caranya apa yang mengakibatkan dia jadi radikal. Kalau karena paham keagamaan yang menyimpang, maka deradikaliasasinya, luruskan paham yang menyimpang itu. Tapi kalau faktor ekonomi atau sosial, pendekatannya adalah melalui pemberian lapangan kerja, santunan,” ujarnya.

Jusuf Kalla (JK) yang pernah berbarengan dengan Jokowi ikut debat Pilpres 2014 mengomentari penampilan Ma’ruf. Soal performa Ma’ruf, JK memandang sudah hakikat seorang wakil untuk lebih memberi porsi kepada penampil utama, dalam hal ini Jokowi.

“Kan (Ma’ruf) berbicara juga tadi. Walaupun, ya memang wakil selalu begitu. Harus nomor satu harus lebih banyak daripada nomor dua,” sebut JK di kediamannya, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/1).
(dkp/idn)

<!–

polong.create({ target: ‘thepolong’, id: 57 }) –>

Peran Tak Biasa Joe Taslim dalam Film Hit and Run

Liputan6.com, Jakarta – Nama Joe Taslim sudah tak asing lagi bermain film laga. Bahkan, keahliannya di genre action membuatnya bermain dalam film Holywood.

Kali ini Joe Taslim mendapat sebuah tantangan baru dalam film Hit and Run. Tak hanya action, di film terbaru garapan Screenplay Films bersama dengan Legacy Pictures dan Bukalapak Pictures ini Joe Taslim juga harus bisa mengocok perut penonton.

“Ini film action dengan karakter komedi. Story-nya komedi, tapi ada drama, brotherhood, ada romance-nya juga. Jadi kayak film baru di Indonesia di mana semuanya ada, tapi lebih dominan di comedy action,” ungkap Joe Taslim, saat konferensi pers film Hit and Run di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (17/1/2019).

Sebagai seorang aktor, tentu Joe Taslim harus siap menjalani peran yang dibintanginya. Apalagi ketika bicara soal komedi, Joe Taslim dikelilingi oleh orang-orang yang cukup membantunya agar bisa membuat tertawa.

2 dari 4 halaman

Dibantu

“Sebenernya saya acting apa aja, kalau kita tahu motivasi karakternya dijelasin apa, itu akan mengalir dengan sendirinya. Film ini karena secara skrip sangat detil dijelasin bisa jadi komedi, jadi secara akting ya flow aja,” ungkap Joe Taslim.

“Chandra dan Jefri juga selama off camera juga lucu, jadi ngebantu banget. Karena joke-joke mereka saya belajar banyak. Jadi ini sesuatu yang fresh banget buat saya,” sambungnya.

3 dari 4 halaman

Pemeran Utama

Tak hanya itu saja, film ini menjadi film pertamanya menjadi aktor utama. Hal tersebut tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri baginya.

Hit and Run film saya pertama sebagai lead actor, jadi saya sangat bangga,” imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Ini Peran Joe Taslim

Di film ini, Joe Taslim memerankan tokoh bernama Tegar, seorang polisi yang mempunyai karakter unik. Tak hanya Joe Taslim, film Hit and Run juga turut melibatkan nama-nama lain seperti Tatjana Saphira, Jefri Nichol, dan Chandra Liow.

Film Hit and Run dijadwalkan akan meramaikan bioskop-bioskop Tanah Air pada pertengahan 2019 mendatang.