Dolar AS Melempem ke Rp 14.235

Jakarta – Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah kian melemah. Pada pagi ini, nilai tukar dolar AS terhadap rupiah sudah mencapai level Rp 14.235.

Demikian dikutip dari data perdagangan Reuters, Senin (3/12/2018). Dolar AS tercatat bergerak dari level 14.235 hingga 14.300 hingga pagi ini.

Pelemahan dolar AS terus terjadi dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Jika ditarik satu bulan ke belakang, rupiah tercatat menguat 4,96% terhadap dolar AS.

Tren pelemahan dolar AS khususnya terlihat signifikan pada rentang waktu seminggu terakhir. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution bahkan memprediksi nilai tukar dolar AS masih memiliki peluang ke level Rp 13.000.

“Kita masih punya ruang untuk penguatan rupiah. Masih bisa tembus ke arah Rp 13.000, punya, kita masih punya ruang itu,” kata Darmin di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Jumat (30/11).

Namun tren penguatan sendiri masih bersifat sementara. Pasar saat ini masih menunggu hasil pertemuan Presiden AS Donald Trump dengan Presiden China Xi Jinping di forum G20 Argentina.

Pergerakan rupiah pun masih dibayangi ketidakpastian dunia. (eds/eds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *